• 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)

Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.


Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Agustinus Purba
  • Pembaharuan terakhir: 30 Agustus 2021
  • 544.650 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL

dr. Agustinus adalah dokter spesialis telinga hidung tenggorok kepala leher lulusan Universitas Sumatera Utara tahun 2018. Beliau berpengalaman menangani sinusitis, rinitis alergi, polip hidung, tonsilitis, snoring, serumen prop, dan sebagainya.


Saat ini beliau berpraktik pribadi di THT BEATRIX Medan dan RS Siloam Dhirga Surya Medan. Beliau memiliki prestasi sebagai runner-up Photo Competition International Sound Hearing 2019 Bali. Beliau juga menjadi juara tiga di Video Tiktok Competition Kongres Nasional PERHATI-KL 2020.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat flu

Pertama-tama, kami akan menjelaskan hal-hal penting dalam memilih obat flu agar sesuai dengan kondisi Anda. Silakan simak ulasannya berikut ini.

Temukan tipe obat flu sesuai kebutuhan Anda

Obat flu yang dijual umumnya terbagi menjadi dua tipe, yakni tipe umum dan tipe untuk gejala khusus. Mari perhatikan perbedaan kedua tipe tersebut.

Tipe umum, memiliki komposisi bahan yang seimbang, cocok untuk mengobati gejala umum

Tipe umum, memiliki komposisi bahan yang seimbang, cocok untuk mengobati gejala umum

Untuk penyakit dengan gejala umum, kami menyarankan Anda memilih obat flu tipe umum dengan kandungan yang seimbang. Tipe obat ini dapat meredakan gejala flu biasa, seperti demam, sakit tenggorokan, pilek, dan gejala umum lainnya. 


Dengan kemampuannya meredakan berbagai gejala flu, Anda sebaiknya selalu menyimpan obat tipe ini di rumah. Jadi, Anda selalu memiliki pertolongan pertama jika ada anggota keluarga yang sakit flu. Kemasan obat tipe ini biasanya dilengkapi dengan tulisan "obat flu umum" atau "obat flu biasa".

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Flu atau influenza adalah serangan dari virus terhadap saluran pernafasan mulai dari hidung, tenggorokan, sampai paru-paru. Keluhan yang dirasakan mulai dari pilek, hidung tersumbat, sampai batuk.


Kondisi perang terhadap virus hanya dapat dimenangkan oleh kondisi daya tahan tubuh yang baik dan kuat. Obat flu secara umum mengandung zat-zat berikut

  • antihistamine untuk mengurangi rasa gatal dan bersin;
  • pseudoefedrine untuk mengurangi rasa tersumbat; dan
  • parasetamol untuk mengurangi rasa meriang atau demam dan rasa badan pegal-pegal.

Tipe untuk gejala khusus, efektif mengobati gejala tertentu yang tampak parah

Tipe untuk gejala khusus, efektif mengobati gejala tertentu yang tampak parah

Jika Anda mengalami sakit tenggorokan, pilek yang parah, dan gejala berat lainnya, pilihlah tipe untuk gejala khusus. Obat flu untuk gejala khusus ini biasanya ditandai dengan label "batuk berdahak", "sakit tenggorokan", atau "hidung tersumbat". Label-label tersebut menunjukkan bahwa obat tersebut mengandung bahan-bahan efektif untuk gejala flu yang berat. 

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Pada beberapa kasus, flu dapat disebabkan oleh virus yang cukup kuat dan mematikan, misalnya Covid-19. Virus Covid-19 bersarang pada beberapa tempat, antara lain

  • hidung puncak daerah penciuman (bulbus olfaktorius);
  • daerah tenggorokan yang berada di hidung paling belakang (nasofaring);
  • tenggorokan, dan
  • paru-paru.

Virus Covid-19 juga bersarang pada saluran pencernaan yang dapat menyebabkan hilang penciuman, sakit kepala, sakit menelan, sesak nafas, mencret, mual, muntah, hingga kematian.


Sehat atau tidaknya seseorang saat tubuhnya melawan virus dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain jumlah virus, kekuatan virus, dan daya tahan tubuh sendiri. Apakah jumlah virus yang masuk dapat dibatasi? Dengan isolasi di rumah atau rumah sakit, risiko untuk terpapar virus juga berkurang.


Kekuatan virus dapat berbeda-beda. Varian virus ada banyak dan virus dapat bermutasi. Oleh karena itu, kemampuan daya tahan tubuh kita memiliki peran penting dalam perang terhadap virus. Pemakaian beberapa kombinasi obat diperlukan pada beberapa kasus. Namun, kombinasi obat ini diberikan setelah evaluasi dokter atas berbagai pertimbangan.

Gunakan obat berbahan herbal sebagai pilihan

Gunakan obat berbahan herbal sebagai pilihan

Apabila Anda mengalami gejala yang belum terlalu parah, Anda dapat mencoba obat-obatan herbal. Namun, obat ini biasanya bekerja dalam waktu yang relatif lebih lambat. Untuk itu, obat ini tidak cocok digunakan jika Anda ingin menyembuhkan flu yang cukup parah. Jadi, sebelum memutuskan tipe obat yang dibutuhkan, pahami terlebih dahulu kondisi yang Anda alami.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Penelitian obat herbal sudah berkembang pesat saat ini. Banyak tanaman obat asli Indonesia dan dari luar negeri yang memiliki potensi serta terbukti dari hasil penelitian. Penelitian tersebut telah dilakukan baik pada hewan coba maupun klinis tahap pada manusia dan menunjukkan hasil yang baik.


Efek samping dari obat herbal juga sangat kecil berdasarkan hasil penelitian. Namun, penyebab tiap kasus flu berbeda. Bakteri ataupun virus yang menjadi penyebabnya juga berbeda. Jadi, belum tentu obat berbahan herbal dapat digunakan tunggal untuk kasus flu.

Pilihlah obat flu sustained release jika tidak bisa mengonsumsi obat pada siang hari

Pilihlah obat flu sustained release jika tidak bisa mengonsumsi obat pada siang hari
Obat flu umumnya harus dikonsumsi tiga kali sehari, biasanya setelah makan dan sebelum tidur. Hanya saja, beberapa orang terkadang lupa mengonsumsi obat pada siang hari karena padatnya kegiatan. 

Ada juga yang memilih tidak mengonsumsi obat di siang hari karena khawatir akan efek kantuk yang ditimbulkan. Jika Anda termasuk tipe seperti itu, kami sarankan untuk mengonsumsi obat flu lepas lambat atau sustained release. 


Jenis obat ini hanya perlu Anda minum dua kali dalam sehari, yakni pada pagi dan malam hari. Dengan begitu, Anda tetap dapat beraktivitas pada siang hari tanpa terhalang rasa kantuk.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Obat dengan zat sustained release memiliki kerja sebagai zat aktif obat flu yang dilepaskan perlahan. Rata-rata zat aktif tersebut dilepaskan perlahan dalam 24 jam. Pemakaian zat ini akan membuat pasien hanya perlu mengonsumsi obat satu kali sehari. Hal positifnya adalah mengurangi kelupaan makan obat, terutama pada pasien yang aktif bekerja dan beraktivitas.

Hindari obat flu dengan antihistamine saat berkendara

Hindari obat flu dengan antihistamine saat berkendara
Banyak obat flu yang mengandung antihistamine karena efektif menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat. Namun, zat tersebut dapat menimbulkan rasa kantuk sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi ketika Anda sedang menyetir. Berikut ini adalah bahan-bahan yang terdaftar sebagai antihistamine:
  • Diphenhydramine hydrochloride
  • Diphenylpyraline hydrochloride
  • Chlorpheniramine maleate
  • Clemastine fumarate
  • Mequitazine
  • Carbinoxamine maleate


Periksalah terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat flu untuk memastikan efek samping yang ditimbulkan. Dengan begitu, Anda dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman tanpa terserang kantuk.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Obat antihistamine bekerja menangkap zat kimia histamine yang ada pada darah. Zat histamine adalah penyebab rasa gatal dan bersin pada flu. Obat histamine terbagi atas dua tipe, yaitu yang dapat menembus sampai ke otak dan yang tidak dapat menembus otak.


Untuk yang dapat menembus otak, zat tersebut akan menimbulkan rasa kantuk pada pasien. Meskipun begitu, pada obat antihistamine yang secara teori tidak menembus otak, ternyata pada beberapa pasien tetap dapat menimbulkan kantuk.


Respons mekanisme tubuh setiap orang berbeda. Demi keamanan, bila pasien memerlukan konsentrasi atau melakukan pekerjaan berisiko, sebaiknya dijelaskan efek samping mengantuk ini. Lebih baik lagi jika penggunaannya dihindari. Pekerjaan berisiko tersebut misalnya supir, pekerjaan yang berkaitan potong-memotong, bekerja dengan benda tajam, dokter, sekuriti, polisi, tentara, dan sebagainya.

10 Rekomendasi obat flu

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi obat flu pilihan untuk Anda. Namun, perlu diingat bahwa kami tidak dapat memberi jaminan mengenai efektivitas dan kinerja obat. Akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mencari informasi mengenai produk yang ingin dibeli. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Agustinus Purba.

Tipe Umum
Dosis penggunaan3 kali sehari
Isi5 sachet @15 ml, 12 sachet @15 ml
Antihistaminex
Tipe Umum
Dosis penggunaan3–4 kaplet per hari
Isi4 kaplet
Antihistamine✓ (Chlorpheniramine maleate)
Tipe Gejala khusus
Dosis penggunaan1 tablet setiap empat atau enam jam
Isi10 kaplet
Antihistaminex
Tipe Umum
Dosis penggunaan3 kali sehari
Isi6 kaplet
Antihistamine✓ (Chlorpheniramine maleate)
Tipe Umum
Dosis penggunaan3 kaplet sehari
Isi4 kaplet
Antihistamine✓ (Chlorpheniramine maleate)
Tipe Umum
Dosis penggunaan1–2 tablet setiap 4–6 jam
Isi20 tablet effervescence
Antihistaminex
Tipe Gejala khusus
Dosis penggunaan4 tablet sehari
Isi30 tablet
Antihistaminex
Tipe Umum
Dosis penggunaan3–4 kali sehari, 1 sendok teh (15 ml)
Isi120 ml
Antihistaminex
Tipe Gejala khusus
Dosis penggunaan3 kaplet sehari
Isi4 kaplet
Antihistaminex
Tipe Gejala khusus
Dosis penggunaan1 kapsul setiap 12 jam
Isi10 kapsul
Antihistamine✓ (Loratadine)

Tabel perbandingan produk obat flu

Gambar produk
Dexa Medica Rhinos® SR 1

Dexa Medica

Bodrex Flu & Batuk Berdahak PE 1

Bodrex

Sambucol Cold & Flu Liquid 2

Sambucol

Dexa Medica HerbaCOLD 1

Dexa Medica

GSK Panadol Soluble Tablet 1

GSK

Konimex INZA 1

Konimex

Kalbe Procold Flu 1

Kalbe

GSK Panadol Flu & Batuk 1

GSK

Kalbe Mixagrip Flu 1

Kalbe

Sido Muncul Tolak Angin Flu 1

Sido Muncul

Nama produk

Rhinos® SR

Flu & Batuk Berdahak PE

Cold & Flu Liquid

HerbaCOLD

Panadol Soluble Tablet

INZA

Procold Flu

Panadol Flu & Batuk

Mixagrip Flu

Tolak Angin Flu

Keunggulan

Obat flu sustained release untuk Anda perlu beraktivitas di siang hari

Bekerja ganda dengan cara meredakan batuk dan mengencerkan dahak

Hadir dalam bentuk sirup, mudah untuk dikonsumsi

Obat double action yang ampuh atasi flu dan sakit tenggorokan

Larutkan dalam air dan nikmati rasa lemon menyegarkan

Dikenal mujarab atasi flu dan mudah ditemukan di mana saja

Hadir dalam kemasan blister enam kaplet, pas untuk dua hari

Mengobati flu dan batuk tidak berdahak tanpa rasa kantuk

Mempercepat proses penyembuhan dengan menjaga kualitas istirahat Anda

Dikemas praktis, obat flu herbal yang siap diminum kapan saja

Harga mulai dariRp 185.000,00Rp 2.000,00Rp 172.000,00Rp 108.900,00Rp 77.000,00Rp 2.800,00Rp 3.800,00Rp 13.000,00Rp 2.500,00Rp 20.400,00
Tipe Gejala khususGejala khususUmumGejala khususUmumUmumUmumGejala khususUmumUmum
Dosis penggunaan1 kapsul setiap 12 jam3 kaplet sehari3–4 kali sehari, 1 sendok teh (15 ml)4 tablet sehari1–2 tablet setiap 4–6 jam3 kaplet sehari3 kali sehari1 tablet setiap empat atau enam jam3–4 kaplet per hari3 kali sehari
Isi10 kapsul4 kaplet120 ml30 tablet20 tablet effervescence4 kaplet6 kaplet10 kaplet4 kaplet5 sachet @15 ml, 12 sachet @15 ml
Antihistamine✓ (Loratadine)xxxx✓ (Chlorpheniramine maleate)✓ (Chlorpheniramine maleate)x✓ (Chlorpheniramine maleate)x
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Flu biasa dengan keluhan hidung tersumbat, pilek, dan batuk dapat disebabkan virus influenza, virus Covid-19, polip hidung, tumor hidung, atau rhinitis alergi. Keluhannya mirip, tetapi penyebab berbeda. Terapi atau pengobatannya juga berbeda.


Penting untuk mencari penyebab flu agar dapat diobati dengan tepat. Apabila dalam satu minggu flu memberat atau tidak menunjukkan perbaikan, carilah pertolongan dokter.


Hidung memiliki peran penting bagi tubuh. Setiap udara yang kita hirup akan dibersihkan, disaring, dan dihangatkan oleh hidung. Setelah itu, udara dikirim ke paru-paru. Paru-paru mendapat udara yang bagus karena sudah melewati quality control.


Pada kondisi pilek ketika hidung tidak mampu bekerja maksimal, pasien bernafas menggunakan mulut. Apakah proses pembersihan udara terjadi di mulut? Jawabannya: tidak. Apakah paru-paru mendapat udara yang melewati quality control? Jawabannya: tidak.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk mengatasi flu dan batuk di sini

Selain obat flu, sebaiknya Anda sedia obat-obatan di bawah ini di rumah. Ini bisa Anda gunakan sewaktu-waktu saat hidung dan tenggorokan Anda dan keluarga Anda tidak nyaman. Untuk itu, silakan baca rekomendasi produk untuk mengatasi flu dan batuk di sini. 

Kesimpulan

Kami telah mengulas berbagai hal mengenai obat flu, baik obat batuk pilek untuk dewasa maupun untuk anak-anak. Pilihlah obat sesuai dengan dosis dan keadaan tubuh Anda. 


Jangan lupa juga untuk cukup beristirahat agar batuk pilek Anda segera sembuh. Dengan demikian, Anda akan segera pulih dan dapat beraktivitas dengan lancar. Semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek, antara lain Rhinos Junior, Proris, serta Purekids. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
    71.223 Views
  • 10 Rekomendasi Salep Luka Bakar (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Salep Luka Bakar (Terbaru Tahun 2021)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Untuk itu, menyediakan salep luka bakar di kotak obat merupakan hal penting untuk dilakukan. Lantas, salep luka bakar seperti apakah yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui lebih banyak tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar serta rekomendasi produk pilihannya. Salep dari berbagai merk terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo juga akan kami bahas. Temukan produk yang tepat untuk mengatasi luka bakar Anda!
    Obat-obatan
    48.349 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    Nyeri otot dan sendi, pegal linu, serta otot kaku merupakan kondisi umum yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh. Pada umumnya, kondisi ini bisa diobati dengan terapi atau dengan obat pegal linu di apotik. Namun, apakah Anda tahu cara memilih obat penghilang nyeri otot yang tepat?Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Counterpain, Panadol, dan Salonpas. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kedokteran dan olahraga, dr. Andhika Raspati. Baca juga cara memilih obat pereda nyeri otot yang sesuai dengan kondisi Anda. Silakan disimak!
    Obat-obatan
    260.703 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
    153.761 Views
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka. Bila Anda menjalani operasi, proses operasi juga biasanya meninggalkan luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep dengan bahan yang pas untuk Anda, serta memberi rekomendasi produk pilihan. Berbagai produk, seperti merk Dermatix, Mederma, dan Laderma, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Obat-obatan
    94.875 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2021)
    Penyakit maag atau lambung bukanlah gangguan medis yang asing dan cenderung dekat dengan masyarakat Indonesia. Tidak heran apabila di pasaran tersedia berbagai merk obat maag, antara lain Mylanta, Promag, atau Inpepsa. Jenisnya pun cukup bervariasi seperti obat maag cair dan obat maag tablet.Meskipun tersedia dalam beragam pilihan, tidak semua orang dapat menemukan obat maag yang dibutuhkan dengan mudah. Beberapa di antara Anda mungkin kebingungan saat memilihnya. Untuk itu, berikut ini kami akan memberikan rekomendasi obat maag beserta penjelasan singkat tentang cara memilihnya. Selamat menyimak!
    Obat-obatan
    8.258 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori