10 Rekomendasi Dompet Pria Terbaik yang Berukuran Compact (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Dompet Pria Terbaik yang Berukuran Compact (Terbaru Tahun 2019)

Bagi para pria yang tidak biasa membawa tas, dompet ukuran compact yang dapat dimasukkan ke dalam saku adalah benda yang penting. Dengan menjamurnya pemakaian e-wallet dan e-money, tren dompet mini pun semakin marak. Pilihannya juga beragam, mulai dari yang berbahan kulit, yang desainnya unik, dan sebagainya sehingga mungkin Anda bingung memilih yang mana.

Kali ini kami akan membahas cara memilih dompet berukuran compact sekaligus memperkenalkan sepuluh produk terbaik dari dalam maupun luar negeri, termasuk keluaran merek ternama, seperti Coach, Fossil, dan lainnya. Ayo, tampil lebih maskulin dengan dompet minimalis yang gaya!

Daftar isi

Cara memilih dompet pria berukuran compact

Pada artikel kali ini, kami merangkum beberapa poin dasar yang harus diperhatikan dalam memilih compact wallet. Di antaranya Anda perlu mengecek kantong untuk meletakkan kartu, uang kertas, atau tempat koin. Simaklah penjelasan lebih lanjut berikut ini!

Pilih berdasarkan bentuk dompetnya

Poin pertama yang paling memengaruhi ukuran dan kepraktisan pemakaian suatu dompet adalah bentuknya. Silakan cek satu per satu penjelasan jenis dompet berdasarkan bentuknya berikut ini dengan mempertimbangkan fungsi apa yang paling Anda butuhkan dari suatu produk.

Bifold wallet yang compact sekaligus nyaman digunakan

Bifold wallet yang compact sekaligus nyaman digunakan

Apabila Anda mencari dompet yang tidak hanya compact tetapi juga nyaman digunakan, direkomendasikan untuk memilih tipe bifold yang dilipat dua. Dompet tipe ini sangat tipis dan memberikan kesan smart dengan bentuknya yang flat saat dilipat.

Masing-masing brand yang mengeluarkan dompet lipat dua biasanya merancang produknya sedemikian rupa dengan mempertimbangkan ukuran kartu dan koin agar bisa masuk dengan pas. Dengan berbagai modifikasi semacam itu, bahkan hati pria pun akan tersentuh.

L-shaped fastener wallet, simpel dan berkapasitas mumpuni

L-shaped fastener wallet, simpel dan berkapasitas mumpuni 

Dompet berbentuk persegi dengan ritsleting seperti huruf L ini perlahan semakin populer dikarenakan bentuknya yang simpel dan kapasitas penyimpanannya yang besar. Meskipun sebagian besar dompet tipe ini memiliki desain yang sederhana, bagian dalamnya biasanya dilengkapi partisi untuk penyimpanan kartu dan koin sehingga memudahkan pemakaian.

Keunggulannya yang paling menonjol adalah keseluruhan isi dompet bisa langsung terlihat begitu ritsletingnya dibuka. Sangat tepat untuk Anda yang memiliki kepribadian efisien. Namun, kekurangannya adalah uang kertas harus dilipat terlebih dahulu untuk dimasukkan ke dalam dompet tipe ini. Akan tetapi, hal ini masih bisa ditoleransi karena Anda cukup melipat uang kertas jadi setengahnya agar muat di dalam dompet.

Trifold wallet yang paling compact

Trifold wallet yang paling compact

Trifold wallet atau dompet lipat tiga adalah yang paling compact dibandingkan bentuk lainnya. Jika ukuran dompet dibuat lebih kecil lagi dari ini, fungsinya sebagai dompet mungkin harus dikorbankan. Pertimbangan yang harus diperhatikan dalam batas ukuran terkecil untuk dompet compact adalah yang dapat memuat kartu kredit.

Karena tempat kartu dan koin pada dompet tipe ini bisa dikatakan cukup terbatas, pemakaiannya harus lebih diperhatikan dari segi kepraktisan. Agar bentuknya tetap compact dan bagus, sebaiknya Anda hanya membawa kartu yang benar-benar diperlukan dan jangan biarkan koin menumpuk. Tipe dompet ini cocok untuk para minimalist, atau bagi Anda yang memerlukan dompet sekunder, misalnya ketika ingin berbelanja tak jauh dari rumah.

Perhatikan fungsionalitas berkat keahlian pengrajinnya

Perhatikan fungsionalitas berkat keahlian pengrajinnya

Belakangan ini dompet mini semakin digandrungi tidak hanya karena desainnya yang fashionable, tetapi juga karena fungsinya yang luar biasa. Tidak hanya dari segi ukuran, perhatikanlah juga fungsi suatu produk saat Anda memilih dompet berukuran compact. Dengan begitu, Anda bisa lebih merasa tertarik dan menyukainya.

Jika dibahas lebih spesifik, mungkin ada dompet yang meskipun ukurannya hanya sebesar telapak tangan, tetapi Anda dapat menyimpan uang kertas tanpa melipatnya. Atau saat Anda berpikir bahwa kompartemennya kecil, ternyata memiliki cukup tempat untuk menyimpan kartu atau koin yang banyak.

Setiap produsen berusaha menuangkan ide dalam pembuatannya sehingga pembelinya dapat mengapresiasi dompet tersebut. Dalam merealisasikan ide-ide semacam ini diperlukan keterampilan dari pengrajin yang ahli. Akan tetapi, belum tentu semua produsen mengeluarkan produk yang unggul dalam hal fungsionalitas. Untuk itu, selain membaca deskripsi produk, cek juga review-nya di internet dan media lainnya.

Justru karena ukurannya kecil, pilih yang tampilannya gaya

Justru karena ukurannya kecil, pilih yang tampilannya gaya

Tidak banyak pria yang membawa tas atau mengenakan aksesori seperti wanita. Oleh karena itu, dompet merupakan item untuk mengekspresikan originality dan sense merekaDengan adanya smartphone, e-money, dan meningkatnya pemakaian kartu kredit, barang bawaan tentu semakin sedikit. Justru karena itulah, penting untuk menunjukkan ciri khas Anda lewat dompet ukuran compact yang dibawa sehari-hari.

Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan bahan dasar dompet. Bahan kulit asli khususnya sangat direkomendasikan karena sinarnya akan semakin keluar setelah dipakai terus-menerus. Dalam kategori dompet kulit asli, salah satu yang diakui kualitas dan tampilannya adalah Italian leather. Ada juga berbagai jenis kulit yang unik, seperti cordovan dari kulit kuda, atau camel leather dari kulit unta.

Selain pertimbangan material, Anda juga bisa memilih dompet berdasarkan merek favorit. Ada beberapa brand yang juga mengeluarkan produk untuk menyimpan bolpoin dan kartu nama. Anda bisa memilih dompet mini dengan brand yang sama dengan aksesori lain yang sudah Anda punya. Saat memilih dompet, merek favorit pilihan tidak hanya akan membuat hati senang, tetapi juga memberikan kesan smart pada penampilan Anda.

10 Rekomendasi dompet pria terbaik berukuran compact

Selanjutnya kami akan merekomendasikan sepuluh dompet pria terbaik berukuran compact. Pemilihan dilakukan berdasarkan pertimbangan bentuk dan bahan dasarnya. Sebagian dari produk yang kami perkenalkan kali ini menggunakan kulit asli yang tahan lama dan semakin berkarakter jika sering dipakai. Cek satu per satu rekomendasinya, ya!

10. Bodypack Southfilld Wallet

10. Bodypack Southfilld Wallet 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 225.000

Vertical bifold wallet yang pas di saku

Dompet berukuran compact dari Bodypack yang satu ini didesain dengan bentuk vertikal agar dapat dimasukkan dan diambil di saku belakang celana dengan mudah. Meskipun bentuknya ramping, dompet ini dilengkapi enam tempat penyimpanan kartu yang sangat memadai dan saku utama yang dirancang pas untuk memuat uang kertas.

Material berkualitas tinggi yang dipilih sebagai bahan dasarnya menjamin dompet ini tahan lama digunakan. Logo Bodypack yang tercetak di sudut dompet pun memberikan aksen tersendiri pada tampilan vintage-nya. Selain bentuk dan ukurannya yang pas di saku, harganya juga pas di kantong!

Bahan dasar Leather
Ukuran 12,5 cm × 9 cm × 1 cm
Tipe Bifold

9. Eiger 1989 Landscape Wallet

9. Eiger 989 Landscape Wallet 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 272.000

Karena leather tidak harus berat

Meskipun lebih terkenal dengan produksi tas gunung dan peralatan mendakinya, Eiger juga mengeluarkan berbagai jenis dompet yang desainnya tak kalah menarik! Eiger 1989 Landscape Wallet yang kami rekomendasikan kali ini memiliki desain vintage dengan warna cokelat yang cerah. Bobotnya pun hanya sekitar 40 gram sehingga sangat nyaman dibawa-bawa di dalam saku.

Kompartemen di dalamnya pun didesain agar kartu serta uang dapat diklasifikasikan dengan rapi. Cocok untuk Anda yang ingin simpel tanpa mau meninggalkan ketelitian dan detail isi dompet. Namun, permukaan dompet ini tidak licin seperti kebanyakan dompet kulit lainnya. Jadi, Anda perlu lebih memperhatikan kebersihannya.

Bahan dasar Leather
Ukuran Tidak disebutkan
Tipe Bifold

8. Coach PVC Leather Small Trifold Wallet

8. Coach PVC Leather Small Trifold Wallet 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 800.000

Menggunakan material PVC supaya isi dompet tidak basah

Salah satu brand fashion asal New York, Coach, juga ikut meramaikan penjualan dompet berukuran compact yang gampang digenggam dengan satu tangan. Logo kereta kuda yang terbuat dari metal berwarna emas memberikan kesan mewah pada tampilannya.

Produk ini menggunakan material PVC (polyvinyl chloride), yaitu plastik solid yang terkenal dengan daya tahannya untuk pemakaian jangka waktu lama dan juga tahan air. Jadi, Anda tidak perlu untuk khawatir berlebihan isi dalam dompet basah pada saat hujan. Dari enam slot tempat kartu tersedia, dua slot kartu dapat dilepas jika tidak digunakan supaya dompet tidak terlalu tebal.

Bahan dasar PVC
Ukuran 10,5 cm × 9,5 cm × 2 cm
Tipe Trifold

7.  Fossil Lufkin Trifold

7.  Fossil Lufkin Trifold 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 517.500

Dompet trifold desain terkecil yang fungsional

Fossil sudah sangat terkenal akan berbagai produk dompetnya yang berkualitas. Salah satu dompet ukuran compact-nya yang kami rekomendasikan adalah Lufkin Trifold yang bentuknya ramping dan modis untuk menambah rasa percaya diri Anda. Pilihan warna yang tersedia pun sangat classy untuk disesuaikan dengan selera dan gaya Anda.

Dimensi terpanjang dompet ini hanya 10 cm, terkecil dari sepuluh dompet rekomendasi kami! Sangat ideal untuk Anda yang minimalis. Dari segi kapasitas penyimpanan, produk ini memiliki enam slot tempat kartu, satu tempat penyimpanan uang, dan satu kompartemen transparan untuk menyimpan kartu penting Anda. Embossed logonya pun akan memberikan tambahan kesan vintage!

Bahan dasar Leather
Ukuran 10 cm × 9 cm × 2 cm
Tipe Trifold

6. Crocodile C1201-12

6. Crocodile C1201-12 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 140.000

Genuine leather dengan harga terjangkau

Ragam produk dari brand Crocodile yang sudah didirikan sejak tahun 1947 ini sangat bervariasi, mulai dari sepatu, pakaian, jam tangan, hingga berbagai aksesori seperti dompet. C1201-12 merupakan satu dari sekian banyak produk dompet Crocodile yang terbuat dari bahan kulit asli. Meskipun begitu, harganya tetap masuk akal!

Genuine leather dikenal akan durability-nya sehingga masa pakainya bisa sampai tahunan. Bagi yang menginginkan dompet original luar negeri dengan daya tahan baik dan harga terjangkau, C12012-12 bisa Anda jadikan pilihan.

Bahan dasar Leather
Ukuran 11 cm × 9 cm
Tipe Bifold

5. Planet Ocean DPO 350780

5. Planet Ocean DPO 350780

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 108.000

Produk pilihan termurah dan bergaransi 1 tahun

Planet Ocean merupakan merek fashion lokal asal Bandung yang telah berdiri sejak tahun 1987. Brand ini menyasar konsumen berjiwa muda yang mengutamakan style masa kini, tetapi tetap berorientasi pada budget terjangkau. Hal ini terlihat dari harganya yang termurah di antara sepuluh produk rekomendasi pilihan kami!

Dompet ini hanya tersedia dalam warna cokelat yang kalem dengan sedikit aksen merah bertuliskan mereknya. Dari sekian slot multifungsi di dalamnya, Anda dapat mencopot slot tempat kartu yang transparan jika dompet dirasa terlalu tebal. Anda juga tidak perlu khawatir soal kualitas karena Planet Ocean menjamin kualitas produknya dengan memberikan garansi satu tahun.

Bahan dasar PVC
Ukuran 12 cm × 8,5 cm
Tipe Bifold

4.  Fullhardy 8026

4.  Fullhardy 8026

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 305.000

Warna coffee cream-nya menambah kesan antik

Satu lagi brand lokal Indonesia yang juga memproduksi dompet ukuran compact adalah Fullhardy. Meskipun baru didirikan tahun 2015, desain produknya tak kalah dari merek lain! Brand ini mengeluarkan berbagai varian dompet kulit bergaya klasik, salah satunya Fullhardy 8026 bergaya vintage dengan warna coffee cream yang unik.

Selain enam slot utama dan satu tempat koin, tersedia juga dua slot tersembunyi untuk menyimpan kartu atau dokumen penting Anda. Sistem buka-tutup dompet ini juga sangat mudah berkat rel ritsleting yang mulus dan cukup besar. Sangat cocok untuk Anda yang tidak mau ribet saat mengeluarkan sesuatu dari dalam dompet.

Bahan dasar Leather
Ukuran 12 cm × 9 cm × 2 cm
Tipe L-shaped fastener

3. Voyej Vessel VI Americana

2. Voyej Vessel VI Americana

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.050.000

Dompet handmade dengan material vegetable tanned leather

Dompet Voyej yang satu ini terbuat dari cow leather yang disamak menggunakan bahan nabati sehingga lebih ramah lingkungan. Meskipun bentuknya mini, produk ini dilengkapi empat slot yang cukup memadai untuk menyimpan kartu Anda dan kantong koin dengan gusset.

Vessel VI Americana didesain dengan sudut-sudut yang melengkung dan masih dijahit secara handmade tanpa menggunakan mesin sehingga memberikan kesan luxury pada tampilannya. Dompet ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menghargai proses perjalanan pembuatan sebuah karya.

Bahan dasar American natural vegetable tanned cowhide
Ukuran 11,5 cm × 9 cm × 2 cm
Tipe Bifold

2. Exsport Wallet Molly Short

2. Exsport Wallet Molly Short

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 119.000

Bahan denim yang bisa dicuci

Exsport juga merupakan salah satu lini brand Eiger yang sudah sejak lama bergerak di industri tas, fashion, dan aksesori. Salah satu model dompet dari perusahaan asal Bandung ini adalah Molly Short yang terbuat dari bahan polyester denim sehingga memungkinkan untuk dicuci.

Dompet Exsport Wallet Molly Short dilengkapi satu tempat untuk menaruh uang kertas, dua slot untuk menyimpan kartu, dan tempat penyimpanan koin yang memiliki ritsleting untuk mencegah uang receh tidak jatuh berserakan. Perpaduan antara warna biru langit cerah dan biru gelap jeans-nya cocok dipakai oleh kawula muda!

Bahan dasar Polyester denim
Ukuran 11 cm × 10 cm
Tipe L-shaped fastener

1. Brodo Zipper Wallet 2.0

1. Brodo Zipper Wallet 2.0

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 335.000

Cegah barang hilang dengan ritsleting dan button pengunci

Brodo merupakan produsen sepatu lokal yang terbentuk tahun 2010 dan kemudian merambah ke produksi aksesori lainnya, termasuk dompet. Zipper Wallet 2.0 dari Brodo yang kami rekomendasikan kali ini terbuat dari bahan vegetable tanned leather dengan warna hitam alami yang tidak terlalu pekat.

Dompet yang satu ini dijahit dengan metode single stitch untuk memberikan kesan kontemporer. Selain memiliki ritsleting pengunci pada bagian luar, bagian dalam dompet dilengkapi dengan kompartemen yang memiliki kancing pengunci agar koin atau kartu penting di dalamnya tidak berisiko hilang. Cocok untuk Anda yang mungkin kurang telaten dalam menyimpan barang.

Bahan dasar Vegetable tanned cow leather
Ukuran 12 cm × 9,5 cm × 2,3 cm
Tipe Bifold

Kesimpulan

Dompet compact didesain dengan mengutamakan fungsionalitas dan kepraktisan dalam pemakaiannya. Karena kapasitasnya yang terbatas, Anda juga akan lebih selektif memilih barang yang perlu dibawa. Jadi, selain sebagai aksesori yang fashionable, mengganti dompet ke bentuk compact mungkin bisa membantu menghilangkan kebiasaan buruk yang tidak efisien.

Kali ini kami telah memilih dompet berukuran compact yang dapat dibawa di saku dengan praktis, khusus untuk Anda. Semoga ada yang sesuai dengan selera Anda, ya!