• 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Apakah Anda sedang mencari laptop Lenovo terbaru 2021? Merk Lenovo terkenal sebagai produsen laptop berkualitas. Laptop Lenovo memiliki beragam seri, seperti Ideapad, ThinkPad, dan YOGA. Anda dapat memilih spesifikasi laptop untuk berbagai peruntukan, seperti gaming, editing, ataupun kebutuhan profesional lainnya. 


Tentunya, tiap-tiap laptop Lenovo memiliki beragam fitur, seperti prosesor core i5 hingga touch screen. Harga laptop Lenovo pun bervariasi, mulai tiga jutaan hingga dua puluh jutaan. Kami akan me-review sepuluh laptop Lenovo yang bagus untuk Anda. Ada juga komentar dari software engineer kami, Yosua Surojo. Mari baca ulasannya sekarang juga.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Dyah Fadillah
  • Pembaharuan terakhir: 24 September 2021
  • 180.800 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan software engineer Yosua Surojo

Berkolaborasi dengan software engineer Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.


Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah startup konvergen artificial intelligence (AI). Ia juga berperan dalam proses procurement dan perakitan personal computer (PC) untuk kebutuhan konvergen AI.

Sekilas tentang laptop Lenovo

Lenovo merupakan perusahaan teknologi yang memproduksi beragam perangkat elektronik, salah satunya laptop. Dibandingkan merek lainnya, laptop Lenovo memiliki beberapa kelebihan. 


Untuk kelas spec yang sama, harga laptop Lenovo cenderung lebih terjangkau dibandingkan harga laptop merek lain. Pilihan serinya juga lebih bervariasi, mulai dari kelas pelajar hingga high-end untuk kebutuhan profesional.


Dilihat dari segi kualitasnya, laptop Lenovo memiliki desain yang stylish, kuat, dan tahan banting. Kemudian, laptop Lenovo memiliki sistem pendingin yang baik dan minim noise sehingga kinerjanya lebih optimal. Untuk kapasitas baterai, laptop Lenovo terkenal akan baterainya yang tahan lama. 


Terakhir, Lenovo juga menyematkan teknologi audio Dolby Digital ke dalamnya. Suara yang dihasilkan laptop ini pun sangat jernih dan bulat meski dalam volume kencang

Cara memilih laptop Lenovo

Sebelum memperkenalkan rekomendasi laptop Lenovo terbaik, mari lihat poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih. Bacalah setiap poinnya dengan teliti agar Anda dapat menemukan produk yang pas. 

Kenali dahulu seri laptop Lenovo

Lenovo mengeluarkan lima seri utama dari produk-produk laptop mereka, yakni Lenovo, Think, IdeaPad, YOGA, dan Legion. Pilihlah laptop yang paling cocok untuk kebutuhan Anda, ya.

Lenovo, pas untuk kebutuhan harian Anda

Ada dua jenis laptop seri Lenovo yakni V Series dan Student Chromebooks. V Series didesain menyesuaikan kebutuhan bisnis sehingga cocok untuk Anda yang merupakan pengusaha bisnis UMKM. Jenis laptop ini memiliki harga yang cukup terjangkau dengan kemampuan laptop yang cukup mumpuni.


Sementara itu, sesuai dengan namanya, Student Chromebooks dirancang untuk kebutuhan para pelajar atau mahasiswa. Seri laptop ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan seri lainnya. Spesifikasi laptop ini terbatas, tetapi cukup mumpuni untuk penggunaan harian. Dengan laptop ini Anda dapat menjalankan Microsoft Office, membuka platform online, dan lainnya.

Thinkpad, performa andal untuk kebutuhan bisnis Anda

Apabila Anda mencari laptop untuk keperluan bisnis skala besar, pilihlah laptop seri ThinkPad. Ini merupakan seri laptop Lenovo yang terkenal akan fitur keamanan dan daya operasionalnya yang tinggi. ThinkPad juga memiliki banyak pilihan ukuran layar dan spec yang tersedia. Dengan begitu, Anda bisa memilih laptop sesuai jenis pekerjaan Anda.


Laptop ThinkPad sendiri memiliki berbagai seri, seperti seri X, T, L, E, dan A. Tiap-tiap seri memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing. Salah satunya adalah seri X yang merupakan laptop high-end. Laptop ini memiliki tingkat portabilitas tinggi dengan bodi ringan dan tipis. Jenis seri X banyak digunakan oleh perusahaan besar dan para profesional.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

ThinkPad adalah seri laptop keluaran Lenovo yang ditujukan untuk keperluan bisnis. Fitur yang diusung adalah laptop yang slim dan ringan dengan performance terbaik. Material yang digunakan juga adalah material dengan daya tahan terbaik


Tampilan layar yang cerah dan jernih juga menjadi fitur andalan seri ThinkPad. Keyboard yang mendukung pengetikan cepat tetapi tetap nyaman digunakan juga tersedia pada seri ini.

IdeaPad, desain cantik dengan performa istimewa

Untuk Anda yang mencari laptop stylish dan mudah dioperasikan, Anda mungkin akan berjodoh dengan Lenovo seri IdeaPad. Seri ini sangat cocok untuk Anda yang sering membawa laptop ke mana-mana. Bobotnya yang ringan dan desainnya yang stylish membuat Anda lebih percaya diri membawa laptop ke kafe, workspace, dan lainnya. 

Seri laptop ini harganya cukup terjangkau dan performanya tinggi sehingga cocok digunakan oleh pelajar dan mahasiswa. Beberapa jenis laptop ini juga mempunyai spesifikasi, monitor, dan sound system yang berkualitas tinggi. Secara keseluruhan, seri ini unggul dari sisi cost and performance

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Seri IdeaPad ditujukan untuk yang menginginkan laptop stylish dengan performance yang mumpuni tetapi dengan harga relatif lebih murah dibandingkan seri ThinkPad. Lenovo IdeaPad hadir dengan prosesor keluaran Intel ataupun AMD. Pilihan layar pun tersedia di 14 inci atau 15,6 inci.

YOGA, laptop 2-in-1 dengan beragam pilihan fitur canggih

YOGA merupakan seri flagship dari Lenovo yang menawarkan kepraktisan dan kecanggihan. Laptop seri YOGA merupakan jenis 2-in-1 laptop dengan engsel 360° yang bisa dijadikan mode tablet dan laptop. 


Laptop ini memiliki bobot ringan, desain modern, dan spesifikasi tinggi. Mulai dari touch screen, sistem log in otomatis, hingga sistem keamanan tersedia pada laptop ini. Lenovo YOGA direkomendasikan untuk pekerja kreatif, seperti video editor dan ilustrator, atau pekerja mobile yang harus selalu standby.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Seri YOGA dapat menjadi pilihan untuk pengguna yang menginginkan laptop tipe hybrid atau laptop yang juga dapat digunakan sebagai tablet. Seri YOGA memiliki kemampuan untuk di-flip hingga empat posisi. 


Keempat posisi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Posisi laptop konvensional
  • Posisi menonton video dengan sisi keyboard sebagai stand
  • Posisi seperti tenda untuk bermain game
  • Posisi tablet untuk membaca yang sangat memanjakan penggunanya

Walaupun masuk kategori laptop hybrid, spesifikasi yang ditawarkan juga tidak kalah dengan laptop konvensional.

Legion, dirancang khusus untuk para gamers

Lenovo juga memproduksi laptop untuk kebutuhan gaming, yakni pada seri Legion. Lenovo Legion memiliki teknologi canggih dengan spesifikasi yang tinggi. Prosesor, VGA, FPS, display layar, hingga cooling system pada seri ini menggunakan perangkat kelas atas. 


Dengan seri Legion, Anda disuguhkan laptop berperforma tinggi dengan grafis dan suara yang memanjakan saat gaming. Karena spesifikasinya tinggi, harga laptop Legion cenderung mahal. Oleh karena itu, jenis laptop ini disarankan untuk para pro player. 

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Seri Legion cocok sekali digunakan oleh gamer ataupun desainer grafis 3D. Pengguna akan dimanjakan dengan performa CPU dan GPU yang optimal untuk bermain game ataupun rendering desain grafis 3D. 


Selain itu, keyboard dan trackpad-nya pun nyaman digunakan sehingga akan mendukung permainan Anda. Audio quality yang bagus juga akan memanjakan telinga Anda selama bermain game.

Lihat spesifikasi yang memengaruhi kinerja laptop

Penting untuk mengetahui spesifikasi laptop yang Anda pilih. Makin tinggi spesifikasi laptop, makin mahal juga harganya. Jika Anda dapat memilih jenis laptop yang tepat, pengeluaran Anda pun jadi lebih efisien. 

Prosesor, pengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan

Prosesor, pengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan

Prosesor menjadi salah satu faktor yang memengaruhi performa laptop. Bisa dibilang, prosesor merupakan otak dari laptop yang memproses komputasi data di dalamnya. Saat ini, Lenovo menggunakan dua jenis prosesor, yakni Intel dan AMD. 


  • Prosesor Intel

Prosesor Intel yang digunakan oleh Lenovo adalah Intel Celeron dan Intel Core. Intel Celeron dirancang untuk kebutuhan komputasi dasar sehingga Anda tidak bisa multitasking atau menjalankan aplikasi berat. Keunggulannya, laptop dengan Intel Celeron biasanya memiliki konsumsi daya yang rendah. Laptop dengan prosesor Intel Celeron juga memiliki harga lebih terjangkau.

 
Sementara itu, prosesor Intel Core dirancang untuk menjalankan aplikasi berat. Prosesor ini memiliki ciri khas dengan penamaan Intel Core i yang diikuti dengan angka. Makin besar angkanya, performa prosesornya makin baik. Angka yang lebih tinggi tersebut menunjukkan cache, speed clock, dan fitur lainnya yang makin canggih. 


  • Prosesor AMD

Lenovo juga menggunakan prosesor AMD, seperti AMD Athlon Gold dan AMD Ryzen. Dibandingkan dengan prosesor lainnya, prosesor AMB Athlon Gold diklaim memiliki performa grafis hingga 86% lebih cepat. Untuk pengeditan media, prosesor ini lebih cepat 64% dari prosesor lainnya. Laptop dengan prosesor AMD Athlon Gold ini direkomendasikan untuk kebutuhan gaming ringan dan editing.


Jika Anda mencari prosesor untuk kebutuhan gaming profesional, gunakanlah laptop dengan AMD Ryzen. Prosesor AMD Reyzen dikenal tidak mudah panas dan hemat daya. Saat ini, AMD Ryzen terdiri dari empat jenis, terdiri atas Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7, Ryzen 9, dan Ryzen Threadripper. Makin tinggi angkanya, performa dan teknologi yang ditawarkan juga makin baik. 

RAM, membantu laptop agar tidak lag saat bekerja

RAM, membantu laptop agar tidak lag saat bekerja

RAM (random-access memory) bertugas memproses data yang sedang dijalankan menjadi lebih cepat. Oleh karena itu, makin besar kapasitas RAM, makin cepat juga loading datanya. RAM juga berfungsi sebagai penyimpanan data sementara untuk aplikasi yang sedang beroperasi.


Untuk kebutuhan harian, seperti menjalankan Microsoft Office, browsing, dan streaming, RAM laptop 4 GB sudah mencukupi. Jika Anda ingin laptop dengan performa lebih tinggi untuk bermain game, desain grafis, dan pemrograman, pilihlah laptop dengan RAM 8 GB ke atas. Dengan begitu, beban kerja laptop pun menjadi makin ringan. 

Penyimpanan internal, tidak khawatir untuk menyimpan banyak file penting

Penyimpanan internal, tidak khawatir untuk menyimpan banyak file penting

Ada dua hal yang perlu Anda periksa mengenai penyimpanan internal pada laptop, yakni jenisnya dan kapasitas penyimpanan. Dilihat dari jenisnya, ada dua tipe penyimpanan internal, yakni hard disk drive (HDD) dan solid-state drive (SDD). Mari kita ulas satu per satu.


  • Hard disk drive (HDD)

Hard disk drive (HDD) merupakan jenis penyimpanan internal standar pada laptop. Jenis penyimpanan ini memiliki pilihan kapasitas yang beragam, mulai dari 160 GB hingga 2 TB. Untuk kebutuhan penggunaan harian, kapasitas 500 GB sudah mencukupi. Namun, jika Anda hendak menyimpan beragam dokumen, video, program, dan lainnya, pertimbangkanlah HDD 750 GB ke atas.


  • Solid-state drive (SSD)

Jika Anda mengutamakan performa, kecepatan, dan ketahanan, pilihlah laptop dengan media penyimpanan SSD. Media penyimpanan SSD didesain agar booting windows dan loading data lebih cepat. Struktur SSD juga lebih kukuh dan tahan guncangan sehingga cocok untuk Anda yang sering bepergian membawa laptop.

 
Namun, kapasitas SSD lebih kecil dari HDD, yaitu mulai dari 16 GB hingga 512 GB. Harga laptop dengan media penyimpanan SSD juga tergolong mahal. Untuk penggunaan standar harian, Anda bisa memilih laptop dengan kapasitas 120 GB. Meskipun demikian, media penyimpanan SSD pada laptop yang ideal adalah 240 GB atau lebih. Jadi, pertimbangkan juga kapasitas penyimpanan dan harga laptopnya, ya.

Lihat fitur tambahan lainnya yang terpasang pada laptop

Lihat fitur tambahan lainnya yang terpasang pada laptop
Agar penggunaannya makin mudah, jangan lupa untuk memeriksa fitur yang tersedia pada laptop. Beberapa laptop Lenovo sudah dilengkapi beragam fitur penting, seperti touch screen, stylus pen, webcam, hingga sistem keamanan fingerprint. Fitur-fitur ini tentu akan memudahkan aktivitas Anda saat menggunakan laptop.

Jika pekerjaan Anda berhubungan dengan grafis, fitur touch screen dan stylus pen akan memudahkan pekerjaan Anda. Kemudian, apabila Anda sering melakukan pertemuan virtual, periksa juga kualitas dari webcam pada laptop. Jangan lupa juga untuk memeriksa sistem keamanan pada laptop. Dengan begitu, data Anda tetap aman dan Anda bebas dari ancaman spy cam.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi laptop Lenovo terbaik

Berikutnya, mari kita lihat laptop Lenovo yang kami rekomendasikan untuk Anda di bawah ini. Bandingkanlah tiap-tiap laptop dengan teliti agar Anda dapat menemukan produk sesuai kebutuhan.

10

LenovoChromebook C340 (11")

Mulai dari Rp 3.979.000,00

SeriLenovo
Ukuran layar 11,6 inci
ProsesorIntel® Celeron® N4000
VGAIntel® UHD Graphics 600
RAM4 GB
Internal storage160 GB eMMC
Ukuran290 mm x 208 mm x 17,9 mm
Daya tahan baterai10 jam
Berat1,2 kg
9
SeriLenovo
Ukuran layar 14 inci
ProsesorAMD Athlon Gold 3150U
VGAAMD Radeon Graphics
RAM4 GB
Internal storage256 GB SSD
Ukuran 327,1 mm x 241 mm x 19,9 mm
Daya tahan baterai6 jam
Berat1,6 kg
8

Lenovo IdeaPad 3 14ADA05

81W000GCID 81W000GDID

Mulai dari Rp 5.990.000,00

SeriIdeaPad
Ukuran layar 14 inci
ProsesorAMD Ryzen 3 3250U
VGAAMD Radeon Graphics
RAM4 GB
Internal storage256 GB SSD
Ukuran 327,1 mm x 241 mm x 19,9 mm
Daya tahan baterai12,2 jam
Berat1,6 kg
7

LenovoIdeapad 330 (14, Intel) Laptop

Mulai dari Rp 7.499.000,00

SeriIdeapad
Ukuran layar 14 inci
Prosesor8th Gen Intel® Quad Core i5-8250U
VGAIntel UHD Graphics 620 + AMD Radeon 530
RAM4 GB
Internal storage1 TB HDD
Ukuran338,3 mm x 249,9 mm x 22,7 mm
Daya tahan baterai6 jam
Berat2,1 kg
6
SeriLenovo
Ukuran layar 14 inci
ProsesorIntel Core i3-6006U 2.0 GHz
VGAATI Radeon 530 DDR5 2 GB
RAM4 GB DDR4
Internal storage1 TB HDD
Ukuran343 mm x 247 mm x 20,3 mm
Daya tahan bateraiTidak disebutkan
Berat1,55 kg
5
SeriThinkBook
Ukuran layar 14 inci
ProsesorIntel Core i5-1035G1
VGAIntel UHD Graphics
RAM8 GB
Internal storage512 GB SSD
Ukuran326 mm x 230 mm x 17.9 mm
Daya tahan baterai9 jam
Berat1,5 kg
4
SeriLegion
Ukuran layar 15,6 inci
Prosesor AMD Ryzen 7 4800H
VGANVIDIA GeForce GTX 1650 Ti 4GB GDDR6
RAM16 GB
Internal storage512 GB SSD
Ukuran363 mm x 260 mm x 23,57 mm
Daya tahan baterai5 jam
Berat2,5 kg
3

LenovoYoga 6 13ARE05

82FN001AID

Mulai dari Rp 14.458.000,00

SeriYoga
Ukuran layar 13,3 inci
ProsesorAMD Ryzen 7 4700U
VGAAMD Radeon Graphics
RAM16 GB
Internal storage512 GB SSD
Ukuran308,1 mm x 206,5 mm x 17,1 mm
Daya tahan baterai18 jam
Berat1,32 kg
2

Lenovo Thinkpad Yoga X1 Carbon (5th Gen)

Mulai dari Rp 19.299.000,00

SeriThinkpad
Ukuran layar 14 inci
Prosesor10th Gen Intel Core i7-10510U
VGAIntel UHD Graphics
RAM16 GB
Internal storage512 GB SSD
Ukuran323,5 mm x 217,1 mm x 15,95 mm
Daya tahan baterai15,5 jam
Berat1,13 kg
1
SeriYoga
Ukuran layar 13 inci
ProsesorIntel Core i5-1135G7
VGA Intel Iris Xe Graphics
RAM8 GB
Internal storage512 GB SSD
Ukuran297,4 mm x 205,5 mm x 9,19 mm
Daya tahan baterai10,8 jam
Berat1,16 kg

Tabel perbandingan produk laptop Lenovo terbaik

Gambar produk
1
Lenovo Yoga Duet 7i 1

Lenovo

2
Lenovo  Thinkpad Yoga X1 Carbon (5th Gen) 1

Lenovo

3
Lenovo Yoga 6 13ARE05  1

Lenovo

4
Lenovo  Legion 5 15 AMD 1

Lenovo

5
Lenovo  ThinkBook 14 IIL 1

Lenovo

6
Lenovo  V130-HSID 1

Lenovo

8
Lenovo  IdeaPad 3 14ADA05 1

Lenovo

9
Lenovo  V14 ADA  1

Lenovo

10
Lenovo Chromebook C340 (11")  1

Lenovo

Nama produk

Yoga Duet 7i

Thinkpad Yoga X1 Carbon (5th Gen)

Yoga 6 13ARE05

Legion 5 15 AMD

ThinkBook 14 IIL

V130-HSID

IdeaPad 3 14ADA05

V14 ADA

Chromebook C340 (11")

Keunggulan

2-in-1 laptop yang serbaguna dan canggih

Teruji kuat berkat material carbonnya!

Baterai superkuat, mampu menyala hingga belasan jam

Performa tangguh untuk gaming, siap kalahkan lawan-lawan Anda

Sistem keamanan ganda untuk jaga privasi Anda!

Penyimpanan superbesar, tak perlu tambahan memori eksternal

Tuts keyboard yang nyaman untuk bekerja sepanjang hari

Jalankan bisnis dengan laptop berperforma tinggi

Budget-friendly untuk pelajar dan mahasiswa

Harga mulai dariRp 18.099.000,00Rp 19.299.000,00Rp 14.458.000,00Rp 18.499.000,00Rp 13.455.000,00Rp 6.718.500,00Rp 5.990.000,00Rp 5.100.000,00Rp 3.979.000,00
SeriYogaThinkpad YogaLegionThinkBookLenovoIdeaPad LenovoLenovo
Ukuran layar 13 inci14 inci13,3 inci15,6 inci14 inci14 inci14 inci14 inci11,6 inci
ProsesorIntel Core i5-1135G710th Gen Intel Core i7-10510UAMD Ryzen 7 4700U AMD Ryzen 7 4800HIntel Core i5-1035G1 Intel Core i3-6006U 2.0 GHzAMD Ryzen 3 3250UAMD Athlon Gold 3150UIntel® Celeron® N4000
VGA Intel Iris Xe GraphicsIntel UHD GraphicsAMD Radeon GraphicsNVIDIA GeForce GTX 1650 Ti 4GB GDDR6Intel UHD GraphicsATI Radeon 530 DDR5 2 GBAMD Radeon GraphicsAMD Radeon GraphicsIntel® UHD Graphics 600
RAM8 GB 16 GB 16 GB 16 GB8 GB 4 GB DDR44 GB 4 GB 4 GB
Internal storage512 GB SSD 512 GB SSD 512 GB SSD512 GB SSD 512 GB SSD 1 TB HDD256 GB SSD 256 GB SSD 160 GB eMMC
Ukuran297,4 mm x 205,5 mm x 9,19 mm 323,5 mm x 217,1 mm x 15,95 mm308,1 mm x 206,5 mm x 17,1 mm363 mm x 260 mm x 23,57 mm326 mm x 230 mm x 17.9 mm343 mm x 247 mm x 20,3 mm 327,1 mm x 241 mm x 19,9 mm 327,1 mm x 241 mm x 19,9 mm290 mm x 208 mm x 17,9 mm
Daya tahan baterai10,8 jam15,5 jam 18 jam5 jam9 jamTidak disebutkan12,2 jam6 jam10 jam
Berat1,16 kg1,13 kg1,32 kg2,5 kg1,5 kg1,55 kg1,6 kg1,6 kg1,2 kg
Tautan produk

Tips dari software engineer Yosua Surojo

Tips dari software engineer Yosua Surojo

Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum membeli laptop Lenovo. Lenovo memiliki kelebihan dari sisi inovasi fitur yang ditawarkan. Beberapa di antaranya adalah graphics yang lebih baik, screen-based keypad, dan powerful processor dan graphic card dengan ukuran laptop yang minimal


Kelebihan laptop Lenovo lainnya adalah battery life. Dengan battery life yang lebih tahan lama dibandingkan merek lain, laptop Lenovo dapat diandalkan untuk seseorang yang memiliki mobilitas tinggi. Kekurangannya terletak di durabilitas yang mungkin kurang baik sehingga mudah rusak.


Contoh durabilitas yang kurang baik seperti konfigurasi internal dengan sistem pendingin yang kurang reliable. Selain itu, terdapat part dari material plastik yang kurang tahan terhadap pemakaian sehari-hari. Durabilitas laptop Lenovo yang kurang baik adalah bentuk kompensasi atas performa yang tinggi tetapi dengan harga terjangkau. 

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

Saat ini, penggunaan laptop sangat bervariasi, mulai untuk kebutuhan bisnis, editing, hingga gaming. Kami juga telah mengulas beberapa jenis laptop berdasarkan merek dan peruntukannya. Anda bisa membaca ulasannya pada link di bawah ini. 

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda sudah menemukan laptop yang Anda butuhkan? Ada berbagai seri laptop Lenovo yang telah kami rekomendasikan kepada Anda. Tiap-tiap jenis laptop Lenovo ini memiliki harga, keunggulan, dan spesifikasi yang bervariasi.


Agar Anda dapat menemukan laptop Lenovo yang paling ideal, Anda dapat membandingkan keunggulan tiap-tiap produk tersebut. Kemudian, pilihlah laptop dengan fitur yang mendukung penggunaan dan bujet yang sesuai. Semoga ulasan ini membantu Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin pernah mendengar 2-in-1 laptop atau 2-in-1 tablet. 2-in-1 laptop merupakan jenis laptop flip yang bisa dilipat menjadi tablet. Sementara itu, 2-in-1 tablet adalah laptop dengan keyboard yang bisa dilepas dan difungsikan seperti tablet. Laptop ini tersedia dalam spec yang tangguh, mulai Intel Core i3 dan i5 hingga Ryzen 7 untuk kebutuhan gaming. Ada pula yang dilengkapi stylus pen yang canggih. Berbagai merek 2-in-1 laptop atau tablet yang bagus, seperti Dell, Lenovo, dan ASUS beredar di pasaran. Baca artikel ini sampai selesai supaya Anda tidak bingung saat memilih!
    Laptop
    202.908 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari rekomendasi laptop di bawah 5 juta terbaru 2021? Saat ini, ada banyak pilihan laptop di bawah 5 juta, baik untuk pekerja profesional maupun mahasiswa. Maka dari itu, tentukanlah dahulu spesifikasi dan fitur laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Di artikel ini Anda menemukan beragam merk laptop di bawah 5 juta terbaru yang bagus. Beberapa di antaranya seperti Lenovo, HP, ASUS, dan lainnya. Fitur-fitur yang tersedia pada laptop ini pun bervariasi mulai dari memori SSD hingga kamera yang bagus. Ayo temukan laptop terbaik tahun ini dengan harga terjangkau!
    Laptop
    258.356 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Bukan hanya untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa pun beragam tergantung kebutuhan penggunanya.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih laptop yang bagus dan cocok untuk para mahasiswa. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh laptop terbaik dan terbaru untuk Anda. Merek laptop terkenal untuk mahasiswa, seperti Asus, Apple, Lenovo, dan Acer akan Anda temukan dalam daftar produk rekomendasi kami.
    Laptop
    2.305 Views
  • 10 Laptop Spek Tinggi Terbaik Seharga 4 Jutaan - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Laptop Spek Tinggi Terbaik Seharga 4 Jutaan - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop telah menjadi perlengkapan wajib yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan. Terdapat banyak laptop dengan spesifikasi serta harga yang beragam. Agar aktivitas Anda tidak terganggu pilihlah laptop terbaik dengan spek yang tinggi. Banyak laptop spek tinggi yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas laptop terbaru dengan harga 4 jutaan dengan spek terbaik. Berkolaborasi dengan pakar Yosua Surojo dari software engineer, kami akan merekomendasikan laptop terbaik untuk Anda. Beberapa produk merupakan merek terkenal, seperti Acer, ASUS, HP, dan merek bagus lainnya.
    Laptop
    332.817 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop ASUS sudah diandalkan oleh berbagai kalangan. Laptop merk ASUS serinya beragam mulai dari ditujukan untuk mobilitas tinggi, komputasi ringan, bisnis, hingga gaming. Prosesornya pun bervariasi, dari Intel Core i3, Intel Core i5, dan yang terbaru seperti Intel Core i9.Kali ini kami akan berbagi tentang cara memilih laptop ASUS yang bagus, serta merekomendasikan produk terbaik. Ada VivoBook X441MA, Zenbook, ROG, dan banyak lagi. Kami juga berkolaborasi dengan software engineer kami, Yosua Surojo. Review laptop ASUS pilihan kami pun telah tersedia. Simak sampai akhir, ya!
    Laptop
    180.770 Views
  • 10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    MacBook hingga kini masih menjadi laptop favorit banyak orang. Kualitas serta performa yang prima menjadikan MacBook sebagai salah satu merk laptop yang bagus dan terbaik. Bila Anda berminat untuk membeli MacBook, baca artikel ini hingga tuntas sebab kami punya tips memilihnya untuk Anda.Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk MacBook terbaik, misalnya MacBook Air M1 dan MacBook Pro M1. Kami akan mengulas produk terbaru seperti MacBook Pro 2020 dan MacBook Air 2020. Namun, produk sebelumnya seperti MacBook Air 2017 pun tersedia untuk dijadikan pilihan. Segera simak selengkapnya, ya!
    Laptop
    7.276 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori