10 Rekomendasi SSD Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi SSD Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

SSD semakin populer untuk penyimpanan data berkat kemampuannya meningkatkan kecepatan komputer dan tidak cepat panas. Hal ini sangat penting, terutama bagi pengguna laptop! Saat ini, berbagai produsen ternama, seperti Samsung, Western Digital, SanDisk, dan lainnya telah mengeluarkan berbagai produk SSD dengan keunggulannya masing-masing.

Untuk kapasitas yang sama, SSD umumnya ditawarkan dengan harga lebih mahal dari HDD. Namun, nilai lebih yang dimilikinya menjadikan SSD worth to buy. Lantas bagaimana caranya memilih SSD yang tepat? Simak pembahasan kali ini dan temukan produk yang Anda butuhkan dari SSD terbaik yang kami rekomendasikan!

Daftar isi

Apa itu SSD?

SSD (Solid State Drive) adalah media penyimpanan data, atau yang disebut juga flash memory. Cara kerjanya sama seperti USB (Universal Serial Bus) flash drives dan SD (Secure Digital) Card. Meskipun HDD (Hard Disk Drive) konvensional masih digunakan sebagai media penyimpanan data, SSD mulai digunakan sebagai alternatif karena memiliki kecepatan read & write data yang lebih cepat.   

Akhir-akhir ini, SSD sudah mulai terpasang langsung pada berbagai perangkat elektronik, seperti komputer, smartphones, dan tablet, serta nampaknya akan semakin populer di masa depan. Ayo, cek bersama apa saja kelebihan pemakaian SSD dibandingkan dengan HDD!

Keunggulan SSD

Dibandingkan HDD, SSD memiliki beberapa perbedaan. Ketahuilah perbedaan yang menjadi keunggulan pemakaian SSD untuk kenyamanan penggunaan di dalam digital environment.

Kemampuan read & write data yang cepat!

Kemampuan read & write data yang cepat!

Kelebihan terbesar dari penggunaan SSD adalah kecepatan read & write data yang dimilikinya. Keunggulan ini khususnya sangat membantu saat proses booting komputer yang mengharuskan drive membaca banyak data.

Hanya dengan mengganti HDD ke SSD, waktu yang dibutuhkan saat menyalakan komputer terkadang bisa berkurang sampai setengahnya. Meskipun tentunya faktor lain seperti kemampuan komputer juga ikut memengaruhi kecepatan boot. SSD juga cukup efisien saat memindahkan file dengan ukuran besar, seperti film, dengan memanfaatkan kedua fungsi reading & writing data.

Tidak bising berkat proses read data secara elektrik

Tidak bising berkat proses read data secara elektrik

Pada HDD, motor penggerak disk akan berbunyi saat membaca data. Sedangkan pada SSD, data ditulis dan dibaca secara elektrik sehingga hampir tidak ada bunyi suara yang dihasilkan. Berkat kelebihannya ini, Anda dapat menggunakan laptop tanpa khawatir menganggu orang sekitar saat berada di luar rumah atau dalam perjalanan.

Less heat, untuk mengurangi risiko kerusakan pada komponen komputer

Less heat, untuk mengurangi risiko kerusakan pada komponen komputer

Keunggulan lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah SSD menghasilkan lebih sedikit panas dibandingkan HDD. Mengingat komponen pada komputer sering kali rusak oleh panas, mengganti sistem penyimpanan data pada komputer Anda dengan SSD dapat meminimalkan persentase risiko kerusakan semacam itu.

Kelebihan less heat pada SSD ini juga memungkinkan kipas pendingin diperkecil sehingga meminimalisasi kebisingan suara seperti yang disebutkan juga pada poin sebelumnya. Dengan mengganti perangkat penyimpanan data ke SSD, panas yang dihasilkan dapat dikurangi sehingga masa pakai komputer pun bisa diperpanjang dengan signifikan.

Lebih kuat terhadap benturan dan getaran

Lebih kuat terhadap benturan dan getaran

Fitur shockproof dan vibration-resistant berguna bagi perangkat, seperti laptop dan tablet yang dalam pemakaiannya sering dibawa-bawa. Dapat dikatakan bahwa kelebihan terbesar dalam memilih SSD adalah lebih kuat menahan benturan dalam kondisi semacam itu.

Sementara itu, kelemahan HDD yang memproses data dengan cara memutar disk pada kecepatan tinggi adalah komponennya mudah rusak akibat distorsi dan vibrasi. Sebaliknya, proses read & write data pada SSD tidak dilakukan dengan memutar cakram, melainkan secara elektrik. Dengan begitu, circuit board-nya dapat didesain lebih tahan terhadap benturan dan getaran sehingga SSD lebih sulit untuk rusak.

Hemat konsumsi listrik

Hemat konsumsi listrik

Proses read & write data pada SSD hanya menggunakan sinyal elektrik tanpa menggerakkan motor sehingga konsumsi power-nya lebih kecil daripada HDD. Lalu, dikarenakan SSD juga menghasilkan panas yang lebih sedikit, ukuran cooling fan dapat diperkecil sehingga konsumsi daya pada komputer bisa berkurang secara keseluruhan. Unit power supply juga bisa diperkecil sehingga ringan dan mengurangi panas yang dihasilkan.

Anda mungkin sering menggunakan laptop tanpa menghubungkannya ke sumber listrik dan mengoperasikannya dengan sumber daya dari baterai. Dengan konsumsi daya yang lebih hemat lewat pemakaian SSD, baterai laptop pun akan jadi lebih tahan lama.

Kekurangan SSD

Kekurangan SSD

Selain memiliki kelebihan, setiap produk tentu juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan SDD dibandingkan dengan HDD adalah sebagai berikut:

  • Harga SDD lebih mahal jika dibandingkan HDD, terutama yang kapasitas penyimpanannya besar.
  • Sulit untuk recovery data saat rusak karena proses pembuatan dan konfigurasinya
  • Ada batasan pada write cycle-nya. Meskipun demikian, hal ini tidak berpengaruh pada pemakaian secara umum.

Mengingat harganya yang mahal, apabila Anda memiliki budget terbatas dan menggunakan desktop PC, Anda dapat menggunakan SSD berkapasitas kecil untuk pemakaian utama dan di saat bersamaan menggunakan HDD sebagai tempat penyimpanan data.

Cara memilih SSD

Selain melihat faktor performance saat memilih, Anda juga harus memastikan apakah SSD tersebut bisa digunakan pada PC milik Anda. Ada banyak kasus di mana ketika membeli SSD sebagai komponen baru untuk modifikasi komputer, Anda hanya melihat performance-nya saja. Namun, saat dipasangkan ke PC, ternyata tidak bisa dipakai.

Kami telah merangkum poin yang dapat menjadi perhatian Anda pada saat memilih SSD. Ayo, cek bersama!

Pilih sesuai standar interface terminalnya

Pilih sesuai standar interface terminalnya

Selain memperhatikan SSD itu sendiri, perhatikan juga kabel yang digunakan. Terdapat beberapa tipe kabel yang menghubungkan PC dengan SSD. Saat ini, tipe kabel populer yang banyak digunakan adalah SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Namun, beberapa PC masih menggunakan kabel tipe lawas, yaitu IDE (Integrated Development Environment).

Tipe IDE menghubungkan kabel berbentuk pipih lebar dengan konektor yang terdiri dari beberapa pin pada PC, sedangkan SATA berukuran lebih kecil dan memiliki bentuk huruf L pada kepala kabel. Jadi, dengan melihat bentuknya Anda dapat membedakannya. Cek bentuk kabel ini sebelum membeli.

Pilih berdasarkan ukuran SSD

Pilih berdasarkan ukuran SSD

Ukuran SSD pun harus diperhatikan. Umumnya, ukuran HDD untuk desktop PC adalah 3,5 inci, sedangkan untuk laptop berukuran 2,5 inci. Sebaliknya, SSD dibuat dengan ukuran seragam, yaitu 2,5 inci. Jika Anda menggunakan desktop PC, sebaiknya menyiapkan dudukan tempat memasukkan SSD secara terpisah. Sementara untuk PC keluaran terbaru, sudah ada yang langsung terpasang SSD di dalamnya.

Selain itu, SSD juga tersedia dalam beberapa ketebalan. Meskipun secara umum ketebalannya 7 mm, ada pula yang memiliki ketebalan 9 mm. Oleh sebab itu, Anda harus mengecek HDD pada komputer Anda sebelum menentukan pilihan.

Pilih kapasitas penyimpanan data sesuai tujuan pengunaan

Semakin besar kapasitas suatu media storage, semakin banyak pula jumlah data yang dapat disimpan. Akan tetapi, ini berarti harganya juga semakin mahal. Oleh sebab itu, pilihlah sesuai dengan tujuan pengunaan Anda.

Meskipun begitu, belakangan ini harga SSD sudah semakin terjangkau. Jadi, tidak ada salahnya mencoba menggunakan SSD pada komputer Anda. Pada bagian selanjutnya kami akan membahas kapasitas penyimpanan dari SSD sesuai dengan tujuan pemakaiannya. Silakan cek satu per satu!

~ 256 GB: kapasitas kecil untuk pemakaian Internet atau menyimpan foto kualitas standar

~ 256 GB: kapasitas kecil untuk pemakaian Internet atau menyimpan foto kualitas standar

Jika pemakaian utama komputer Anda adalah untuk mengakses Internet, SSD dengan kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB (gigabytes) saja sudah cukup. Kapasitas ini juga cukup memadai untuk menyimpan foto atau video yang diambil dari kamera digital atau mengimpor musik dari CD.

512 GB: kapasitas penyimpanan sedang, rekomendasi bagi gamers

512 GB: kapasitas penyimpanan sedang, rekomendasi bagi gamers

Bagi orang yang mengunduh online game dari platform digital seperti STEAM yang mengumpulkan, menyalurkan, dan menjual data games yang dimiliki oleh pengembang, ataupun menyimpan data film di PC, rekomendasi kapasitas SSD yang dianjurkan adalah 512 GB. Dengan berkembangnya grafik 3D, game membutuhkan storage data besar. Oleh sebab itu, perhatikan kapasitas SSD yang dipilih, jangan sampai kekurangan.

512 GB / 1 TB, untuk creator dan high-end user

512 GB / 1 TB, untuk creator dan high end user

SSD dengan kapasitas besar 512 GB – 1 TB (terabytes) adalah rekomendasi bagi creator yang memiliki data dalam jumlah besar dan mengutamakan speed dalam mengolahnya, misalnya untuk mengedit film. Saat merekam atau mengedit video, kapasitas penyimpanan menjadi lebih cepat menjadi penuh. Jadi, pilihlah SSD yang berkapasitas besar.

Pilih berdasarakan write speed-nya

Pilih berdasarakan write speed-nya 

Dengan menggunakan SSD berkapasitas lebih dari 128 GB, kemampuannya dalam membaca dan menulis data relatif sudah lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Akan tetapi, sebisa mungkin pilihlah yang memiliki kecepatan read & write lebih tinggi untuk kenyamanan pengunaan komputer.

Umumnya, spesifikasi yang semakin tinggi dijual dengan harga yang lebih tinggi. Jika Anda mengolah file dengan ukuran besar, seperti mengedit film beresolusi tinggi, utamakanlah SSD yang memiliki kemampuan read & write yang cepat.

10 Rekomendasi SSD terbaik

Pada bagian ini kami akan merekomendasikan SSD terbaik yang dijual di Indonesia. Pemilihan didasarkan pada popularitas mereknya serta speed & write performance-nya yang berkualitas  untuk mengolah data, seperti edit film ataupun menjalankan game dengan grafik 3D resolusi tinggi. Cek produk pilihan kami sebagai bahan acuan Anda!

10. SanDisk SSD Plus

10. SanDisk SSD Plus

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 328.000

Lupakan HDD, gantilah ke SSD harga terjangkau

Kemampuan read dan write yang dimiliki oleh SandDisk SSD Plus ini cukup memadai untuk meningkatkan waktu boot, shut down, dan respons komputer dalam membuka tutup aplikasi dibandingkan dengan pemakaian HDD. Desain kokoh yang resistan terhadap shock dan vibration akan membantu Anda menyimpan data dengan lebih aman.

Apabila Anda ingin membeli SSD dengan tujuan menyimpan dokumen pekerjaan, atau foto dan video kualitas standar, kapasitas 120 GB adalah pilihan tepat. Jika Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar, jangan khawatir karena SanDisk memberikan pilihan sampai 1 TB. Soal harga, merek ini bisa diadu!

Interface SATA 6 Gbps
Ukuran 2,5 inci
Ketebalan 7 mm
Kapasitas 120 GB
Kecepatan read & write maksimum 530 MB/s & 310 MB/s

9. Western Digital Blue 3D NAND SATA SSD

9. Western Digital Blue 3D NAND SATA SSD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 720.000

Kinerja lebih cepat, efesiensi daya lebih hemat

Apabila SanDisk menargetkan new entry user, Western Digital (WD) melalui produknya WD Digital Blue membidik konsumen pebisnis yang secara umum memiliki jadwal padat dan waktu terbatas. Dengan teknologi NAND yang mengelola data secara lebih responsif tanpa menggunakan listrik, kinerja SSD jadi lebih cepat.

Berkat efisiensi daya listrik yang membuat baterai komputer bisa tahan lebih lama, SSD ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang bekerja di luar rumah. Satu-satunya kekurangan dari WD Digital Blue 3D NAND adalah enkripsi hardware yang belum tersedia.

Interface SATA 6 Gbps
Ukuran 2,5 inci
Ketebalan 7 mm
Kapasitas 250 GB
Kecepatan read & write maksimum 550 MB/s & 520 MB/s

8. Adata Premier Pro SP900

8. Adata Premier Pro SP900

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.050.000

Fitur shockproof cegah data corrupt

Adata adalah brand asal Taiwan yang memproduksi berbagai perangkat komputer, terutama memori. Salah satu modelnya, Premier Pro SP900 memiliki fitur TRIM, yaitu teknologi yang dapat menginformasikan data mana yang layak dihapus karena sudah tidak lagi digunakan. Hal ini berkontribusi pada masa pakai SSD yang lebih lama.

Keunggulan lain dari SSD ini adalah adanya fitur shockproof sehingga data tidak gampang corrupt karena goncangan. Untuk SSD kategori NAND tahan goncangan, harganya termasuk yang terjangkau. Kami merekomendasikan Adata Premier Pro SP900 bagi Anda yang sering mobile dan membutuhkan SSD yang kuat terhadap goncangan. 

Interface SATA 6 Gbps
Ukuran 2,5 inci
Ketebalan 7 mm
Kapasitas 128 GB
Kecepatan read & write maksimum 545 MB/s & 535 MB/s

7. Transcend SATA III 6Gb/s SSD370S

7. Transcend SATA III 6Gb/s SSD370S

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.275.000

Teknologi terkini AES untuk proteksi data lebih baik

Transcend SSD370S merupakan salah satu SSD terbaik yang memiliki performa kinerja tinggi dan didukung oleh enkripsi data yang bagus. SSD ini diproduksi dengan teknologi MLC NAND flash inside untuk memastikan stabilitas penyimpanan data, serta ketahanan penggunaan.

Dengan fitur full drive encryption berteknologi mutakhir AES (Advanced Encryption Standard), Anda tidak perlu khawatir data penting dijebol orang yang tidak bertanggung jawab! Hanya saja, garansi produk ini cuma 3 tahun dan bukan 10 tahun seperti kebanyakan SSD merek lainnya.

Interface SATA 6 Gbps
Ukuran 2,5 inci
Ketebalan 6,8 mm
Kapasitas 128 GB
Kecepatan read & write maksimum 560 MB/s & 460 MB/s

6. V-GeN Solid State Drive SATA 3

6. V-GeN Solid State Drive SATA 3

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 307.000

Termurah untuk budget terbatas

V-Gen dikenal di Indonesia dengan produk memory card-nya yang berkualitas dan harga yang terjangkau. Tidak mau ketinggalan dengan brand lainnya yang sudah bermain di pasar SSD, V-Gen meluncurkan Solid State Drive SATA 3. Produk ini masuk dalam jajaran SSD murah di Indonesia yang banyak dicari konsumen. Termurah di antara produk rekomendasi kami!

Soal kecepatan read & write, produk ini mungkin bukan yang tercepat, tetapi masih masuk dalam kategori memadai. Chipset yang digunakan oleh V-GeN Solid State Drive SATA 3 adalah brand Samsung sehingga kualitasnya juga terpercaya. Produk ini bisa jadi pertimbangan bagi Anda yang ingin mencoba SSD sebelum memutuskan untuk pindah dari HDD.

Interface SATA 6 Gbps
Ukuran 2,5 inci
Ketebalan 7 mm
Kapasitas 120 GB
Kecepatan read & write maksimum 530 MB/s & 470 MB/s

5. Intel SSD 530

5. Intel SSD 530

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.917.000

Responsif hadapi beragam tugas

Sebagai perusahaan prosesor terbesar di dunia, Intel juga memproduksi SSD. Salah satunya adalah SSD 530 yang diciptakan bagi target konsumen profesional untuk pekerjaan yang mengharuskan memproses banyak task pada komputer. Produk ini dilengkapi dengan Intel® Smart Response Technology yang memungkinkan kinerja tinggi yang responsif dual drive, SSD dan HDD.

Produk ini juga cocok untuk gamers, content creator, ataupun pekerjaan teknik lainnya. Kapasitas yang tersedia pun beragam, mulai dari 80 hingga 480 GB, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Anda juga tidak perlu khawatir dengan after-sales service-nya karena Intel memberikan garansi sampai dengan lima tahun.

Interface SATA 6 Gbps
Ukuran 2,5 inci
Ketebalan 7 mm
Kapasitas 480 GB
Kecepatan read & write maksimum 540 MB/s & 490 MB/s

4. Toshiba OCZ TR150

4. Toshiba OCZ TR150 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.660.000

Cegah corrupt file dengan fitur cek kesehatan data

Toshiba telah dikenal menghasilkan banyak produk berkualitas. Salah satu andalannya untuk pasar SSD adalah OCZ TR150 yang dilengkapi utility management software, perangkat lunak yang akan membantu Anda mengecek kesehatan data dan rekomendasi masa pakai SSD. Fitur penting untuk selalu memantau kondisi data yang disimpan.

Dari segi performance, produk ini cocok untuk first-time users ataupun bagi yang mencari SSD tambahan. Ragam kapasitas penyimpanannya bervariasi dari yang terkecil sebasar 120 GB sampai yang paling besar, 960 GB. Mengenai konsumsi daya listrik, SDD ini sangat power efficient sehingga apabila Anda menggunakannya pada laptop, baterai bisa bekerja lebih lama.

Interface SATA 6 Gbps
Ukuran 2,5 inci
Ketebalan 7 mm
Kapasitas 480 GB
Kecepatan read & write maksimum 550 MB/s & 520 MB/s

3. Crucial MX300

3. Crucial MX300 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.535.000

Belum 45 hari sudah rusak? Garansi uang kembali!

Crucial MX300 direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan SSD yang cepat dalam proses booting dan shut down komputer, serta loading yang responsif pada penggunaan aplikasi. Untuk Anda yang menuntut kecepatan dalam memproses data, produk ini memiliki fitur dynamic write acceleration agar file dapat ditransfer dan disimpan dengan lebih cepat.

Produk ini juga hemat dalam penggunaan energi listrik. Dibandingkan dengan SSD merek lain yang rata-rata membutuhkan 6,8 watt untuk beroperasi, MX300 hanya membutuhkan daya 0,075 watt saja. Itu berarti SSD ini lebih hemat daya 90 kali lipat! Anda juga tak perlu khawatir karena Crucial memberikan garansi uang kembali apabila produk rusak dalam waktu 45 hari.

Interface SATA 6 Gbps
Ukuran 2,5 inci
Ketebalan 7 mm
Kapasitas 525 GB
Kecepatan read & write maksimum 530 MB/s & 510 MB/s

2. Samsung SSD 850 PRO

2. Samsung SSD 850 PRO

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.600.000

Read & write kencang, garansi panjang!

Samsung adalah perusahaan gadget asal Korea Selatan yang pertama kali menerapkan teknologi TLC NAND. Setelah sukses dengan tipe 840 EVO-nya, Samsung memperkenalkan tipe 850 PRO, yaitu SSD pertama yang menggunakan teknologi 3D NAND. Dengan teknologi ini pengguna dapat menyimpan data lebih cepat!

Dengan kecepatan yang mumpuni, produk ini tentu cocok digunakan pekerja industri kreatif, seperti mengedit video, audio, dan foto berkualitas tinggi dalam jumlah banyak. Fitur enchanted endurance yang dimiliki mampu menangani 150 Terabytes Written (TBW) selama masa pakainya. Setara dengan rata-rata penggunaan harian 40 GB write/speed selama 10 tahun!

Interface SATA 6 Gbps
Ukuran 2,5 inci
Ketebalan 7 mm
Kapasitas 512 GB
Kecepatan read & write maksimum 550 MB/s & 520 MB/s

1. SanDisk Extreme Pro SSD

1. SanDisk Extreme Pro SSD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.900.000

Game without limits!

Setiap SSD akan mengalami ujian terbesarnya saat harus menjalankan game beresolusi 3D yang memiliki grafik tinggi. Tak jarang pengguna merasa kecewa akibat kualitas SDD yang kurang baik. Nah, SanDisk Extreme Pro SSD ini mampu memberikan performa memuaskan dengan read & write speed-nya yang mampu meminimalisasi game lags!

Produk ini juga sudah memakai NAND memory sehingga performance game lebih baik. SanDisk juga mengeklaim Extreme Pro SSD dapat menghemat konsumsi listrik sehingga pemakaian laptop bisa lebih lama. Sementara itu, penutup aluminumnya yang kokoh membuat SSD mampu menahan getaran dan benturan dengan lebih baik.

Interface SATA 6 Gbps
Ukuran 2,5 inci
Ketebalan 7 mm
Kapasitas 480 GB
Kecepatan read & write maksimum 550 MB/s & 516,3 MB/s

Baca juga rekomendasi SSD eksternal portabel di sini!

Selain SSD internal yang telah kami bahas kali ini, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli SSD eksternal portabel yang praktis untuk dibawa bepergian. Silakan simak penjelasan lebih lanjut di artikel berikut ini!

Kesimpulan

Setiap user memiliki cara penggunaan berbeda pada PC masing-masing. Dikarenakan harga SSD yang relatif mahal, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu SSD seperti apa yang dibutuhkan sebelum membeli.

Dengan mengganti HDD dengan SDD, tingkat kenyamanan penggunaan PC pasti akan meningkat. Untuk merasakan perbedaannya dengan HDD, Anda bisa mencoba terlebih dahulu menggunakan SSD yang harganya lebih terjangkau. Cari dan pilihlah salah satu dari sepuluh rekomendasi kami yang sesuai dengan tujuan pengunaan Anda!