• 10 Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)

Keyboard menjadi perangkat penting saat Anda menggunakan PC. Saat ini, ada banyak jenis keyboard tersedia, seperti keyboard wireless yang praktis dan keyboard kabel yang responsif. Penggunaan keyboard juga beragam. Selain untuk mengetik, ada keyboard gaming dan ada juga keyboard untuk desain grafis.


Jika Anda masih bingung memilih keyboard yang cocok, perhatikanlah poin memilih keyboard terbaik yang akan kami jelaskan berikut ini. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi keyboard yang bagus seperti dari merek Logitech dan Rexus. Artikel ini sudah ditinjau oleh keyboard enthusiast kami, Agi Tiara. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Agi Tiara
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Keyboard enthusiast, Agi Tiara

Profil pakar: Keyboard enthusiast, Agi Tiara
Agi Tiara
Lifestyle blogger & keyboard enthusiast
Agi Tiara

Agi Tiara adalah seorang lifestyle blogger yang memiliki passion terhadap keyboard. Passion-nya terhadap keyboard bermula dari hobi bermain game. Selain itu, pekerjaan yang mengharuskan dirinya untuk mengetik secara terus-menerus juga menjadikannya makin gemar terhadap keyboard. Saat ini, Agi Tiara memiliki beberapa keyboard dalam berbagai bentuk, jenis, dan fungsi sebagai koleksi.

Tabel perbandingan produk keyboard terbaik yang mudah dipakai

Gambar produk
VortexSeries 60% Mechanical Keyboard 1

VortexSeries

Fantech MAXFIT61 60% Keyboard Gaming Mechanical 1

Fantech

Rexus Legionare 1

Rexus

1
Fantech Keyboard Membrane Gaming HUNTER PRO 1

Fantech

2
Aula Full Mechanical - Blue Switch-KRGD Switch 1

Aula

3
Acome AKM1000 1

Acome

4
HP  Gaming Keyboard K300 1

HP

5
Rexus  Legionare 1

Rexus

6
Logitech  Multi-Device Bluetooth Keyboard  1

Logitech

7
Royal Kludge RGB Hotswap Mechanical Keyboard 1

Royal Kludge

8
Xiaomi  Mijia Wireless Keyboard and Mouse Set 1

Xiaomi

9
Keychron Swappable Low Profile Optical Wireless Mechanical Keyboard 1

Keychron

10
Apple  Magic Keyboard 1

Apple

Nama produk

60% Mechanical Keyboard

MAXFIT61 60% Keyboard Gaming Mechanical

Legionare

Keyboard Membrane Gaming HUNTER PRO

Full Mechanical - Blue Switch-KRGD Switch

AKM1000

Gaming Keyboard K300

Legionare

Multi-Device Bluetooth Keyboard

RGB Hotswap Mechanical Keyboard

Mijia Wireless Keyboard and Mouse Set

Swappable Low Profile Optical Wireless Mechanical Keyboard

Magic Keyboard

Keunggulan

Suara mengetik lebih mantap

Layout 60% dengan mode magic FN keys

Dapatkan pengalaman mengetik yang luar biasa

Antighosting keyboard dengan kompatibilitas tinggi

Ubah pencahayaan keyboard sesuai dengan mood Anda!

Tampilan girly untuk desk yang manis penuh warna

Keyboard gaming dengan harga terjangkau dan fitur memukau!

Ukurannya compact untuk memainkan beragam jenis game

Makin produktif kapan saja dan di mana saja!

Tersedia tiga jenis koneksi untuk gadget Anda

Keyboard kerja untuk mengetik dan mengolah angka secara lebih efisien

Bentuknya lebih ceper, jadi mudah dibawa kemana-mana

Kombinasi elegan untuk perangkat Apple Anda

Harga mulai dariRp 420.000,00Rp 1.199.000,00Rp 549.000,00Rp 249.000,00Rp 620.000,00Rp 229.000,00Rp 200.000,00Rp 559.000,00Rp 629.000,00Rp 750.000,00Rp 255.000,00Rp 1.260.000,00Rp 2.038.000,00
Jenis koneksiKabelKabelKabelKabelKabelWireless (USB receiver)KabelKabelWireless (Bluetooth)Kabel, wireless, dongleWireless (USB receiver)Kabel, wirelessWireless
Numeric pad×××✔︎✔︎✔︎✔︎×✔︎×✔︎✔︎×
Jenis keyboardMekanisMekanisMekanisMembranMekanisMembranMembranMekanisTidak disebutkanMekanisMembranMekanisTidak disebutkan
Multimedia key✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎×✔︎✔︎×✔︎
OS yang kompatibelTidak disebutkanTidak disebutkanWindows 7/8/8.1/10Windows Vista/7/8/10, macOS X 10.5 or later, Linux, Chrome OSWindows Vista/7/8/10, macOSTidak disebutkanWindows 2000/XP/Vista/7/10, macOS 10Windows, macOSWindows®, macOS, iPadOS, Chrome OS™, Android™, iOS, Apple TVTidak disebutkanWindows 10macOS, iOS, Windows, AndroidMac with macOS 11.3 or later, iPad with iPadOS 14.5 or later, iPhone dan iPod touch with iOS 14.5 or later
Tautan produk

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keyboard

Pertama-tama, kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih keyboard. Simak dan pahami setiap poinnya agar Anda dapat menemukan keyboard yang tepat.

Tentukan jenis koneksi keyboard pilihan Anda

Berdasarkan sistem koneksinya, keyboard terbagi menjadi keyboard kabel dan keyboard nirkabel (wireless). Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Pahamilah masing-masing karakteristiknya dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Keyboard kabel, mengetik lebih lancar tanpa delay

Keyboard kabel, mengetik lebih lancar tanpa delay
Jika Anda kesal karena respons keyboard yang lambat, keyboard kabel bisa menjadi pilihan yang pas. Jenis keyboard ini lebih responsif sehingga direkomendasikan untuk bermain game, baik offline maupun online. Responsiveness-nya membuat mengetik cepat jadi lebih nyaman dan bukan lagi masalah.

Pemasangan keyboard kabel juga mudah karena hanya perlu disambungkan ke PC sebelum siap digunakan. Keyboard kabel juga tidak membutuhkan baterai sehingga dapat digunakan dalam waktu lama. Namun, tampilan workplace terlihat kurang rapi karena keberadaan kabel, terutama jika Anda menggunakan meja kecil. Jenis keyboard kabel juga cukup merepotkan jika hendak dibawa bepergian.

Keyboard wireless, workspace tampak rapi tanpa adanya kabel

Keyboard wireless, workspace tampak rapi tanpa adanya kabel

Keyboard tanpa kabel (wireless) pas untuk Anda yang ingin membuat meja kerja terlihat lebih rapi. Tanpa adanya kabel yang mengganggu, membersihkan meja pun jadi lebih mudah. Selain itu, keyboard wireless tidak merepotkan saat dimasukkan ke dalam tas sehingga lebih praktis saat dibawa bepergian.


Ada dua jenis keyboard wireless berdasarkan metode koneksinya yakni USB reciever dan Bluetooth. Untuk penggunaan pada komputer pribadi, keyboard dengan metode USB receiver tidak menjadi masalah. Namun, apabila hendak digunakan pada berbagai perangkat, seperti tablet atau smartphone, pilihlah keyboard dengan jenis koneksi Bluetooth.

Pilih keyboard berdasarkan jenis keypad yang digunakan

Berdasarkan jenis dan konstruksi keypad-nya, ada beberapa jenis keyboard yang bisa Anda temukan, seperti keyboard membran dan mekanik. Berikut penjelasan singkatnya!

Tipe membran dan pantograf, hasilkan suara tenang serta tidak berisik

Tipe membran dan pantograf, hasilkan suara tenang serta tidak berisik
Salah satu karakteristik keyboard membran dan pantograf adalah keduanya memiliki suara yang hening. Maka dari itu, keyboard ini cocok digunakan di perkantoran agar tidak mengganggu pekerja lainnya. Anda sendiri pun dapat lebih fokus bekerja.

Tipe keyboard membran memiliki karet di bagian bawahnya yang berfungsi sebagai pegas. Saat ditekan, tombol akan kembali dengan suara tenang. Namun, ada juga keyboard membran gaming yang tetap menghasilkan suara yang keras. Jenis keyboard ini memiliki harga yang cukup variatif sehingga patut Anda pertimbangkan.


Sementara itu, keyboard pantograf biasanya digunakan pada notebook dan sejenisnya. Keyboard ini memiliki gaya pegas yang lebih halus sehingga jari tidak cepat lelah. Karena penekanannya dangkal, tipe pantograf memiliki suara yang lebih tenang daripada tipe membran. Namun, komponen yang ada di balik tombol keyboard cenderung lebih rapuh sehingga Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. 

Tipe mekanis, tombol kuat untuk penggunaan jangka panjang

Tipe mekanis, tombol kuat untuk penggunaan jangka panjang

Keyboard tipe mekanis memiliki jumlah keystroke yang lebih banyak sehingga penggunaannya bisa lebih lama. Dibandingkan dengan keyboard yang menggunakan rubber dome yang bisa melar dan rusak, tipe ini diketahui lebih awet


Selain itu, terdapat perbedaan warna switch atas tombol keyboard mekanis, seperti merah, hitam, dan biru. Feel dan suara tombol dari keyboard ini juga sedikit berbeda, tergantung dari warna sumbu masing-masing. Jika Anda ingin merasakan perbedaan suara ini, sebaiknya Anda mencobanya sendiri saat berada di toko komputer.


Harap diingat bahwa sebagian besar tipe ini mengeluarkan suara yang keras saat ditekan. Maka dari itu, keyboard ini tidak cocok untuk Anda yang bekerja di kantor. Namun, ada juga keyboard tipe mekanis yang memiliki silent switch. Jadi, jangan lupa untuk melakukan double check, ya!

Tipe capacitive non-contact, respons lebih cepat dan tidak mudah aus

Tipe capacitive non-contact, respons lebih cepat dan tidak mudah aus

Keyboard ini memadukan karakter tombol yang kuat dan suara yang senyap. Hal ini karena keyboard tidak melakukan kontak fisik saat tombol ditekan sehingga komponen internalnya tidak mudah aus. Suara yang dihasilkan pun bukan suara derak, tetapi suara ketukan tombol yang rendah. Switch tipe captive ini ada yang dikategorikan sebagai keyboard mekanis dan ada juga yang tidak.


Jenis keyboard ini memiliki harga yang cukup tinggi dan produknya juga tidak banyak. Meski begitu, membeli keyboard ini seperti melakukan investasi untuk kepentingan pekerjaan Anda. Makin efisien pekerjaan Anda, makin banyak juga hal yang bisa Anda dapatkan. Sayangnya, jenis keyboard yang kukuh ini masih sulit ditemukan di Indonesia.

Perhatikan jenis pitch dan keystroke pada keyboard

Pitch dan keystroke menentukan kemudahan keyboard saat ditekan. Tingkat keawetan dan kenyamanan penggunaan keyboard juga ditentukan oleh dua hal ini. Jadi, jangan lupa untuk mengeceknya juga, ya.

Pitch, mengetik lebih nyaman dan minim typo jika sesuai dengan karakter jari

Pitch, mengetik lebih nyaman dan minim typo jika sesuai dengan karakter jari

Pitch atau jarak antar tombol merupakan jarak dari tengah masing-masing tombol ke tombol lainnya. Umumnya, keyboard standar (full-size) memiliki pitch 18–19 mm. Jika Anda kesulitan mengetik menggunakan keyboard standar, pilihlah produk dengan pitch yang lebih lebar. 


Keyboard dengan pitch lebar memudahkan Anda mengetik dan menghindari typo meskipun Anda memiliki jari yang besar. Namun, keyboard dengan pitch yang lebih lebar membuat ukuran bodi utama keyboard juga lebih besar.


Di sisi lain, keyboard dengan pitch yang sempit membuat ukuran produk lebih compact sehingga praktis dibawa mobile. Jenis keyboard ini tidak direkomendasikan untuk Anda yang memiliki jari besar. Jadi, pertimbangkanlah terlebih dahulu jenis keyboard pitch yang akan memudahkan pekerjaan Anda sehingga produktivitas dapat meningkat.

Keystroke, memengaruhi kecepatan mengetik dan daya tahan keyboard

Keystroke, memengaruhi kecepatan mengetik dan daya tahan keyboard

Keystroke merupakan tingkat kedalaman tombol keyboard saat ditekan. Apakah Anda kerap melewatkan tombol yang seharusnya ditekan atau tidak sengaja menekan tombol di sebelah tombol sasaran? Jika iya, keystroke yang dalam disarankan bagi Anda. Keystroke itu membuat Anda harus menekan tombol dengan kuat sehingga meminimalkan typo.


Namun, keystroke dalam tidak cocok untuk mengetik cepat. Jika Anda ingin mengetik cepat, produk dengan keystroke yang lebih dangkal menjadi pilihan terbaik. Keystroke yang dangkal membuat jari lebih bebas dan lebih cepat saat mengetik. Kekurangannya, ada kemungkinan Anda akan sering melakukan typo karena dengan penekanan lemah pun keyboard akan bereaksi.


Jika Anda ingin mengetik dengan cepat, mudah, sekaligus minim typo, pilihlah isolation keyboard. Jarak antar tombol yang lebar pada keyboard ini dapat meminimalkan terjadinya saltik. Pada mechanical keyboard, tiap switch memiliki actuation force masing-masing. Makin ringan actuation force-nya, maka makin dangkal keystroke-nya. Jika memang menyukai keyboard yang pipih, Anda bisa memilih keyboard low profile.

Cek jenis keypad yang tersedia pada keyboard

Cek jenis keypad yang tersedia pada keyboard

Keyboard yang beredar di Indonesia umumnya menggunakan layout QWERTY. Ini merupakan keyboard layout yang paling populer di dunia. Namun, dalam menggunakan keyboard, Anda tidak hanya akan berurusan dengan tombol-tombol huruf dan angka. Selain mengecek kenormalan fungsi keyboard, periksalah juga jenis keypad yang disediakan. Keypad ini akan memudahkan Anda mengoperasikan komputer.


  • Alphabet keypad dan alphanumeric keypad

Ada keyboard dengan alphabet keypad saja, ada juga keyboard dengan alphanumeric keypad. Alphanumeric keypad adalah gabungan alphabet keypad dan numeric keypad di sisi kanannya. Untuk Anda yang sering mengetik dan mengolah data berbasis angka, adanya numeric keypad akan banyak membantu.


  • F-pad dan multimedia pad

Periksa juga ketersediaan tombol fungsi lainnya. Tombol fungsi ini seperti F-pad dan multimedia pad. Kedua tombol ini memudahkan Anda melakukan setting komputer, seperti mencerahkan dan meredupkan layar atau menaikkan dan menurunkan volume speaker. Multimedia pad ada yang menyatu dengan F-pad, ada juga yang terpisah. Jadi, jangan lupa untuk mengeceknya, ya.

Periksa fitur spill resistant agar keyboard aman dan mudah dibersihkan

Periksa fitur spill resistant agar keyboard aman dan mudah dibersihkan
Bila Anda sering meletakkan minuman di dekat keyboard, pilihlah keyboard dengan fitur spill resistant. Fitur ini membuat keyboard dapat berfungsi dengan baik saat terkena tumpahan minuman. Membersihkan keyboard juga jadi lebih mudah.

Ada dua jenis keyboard yang mempunyai fitur ini, yakni keyboard kedap air dan antiair. Keyboard kedap air memiliki drainase atau lubang pembuangan di bagian belakangnya sehingga tetap aman jika tidak sengaja terkena tumpahan minuman. Namun, keyboard ini tidak dapat dicuci menggunakan air. 

Di sisi lain, keyboard antiair dapat dicuci seluruhnya menggunakan air. Anda dapat membersihkan keyboard yang kotor dengan mudah. Namun, keyboard optical yang dapat dicuci dengan air pun masih memiliki risiko rembes ke PCB (printed circuit board). Jadi, Anda harus hati-hati saat akan membersihkan keyboard dengan mencucinya.

Produk rekomendasi pakar

Jenis koneksiKabel
Numeric pad×
Jenis keyboardMekanis
Multimedia key✔︎
OS yang kompatibelWindows 7/8/8.1/10

FantechMAXFIT61 60% Keyboard Gaming Mechanical

MK857

Mulai dari Rp 1.199.000,00

Jenis koneksiKabel
Numeric pad×
Jenis keyboardMekanis
Multimedia key✔︎
OS yang kompatibelTidak disebutkan

VortexSeries60% Mechanical Keyboard

VX5 Pro

Mulai dari Rp 420.000,00

Jenis koneksiKabel
Numeric pad×
Jenis keyboardMekanis
Multimedia key✔︎
OS yang kompatibelTidak disebutkan

10 Rekomendasi keyboard terbaik yang mudah dipakai

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keyboard terbaik yang mudah dipakai yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Apple Magic Keyboard

MLA22ID/A

Mulai dari Rp 2.038.000,00

Jenis koneksiWireless
Numeric pad×
Jenis keyboardTidak disebutkan
Multimedia key✔︎
OS yang kompatibelMac with macOS 11.3 or later, iPad with iPadOS 14.5 or later, iPhone dan iPod touch with iOS 14.5 or later
9

KeychronSwappable Low Profile Optical Wireless Mechanical Keyboard

K3

Mulai dari Rp 1.260.000,00

Jenis koneksiKabel, wireless
Numeric pad✔︎
Jenis keyboardMekanis
Multimedia key×
OS yang kompatibelmacOS, iOS, Windows, Android
8

Xiaomi Mijia Wireless Keyboard and Mouse Set

WXJS01YM

Mulai dari Rp 255.000,00

Jenis koneksiWireless (USB receiver)
Numeric pad✔︎
Jenis keyboardMembran
Multimedia key✔︎
OS yang kompatibelWindows 10
7

Royal KludgeRGB Hotswap Mechanical Keyboard

RK61

Mulai dari Rp 750.000,00

Jenis koneksiKabel, wireless, dongle
Numeric pad×
Jenis keyboardMekanis
Multimedia key✔︎
OS yang kompatibelTidak disebutkan
6

Logitech Multi-Device Bluetooth Keyboard

K380

Mulai dari Rp 629.000,00

Jenis koneksiWireless (Bluetooth)
Numeric pad✔︎
Jenis keyboardTidak disebutkan
Multimedia key×
OS yang kompatibelWindows®, macOS, iPadOS, Chrome OS™, Android™, iOS, Apple TV
5
Jenis koneksiKabel
Numeric pad×
Jenis keyboardMekanis
Multimedia key✔︎
OS yang kompatibelWindows, macOS
4

HP Gaming Keyboard K300

4QM95AA

Mulai dari Rp 200.000,00

Jenis koneksiKabel
Numeric pad✔︎
Jenis keyboardMembran
Multimedia key✔︎
OS yang kompatibelWindows 2000/XP/Vista/7/10, macOS 10
3
Jenis koneksiWireless (USB receiver)
Numeric pad✔︎
Jenis keyboardMembran
Multimedia key✔︎
OS yang kompatibelTidak disebutkan
2

AulaFull Mechanical - Blue Switch-KRGD Switch

F2058

Mulai dari Rp 620.000,00

Jenis koneksiKabel
Numeric pad✔︎
Jenis keyboardMekanis
Multimedia key✔︎
OS yang kompatibelWindows Vista/7/8/10, macOS
1

FantechKeyboard Membrane Gaming HUNTER PRO

K511

Mulai dari Rp 249.000,00

Jenis koneksiKabel
Numeric pad✔︎
Jenis keyboardMembran
Multimedia key✔︎
OS yang kompatibelWindows Vista/7/8/10, macOS X 10.5 or later, Linux, Chrome OS

Pertanyaan umum seputar keyboard

Pertanyaan umum seputar keyboard

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar keyboard. Barangkali pertanyaan Anda pun akan terjawab setelah membaca penjelasan singkat di bawah ini.


  • Bagaimana cara membersihkan keyboard?

Membersihkan keyboard bisa dilakukan dengan menggunakan mini vacuum atau gel pembersih keyboard. Untuk mechanical keyboard, Anda cukup melepas keycaps, lalu membersihkannya dengan air dingin dan sabun. Untuk bagian plate atau bodi keyboard, cukup dibersihkan agar debu tidak masuk ke dalam switch atau PCB.


  • Adakah tips menggunakan keyboard dengan nyaman?

Carilah keyboard yang ergonomis dan memiliki sandaran pada bagian tangan agar nyaman saat digunakan. Jika perlu, tambahkan wrist rest agar Anda bisa mengetik dengan lebih nyaman. Pastikan juga jenis switch sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Menggunakan switch yang terlalu ringan atau berat dapat membuat typo ataupun tangan menjadi cepat pegal.

Baca juga rekomendasi perlengkapan komputer lainnya di sini

Selain keyboard, masih ada beberapa perlengkapan komputer lainnya yang telah kami ulas. Beberapa di antaranya ada cooling pad, wireless mouse, dan silent mouse. Apabila Anda membutuhkan artikelnya, silakan klik pada link di bawah ini. 

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda sudah memutuskan tipe keyboard yang ingin Anda beli? Memutuskan keyboard yang cocok memang gampang-gampang susah. Anda perlu mengetahui fitur-fitur yang akan membantu pekerjaan Anda.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengecek keunggulan dan kekurangan tiap-tiap produk. Sesuaikan juga dengan bujet yang Anda siapkan. Dengan begitu, Anda dapat menemukan keyboard yang cocok dengan harga sesuai kantong. Semoga ulasan ini membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah ANKER, UGREEN, dan ENERGEA.Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain game di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Acer, Xiaomi, LG, dan AOC, memiliki monitor gaming terbaik.Faktor apa yang memengaruhi kualitas monitor? Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone dapat membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain games. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tiap produk headphone tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan koneksinya, baik yang berkabel maupun nirkabel. Selain itu, desain yang beragam juga memengaruhi kebocoran suara. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Anda akan menjumpai produk merek Sony, JBL, dan Logitech. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kebutuhan penggunaan webcam makin meningkat. Hal ini karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam yang bagus dikeluarkan oleh berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel untuk laptop maupun PC.Kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merek Logitech, Microsoft, dan Razer. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Monitor ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Monitor ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Monitor merupakan komponen yang penting untuk mendukung pekerjaan dan hobi. Bagi para gamers, monitor sangat menentukan pengalaman dan kepuasan saat bermain games. Salah satu merek monitor yang menawarkan berbagai fitur yang mumpuni adalah ASUS. Namun, banyaknya seri monitor ASUS di pasaran barangkali membuat Anda bingung memilihnya. Karena itu, kami akan menunjukkan cara memilih monitor merek ASUS yang bagus. Model-model monitor ASUS terbaik, seperti TUF Gaming VG249Q dan ROG Strix XG248Q ada dalam rekomendasi kami. Jadi, simak informasinya sampai habis, ya. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori