10 Rekomendasi Mainan Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Mainan Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Bagi Anda yang memelihara kelinci, tentu Anda akan merasa terhibur dengan berbagai ekspresi wajah dan tingkah lakunya saat bermain dengan mainannya. Namun, banyak sekali jenis mainan kelinci yang dijual di pasaran sehingga membuat Anda bingung dalam memilih, misalnya chewing type, digging type, chase ball type, dan tunnel type.

Pada artikel kali ini kami akan membahas tips memilih mainan kelinci berdasarkan karakteristik kelinci Anda dan juga memberikan beberapa rekomendasi mainan kelinci terbaik! Silakan dipilih sesuai dengan tingkah laku dan kesukaan kelinci peliharaan Anda. Bersenang-senanglah dan tingkatkan keakraban Anda dengan kelinci Anda!

Daftar isi

Cara memilih mainan kelinci

Pertama-tama, kami akan membahas cara memilih mainan kelinci yang tepat karena mainan tersebut tidak hanya berfungsi untuk bersenang-senang, tetapi juga untuk menghilangkan stres atau sebagai sarana relaksasi. Jadi, mari amati kelinci Anda dan tentukan apa yang ingin Anda berikan padanya.

Pilihlah berdasarkan jenis mainannya

Banyak mainan kelinci dibuat berdasarkan karakteristik kelinci dan dimodifikasi sesuai kebutuhannya. Jenis mainan kelinci pun sangat bervariasi, jadi mari cari tahu lebih lanjut!

Tipe chewing toy untuk menghilangkan stres

Tipe chewing toy untuk menghilangkan stres

Kelinci adalah hewan yang senang mengunyah berbagai macam benda. Ketika kelinci mulai tertarik dan menunjukkan kesenangannya untuk mengunyah, kelinci akan selalu mencari barang yang bisa dikunyah. Namun, bahayanya adalah ketika kelinci Anda mengunyah bahan asing, seperti logam atau pun kain yang ada di dalam kandang karena ada kemungkinan serpihannya tertelan dan itu sangat berbahaya. Untuk memenuhi keinginan kelinci mengunyah sesuatu, penting bagi Anda memberikan mainan dari bahan yang aman bila tidak sengaja termakan atau tertelan.

Di sisi lain, chewing toy dapat mencegah gigi kelinci tumbuh terlalu panjang dan juga membantu menghilangkan stres. Jenis mainan ini sangat direkomendasikan untuk kelinci yang memiliki kebiasaan mengunyah. Ada beberapa tipe chewing toy, misalnya tipe yang digantung dan tipe yang diletakkan di bawah. Kedua tipe ini biasanya ditaruh di dalam kandang, tetapi ada juga yang meletakkannya di luar kandang.

Tipe running toy untuk kelinci yang suka berlari-larian

Tipe running toy untuk kelinci yang suka berlari-larian

Kelinci memang memiliki image yang kalem, tetapi ada kalanya kelinci akan berlari-larian dengan cepat jika dibiarkan berada di luar kandang. Kelinci Anda bisa saja melompat tiba-tiba, berlari kencang lalu berhenti secara berulang-ulang, dan mengekspresikan kegembiraannya dengan mengeluarkan suara memekik seperti menangis. Untuk tipikal kelinci seperti ini, kami menyarankan Anda memberi mainan bola sehingga bisa dimainkan sambil berlari-larian.

Ukuran bolanya bermacam-macam, mulai dari bola kecil sampai bola yang lebih besar dari tubuh kelincinya. Letakkan saja bolanya di dekat kelinci Anda, maka kelinci Anda akan menggerakan bola dan memainkannya. Jika bolanya berukuran kecil, kelinci Anda bisa mengambilnya ketika bola tersebut dilemparkan.

Namun, bila kelinci Anda memiliki kebiasaan mengunyah, sebaiknya jangan memberikan bola yang terbuat dari kain karena kapasnya bisa tertelan. Lebih baik berikan bola dengan bahan yang licin seperti bola pantai sehingga Anda tidak perlu takut dengan kebiasaan mengunyahnya. Kelinci sangat senang mengikuti bola yang ringan dan dapat bergerak cepat. Bola seperti ini sangat bagus untuk kelinci dan kami menyarankan mainan tipe ini untuk Anda yang sering menghabiskan waktu bersama kelinci Anda.

Tipe tunel toy untuk bermain petak umpet bersama kelinci

Tipe tunel toy untuk bermain petak umpet bersama kelinci

Ketika dikeluarkan dari kandang, kelinci cenderung mencari tempat yang sempit dan gelap karena kelinci paling suka bermain di tempat tersebut. Mainan berbentuk terowongan atau labirin bisa jadi mainan yang sangat menantang bagi kelinci Anda.

Anda bisa saja membuat labirin sendiri dengan menggunakan karton atau kardus, tetapi bahan seperti ini sangat mudah digigit oleh kelinci. Jika kelinci Anda memiliki kebiasaan menggigit, tentu saja akan sangat berbahaya. Untuk itu, lebih aman jika Anda menggunakan produk yang terbuat dari kayu, bahan kain, dan material seperti plastik yang banyak dijual di pasaran.

Dengan mainan berbentuk terowongan atau labirin, kelinci dapat bersembunyi, berlari, atau beristirahat di dalamnya. Kelinci juga dapat berlari mengitari seluruh terowongan sekaligus sehingga sangat tepat untuk dipakai bermain. Namun, penting untuk tetap memastikan bahan dan ukurannya, serta memastikan area khusus di rumah Anda yang akan dipakai meletakkan mainan tersebut. Kelinci yang senang berlari pasti sangat menyukai mainan tipe ini.

Tipe digging toy untuk kelinci melampiaskan kebiasaan menggalinya

Tipe digging toy untuk kelinci melampiaskan kebiasaan menggalinya

Pada dasarnya, kelinci memiliki kebiasaan menggali tanah untuk membuat sarang dan melunakkan tanahnya. Naluri menggali seperti ini akan tetap ada. Meskipun sedang tidak berada di tanah, kelinci akan tetap menggerakan kaki depannya seolah-olah sedang menggali pada kain di dekatnya sambil merentangkan kaki depannya.

Dengan kebiasaan seperti itu, Anda dapat memberikan kain tidak terpakai sehingga kelinci Anda bisa bermain “pura-pura” sedang menggali. Jika Anda berniat membelikannya kain mainan baru, lebih baik gunakan bahan yang disukainya, serta aman bagi kelinci Anda.

Melihat kelinci yang sedang menggali bukanlah sesuatu yang bisa Anda lihat setiap hari sehingga melihatnya bermain tentu menjadi hal yang menyenangkan, bukan? Namun, meskipun terlihat menyenangkan dan dapat mengurangi tingkat stres kelinci, Anda tetap perlu berhati-hati agar kelinci tidak memakan bahan kainnya.

Pilihlah bahan yang aman jika tertelan atau digigit oleh kelinci

Pilihlah bahan yang aman jika tertelan atau digigit oleh kelinci

Kelinci adalah mahkluk yang senang menggerogoti benda apapun sehingga Anda perlu memperhatikan bahan mainannya. Terutama ketika Anda memberikan chewing toy, pastikan mainan itu mudah digigit dan aman jika masuk ke dalam mulut. Bahan-bahan yang aman adalah jeramibatang pohon, rumput, bonggol, batang pisang, pepaya, dan apel.

Di sisi lain, ada juga yang menampilkan keterangan “bebas bahan kimia”, “bebas pestisida”, dan “bahan alami” sehingga membuat Anda lebih yakin untuk memberikannya pada kelinci Anda. Oleh karena setiap kelinci memiliki kesukaannya masing-masing, coba berikan mainan itu dan lihat reaksinya. Intinya, untuk chewing toy pilihlah mainan dengan bahan yang sulit rusak saat digigit dan bahan yang aman bila termakan.

Pilihlah mainan edukasi yang dapat mengasah otak sebagai alternatif

Pilihlah mainan edukasi yang dapat mengasah otak sebagai alternatif

Kelinci adalah binatang yang sangat pintar, bahkan ada kelinci yang dapat melakukan berbagai trik. Oleh karena itu, mainan edukasi yang menggunakan otak cukup populer, misalnya hiding food toy. Mekanisme permainan ini adalah mula-mula Anda menunjukkan makanan pada kelinci, lalu kelinci akan mencari makanan tersebut melalui aromanya. Saat sudah menemukan makanan yang dimaksud, kelinci akan menarik tali, membuka tutupnya, dan menemukan makanannya. Mekanisme ini sangat sederhana sehingga kelinci pasti dapat menemukan makanannya.

Selain itu, kelinci bisa mengikuti instruksi Anda untuk melompati palang seperti anjing jika Anda rutin melatihnya. Permainan ini disebut “hopping rabbit”, yakni kegiatan olahraga yang membutuhkan pemilik dan kelincinya saling bekerja sama. Bahkan, permainan ini sudah menjadi perlombaan di tingkat internasional. Untuk permainan ini, Anda juga bisa menggunakan pagar yang sesuai dengan kemampuan melompat kelinci Anda.

Kegiatan memberikan makanan dan bermain lompatan dapat memperdalam ikatan antara Anda dengan kelinci Anda, dan juga memenuhi kebutuhan kelinci untuk berolahraga. Mainan tipe ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memelihara kelinci muda dan enerjik. Selain itu, ada beberapa mainan kelinci lain yang populer, tetapi cara bermainnya sedikit rumit. Anda bisa mengeksplorasinya lebih dalam lagi!

10 Rekomendasi mainan kelinci terbaik

Nah, mari mulai membahas rekomendasi mainan kelinci terbaik yang sudah dijual di pasaran. Dengan melihat karakter dan perilaku kelinci peliharaan Anda, temukanlah mainan favorit kelinci Anda.

10. Bunny Tunnel 1 Set

10. Bunny Tunnel 1 Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 430.000

Dirikan istana untuk kelinci kesayangan Anda!

Desainnya besar dan kokoh sehingga sangat aman untuk dipakai bermain oleh kelinci Anda. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan dengan satu mainan ini, seperit melewati lorong, menaiki tangga, dan beristirahat di puncaknya. Sangat cocok untuk mengurangi stres pada kelinci. Namun, pastikan Anda memiliki area yang cukup luas untuk meletakkannya.

Ukuran Bunny tunnel : 25 x 25 x 80 cm
Cube play        : 25 x 25 x 25 cm
Tangga             : 25 x 21 x 24 cm
Material Kayu jati

9. Pets Fleece Mat

9. Pets Fleece Mat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Lembut, hangat, dan nyaman

Mainan satu ini dapat dimainkan di dalam atau pun di luar kandang. Cara bermainnya cukup diletakkan di lantai atau diikat di dalam kandang, maka kelinci Anda dapat melakukan kebiasaan menggalinya. Selain itu, bahannya sangat lembut dan nyaman, serta hangat digunakan di cuaca yang dingin.

Ukuran 35 x 50 cm
Material Fleece

8. Rabbit Head Hut Hay

8. Rabbit Head Hut Hay

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.000

Rumah mungil yang aman bila tidak sengaja termakan

Berbentuk seperti kepala kelinci lengkap dengan kedua telinga panjangnya, mainan ini bisa menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi kelinci Anda. Direkomendasikan untuk kelinci berukuran kecil karena tempatnya yang terbatas. Di sisi lain, materialnya yang alami membuatnya tidak berbahaya bila sampai termakan oleh kelinci kesayangan Anda.

Ukuran 27 x 25 x 23 cm
Material Jerami

7. Terowongan Lipat 3 Arah

7. Terowongan Lipat 3 Arah

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 215.000

Tinggal dilipat dan semuanya langsung beres!

Kelinci yang senang mengeksplorasi tentu akan sangat menyukai mainan yang satu ini lantaran mainan ini memiliki tiga cabang terowongan yang bisa dijelajahi. Selain itu, bola gantung di salah satu ujung terowongan juga membuat kelinci Anda tertarik untuk memainkannya.

Kelebihan lainnya adalah bahannya yang mudah dibersihkan, tinggal di lap saja. Jika tidak sedang digunakan, Anda bisa langsung melipat dan menyimpannya. Mainan ini sangat praktis dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Cocok untuk Anda yang tinggal di rumah sendirian sehingga tidak terlalu merepotkan Anda.

Ukuran Lebar 80 cm dan diameter lubang 25 cm
Material Taffeta wire

6. Wood Roller Bell

6. Wood Roller Bell

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Gigit, banting, dan gulingkan!

Material yang kuat dan bahannya yang alami memungkinkan kelinci untuk menggigit dan memainkannya. Cocok dipakai sebagai sarana olahraga bagi kelinci Anda. Suara gemerincingnya ketika dibanting atau digulingkan pun dapat menambah semangat kelinci Anda untuk memainkannya.

Ukuran 7 x 5 cm
Material Kayu

5. Hanging Molar Toy

5. Hanging Molar Toy

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Letakkan makanan kesukaannya, dan lihat kelinci Anda berdiri untuk menggapainya

Untuk memainkannya, Anda bisa menggantungkannya di kandang dan meletakkan makanan di sela-selanya. Kelinci Anda akan berdiri dan berusaha untuk menggapai makanannya. Namun, tanpa makanan pun kelinci Anda tetap akan memainkannya lantaran bentuknya yang unik dan berwarna-warni sehingga menarik perhatiannya. Mainan ini cocok untuk mengatasi kebosanan pada kelinci.

Ukuran Tidak ada keterangan
Material Kayu dan lonceng warna-warni

4. Colorful Wood Chew Toy

4. Colorful Wood Chew Toy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Buat kelinci Anda penasaran dengan bentuk uniknya

Berbeda dari yang lain, mainan yang satu ini bentuknya tidak menyerupai bangun ruang apapun. Seolah hanya susunan kayu beraneka warna, tetapi ternyata susunannya dibuat sedemikian rupa sehingga bisa digigit dari berbagai sisi. Sangat membantu untuk mengikis pertumbuhan gigi kelinci jika kelinci Anda sering menggigitnya.

Ukuran 8 x 8 x 8 cm
Material Kayu

3. Willow Branch Barbel

3. Willow Branch Barbel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 44.000

Barbel mini untuk bermain lempar tangkap

Berbentuk seperti barbel yang biasa Anda kenal, hanya saja produk ini terbuat dari batang pohon yang pada kedua ujungnya terdapat bola rotan. Ukurannya pun dibuat ramping, kecil, dan sangat ringan sehingga pas untuk dipakai bermain lempar tangkap bersama kelinci Anda.

Ukuran Panjang 15 cm dan diameter bola 5 cm
Material Willow branch

2. Bola Kunyah Berbahan Jerami

2. Bola Kunyah Berbahan Jerami

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 29.000

Bola ramah lingkungan dengan kualitas jempolan

Menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan dan harganya yang ekonomis tak berarti kualitasnya rendah. Justru mainan yang satu ini terbilang cukup awet untuk dimainkan berulang kali. Jika kelinci Anda sangat senang berlari kesana kemari, mainlah bersamanya dengan bola ini, dan rasakan kesenangannya bersama.

Ukuran Ukuran S : 6 cm
Ukuran M : 10 cm
Material Jerami dan kapas mutiara

1. Bola Plastik Aneka Warna

1. Bola Plastik Aneka Warna

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.000

Bongkar pasang bolanya, isikan makanan favorit si kelinci

Bukan bola biasa! Bola yang satu ini tidak seperti bola pada umumnya, Anda dapat membongkar dan memasangnya kembali. Bukan tanpa tujuan, Anda membukanya untuk mengisikan jerami, daun jagung, atau makanan lainnya yang dapat menarik perhatian kelinci Anda. Pastinya kelinci Anda jadi lebih bersemangat mengejar bolanya.

Bermain sambil mendapatkan makanan, kelinci mana yang akan menolak? Cocok sekali bagi Anda yang memiliki kelinci yang malas bergerak, mengalami obesitas, atau yang sedang dalam tahap tumbuh kembang. Tentunya Anda juga bisa mengakrabkan diri dengan kelinci Anda saat bermain bersama.

Ukuran Diameter 10 cm
Material Plastik

Kesimpulan

Pada kesempatan ini telah direkomendasikan mainan-mainan terbaik untuk kelinci, bagaimana menurut Anda? Walaupun kelinci terlihat tenang, tetapi kelinci bisa terlihat menggemaskan saat mengunyah atau berlarian kesana kemari.

Meskipun Anda sudah memilih dengan teliti, kelinci juga memiliki preferensi sendiri tentang mainan yang disukai sehingga terkadang kelinci tidak mau memainkan mainan yang Anda belikan untuknya. Semoga Anda bisa menemukan mainan yang cocok untuk kelinci peliharaan Anda!