• 10 Krim Malam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Krim Malam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Krim Malam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Krim Malam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Krim Malam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Krim Malam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Krim malam berfungsi untuk melembapkan wajah saat Anda tidur malam. Krim ini juga memberikan manfaat lain seperti mencerahkan dan merawat kulit. Saat ini terdapat banyak produsen terkemuka yang memproduksi krim malam, misalnya Wardah, Pond's, dan Safi. Karakteristik tiap produk pun bervariasi, ada yang untuk kulit berminyak, ada pula yang khusus untuk remaja.

Supaya tidak bingung, kami akan menjelaskan cara-cara memilih krim malam. Beberapa produk rekomendasi terbaik telah kami siapkan untuk Anda. Artikel ini juga telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah, Sp.KK. Yuk, perhatikan bersama!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Ida Ayu Diah
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK
dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Dokter yang lebih dikenal dengan dr. Dayu Diah ini memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Ganesha. Beliau berpengalaman banyak dalam menangani masalah penyakit kulit, kelamin, maupun estetika.


Beliau berpengalaman kerja di beberapa rumah sakit dan klinik, seperti Rumah Sakit KDH-Bros, Puriva Clinic Sunset Road, dan Euderna Clinic Singaraja. Untuk berkonsultasi melalui telemedicine, Anda dapat menghubunginya melalui Halodoc.

Jagalah kesehatan kulit saat tidur dengan krim malam

Jagalah kesehatan kulit saat tidur dengan krim malam

Sesuai dengan namanya, krim malam merupakan pelembap yang dipakai pada malam hari. Perbedaan utama antara krim siang dengan krim malam terletak pada kandungan minyaknya. Krim malam biasanya mengandung lebih banyak minyak, serta kaya akan bahan kecantikan lain seperti anti-aging dan pencerah.


Penggunaan krim malam dapat menjaga kelembapan kulit Anda saat tidur. Jadi, bila kulit Anda terasa kering saat bangun pagi, gunakanlah krim malam sebelum tidur. Anda yang ingin mendapatkan kulit sehat secara cepat juga dapat memakai krim malam secara rutin.


Krim malam diperlukan terutama saat Anda sudah menginjak usia 20 tahun ke atas. Di usia tersebut, tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus dan bercak kehitaman cenderung sudah mulai bermunculan. Dengan rutin menggunakan krim malam, Anda bisa mencegah tanda penuaan muncul lebih awal.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih krim malam

Di bawah ini akan kami jelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih krim malam. Silakan Anda perhatikan dengan saksama demi menghindari kesalahan dalam membeli produk.

Pilih produk yang mampu menjaga kelembapan kulit

Hal terpenting dalam memilih krim malam adalah memastikan keberadaan bahan yang kaya kandungan emolien. Emolien dapat menjaga kelembapan sekaligus mencegah terjadinya penguapan kadar air pada kulit saat tidur. Kulit pun akan terasa lebih lembap sepanjang waktu.

Untuk mengatasi kulit kering, pilih yang kaya akan kandungan minyak

Untuk mengatasi kulit kering, pilih yang kaya akan kandungan minyak

Anda yang memiliki kulit kering atau sekresi sebum rendah sebaiknya memakai krim malam yang kaya akan emolien. Dengan begitu, kulit Anda akan terasa lebih lembap pada siang hari.


Krim malam yang kaya akan emolien biasanya memiliki kandungan minyak yang tinggi. Anda bisa mengecek tabel komposisi bahan, lalu cari kandungan tersebut setelah "air/water". Anda juga bisa memilih produk dengan kandungan ceramide. Selain mengatasi kulit kering, ceramide juga bisa memperbaiki barier kulit yang rusak.


Berikut ini adalah beberapa bahan yang banyak mengandung minyak, serta sering digunakan dalam krim malam:

  • Squalene
  • Jojoba seed oil
  • Mineral oil

Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dengan kandungan semiminyak seperti shea butter atau petroleum jelly (petrolatum). Meski tergolong semiminyak, kedua bahan tersebut dipercaya mampu memberikan efek seperti emolien.


Anda tak perlu resah dengan rasa lengket atau berminyak saat memakai krim malam yang kaya kandungan minyak. Saat malam hari, Anda tidak mengenakan makeup dan tidak terkena paparan sinar matahari. Jadi, Anda bisa memakai krim malam dengan tenang.

Untuk menyegarkan kulit, pilih yang mengandung bahan water-soluble

Untuk menyegarkan kulit, pilih yang mengandung bahan water-soluble

Jika Anda tidak menyukai efek lengket dari krim malam berbahan minyak, jangan khawatir! Anda bisa memakai krim malam dengan kandungan bahan water-soluble yang memberikan efek ringan dan menyegarkan. Ciri dari bahan water-soluble adalah teksturnya sangat lembut dan terasa sedikit berair.


Sebetulnya, semua krim malam bertujuan untuk menyegarkan kulit wajah. Pengunaan krim malam diharapkan bisa mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit dengan lebih baik. Saat bangun tidur pun, kulit Anda akan terasa lebih segar!


Beberapa bahan water-soluble yang biasanya digunakan dalam krim malam adalah sebagai berikut:

  • Glycerin
  • Butylene glycol
  • Dipropylene glycol

Selain kandungan bahan water-soluble, ada pula krim malam yang mengandung volatile silicone oil atau sering disebut cyclopentasiloxane. Bahan ini mudah menguap sehingga tidak meninggalkan efek berminyak pada kulit. Karena itu, bahan ini terasa nyaman saat menyentuh kulit. Anda yang menginginkan efek menyegarkan juga bisa mendapatkannya dari bahan tersebut.

Cek kemampuannya dalam mengatasi masalah lain pada kulit

Seperti diketahui, fungsi utama dari krim malam adalah menjaga kelembapan kulit. Meski demikian, ada produk yang dilengkapi bahan tambahan untuk mengatasi masalah kulit lain, misalnya anti-aging dan pencerah. Bila Anda memiliki masalah kulit yang ingin diatasi, silakan memilih krim malam dengan kandungan yang sesuai.

Cegah penuaan kulit dengan bahan anti-aging

Cegah penuaan kulit dengan bahan anti-aging

Jika Anda ingin fokus mengatasi penuaan pada kulit, kami sarankan memakai krim malam yang mengandung bahan anti-aging. Retinol, retinoic acid, AHA, niacinamide, peptida, dan ekstrak fermentasi tanaman merupakan beberapa contoh bahan yang mampu memberikan efek anti-aging.


Retinol biasanya direkomendasikan untuk Anda yang ingin menyamarkan kerutan pada wajah. Bahan tersebut bekerja efektif dalam meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit. Namun, retinol mudah rusak, terutama ketika terkena cahaya dan panas. Untungnya, krim malam yang mengandung retinol ini hanya perlu digunakan saat tidur. Jadi, Anda tak perlu mengkhawatirkan cahaya dan panas.


Di sisi lain, peptida dan ekstrak fermentasi tanaman memiliki manfaat yang tidak kalah hebat. Peptida mampu menghilangkan keriput sekaligus mengencangkan kulit. Karena itu, krim malam dengan kandungan tersebut sangat disarankan untuk Anda yang memiliki kulit kendur dan berkeriput.


Apapun krim pilihan Anda, sesuaikan konsentrasi bahannya untuk penggunaan sehari-hari. Jangan sampai terjadi efek samping yang bisa melukai kulit Anda, ya!

Tingkatkan tekstur dan warna kulit dengan kandungan vitamin

Tingkatkan tekstur dan warna kulit dengan kandungan vitamin

Apabila Anda ingin mencerahkan sekaligus meningkatkan tekstur kulit, krim malam dengan kandungan vitamin sangat kami rekomendasikan. Anda bisa memilih produk yang mengandung vitamin B3 atau dikenal sebagai niacinamide. Anda juga bisa memilih produk berkandungan antioksidan, seperti glutation atau vitamin C dan E, untuk memperbaiki dan mencerahkan kulit.


Niacinamide merupakan bahan aktif dalam kategori quasi-drug yang memiliki kemampuan mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit. Anda yang ingin menghilangkan garis halus pada wajah pun bisa menggunakan krim malam dengan kandungan ini.

Perhatikan keberadaan bahan pengiritasi kulit

Perhatikan keberadaan bahan pengiritasi kulit

Ada banyak krim malam yang mengandung pengawet seperti etanol dan paraben. Faktanya, kandungan tersebut dapat merangsang terjadinya iritasi, terutama pada kulit sensitif.


Paraben merupakan bahan pengawet yang paling sering digunakan untuk produk kecantikan. Kandungan ini sebenarnya cukup aman asalkan tidak menimbulkan reaksi alergi di kulit Anda.


Penggunaan etanol sendiri dalam krim malam biasanya tergolong sangat sedikit. Namun, bagi pemilik kulit sensitif atau hypersensitive, jumlah etanol yang sedikit sudah cukup untuk membuat iritasi. Jadi, berhati-hatilah.


Anda juga sebaiknya menghindari bahan steroid, hydroquinone, dan merkuri dalam kandungan krim malam. Bahan-bahan tersebut berbahaya dan bisa mengiritasi kulit jika dipakai dalam jangka panjang.


Selain dua bahan pengawet tersebut, ada pula bahan pewangi yang biasanya dapat menimbulkan iritasi. Meski begitu, reaksi kulit setiap orang terhadap bahan pewangi berbeda-beda. Pemilik kulit sensitif tentu perlu lebih waspada. Di sisi lain, bila tidak merasakan adanya iritasi, Anda bisa tenang menggunakan krim malam dengan kandungan pewangi.


Perlu diingat, bahan retinol, yang juga memiliki fungsi anti-aging, dapat menimbulkan iritasi. Hal ini bergantung pada kondisi kulit dan jumlah kandungannya dalam krim malam.


Selain itu, krim malam yang banyak mengandung ekstrak tumbuhan dan essential oil juga dapat menyebabkan iritasi. Untuk itu, kami sarankan untuk mencoba sampel dari suatu produk sebelum membelinya dalam ukuran besar.

Pastikan produk terasa nyaman saat diaplikasikan pada kulit

Untuk mendapatkan manfaat dari krim malam, Anda perlu menggunakannya secara rutin. Karena itu, kenyamanan saat menggunakan krim malam merupakan poin yang tidak bisa diabaikan. Tidak hanya bahan yang perlu diperhatikan, tetapi juga teksturnya saat menyentuh kulit.

Krim malam umumnya memiliki tekstur yang cukup berat dan pekat. Namun, ada juga produk yang bertekstur ringan. Selain itu, pertimbangkan juga mengenai aromanya. Bila Anda kurang menyukai krim malam yang memiliki aroma, pilihlah produk tanpa aroma.


Apabila krim malam Anda mengandung bahan aktif seperti retinoic acid, perhatikan pula cara penggunaannya. Cukup gunakan krim seukuran satu biji jagung untuk seluruh wajah. Hindari area-area tipis seperti cuping hidung, mata, dan bibir. Pada dua minggu pertama, mulailah dengan pemakaian krim tiga kali seminggu. Perhatikan apakah terjadi burning sensation atau kemerahan pada wajah.


Poin berikutnya, periksa juga apakah kemasannya mudah dibuka atau tidak, serta apakah isinya mudah dikeluarkan atau tidak. Akan sangat merepotkan jika produk pilihan Anda sulit untuk digunakan.Biasanya, krim malam dikemas dalam wadah kaca. Oleh sebab itu, demi menjaga isinya tetap higienis, sebaiknya Anda memilih krim malam yang dilengkapi spatula.

10 Rekomendasi krim malam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk krim malam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK.

10

SafiWhite Expert Replenishing Night Cream

Mulai dari Rp 51.500,00

Bahan pelembapBetaine, glycerin, butylene glycol, biosaccharide gum-1, sodium hyaluronate
Bahan kecantikan lainNiacinamide, Nigella sativa seed oil, bisabolol
ManfaatMencerahkan, menyegarkan, melembapkan
Pewangi
Alkohol
Isi25 gr
9

L'Oreal ParisWhite Perfect Clinical Night Cream

Mulai dari Rp 220.000,00

Bahan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate
Bahan kecantikan lainBifida ferment lysate, adenosine, palmitoyl oligopeptide, palmitoyl tetrapeptide-7
ManfaatMencerahkan, anti-aging
Pewangi
Alkohol
Isi50 ml
8

Mineral BotanicaPerfect Purifying Acne Night Cream

Mulai dari Rp 46.000,00

Bahan pelembapJojoba oil, butylene glycol, olus oil, argan oil
Bahan kecantikan lainSalicylic acid, rice bran oil, glycolic acid, Willow bark extract, Chinaberry leaf extract
ManfaatMengatasi jerawat, mencerahkan
Pewangi
Alkohol
Isi25 gr
7

UnileverPond's Age Miracle Wrinkle Corrector Night Cream

Mulai dari Rp 161.900,00

Bahan pelembapGlycerin
Bahan kecantikan lainRetinol-C Complex, butylated hydroxytoluene, tocopheryl acetate, sunflower seed oil
ManfaatAnti-aging, mencerahkan
Pewangi
AlkoholX
Isi10 gr, 50 gr
6

WardahLightening Night Cream Advanced Niacinamide

Mulai dari Rp 45.000,00

Bahan pelembapGlycerin, butylene glycol,
Bahan kecantikan lainNiacinamide, licorice extract
ManfaatMencerahkan
Pewangi
AlkoholX
Isi20 ml, 30 gr
5

P & GOlay Regenerist Micro-sculpting Cream Night

Mulai dari Rp 275.000,00

Bahan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate, panthenol
Bahan kecantikan lainNiacinamide, tocopheryl acetate, Camellia sinensis leaf extract, palmitoyl pentapeptide-4
ManfaatAnti-aging, mencerahkan
PewangiX
AlkoholX
Isi50 gr
4

The Body ShopNew Formulation Vitamin E Night Cream Moisturizer

101011138

Mulai dari Rp 239.000,00

Bahan pelembapButylene glycol, glycerin, soybean oil, cocoa seed butter, sodium hyaluronate, vitamin E
Bahan kecantikan lainRaspberry seed oil
ManfaatMelembapkan, melembutkan
Pewangi
Alkohol
Isi50 ml
3

AVO Innovation TechnologyAvoskin Luminous Emulsion Night Cream

Mulai dari Rp 139.000,00

Bahan pelembapMineral oil
Bahan kecantikan lainEthyl ascorbic acid, Helichrysum italicum flower oil, avocado oil, lemon peel oil, tocopherol
ManfaatAnti-aging, mencerahkan
PewangiX
AlkoholX
Isi10 gr
2
Bahan pelembapAloe vera, glycerin, wheat germ oil
Bahan kecantikan lainSesame seed oil, rosehip oil, cocoa seed butter, jojoba seed oil, vitamin E, avocado oil, evening primrose oil, borage seed oil, cucumber extract, chamomile extract, horsetail, burdock, nettle
ManfaatAnti-aging, melembapkan
PewangiX
Alkohol
Isi120 ml
1

GaldermaCetaphil Bright Healthy Radiance Brightening Night Comfort Cream

Mulai dari Rp 285.000,00

Bahan pelembapGlycerin, butylene glycol, hyaluronic acid, hydrolyzed hyaluronic acid, sodium hyaluronate
Bahan kecantikan lainNiacinamide, Pancratium maritimum extract
ManfaatMencerahkan, melembapkan
PewangiX
AlkoholX
Isi50 gr

Tabel perbandingan produk krim malam terbaik

Gambar produk
1
Galderma Cetaphil Bright Healthy Radiance Brightening Night Comfort Cream 1

Galderma

2
Sukin Calming Night Cream - Sensitivr 1

Sukin

3
AVO Innovation Technology Avoskin Luminous Emulsion Night Cream 1

AVO Innovation Technology

4
The Body Shop New Formulation Vitamin E Night Cream Moisturizer 1

The Body Shop

5
P & G Olay Regenerist Micro-sculpting Cream Night 1

P & G

6
Wardah Lightening Night Cream Advanced Niacinamide 1

Wardah

7
Unilever Pond's Age Miracle Wrinkle Corrector Night Cream 1

Unilever

8
Mineral Botanica Perfect Purifying Acne Night Cream 1

Mineral Botanica

9
L'Oreal Paris White Perfect Clinical Night Cream 1

L'Oreal Paris

10
Safi White Expert Replenishing Night Cream 1

Safi

Nama produk

Cetaphil Bright Healthy Radiance Brightening Night Comfort Cream

Calming Night Cream - Sensitivr

Avoskin Luminous Emulsion Night Cream

New Formulation Vitamin E Night Cream Moisturizer

Olay Regenerist Micro-sculpting Cream Night

Lightening Night Cream Advanced Niacinamide

Pond's Age Miracle Wrinkle Corrector Night Cream

Perfect Purifying Acne Night Cream

White Perfect Clinical Night Cream

White Expert Replenishing Night Cream

Keunggulan

Penyelamat kulit sensitif Anda

Beraktivitas di bawah terik matahari? Tak takut lagi

Menjaga kekuatan kulit dari serangan polusi lingkungan

Kaya pelembap, tetapi cepat meresap

Jaga kulit tetap awet muda meski usia bertambah

Cegah pengaruh buruk pancaran layar alat elektronik

Lawan tanda penuaan dengan krim malam ini

Ucapkan selamat tinggal pada jerawat

Berantas noda hitam membandel pada kulit

Segarkan kulit wajah meski cuaca panas saat malam hari

Harga mulai dariRp 285.000,00Rp 271.000,00Rp 139.000,00Rp 239.000,00Rp 275.000,00Rp 45.000,00Rp 161.900,00Rp 46.000,00Rp 220.000,00Rp 51.500,00
Bahan pelembapGlycerin, butylene glycol, hyaluronic acid, hydrolyzed hyaluronic acid, sodium hyaluronateAloe vera, glycerin, wheat germ oilMineral oilButylene glycol, glycerin, soybean oil, cocoa seed butter, sodium hyaluronate, vitamin EGlycerin, sodium hyaluronate, panthenolGlycerin, butylene glycol,GlycerinJojoba oil, butylene glycol, olus oil, argan oilGlycerin, sodium hyaluronateBetaine, glycerin, butylene glycol, biosaccharide gum-1, sodium hyaluronate
Bahan kecantikan lainNiacinamide, Pancratium maritimum extractSesame seed oil, rosehip oil, cocoa seed butter, jojoba seed oil, vitamin E, avocado oil, evening primrose oil, borage seed oil, cucumber extract, chamomile extract, horsetail, burdock, nettleEthyl ascorbic acid, Helichrysum italicum flower oil, avocado oil, lemon peel oil, tocopherolRaspberry seed oilNiacinamide, tocopheryl acetate, Camellia sinensis leaf extract, palmitoyl pentapeptide-4Niacinamide, licorice extractRetinol-C Complex, butylated hydroxytoluene, tocopheryl acetate, sunflower seed oilSalicylic acid, rice bran oil, glycolic acid, Willow bark extract, Chinaberry leaf extractBifida ferment lysate, adenosine, palmitoyl oligopeptide, palmitoyl tetrapeptide-7Niacinamide, Nigella sativa seed oil, bisabolol
ManfaatMencerahkan, melembapkanAnti-aging, melembapkanAnti-aging, mencerahkanMelembapkan, melembutkanAnti-aging, mencerahkanMencerahkanAnti-aging, mencerahkanMengatasi jerawat, mencerahkanMencerahkan, anti-agingMencerahkan, menyegarkan, melembapkan
PewangiXXXX
AlkoholXXXXX
Isi50 gr120 ml10 gr50 ml50 gr20 ml, 30 gr10 gr, 50 gr25 gr50 ml25 gr
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar krim malam

Pertanyaan umum seputar krim malam

Kami telah membahas tuntas berbagai informasi seputar krim malam. Kali ini, kami akan menjawab pertanyaan umum seputar krim malam yang banyak diajukan di internet. Semoga membantu!

Apakah kulit berminyak tetap perlu menggunakan krim malam?

Semua jenis kulit tetap memerlukan krim malam. Hal ini disebabkan oleh tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan bercak hitam yang tidak bisa dihindari. Apabila Anda memiliki kulit berminyak, sesuaikan kandungan bahan aktif krim malam dengan kondisi kulit. Umumnya, kulit yang berminyak cocok menggunakan krim malam dengan bahan aktif retinoic acid atau retinol.

Tips memakai krim malam dengan benar

Tips memakai krim malam dengan benar

Setelah memilih krim malam, tentu Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, bukan? Oleh sebab itu, kami akan membagikan cara mengaplikasikan krim malam agar dapat memberikan efek yang diinginkan.


Saat terbaik untuk menggunakan krim malam adalah sehabis Anda mandi dan setelah mengaplikasikan essence. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoleskan krim malam.


Pertama, oleskan krim di telapak tangan Anda, lalu gunakan tangan tersebut untuk membungkus area sekitar pipi. Bahan yang terkandung dalam krim malam biasanya mudah meleleh pada suhu tubuh. Saat Anda mengaplikasikannya seperti ini, krim akan menyebar ke area kulit.


Anda juga bisa mengaplikasikannya dengan cara mengoleskan krim ke wajah. Setelah itu, silakan meratakannya sambil memijat kulit. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan manfaat dari krim malam sekaligus pijatan.


Dalam mengoleskan krim malam, takarannya sebaiknya Anda sesuaikan dengan aturan pakai yang tertera. Namun, Anda juga bisa menggunakannya sesuai kebutuhan kulit, misalnya lebih ditekankan di area T-zone. Jika masih ada krim yang tersisa, Anda bisa mengaplikasikannya pada kulit tangan. Bila bagian kulit wajah ada yang terasa masih kering, Anda pun bisa mengoleskan ulang sisa krim.


Setelah selesai mengoleskan krim malam pada wajah, silakan tepuk-tepuk wajah dengan telapak tangan. Hal ini berfungsi untuk membantu penyerapan krim ke kulit.


Ingat pula untuk menyesuaikan pemakaian krim malam dengan kandungan bahan aktif di dalamnya. Kandungan-kandungan seperti AHA atau retinoic acid tidak boleh digunakan secara berlebihan. Cukup aplikasikan tipis-tipis pada wajah dan sebaiknya dikombinasikan dengan pelembap.


Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa mengaplikasikan krim malam setelah mandi? Menurut penelitian, setelah mandi, lapisan pelindung kulit sedang berkurang akibat meningkatnya suhu tubuh. Karena itu, krim malam digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Pengaplikasian krim malam dengan tangan pun ternyata dapat meningkatkan rasa gembira sehingga berpengaruh baik ke tekstur kulit.

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah lainnya di sini

Demi mendapatkan kulit yang senantiasa sehat, penggunaan krim malam saja belum cukup. Saat ini telah banyak produk perawatan yang dapat Anda gunakan di rumah. Cleansing cream, sabun muka, toner, face emulsion, essence, hingga krim harian siap dimasukkan dalam regimen skincare Anda. Agar Anda lebih mengenal manfaat setiap produk, mari cek artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Karena proses regenerasi kulit terjadi saat malam hari, tentu Anda perlu memilih krim malam yang terbaik. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya keesokan harinya. Bekas jerawat, noda hitam, hingga kerutan pada wajah pun dapat diatasi dengan krim malam yang tepat.


Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel krim malam kali ini? Semoga artikel ini dapat Anda jadikan referensi dalam menentukan krim malam yang bagus. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Bulu Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Bulu Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Bulu mata yang panjang dan lentik akan membuat mata Anda terlihat cantik. Namun, penggunaan penjepit bulu mata dan eyelash extension dapat membuat bulu mata rapuh dan rontok. Solusinya, Anda dapat menggunakan serum bulu mata. Serum ini akan menutrisi sekaligus berfungsi sebagai penumbuh, pelentik, dan penguat akar. Hasilnya, bulu mata tampak lebih sehat, lebat, dan panjang.Berbagai merek eyelash serum, sepeti Nutrilash, Oilash, dan ERTO'S, akan kami review untuk memudahkan Anda mencari produk yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori