10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2018)

Tanaman hias yang mudah dirawat seperti sikas dan monstera sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?

Daftar isi

Cara memilih tanaman hias yang mudah dirawat

Kami akan menjelaskan beberapa poin penting dalam memilih tanaman hias yang mudah tumbuh serta trik untuk memilihnya.

Pikirkan terlebih dahulu di mana tanaman akan diletakkan serta ukuran tanaman

Saat akan membeli tanaman, Anda harus menyesuaikan ukuran tanaman dengan lokasi penempatannya. Mari kita simak bersama-sama poin apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih tanaman daun berdasarkan ukuran.

Gunakan ukuran pot sebagai panduan

Gunakan ukuran pot sebagai panduan

Sebelum membeli, pastikan Anda memilih tanaman yang sudah sesuai dengan lokasi penempatannya. Jika Anda memilih tanaman hias berbentuk pohon dengan ukuran besar, Anda membutuhkan ruangan yang luas. Berbeda cerita jika memilih tanaman dengan ukuran medium, Anda bisa memakainya sebagai interior ruangan. Lalu, bagaimana dengan tanaman dengan ukuran kecil? Anda bisa memakainya sebagai penghias meja, kamar mandi, hingga jendela dapur.

Menurut standar di Jepang dan Eropa, biasanya penjual akan menampilkan ukuran tanaman dalam bentuk nomor agar kita bisa memiliki gambaran dari ukuran yang sebenarnya. Sebagai contoh, tanaman hias dilabeli dengan No. 1 jika memiliki ukuran diameter sepanjang 3 cm.

Tambahan lagi, nomor ini juga bisa dipakai untuk acuan dalam memilih tanaman hias yang sesuai dengan ukuran ruangan. Bagi Anda yang menginginkan tanaman hias berbentuk pohon dengan ukuran cukup besar maka bisa memilih tanaman No. 7 ke atas. Demikian pula, jika Anda mencari tanaman interior dengan ukuran sedang maka bisa memilih No. 5 dan No. 6. Terakhir, Anda bisa memilih No. 2 sampai No. 4 jika menginginkan tanaman berukuran kecil untuk penghias meja.

Di Indonesia, biasanya penjual akan menampilkan ukuran pot dalam bentuk tinggi, diameter bawah dan atas. Misalnya, pot dengan ukuran diameter 8 cm, 10 cm, 12 cm, 17 cm, hingga 35 cm. Dengan melihat ukuran pot, Anda dapat memilih tanaman yang sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan waktu dan arah pertumbuhan

Pastikan waktu dan arah pertumbuhan

Setiap tanaman hias memiliki waktu pertumbuhan yang beragam. Ada satu jenis tanaman yang cenderung tumbuh cepat dan ada pula yang membutuhkan waktu sangat lama. Dari kedua jenis ini, Anda perlu memberi perhatian khusus pada tanaman hias yang tumbuh dengan cepat. Pasalnya, tanaman ini bisa membuat Anda repot di masa mendatang.

Sebagai tambahan, Anda juga harus memastikan arah pertumbuhan tanaman. Apakah tanaman yang Anda pilih nantinya akan tumbuh menjulang ke atas atau malah melebar ke samping? Sejak awal, Anda perlu memastikan ke mana arah pertumbuhan tanaman tersebut.

Anda dapat memilih tanaman yang bisa tumbuh di tempat yang teduh

Anda dapat memilih tanaman yang bisa tumbuh di tempat yang teduh

Setiap tanaman memiliki kebutuhan cahaya matahari yang berbeda-beda. Ada yang dapat tumbuh di bawah sinar matahari langsung dan ada pula yang dapat tumbuh di tempat teduh (sinar matahari melewati tirai). Jika memilih tanaman yang harus mendapatkan sinar matahari langsung, Anda hanya bisa meletakkannya di beranda atau di luar jendela. Tanaman jenis ini tidak bisa ditempatkan di dalam ruangan.

Tanaman hias akan tumbuh dengan baik di tempat minim cahaya seperti tempat di samping tirai. Anda bebas meletakkannya di dalam kamar ataupun di ruang tamu. Meski berada di dalam ruangan, tanaman ini tetap tumbuh dengan sehat meski hanya terpapar sedikit cahaya.

Ketika memilih di toko, ada beberapa tanaman yang harus diletakkan di dekat jendela karena membutuhkan cahaya matahari. Maka dari itu, Anda harus benar-benar jeli dalam memilih. Apakah tanaman tersebut membutuhkan sinar matahari langsung atau dapat tumbuh dengan cahaya yang minim.

Jika ingin memilih tanaman outdoor, cek terlebih dahulu toleransi tanaman terhadap panas

Jika ingin memilih tanaman outdoor, cek terlebih dahulu toleransi tanaman terhadap panas

Saat melihat-lihat di toko online, banyak sekali jenis tanaman yang dapat Anda pilih. Agar tidak salah pilih, Anda perlu mencari tahu toleransi tiap jenis tanaman terhadap panas. Beruntung bagi kita yang tinggal di negara tropis karena bisa memilih berbagai jenis tanaman tahan panas yang dapat hidup sepanjang tahun.

Waspadai jenis hama yang mungkin menyerang tanaman Anda

Waspadai jenis hama yang mungkin menyerang tanaman Anda

Saat memilih, pastikan jika tanaman tersebut tidak rentan terserang hama. Selain membuat tanaman menjadi lemah, Anda juga perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk merawat tanaman yang sakit. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk memilih tanaman yang tahan terhadap berbagai jenis hama.

Karena pada beberapa kasus hama muncul karena masalah pengeringan udara, Anda tidak perlu khawatir selama tanaman ditempatkan di ruang yang luas dan mudah kering.

Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu jenis hama apa saja yang mungkin mengancam tanaman. Dengan mengetahui jenis hama dan cara penyebarannya, Anda dapat melakukan antisipasi sejak awal.

Untuk Anda yang sibuk, cari tahu frekuensi penyiraman tanaman

Untuk Anda yang sibuk, cari tahu frekuensi penyiraman tanaman

Bagi Anda yang memiliki rutinitas yang padat, Anda juga perlu memperhatikan frekuensi penyiraman tanaman. Secara umum, tanaman yang disiram dengan banyak air akan tumbuh dengan baik. Namun, Anda juga perlu mengetahui berapakah jumlah air yang disarankan untuk setiap tanaman.

Sebelum membeli, Anda harus jeli dalam membaca keterangan tanaman. Jika memang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan penyiraman, Anda dapat memilih tanaman yang tidak perlu disiram secara rutin.

10 Rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat

Kami akan merekomendasikan jenis tanaman hias terbaik yang dapat Anda beli secara online. Rekomendasi ini berisi berbagai pilihan tanaman hias dengan ukuran kecil, medium, dan besar. Silakan untuk membeli sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Aglaonema (Sri Rejeki)

 10. Aglaonema (Sri Rejeki)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.000

Cocok untuk Anda yang mencari tanaman indoor dan minim cahaya matahari

Tanaman jenis ini memiliki tampilan daun yang menarik dan mampu memberikan atmosfer segar untuk suatu ruangan. Karenanya, Aglaonema pun dapat dijadikan interior untuk berbagai tipe ruangan, termasuk ruangan yang minim cahaya matahari sekalipun!

Ukuran Kecil
Cahaya Setengah teduh
Frekuensi penyiraman Saat tanah kering, semprot dengan spray
Arah pertumbuhan Ke arah atas
Toleransi panas Lemah
Toleransi dingin Kuat
Hama Tungau, laba-laba, dan kutu daun

9. Cycads (Sikas)

9. Cycads (Sikas)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 32.000

Memberikan sentuhan eksotis pada ruangan

Cycads atau disebut dengan sikas adalah jenis tanaman yang sering kita jumpai di pinggir jalan. Meski terlihat tidak eksklusif, tanaman ini juga dapat memberikan sentuhan eksotis di ruangan. Anda dapat membeli sikas dengan ukuran mini yang sudah ditanam di dalam pot.

Kelebihan lain dari tanaman hias ini yaitu proses pertumbuhannya cukup lambat sehingga Anda tidak perlu berkali-kali repotting. Di samping itu, tanaman ini juga tahan dari serangan hama dan tidak memerlukan penyiraman secara rutin.

Ukuran Besar
Cahaya Terang
Frekuensi penyiraman Siram setelah tanah benar-benar kering
Arah pertumbuhan Memanjang ke atas
Toleransi panas Lemah
Toleransi dingin Kuat
Hama Serangga sisik

8. Peperomia

8. Peperomia

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.000

Tanaman dengan daun bulat gemuk yang cantik!

Daya pikat utama peperomia adalah mampu memberikan kesan indah, cool dan bright di suatu ruangan. Hal ini disebabkan oleh bentuk daun peperomia yang berbentuk bulat dengan daging daun yang gemuk. Uniknya, warna daunnya juga bisa berubah-ubah sesuai dengan intensitas cahaya.

Jika pola daun tampak memudar, Anda dapat memindahkannya ke tempat dengan paparan cahaya matahari yang cukup. Pola daun pun akan berubah sesuai dengan jumlah cahaya yang diterimanya. Karena sedikit repot untuk merawatnya, peperomia direkomendasikan untuk Anda yang benar-benar hobi berkebun.

Ukuran Kecil
Cahaya Setengah teduh
Frekuensi penyiraman Siram sedikit saat tanah kering
Arah pertumbuhan Tumbuh ke atas dan menjuntai ke bawah
Toleransi panas Kuat
Toleransi dingin Relatif kuat
Hama Kutu daun, serangga sisik, dll

7. Aloe (Lidah Buaya)

7. Aloe (Lidah Buaya)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 8.000

Kuat di segala kondisi cuaca dan dapat digunakan untuk pengobatan!

Dengan karakteristik daun berbentuk segitiga runcing, tanaman hias lidah buaya memiliki banyak keunggulan. Tanaman ini kuat pada segala kondisi cuaca baik temperatur panas maupun dingin. Karena alasan ini, lidah buaya direkomendasikan untuk gardener pemula yang tidak mau repot. Anda juga bisa menanamnya secara organik dan dapat dipakai sebagai obat-obatan herbal.

Ukuran Sedang
Cahaya Cahaya terang
Frekuensi penyiraman Berikan air setelah kering
Arah pertumbuhan Menyebar ke atas dan keluar
Toleransi panas Sedikit lemah
Toleransi dingin Sedikit lemah
Hama Kutu daun dan lainnya

6. Ivy

6. Ivy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 41.000

Dinding rumah akan terlihat lebih indah dan segar dengan tanaman hias merambat

Tanaman ivy sering menjadi tanaman penghias dinding karena tumbuh secara merambat dengan karakteristik yang unik. Di bagian batangnya akan tumbuh banyak akar sehingga membuat banyak orang menyukai tampilan dari tanaman hias ini.

Selain itu, tanaman ini juga cocok untuk pemula. Alasannya, tanaman ini bisa hidup pada segala kondisi baik panas maupun dingin, bahkan bisa juga ditanam secara hidroponik. Tak heran tanaman ini sangat disenangi untuk dekorasi rumah.

Ukuran Sedang
Cahaya Terang-cerah
Frekuensi penyiraman Siram sedikit jika kering
Arah pertumbuhan Membentang ke samping dan menjuntai ke bawah  (dinding)
Toleransi panas Kuat
Toleransi dingin Kuat
Hama Tungau laba-laba, kutu daun, dan sebagainya

5. Sansevieria (Lidah Mertua)

5. Sansevieria (Lidah Mertua)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.000

Pola daunnya menyerupai ekor harimau. Unik!

Jika Anda menginginkan tanaman yang dapat hidup di segala kondisi, lidah mertua adalah pilihan tepat. Tanaman hias ini tak hanya memiliki pola daun yang unik, tetapi juga dapat tumbuh dengan baik tanpa perlu banyak perawatan.

Namun, ada satu poin yang perlu Anda perhatikan. Lidah mertua adalah tipe tanaman yang tumbuh dengan cepat. Jika memutuskan untuk memilih tanaman hias ini, Anda harus siap untuk sering repotting memisahkan indukan dan anakannya.

Ukuran Sedang
Cahaya Terang-setengah teduh
Frekuensi penyiraman Siram sedikit saat tanah kering
Arah pertumbuhan Memanjang ke atas
Toleransi panas Tahan dalam kondisi kering
Toleransi dingin Sedikit lemah
Hama Tidak ada

4. Monstera Deliciosa

4. Monstera Deliciosa

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.000

Tanaman dekorasi kekinian favoritnya orang Indonesia! Sudah punya?

Ini dia jenis tanaman hias yang tengah jadi buah bibir di Indonesia. Monstera deliciosa adalah tanaman hias dengan bentuk yang mengesankan. Tak hanya lebar, tetapi juga memiliki bentuk daun yang unik. Tanaman ini mudah sekali untuk dirawat dan cocok dijadikan interior ruangan bergaya Hawaiian.

Monstera juga kuat dengan cuaca dingin ataupun panas sehingga dapat ditanam di segala tempat. Untuk Anda yang belum tahu seluk-beluk perawatan tanaman, tanaman ini adalah pilihan tepat. Anda bisa menggunakan tanaman hias ini untuk dekorasi rumah, kafe ataupun ruang kerja di kantor.

Ukuran Sedang
Cahaya Terang-setengah teduh
Frekuensi penyiraman Siram sedikit saat tanah kering
Arah pertumbuhan Memanjang ke atas
Toleransi panas Kuat
Toleransi dingin Sedikit lemah
Hama Kutu daun, serangga sisik, dll

3. Yucca (Tanaman Yuka)

3. Yucca ( Tanaman Yuka)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 40.000

Populer karena tahan banting dan mudah ditanam di segala tempat

Tanaman yang dikenal sebagai youth tree ini merupakan simbol anak muda yang tumbuh menggapai masa depannya. Yucca memiliki daun yang melekat di bagian utama batangnya, sanggup memberikan kesan tajam dan eksotis dalam ruangan. Terlebih lagi, tanaman ini tidak rentan hama. Baik di luar maupun dalam ruangan, tanaman yucca dapat tumbuh dengan baik.

Ukuran Besar
Cahaya Terang-teduh
Frekuensi penyiraman Siram di bagian tanah ketika kering
Arah pertumbuhan Memanjang ke atas
Toleransi panas Kuat
Toleransi dingin Biasa
Hama Serangga sisik

2. Olive Tree (Tanaman Zaitun)

2. Olive Tree (Tanaman Zaitun)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.000

Berbentuk pohon yang cocok untuk semua interior

Jika ingin menciptakan kesan damai untuk suatu ruangan, Anda dapat memilih tanaman zaitun. Zaitun merupakan jenis tanaman favorit yang sering dipakai untuk pemanis ruangan. Khususnya, untuk interior ruangan dan rumah bergaya Barat.

Tanaman yang memiliki daun berwarna perak ini juga tidak memerlukan perawatan ekstra. Mengapa demikian? Tanaman ini mampu bertahan meski ditanam di dalam ruangan dengan sedikit cahaya atau di luar ruangan dengan paparan cahaya matahari penuh.

Ukuran Besar
Cahaya Terang
Frekuensi penyiraman Siram pada bagian tanah saat kering
Arah pertumbuhan Melebar ke atas dan samping
Toleransi panas Kuat
Toleransi dingin Kuat
Hama Kumbang olive ana, dll

1. Palem Botol

1. Palem Botol

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 27.500

Tak perlu ke pantai, gunakan palem botol untuk membuat ruangan terasa lebih tropis!

Apakah Anda ingin memberi sentuhan tropis di dalam rumah atau ruangan? Anda dapat memilih pohon palem botol yang sudah dikembangbiakkan dalam ukuran mini. Jangan membayangkan pohon palem dengan tinggi bermeter-meter. Karena Anda dapat membeli versi mininya dengan tinggi sekitar 80-100 cm saja.

Uniknya, pohon palem mini ini dapat ditanam di tempat yang minim cahaya seperti di dalam ruangan. Dengan menggunakan pohon palem, ruangan rumah Anda akan lebih bernuansa tropis. Bersama dengan keluarga, Anda bisa bersantai di rumah tanpa perlu pergi jauh-jauh ke pantai pada saat liburan akhir pekan.

Ukuran Besar
Cahaya Cerah dan terang
Frekuensi penyiraman Siram sedikit saat tanah mengering
Arah pertumbuhan Memanjang ke atas
Toleransi panas Kuat
Toleransi dingin Lemah
Hama Serangga sisik, tungau laba-laba, dan kutu daun

Kesimpulan

Itu tadi sepuluh rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat. Dari semua pilihan yang kami sebutkan di atas, adakah tanaman yang memikat hati Anda?

Sebenarnya, banyak sekali jenis tanaman hias yang mudah dirawat. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih jika ingin menggunakannya sebagai hiasan rumah. Pastikan tanaman tersebut sudah sesuai dengan gaya interior rumah. Dengan demikian, rumah atau ruangan akan terlihat indah dengan tanaman hias pilihan Anda!