• 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Chondroitin adalah zat yang disintetis secara alami oleh tubuh dan berperan penting dalam menjaga bantalan sendi. Chondroitin di dalam tubuh sayangnya akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi suplemen chondroitin sulfate untuk menjaga kesehatan persendian. Para penderita osteoarthritis pun biasanya mengonsumsi suplemen chondroitin dan glucosamine. 

Untuk membantu Anda, kami akan memaparkan beberapa informasi seputar tips memilih suplemen chondroitin beserta manfaatnya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek suplemen chondroitin yang bagus, seperti Blackmores, Now Foods, Schiff, Welmove, dan Viostin. Silakan membaca artikel kali ini sampai selesai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Juni 2022
Daftar isi

Chondroitin untuk apa?

Chondroitin untuk apa?
Chondroitin adalah komponen mukopolisakarida (proteoglikan) yang terdapat di seluruh tubuh. Selain chondroitin, hyaluronic acid yang terkenal sebagai bahan pelembap juga tergolong mukopolisakarida. Chondroitin yang jumlahnya melimpah di tulang rawan sendi dikenal dapat berfungsi sebagai bantalan antartulang dan menjaga keelastisannya.

Tulang rawan sendi atau kartilago jumlahnya akan makin berkurang seiring bertambahnya usia dan tingginya intensitas olahraga yang Anda lakukan. Jika kartilagonya habis, tidak akan ada lagi bantalan antartulang sehingga menyebabkan rasa sakit pada persendian saat Anda bergerak.


Oleh karena itu, chondroitin sangat diperlukan untuk Anda yang ingin bergerak aktif sampai hari tua. Makanan kaya chondroitin, seperti belut, sirip ikan hiu, dan mata ikan, sayangnya sangat sulit untuk dikonsumsi secara rutin sehari-hari. Dengan demikian, suplemen chondroitin akan sangat memudahkan Anda untuk mendapat asupan chondroitin yang diperlukan tubuh.

Cara memilih suplemen chondroitin

Setelah mengetahui keuntungan mengonsumsi suplemen chondroitin, kami akan memberikan tips memilih suplemen chondroitin. Ada beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih suplemen chondroitin yang bagus.

Ketahui kebutuhan chondroitin harian Anda

Ketahui kebutuhan chondroitin harian Anda
Kebutuhan rata-rata chondroitin adalah sekitar 400–500 mg per hari. Meski begitu, kebutuhan chondroitin tiap orang berbeda-beda berdasarkan berat badan.

  • Orang dengan bobot tubuh 54 kg atau kurang disarankan untuk mengonsumsi 800 mg chondroitin per hari.
  • Orang dengan bobot tubuh antara 55–90 kg disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 1.200 mg chondroitin per hari.
  • Orang yang bobot tubuhnya lebih dari 90 kg disarankan untuk mengonsumsi 1.500 mg chondroitin per hari.

Berhubung chondroitin memang sudah ada di dalam tubuh, mengonsumsi suplemen chondroitin terlalu banyak dikhawatirkan akan memberikan efek samping.

Kenali berbagai sumber chondroitin dalam suplemen

Kenali berbagai sumber chondroitin dalam suplemen
Kebanyakan suplemen menggunakan chondroitin yang berasal hewan. Kami akan menjelaskan beberapa sumber chondroitin dalam suplemen.


  • Chondroitin 6-sulfate (tipe C) berasal dari kartilago ikan hiu.

  • Chondroitin 4-sulfate (tipe A) yang berasal dari kartilago sapi, ikan, atau kerang. Chondroitin 4-sulfate ada di dalam tubuh manusia secara alami dan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, chondroitin 4-sulfat sebaiknya Anda konsumsi secara rutin.

  • Sekarang kebanyakan suplemen chondroitin menggunakan bovine atau sapi. Hal ini disebabkan oleh populasi ikan hiu yang kian menurun.

  • Ada beberapa suplemen chondroitin yang berasal dari tanaman seperti ubi dan talas. Suplemen chondroitin berbahan dasar tanaman sayangnya tidak terlalu banyak beredar di pasaran. 

Chondroitin dari hewan lebih mudah diserap oleh tubuh manusia. Jika Anda tidak memiliki alergi apa pun, sebaiknya pilihlah suplemen chondroitin yang berasal dari hewan.


Anda mungkin menemukan suplemen dengan tulisan "berasal dari kartilago ikan hiu". Meski ditulis demikian, sebenarnya tidak seluruh kandungan tersebut terbuat dari kartilago ikan hiu. Chondroitin yang berasal dari ikan hiu hanya sekitar 10–15% dari seluruh bahan yang digunakan. Jika pada kemasan tertulis 1.000 mg chondroitin, berarti hanya 100–150 mg dari total chondroitin tersebut yang berasal dari kartilago ikan hiu.

Perhatikan keberadaan kandungan tambahan lainnya

Perhatikan keberadaan kandungan tambahan lainnya

Suplemen chondroitin umumnya mengandung bahan-bahan lain yang bisa bekerja dengan efektif jika disatukan. Beberapa bahan yang diharapkan mampu menghasilkan efek bersinergi dengan chondroitin adalah glukosamin (glucosamine), MSM, kolagen, dan hyaluronic acid.


  • Glucosamine adalah zat yang paling umum digabungkan dalam suplemen chondroitin. Glucosamine memegang peranan penting dalam pembuatan glycosaminoglycans dan glycoproteins. Keduanya penting untuk melumasi persendian, ligamen, tendon, dan kartilago agar tetap sehat.

  • MSM atau methylsulfonylmethane berperan penting dalam pembuatan kolagen dan glukosamin dalam tubuh. Tak kalah pentingnya, MSM memiliki sifat anti-inflamasi. Penderita osteoarthritis sering kali mengalami bengkak di bagian sendi yang disertai rasa nyeri sehingga sifat anti-inflamasi akan sangat berguna.

  • Berdasarkan studi, menambahkan kolagen dan hyaluronic acid ke dalam suplemen chondroitin bisa meredakan sakit sendi akibat osteoarthritis.

  • Mangan juga sering ditemukan di suplemen chondroitin glucosamine. Tambahan mangan memberikan sokongan yang baik untuk mobilitas dan integritas sendi.

Chondroitin dan glucosamine adalah dua zat yang sulit dipisahkan dalam sebuah suplemen untuk sendi. Jika Anda sedang mencari suplemen glucosamine, langsung saja cek tautan berikut ini, ya! 

Pilih berdasarkan bentuk dan dosis suplemen chondroitin

Pilih berdasarkan bentuk dan dosis suplemen chondroitin
Manfaat suplemen tidak akan dirasakan dalam satu kali konsumsi. Anda akan merasakan manfaatnya secara optimal jika mengonsumsinya secara berkelanjutan. Suplemen chondroitin dijual dalam berbagai varian bentuk, misalnya tablet, kapsul, atau sirop. Pilihlah suplemen yang paling mudah Anda konsumsi sebagai suplemen jangka panjang.

Anda juga perlu memeriksa dosis harian serta harga suplemen pilihan Anda. Ada suplemen yang harus dikonsumsi dalam jumlah banyak per harinya dan harganya pun beragam. Untuk itu, periksalah dosis harian serta harganya agar dapat Anda konsumsi secara terus-menerus.

10 Rekomendasi suplemen chondroitin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen chondroitin terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Now FoodsLiquid Glucosamine & Chondroitin with MSM

Mulai dari Rp 209.426,00

Sumber chodroitinBovine cartilage
Kandungan chondroitin600 mg
Kandungan bahan lainGlucosamine 750 mg, MSM 150 mg, vitamin C 125 mg, mangan 4 mg
Bentuk suplemenCair
Isi kemasan473 ml, 946 ml
Dosis per hari15 ml
9
Sumber chodroitinTidak disebutkan
Kandungan chondroitin600 mg per 6 tablet
Kandungan bahan lainGlucosamine 750 mg, MSM 300 mg (per 6 tablet)
Bentuk suplemenTablet
Isi kemasan360 tablet
Dosis per hari2 x 6 tablet
8

Doctor's BestVegan Glucosamine Chondroitin MSM

Mulai dari Rp 400.000,00

Sumber chodroitinMythocondro
Kandungan chondroitin600 mg per 4 tablet
Kandungan bahan lainGlucosamine 1.500 mg, MSM (OptiMSM) 1.000 mg (per 4 tablet)
Bentuk suplemenTablet
Isi kemasan120 tablet
Dosis per hari4 tablet per hari
7
Sumber chodroitinTidak disebutkan
Kandungan chondroitin1.200 mg per 4 tablet
Kandungan bahan lainGlucosamine 1.500 mg, turmeric root extract 105 mg, AspresFlex 100 mg, MSM 50 mg (per 4 tablet)
Bentuk suplemenTablet
Isi kemasan120 tablet, 240 tablet
Dosis per hari2 x 2 tablet
6

SchiffMove Free Advanced Plus MSM & Vitamin D3

Mulai dari Rp 400.000,00

Sumber chodroitinTidak disebutkan
Kandungan chondroitin200 mg per 2 tablet
Kandungan bahan lainVitamin D3 2.000 IU, glucosamine 1.500 mg, MSM 750 mg, Uniflex 216 mg, hyaluronic acid 3,3 mg (per 2 tablet)
Bentuk suplemenTablet
Isi kemasan30 tablet
Dosis per hari2 tablet per hari
5
Sumber chodroitinBovine serum chondroitin sulfate
Kandungan chondroitin400 mg per tablet
Kandungan bahan lainGlucosamine 750 mg, mangan 1 mg, boron 1 mg (per tablet)
Bentuk suplemenTablet
Isi kemasan60 tablet, 120 tablet
Dosis per hari2 tablet
4

Natures PlusGlucosamine/Chondroitin/MSM Ultra Rx-Joint Triple Strength Tablets

Mulai dari Rp 1.670.000,00

Sumber chodroitinBovine
Kandungan chondroitin800 mg per 4 tablet
Kandungan bahan lainGlucosamine 1.000 mg, MSM 1000 mg, vitamin C 200 mg, mangan 20 mg, celadrin 750 mg, black cherry 100 mg (per 4 tablet)
Bentuk suplemenTablet
Isi kemasan120 tablet
Dosis per hari2 x 2 tablet per hari, 2 x 4 tablet per hari
3
Sumber chodroitinTidak disebutkan
Kandungan chondroitin200 mg per tablet
Kandungan bahan lainGlucosamine 500 mg, MSM 200 mg, omega 3 4,5 mg (per tablet)
Bentuk suplemenTablet
Isi kemasan10 tablet per 1 strip
Dosis per hari1–3 tablet
2
Sumber chodroitinTidak disebutkan
Kandungan chondroitin400 mg
Kandungan bahan lainGlucosamine 500 mg, vitamin C 50 mg, mangan 0,5 gram, magnesium 10 mg, zinc 5 mg (per tablet)
Bentuk suplemenTablet
Isi kemasan5 tablet per 1 strip
Dosis per hari1 tablet
1
Sumber chodroitinBovine cartilage
Kandungan chondroitin50 mg per tablet
Kandungan bahan lainGlucosamine HCl (shrimp shell) 500 mg, vitamin C 50 mg, mangan 50 mg, magnesium 10 mg, zinc 5 mg. (per tablet)
Bentuk suplemenTablet
Isi kemasan5 tablet per 1 strip
Dosis per hari2–3 tablet

Tabel perbandingan produk suplemen chondroitin terbaik

Gambar produk
1
Pharos Viostin 1

Pharos

2
Ultrasakti Welmove 1

Ultrasakti

3
Hemaviton  JointCare MAX 1

Hemaviton

4
Natures Plus Glucosamine/Chondroitin/MSM Ultra Rx-Joint Triple Strength Tablets 1

Natures Plus

5
Blackmores Joint Formula Advanced 1

Blackmores

6
Schiff Move Free Advanced Plus MSM & Vitamin D3 1

Schiff

7
GNC TriFlex Fast Acting 1

GNC

8
Doctor's Best Vegan Glucosamine Chondroitin MSM 1

Doctor's Best

9
Swanson Glucosamine, Chondroitin & MSM 1

Swanson

10
Now Foods Liquid Glucosamine & Chondroitin with MSM 1

Now Foods

Nama produk

Viostin

Welmove

JointCare MAX

Glucosamine/Chondroitin/MSM Ultra Rx-Joint Triple Strength Tablets

Joint Formula Advanced

Move Free Advanced Plus MSM & Vitamin D3

TriFlex Fast Acting

Vegan Glucosamine Chondroitin MSM

Glucosamine, Chondroitin & MSM

Liquid Glucosamine & Chondroitin with MSM

Keunggulan

Konsumsi chondroitin sedari dini, bantu cegah peradangan sendi

Harganya ramah di kantong, kebutuhan nutrisi sendi tetap terpenuhi

Lengkap dengan omega-3, mencegah radang sendi dan meringankan nyeri sendi

Mengandung celadrin dan black cherry untuk meredakan inflamasi

Tablet rasa vanila dengan lima fungsi khusus

Suplemen chondroitin sulfate, merawat sendi dan tulang secara bersamaan

Dilengkapi dengan zat ayurveda, bantu ringankan nyeri lebih cepat

Suplemen chondroitin khusus vegan, daya serapnya juga tinggi

Tablet lebih kecil, lebih mudah dikonsumsi

Suplemen chondroitin sirop rasa jeruk yang diperkaya dengan vitamin C

Harga mulai dariRp 28.400,00Rp 18.500,00Rp 36.100,00Rp 1.670.000,00Rp 485.000,00Rp 400.000,00Rp 1.100.000,00Rp 400.000,00Rp 205.000,00Rp 209.426,00
Sumber chodroitinBovine cartilageTidak disebutkanTidak disebutkanBovineBovine serum chondroitin sulfateTidak disebutkanTidak disebutkanMythocondroTidak disebutkanBovine cartilage
Kandungan chondroitin50 mg per tablet400 mg200 mg per tablet800 mg per 4 tablet400 mg per tablet200 mg per 2 tablet1.200 mg per 4 tablet600 mg per 4 tablet600 mg per 6 tablet600 mg
Kandungan bahan lainGlucosamine HCl (shrimp shell) 500 mg, vitamin C 50 mg, mangan 50 mg, magnesium 10 mg, zinc 5 mg. (per tablet)Glucosamine 500 mg, vitamin C 50 mg, mangan 0,5 gram, magnesium 10 mg, zinc 5 mg (per tablet)Glucosamine 500 mg, MSM 200 mg, omega 3 4,5 mg (per tablet)Glucosamine 1.000 mg, MSM 1000 mg, vitamin C 200 mg, mangan 20 mg, celadrin 750 mg, black cherry 100 mg (per 4 tablet)Glucosamine 750 mg, mangan 1 mg, boron 1 mg (per tablet)Vitamin D3 2.000 IU, glucosamine 1.500 mg, MSM 750 mg, Uniflex 216 mg, hyaluronic acid 3,3 mg (per 2 tablet)Glucosamine 1.500 mg, turmeric root extract 105 mg, AspresFlex 100 mg, MSM 50 mg (per 4 tablet)Glucosamine 1.500 mg, MSM (OptiMSM) 1.000 mg (per 4 tablet)Glucosamine 750 mg, MSM 300 mg (per 6 tablet)Glucosamine 750 mg, MSM 150 mg, vitamin C 125 mg, mangan 4 mg
Bentuk suplemenTabletTabletTabletTabletTabletTabletTabletTabletTabletCair
Isi kemasan5 tablet per 1 strip5 tablet per 1 strip10 tablet per 1 strip120 tablet60 tablet, 120 tablet30 tablet120 tablet, 240 tablet120 tablet360 tablet473 ml, 946 ml
Dosis per hari2–3 tablet1 tablet1–3 tablet2 x 2 tablet per hari, 2 x 4 tablet per hari2 tablet2 tablet per hari2 x 2 tablet4 tablet per hari2 x 6 tablet15 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya untuk menjaga kesehatan tulang

Tulang dan sendi adalah bagian penting untuk menunjang mobilitas Anda sehari-hari. Dalam artikel ini kami sudah memaparkan suplemen yang bagus untuk persendian. Namun, jangan lupakan juga kesehatan tulang Anda, ya. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan suplemen terbaik untuk menjaga kesehatan tulang.

Kesimpulan

Mengonsumsi suplemen chondroitin dapat membantu mengurangi nyeri sendi dengan memperbaiki bantalan dan keelastisan sendi. Untuk mendapatkan efek tersebut, Anda perlu mengonsumsi suplemen chondroitin dalam dosis tepat dan jangka waktu panjang.


Kami sudah memaparkan informasi terkait suplemen chondroitin dengan rekomendasi produk terbaiknya. Jangan lupa mempertimbangkan budget yang Anda miliki mengingat Anda perlu mengonsumsinya terus-menerus. Terakhir, jagalah pola hidup sehat agar sendi dan tulang Anda tetap kuat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Kini banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Kami juga telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Simak artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Astaxanthin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Astaxanthin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Astaxanthin adalah golongan antioksidan karotenoid dengan aktivitas yang lebih kuat dibandingkan beta karoten. Antioksidan astaxanthin sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Astaxanthin banyak ditemukan di dalam organisme laut. Namun, kini Anda dapat mengonsumsinya dari suplemen astaxanthin.Anda dapat menemukan berbagai merek astaxanthin generik yang bagus, seperti Astria, Natur-E, Asthin B-Ond, dan Asta-Gold. Agar dapat menemukan suplemen astaxanthin yang tepat, simak dahulu artikel kali ini, ya. Kami akan berbagi tips untuk memilih suplemen astaxanthin yang bagus dan aman dikonsumsi. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori