10 Rekomendasi Kado Pernikahan Terbaik Untuk Pengantin Masa Kini! (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kado Pernikahan (Untuk Pengantin Masa Kini!)

Ketika Anda mendapat undangan pernikahan dari teman atau kerabat, tentu Anda jadi berpikir, kira-kira apa yang akan Anda berikan sebagai hadiah untuk mereka? Selain uang, ada peralatan dapur, barang yang cute untuk couple, peralatan rumah tangga, dan begitu banyak pilihan lainnya untuk Anda jadikan hadiah.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah, apakah teman Anda pasti senang dengan hadiah tersebut? Untuk itu, kali ini kami akan merangkum beberapa rekomendasi hadiah pernikahan yang bisa Anda beli secara online. Berikanlah hadiah terbaik yang bisa membuat teman Anda senang!

Daftar isi

Cara memilih kado pernikahan untuk pengantin masa kini!

Hadiah pernikahan merupakan ungkapan perasaan Anda kepada teman atau kerabat sehingga sudah sewajarnya bila Anda memberikan hadiah yang bisa membuat mereka senang. Maka dari itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih hadiah pernikahan yang baik. Yuk, simak terus artikel ini!

Pilih besaran budget kado sesuai kedekatan Anda

Pilih besaran budget kado sesuai kedekatan Anda

Ketika akan memberikan hadiah pernikahan, tentukanlah besaran budget untuk membeli hadiah sesuai kedekatan Anda dengan orang tersebut. Sebagai contoh, untuk teman biasa, uang sejumlah Rp 100.000 – Rp 150.000 sudah cukup. Untuk bos atau atasan paling tidak antara Rp 200.000 – Rp 500.000, kemudian untuk sahabat, kerabat dekat, atau keluarga bisa berkisar antara Rp 200.000 – Rp 1.000.000.

Namun, jika Anda sudah menikah duluan, sebaiknya berikanlah hadiah dengan nilai yang sama seperti yang pernah orang tersebut berikan kepada Anda dulu. Jika orang tersebut merupakan bos atau atasan Anda, sebaiknya Anda memberikannya sedikit lebih banyak sehingga tidak memberikan kesan yang buruk.

Memang benar, ketika orang lain memberikan barang yang mahal, Anda pun ingin memberikan barang yang lebih mahal agar terasa lebih spesial. Namun, hal tersebut akan membebani keuangan Anda sehingga ada baiknya Anda tetap menyesuaikan budget hadiah sesuai kemampuan Anda.

Barang yang sebaiknya tidak Anda berikan sebagai kado

Barang yang sebaiknya tidak Anda berikan sebagai kado

Ada sebagian orang yang percaya bahwa barang-barang seperti gelas, piring, kaca, gunting, dan pisau memiliki arti yang kurang baik untuk dijadikan hadiah karena merupakan benda tajam dan dapat pecah.

Hindari juga memberikan hadiah berupa sisir karena benda tersebut bisa memiliki makna yang buruk. Akhir-akhir ini memang banyak orang yang menjadikan peralatan makan sebagai hadiah pernikahan sehingga barang-barang terkadang tidak dianggap tabu lagi untuk dijadikan hadiah. Namun, Anda juga perlu mengingat bahwa di luaran mungkin masih ada orang yang percaya dengan hal-hal seperti itu sehingga Anda juga perlu memikirkannya sebelum menentukan barang apa yang hendak Anda berikan sebagai hadiah pernikahan.

Pilih barang yang berguna atau jarang dibeli saat awal berumah tangga

Pilih barang yang berguna atau jarang dibeli saat awal berumah tangga

Anda bisa memberikan produk yang sangat berguna atau jarang dibeli saat memulai kehidupan berumah tangga sebagai hadiah pernikahan. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan mesin pencuci piring, mesin pembersih lantai, dan berbagai hal lainnya yang sangat fungsional atau benda-benda mahal yang jarang dibeli oleh pengantin muda.

Pasangan yang baru membangun rumah akan senang hati menerima berbagai interior ruangan yang harganya agak mahal. Selain itu, voucher belanja atau berbagai barang sejenis juga semakin populer karena penerima hadiah bisa memilih sendiri benda yang ingin dibeli. Anda juga bisa mencari informasi terlebih dahulu agar bisa memberikan hadiah yang paling tepat.

10 Rekomendasi kado pernikahan terbaik untuk pengantin masa kini!

10. Yongcai Tissue Box

10. Generic Tissue Box

Lihat produk ini di Lazada

Harga : 204.000

Tempat tisu nan elegan untuk rumah baru sang pengantin

Jika Anda menginginkan hadiah yang simpel namun berguna, Yongcai Tissue Box ini bisa menjadi pilihannya. Kemasannya menarik, tidak hanya sebagai tempat tisu, namun juga bisa dipakai sebagai hiasan yang dapat mempercantik ruangan.Memiliki warna dasar putih, produk ini pun cocok Anda tempatkan di ruang mana pun.

Didesain dengan memperhatikan fungsi tanpa meninggalkan kesan seninya, kotak tisu ini mudah dibuka sehingga memudahkan Anda ketika mengisi ulang tisu. Ringan, mudah dipakai dan terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Praktis dan dapat diletakkan dimana saja. Dijamin kerabat Anda akan senang jika menerima hadiah ini.

9. Piyama Couple Fish Bone & Cat Dot

9. Piyama Couple Fish Bone & Cat Dot

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.000

Trendy dan romantis berpasangan

Jika Anda ingin teman Anda tampil romantis seperti pasangan-pasangan yang sering Anda lihat di drama Korea, maka cobalah untuk memberikan piyama couple ini. Terbuat dari bahan katun yang lembut, sangat nyaman dan enak dipakai. Dengan kombinasi warna yang pas plus desain menarik, piyama ini pun semakin enak dipandang mata.

Dengan model lengan panjang, piyama ini membuat badan selalu hangat, sehingga kualitas tidur pun semakin meningkat. Desainnya yang lucu sangat pas untuk dijadikan hadiah bagi teman Anda yang baru saja menikah, terutama untuk newlywed yang masih muda. Buatlah teman Anda merasa bahagia dan tampil mesra serta romantis dengan piyama couple ini.

8. Terry Palmer Exclusive Towel

8. Terry Palmer Exclusive Towel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.900

Handuk mewah dengan bahan yang nyaman di kulit

Handuk dari Terry Palmer ini merupakan produk dengan kualitas unggulan. Dijahit dengan menggunakan benang yang kuat, rapi dan teliti, membuatnya tidak mudah sobek dan rusak. Didesain pembuatannya dengan bahan katun yang lembut, mampu menyerap air dengan baik sehingga nyaman dan aman digunakan.

Selain itu, karena handuk ini mengandung bahan anti bakteri Anda tidak perlu takut handuk ini menjadi jamuran atau menimbulkan bau, sangat aman bagi kesehatan kulit Anda. Produk ini juga dapat dicuci mesin cuci atau tangan. Bila Anda ingin rekan Anda merasakan kemewahan di kulit setelah mandi, produk ini pilihannya!

7. Tupperware Blossom Collection

7. Tupperware Blossom Collection

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 409.800

Wadah serba guna yang wajib dimiliki pengantin baru!

Apakah teman Anda termasuk kolektor Tupperware? Teman Anda suka memasak atau membawa bekal makanan dari rumah? Jika iya, Anda bisa menjadikan produk ini sebagai pilihan hadiah pernikahan. Terdiri dari 4 jenis wadah saji dengan berbagai variasi ukuran, membuat masakan yang akan disajikan menjadi semakin menawan.

Produk ini dilengkapi  dengan cover yang dapat digunakan untuk 3 fungsi sekaligus, yaitu reheat, serving, dan storage. Bagian luar basenya bertekstur kasar dan tidak licin sehingga menghindari terjadinya makanan tumpah karena tergelincir. Dilengkapi dengan spoon slot, cover wadah tetap dapat menutup meski sendok tersebut berada di dalam wadah. 

6. Polaris Washing Machine XPB-45C

6. Polaris Washing Machine XPB-45C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 516.000

Praktis mencuci baju tanpa makan tempat

Bila Anda ingin rekan Anda semakin mudah mencuci baju tanpa perlu menyediakan space khusus untuk mesin cuci berukuran besar, produk ini sangat layak dijadikan pilihan. Dengan dimensi hanya sebesar 51 x 35 x 37 cm, mesin cuci berkapasitas 4,5 kg ini mudah digunakan bahkan di ruangan yang sangat sempit.

Bobotnya pun hanya 6,5 kg sehingga sangat mudah digeser atau dipindahkan ke ruang mana pun sesuai dengan kebutuhan. Memiliki body berbahan plastik, produk ini tidak akan berkarat meski rekan Anda gunakan terus-menerus. Tidak hanya itu, produk ini juga semakin fungsional dengan adanya fitur pengering.

5. Hat Shark Laser Engraved Bride Groom Glasses

5. Hat Shark Laser Engraved Bride Groom Glasses

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 852.000

Gelas yang cantik dan elegan, cheers!

Terbuat dari bahan pilihan dan di-print dengan laser 3D, gelas ini bisa Anda jadikan pilihan sebagai hadiah pernikahan yang memorable bagi teman maupun kerabat Anda. Didesain dengan simpel dan elegan plus ukiran timbul membuatnya nampak cantik baik ketika dipajang maupun diisi dengan berbagai jenis minuman.

Tidak hanya itu, desain gaun dan jas pengantin pada gelas ini juga diklaim tidak akan pudar atau menghilang, membuatnya menjadi sangat memorable. Gelas ini juga terbuat dari bahan yang kuat sehingga tahan lama dan awet dipakai. Dengan bentuknya yang mengecil di bagian bawah, gelas ini juga cocok dipakai meminum bir secara perlahan.

4. Oxone Profesional Air Fryer

4. Oxone Profesional Air Fryer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.422.900

Menggoreng tanpa minyak, awal hidup baru yang sehat

Hal yang sering kita hindari ketika ingin memasak gorengan adalah proses membersihkan peralatan masak yang minyaknya pasti menempel dimana-mana. Namun, kini Anda tidak perlu lagi direpotkan dengan hal tersebut jika Anda menggunakan produk penggorengan dari Oxone ini.

Pemasak multifungsi ini memanggang dengan cara berputar 360° tanpa minyak sehingga masakan yang dihasilkan pun lebih sehat. Terbuat dari wadah kaca, Anda semakin mudah memperhatikan masakan Anda, tak takut gosong, deh! Sangat pas dihadiahkan untuk pasangan yang baru menikah dan ingin belajar memasak dengan simpel dan mudah.

3. O Serbuk Kayu Ultrasonik Humidifier Aromaterapi

3. O Serbuk Kayu Ultrasonik Humidifier Aromaterapi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 375.700

Untuk kesehatan pengantin baru

Berfungsi untuk membersihkan udara dan aromaterapi, produk ini efektif mencegah berbagai macam penyakit. Jika teman Anda adalah orang yang menyukai seni, humidifier ini juga bisa menjadi hadiah yang pas karena desainnya simpel dan elegan. Selain itu, hadiah ini juga cocok untuk menambah suasana romantis dalam ruang tidur pasangan pengantin.

Produk ini memiliki konsumsi daya yang kecil, sehingga hemat listrik, aman digunakan dengan tegangan rendah, serta memberikan aromaterapi yang menenangkan. Cocok diletakkan di kantor, ruang keluarga, ruang belajar, maupun kamar mandi. Dengan mengusung konsep kesehatan, alat ini sangat pas dijadikan hadiah untuk orang-orang terdekat Anda.

2. Electrolux EasySense Coffee Maker – ECM3505

2. Electrolux EasySense Coffee Maker - ECM3505

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 486.000

Minum kopi dan teh berdua di rumah, semakin mesra!

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang menyukai kopi. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin maraknya cafe maupun warung kopi dari yang kelas biasa hingga model cafe elit di ibukota. Seiring dengan berjalannya bisnis kopi yang kian marak, maka mulai bermunculan coffee maker dengan berbagai macam merek.

Electrolux coffee maker adalah salah satu produk mesin kopi yang memiliki fungsi ganda. Selain kopi, produk ini juga dapat digunakan untuk membuat teh. Dengan daya tampung hingga 1.5 liter, mesin yang mudah dipakai dan dibersihkan ini sangat pas untuk pasangan muda yang gemar minum kopi.

1. Polytron Hydra DispenserPWC777

1. Polytron Hydra DispenserPWC777 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.018.000

Tak perlu repot angkat galon lagi, deh!

Jika selama ini Anda sering kesulitan ketika memindahkan galon air ke mesin dispenser, produk dari Polytron ini bisa menjadi solusinya. Dengan posisi galon di bawah, Anda tidak perlu lagi mengangkat galon besar dan berat ke atas mesin dipenser sehingga sangat mudah dalam pemakaian.

Dispenser ini sangat aman dan nyaman untuk digunakan karena dilengkapi dengan beberapa keunggulan teknologi. Contoh teknologi dari produk ini adalah integrated warning system yang berfungsi sebagai alarm saat dan proactive water tank system yang mampu mendeteksi keadaan tangki air agar tidak pernah kosong.

Manner saat memberikan hadiah pernikahan

Hal terpenting ketika ingin memberikan kado pernikahan bukanlah hadiah apa yang ingin kita berikan, namun ada manner yang harus kita perhatikan sebelum memberikannya. Anda bisa memberikan kado pernikahan dengan tetap memperhatikan manner di bawah ini.

Waktu yang tepat untuk memberikan hadiah pernikahan

Waktu yang tepat untuk memberikan hadiah pernikahan

Setelah Anda menerima undangan pernikahan, perhatikanlah tanggal dan waktu pernikahan tersebut. Pilihlah waktu yang tepat agar barang yang ingin Anda berikan tersebut bisa sampai sebelum siang di hari pernikahan tersebut.

Secara umum, mengirim kado pernikahan tepat di hari pernikahan akan sedikit mengganggu sang pengantin. Maka dari itu, sebaiknya berikanlah kado tersebut secara langsung sejak undangan tersebut Anda terima, paling lambat 1 minggu sebelum hari pernikahan. Meski begitu, jika Anda hendak memberikan kado pernikahan dalam bentuk barang elektronik atau benda berbobot berat lainnya, akan lebih sopan jika Anda tidak membawanya secara langsung.

Jika yang menikah adalah kerabat terdekat Anda, akan lebih baik jika Anda memberikannya secara langsung. Namun, jika Anda tidak dapat hadir ke pernikahan tersebut karena ada kendala jarak, Anda bisa mengirimkan kado beserta ucapan selamat kepada mereka sebagai gantinya.

Adanya simpul ikatan akan menimbulkan kesan yang baik

Adanya simpul ikatan akan menimbulkan kesan yang baik

Ketika hendak memberi kado untuk perkawinan, adanya simpul ikatan akan memberi impresi yang baik. Selain itu, dengan adanya simpul ikatan, kado dari Anda akan terkesan lebih formal dibanding hasil bungkusan toko dan cocok diberikan baik pada kerabat dekat maupun rekan kerja atau atasan Anda.

Sebelum diberikan simpul, Anda juga bisa membungkusnya terlebih dahulu dengan kertas khusus kado. Setelah itu, Anda bisa memberikan simpul ikatan yang tidak bisa langsung dilepas dengan sekali tarik. Makna dari simpul tersebut adalah harapan agar pernikahan tersebut tidak terjadi dua kali.

Meski begitu, Anda sebaiknya tidak membuat simpul ikatan model pita karena model tersebut umumnya dianggap tabu. Penting untuk memperhatikan berbagai norma dan hal-hal lainnya agar Anda tidak melanggar manner saat hendak memberikan kado pernikahan.

Kesimpulan

Hadiah pernikahan adalah ungkapan perasaan  Anda kepada sahabat atau pun kerabat dekat Anda. Hadiah tersebut akan lebih lengkap lagi jika Anda juga menyelipkan ucapan selamat dan doa untuk kedua mempelai. Apa pun hadiah yang Anda berikan, jika Anda memberikannya dengan sepenuh hati tentu mereka akan menghargai pemberian Anda. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi!