• 10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Digital voice recorder, dikenal juga sebagai voice recorder, audio recorder, ataupun sound recorder, memiliki banyak kegunaan. Alat perekam suara ini bisa digunakan untuk wawancara, merekam suara dan lagu, merekam hasil rapat, serta belajar bahasa. Kapasitas, format file, harga, dan ukuran yang berbeda-beda mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya.

Nah, kali ini kami akan mengulas cara memilih digital voice recorder yang bagus dan canggih. Kami juga akan merekomendasikan produk dari berbagai merk, seperti Sony, TASCAM, Olympus, dan sebagainya. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 19 April 2022
Daftar isi

Tabel perbandingan produk digital voice recorder terbaik

Gambar produk
1
TASCAM DR-22WL 1

TASCAM

2
ZOOM H1n Digital Handy Voice Recorder 1

ZOOM

3
Sony PX470 Digital Voice Recorder PX Series 1

Sony

4
Olympus VP-10 1

Olympus

5
TASCAM DR-07X 1

TASCAM

6
Philips  VoiceTracer 1

Philips

7
Sony UX560F Digital Voice Recorder UX Series 1

Sony

8
Olympus WS-852 1

Olympus

9
REMAX Voice Recorder RP1 1

REMAX

10
Digital Voice Recorder 8 GB - T60  1

Nama produk

DR-22WL

H1n Digital Handy Voice Recorder

PX470 Digital Voice Recorder PX Series

VP-10

DR-07X

VoiceTracer

UX560F Digital Voice Recorder UX Series

WS-852

Voice Recorder RP1

Digital Voice Recorder 8 GB - T60

Keunggulan

Pelopor teknologi Wi-Fi untuk mengirim hasil rekaman

Merekam berbagai jenis suara sehingga hasil rekaman lebih hidup

Sistem S-microphone mampu merekam suara di kejauhan, cocok untuk penikmat suara alam

Perekam berbentuk pena yang mudah dibawa ke mana pun

Memiliki fungsi editing yang lengkap, cocok bagi para musisi

Tampilan layarnya yang cerah memudahkan navigasi file

Dapat mendengarkan dan merekam program radio sekaligus

Dilengkapi dua mikrofon, menghasilkan fungsi stereo yang maksimal

Hasilkan rekaman suara berkualitas tinggi dan jernih dengan mikrofon HD

Digital voice recorder murah dengan berbagai kegunaan

Harga mulai dariRp 2.685.000,00Rp 1.600.000,00Rp 999.000,00Rp 2.480.000,00Rp 1.999.000,00Rp 1.100.000,00Rp 1.500.000,00Rp 1.450.000,00Rp 460.000,00Rp 185.000,00
Sumber dayaBaterai sekali pakaiBaterai sekali pakai, baterai isi ulangBaterai sekali pakaiBaterai sekali pakai, baterai isi ulangBaterai sekali pakaiBaterai sekali pakaiBaterai isi ulangBaterai sekali pakai, baterai isi ulangBaterai isi ulangBaterai isi ulang
Daya tahan penggunaan17,5 jam10 jam55 jam50 jam17,5 jam42 jamTidak diketahui110 jam32 jam68 jam
Fungsi tambahanA-B loop playback, perekam telepon, low-cut filter, fungsi perekam otomatisA-B repeat playback, playback speed control, fungsi perekam otomatisA-B repeat playback, fungsi perekam otomatis, low-cut filterPlayback speed control, noise cancel, forward skipLow-cut filter, fungsi perekam otomatis, mendukung sepuluh bahasaA-B repeat playback, noise reduction, pengunci fileA-B repeat playback, low-cut filter, quick chargeA-B repeat playback, noise cancel, voice filter, forward skipA-B repeat playback, fungsi perekam telepon Digital LCD, A-B repeat playback, fungsi penunjuk baterai lemah
Koneksi ke PCYaYaYaYaYaYaYaYa (USB)Tidak diketahuiYa
Kompatibel dengan SD cardYa (microSD up to 2 GB, microSDHC up to 32 GB, microSDXC up to 128 GB)Ya (microSD/microSDHC 32 GB)Ya (microSD 32 GB)TidakYa (microSD up to 3 GB, microSDHC up to 32 GB, microSDXC up to 128 GB)Ya (microSD 32 GB)YaYaYa (microSD 8 GB)Tidak
Format rekamanWAV, BWF, MP3MP3, WAVMP3, LPCMMP3, PCM, WMAWAV, MP3WAVMP3, LPCMMP3WAV, MP3WAV, MP3
Tautan produk

Cara memilih digital voice recorder

Digital voice recorder memiliki kualitas rekaman, memori, power supply, dan model yang berbeda-beda. Makin canggih fungsinya, makin mahal pula harganya. Nah, kami akan memperkenalkan cara memilih voice recorder terbaik untuk Anda.

Pilih berdasarkan kegunaannya

Kinerja yang ditunjukkan digital voice recorder bergantung pada teknologi dan kegunaannya. Selanjutnya, kami akan memberikan informasi mengenai fungsi voice recorder untuk Anda.

Merekam musik: Pastikan recorder mendukung LPCM atau menghasilkan rekaman berkualitas tinggi

Merekam musik: Pastikan recorder mendukung LPCM atau menghasilkan rekaman berkualitas tinggi

Jika ingin merekam lagu, konser, atau pertunjukan musik live, pilih perekam yang mendukung linear pulse-code modulation (LPCM). Digital voice recorder dengan LPCM akan merekam audio asli tanpa kompresi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil rekaman dengan suara yang lebih jernih.


Selain itu, ada beberapa model dengan fungsi overdubbing yang bisa digunakan saat mengedit hasil rekaman. Ada juga efek reverb yang menghasilkan suara menggema serta fungsi spesifik seperti tuner dan metronom. Model yang mendukung hasil rekaman beresolusi tinggi juga muncul akhir-akhir ini. Jika memungkinkan, pilih model ini untuk merekam musik.

Merekam wawancara atau rapat: Lebih praktis dengan fungsi stereo yang mampu mengenali posisi pembicara

Merekam wawancara atau rapat: Lebih praktis dengan fungsi stereo yang mampu mengenali posisi pembicara

Untuk merekam rapat, seminar, atau wawancara, Anda tidak perlu recorder dengan LPCM. Digital voice recorder yang mendukung rekaman monaural atau single channel sudah cukup untuk merekam wawancara.


Namun, recorder yang mendukung rekaman stereo akan lebih praktis jika ada tiga orang pembicara atau lebih. Perekam stereo akan menangkap arah suara dengan tepat sehingga bisa mengidentifikasi pembicara yang sedang berbicara.


Kemudian, Anda mungkin perlu melakukan transkripsi setelah selesai wawancara atau rapat. Untuk itu, pastikan recorder Anda bisa menangkap suara manusia dengan baik dan mengabaikan suara bising di sekitar.

Belajar bahasa: Pilih yang bisa mengatur kecepatan playback

Belajar bahasa: Pilih yang bisa mengatur kecepatan playback

Untuk belajar bahasa, fitur-fitur seperti A-B repeat playback, pengaturan playback speed, dan shadowing playback akan membantu Anda. Dengan fitur A-B repeat playback, Anda bisa mendengarkan kembali bagian yang kurang jelas. Anda pun dapat memperlambat bagian yang sulit didengar dengan pengaturan playback speed.


Sementara itu, fitur shadowing playback akan berguna saat Anda melakukan teknik shadowing. Teknik ini adalah teknik belajar bahasa dengan cara menirukan suara penutur asli di rekaman. Perhatikan adanya fitur-fitur di atas supaya Anda lebih cepat menguasai bahasa baru.

Memo suara: Model yang biasa saja sudah cukup, pilih yang mudah digenggam

Memo suara: Model yang biasa saja sudah cukup, pilih yang mudah digenggam

Jika Anda membutuhkan recorder untuk merekam suara pribadi, model berformat mono atau monaural sudah cukup. Anda tidak perlu memilih perekam dengan kualitas tinggi atau banyak fungsi. Alhasil, Anda bisa memilih recorder dengan harga murah. Meski begitu, Anda mungkin perlu voice recorder yang bisa digunakan dengan cepat saat ide muncul. Oleh sebab itu, pilih produk yang mudah dibawa dan digenggam. 

Periksa sumber daya dan batas waktu penggunaan

Sumber daya digital voice recorder bisa dibagi dua tipe yaitu baterai sekali pakai dan baterai isi ulang. Selain sumber dayanya, ketahui juga batas waktu penggunaan recorder dengan satu kali isi ulang atau satu kali penggantian baterai.

Sumber daya: Sesuaikan dengan lokasi pemakaian

Digital voice recorder dengan baterai sekali pakai cocok untuk Anda yang sering melakukan perjalanan. Anda dapat mengganti baterai ketika habis dan recorder bisa langsung digunakan kembali. Anda hanya perlu menyediakan baterai cadangan. Namun, perekam tipe ini biasanya memiliki tempat baterai sehingga ukurannya lebih besar.


Sebaliknya, recorder dengan baterai yang bisa diisi ulang biasanya lebih praktis. Namun, saat baterainya habis, Anda perlu waktu dan tempat untuk mengisi ulang baterai. Pekerjaan pun sedikit terhambat karena menunggu voice recorder menyala kembali. 

Batas waktu penggunaan: Memengaruhi kenyamanan saat perekaman

Jangan lupa memeriksa panjang waktu rekaman yang bisa dilakukan voice recorder dalam sekali penggantian atau pengisian baterai. Apabila batas waktu penggunaannya pendek, Anda akan repot mengganti atau mengisi ulang baterainya. Anda tentu tidak mau wawancara atau rapat terlalu sering dihentikan sementara untuk mengganti baterai recorder, bukan?

Kenali fungsi tambahan yang praktis

Beberapa model voice recorder memiliki fungsi tambahan yang makin memudahkan penggunaannya. Mari kenali fungsi-fungsi tambahan tersebut. 

Fungsi pengumpulan suara, memudahkan perekaman di ruangan besar

Fungsi pengumpulan suara, memudahkan perekaman di ruangan besar

Untuk memudahkan merekam suara yang jernih, terdapat fungsi pengumpulan suara. Fungsi ini memudahkan untuk merekam suara di tempat dengan kondisi tertentu. Misalnya, di ruangan yang besar dan sumber suara jauh dari digital voice recorder. Selain itu, fitur tersebut juga membantu mengurangi suara bising pada rekaman. 

Noise cancellation, voice balancer, dan focus playback, memberikan suara jelas saat diputar ulang

Tidak hanya saat rekaman, kualitas suara saat pemutaran ulang juga perlu diperhatikan. Fungsi noise cancellation yang ada pada voice recorder akan membantu Anda saat mendengar hasil rekaman.


Apabila Anda merekam dengan fitur stereo, suara pembicara yang jauh dari recorder akan terdengar lebih kecil. Nah, recorder dengan fitur voice balancer bisa menyeimbangkan volume suara orang yang direkam.


Untuk perekaman seminar dengan beberapa pembicara, fitur focus playback akan sangat berguna. Fitur ini akan menegaskan suara yang muncul dari segala arah. Dengan begitu, Anda lebih mudah mengidentifikasi pembicara dari suaranya.

Fungsi pengenal dan perekam suara otomatis, mengurangi risiko kehilangan pembicaraan penting

Jika Anda lupa menekan tombol saat merekam, tidak perlu khawatir. Ada digital voice recorder yang memiliki fungsi pengenal dan perekam suara otomatis. Saat mendeteksi suara, alat tersebut akan langsung merekam. Hal ini akan mengurangi risiko Anda kehilangan pembicaraan penting akibat lupa menekan tombol rekam. 

Fungsi pemutaran ulang, memudahkan transkripsi

Fungsi lain yang perlu dipertimbangkan adalah pengontrolan kecepatan saat pemutaran ulang. Anda bisa mendengar hasil rekaman berulang-ulang dengan lebih cepat atau lambat. Dengan begitu, Anda tidak perlu menekan tombol playback berkali-kali untuk mengulang bagian yang terlewat. Fitur ini sangat berguna untuk Anda yang sedang belajar bahasa atau melakukan transkripsi.

Fitur radio, praktis untuk belajar bahasa lewat radio

Fitur radio, praktis untuk belajar bahasa lewat radio
Ada beberapa model recorder yang dilengkapi fitur radio FM/AM. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendengar dan merekam radio. Fungsi tersebut berguna saat Anda mendengarkan program kursus bahasa asing dan membantu Anda belajar. 

Wi-Fi, membantu memudahkan pengoperasian

Akhir-akhir ini, makin banyak voice recorder yang memiliki Wi-Fi. Anda bisa mengontrol status perekaman melalui smartphone dengan fitur tersebut. Hal ini berguna bagi Anda yang harus meletakkan digital voice recorder pada posisi yang jauh dari jangkauan. Alat perekam suara dengan fitur ini cocok digunakan saat menghadiri rapat atau seminar. 

Pilih berdasarkan desain dan ukuran

Digital voice recorder biasanya memiliki ukuran yang kecil dan ringan. Bahkan, ada model yang berbentuk pena. Pilih voice recorder yang paling mudah Anda bawa ke mana pun. Jika bentuknya ramping, Anda bahkan bisa meletakkannya di kantung baju dan dapat merekam tanpa terlalu terlihat.


Selain itu, perhatikan juga desainnya, seperti penempatan tombol perekam. Pastikan Anda memilih voice recorder dengan desain yang memudahkan Anda saat ingin merekam. 

Jika ingin menyimpan dan memindahkan data, pilih yang dapat tersambung ke komputer

Jika ingin menyimpan dan memindahkan data, pilih yang dapat tersambung ke komputer

Jika Anda ingin menyimpan rekaman dan membagikannya kepada orang lain, pilih model yang dapat tersambung ke komputer. Data bisa dikirim ke perangkat lain melalui kabel USB. Selain itu, ada beberapa model yang bisa mengisi daya dengan kabel USB ini.

Untuk rekaman berkualitas tinggi dan dalam waktu lama, gunakan recorder yang mendukung SD card

Memori internal voice recorder biasanya hanya dapat menyimpan rekaman selama 200 jam dengan kualitas rendah. Untuk kualitas tinggi, recorder umumnya hanya dapat menyimpan rekaman selama 10 jam. Jika sudah penuh, tidak ada pilihan lain selain menghapus hasil rekaman apalagi jika datanya tidak bisa dikirimkan ke komputer. 


Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memilih digital voice recorder yang mendukung memori eksternal. Pilih perekam yang kompatibel dengan SD, SDHC, atau microSD. Anda bisa menyesuaikan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Perhatikan format audio, pilih MP3/WMA

File audio biasanya memiliki format standar berupa MP3, ACC, dan WMA. Namun, untuk perekaman LPCM, biasanya formatnya berupa WAV. Akan lebih menguntungkan jika digital voice recorder mendukung berbagai format tersebut. Hasil rekaman yang mendukung format standar lebih mudah diedit di komputer. 

10 Rekomendasi digital voice recorder terbaik

Kami telah menjelaskan cara memilih digital voice recorder. Selanjutnya, kami akan mengulas produk voice recorder terbaik. Selamat memilih!
10

Digital Voice Recorder 8 GB - T60

Mulai dari Rp 185.000,00

Sumber dayaBaterai isi ulang
Daya tahan penggunaan68 jam
Fungsi tambahanDigital LCD, A-B repeat playback, fungsi penunjuk baterai lemah
Koneksi ke PCYa
Kompatibel dengan SD cardTidak
Format rekamanWAV, MP3
9
Sumber dayaBaterai isi ulang
Daya tahan penggunaan32 jam
Fungsi tambahanA-B repeat playback, fungsi perekam telepon
Koneksi ke PCTidak diketahui
Kompatibel dengan SD cardYa (microSD 8 GB)
Format rekamanWAV, MP3
8
Sumber dayaBaterai sekali pakai, baterai isi ulang
Daya tahan penggunaan110 jam
Fungsi tambahanA-B repeat playback, noise cancel, voice filter, forward skip
Koneksi ke PCYa (USB)
Kompatibel dengan SD cardYa
Format rekamanMP3
7

SonyUX560F Digital Voice Recorder UX Series

ICD-UX560F

Mulai dari Rp 1.500.000,00

Sumber dayaBaterai isi ulang
Daya tahan penggunaanTidak diketahui
Fungsi tambahanA-B repeat playback, low-cut filter, quick charge
Koneksi ke PCYa
Kompatibel dengan SD cardYa
Format rekamanMP3, LPCM
6
Sumber dayaBaterai sekali pakai
Daya tahan penggunaan42 jam
Fungsi tambahanA-B repeat playback, noise reduction, pengunci file
Koneksi ke PCYa
Kompatibel dengan SD cardYa (microSD 32 GB)
Format rekamanWAV
5
Sumber dayaBaterai sekali pakai
Daya tahan penggunaan17,5 jam
Fungsi tambahanLow-cut filter, fungsi perekam otomatis, mendukung sepuluh bahasa
Koneksi ke PCYa
Kompatibel dengan SD cardYa (microSD up to 3 GB, microSDHC up to 32 GB, microSDXC up to 128 GB)
Format rekamanWAV, MP3
4
Sumber dayaBaterai sekali pakai, baterai isi ulang
Daya tahan penggunaan50 jam
Fungsi tambahanPlayback speed control, noise cancel, forward skip
Koneksi ke PCYa
Kompatibel dengan SD cardTidak
Format rekamanMP3, PCM, WMA
3

SonyPX470 Digital Voice Recorder PX Series

ICD-PX470

Mulai dari Rp 999.000,00

Sumber dayaBaterai sekali pakai
Daya tahan penggunaan55 jam
Fungsi tambahanA-B repeat playback, fungsi perekam otomatis, low-cut filter
Koneksi ke PCYa
Kompatibel dengan SD cardYa (microSD 32 GB)
Format rekamanMP3, LPCM
2

ZOOMH1n Digital Handy Voice Recorder

Mulai dari Rp 1.600.000,00

Sumber dayaBaterai sekali pakai, baterai isi ulang
Daya tahan penggunaan10 jam
Fungsi tambahanA-B repeat playback, playback speed control, fungsi perekam otomatis
Koneksi ke PCYa
Kompatibel dengan SD cardYa (microSD/microSDHC 32 GB)
Format rekamanMP3, WAV
1
Sumber dayaBaterai sekali pakai
Daya tahan penggunaan17,5 jam
Fungsi tambahanA-B loop playback, perekam telepon, low-cut filter, fungsi perekam otomatis
Koneksi ke PCYa
Kompatibel dengan SD cardYa (microSD up to 2 GB, microSDHC up to 32 GB, microSDXC up to 128 GB)
Format rekamanWAV, BWF, MP3

Penggunaan digital voice recorder yang cukup unik

Digital voice recorder sering digunakan untuk merekam musik atau hasil rapat. Namun, ada kegunaan lain yang cukup unik. Mungkin Anda juga bisa mencobanya!

Merekam ide yang muncul tiba-tiba

Merekam ide yang muncul tiba-tiba
Banyak orang menuliskan ide-idenya di buku catatan. Namun, menulis membutuhkan waktu lebih lama dibanding merekam. Dengan voice recorder, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Anda bisa langsung menyalurkan ide yang ada di kepala dengan menekan tombol perekam. 

Merangkum isi mimpi setelah bangun tidur

Merangkum isi mimpi setelah bangun tidur

Anda bisa menggunakan voice recorder untuk merekam cerita mimpi Anda setelah bangun tidur. Hal ini sangat unik karena Anda bisa merekam suara dengan emosi yang nyata. Saat mendengarkannya kembali, Anda pun dapat menikmati mimpi Anda untuk kedua kalinya. Cara ini juga cocok dilakukan bagi orang-orang yang gemar menafsirkan mimpi. 

Merekam jika mendengkur atau mengigau saat tidur

Merekam jika mendengkur atau mengigau saat tidur
Gangguan tidur ditandai dengan sering mendengkur atau mengigau. Anda bisa mengetahui apakah Anda kerap mendengkur atau mengigau dengan merekamnya. Letakkan voice recorder di sisi tempat tidur saat Anda terlelap. Anda bisa memeriksa hasilnya di pagi hari.

Baca juga rekomendasi mikrofon di sini

Anda mungkin juga membutuhkan mikrofun untuk memaksimalkan perekaman suara. Tenang saja, kami sudah merangkum artikelnya di bawah ini. Disimak juga, yuk!

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih dan merekomendasikan produk digital voice recorder terbaik untuk Anda. Kami harap artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin memiliki digital voice recorder. Perhatikan kelebihan dan kekurangan digital voice recorder sesuai dengan yang kami sampaikan. Silakan pilih produk terbaik yang cocok dan sesuai kebutuhan Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Di artikel ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop memang sudah punya sistem pendinginnya sendiri. Meski begitu, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus dibantu cooling pad. Produknya dapat menurunkan suhu laptop saat kepanasan. Bekerja atau gaming pun jadi lebih nyaman.Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel ini, seperti merek Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo, dalam artikel ini. Yuk, lanjut scroll ke bawah agar Anda bisa menemukan cooling pad laptop sesuai kebutuhan!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kebutuhan akan penggunaan webcam makin meningkat. Hal tersebut karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam bagus yang dikeluarkan berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel baik di laptop maupun PC.Kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasi produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merk Logitech, Microsoft, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone dapat membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain games. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tiap produk headphone tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan koneksinya, baik yang berkabel maupun nirkabel. Selain itu, desain yang beragam juga memengaruhi kebocoran suara. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Anda akan menjumpai produk merek Sony, JBL, dan Logitech. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone Sony Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Headphone Sony Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Headphone Sony memang kerap membuat penggemar musik tergila-gila. Sony selalu mengeluarkan berbagai headphone baru yang dibekali teknologi canggih hasil riset terkini. Namun, banyaknya pilihan seri dan model membuat sebagian orang merasa kesulitan dalam memilihnya.Selain model yang sudah cukup populer, seperti WH-1000XM3 dan MDR-XB950, ada banyak pilihan model lain yang dapat dipilih. Untuk itu, simaklah informasi mengenai tipe, spesifikasi, maupun cara memilih, serta rekomendasi headphone merek Sony yang bagus di bawah ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu.
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori