• 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)

Tanaman hias yang mudah dirawat, seperti sikas dan Monstera, sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang bagus dan sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Yuiimii
  • Pembaharuan terakhir: 11 September 2021
Daftar isi

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii
Yuiimii
Gardener & photographer
Yuiimii

Yuimii adalah seorang fotografer dan pencinta tanaman hias, khususnya tanaman aroid. Yuimii memulai hobi bertanam sejak 2017. Hobinya bermula dari kecintaannya terhadap tanaman monstera yang mempunyai daun unik dan estetik saat di foto.


Yuimii juga mengoleksi tanaman monstera lainnya, seperti anthurium dan philodendron. Saat ini ia sedang fokus pada tanaman aroid variegata dan tanaman endemik Indonesia. Ia pernah menjuarai foto wildlife tingkat nasional dan mendapat penghargaan di grup aroid nasional.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tanaman hias yang mudah dirawat

Kami akan menjelaskan beberapa poin penting dalam memilih tanaman hias yang mudah tumbuh beserta trik untuk memilihnya.

Tentukan di mana tanaman akan diletakkan dan periksa ukuran tanaman

Saat akan membeli tanaman, Anda harus menyesuaikan ukuran tanaman dengan lokasi penempatannya. Mari kita simak bersama-sama poin apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih tanaman daun berdasarkan ukuran.

Gunakan ukuran pot sebagai panduan

Gunakan ukuran pot sebagai panduan
Sebelum membeli, pastikan Anda memilih tanaman yang sudah sesuai dengan lokasi penempatannya. Jika memilih tanaman hias berbentuk pohon dengan ukuran besar, Anda membutuhkan ruangan yang luas.

Berbeda cerita jika memilih tanaman dengan ukuran sedang, Anda bisa memakainya sebagai interior ruangan. Terakhir, untuk tanaman berukuran kecil, Anda bisa memakainya sebagai penghias meja, kamar mandi, hingga jendela dapur.


Menurut standar di Jepang dan Eropa, biasanya penjual akan menampilkan ukuran tanaman dalam bentuk nomor agar kita bisa memiliki gambaran dari ukuran yang sebenarnya. Nomor ini bisa dipakai untuk acuan dalam memilih tanaman hias yang sesuai dengan ukuran ruangan.


Sebagai contoh, tanaman hias dilabeli dengan nomor #1 jika memiliki ukuran diameter sepanjang 3 cm. Bagi Anda yang menginginkan tanaman hias berbentuk pohon dengan ukuran cukup besar, pilihlah tanaman nomor #7 ke atas.


Demikian pula jika Anda mencari tanaman interior dengan ukuran sedang, silakan memilih nomor #5 dan nomor #6. Terakhir, Anda bisa memilih nomor #2 sampai no #4 jika menginginkan tanaman berukuran kecil untuk penghias meja.


Bagaimana dengan di Indonesia? Pada umumnya, penjual akan menampilkan ukuran pot dalam bentuk tinggi serta diameter bawah dan atas. Diameter pot ini memiliki ukuran 8 cm, 10 cm, 12 cm, 17 cm, hingga 35 cm. Dengan melihat ukuran pot, Anda dapat memilih tanaman yang sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan waktu dan arah pertumbuhan

Pastikan waktu dan arah pertumbuhan

Setiap tanaman hias memiliki waktu pertumbuhan yang beragam. Ada satu jenis tanaman yang cenderung tumbuh cepat dan ada pula yang membutuhkan waktu sangat lama. Dari kedua jenis ini, Anda perlu memberi perhatian khusus pada tanaman hias yang tumbuh dengan cepat. Pasalnya, tanaman ini bisa membuat Anda repot pada masa mendatang.


Sebagai tambahan, Anda juga harus memastikan arah pertumbuhan tanaman. Apakah tanaman yang Anda pilih nantinya akan tumbuh menjulang ke atas atau malah melebar ke samping? Sejak awal, Anda perlu memastikan ke mana arah pertumbuhan tanaman tersebut.

Pilih tanaman yang bisa tumbuh di tempat teduh

Pilih tanaman yang bisa tumbuh di tempat teduh

Sinar matahari dibutuhkan oleh setiap jenis tanaman hias untuk tumbuh dengan baik. Namun, ada  tipe tanaman hias yang hanya dapat tumbuh di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, kita juga dapat menemukan tanaman hias yang hanya dapat tumbuh di tempat teduh (sinar matahari melewati tirai).


Jika memilih tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung, mau tak mau tanaman tersebut harus diletakkan di dekat jendela atau beranda. Dengan kata lain, Anda tidak bisa meletakkannya sembarangan di dalam ruangan. 


Menariknya, tanaman hias yang mudah tumbuh dapat hidup di tempat minim cahaya di samping tirai. Dengan begitu, Anda bebas untuk meletakkannya di tempat yang disukai seperti ruang tidur atau ruang tamu. Meskipun tidak ada jendela, tanaman ini akan tetap tumbuh dengan cahaya yang minim. Untuk pertumbuhan yang lebih stabil, alangkah baiknya 2–3 hari sekali dikeluarkan dari dalam ruangan.

Jika diletakkan di luar rumah, cek toleransi tanaman terhadap panas

Jika diletakkan di luar rumah, cek toleransi tanaman terhadap panas
Saat melihat-lihat di toko online, banyak sekali jenis tanaman yang dapat Anda pilih. Anda perlu mencari tahu toleransi tiap jenis tanaman terhadap panas agar tidak salah pilih. Beruntung bagi kita yang tinggal di negara tropis karena bisa memilih berbagai jenis tanaman tahan panas yang dapat hidup sepanjang tahun. Selain itu, jenis tanaman hias yang berbunga rata-rata tahan terhadap panas.

Waspadai jenis hama yang mengancam tanaman

Waspadai jenis hama yang mengancam tanaman

Saat memilih tanaman, Anda harus memastikan tanaman tersebut tidak terserang hama. Selain dapat membuat tanaman menjadi lemah, Anda juga perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk merawat tanaman yang sakit. Oleh karena itu, tanaman yang tahan terhadap jenis hama lebih direkomendasikan. 


Salah satu penyebab munculnya hama tanaman adalah pengeringan udara. Makanya, silakan untuk memilih tanaman yang tahan terhadap pengeringan udara. 


Sebagai tambahan, Anda juga perlu mengecek jenis hama apa saja yang dapat mengancam tanaman. Dengan mengetahui jenis hama dan cara penyebarannya, Anda dapat melakukan langkah preventif sedari awal

Untuk Anda yang sibuk, cari tahu frekuensi penyiraman tanaman

Untuk Anda yang sibuk, cari tahu frekuensi penyiraman tanaman
Bagi Anda yang memiliki rutinitas padat, perhatikanlah frekuensi penyiraman tanaman. Secara umum, tanaman yang disiram dengan banyak air akan tumbuh dengan baik. Namun, Anda juga perlu mengetahui berapa jumlah air yang disarankan untuk setiap tanaman.

Sebelum membeli, Anda harus jeli dalam membaca keterangan tanaman. Jika memang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan penyiraman, Anda dapat memilih tanaman yang tidak perlu disiram secara rutin.

10 Rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tanaman hias terbaik yang mudah dirawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yuiimii.

10
UkuranBesar
CahayaTerang
Frekuensi penyiramanSiram setelah tanah benar-benar kering
Arah pertumbuhanMemanjang ke atas
Toleransi panasLemah
Toleransi dinginKuat
HamaSerangga sisik dan kutu putih
9

Peperomia Obtusifolia Hijau Polos

Mulai dari Rp 10.000,00

UkuranKecil
CahayaSetengah teduh
Frekuensi penyiramanSiram sedikit saat tanah kering
Arah pertumbuhanTumbuh ke atas dan menjuntai ke bawah
Toleransi panasKuat
Toleransi dinginRelatif kuat
HamaKutu daun, serangga sisik, dll
8
UkuranBesar
CahayaTerang
Frekuensi penyiraman3-6 kali dalam seminggu
Arah pertumbuhanTumbuh ke atas dan melebar ke samping
Toleransi panasKuat
Toleransi dinginKuat
HamaTungau dan kutu putih
7
UkuranKecil
CahayaTerang-cerah
Frekuensi penyiramanSiram sedikit jika kering
Arah pertumbuhanMembentang ke samping dan menjuntai ke bawah (dinding)
Toleransi panasKuat
Toleransi dinginKuat
HamaTungau laba-laba, kutu daun, dan sebagainya
6
UkuranSedang
CahayaCahaya terang
Frekuensi penyiramanBerikan air setelah kering
Arah pertumbuhanMenyebar ke atas dan keluar
Toleransi panasSedikit lemah
Toleransi dinginSedikit lemah
HamaKutu daun dan lainnya
5
UkuranSedang
CahayaTerang-setengah teduh
Frekuensi penyiramanSiram sedikit saat tanah kering
Arah pertumbuhanMemanjang ke atas
Toleransi panasKuat
Toleransi dinginSedikit lemah
HamaKutu daun, serangga sisik, dll
4
UkuranBesar
CahayaCerah dan terang
Frekuensi penyiramanSiram sedikit saat tanah mengering
Arah pertumbuhanMemanjang ke atas
Toleransi panasKuat
Toleransi dinginLemah
HamaSerangga sisik, tungau laba-laba, dan kutu daun
3

Sansevieria S. Trifasciata Laurentii (Lidah Mertua)

Mulai dari Rp 7.000,00

UkuranSedang
CahayaTerang-setengah teduh
Frekuensi penyiramanSiram sedikit saat tanah kering
Arah pertumbuhanMemanjang ke atas
Toleransi panasTahan dalam kondisi kering
Toleransi dinginSedikit lemah
HamaTidak ada
2

Lili Paris (Chlorophytum Comosum)

Mulai dari Rp 2.500,00

UkuranKecil
CahayaTerang-setengah teduh
Frekuensi penyiramanSiram saat tanah kering
Arah pertumbuhanTumbuh ke atas dan menyebar ke samping
Toleransi panasKuat
Toleransi dinginLemah
HamaSerangga sisik
1
UkuranSedang
CahayaSetengah teduh
Frekuensi penyiraman1-2 kali sehari
Arah pertumbuhanKe arah atas
Toleransi panasSedang
Toleransi dinginSedang
HamaTungau, laba-laba, dan kutu daun

Tabel perbandingan produk tanaman hias terbaik yang mudah dirawat

Gambar produk
1
Aglonema Red Sumatra 1

2
Lili Paris (Chlorophytum Comosum) 1

3
Sansevieria S. Trifasciata Laurentii (Lidah Mertua) 1

4
Palem Botol Merah 1

5
Monstera Deliciosa 1

6
Lidah Buaya (Aloe Vera) 1

7
English Ivy 1

8
Siklok (Agave Attenuata) 1

9
Peperomia Obtusifolia Hijau Polos 1

10
Cycads (Sikas) 1

Nama produk

Aglonema Red Sumatra

Lili Paris (Chlorophytum Comosum)

Sansevieria S. Trifasciata Laurentii (Lidah Mertua)

Palem Botol Merah

Monstera Deliciosa

Lidah Buaya (Aloe Vera)

English Ivy

Siklok (Agave Attenuata)

Peperomia Obtusifolia Hijau Polos

Cycads (Sikas)

Keunggulan

Pride of Sumatra yang menangi kontes internasional di Belanda!

Tanaman pembersih udara dengan harga murah-meriah!

Pola daunnya menyerupai ekor harimau. Unik!

Tak perlu ke pantai, palem botol bisa ciptakan nuansa tropis!

Tanaman dekorasi kekinian favoritnya orang Indonesia! Sudah punya?

Ingin bikin masker lidah buaya sendiri di rumah? Bisa!

Dinding rumah akan terlihat lebih indah dan segar dengan tanaman hias merambat

Populer karena tahan terhadap panas menyengat

Tetap tumbuh dengan baik di bawah lampu neon!

Memberikan sentuhan eksotis di ruangan

Harga mulai dariRp 175.000,00Rp 2.500,00Rp 7.000,00Rp 25.000,00Rp 35.000,00Rp 10.000,00Rp 15.000,00Rp 35.000,00Rp 10.000,00Rp 35.000,00
UkuranSedangKecilSedangBesarSedangSedangKecilBesarKecilBesar
CahayaSetengah teduhTerang-setengah teduhTerang-setengah teduhCerah dan terangTerang-setengah teduhCahaya terangTerang-cerahTerangSetengah teduhTerang
Frekuensi penyiraman1-2 kali sehariSiram saat tanah keringSiram sedikit saat tanah keringSiram sedikit saat tanah mengeringSiram sedikit saat tanah keringBerikan air setelah keringSiram sedikit jika kering3-6 kali dalam semingguSiram sedikit saat tanah keringSiram setelah tanah benar-benar kering
Arah pertumbuhanKe arah atasTumbuh ke atas dan menyebar ke sampingMemanjang ke atasMemanjang ke atasMemanjang ke atasMenyebar ke atas dan keluarMembentang ke samping dan menjuntai ke bawah (dinding)Tumbuh ke atas dan melebar ke sampingTumbuh ke atas dan menjuntai ke bawahMemanjang ke atas
Toleransi panasSedangKuatTahan dalam kondisi keringKuatKuatSedikit lemahKuatKuatKuatLemah
Toleransi dinginSedangLemahSedikit lemahLemahSedikit lemahSedikit lemahKuatKuatRelatif kuatKuat
HamaTungau, laba-laba, dan kutu daunSerangga sisikTidak adaSerangga sisik, tungau laba-laba, dan kutu daunKutu daun, serangga sisik, dllKutu daun dan lainnyaTungau laba-laba, kutu daun, dan sebagainyaTungau dan kutu putihKutu daun, serangga sisik, dllSerangga sisik dan kutu putih
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar tanaman hias terbaik yang mudah dirawat

Pertanyaan umum seputar tanaman hias terbaik yang mudah dirawat

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar tanaman hias terbaik yang mudah dirawat. Jika Anda masih penasaran, simak jawabannya di bawah ini!

Tanaman apa saja yang cocok untuk pemula?

Ada beberapa tanaman hias terbaik yang mudah dirawat yang cocok untuk pemula. Tanaman seperti Monstera deliciosa, philodendron, sansevieria, cycads (sikas), scindapsus, dan beberapa jenis anthurium bisa Anda jadikan pilihan.

Baca juga rekomendasi produk tanaman hias lainnya di sini

Selain tanaman hias di atas, Anda juga bisa memilih tanaman hias khusus untuk indoor dan tanaman hias pengusir nyamuk! Tanaman hias indoor dipilih untuk mengatasi masalah keterbatasan ruang, sedangkan tanaman pengusir nyamuk dipilih untuk mengusir nyamuk secara alami. Namun, jika enggan direpotkan dengan proses perawatan, Anda bisa memilih tanaman hias plastik saja!

Kesimpulan

Itu tadi sepuluh rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat. Dari semua pilihan yang kami sebutkan di atas, adakah tanaman yang memikat hati Anda?

Sebenarnya, banyak sekali jenis tanaman hias yang mudah dirawat. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih jika ingin menggunakannya sebagai hiasan rumah. Pastikan tanaman tersebut sudah sesuai dengan gaya interior rumah. Dengan demikian, rumah atau ruangan akan terlihat indah dengan tanaman hias pilihan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menyodorkan ke hadapan Anda cara memilih dan rekomendasi benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Informasi lebih jelas silakan Anda baca artikel ini sampai tuntas dan dapatkan benih jagung terbaik.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indonesia meraih peringkat ketiga penghasil padi terbanyak di dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan untuk menciptakan varietas padi berkualitas. Benih padi unggul ini diharapkan dapat memberikan peningkatan hasil panen yang signifikan. Namun, banyaknya varietas benih padi di pasaran mungkin dapat membuat Anda bingung menentukan merek benih yang bagus. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan benih padi terbaik, seperti jenis INPARA, INPARI, HIPA, dan lainnya. Simak sampai habis, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips cara memilih media tanam yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Kangkung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Kangkung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kangkung adalah sayuran berwarna hijau yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin A dan C, zat besi, hingga fosfor. Kini, Anda bisa membudidayakan kangkung dengan membeli benihnya di toko online. Anda bisa menanam sayuran hijau ini di darat, air, ataupun menggunakan metode hidroponik.Guna memperoleh hasil panen yang melimpah dan berkualitas unggul, Anda perlu teliti saat memilih benih kangkung. Kali ini, kami telah menyiapkan cara memilih dan menanam benih kangkung untuk Anda. Lalu, tersedia juga rekomendasi merek benih kangkung yang bagus, seperti Cap Panah Merah, Infarm, dan Cap Kapal Terbang.
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori