• 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)

Tak sedikit orang yang ragu menanam tanaman hias karena perawatannya. Padahal, tanaman hias tak selalu susah untuk dirawat, lho. Jika Anda tertarik menanam tanaman hias, tetapi bingung memilih tanaman yang mudah dirawat, inilah artikel untuk Anda.

 
Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips memilih tanaman hias yang mudah untuk dirawat bahkan oleh pemula sekalipun. Kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai jenis tanaman hias yang bagus dan mudah dirawat seperti sirih gading, peace lily, juga Calathea lutea. Baca artikelnya sampai habis, ya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yuiimii
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii
Yuiimii
Gardener & photographer
Yuiimii

Yuimii adalah seorang fotografer dan pencinta tanaman hias, khususnya tanaman aroid. Yuimii memulai hobi bertanam sejak 2017. Hobinya bermula dari kecintaannya terhadap tanaman monstera yang mempunyai daun unik dan estetik saat di foto.


Yuimii juga mengoleksi tanaman monstera lainnya, seperti anthurium dan philodendron. Saat ini ia sedang fokus pada tanaman aroid variegata dan tanaman endemik Indonesia. Ia pernah menjuarai foto wildlife tingkat nasional dan mendapat penghargaan di grup aroid nasional.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tanaman hias yang mudah dirawat

Ada banyak jenis tanaman hias yang mudah dirawat yang dijual di pasaran. Kami telah menyiapkan tips dalam memilihnya. Cari tahu lebih lanjut mengenai apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih tanaman hias dalam ulasan berikut ini.

Ketahui jenis-jenis tanaman hias yang mudah dirawat

Ada berbagai jenis tanaman hias di pasaran. Setiap jenis tanaman hias ini dapat memberikan suasana dan kesan yang berbeda pada rumah atau ruangan Anda. Jadi, kenali jenis tanaman hias yang sesuai untuk Anda. Kami membahas beberapa jenis tanaman hias yang populer di bawah ini. 

Tanaman hias daun, bikin suasana makin segar dan asri

Tanaman hias daun, bikin suasana makin segar dan asri

Keindahan tanaman hias tak melulu berasal dari bunga. Ada juga tanaman hias yang keindahannya justru terletak pada daunnya atau tanaman hias daun. Tanaman hias daun sangat cocok dipilih sebagai penghias rumah baik di dalam maupun luar ruangan. Dengan menanam tanaman hias daun, rumah akan terlihat segar dan asri. 

Ada beragam tanaman hias daun yang dapat Anda pilih. Janda bolong, spider plant, juga lidah mertua termasuk jenis tanaman hias daun yang dijual di pasaran. Uniknya, warna tanaman hias daun tak melulu hijau. Ada tanaman hias dengan daun berwarna putih, merah, bahkan ungu pekat. Ukurannya juga beragam, mulai dari yang berdaun kecil, sampai berdaun raksasa seperti monstera

Tanaman hias gantung, agar rumah tampak makin eksotis

Tanaman hias gantung, agar rumah tampak makin eksotis

Ingin rumah yang tampak sejuk sekaligus eksotis? Pilih saja tanaman hias gantung. Jenis tanaman hias ini akan memberikan tampilan yang unik pada ruangan atau rumah berkat arah tumbuhnya. Jika lahan yang Anda miliki terbatas, tanaman hias gantung juga dapat menjadi solusi. Anda tinggal menggantungkannya di bagian rumah mana saja. 

Uniknya lagi, ada banyak tanaman hias gantung yang tak hanya mudah dirawat, tetapi juga "tahan banting". Tanaman hias gantung seperti ini tidak mudah mati meski tak sering terkena sinar matahari langsung, contohnya sirih gading. Anda dapat membaca lebih jauh mengenai tanaman hias gantung dalam artikel di bawah ini.

Tanaman hias bunga, mempercantik rumah dengan bunga sungguhan

Tanaman hias bunga, mempercantik rumah dengan bunga sungguhan

Jenis tanaman hias ini bisa dibilang merupakan jenis tanaman hias favorit. Selain sedap dipandang, terkadang aroma harumnya juga semerbak. Namun, tak sedikit pula orang yang ragu menanam jenis tanaman hias ini karena perawatannya dianggap susah. Padahal, ada banyak jenis bunga yang mudah dirawat bahkan oleh pemula.

Begonia, peace lily, bahkan anggrek termasuk jenis tanaman hias bunga yang mudah dirawat. Kunci perawatan tanaman hias bunga terletak pada asupan sinar matahari dan penyiraman yang teratur. Jika Anda tertarik mempercantik rumah dengan tanaman bunga, artikel ini akan membantu Anda dalam memilih bibit bunga terbaik.

Pilih tanaman hias sesuai lokasi penempatannya

Saat akan membeli tanaman, Anda harus menyesuaikan ukuran tanaman dengan lokasi penempatannya. Lokasi penempatannya juga berkaitan dengan asupan sinar matahari yang bisa didapatkan tanaman. Agar tak salah pilih, simak ulasan kami berikut ini. 

Pertimbangkan ukuran tanaman

Pertimbangkan ukuran tanaman

Lokasi penempatan tanaman hias berkaitan erat dengan ukuran tanaman yang harus Anda pilih. Tanaman hias yang pendek dan kecil merupakan pilihan tepat jika Anda akan meletakkannya di atas meja atau rak. Sebaliknya, jika ingin meletakkannya di atas lantai langsung, Anda dapat memilih tanaman yang lebih tinggi. 

Proporsi antara tanaman hias dan perabot di rumah juga perlu Anda pertimbangkan. Pilihlah tanaman yang ukurannya sesuai dengan perabot di sekitarnya. Tanaman hias berukuran kecil tentu akan terlihat kurang pas di atas meja yang besar, begitu pula sebaliknya. 

Jika Anda senang mengubah tata letak perabot di rumah, mungkin Anda perlu mempertimbangkan tanaman berukuran kecil saja. Tanaman berukuran kecil akan lebih mudah dipindahkan. Perlu diingat, meski tanaman hias yang Anda pilih berukuran kecil, jangan meletakkan beberapa tanaman terlalu dekat. Tanaman hias memerlukan ruang yang cukup untuk tumbuh dengan baik.

Pastikan waktu dan arah pertumbuhan

Pastikan waktu dan arah pertumbuhan

Saat memilih tanaman hias, Anda juga perlu mengetahui kecepatan tumbuh dan arah tumbuh tanaman hias. Beberapa jenis tanaman hias tumbuh dengan cepat sehingga membutuhkan ruang yang cukup luas. Anda juga perlu memberi sedikit perhatian lebih pada tanaman jenis ini. 

Arah tumbuh tanaman hias juga beragam, ada yang menjulang, ada pula yang melebar. Anda perlu mencari tahu informasi ini untuk menentukan penempatannya. Jangan sampai Anda menempatkan tanaman dengan batang yang melebar di tempat yang sempit. Alih-alih memperindah dengan tanaman hias, ruangan justru akan terlihat sesak. 

Perhatikan kebutuhan cahaya jika diletakkan di dalam ruangan

Perhatikan kebutuhan cahaya jika diletakkan di dalam ruangan

Setiap tanaman hias memiliki kebutuhan akan sinar matahari yang berbeda-beda. Anda perlu mengetahui hal ini agar tepat dalam meletakkan tanaman hias. Secara umum, ada tiga jenis kebutuhan cahaya tanaman hias.


  • Cahaya terang, sinar matahari langsung dalam jangka panjang. Berbagai jenis kaktus atau sukulen termasuk jenis tanaman hias yang membutuhkan cahaya terang. Anda dapat meletakkannya di dekat jendela yang menghadap ke timur, barat, selatan, atau barat daya

  • Cahaya sedang, sinar matahari yang dibatasi tirai atau tempat yang agak teduh. Tanaman hias bunga seperti begonia, alocasia, juga wijaya kusuma termasuk dalam tanaman jenis ini. Jenis tanaman hias ini dapat diletakkan di tempat yang teduh dan terkena sinar matahari sebentar saja

  • Cahaya redup, sinar matahari alami yang minimal atau lewat cahaya buatan. Tanaman lucky bamboo, peace lily, dan spider plant merupakan tanaman yang dapat hidup meski dalam ruangan dengan cahaya redup. Anda yang tinggal di rumah susun atau apartemen yang dikelilingi gedung tinggi dapat memilih jenis tanaman seperti ini.

Cek toleransi tanaman terhadap panas jika diletakkan di luar rumah

Cek toleransi tanaman terhadap panas jika diletakkan di luar rumah

Meski dibutuhkan oleh tanaman hias, sinar matahari juga dapat merugikan. Tak sedikit tanaman hias yang justru mati karena terlalu lama terpapar sinar matahari yang panas. Oleh sebab inilah, Anda juga perlu selektif saat memilih tanaman hias untuk diletakkan di luar ruangan. Untungnya, ada banyak tanaman hias yang tahan terhadap sinar matahari. 

Kaktus, lidah mertua, juga lidah buaya merupakan contoh tanaman hias yang tahan terhadap panasnya sinar matahari. Ingin menghiasi taman Anda dengan bunga berwarna-warni? Pilih saja bougenville atau bunga tapak dara. Keduanya juga tahan terhadap sinar matahari dan perawatannya mudah. Tanaman-tanaman hias ini pas untuk dijadikan pengisi taman Anda di luar rumah. 

Waspadai jenis hama yang mengancam tanaman

Waspadai jenis hama yang mengancam tanaman

Tanaman hias yang mudah dirawat sekalipun dapat dihinggapi hama. Jenis hama yang kerap menyambangi tanaman hias antara lain, kutu putih, tungau laba-laba, agas jamur, bahkan siput. Untuk mencegah hadirnya hama-hama ini, Anda perlu menjaga kesehatan tanaman dengan asupan air dan cahaya yang cukup. Penggunaan media tanam yang steril juga menjadi salah satu cara mencegah hama. 

Beberapa jenis tanaman hias ternyata lebih tahan terhadap hama, lho. Lidah mertua, aglaonema, jade plant, dan cast iron palm, merupakan contoh tanaman hias yang tahan terhadap hama. Anda yang sibuk dan tak punya banyak waktu untuk mengurus tanaman yang sakit karena hama dapat mempertimbangkan tanaman-tanaman ini.

Untuk Anda yang sibuk, cari tahu frekuensi penyiraman tanaman

Untuk Anda yang sibuk, cari tahu frekuensi penyiraman tanaman

Setiap jenis tanaman hias memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda. Tanaman berdaun tebal seperti kaktus dan sukulen membutuhkan lebih sedikit air. Beberapa jenis tanaman seperti strings of pearl bahkan hanya perlu disiram dua sampai tiga kali seminggu. Jenis tanaman seperti inilah yang perlu Anda pilih jika Anda terlalu sibuk untuk menyiram setiap hari.


Ukuran tanaman hias dan cuaca juga memengaruhi kebutuhan air. Tanaman kecil, misalnya, membutuhkan lebih sedikit air dan sebaliknya, tanaman besar akan membutuhkan lebih banyak air. Di musim kemarau, tanaman hias juga akan membutuhkan lebih banyak air dibandingkan saat musim hujan. Jadi, Anda pun perlu menambah frekuensi penyiraman.


Saat menyiram tanaman, ternyata Anda tak selalu membutuhkan banyak air. Anda hanya perlu menyiram sampai air keluar dari lubang drainase pot. Dalam kondisi seperti ini, akar sudah cukup basah. Perlu Anda ketahui bahwa lebih banyak tanaman hias yang mati karena penyiraman berlebihan daripada kekurangan air.

10 Rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tanaman hias terbaik yang mudah dirawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yuiimii.

10

String of Pearl/Kaktus Tasbih (Senecio Rowleyanus)

Mulai dari Rp 6.500,00

JenisTanaman hias gantung
UkuranKecil
CahayaSedang
Frekuensi penyiramanSatu-dua kali seminggu
Arah pertumbuhanMenjuntai
Toleransi panasSedang
Toleransi dinginLemah
HamaAgas, kutu putih, dll
9
JenisTanaman hias bunga
UkuranKecil
CahayaTerang-sedang
Frekuensi penyiramanSatu-dua kali seminggu
Arah pertumbuhanMemanjang ke atas
Toleransi panasSedang
Toleransi dinginSedang
HamaKutu sisik, tungau laba-laba
8
JenisTanaman hias daun
UkuranKecil
CahayaTerang
Frekuensi penyiramanSeminggu sekali
Arah pertumbuhanMenjalar
Toleransi panasKuat
Toleransi dinginSedang
HamaKutu putih, kutu daun, tungau laba-laba
7
JenisTanaman hias daun
UkuranSedang-besar
CahayaTerang-setengah redup
Frekuensi penyiramanSiram sedikit saat tanah kering
Arah pertumbuhanMemanjang ke atas dan melebar
Toleransi panasKuat
Toleransi dinginSedikit lemah
HamaKutu daun, serangga sisik, dll
6

Lidah Mertua (Sansevieria S. Trifasciata Laurentii)

Mulai dari Rp 5.000,00

JenisTanaman hias daun
UkuranSedang
CahayaTerang-redup
Frekuensi penyiramanSiram sedikit saat tanah kering
Arah pertumbuhanMemanjang ke atas
Toleransi panasTahan dalam kondisi kering
Toleransi dinginSedikit lemah
HamaKutu putih dan tungau laba-laba
5
JenisTanaman hias daun
UkuranSedang-besar
CahayaCahaya terang
Frekuensi penyiramanSiram setelah tanah kering
Arah pertumbuhanMemanjang ke atas dan melebar
Toleransi panasBaik
Toleransi dinginSedikit lemah
HamaKutu putih
4

Lili Paris/Spider Plant (Chlorophytum Comosum)

Mulai dari Rp 1.500,00

JenisTanaman hias daun
UkuranKecil
CahayaTerang-setengah teduh
Frekuensi penyiramanSiram saat tanah kering
Arah pertumbuhanTumbuh ke atas dan menyebar ke samping
Toleransi panasKuat
Toleransi dinginLemah
HamaKutu sisik, kutu daun, tungau laba-laba
3
JenisTanaman hias gantung
UkuranKecil
CahayaCahaya sedang-redup
Frekuensi penyiramanSiram saat tanah bagian atasnya kering
Arah pertumbuhanMenjuntai
Toleransi panasSedang
Toleransi dinginLemah
HamaKutu sisik, trips
2
JenisTanaman hias bunga
UkuranSedang
CahayaSedang
Frekuensi penyiramanSeminggu sekali
Arah pertumbuhanMemanjang ke atas
Toleransi panasSedang
Toleransi dinginLemah
HamaKutu daun, kutu putih, tungau laba-laba
1
JenisTanaman hias daun
UkuranSedang-besar
CahayaSedang
Frekuensi penyiramanSiram saat tanah bagian atas kering
Arah pertumbuhanMemanjang ke atas
Toleransi panasSedang
Toleransi dinginLemah
HamaKutu putih, kutu sisik

Tabel perbandingan produk tanaman hias terbaik yang mudah dirawat

Gambar produk
1
Cuban Cigar (Calathea Lutea) 1

2
Peace Lily (Spathiphyllum) 1

3
Sirih Gading Marble Queen 1

4
Lili Paris/Spider Plant (Chlorophytum Comosum) 1

5
Lidah Buaya (Aloe Vera) 1

6
Lidah Mertua (Sansevieria S. Trifasciata Laurentii) 1

7
Monstera Deliciosa 1

8
Philodendron Brasil 1

9
Kalanchoe Calandiva 1

10
String of Pearl/Kaktus Tasbih (Senecio Rowleyanus) 1

Nama produk

Cuban Cigar (Calathea Lutea)

Peace Lily (Spathiphyllum)

Sirih Gading Marble Queen

Lili Paris/Spider Plant (Chlorophytum Comosum)

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah Mertua (Sansevieria S. Trifasciata Laurentii)

Monstera Deliciosa

Philodendron Brasil

Kalanchoe Calandiva

String of Pearl/Kaktus Tasbih (Senecio Rowleyanus)

Keunggulan

Hadirkan suasana tropis di hunian dan kantor

Si cantik pembersih udara alami

Tanaman hias gantung bercorak daun istimewa yang tahan banting

Murah-meriah dan mampu membersihkan udara dari polutan

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat dan dapat menyehatkan kulit

Sulit mati dan manfaatnya segudang, tanaman hias yang cocok untuk pemula

Bikin ruang tampil makin estetik

Mempercantik ruangan dengan bentuk dan warna daunnya yang indah

Bunganya menggemaskan dengan perawatan minimal

Tanaman hias yang cepat tumbuh dan bentuknya bak untaian mutiara

Harga mulai dariRp 6.000,00Rp 3.000,00Rp 3.000,00Rp 1.500,00Rp 4.900,00Rp 5.000,00Rp 11.500,00Rp 5.000,00Rp 14.500,00Rp 6.500,00
JenisTanaman hias daunTanaman hias bungaTanaman hias gantungTanaman hias daunTanaman hias daunTanaman hias daunTanaman hias daunTanaman hias daunTanaman hias bungaTanaman hias gantung
UkuranSedang-besarSedangKecil KecilSedang-besarSedangSedang-besarKecilKecilKecil
CahayaSedangSedangCahaya sedang-redupTerang-setengah teduhCahaya terangTerang-redupTerang-setengah redupTerangTerang-sedangSedang
Frekuensi penyiramanSiram saat tanah bagian atas keringSeminggu sekaliSiram saat tanah bagian atasnya keringSiram saat tanah keringSiram setelah tanah keringSiram sedikit saat tanah keringSiram sedikit saat tanah keringSeminggu sekali Satu-dua kali semingguSatu-dua kali seminggu
Arah pertumbuhanMemanjang ke atasMemanjang ke atasMenjuntaiTumbuh ke atas dan menyebar ke sampingMemanjang ke atas dan melebarMemanjang ke atasMemanjang ke atas dan melebarMenjalarMemanjang ke atasMenjuntai
Toleransi panasSedangSedangSedangKuatBaikTahan dalam kondisi keringKuatKuatSedangSedang
Toleransi dinginLemahLemahLemahLemahSedikit lemahSedikit lemahSedikit lemahSedangSedangLemah
HamaKutu putih, kutu sisik Kutu daun, kutu putih, tungau laba-labaKutu sisik, tripsKutu sisik, kutu daun, tungau laba-labaKutu putihKutu putih dan tungau laba-labaKutu daun, serangga sisik, dllKutu putih, kutu daun, tungau laba-labaKutu sisik, tungau laba-labaAgas, kutu putih, dll
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar tanaman hias terbaik yang mudah dirawat

Pertanyaan umum seputar tanaman hias terbaik yang mudah dirawat

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar tanaman hias terbaik yang mudah dirawat. Jika Anda masih penasaran, simak jawabannya di bawah ini!

Tanaman apa saja yang cocok untuk pemula?

Ada beberapa tanaman hias terbaik yang mudah dirawat yang cocok untuk pemula. Tanaman seperti Monstera deliciosa, philodendron, sansevieria, cycads (sikas), scindapsus, dan beberapa jenis anthurium bisa Anda jadikan pilihan.

Baca juga rekomendasi produk bibit tanaman hias lainnya di sini

Apakah Anda tertarik untuk mencari tahu lebih jauh mengenai ragam bibit tanaman hias yang lain? Kami juga sudah menyiapkan artikel mengenai bibit tanaman hias terbaik. Baca artikelnya dalam tautan di bawah ini, ya. 

Kesimpulan

Ada banyak tanaman hias yang ternyata mudah dirawat. Lokasi penempatan tanaman hias menjadi pertimbangan utama saat Anda memilihnya. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan kemungkinan adanya hama juga frekuensi penyiramannya.

Semua info tersebut sudah kami berikan dalam rekomendasi tanaman hias di artikel ini. Sudahkah Anda menemukan tanaman hias yang menarik bagi Anda dalam artikel ini? Selamat memilih tanaman hias terbaik.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan pot tanaman gantung akan membuat bunga dan tanaman hias Anda terkesan lebih rapi dan stylish. Selain itu, suasana di ruangan pun bisa terasa menjadi makin cozy. Penggunaan pot tanaman gantung juga akan membantu Anda memajang bermacam-macam bunga dan tanaman.Saat ini, macam-macam pot gantung yang unik dan cantik sudah banyak tersedia di pasaran. Guna membantu Anda memilih pot tanaman gantung yang pas untuk rumah Anda, simaklah artikel berikut ini sampai tuntas. Kami juga akan merekomendasikan pot tanaman gantung yang bagus, salah satunya dari merek IKEA. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Janda Bolong Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Janda Bolong Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Sebenarnya, nama tanaman janda bolong ini sudah mulai naik dari 2018. Namun, puncak kehebohannya bisa dibilang baru mulai akhir-akhir ini. Harganya bahkan bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah di pasaran. Lalu, apa sebenarnya tanaman janda bolong itu?Agar Anda bisa membedakan jenis tanaman janda bolong, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Kami juga merekomendasikan beberapa jenis tanaman janda bolong yang bagus, seperti Monstera adansonii, Monstera borsigiana, dan Monstera deliciosa. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Oleh karena itu, pastikan simak sampai akhir, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk memperindah rumah, Anda juga memerlukan tanaman. Bunga yang berwarna-warni tentu akan membuat rumah tampak cantik. Dibandingkan bunga imitasi, bagaimana jika menanam bunga asli saja? Selain memperindah, tanaman juga bisa membuat udara di rumah menjadi lebih segar.Kami akan membahas beberapa bibit bunga yang bisa Anda pilih untuk menghias rumah. Anda akan menemukan bibit yang bagus, seperti bunga mawar, lavender, sedap malam, dan sebagainya. Kami akan mengulasnya dan membantu Anda mencari bunga yang cantik. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Yuk, ketahui dahulu perbedaan bibit dan benih, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman, dahan, atau rumput, merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Alat ini juga berguna bila Anda ingin melakukan stek atau okulasi pada tanaman.Simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus untuk bunga atau pohon di taman Anda. Kami juga akan menghadirkan rekomendasi produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merek terkenal lainnya. Artikel ini ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik, mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selang air menjadi salah satu benda yang wajib ada di rumah Anda. Perannya cukup penting untuk membersihkan halaman rumah dari debu atau menyiram tanaman untuk berkebun. Jenis selang air bermacam-macam. Selain selang taman, ada juga selang untuk mengalirkan air panas. Fitur selang pun beragam, misalnya selang antitekuk, selang dengan penggulung otomatis, hingga selang yang dilengkapi fitur semprotan. Kali ini, kami akan membantu Anda memilih selang air di artikel ini. Beberapa merek yang bagus dan terkenal, seperti Krisbow, Kenmaster, dan Westpex juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikelnya sampai selesai!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pupuk kalium klorida atau pupuk KCl adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Terdapat beberapa jenis pupuk KCl di pasaran dalam bentuk serbuk kristal atau cair. Fungsi pupuk KCl di antaranya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan lain-lain.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Hidroponik Rumahan Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Hidroponik Rumahan Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini tanaman hidroponik sangat populer. Hidroponik adalah sistem berkebun yang menggunakan air sebagai media tanamnya sehingga memungkinkan untuk ditanam di rumah. Anda juga tidak perlu khawatir akan boros air karena air yang tidak terserap oleh tanaman akan diputar kembali.Dengan menanam tanaman hidroponik, Anda bisa mengolah bahan masakan dari kebun sendiri. Di artikel ini kami akan mengulas rekomendasi tanaman hidroponik rumahan yang bagus, seperti selada, strawberry, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, simak artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebelum halaman belakang bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin dengan mesin mini 4 tak dan 2 tak. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merek Krisbow, BOSCH, Tasco, dan Black Decker yang terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai bujet. Simak artikelnya sampai tuntas dan dapatkan mesin potong rumput terbaik versi Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan berkebun, baik itu menanam buah, bunga, maupun sayur, tidak bisa terlepas dari kebutuhan akan pupuk. Salah satu pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk NPK. Dengan memberikan pupuk NPK secara teratur, tanaman akan subur, cepat berbunga, dan berbuah lebat.Kami akan membahas cara memilih pupuk NPK yang bagus untuk semua jenis tanaman. Beberapa merek juga akan kami rekomendasikan, seperti pupuk merek Pak Tani, Mutiara, DGW, Meroke, dan yang lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Temukan pupuk NPK terbaik untuk tanaman Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Isu tentang ketahanan pangan bukan hanya menjadi tugas petani. Untuk mendukung Gerakan Ketahanan Pangan (GKP) oleh Kementerian Pertanian RI, Anda bisa mulai turut serta menanam sayur di rumah. Agar mendapatkan panen melimpah di lahan terbatas, Anda membutuhkan benih yang berkualitas.Di artikel ini, kami akan membahas tentang benih sayur yang bagus dari berbagai merek. Anda akan menemukan benih sayur dari Cap Panah Merah, Know You Seed, Benihpedia, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, ketahui tips memilih benih sayur yang baik berikut ini!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori