10 Rekomendasi SSD Eksternal Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi SSD Eksternal Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Portable external SSD yang dapat mentransfer data dengan cepat dan praktis dibawa mulai banyak dipakai untuk penyimpanan data. Sebelumnya, SSD merupakan barang mahal dan sulit didapatkan, tetapi sekarang harganya semakin terjangkau. Banyaknya produk keluaran produsen ternama, seperti Toshiba, SanDisk, Samsung, dan lainnya mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.

Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih SSD eskternal portabel, sekaligus merekomendasikan sepuluh produk terbaik yang kompatibel dengan sistem operasi Mac atau Windows. Temukanlah yang paling sesuai dengan tujuan pemakaian Anda!

Daftar isi

Apakah SSD eksternal portabel itu?

Apakah SSD eksternal portabel itu?

SSD adalah singkatan dari solid state drive yang memanfaatkan semiconductor untuk menyimpan data sebagai pengganti cakram disk. Singkatnya, SSD adalah semacam USB flash disk yang ukurannya diperbesar.

Sampai saat ini, HDD (hard disk drive) internal masih yang paling umum digunakan pada komputer. Namun, beberapa komputer yang memiliki performa tinggi (high-spec) sudah menggunakan SSD internal. Hal ini dikarenakan harganya yang makin terjangkau dan kapasitas penyimpanannya yang makin besar.

Meskipun kecepatan transfer data bervariasi tergantung interface maupun metode koneksinya, secara umum SSD unggul dibandingkan HDD dalam hal kecepatan transfer data hingga lebih dari dua kali lipatnya. Dengan keunggulan tersebut, mungkin saja eksitensi HDD akan tergantikan oleh SSD.

Berbeda dengan SSD internal, versi eksternalnya yang portabel diproduksi agar mudah dibawa ke mana-mana. Bentuknya pun compact karena tanpa disk. Selain itu, karena sumber daya SSD eksternal sepenuhnya berasal dari port USB, Anda tidak perlu mencolokkannya ke stopkontak seperti pada HDD. Pilihlah SDD eksternal portable sesuai kebutuhan Anda guna mendapatkan performa terbaiknya.

Cara memilih SSD eksternal portabel

Berikut ini kami akan membahas poin-poin penting dalam memilih SSD eksternal portabel. Mengingat bentuknya yang portabel, sebaiknya perhatikan poin-poin ini dengan saksama dan bandingkanlah keunggulan serta kekurangannya masing-masing.

Pilihlah kapasitas penyimpanan sesuai tujuan pemakaian

Pertama, tentukan tujuan pemakaian SSD sesuai kebutuhan Anda, apakah untuk menyimpan foto, video, atau backup data? Kedua, perhatikan juga seberapa besar kapasitas file yang akan disimpan sehingga Anda dapat menentukan storage capacity SSD yang dibutuhkan.

Kapasitas 200 GB cukup untuk data teks atau foto digital camera

Kapasitas 200 GB cukup untuk data teks atau foto digital camera

SSD dengan kapasitas penyimpanan 200 GB (gigabyte) sudah mencukupi saat Anda perlu membawa data berupa image atau text. Dokumen teks dalam format Word berisi 60 halaman biasanya ukuran file-nya tidak akan melebihi 1 MB (megabyte).

Apabila Anda ingin menyimpan foto dari digital camera (digicam), kapasitas 1 GB kira-kira dapat menyimpan sekitar 700 file foto dari kamera dengan kualitas tiga megapiksel. Dengan kapasitas 200 GB, Anda dapat menyimpan sampai dengan 140 ribu foto. Selama Anda bukan fotografer profesional, kapasitas ini sudah cukup memadai.

Kapasitas 500 GB – 1 TB untuk backup foto beresolusi tinggi

Kapasitas 500 GB - 1 TB untuk backup foto beresolusi tinggi

Apabila Anda mencari SSD untuk backup data foto resolusi tinggi yang dihasilkan kamera Single-Lens Reflex (SLR), sebaiknya pastikan terlebih dahulu berapa banyak jumlah foto dalam resolusi paling tinggi yang dapat disimpan dalam SSD tersebut. Jadikan angka ini sebagai standar untuk memilih kapasitas SSD yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, kamera SLR dapat menghasilkan selembar foto high resolution berukuran 3.264 x 2.448 pixel dengan ukuran file sekitar 3 MB. Itu berarti setiap 1 GB dapat menyimpan sekitar 300 lembar foto. Dengan begitu, SDD berkapasitas 500 GB lebih direkomendasikan daripada 100 GB. Terlebih lagi jika Anda mengambil gambar dengan kualitas paling tinggi, sebaiknya pilihlah SDD berkapasitas 1 TB (terabytes).

Bandingkan maximum transfer speed, read, dan write-nya

Bandingkan maximum transfer speed, read, dan write-nya 

Saat ini sudah semakin banyak variasi SSD yang menggunakan interface USB 3.0. Akan tetapi, pada jenis USB 3.0 pun sebenarnya terdapat perbedaan kecepatan transfer. Bandingkan dan pertimbangkanlah interface pada masing-masing SSD tersebut dan seberapa besar maximum transfer speed-nya.

Dibandingkan dengan interface USB 2.0 yang masih umum digunakan, USB 3.0 bisa memberikan transfer speed hingga lebih dari sepuluh kali lipat. Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk memilih SSD yang sudah support USB 3.0 atau 3.1.

Selain itu, performa produk seperti reading dan writing speed juga merupakan hal yang penting. Keterangan maximum transfer speed yang tertulis dalam suatu produk adalah perhitungan secara teori. Pada kenyataannya, transfer speed bisa berbeda saat pemakaian. Pilihlah produk yang memiliki read & write speed sekitar 350 MB/s  – 500 MB/s karena harganya lebih terjangkau dan performance-nya baik.

 ExFAT untuk pemakaian OS Windows dan Mac

ExFAT untuk pemakaian OS Windows dan Mac

SSD eksternal akan tidak kompatibel jika tidak disesuaikan terlebih dahulu dengan OS (Operating System) yang digunakan. Beberapa file system SSD hanya dapat dipakai di OS Windows atau Mac saja. Agar dapat digunakan pada keduanya, direkomendasikan memilih format ExFat yang dapat dibaca pada OS Windows maupun Mac dan tidak ada limit kapasitas dalam transfer data.

Spesifikasi tabel biasanya memberikan detail keterangan SSD, termasuk pada jenis OS apa produk tersebut bisa digunakan. Memilih format yang support OS pada laptop Anda memang baik, tetapi lebih baik lagi jika SSD yang Anda beli juga mendukung jenis OS yang lain.

Pilih yang tahan terhadap getaran atau benturan

Pilih yang tahan terhadap getaran atau benturan

Dikarenakan SSD eksternal portabel sering digunakan untuk dibawa berpergian, pilihlah yang tahan terhadap getaran, benturan, antidebu, atau bahkan tahan air. Tidak ada yang lebih bagus dari SSD yang durable, baik itu untuk indoor maupun outdoor.

Saat Anda membawa SDD di dalam tas, ada kemungkinan data menjadi korup akibat benturan. Oleh karena itu, pilihlah SSD eksternal yang shockproof agar data lebih terlindungi karena umumnya produk semacam ini telah menjalani serangkaian uji drop test.

Selain itu, pilihlah juga SSD yang tahan air agar mesin terlindung dan tidak mudah rusak saat Anda membawanya. Saat ini sudah ada beberapa merek SSD yang menyertakan keterangan water resistance pada produknya. Keunggulan ini dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih SSD.

Pilih yang unggul dalam hal security

Pilih yang unggul dalam hal security

Fungsi security adalah hal penting, terutama untuk mengantisipasi ketika SSD hilang atau dicuri. Terlebih lagi jika SSD digunakan untuk menyimpan data yang berkaitan dengan pekerjaan, pilihlah produk yang memiliki fungsi security yang tinggi. Di toko-toko online sudah banyak terdapat SDD yang menyediakan berbagai fungsi security. Namun, sebaiknya pilihlah produk yang mudah digunakan dan gampang dimengerti.

Sebagai contoh, jika Anda memilih SSD eksternal yang sistem lock dan unlock-nya menggunakan kartu chip, pilihlah yang dapat juga di-unlock dengan smartphone milik sendiri.

Portable SSD yang mudah dibawa ke mana-mana memiliki risiko hilang yang besar juga. Sangat berbahaya untuk memasukkan data penting seperti dokumen rahasia kantor ke dalam SSD tanpa security. Oleh sebab itu, pilihlah SSD yang unggul dalam memproteksi data.

Cek juga kemudahan membawanya

Cek juga kemudahan membawanya

SSD eksternal yang terlalu berat dan besar tentunya sulit untuk dimasukkan ke dalam tas. Oleh sebab itu, pertimbangkan size dan beratnya pada saat memilih. Saat ini bahkan sudah ada SSD portabel yang beratnya hanya 8 gram! Sangat ringan untuk dibawa bepergian, bukan?

Ukuran SSD portabel yang direkomendasikan adalah sebesar kartu nama sehingga dapat dimasukkan ke dalam saku bagian dada. Acuannya kira-kira memiliki lebar sekitar 7 cm. Selain itu, untuk kemudahan saat dibawa, pilihlah yang sudah dilengkapi dengan tali dan kabel yang terintegrasi dengan bodi SSD.

10 Rekomendasi SSD eksternal portabel terbaik

Sekarang kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi SSD eksternal portabel terbaik tahun ini. Produk-produk berikut dipilih berdasarkan kepraktisan dan kenyamanan pada waktu dibawa, serta berdasarkan cara memilih yang telah dibahas di atas. Temukanlah SSD portabel eksternal yang cocok untuk kebutuhan Anda!

10. Seagate Fast SSD

10. Seagate Fast SSD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.485.000

Beli SSD-nya, bonus pakai Adobe-nya

Seagate Fast SSD kira-kira memiliki bentuk seukuran roti tawar. Ukurannya yang compact, tetapi tidak terlalu kecil ini bertujuan membantu Anda agar mudah menemukannya jika terselip bersama barang lain di dalam tas. SSD ini kompatibel dengan semua jenis OS sehingga bertukar data antar satu perangkat komputer ke perangkat lainnya bisa dilakukan dengan gampang dan cepat.

Bagi Anda yang sering mengolah data foto, SSD ini memberikan bonus berlangganan software Adobe Creative Cloud selama dua bulan. Namun, proses edit foto menggunakan Adobe terkadang membutuhkan kapasitas besar. Mengantisipasi hal tersebut, Seagate menawarkan varian kapasitas penyimpanan hingga 2 TB dengan harga relatif terjangkau.

Kapasitas 250 GB
Kompatibel untuk OS Windows 7 dan versi setelahnya, Mac 10.9 dan versi setelahnya
Durablity Tidak disebutkan
Security ×
Dimensi (panjang × lebar × tinggi) 9,4 cm × 7,9 cm × 0,9 cm
Berat 82 gr
Interface USB 2.0, 3.0
Kecepatan transfer maksimum Read: 540 MB/s, write: 500 MB/s

9. PNY Elite USB 3.0 Portable SSD

9. PNY Elite USB 3.0 Portable SSD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.050.000

SSD dengan ukuran hampir sebesar flash disk yang muat di kantong 

Mungkin ada yang tidak tahu bahwa PNY (Paris New York) adalah perusahaan asal AS yang memproduksi peranti data storage dan memory chip. Salah satu SSD yang dikeluarkan PNY adalah Elite USB 3.0 yang ukurannya hampir sebesar flash disk, berbahan aluminium yang ringan, tetapi kokoh. Cocok untuk Anda yang mengutamakan bentuk minimalis dan modis.

Dengan interface USB 3.0, produk ini memiliki kecepatan data transfer sampai dengan 430 MB/s. Itu berarti Anda bisa mentransfer file dengan ukuran 2 GB dalam waktu kurang dari 5 detik! Selain itu, setiap pembelian akan mendapatkan software cuma-cuma Acronis True Data Protection untuk backup dan proteksi data cepat, mudah, dan lebih baik.

Kapasitas 240 GB
Kompatibel untuk OS Windows Vista, Windows 7 dan versi setelahnya, Mac 10 dan versi setelahnya
Durability Tidak disebutkan
Security
Dimensi (panjang × lebar × tinggi) 2,36 cm × 1,4 cm × 0,35 cm
Berat 50 gr
Interface USB 3.0
Kecepatan transfer maksimum Read: 430 MB/s, write: 400 MB/s

8. XPG SD700X External Solid State Drive

8. XPG SD700X External Solid State Drive

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.039.000

Cegah frustrasi menunggu dengan loading game lebih cepat

XPG SD700X adalah SSD eksternal portabel pertama yang didesain kompatibel dengan semua jenis OS, bahkan game console! Anda hanya perlu memformatnya saat mencolokkan SSD ini untuk pertama kalinya, selanjutnya tinggal plug and play. Read speed yang dimiliki memungkinkan loading game lebih cepat agar Anda tidak perlu frustrasi menunggu.

Bodinya sendiri sudah mendapatkan sertifikat IP68 yang berarti telah menjalani tes di dalam air selama 1 jam pada kedalaman 1,5 meter. Selain itu, produk ini juga memenuhi standar military-spec shockproof, dan sudah dust-proof pada kondisi penutup USB tertutup sempurna.

Kapasitas 256 GB
Kompatibel untuk OS Windows Vista, Windows 7 dan versi setelahnya, Mac 10.6 dan versi setelahnya, Linux Kernel 2.6 dan versi setelahnya, Android 5.0 dan versi setelahnya, Xbox dan game console lainnya
Durability Shockproof, waterproof, dust-proof
Security
Dimensi (panjang × lebar × tinggi) 8,35 cm × 8,35 cm × 1,39 cm
Berat 100 gr
Interface USB 3.1
Kecepatan transfer maksimum Read: 440 MB/s, write: 430 MB/s

7. Transcend ESD400 Portable SSD

7. Transcend ESD400 Portable SSD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.437.500

Cukup klik satu tombol untuk proteksi ribuan data

Transcend ESC 400 memiliki desain compact seukuran kartu pokersehingga mudah dimasukkan ke dalam saku baju, sangat praktis untuk dibawa-bawa. Sistem koneksinya sendiri menggunakan USB 3.0 plus UASP (USB Attached SCSI Protocol) yang mampu mentransfer data sepuluh kali lebih cepat daripada USB 2.0.

Mengenai fitur security-nya, SSD ini dilengkapi dengan software Transcend Elite Data Management yang dapat memproteksi dan backup data secara simpel, cukup dengan menekan one click button saja! Pilihan ideal bagi Anda yang tidak ingin repot sewaktu backup dan data.

Kapasitas 256 GB
Kompatibel untuk OS Windows 7 dan versi setelahnya, MS 10.5 dan versi setelahnya
Durability Shockproof, vibration resistant 
Security
Dimensi (panjang × lebar × tinggi) 9,2 cm × 6,2 cm × 1,05 cm
Berat 56 gr
Interface USB 3.0, USB 3.1
Kecepatan transfer maksimum Read: 410 MB/s, write: 380 MB/s

6. Samsung Portable SSD T5

6. Samsung Portable SSD T5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.233.800

Transfer speed lebih cepat degan harga lebih terjangkau

Apabila Anda mencari SSD berkualitas mumpuni dengan harga terjangkau, mungkin SSD T5 adalah jawabannya! Meskipun tidak setipis generasi sebelumnya tipe T1, tipe T5 masih cukup compact untuk dibawa dalam saku baju atau celana. Transfer datanya pun sekitar 90MB/s lebih cepat dibandingkan T1. Cocok untuk Anda yang mementingkan kecepatan pemrosesan data.

Fitur security T5 menggunakan AES 256-bit, yaitu perangkat lunak yang sudah diuji kekuatan enkripsi password-nya. Seri ini tersedia dalam berbagai pilihan kapasitas storage hingga 2 TB dan dibedakan dengan variasi warna. Samsung juga menggaransi produknya selama 3 tahun untuk jasa perbaikan dan suku cadang gratis sehingga Anda bisa menggunakannya dengan tenang.

Kapasitas 250 GB
Kompatibel untuk OS Windows 7 dan versi setelahnya, Mac 10.9 dan versi setelahnya, Android 4.4 dan versi setelahnya
Durability Shockproof, vibration resistant, dust-proof
Sekuriti
Dimensi (panjang × lebar × tinggi)  7,1 cm × 5,32 cm × 0,92 cm
Berat 51 gr
Interface USB 2.0, USB 3.1
Kecepatan transfer maksimum 540 MB/s

5. Samsung Portable SSD T1

5. Samsung Portable SSD T1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.999.000

SSD tipis seukuran kartu nama dengan kapasitas besar

Samsung Portable SSD T1 yang kami rekomendasikan kali ini memiliki kapasitas penyimpanan 1 TB, cocok untuk Anda yang membutuhkan kapasitas besar, misalnya untuk keperluan profesi fotografer atau videografer profesional. Apabila kapasitas 1 TB dirasa terlalu besar, tersedia juga pilihan 250 dan 500 GB, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

SSD yang ukurannya sekecil kartu nama ini juga dilengkapi sistem security yang memadai guna menjamin data foto atau video klien tidak hilang apalagi tersebar tanpa izin di dunia maya. Fitur shockproof dan vibration resistant-nya menjadikan SSD ini tangguh dan memungkinkan untuk dibawa ke mana saja.

Kapasitas 1 TB
Kompatibel untuk OS Windows 7 (32 bit, 64 bit) dan versi setelahnya, Mac 10.7 dan versi setelahnya
Durability Shockproof, vibration resistant
Sekuriti
Dimensi (panjang × lebar × tinggi) 7,4 cm × 5,73 cm × 1,5 cm
Berat 26 gr
Interface USB 3.0, USB 3.1
Kecepatan transfer maksimum 450 MB/s

4. Toshiba Portable SSD X10

4. Toshiba Portable SSD X10
Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.228.800

Komputer lawas pun bisa connect dengan teknologi tinggi

Merek Jepang yang terkenal dengan kualitas tinggi dan harga relatif rendah, Toshiba, juga memproduksi data storage portabelnya. SSD X10 memiliki desain kotak simpel berukuran sekecil kartu kredit, tetapi kapasitas penyimpanannya cukup besar. Transfer speed-nya pun mumpuni dan sangat memadai untuk pemakaian personal.

Apabila SSD lain biasanya kompatibel dengan OS terbaru, produk dari Toshiba ini masih bisa terkoneksi dengan komputer yang menggunakan Windows XP. Hal ini merupakan keuntungan bagi orang tua yang cenderung gagap teknologi. Selain itu, bagi Anda yang ingin mentransfer data dari dan ke smartphone, silakan download aplikasinya di Google Play.

Kapasitas 250 GB
Kompatibel untuk OS Windows XP dan versi setelahnya, Mac 10 dan versi setelahnya, Android
Durability Tidak disebutkan
Security ×
Dimensi (panjang × lebar × tinggi) 8 cm × 4,9 cm × 0,9 cm
Berat 24 gr
Interface USB 3.1 (Gen 1)
Kecepatan transfer maksimum Read 430 MB/s, write 400 MB/s

3. Western Digital Sandisk Extreme Portable SSD

3. Western Digital Sandisk Extreme Portable SSD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.330.000

The best buy untuk kategori SSD tahan banting!

Western Digital yang telah dikenal secara global sebagai produsen digital data storage juga merilis beberapa SSD, salah satunya Sandisk Extreme Portable SSD dengan desain kotak simpel sebesar bungkus rokok dan setipis smartphone. Eksteriornya sendiri terbuat dari bahan karet lembut untuk mencegah slip saat dipegang.

Meskipun harganya cukup terjangkau, keunggulan yang didapat sangat banyak. Di antaranya adalah SSD ini bisa tetap berfungsi pada cuaca ekstrem (-20 sampai 70ºC), kuat menahan benturan, getaran, dan cipratan air. Bisa dikatakan ini adalah SSD yang tahan banting, pilihan tepat bagi outdoor people yang tetap berorientasi pada budget.

Kapasitas 250 GB
Kompatibel untuk OS Windows 7 dan versi setelahnya, Mac 10.4 dan versi setelahnya
Durability Shockproof, waterproof, vibration resistant 
Security
Dimensi (panjang × lebar × tinggi) 9,62 cm × 4,95 cm × 0,9 cm
Berat 38,9 gr
Interface USB 3.1
Kecepatan transfer maksimum 550 MB/s

2. Western Digital My Passport SSD

2. Western Digital My Passport SSD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp Rp 2.150.000

Size ekstra kecil, storage ekstra besar

Produk lainnya dari WD yang kami rekomendasikan adalah My Passport SSD yang hadir dengan ukuran ekstra kecil dan desain elegan. Produk ini unggul dalam kecepatan transfer data berkat ditunjang interface USB 3.1. Pilihan kapasitas penyimpanannya sendiri tersedia mulai dari 256 GB sampai dengan 2 TB yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Produk ini memiliki fitur enkripsi dengan password untuk keamanan data optimal dan juga dilengkapi dengan fitur backup data otomatis untuk mengurangi risiko kehilangan dokumen yang disimpan. Pilihan tepat bagi Anda yang mudah lupa untuk menyimpan dan memproteksi data penting.

Kapasitas 512 GB
Kompatibel untuk OS Windows 7 dan versi setelahnya, Mac 10 dan versi setelahnya
Durability Shockproof
Security
Dimensi (panjang × lebar × tinggi) 9 cm × 4,5 cm × 1 cm
Berat Tidak disebutkan
Interface USB 3.1
Kecepatan transfer maksimum 540 MB/s

1. LaCie Rugged Thunderbolt USB-C

1. LaCie Rugged Thunderbolt USB-C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.600.000

SSD terkuat tercipta untuk petualang!

Selama 1 dekade LaCie Rugged menjadi produk andalan pekerja industri kreatif karena daya tahan dan sistem proteksi datanya. Salah satu serinya, Thunderbolt USB-C ini bahkan dapat menahan beban sampai 1 ton dan juga bertahan saat jatuh dari ketinggian 2 meter! Bahan karet yang menyelimutinya juga memproteksi bodi SSD guna meminimalisasi disk error.

Proteksi datanya sendiri menggunakan software encryption AES 256-bit, sistem proteksi tercanggih saat ini. Pada versi ini, kabelnya sudah terintegrasi langsung sehingga Anda tidak perlu khawatir saat lupa membawa kabel. Selain itu, warna orange cerah membantu Anda menemukannya apabila jatuh di perjalanan. Rekomendasi tepat bagi yang suka bertualang!

Kapasitas 1 TB
Kompatibel untuk OS Windows 7 dan versi setelahnya, Mac 10.9 dan versi setelahnya
Durability Shockproof, waterproof, vibration resistant, dust-proof
Security
Dimensi (panjang × lebar × tinggi) 14 cm × 8,9 cm × 2,4 cm
Berat 260 gr
Interface USB 2.0, 3.0
Kecepatan transfer maksimum 510 MB/s

Kesimpulan

Kali ini kami telah menjelaskan cara memilih SSD eksternal portabel sekaligus merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Bagaimana menurut Anda? Apakah ada yang memenuhi kriteria produk yang Anda cari?

Anda dapat memilih salah satu dari produk yang kami rekomendasikan sesuai dengan OS komputer dan tujuan pemakaiannya. Bandingkan dan pilihlah SSD yang cocok untuk Anda dengan mempertimbangkan poin-poin yang telah dibahas dalam artikel ini.