• 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Landak adalah hewan omnivora yang tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri sehingga membutuhkan makanan berprotein tinggi untuk membantu menyesuaikan suhu tubuhnya. Beberapa orang sering memberi makan landak dengan makanan kucing. Namun, sebaiknya Anda memberikan makanan khusus landak sebagai makanan pokok.

Makanan landak tentu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Jika Anda bingung dalam memilihnya, ada beberapa produk yang terkenal, seperti merek Mazuri dan Star Pets. Kali ini kami akan merekomendasikan makanan landak terbaik, cara memilihnya, serta solusi jika landak mogok makan. Simak, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 3.725 Views
Daftar isi

Cara memilih makanan landak

Pertama-tama, kami akan menunjukkan bagaimana cara memilih makanan landak yang tepat kepada Anda. Kandungan nutrisi adalah poin penting yang sering terlupakan, mari periksa dengan saksama sebelum membeli!

Pilihlah berdasarkan kandungan nutrisinya

Saat membeli, kebanyakan orang cenderung memilih berdasarkan tampilan kemasan yang menarik atau bentuk peletnya. Namun, sebaiknya Anda melihat bagian belakang kemasan dan mencari tahu informasi mengenai kandungan nutrisinya, tanggal kedaluwarsa, dan juga tanggal produksinya. Jangan lupa mengecek bagian tersebut sebelum membeli!

Pilihlah makanan landak yang tinggi protein

Pilihlah makanan landak yang tinggi protein
Komposisi nutrisi dari makanan landak standarnya adalah 30-50% protein, 10-20% lemak, 1-5% serat, dan rasio kalsium berbanding fosfor adalah 1,2-1,5 : 1. Komposisinya tidak harus selalu tepat sesuai standar, tetapi semakin dekat angkanya, komposisi nutrisi makanan tersebut semakin seimbang untuk landak peliharaan Anda.
Landak adalah hewan yang memiliki metabolisme tinggi, organ pencernaannya pendek, serta kontrol suhu tubuhnya kurang baik sehingga landak akan mengatur suhu tubuhnya dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Jika Anda dihadapkan dengan dua pilihan makanan landak dengan unsur nutrisi yang mirip, pilihlah yang kandungan proteinnya lebih tinggi.
Selain hal di atas, perlu diperhatikan juga bahwa masih ada nutrisi yang kurang meskipun Anda sudah memberikan makanan khusus untuk landak. Oleh sebab itu, selain memberikan makanan khusus sebagai makanan pokok, Anda juga perlu menambahkan makanan lain seperti cacing giling atau jangkrik, protein hewani seperti daging mentah atau keju, sayuran seperti kol atau ubi jalar, serta buah-buahan seperti apel atau pisang dalam komposisi yang seimbang.

Periksalah tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa

Periksalah tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa
Pernahkah Anda membeli makanan dalam jumlah banyak dan tidak dihabiskan sampai kedaluwarasa, lalu dibuang begitu saja? Oleh karena itu, sebaiknya periksa tanggal produksi atau tanggal kedaluwarsanya sebelum membeli, serta hindari produk yang tanggal produksinya sudah terlalu lama. Untuk memastikan makanan landak habis sebelum tanggal kedaluwarsanya, belilah dalam jumlah sedikit. Beberapa produk makanan landak dijual tanpa ada keterangan tanggal kedaluwarsanya sehingga sebelum membeli sebaiknya Anda memeriksa kandungan bahan-bahannya untuk memperkirakan tanggal kedaluwarsanya.

Pilihlah daging segar sebagai makanan utama

Pilihlah daging segar sebagai makanan utama
Landak liar biasa memakan serangga dan invertebrata. Oleh karena itu, berikan daging segar pada landak peliharaan Anda supaya bisa memenuhi kualitas makanannya seperti di habitat aslinya. Perlu diperhatikan juga bahwa landak dan hamster adalah jenis binatang yang berbeda. Jadi jangan berikan makanan hamster pada landak karena bisa terjadi ketidakseimbangan gizi yang pada akhirnya menyebabkan malnutrisi pada landak. Berilah makanan yang memang dikhususkan untuk landak.

Pilihlah makanan yang disukai oleh landak peliharaan Anda

Pilihlah makanan yang disukai oleh landak peliharaan Anda
Landak adalah hewan pemilih sehingga mereka hanya akan makan sedikit bila tidak suka dengan makanannya. Jika Anda terlanjur membeli makanan yang tidak disukai oleh landak peliharaan Anda, makanan tersebut terpaksa dibuang. Dalam kasus di atas, sebaiknya belilah dalam ukuran kecil untuk percobaan. Jika khawatir soal makanan landak Anda, belilah beberapa macam makanan dalam kemasan kecil dan coba berikan pada landak Anda.
Makanan landak ukuran kecil bisa Anda jumpai di toko-toko hewan peliharaan atau pun secara online. Silakan tentukan sendiri di mana Anda akan membelinya!

10 Rekomendasi makanan landak terbaik

Berikut ini beberapa makanan landak terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda dengan merujuk pada poin-poin cara memilih yang sudah dijelaskan sebelumnya. Mari simak ulasan lengkapnya!
Berat bersih30 gram
Protein25%
Lemak0,3%
Fiber5%
Moisture15%
Berat bersih20 gram
Protein25%
Lemak0,3%
Fiber5%
Moisture15%
Berat bersih50 gram
Protein53,38%
Lemak27,12%
Fiber13,4%
Moisture1,11%

7. Bandar Sugar Glider Dried Super Mealworm

Rp 33.500,00

Berat bersih25 gram
Protein53,38%
Lemak40,67%
Fiber13%
Moisture0,3%
Berat bersih50 gram
Protein47,28%
Lemak40,67%
FiberTidak ada keterangan
Moisture8,9%

5. Jerry’s Hedgehog Farm Pakan Landak Mini

Rp 38.000,00

Berat bersih1000 gram
Protein32%
Lemak15%
Fiber5%
MoistureTidak ada keterangan

4. Star Pets Hamsgehog Daily Food For Hedgehog

Rp 32.000,00

Berat bersih500 gram
Protein30%
Lemak8%
Fiber4,5%
Moisture10%
Berat bersih500 gram
Protein40%
Lemak15%
Fiber17%
Moisture14%
Berat bersih50 gram
Protein31,5%
Lemak3,5%
Fiber3,6%
Moisture13,5%
Berat bersih150 gram
Protein28%
Lemak12%
Fiber13%
Moisture12%

Solusi jitu saat landak tidak mau makan

Masalah yang sering dialami oleh orang yang memelihara landak adalah landaknya tidak mau makan. Padahal sudah diberikan makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang, tetapi tiba-tiba landak tidak mau makan. Berhati-hatilah, mungkin landak Anda sedang sakit dan nafsu makannya menurun. Untuk itu, silakan coba beberapa metode di bawah ini agar landak mau memakan makanannya dengan memperhatikan kesukaan serta kondisinya.

Cobalah mengganti atau mencampur makanannya

Cobalah mengganti atau mencampur makanannya
Sama halnya dengan manusia, landak juga akan bosan dan tidak mau makan jika diberi makan makanan yang sama setiap hari. Saat landak mulai semakin sedikit makannya, Anda bisa mencoba jenis makanan yang berbeda. Namun, alih-alih langsung menggantinya ke makanan yang berbeda, lebih disarankan untuk mencampurnya sedikit ke dalam makanannya yang biasa dan menambah jumlahnya sedikit demi sedikit seiring waktu.
Makanan landak bisa saja terlihat sama, tetapi rasa dan teksturnya berbeda tergantung pada produknya. Jika Anda mencampur beberapa macam makanan dan memberikannya, Anda akan bisa menemukan kesukaan landak peliharaan Anda.

Cobalah melunakkan makanannya agar lebih mudah dicerna

Cobalah melunakkan makanannya agar lebih mudah dicerna
Landak bukanlah hewan pengerat seperti tikus sehingga giginya tidak akan tumbuh kembali bila patah. Selain itu, landak liar hanya sesekali memakan cacing tambang dan jangkrik karena makanan tersebut cukup keras untuk landak. Jika Anda ingin memberikan makanan landak dengan tekstur yang keras, makanan tersebut sebaiknya dilunakkan dahulu dengan air.
Makanan yang dilunakkan terlebih dahulu sangat disarankan bagi bayi landak dan landak yang sudah tua lantaran kapasitas sistem pencernaannya sudah menurun. Namun, bagi landak dewasa Anda dapat mencoba memberikan berbagai macam jenis makanan dengan tekstur yang berbeda. Perlu diperhatikan juga bahwa makanan seperti ini akan lebih mudah rusak karena makanan menyerap air. Jadi, sisa makanan yang telah dilunakkan sebaiknya langsung dibuang dan jangan disimpan.

Cobalah memberikan makanan mentah

Cobalah memberikan makanan mentah
Anda bisa mencoba memberikan makanan mentah pada landak yang kehilangan nafsu makannya. Pada dasarnya, makanan utama landak adalah serangga dan landak akan memakannya mentah-mentah. Berbagai makanan mentah juga sudah banyak dijual di toko hewan peliharaan maupun online.
Beberapa produk juga berani memberikan jaminan bahwa makanan mentah yang mereka jual itu dalam kondisi hidup. Apabila Anda menerima makanannya yang sudah dalam kondisi mati, Anda bisa meminta kompensasi. Namun, bagi Anda yang tidak suka dengan jenis makanan yang dalam kondisi hidup, Anda bisa memilih makanan dalam bentuk kering.
Meskipun landak sangat menyukai makanan mentah ini, tetapi berikanlah hanya sebagai kudapan. Hal ini dikarenakan cacing dan serangga mengandung banyak lemak sehingga dapat menyebabkan landak mengalami obesitas. Selain itu, jangan terlalu memanjakan landak Anda dengan hanya memberikan makanan mentah, nanti bisa-bisa landak Anda tidak mau makan makanan lainnya.

Coba perhatikan perubahan lingkungan yang terjadi

Coba perhatikan perubahan lingkungan yang terjadi
Landak adalah mahkluk yang sensitif sehingga tak jarang nafsu makannya bisa menurun akibat perubahan lingkungan. Terutama ketika pertama kali tiba di rumah atau setelah pindah rumah, landak bisa merasa gugup dan mengalami anoreksia. Dalam hal ini, ketika mulai terbiasa dengan lingkungannya, nafsu makannya akan kembali secara bertahap. Jika landak Anda tidak mau makan akibat lingkungan yang baru, jangan terlalu khawatir.
Perhatikan juga lokasi kandang landak Anda. Jika Anda meletakkan landak Anda di sekitar pintu atau jendela, getaran dari orang yang jalan atau pun suara mesin mobil mudah dirasakan oleh landak. Selain itu, sinar matahari juga langsung mengenai tubuhnya sehingga mempengaruhi suhu dan kelembapan tubuh landak. Anda juga perlu menjauhkan kandang landak dari wewangian, parfum, dan kosmetik karena landak sangat sensitif terhadap bau. Cobalah untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan.

Jika tidak mau makan sama sekali, ada kemungkinan si landak sakit!

Jika tidak mau makan sama sekali, ada kemungkinan si landak sakit!
Jika sudah mencoba segala cara yang dijelaskan di atas, tetapi nafsu makan landak Anda tidak kembali dan tetap tidak mau makan apa-apa, kemungkinan landak Anda kehilangan nafsu makannya karena sakit. Saat landak Anda tidak makan apapun, segeralah cek kesehatan landak Anda ke dokter hewan terdekat.

Kesimpulan

Kami telah memberikan rekomendasi makanan untuk landak peliharaan Anda, bagaimana menurut Anda? Landak yang pemilih tak akan mau makan makanan yang tidak disukainya. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda membeli beberapa macam jenis makanan untuk mengetahui mana yang paling disukai landak Anda.
Semoga Anda menemukan makanan yang tepat bagi landak peliharaan Anda dengan memperhatikan cara memilih di atas!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    52.728 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan kita. Selain itu, tergantung usia kucing, Anda perlu memperhatikan susu yang diberikan.Pabrik makanan hewan Whiskas, Hartz, Beaphar, Zeal, Royal Canin, dan PetAg KMR telah memproduksi susu baik cair maupun bubuk yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui sepuluh susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    27.668 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    19.103 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    13.861 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    19.196 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang memelihara anjing atau kucing, tentunya Anda wajib membasmi kutunya. Tidak hanya bagi hewan, kutu adalah parasit yang merepotkan bagi manusia. Apabila didiamkan, kutu dapat berkembang biak semakin banyak. Selain dengan obat kutu yang diproduksi oleh rumah sakit hewan, ada juga obat yang dijual secara massal di pasaran. Manakah yang terbaik?Sebelum membeli, Anda harus mencari tahu dahulu produk apa yang sesuai dengan hewan peliharaan. Kali ini kami akan merekomendasikan produk pembasmi kutu dari merek ternama, seperti Hartz, Frontline, dan Revolution yang dapat dibeli di online shop. Kami akan menjelaskan pula cara memilih dan membahas kegunaan tiap produk. Mari basmi kutu di tubuh hewan kesayangan Anda secara menyeluruh!
    Perawatan hewan
    19.315 Views
  • 10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)
    10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)
    Kalung yang tampak seperti aksesori biasa pada anjing, ternyata bisa memudahkan Anda saat mengajak anjing Anda berjalan-jalan. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menentukan kalung yang tepat untuk anjing peliharaannya, terutama bagi yang baru pertama kali memelihara anjing.Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi kalung anjing terbaik kepada Anda. Kalung dengan fitur tambahan, seperti yang dilengkapi dengan LED juga turut kami ulas. Jadi, bagi Anda yang memelihara anjing di rumah, simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan hewan
    729 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori