mybest
Laptop

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Laptop
  4. 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer]
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 1
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 2
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 3
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 4
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 5

10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer]

Apakah Anda sedang mencari laptop Lenovo terbaru? Merek Lenovo terkenal sebagai produsen laptop yang bagus dan berkualitas. Laptop Lenovo memiliki beragam seri, seperti Ideapad, ThinkPad, dan YOGA. Anda dapat memilih spesifikasi laptop untuk berbagai peruntukan, seperti gaming, editing, ataupun kebutuhan profesional lainnya.


Tentunya tiap-tiap laptop Lenovo memiliki beragam fitur, mulai dari prosesor core i5 hingga touch screen. Harga laptop Lenovo pun bervariasi, mulai tiga jutaan hingga dua puluh jutaan. Agar Anda tidak bingung kami sudah menyiapkan cara memilih laptop Lenovo terbaik bersama software engineer kami, Yosua Surojo. Mari baca ulasannya sekarang juga.

Diperbaharui 11/01/2024
Yosua Surojo
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Sekilas tentang laptop Lenovo

Sekilas tentang laptop Lenovo
Sumber: psref.lenovo.com

Lenovo merupakan perusahaan teknologi yang memproduksi beragam perangkat elektronik, salah satunya laptop. Dibandingkan merek lainnya, laptop Lenovo memiliki beberapa kelebihan.


Untuk kelas spec yang sama, harga laptop Lenovo cenderung lebih terjangkau dibandingkan harga laptop merek lain. Pilihan serinya juga lebih bervariasi, mulai dari kelas pelajar hingga high-end untuk kebutuhan profesional.


Dilihat dari segi kualitasnya, laptop Lenovo memiliki desain yang stylish, kuat, dan tahan banting. Selain itu, laptop Lenovo memiliki sistem pendingin yang baik dan minim noise sehingga kinerjanya lebih optimal. Untuk kapasitas baterai, laptop Lenovo terkenal akan baterainya yang tahan lama.


Terakhir, Lenovo juga menyematkan teknologi audio Dolby Digital ke dalamnya. Suara yang dihasilkan laptop ini pun sangat jernih dan bulat meski dalam volume kencang.

Cara memilih Laptop Lenovo

Sebelum memperkenalkan rekomendasi laptop Lenovo terbaik, mari lihat poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih. Bacalah setiap poinnya dengan teliti agar Anda dapat menemukan produk yang pas.

1

Kenali dahulu seri laptop Lenovo

Lenovo mengeluarkan lima seri utama dari produk-produk laptop mereka, yakni Lenovo, ThinkPad, IdeaPad, YOGA, dan Legion. Pilihlah laptop yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Lenovo, pas untuk kebutuhan harian Anda

Ada dua jenis laptop seri Lenovo yang pas untuk kebutuhan harian yakni V Series dan Student Chromebooks. V Series didesain menyesuaikan kebutuhan bisnis sehingga cocok untuk Anda yang merupakan pengusaha bisnis UMKM. Jenis laptop ini memiliki harga yang cukup terjangkau dengan kemampuan laptop yang cukup mumpuni.


Sementara itu, sesuai dengan namanya, Student Chromebooks dirancang untuk kebutuhan para pelajar atau mahasiswa. Seri laptop ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan seri lainnya. Spesifikasi laptop ini terbatas, tetapi cukup mumpuni untuk penggunaan harian. Dengan laptop ini, Anda dapat menjalankan Microsoft Office, membuka platform online, dan lainnya.

ThinkPad, performa andal untuk kebutuhan bisnis Anda

Apabila Anda mencari laptop untuk keperluan bisnis skala besar, pilihlah laptop seri ThinkPad. ThinkPad merupakan seri laptop Lenovo yang terkenal akan fitur keamanan dan daya operasionalnya yang tinggi. Seri ini juga memiliki banyak pilihan ukuran layar dan spec. Dengan begitu, Anda bisa memilih laptop sesuai jenis pekerjaan Anda.


Laptop ThinkPad sendiri memiliki berbagai tipe, seperti tipe X, T, L, E, dan A. Tiap-tiap tipe memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing. Salah satunya adalah tipe X yang merupakan laptop high-end. Laptop ini memiliki tingkat portabilitas tinggi dengan bodi ringan dan tipis. Produk tipe X banyak digunakan oleh perusahaan besar dan para profesional.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

ThinkPad adalah seri laptop keluaran Lenovo yang ditujukan untuk keperluan bisnis. Fitur yang diusung adalah laptop yang slim dan ringan dengan performance terbaik. Material yang digunakan pun merupakan material dengan daya tahan terbaik.


Tampilan layar yang cerah dan jernih juga menjadi fitur andalan seri ThinkPad. Keyboard yang mendukung pengetikan cepat, tetapi tetap nyaman digunakan pun tersedia pada seri ini.

IdeaPad, desain cantik dengan performa istimewa

Untuk Anda yang mencari laptop stylish dan mudah dioperasikan, Anda mungkin akan berjodoh dengan Lenovo seri IdeaPad. Seri ini sangat cocok untuk Anda yang sering membawa laptop ke mana-mana. Bobotnya yang ringan dan desainnya yang stylish membuat Anda lebih percaya diri membawa laptop ke kafe, workspace, dan lainnya.

Seri laptop ini harganya cukup terjangkau dan performanya tinggi sehingga cocok digunakan oleh pelajar dan mahasiswa. Beberapa produk laptop dari seri ini juga mempunyai spesifikasi, monitor, dan sound system yang berkualitas tinggi. Secara keseluruhan, seri IdeaPad unggul dari sisi cost and performance.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Seri IdeaPad ditujukan untuk yang menginginkan laptop stylish dengan performance mumpuni, tetapi dengan harga relatif lebih murah dibandingkan ThinkPad. Lenovo IdeaPad hadir dengan prosesor keluaran Intel ataupun AMD. Pilihan layarnya pun tersedia dalam ukuran 14 inci atau 15,6 inci.

YOGA, laptop 2-in-1 dengan beragam pilihan fitur canggih

YOGA adalah seri flagship dari Lenovo yang menawarkan kepraktisan dan kecanggihan. Laptop seri YOGA merupakan jenis 2-in-1 laptop dengan engsel 360°yang bisa dijadikan mode tablet dan laptop.


Laptop ini memiliki bobot ringan, desain modern, dan spesifikasi tinggi. Mulai dari touch screen, sistem log in otomatis, hingga sistem keamanan tersedia pada laptop ini. Lenovo YOGA direkomendasikan untuk pekerja kreatif, seperti video editor dan ilustrator, atau pekerja mobile yang harus selalu standby.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Seri YOGA dapat menjadi pilihan untuk pengguna yang menginginkan laptop tipe hybrid atau laptop yang juga dapat digunakan sebagai tablet. Seri YOGA memiliki kemampuan untuk di-flip hingga empat posisi.


Keempat posisi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Posisi laptop konvensional
  • Posisi menonton video dengan sisi keyboard sebagai stand
  • Posisi seperti tenda untuk bermain game
  • Posisi tablet untuk membaca yang sangat memanjakan penggunanya

Walaupun masuk kategori laptop hybrid, spesifikasi yang ditawarkan juga tidak kalah dengan laptop konvensional.

Legion, dirancang khusus untuk para gamers

Lenovo juga memproduksi laptop untuk kebutuhan gaming, yakni pada seri Legion. Lenovo Legion memiliki teknologi canggih dengan spesifikasi yang tinggi. Prosesor, VGA, FPS, display layar, hingga cooling system pada seri ini menggunakan perangkat kelas atas.


Dengan seri Legion, Anda disuguhkan laptop berperforma tinggi dengan grafis dan suara yang memanjakan saat gaming. Karena spesifikasinya tinggi, harga laptop Legion cenderung mahal. Oleh karena itu, jenis laptop ini disarankan untuk para pro player.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Seri Legion cocok sekali digunakan oleh gamer ataupun desainer grafis 3D. Pengguna akan dimanjakan dengan performa CPU dan GPU yang optimal untuk bermain game ataupun rendering desain grafis 3D.


Selain itu, keyboard dan trackpad-nya pun nyaman digunakan sehingga akan mendukung permainan Anda. Audio quality yang bagus juga akan memanjakan telinga Anda selama bermain game.

2

Perhatikan spesifikasi yang memengaruhi kinerja laptop

Penting untuk mengetahui spesifikasi laptop yang Anda pilih. Makin tinggi spesifikasi laptop, maka makin mahal juga harganya. Jika Anda dapat memilih jenis laptop yang tepat, pengeluaran Anda pun jadi lebih efisien.

Prosesor, pengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan

Prosesor, pengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan

Prosesor menjadi salah satu faktor yang memengaruhi performa laptop. Bisa dibilang, prosesor merupakan otak dari laptop yang memproses komputasi data di dalamnya. Saat ini Lenovo menggunakan dua jenis prosesor, yakni Intel dan AMD.


  • Prosesor Intel

Prosesor Intel yang digunakan oleh Lenovo adalah Intel Celeron dan Intel Core. Intel Celeron dirancang untuk kebutuhan komputasi dasar sehingga Anda tidak bisa multitasking atau menjalankan aplikasi berat. Keunggulannya, laptop dengan Intel Celeron biasanya memiliki konsumsi daya yang rendah. Laptop dengan prosesor Intel Celeron juga memiliki harga lebih terjangkau.

 
Sementara itu, prosesor Intel Core dirancang untuk menjalankan aplikasi berat. Prosesor ini memiliki ciri khas yaitu penamaan Intel Core i yang diikuti dengan angka. Makin besar angkanya, performa prosesornya makin baik. Angka yang lebih tinggi tersebut menunjukkan cache, speed clock, dan fitur lainnya yang makin canggih.


  • Prosesor AMD

Lenovo juga menggunakan prosesor AMD, seperti AMD Athlon Gold dan AMD Ryzen. Dibandingkan prosesor lainnya, prosesor AMD Athlon Gold diklaim memiliki performa grafis hingga 86% lebih cepat. Untuk pengeditan media, prosesor ini lebih cepat 64% dari prosesor lainnya. Laptop dengan prosesor AMD Athlon Gold direkomendasikan untuk kebutuhan gaming ringan dan editing.


Jika Anda mencari prosesor untuk kebutuhan gaming profesional, gunakanlah laptop dengan AMD Ryzen. Prosesor AMD Ryzen dikenal tidak mudah panas dan hemat daya. Saat ini AMD Ryzen terdiri dari lima jenis, yaitu Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7, Ryzen 9, dan Ryzen Threadripper. Makin tinggi angkanya, performa dan teknologi yang ditawarkan juga makin baik.

RAM, membantu laptop agar tidak lag saat bekerja

RAM, membantu laptop agar tidak lag saat bekerja

RAM (random-access memory) bertugas memproses data yang sedang dijalankan agar menjadi lebih cepat. Oleh karena itu, makin besar kapasitas RAM, maka makin cepat juga loading datanya. RAM juga berfungsi sebagai penyimpanan data sementara untuk aplikasi yang sedang beroperasi.


Untuk kebutuhan harian, seperti menjalankan Microsoft Office, browsing, dan streaming, RAM laptop 4 GB sudah mencukupi. Jika Anda ingin laptop dengan performa lebih tinggi, pilihlah laptop dengan RAM 8 GB ke atas. Dengan begitu, beban kerja laptop pun menjadi lebih ringan. Contoh aktivitas yang membutuhkan laptop dengan performa tinggi antara lain bermain game, desain grafis, dan pemrograman.

Penyimpanan internal, dibutuhkan untuk menyimpan banyak file penting

Penyimpanan internal, dibutuhkan untuk menyimpan banyak file penting

Ada dua hal yang perlu Anda periksa mengenai penyimpanan internal pada laptop, yakni jenisnya dan kapasitas penyimpanan. Dilihat dari jenisnya, ada dua tipe penyimpanan internal, yakni hard disk drive (HDD) dan solid-state drive (SDD). Mari kita ulas satu per satu.


  • Hard disk drive (HDD)

Hard disk drive (HDD) merupakan jenis penyimpanan internal standar pada laptop. Jenis penyimpanan ini memiliki pilihan kapasitas yang beragam, mulai dari 160 GB hingga 2 TB. Untuk kebutuhan penggunaan harian, kapasitas 500 GB sudah mencukupi. Namun, jika Anda hendak menyimpan beragam dokumen, video, program, dan lainnya, pertimbangkanlah HDD 750 GB ke atas.


  • Solid-state drive (SSD)

Jika Anda mengutamakan performa, kecepatan, dan ketahanan, pilihlah laptop dengan media penyimpanan SSD. Media penyimpanan SSD didesain agar booting windows dan loading data lebih cepat. Struktur SSD juga lebih kokoh dan tahan guncangan sehingga cocok untuk Anda yang sering bepergian membawa laptop.

 
Namun, kapasitas SSD lebih kecil dari HDD, yaitu mulai dari 16 GB hingga 512 GB. Harga laptop dengan media penyimpanan SSD juga tergolong mahal. Untuk penggunaan standar harian, Anda bisa memilih laptop dengan kapasitas 120 GB. Meskipun demikian, media penyimpanan SSD pada laptop yang ideal adalah 240 GB atau lebih. Jadi, pertimbangkan juga kapasitas penyimpanan dan harga laptopnya, ya.

3

Cek fitur tambahan lainnya yang terpasang pada laptop

Cek fitur tambahan lainnya yang terpasang pada laptop
Agar penggunaannya makin mudah, jangan lupa untuk memeriksa fitur yang tersedia pada laptop. Beberapa laptop Lenovo sudah dilengkapi beragam fitur penting, seperti touch screen, stylus pen, webcam, hingga sistem keamanan fingerprint. Fitur-fitur ini tentu akan memudahkan aktivitas Anda saat menggunakan laptop.

Jika pekerjaan Anda berhubungan dengan grafis, fitur touch screen dan stylus pen akan memudahkan pekerjaan Anda. Sementara itu, apabila Anda sering melakukan pertemuan virtual, periksalah kualitas dari webcam pada laptop. Jangan lupa juga untuk memeriksa sistem keamanan pada laptop. Dengan begitu, data Anda tetap aman dan Anda bebas dari ancaman spy cam.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Laptop Lenovo Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Laptop Lenovo terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 09 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
OS
Processor
Core
GPU
Jenis RAM
Kapasitas RAM
Jenis storage
Kapasitas storage
Ukuran layar
Resolusi layar
Refresh rate
Bobot laptop
Dimensi panjang
Dimensi lebar
Ketebalan
Panel
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
Port
1

Lenovo

IdeaPad Slim 3i14ITL6

Lenovo IdeaPad Slim 3i 1

Rp7.199.000

Agak Murah

Menyediakan slot memori tambahan, mudah di-upgrade

Windows 11 Home

Intel Core i3-1115G4

Dual-core

Integrated Intel UHD Graphics

DDR4

8 GB, 16 GB

SSD

256 GB, 512 GB

14 inci

FHD (1.920 x 1.080)

60 Hz

1,41 kg

32,42 cm

21,57 cm

19,99 mm

TN

USB-A (2.0), USB-C, Audio, USB-A (3.2), HDMI, SD card reader

2

Lenovo

Ideapad Slim 1i

Lenovo Ideapad Slim 1i 1

Rp5.999.000

Agak Murah

Miliki laptop berkualitas dan terjangkau untuk kebutuhan Anda sekarang

Windows 11 Home

Intel® Celeron® N4020

Dual-core

Integrated Intel® UHD Graphics 600

DDR4

8 GB

SSD

256 GB, 512 GB

14 inci

HD (1.366 x 768)

Tidak diketahui

1,3 kg

32,53 cm

21,65 cm

17,9 mm

TN

USB-A (2.0), USB-A (3.2), HDMI, audio, SD card reader

3

Lenovo

V14 G4 AMN

Lenovo V14 G4 AMN 1

Rp6.718.950

Agak Murah

Desain ringkas dengan portabilitas yang baik

Windows

AMD Ryzen™ 3 7320U

Quad-core

Integrated AMD Radeon™ 610M Graphics

LPDDR5

8 GB

SSD

256 GB

14 inci

FHD (1920x1080)

Tidak diketahui

1,43 kg

32,4 cm

21,5 cm

19,9 mm

TN

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, ethernet/LAN

4

Lenovo

ThinkBook 14s Yoga Gen 31165G7

Lenovo ThinkBook 14s Yoga Gen 3 1

Rp19.799.000

Agak Mahal

Layar antisidik jari dan memiliki visual tajam

Windows® 11 Home Single Language

Intel® Core™ i7-1355U

Deca-core

Integrated Intel® Iris® Xe Graphics

DDR4

16 GB

SSD

1 TB

14 inci

FHD (1.920 × 1.080)

Tidak diketahui

1,5 kg

32 cm

21,6 cm

16,9 mm

IPS

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, SD card reader

5

Lenovo

Legion Slim 5 Gen 816APH8

Lenovo Legion Slim 5 Gen 8 1

Rp23.499.000

Agak Mahal

Laptop gaming dengan desain yang ringkas

Windows 11 Home

AMD Ryzen™ 7 7840HS

Octa-core

NVIDIA® GeForce RTX™ 4050

DDR5

16 GB

SSD

512 GB

16 inci

WQXGA (2560 x 1600)

165 Hz

2,4 kg

35,9 cm

26 cm

21,9 mm

IPS

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, SD card reader, ethernet/LAN

6

Lenovo

Legion Go8APU1

Lenovo Legion Go 1

Rp14.499.000

Menengah

Handheld laptop gaming untuk para pencinta game

Windows 11 Home

AMD Ryzen™ Z1 Extreme

Octa-core

Integrated AMD Radeon™ Graphics

LPDDR5x

16 GB

SSD

512 GB

8,8 inci

WQXGA (2560 x 1600)

144 Hz

0,854 kg

29,8 cm

13,1 cm

40,7 mm

IPS

HDMI, audio, SD card reader, USB 4, pogo pin connector

7

Lenovo

LOQ 1515APH8

Lenovo  LOQ 15 1

Rp12.497.000

Menengah

Tetap dingin dan tidak berisik meski digunakan bermain game dalam waktu lama

Windows 11 Home

AMD Ryzen™ 7 7840HS

Octa-core

NVIDIA® GeForce RTX™ 3050

DDR5

8 GB

SSD

512 GB

15,6 inci

FHD (1.920 x 1.080)

144 Hz

2,4 kg

35,96 cm

26,48 cm

25,2 mm

IPS

USB-A (2.0), USB-A (3.2) USB-C, HDMI, audio, ethernet/LAN

8

Lenovo

Yoga Slim 7i Carbon13IRP8

Lenovo Yoga Slim 7i Carbon 1

Rp21.000.000

Agak Mahal

Laptop ringan dengan performa kelas atas

Windows 11 Home

Intel® Core™ i7-1360P

Dodeca-core

Integrated Intel® Iris® Xe Graphics

LPDDR5

16 GB

SSD

1 TB

13,3 inci

2,5K (2.560 x 1.600)

90 Hz

0,98 kg

30 cm

20,6 cm

14,8 mm

IPS

USB-C (Thunderbolt 4)

9

Lenovo

IdeaPad Duet 3i11IAN8

Lenovo IdeaPad Duet 3i 1

Rp9.000.000

Agak Murah

Tablet premium dengan layar detachable dan folio keyboard

Windows 11 Pro

Intel® Processor N200

Quad-core

Integrated Intel® UHD Graphics

LPDDR5

8 GB

SSD

256 GB

11,5 inci

2K (2000x1200)

Tidak diketahui

1,147 kg

27,13 cm

17,2 cm

8,95 mm

IPS

USB-C, audio

10

Lenovo

K14 Gen 1W11HSL

Lenovo K14 Gen 1 1

Rp9.889.000

Menengah

Fleksibel untuk menunjang produktivitas para pekerja kantoran

Windows 11 Home

Intel® Core™ i5-1135G7

Quad-core

Integrated Intel® Iris® Xe Graphics

DDR4

8 GB

SSD

512 GB

14 inci

FHD (1.920 x 1.080)

Tidak diketahui

1,5 kg

32,4 cm

21,5 cm

17,6 mm

TN

USB-A (2.0), USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, ethernet/LAN

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

LenovoIdeaPad Slim 3i14ITL6

IdeaPad Slim 3i 1
Harga referensi
Rp7.199.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp7.199.000
Agak Murah

Menyediakan slot memori tambahan, mudah di-upgrade

Lenovo IdeaPad Slim 3i menjadi jawaban untuk Anda yang enggan meng-upgrade memori internal karena harus memindah data. Meskipun sudah dilengkapi dengan RAM 8 GB dan memori internal sebesar 512 GB, laptop ini sepenuhnya mendukung proses upgrade


Pihak produsen telah menyediakan slot khusus untuk menambahkan RAM tambahan. Dengan fiturnya, produk ini cocok untuk Anda yang sedang belajar programming. Pemasangannya pun cukup mudah, Anda langsung diberikan kabel dan bracket yang diperlukan untuk memasangnya. Dengan demikian, masa pakai laptop Anda dapat diperpanjang secara signifikan.

OSWindows 11 Home
ProcessorIntel Core i3-1115G4
CoreDual-core
GPUIntegrated Intel UHD Graphics
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080)
Refresh rate60 Hz
Bobot laptop1,41 kg
Dimensi panjang32,42 cm
Dimensi lebar21,57 cm
Ketebalan19,99 mm
PanelTN
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (2.0), USB-C, Audio, USB-A (3.2), HDMI, SD card reader
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

LenovoIdeapad Slim 1i

Harga referensi
Rp5.999.000
Agak Murah

Miliki laptop berkualitas dan terjangkau untuk kebutuhan Anda sekarang

Lenovo Ideapad Slim 1i adalah opsi menarik untuk Anda yang mencari laptop berkualitas dengan harga terjangkau. Laptop ini ditenagai oleh prosesor efisien sehingga cocok untuk gaming dan tugas sehari-hari. Dengan layar HD yang tajam, laptop ini memberikan visual yang jernih. Selain itu, penyimpanan yang memadai memungkinkan Anda menyimpan file penting.


Desain ringan membuatnya ideal untuk mobilitas, sedangkan baterai tahan lama menjaga produktivitas Anda berjalan tanpa hambatan. Laptop ini cocok untuk pekerja remote dan siapa pun yang mencari laptop andal dengan spesifikasi dan harga yang sesuai.

OSWindows 11 Home
ProcessorIntel® Celeron® N4020
CoreDual-core
GPUIntegrated Intel® UHD Graphics 600
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarHD (1.366 x 768)
Refresh rateTidak diketahui
Bobot laptop1,3 kg
Dimensi panjang32,53 cm
Dimensi lebar21,65 cm
Ketebalan17,9 mm
PanelTN
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (2.0), USB-A (3.2), HDMI, audio, SD card reader
View all
No.3

LenovoV14 G4 AMN

Harga referensi
Rp6.718.950
Agak Murah

Desain ringkas dengan portabilitas yang baik

Lenovo V14 G4 AMN menghadirkan kinerja andal dengan prosesor yang tangguh. Dengan demikian, laptop ini ideal untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari dan multitasking. Didukung oleh penyimpanan yang besar dan RAM yang cukup, laptop ini menawarkan produktivitas yang lancar. 


Layarnya yang jernih dan ergonomis cocok bagi para profesional yang membutuhkan fleksibilitas saat bekerja. Dengan desain yang ringkas dan portabilitas yang baik, V14 G4 AMN juga sesuai untuk Anda yang sering bepergian.

OSWindows
ProcessorAMD Ryzen™ 3 7320U
CoreQuad-core
GPUIntegrated AMD Radeon™ 610M Graphics
Jenis RAMLPDDR5
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920x1080)
Refresh rateTidak diketahui
Bobot laptop1,43 kg
Dimensi panjang32,4 cm
Dimensi lebar21,5 cm
Ketebalan19,9 mm
PanelTN
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, ethernet/LAN
View all
No.4

LenovoThinkBook 14s Yoga Gen 31165G7

Harga referensi
Rp19.799.000
Agak Mahal

Layar antisidik jari dan memiliki visual tajam

ThinkBook 14s Yoga merupakan laptop yang menghadirkan visual tajam dengan gamut warna 100% sRGB. Untuk layar, produk ini telah menggunakan Corning Gorilla Glass yang memiliki kuat dan tahan lama. Di samping itu, layarnya juga telah dilengkapi fitur antisidik jari sehingga menjamin layar tetap bersih. Dilengkapi dengan ThinkBook Yoga Integrated Smart Pen, produk ini direkomendasikan untuk para ilustrator.

OSWindows® 11 Home Single Language
ProcessorIntel® Core™ i7-1355U
CoreDeca-core
GPUIntegrated Intel® Iris® Xe Graphics
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage1 TB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1.920 × 1.080)
Refresh rateTidak diketahui
Bobot laptop1,5 kg
Dimensi panjang32 cm
Dimensi lebar21,6 cm
Ketebalan16,9 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, SD card reader
View all
No.5

LenovoLegion Slim 5 Gen 816APH8

Harga referensi
Rp23.499.000
Agak Mahal

Laptop gaming dengan desain yang ringkas

Lenovo Legion Slim 5 Gen 8 menawarkan kinerja gaming premium dengan desain yang tipis dan ringan. Dilengkapi dengan prosesor AMD terbaru dan kartu grafis yang kuat, memberikan pengalaman bermain game yang halus. Layar berukuran 16 inci yang jernih dan panel refresh rate tinggi memperkuat pengalaman visual. 


Desain yang ringkas cocok bagi gamer yang membutuhkan portabilitas tanpa mengorbankan performa. Selain itu, produk ini juga pas untuk para profesional yang mencari laptop andal untuk produktivitas dan multimedia. Dengan kombinasi kekuatan dan portabilitas, laptop ini cocok bagi mereka yang menginginkan performa gaming dalam paket yang ringkas.

OSWindows 11 Home
ProcessorAMD Ryzen™ 7 7840HS
CoreOcta-core
GPUNVIDIA® GeForce RTX™ 4050
Jenis RAMDDR5
Kapasitas RAM16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Ukuran layar16 inci
Resolusi layarWQXGA (2560 x 1600)
Refresh rate165 Hz
Bobot laptop2,4 kg
Dimensi panjang35,9 cm
Dimensi lebar26 cm
Ketebalan21,9 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, SD card reader, ethernet/LAN
View all
No.6

LenovoLegion Go8APU1

Harga referensi
Rp14.499.000
Menengah

Handheld laptop gaming untuk para pencinta game

Handheld laptop gaming sepertinya menjadi menjadi tren baru di kalangan gamers. Jika Anda salah satu penggemarnya, Lenovo Legion Go sepertinya patut untuk dilirik. Laptop ini memiliki desain yang ergonomis dengan konsol gaming portabel. Anda bisa memasang dan melepas sesuai kebutuhan. Layarnya pun menggunakan color gamut DCI-P3 hingga 97% sehingga memberikan pengalaman visual yang tajam. 

OSWindows 11 Home
ProcessorAMD Ryzen™ Z1 Extreme
CoreOcta-core
GPUIntegrated AMD Radeon™ Graphics
Jenis RAMLPDDR5x
Kapasitas RAM16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Ukuran layar8,8 inci
Resolusi layarWQXGA (2560 x 1600)
Refresh rate144 Hz
Bobot laptop0,854 kg
Dimensi panjang29,8 cm
Dimensi lebar13,1 cm
Ketebalan40,7 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortHDMI, audio, SD card reader, USB 4, pogo pin connector
View all
No.7

Lenovo LOQ 1515APH8

Harga referensi
Rp12.497.000
Menengah

Tetap dingin dan tidak berisik meski digunakan bermain game dalam waktu lama

Lenovo LOQ 15 merupakan laptop gaming yang menggunakan desain termal yang canggih. Desain ini memungkinkan rig gaming dapat menjaga mesin tetap dingin meskipun bermain game dalam waktu lama. Selain itu, empat kipas di dalamnya pun tidak berisik sehingga tidak akan mengganggu Anda ketika bermain game. Laptop ini cocok untuk para gamers yang menginginkan suara tenang.
OSWindows 11 Home
ProcessorAMD Ryzen™ 7 7840HS
CoreOcta-core
GPUNVIDIA® GeForce RTX™ 3050
Jenis RAMDDR5
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080)
Refresh rate144 Hz
Bobot laptop2,4 kg
Dimensi panjang35,96 cm
Dimensi lebar26,48 cm
Ketebalan25,2 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (2.0), USB-A (3.2) USB-C, HDMI, audio, ethernet/LAN
View all
No.8

LenovoYoga Slim 7i Carbon13IRP8

Harga referensi
Rp21.000.000
Agak Mahal

Laptop ringan dengan performa kelas atas

Lenovo Yoga Slim 7i Carbon menawarkan desain ringan dan tahan lama dengan performa tinggi. Dengan prosesor kelas atas dan RAM yang besar, cocok untuk pekerja kreatif dan profesional yang membutuhkan produktivitas maksimal. Laptop touchscreen ini memiliki bobot ringan dan bodi tipis sehingga cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.


Didesain fleksibel dengan keandalan baterai yang kuat menjadikannya pilihan ideal bagi individu yang sering bepergian. Overall, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon adalah laptop yang menggabungkan performa tinggi, portabilitas, dan kenyamanan untuk pengguna berorientasi produktivitas.

OSWindows 11 Home
ProcessorIntel® Core™ i7-1360P
CoreDodeca-core
GPUIntegrated Intel® Iris® Xe Graphics
Jenis RAMLPDDR5
Kapasitas RAM16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage1 TB
Ukuran layar13,3 inci
Resolusi layar2,5K (2.560 x 1.600)
Refresh rate90 Hz
Bobot laptop0,98 kg
Dimensi panjang30 cm
Dimensi lebar20,6 cm
Ketebalan14,8 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-C (Thunderbolt 4)
View all
No.9

LenovoIdeaPad Duet 3i11IAN8

Harga referensi
Rp9.000.000
Agak Murah

Tablet premium dengan layar detachable dan folio keyboard

Produk yang satu ini mengusung konsep yang unik karena menggabungkan portabilitas tablet dengan kinerja laptop. Tablet ini memiliki harga yang tergolong murah, tetapi desainnya terlihat premium layaknya gadget kelas atas. Tablet ini didesain dengan tipe screen yang detachable sehingga layarnya bisa dilepas dari keyboard. Dengan desain seperti ini, Anda juga bisa menjadikan tablet ini sebagai laptop. Folio keyboard-nya pun masih dapat terhubung saat dipisahkan dari layar dengan mengandalkan koneksi Bluetooth

OSWindows 11 Pro
ProcessorIntel® Processor N200
CoreQuad-core
GPUIntegrated Intel® UHD Graphics
Jenis RAMLPDDR5
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB
Ukuran layar11,5 inci
Resolusi layar2K (2000x1200)
Refresh rateTidak diketahui
Bobot laptop1,147 kg
Dimensi panjang27,13 cm
Dimensi lebar17,2 cm
Ketebalan8,95 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-C, audio
View all
No.10

LenovoK14 Gen 1W11HSL

Harga referensi
Rp9.889.000
Menengah

Fleksibel untuk menunjang produktivitas para pekerja kantoran

Lenovo K14 Gen 1 merupakan laptop yang didesain untuk para pekerja kantoran. Desainnya begitu ringkas sehingga fleksibel dibawa ke mana-mana. Beberapa fitur yang dimiliki pun dapat menunjang produktivitas Anda. Salah satu fitur unggulan laptop ini adalah Modern Standby. Fitur ini memungkinkan perangkat bangun dari mode sleep dalam waktu kurang dari sedetik. Daya tahan baterainya pun cukup panjang, yakni sampai 9 jam. Anda jadi tidak perlu terlalu sering mengisi daya.

OSWindows 11 Home
ProcessorIntel® Core™ i5-1135G7
CoreQuad-core
GPUIntegrated Intel® Iris® Xe Graphics
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080)
Refresh rateTidak diketahui
Bobot laptop1,5 kg
Dimensi panjang32,4 cm
Dimensi lebar21,5 cm
Ketebalan17,6 mm
PanelTN
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (2.0), USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, ethernet/LAN
View all

Tips dari software engineer Yosua Surojo

Tips dari software engineer Yosua Surojo

Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum membeli laptop Lenovo. Lenovo memiliki kelebihan dari sisi inovasi fitur yang ditawarkan. Beberapa di antaranya adalah graphics yang lebih baik, screen-based keypad, powerful processor, dan graphic card dengan ukuran laptop yang minimal.


Kelebihan laptop Lenovo lainnya adalah battery life. Dengan battery life yang lebih tahan lama dibandingkan merek lain, laptop Lenovo dapat diandalkan oleh seseorang yang memiliki mobilitas tinggi. Kekurangannya terletak di durabilitas yang mungkin kurang baik sehingga mudah rusak.


Contoh durabilitas yang kurang baik adalah konfigurasi internal dengan sistem pendingin yang kurang reliable. Selain itu, terdapat part dari material plastik yang kurang tahan terhadap pemakaian sehari-hari. Durabilitas laptop Lenovo yang kurang baik adalah bentuk kompensasi atas performa yang tinggi, tetapi dengan harga terjangkau.

5 Rekomendasi Laptop Lenovo terbaik

No. 1: LenovoIdeaPad Slim 3i14ITL6

No. 2: LenovoIdeapad Slim 1i

No. 3: LenovoV14 G4 AMN

No. 4: LenovoThinkBook 14s Yoga Gen 31165G7

No. 5: LenovoLegion Slim 5 Gen 816APH8

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Laptop
  4. 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.