• 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini speaker Bluetooth mini sedang sangat populer. Selain ukurannya yang compact dan portable, kualitas suaranya pun tak kalah bagus dengan speaker berukuran besar sekalipun. Anda pun bisa mendengarkan musik kesukaan di mana saja dan kapan saja Anda inginkan. 


Seiring meningkatnya popularitas, Anda mungkin kebingungan menemukan produk yang bagus. Beberapa merek, seperti JBL, Sony, Bose mungkin bisa dijadikan pertimbangan. Selain itu, masih ada banyak rekomendasi speaker Bluetooth mini murah, minimalis, atau dengan suara bass terbaik. Baca tips memilih speaker Bluetooth mini di bawah ini dan temukan produk terbaik untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih speaker Bluetooth mini terbaik

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih speaker Bluetooth mini. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting ini dengan saksama.

Pastikan kualitas suaranya tidak mengecewakan

Anda dapat memeriksa speaker Bluetooth mini berdasarkan kualitas suara jika Anda menginginkan produk yang bagus. Hal pertama yang perlu diperiksa saat memilih speaker Bluetooth mini adalah codec yang kompatibel. Selanjutnya, periksalah Bluetooth speaker berdasarkan fitur radiator pasif dan besaran watt. Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan berikut ini.

Speaker dengan codec AAC atau lebih tinggi memiliki kualitas suara yang baik

Speaker dengan codec AAC atau lebih tinggi memiliki kualitas suara yang baik
Codec merupakan sistem yang mengkompresi dan mengubah sumber suara. Hal ini penting karena sumber suara dikirimkan dari smartphone ataupun perangkat lain melalui gelombang radio Bluetooth. Pada dasarnya, kualitas suara yang dihasilkan akan makin baik sesuai urutan codec SBC, AAC, apt-X, lalu LDAC. Jadi, jika Anda mementingkan kualitas suara, pilihlah Bluetooth speaker yang kompatibel dengan codec AAC atau lebih tinggi.

Namun, tidak ada artinya jika speaker pengirim dan penerima tidak mendukung codec yang sama. Untuk itu, periksalah codec mana yang kompatibel dengan perangkat Anda dan pilihlah produk yang sesuai. 


Lain lagi halnya dengan produk tanpa tipe codec. Hal ini berarti produk tersebut hanya mendukung codec SBC. Codec SBC memiliki kualitas suara yang standar, bahkan mungkin juga terjadi pergeseran suara. Jadi, sebaiknya Anda memilih produk yang bisa kompatibel dengan berbagai codec.


Terakhir, harap dicatat bahwa LDAC merupakan codec yang dikembangkan oleh brand Sony. Jadi, ada kemungkinan bahwa speaker tersebut hanya kompatibel dengan produk standar asli Sony.

Ingin speaker dengan kualitas suara bass? Speaker dengan radiator pasif jawabannya

Ingin speaker dengan kualitas suara bass? Speaker dengan radiator pasif jawabannya
Banyak yang mengatakan, speaker berukuran mini tidak bisa menghasilkan suara bass yang baik. Hal ini dikarenakan ruangan speaker mini tidak memungkinkan suara beresonansi sebaik speaker besar. Kenyataannya, jika speaker mini memiliki radiator pasif di dalamnya, speaker tersebut tetap dapat menghasilkan suara bass yang kuat

Radiator pasif adalah fungsi yang berguna untuk menangkap getaran udara dan meningkatkan jangkauan suara bass. Radiator pasif menentukan 80% kualitas suara Bluetooth speakerApabila Anda menginginkan Bluetooth speaker dengan kualitas suara bass yang bagus, pilihlah produk yang memiliki fungsi radiator pasif. 


Perlu diketahui juga, ada speaker yang hanya mendukung codec SBC, tetapi dilengkapi dua radiator pasif dan woofer independen. Speaker seperti ini mampu menghasilkan suara rendah maupun tinggi dengan kualitas yang benar-benar berbeda.

Speaker dengan tenaga listrik 20 watt atau lebih bisa dipakai di luar ruangan

Speaker dengan tenaga listrik 20 watt atau lebih bisa dipakai di luar ruangan

Dengan melihat jumlah watt yang menunjukkan output speaker, Anda dapat mengetahui kenyaringan dan resonansi bass yang dihasilkan. Makin besar wattnya, makin keras juga suara yang dihasilkan dan makin bagus kualitas bass-nya.


Jika speaker Bluetooth mini memiliki daya kurang dari 1 watt, mungkin suara bass hampir tidak terdengar sama sekali. Namun, jika speaker Bluetooth mini memiliki daya 5-15 watt, Anda dapat mendengar suara bass, bahkan dari jarak 10 meter. Jika Anda ingin mendengarkan musik rock di live house atau outdoor, pilihlah produk dengan output 20 watt atau lebih.


Meskipun begitu, Anda juga perlu cermat ketika melihat daya speaker. Jika speaker Anda memiliki daya yang kecil, bukan berarti jumlah watt harus ditingkatkan. Jika jumlah watt tidak sesuai dengan tempat penggunaan, suara yang dihasilkan bisa pecah dan mengganggu sekitar Anda. Jadi, berhati-hatilah!

Stereo lebih ideal daripada monaural untuk suara tiga dimensi

Stereo lebih ideal daripada monaural untuk suara tiga dimensi

Secara umum, ada dua jenis speaker, yakni stereo dan monaural. Monaural hanya memiliki satu saluran suara. Di sisi lain, stereo menggunakan dua saluran suara sehingga menghasilkan suara yang lebih baik dibandingkan monaural. Karena itu, speaker stereo biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan monaural. Jika Anda concern terhadap kualitas suara, pilihlah speaker jenis stereo.


Sistem stereo memungkinkan terjadinya distorsi yang lebih kecil. Ketika Anda menyetel volumenya dengan cukup kuat, kemungkinan terjadinya keretakan suara cukup kecil. Di pasaran, ada beberapa produk monaural yang dapat digunakan sebagai stereo dengan membelinya dua buah. Namun, kami tetap menyarankan untuk memilih stereo sejak awal.

Sesuaikan fungsi dan spesifikasi speaker dengan situasi penggunaannya

Selain untuk mendengarkan lagu, ada beberapa fungsi lain yang bisa Anda dapatkan dari speaker Bluetooth mini. Cek dahulu kebutuhan Anda, lalu sesuaikan dengan fungsi dan spesifikasi speaker yang hendak dibeli. 

Speaker IP55 atau lebih, spesifikasi tahan air dan debu untuk kegiatan outdoor

Speaker IP55 atau lebih, spesifikasi tahan air dan debu untuk kegiatan outdoor

Ketahanan air dan debu bisa dinyatakan dalam "IP○△". Angka dalam ○ menunjukkan tingkat ketahanan terhadap debu, sedangkan angka dalam △ menunjukkan tingkat ketahanan terhadap air. Misalnya tertulis "IPX5", berarti produk tersebut hanya memiliki fungsi tahan air. Namun, jika suatu produk memiliki fungsi tahan air dan tahan debu, akan tertulis "IP56" dan semacamnya.


Produk yang tahan air bisa digunakan saat hujan ringan, tetapi jangan sampai terkena air mengalir. Jika Anda memakainya untuk aktivitas outdoor, seperti liburan ke pantai atau kolam renang, IPX5-lah pilihannya. IPX5 juga tahan debu sehingga aman terkena pasir pantai.

Speaker dengan baterai berdaya tahan 7-8 jam, lebih nyaman dibawa bepergian

Speaker dengan baterai berdaya tahan 7-8 jam, lebih nyaman dibawa bepergian
Apabila Anda sering membawa speaker Bluetooth mini bepergian, pilihlah produk dengan ketahanan baterai antara 7-8 jam. Namun, jika tak mau repot sering mengisi daya, pilihlah speaker Bluetooth mini dengan daya tahan baterai yang lebih lama. Di pasaran, tersedia produk yang memiliki kemampuan bertahan sampai 16 jam, lho!

Perhatikan versi Bluetooth-nya

Perhatikan versi Bluetooth-nya

Bluetooth memiliki berbagai versi. Makin besar angkanya, Bluetooth makin up to date dan memiliki kinerja yang lebih tinggi. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kelas dan profil Bluetooth.


Bluetooth yang paling ter-update kini adalah 5.0. Versi ini memiliki fungsi penyambungan otomatis yang membuat Anda tidak perlu melakukan koneksi ulang saat koneksi tiba-tiba terganggu. Namun, beberapa produk juga masih menggunakan Bluetooth versi 4.0 yang lebih hemat daya dibandingkan versi 3.0.

Cari ukuran speaker yang kurang lebih berukuran 10 cm

Cari ukuran speaker yang kurang lebih berukuran 10 cm

Speaker Bluetooth mini tentu saja harus berukuran kecil dan compact. Jika Anda ingin mencari speaker Bluetooth mini, carilah paling tidak ukuran dimensinya kurang lebih 10 cm. Ukuran ini pas digenggam tangan, bahkan bisa Anda selipkan di tas. Ukurannya yang compact juga sangat mudah dibawa bepergian dan tidak membebani Anda

Pilihlah fitur tambahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilihlah fitur tambahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Selain untuk mendengarkan musik, beberapa produk menawarkan fitur lain yang bisa mempermudah kegiatan Anda. Berikut ini adalah beberapa fitur yang umum terdapat pada speaker Bluetooth mini. 


  • TWS dual machine interconnection

Fitur ini memungkinkan speaker dapat terkoneksi dengan speaker sejenis lainnya. Jadi, dengan dua speaker, Anda akan mendapatkan suara yang lebih besar dan kuat setara stereo. 


  • Microphone

Dengan adanya microphone, saat ada panggilan telepon Anda tak perlu repot mematikan speaker. Anda cukup menekan tombol dan bisa berbicara lewat speaker


  • FM radio

Ada beberapa speaker yang memiliki built-in radio. Jadi, di samping mendengar musik dari handphone, Anda pun bisa mendengar siaran radio lewat speaker


Masih ada banyak lagi fitur yang ditawarkan. Apa pun fiturnya, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. 

10 Rekomendasi produk speaker Bluetooth mini terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk speaker Bluetooth mini terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Olike Portable Speaker 1

Olike

2
Vivan Speaker Bluetooth Mini  1

Vivan

3
Thinkplus Lenovo Portable Speaker Stereo Mini HiFi Wireless Speaker 1

Thinkplus

4
Joyseus Speaker Bluetooth 5.0 Portable Ultra Bass 1

Joyseus

5
Harman JBL Clip 3 1

Harman

6
Simbadda Speaker Bluetooth Simbadda  1

Simbadda

7
Cambridge SoundWorks OontZ Angle 3  1

Cambridge SoundWorks

8
Bose SoundLink Mini II Special Edition 1

Bose

9
Anker Anker x Marvel Soundcore Mini 3 Pro  1

Anker

10
Sony Speaker Nirkabel Portabel EXTRA BASS™ 1

Sony

Nama produk

Portable Speaker

Speaker Bluetooth Mini

Lenovo Portable Speaker Stereo Mini HiFi Wireless Speaker

Speaker Bluetooth 5.0 Portable Ultra Bass

JBL Clip 3

Speaker Bluetooth Simbadda

OontZ Angle 3

SoundLink Mini II Special Edition

Anker x Marvel Soundcore Mini 3 Pro

Speaker Nirkabel Portabel EXTRA BASS™

Keunggulan

Keren, bisa terkoneksi dengan berbagai perangkat

Speaker mini yang siap temani aktivitas olahraga Anda

Mengusung codec AAC, hasilkan suara lebih jernih dan baik

Si kecil minimalis yang bisa terkoneksi ke dua speaker sekaligus

Mudah dibawa dengan adanya carabiner

Mudah menjawab panggilan telepon tanpa repot mematikan speaker

Desain triangular, lebih fleksibel untuk dioperasikan

Si pintar yang bisa terkoneksi dengan voice assistants

Si kecil dengan ketahanan baterai yang mumpuni

Lebih meriah dengan EXTRA BASS

Harga mulai dariRp 199.000,00Rp 180.000,00Rp 399.000,00Rp 299.000,00Rp 1.199.000,00Rp 229.000,00Rp 549.000,00Rp 3.299.000,00Rp 999.000,00Rp 1.009.000,00
Radiator pasifTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Jenis speakerTidak ada keteranganMonauralTidak ada keteranganMonauralMonauralTidak ada keteranganStereoMonauralTidak ada keteranganMonaural
Dimensi10,9 cm x 3,6 cm x 6,9 cm9,4 cm x 9,4 cm x 4,8 cm8 cm x 8 cm x 6,3 cm8,15 cm x 5,75 cm x 5,65 cm13,7 cm x 9,7 cm x 4,6 cm9,9 cm x 4 cm x 9,9 cm13,3 cm x 6,6 cm x 7,1 cm18 cm x 5,8 cm x 5,1 cmTidak ada keteranganDiameter 4,6 cm
Antiair dan antidebuTidak ada keteranganIPX5xIPX4IPX7Tidak ada keteranganIPX5Tidak ada keteranganIPX7IP67
Ketahanan baterai4 jam8 jam6 jam6 jam10 jam4–6 jam14 jam12 jam15 jam16 jam
Versi Bluetooth5.05.05.05.04.15.04.2Tidak ada keterangan5.04.2
Fitur lainSupport TF Card, FM, USB, RadioSupport TWS, SD card, USBInternal microphone, TWS dual machine interconnection, 360° surround soundTWS dual machine interconnectionCarabiner speakerphone, rubber housingBuilt-in microphone, built-in FM Radio3,5 mm audio cable input, speakerphone, lightweightSpeakerphone, access to voice assistant, voice promptsBass up technology, customizeble EQ with SoundCore APP, beat driven light show, partycastFast pair, EXTRA BASS, internal microphone, multidirectional strap
Tautan produk
10

SonySpeaker Nirkabel Portabel EXTRA BASS™

SRS-XB13

Mulai dari Rp 1.009.000,00

Radiator pasif
Jenis speakerMonaural
DimensiDiameter 4,6 cm
Antiair dan antidebuIP67
Ketahanan baterai16 jam
Versi Bluetooth4.2
Fitur lainFast pair, EXTRA BASS, internal microphone, multidirectional strap
9

AnkerAnker x Marvel Soundcore Mini 3 Pro

A3127

Mulai dari Rp 999.000,00

Radiator pasif
Jenis speakerTidak ada keterangan
DimensiTidak ada keterangan
Antiair dan antidebuIPX7
Ketahanan baterai15 jam
Versi Bluetooth5.0
Fitur lainBass up technology, customizeble EQ with SoundCore APP, beat driven light show, partycast
8

BoseSoundLink Mini II Special Edition

Mulai dari Rp 3.299.000,00

Radiator pasif
Jenis speakerMonaural
Dimensi18 cm x 5,8 cm x 5,1 cm
Antiair dan antidebuTidak ada keterangan
Ketahanan baterai12 jam
Versi BluetoothTidak ada keterangan
Fitur lainSpeakerphone, access to voice assistant, voice prompts
7

Cambridge SoundWorksOontZ Angle 3

Mulai dari Rp 549.000,00

Radiator pasif
Jenis speakerStereo
Dimensi13,3 cm x 6,6 cm x 7,1 cm
Antiair dan antidebuIPX5
Ketahanan baterai14 jam
Versi Bluetooth4.2
Fitur lain3,5 mm audio cable input, speakerphone, lightweight
6

SimbaddaSpeaker Bluetooth Simbadda

CST 370N

Mulai dari Rp 229.000,00

Radiator pasifTidak ada keterangan
Jenis speakerTidak ada keterangan
Dimensi9,9 cm x 4 cm x 9,9 cm
Antiair dan antidebuTidak ada keterangan
Ketahanan baterai4–6 jam
Versi Bluetooth5.0
Fitur lainBuilt-in microphone, built-in FM Radio
5
Radiator pasifTidak ada keterangan
Jenis speakerMonaural
Dimensi13,7 cm x 9,7 cm x 4,6 cm
Antiair dan antidebuIPX7
Ketahanan baterai10 jam
Versi Bluetooth4.1
Fitur lainCarabiner speakerphone, rubber housing
4

JoyseusSpeaker Bluetooth 5.0 Portable Ultra Bass

SP01

Mulai dari Rp 299.000,00

Radiator pasif
Jenis speakerMonaural
Dimensi8,15 cm x 5,75 cm x 5,65 cm
Antiair dan antidebuIPX4
Ketahanan baterai6 jam
Versi Bluetooth5.0
Fitur lainTWS dual machine interconnection
3

ThinkplusLenovo Portable Speaker Stereo Mini HiFi Wireless Speaker

K3

Mulai dari Rp 399.000,00

Radiator pasifTidak ada keterangan
Jenis speakerTidak ada keterangan
Dimensi8 cm x 8 cm x 6,3 cm
Antiair dan antidebux
Ketahanan baterai6 jam
Versi Bluetooth5.0
Fitur lainInternal microphone, TWS dual machine interconnection, 360° surround sound
2

VivanSpeaker Bluetooth Mini

VS1

Mulai dari Rp 180.000,00

Radiator pasifTidak ada keterangan
Jenis speakerMonaural
Dimensi9,4 cm x 9,4 cm x 4,8 cm
Antiair dan antidebuIPX5
Ketahanan baterai8 jam
Versi Bluetooth5.0
Fitur lainSupport TWS, SD card, USB
1
Radiator pasifTidak ada keterangan
Jenis speakerTidak ada keterangan
Dimensi10,9 cm x 3,6 cm x 6,9 cm
Antiair dan antidebuTidak ada keterangan
Ketahanan baterai4 jam
Versi Bluetooth5.0
Fitur lainSupport TF Card, FM, USB, Radio

Baca juga rekomendasi speaker lainnya di sini

Selain speaker Bluetooth mini, kami masih punya rekomendasi lain terkait speaker di sini. Anda bisa menemukan speaker Bluetooth tahan air, speaker outdoor, atau speaker wireless. Jika penasaran, langsung saja klik tautan di bawah ini untuk membaca artikel selengkapnya. Anda juga bisa mengunjungi situs kami untuk membaca lebih banyak artikel lain. 

Kesimpulan

Kami telah memaparkan cara memilih speaker Bluetooth mini. Meski ukurannya minimalis, suara yang bagus dan cukup untuk pemakaian sehari-hari. Karena ukurannya yang compact, Anda pun bisa membawanya ke mana saja, kapan saja Anda inginkan. 

Jika ingin dipakai kegiatan outdoor jangan lupa untuk memilih speaker dengan kemampuan tahan air yang baik. Semoga artikel ini membantu Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sebuah pertunjukan pasti memerlukan sound system. Agar suara yang dihasilkan lebih jelas, power amplifier dapat digunakan. Namun, beberapa orang masih bingung membedakan antara power amplifier tipe mono dengan stereo. Untuk itu, kali ini kami akan membahas tips memilih power amplifier terbaik.Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi power amplifier yang bagus dan murah, seperti merek Kinter, DAT, MarcoPolo, JuneJour, dan TARGA. Ada juga power amplifier mini yang bisa dipasang di mobil dengan daya di bawah 1000 watt. Jadi, simak artikelnya, ya. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Home entertainment
  • 10 Speaker Pasif Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Pasif Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker pasif menjadi perangkat yang Anda perlukan untuk melengkapi sound system agar mendapatkan kualitas audio lebih optimal. Dengan demikian, Anda dapat mendengarkan musik atau menonton film seperti halnya saat Anda berada di bioskop. Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai merek terkenal, seperti speaker pasif Polytron, Edifier, harman/kardon, dan sebagainya. Untuk mendapatkan produk yang bagus, Anda perlu mengetahui cara memilih speaker pasif terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kualitas audio terbaik dari produk pilihan Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Home entertainment
  • 10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa orang pasti sudah familier dengan subwoofer. Namun, apa itu subwoofer? Subwoofer adalah jenis speaker yang berfungsi untuk memutar suara dengan frekuensi rendah atau bass. Terdapat beberapa merek subwoofer terbaik yang beredar di pasaran, seperti Simbadda, JBL, Yamaha, dan lainnya. Subwoofer tersedia dalam beberapa ukuran, seperti 12 inci, 10 inci, dan masih banyak lagi. Anda mungkin bingung memilih subwoofer yang bagus untuk rumah Anda. Karena itu, kami akan membagikan cara memilih serta rekomendasi subwoofer terbaik. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Speaker Polytron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Speaker Polytron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Polytron adalah salah satu merek peralatan elektronik lokal yang terus berinovasi. Kualitas dan teknologinya yang unggul juga dapat Anda lihat pada produk audio speaker-nya. Tak heran seri produknya sangat laris di Indonesia, seperti multimedia speaker, soundbar speaker, active speaker, dan home theater speaker. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai speaker Polytron lengkap dengan cara memilihnya. Temukan speaker Bluetooth PMA 9310 dan PMA 9502 yang terlaris serta speaker aktif Polytron PAS berteknologi XBR yang bagus. Review speaker Polytron terbaru juga dibahas di sini. Jadi, jangan sampai lewatkan artikelnya, ya! 
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Home theater speaker mampu membuat suara TV Anda menjadi lebih hidup. Berbagai model dan merek home theater speaker ditawarkan oleh produsen audio ternama, seperti Polytron, LG, Sony, dan lainnya. Karena itu, Anda yang sedang mencari home theater speaker untuk pertama kali mungkin akan kesulitan menentukan pilihan.Nah, kali ini kami akan menjelaskan tips memilih home theater speaker yang bagus dan tepat. Tak lupa, kami juga merekomendasikan sepuluh produk terbaik di artikel ini. Temukan produk home theater speaker yang paling pas untuk melengkapi ruang TV Anda!
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Radio Terbaik untuk Kondisi Darurat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Radio Terbaik untuk Kondisi Darurat (Terbaru Tahun 2022)
    Radio untuk kondisi darurat sangat berguna sebagai sumber informasi saat bencana terjadi. Radio ini juga bisa digunakan saat mati listrik atau tersesat di alam bebas tanpa sinyal. Ada beberapa merk radio untuk kondisi darurat yang tersedia di pasaran, mulai dari Degen, Retekess, Sony, hingga Panasonic.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih radio darurat yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi radio untuk kondisi darurat terbaik. Simak ulasan kami dan temukanlah radio yang sesuai kebutuhan. 
    Home entertainment
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori