10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Landak adalah hewan omnivora yang tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri sehingga membutuhkan makanan berprotein tinggi untuk membantu menyesuaikan suhu tubuhnya. Beberapa orang sering memberi makan landak dengan makanan kucing. Namun, sebaiknya Anda memberikan makanan khusus landak sebagai makanan pokok.

Makanan landak tentu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Jika Anda bingung dalam memilihnya, ada beberapa produk yang terkenal, seperti merek Mazuri dan Star Pets. Kali ini kami akan merekomendasikan makanan landak terbaik, cara memilihnya, serta solusi jika landak mogok makan. Simak, ya!

Daftar isi

Cara memilih makanan landak

Pertama-tama, kami akan menunjukkan bagaimana cara memilih makanan landak yang tepat kepada Anda. Kandungan nutrisi adalah poin penting yang sering terlupakan, mari periksa dengan saksama sebelum membeli!

Pilihlah berdasarkan kandungan nutrisinya

Saat membeli, kebanyakan orang cenderung memilih berdasarkan tampilan kemasan yang menarik atau bentuk peletnya. Namun, sebaiknya Anda melihat bagian belakang kemasan dan mencari tahu informasi mengenai kandungan nutrisinya, tanggal kedaluwarsa, dan juga tanggal produksinya. Jangan lupa mengecek bagian tersebut sebelum membeli!

Pilihlah makanan landak yang tinggi protein

Pilihlah makanan landak yang tinggi protein

Komposisi nutrisi dari makanan landak standarnya adalah 30-50% protein, 10-20% lemak, 1-5% serat, dan rasio kalsium berbanding fosfor adalah 1,2-1,5 : 1. Komposisinya tidak harus selalu tepat sesuai standar, tetapi semakin dekat angkanya, komposisi nutrisi makanan tersebut semakin seimbang untuk landak peliharaan Anda.

Landak adalah hewan yang memiliki metabolisme tinggi, organ pencernaannya pendek, serta kontrol suhu tubuhnya kurang baik sehingga landak akan mengatur suhu tubuhnya dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Jika Anda dihadapkan dengan dua pilihan makanan landak dengan unsur nutrisi yang mirip, pilihlah yang kandungan proteinnya lebih tinggi.

Selain hal di atas, perlu diperhatikan juga bahwa masih ada nutrisi yang kurang meskipun Anda sudah memberikan makanan khusus untuk landak. Oleh sebab itu, selain memberikan makanan khusus sebagai makanan pokok, Anda juga perlu menambahkan makanan lain seperti cacing giling atau jangkrik, protein hewani seperti daging mentah atau keju, sayuran seperti kol atau ubi jalar, serta buah-buahan seperti apel atau pisang dalam komposisi yang seimbang.

Periksalah tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa

Periksalah tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa

Pernahkah Anda membeli makanan dalam jumlah banyak dan tidak dihabiskan sampai kedaluwarasa, lalu dibuang begitu saja? Oleh karena itu, sebaiknya periksa tanggal produksi atau tanggal kedaluwarsanya sebelum membeli, serta hindari produk yang tanggal produksinya sudah terlalu lama. Untuk memastikan makanan landak habis sebelum tanggal kedaluwarsanya, belilah dalam jumlah sedikit. Beberapa produk makanan landak dijual tanpa ada keterangan tanggal kedaluwarsanya sehingga sebelum membeli sebaiknya Anda memeriksa kandungan bahan-bahannya untuk memperkirakan tanggal kedaluwarsanya.

Pilihlah daging segar sebagai makanan utama

Pilihlah daging segar sebagai makanan utama

Landak liar biasa memakan serangga dan invertebrata. Oleh karena itu, berikan daging segar pada landak peliharaan Anda supaya bisa memenuhi kualitas makanannya seperti di habitat aslinya. Perlu diperhatikan juga bahwa landak dan hamster adalah jenis binatang yang berbeda. Jadi jangan berikan makanan hamster pada landak karena bisa terjadi ketidakseimbangan gizi yang pada akhirnya menyebabkan malnutrisi pada landak. Berilah makanan yang memang dikhususkan untuk landak.

Pilihlah makanan yang disukai oleh landak peliharaan Anda

Pilihlah makanan yang disukai oleh landak peliharaan Anda

Landak adalah hewan pemilih sehingga mereka hanya akan makan sedikit bila tidak suka dengan makanannya. Jika Anda terlanjur membeli makanan yang tidak disukai oleh landak peliharaan Anda, makanan tersebut terpaksa dibuang. Dalam kasus di atas, sebaiknya belilah dalam ukuran kecil untuk percobaan. Jika khawatir soal makanan landak Anda, belilah beberapa macam makanan dalam kemasan kecil dan coba berikan pada landak Anda.

Makanan landak ukuran kecil bisa Anda jumpai di toko-toko hewan peliharaan atau pun secara online. Silakan tentukan sendiri di mana Anda akan membelinya!

10 Rekomendasi makanan landak terbaik

Berikut ini beberapa makanan landak terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda dengan merujuk pada poin-poin cara memilih yang sudah dijelaskan sebelumnya. Mari simak ulasan lengkapnya!

10. Fish Burger

10. Fish Burger

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 40.000

Burger ala landak yang tinggi protein dan aroma yang menggoda!

Landak ternyata juga suka makan burger, loh! Hanya saja bagian atas dan bawah burger-nya terbuat dari fish snack, sementara bagian tengahnya terbuat dari ubi. Selain mengandung ikan, Fish Burger untuk landak ini juga mengandung chicken fillet sehingga makanan tersebut proteinnya cukup tinggi.

Teksturnya berbentuk stick yang tidak terlalu keras dan aromanya menggoda sehingga disukai landak. Produk ini cocok untuk digunakan sebagai makanan tambahan dan bisa Anda berikan saat bermain dengan landak Anda.

Berat bersih 30 gram
Protein 25%
Lemak 0,3%
Fiber 5%
Moisture 15%

9. Adewap Glider Charcoal Fish Snack

9. Adewap Glider Charcoal Fish Snack

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 31.500

Snack dengan kandungan charcoal baik untuk pencernaan dan gigi landak

Produk fish snack ini tinggi protein dan kalsium, serta mengandung arang aktif atau charcoal sehingga warnanya menjadi hitam. Dengan kandungan tersebut, diharapkan landak peliharaan Anda akan terbebas dari karang gigi dan tentu saja melancarkan pencernaannya.

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan saluran pencernaan dan gigi landak Anda. Dari segi rasa, produk fish snack arang ini tidak kalah enak dengan fish snack pada umumnya. Jika landak Anda kurang cocok dengan produk ini, jadikan sebagai campuran makanan lain sehingga manfaat arang aktifnya tetap bisa dirasakan.

Berat bersih 20 gram
Protein 25%
Lemak 0,3%
Fiber 5%
Moisture 15%

8. Markel Petshop Jangkrik Kering

8. Markel Petshop Jangkrik Kering

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 32.000

Jangkrik kering dengan aroma yang harum dan tahan lama

Produk ini dibuat dari jangkrik segar yang dikeringkan dengan oven hingga kadar airnya di bawah 1,5% sehingga dapat disimpan dalam waktu lama meskipun tanpa bahan pengawet. Produk ini memiliki protein tinggi dan teksturnya tidak menyeramkan lagi karena sudah kering. Sangat cocok bagi Anda yang tidak nyaman memegang serangga hidup.

Dari segi aromanya, produk ini sangat harum dan disukai oleh landak. Bahan yang membuat harum adalah campuran minyak kedelai dan minyak ikan kod. Namun, Anda perlu berhati-hati dan menggunakan makanan ini sebagai tambahan saja karena kandungan lemaknya cukup tinggi.

Berat bersih 50 gram
Protein 53,38%
Lemak 27,12%
Fiber 13,4%
Moisture 1,11%

7. Bandar Sugar Glider Dried Super Mealworm

7. Bandar Sugar Glider Dried Super Mealworm

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 33.500

Super mealworm yang mudah dicerna untuk daya tahan tubuh super

Ulat jerman atau superworm sudah terkenal bisa dijadikan makanan landak yang tinggi protein. Produk ini dipanggang dengan tambahan minyak ikan dan minyak kedelai guna meningkatkan kadar protein sekaligus memperkuat aroma.

Selain itu, kandungan minyak ikannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan landak Anda. Cocok sekali untuk landak yang kurang nafsu makan atau baru sembuh dari sakit. Bedanya dengan jangkrik atau ulat hongkong, super mealworm ini kandungan kitinnya lebih rendah sehingga mudah dicerna oleh landak.

Berat bersih 25 gram
Protein 53,38%
Lemak 40,67%
Fiber 13%
Moisture 0,3%

6. Sugeng Jaya Farm King Worm

6. Sugeng Jaya Farm King Worm

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 30.000

Makanan berkualitas super yang selalu baru

Salah satu keunggulan produk ini adalah fresh from the oven, jadi produk baru akan diolah jika ada pemesanan. Makanan landak berupa ulat hongkong kualitas super ini diambil dari ulat berukuran besar yang telah berumur 40 hari sehingga teksturnya cukup renyah.

Produk ini dapat dikonsumsi oleh landak dewasa, tetapi tidak disarankan untuk anak landak atau landak yang sudah tua karena kandungan kitinnya cukup tinggi sehingga bisa mengganggu pencernaannya landak. Kemasan botolnya juga menguntungkan karena bisa menutup lebih rapat sehingga kelembapannya terjaga.

Berat bersih 50 gram
Protein 47,28%
Lemak 40,67%
Fiber Tidak ada keterangan
Moisture 8,9%

5. Jerry’s Hedgehog Farm Pakan Landak Mini

5. Jerry's Hedgehog Farm Pakan Landak Mini

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 38.000

Pelet rasa tuna dengan ukuran yang pas sekali hap di mulut landak!

Pelet ini menggunakan bahan dasar ikan tuna dan diolah ke dalam bentuk pelet tanpa bahan pengawet. Ukuran peletnya pun dibuat kecil sesuai dengan ukuran yang dapat dimakan oleh landak Anda. Produk ini dapat tahan hingga tiga bulan. Praktis dan diformulasikan khusus untuk landak Anda sehingga tidak perlu khawatir landak Anda kekurangan nutrisi.

Berat bersih 1000 gram
Protein 32%
Lemak 15%
Fiber 5%
Moisture Tidak ada keterangan

4. Star Pets Hamsgehog Daily Food For Hedgehog

4. Star Pets Hamsgehog Daily Food For Hedgehog

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 32.000

Gizi lengkap dengan tambahan omega 3 dan 6

Makanan utama dengan lima nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh landak, yakni protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Semakin lengkap dengan tambahan omega 3 dan 6 yang sangat berguna dalam mendukung tumbuh kembang landak, membantu kinerja otak dan otot, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hamsgehog Daily Food For Hedgehog ini sangat cocok untuk makanan utama landak sehari-hari karena menunjang kebutuhan landak dan juga rendah lemak. Produk dari Star Pets ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya dan sudah memproduksi banyak makanan untuk berbagai jenis hewan peliharaan.

Berat bersih 500 gram
Protein 30%
Lemak 8%
Fiber 4,5%
Moisture 10%

3. Booster Daily Food Complete

3. Booster Daily Food Complete

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 30.000

Pelet dengan kandungan serangga yang rendah lemak

Booster adalah pelet dengan kandungan cacing kering yang tinggi protein. Namun, tidak seperti pelet serangga lainnya, kandungan lemak pada makanan yang satu ini cenderung lebih rendah. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin memberikan makanan mentah dengan kadar lemak yang tidak terlalu tinggi sehingga landak tidak obesitas.

Selain itu, kadar air pada makanan ini juga cukup tinggi sehingga aman diberikan setiap hari karena lebih mudah ditelan oleh landak. Namun, perlu diwaspadai juga kadar air yang tinggi bisa menyebabkan tumbuhnya jamur sehingga sebaiknya makanan landak ini segera dihabiskan.

Berat bersih 500 gram
Protein 40%
Lemak 15%
Fiber 17%
Moisture 14%

2. Mochimoko Premium Pelet

2. Mochimoko Premium Pelet

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 35.000

Makanan lengkap dan mengandung bee pollen untuk daya tahan tubuh landak!

Bagi Anda yang mencari pelet premium yang mengandung bahan lengkap seperti buah dan sayuran, produk ini cocok untuk Anda. Selain mengandung sayur dan buah seperti blueberry dan brokoli, produk ini mengandung bee pollen. Bee pollen dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi dan dilengkapi juga dengan vitamin yang menyehatkan bagi landak.

Bee pollen ini termasuk makanan asli landak di habitat alaminya sehingga tidak perlu khawatir landak tidak suka. Bahan ini mengandung antioksidan tinggi dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh landak. Penyajiannya pun sangat praktis karena tidak perlu dicampur air, tetapi landak tetap mudah memakannya.

Berat bersih 50 gram
Protein 31,5%
Lemak 3,5%
Fiber 3,6%
Moisture 13,5%

1. Mazuri Insectivore Diet

1. Mazuri Insectivore Diet

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 40.000

Makanan ekstrasi dengan kandungan taurin yang mudah dicerna

Sesuai namanya, produk makanan yang satu ini dapat menggantikan komponen-komponen yang ada pada serangga. Bila serangga mengandung lemak yang tinggi dan dapat menyebabkan obesitas pada landak, lain halnya dengan produk yang satu ini. Kandungan lemaknya terhitung rendah.

Selain itu, kandungan taurin yang dimilikinya dapat membantu dalam mengemulsi lemak sehingga dapat dipecah dan diproses oleh tubuh landak. Jadi Anda tak perlu khawatir untuk memberikan makanan yang satu ini pada landak kesayangan Anda. Cocok untuk Anda yang mencari makanan landak tinggi protein dan rendah lemak!

Berat bersih 150 gram
Protein 28%
Lemak 12%
Fiber 13%
Moisture 12%

Solusi jitu saat landak tidak mau makan

Masalah yang sering dialami oleh orang yang memelihara landak adalah landaknya tidak mau makan. Padahal sudah diberikan makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang, tetapi tiba-tiba landak tidak mau makan. Berhati-hatilah, mungkin landak Anda sedang sakit dan nafsu makannya menurun. Untuk itu, silakan coba beberapa metode di bawah ini agar landak mau memakan makanannya dengan memperhatikan kesukaan serta kondisinya.

Cobalah mengganti atau mencampur makanannya

Cobalah mengganti atau mencampur makanannya

Sama halnya dengan manusia, landak juga akan bosan dan tidak mau makan jika diberi makan makanan yang sama setiap hari. Saat landak mulai semakin sedikit makannya, Anda bisa mencoba jenis makanan yang berbeda. Namun, alih-alih langsung menggantinya ke makanan yang berbeda, lebih disarankan untuk mencampurnya sedikit ke dalam makanannya yang biasa dan menambah jumlahnya sedikit demi sedikit seiring waktu.

Makanan landak bisa saja terlihat sama, tetapi rasa dan teksturnya berbeda tergantung pada produknya. Jika Anda mencampur beberapa macam makanan dan memberikannya, Anda akan bisa menemukan kesukaan landak peliharaan Anda.

Cobalah melunakkan makanannya agar lebih mudah dicerna

Cobalah melunakkan makanannya agar lebih mudah dicerna

Landak bukanlah hewan pengerat seperti tikus sehingga giginya tidak akan tumbuh kembali bila patah. Selain itu, landak liar hanya sesekali memakan cacing tambang dan jangkrik karena makanan tersebut cukup keras untuk landak. Jika Anda ingin memberikan makanan landak dengan tekstur yang keras, makanan tersebut sebaiknya dilunakkan dahulu dengan air.

Makanan yang dilunakkan terlebih dahulu sangat disarankan bagi bayi landak dan landak yang sudah tua lantaran kapasitas sistem pencernaannya sudah menurun. Namun, bagi landak dewasa Anda dapat mencoba memberikan berbagai macam jenis makanan dengan tekstur yang berbeda. Perlu diperhatikan juga bahwa makanan seperti ini akan lebih mudah rusak karena makanan menyerap air. Jadi, sisa makanan yang telah dilunakkan sebaiknya langsung dibuang dan jangan disimpan.

Cobalah memberikan makanan mentah

Cobalah memberikan makanan mentah

Anda bisa mencoba memberikan makanan mentah pada landak yang kehilangan nafsu makannya. Pada dasarnya, makanan utama landak adalah serangga dan landak akan memakannya mentah-mentah. Berbagai makanan mentah juga sudah banyak dijual di toko hewan peliharaan maupun online.

Beberapa produk juga berani memberikan jaminan bahwa makanan mentah yang mereka jual itu dalam kondisi hidup. Apabila Anda menerima makanannya yang sudah dalam kondisi mati, Anda bisa meminta kompensasi. Namun, bagi Anda yang tidak suka dengan jenis makanan yang dalam kondisi hidup, Anda bisa memilih makanan dalam bentuk kering.

Meskipun landak sangat menyukai makanan mentah ini, tetapi berikanlah hanya sebagai kudapan. Hal ini dikarenakan cacing dan serangga mengandung banyak lemak sehingga dapat menyebabkan landak mengalami obesitas. Selain itu, jangan terlalu memanjakan landak Anda dengan hanya memberikan makanan mentah, nanti bisa-bisa landak Anda tidak mau makan makanan lainnya.

Coba perhatikan perubahan lingkungan yang terjadi

Coba perhatikan perubahan lingkungan yang terjadi

Landak adalah mahkluk yang sensitif sehingga tak jarang nafsu makannya bisa menurun akibat perubahan lingkungan. Terutama ketika pertama kali tiba di rumah atau setelah pindah rumah, landak bisa merasa gugup dan mengalami anoreksia. Dalam hal ini, ketika mulai terbiasa dengan lingkungannya, nafsu makannya akan kembali secara bertahap. Jika landak Anda tidak mau makan akibat lingkungan yang baru, jangan terlalu khawatir.

Perhatikan juga lokasi kandang landak Anda. Jika Anda meletakkan landak Anda di sekitar pintu atau jendela, getaran dari orang yang jalan atau pun suara mesin mobil mudah dirasakan oleh landak. Selain itu, sinar matahari juga langsung mengenai tubuhnya sehingga mempengaruhi suhu dan kelembapan tubuh landak. Anda juga perlu menjauhkan kandang landak dari wewangian, parfum, dan kosmetik karena landak sangat sensitif terhadap bau. Cobalah untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan.

Jika tidak mau makan sama sekali, ada kemungkinan si landak sakit!

Jika tidak mau makan sama sekali, ada kemungkinan si landak sakit!

Jika sudah mencoba segala cara yang dijelaskan di atas, tetapi nafsu makan landak Anda tidak kembali dan tetap tidak mau makan apa-apa, kemungkinan landak Anda kehilangan nafsu makannya karena sakit. Saat landak Anda tidak makan apapun, segeralah cek kesehatan landak Anda ke dokter hewan terdekat.

Kesimpulan

Kami telah memberikan rekomendasi makanan untuk landak peliharaan Anda, bagaimana menurut Anda? Landak yang pemilih tak akan mau makan makanan yang tidak disukainya. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda membeli beberapa macam jenis makanan untuk mengetahui mana yang paling disukai landak Anda.

Semoga Anda menemukan makanan yang tepat bagi landak peliharaan Anda dengan memperhatikan cara memilih di atas!