10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Persendian merupakan hal yang harus Anda perhatikan karena berkaitan dengan pergerakan Anda sehari-hari. Seiring bertambahnya usia, materi penyusun kartilago pada persendian Anda akan semakin berkurang. Untuk itu, Anda membutuhkan suplementasi chondroitin yang merupakan penyusun kartilago.

Ada banyak suplemen chondroitin di pasaran, seperti Blackmores, Now, Kirkland, dan masih banyak lagi. Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas tentang suplemen chondroitin, mulai dari keuntungannya, cara memilih, serta rekomendasinya untuk Anda. Supaya Anda tidak bingung lagi, langsung saja simak artikel kami!

Daftar isi

Keuntungan mengonsumsi suplemen chondroitin

Keuntungan mengonsumsi suplemen chondroitin

Chondroitin merupakan mukopolisakarida (proteoglikan) yang terdapat di kartilago, kulit, dan dinding pembuluh darah. Hyaluronic acid yang terkenal sebagai bahan pelembap kulit juga merupakan salah satu mukopolisakarida dan berfungsi sebagai “pelumas”. Chondroitin yang terdapat pada jaringan kartilago di sekitar persendian berfungsi sebagai “pelumas” pada kartilago dan menjaga keelastisannya.

Kartilago akan berkurang sedikit demi sedikit tergantung pada pergerakan, olahraga, serta usia. Jika kartilago ini habis, tidak akan ada lagi bantalan pada persendian sehingga menyebabkan rasa sakit pada persendian saat digerakkan. Suplemen chondroitin berfungsi untuk menyusun jaringan kartilago dan menghambat kinerja enzim yang menghancurkan kartilago.

Karena itu, chondroitin sangat diperlukan untuk orang yang berusia lanjut. Sayangnya, makanan kaya chondroitin, seperti belut, sirip ikan hiu, dan mata ikan sangat sulit untuk dikonsumsi secara rutin sehari-hari. Dengan demikian, suplemen chondroitin akan sangat memudahkan Anda mendapat asupan chondroitin yang diperlukan tubuh.

Cara memilih suplemen chondroitin

Setelah mengetahui keuntungan mengonsumsi suplemen chondroitin, kami akan memberikan 5 tips cara memilih suplemen chondroitin. Kami memberikan tips ini agar Anda dapat memilih suplemen yang sesuai kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan jumlah kandungan chondroitin

Pilih berdasarkan jumlah kandungan chondroitin

Saat memilih suplemen chondroitin, perhatikan isinya terlebih dahulu. Kebutuhan chondroitin tiap orang memang tidak sama, tetapi sebagai panduan, pilihlah suplemen chondroitin dengan kandungan 400-1500 mg per hari.

Konsumsi yang berbeda-beda tersebut bergantung pada berat masing-masing individu. Untuk Anda dengan berat kurang dari 54 kg, disarankan untuk mengonsumsi 800 mg chondroitin per hari. Jika berat Anda berkisar antara 55-90 kg, Anda harus mengonsumsi sebanyak 1200 mg dan 1500 mg untuk Anda dengan berat lebih dari 90 kg.

Berhubung secara alami chondroitin memang sudah ada di dalam tubuh, kelebihan chondroitin dapat memberikan efek samping sehingga Anda harus mengonsumsinya secara tepat dan tidak berlebihan. Suplemen chondroitin memang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, tetapi bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya secara berlebih. Konsumsi yang berlebih mungkin saja memberikan efek buruk sehingga baiknya Anda mengonsumsi suplemen ini secara tepat.

Pilih berdasarkan sumber chondroitin

Pilih berdasarkan sumber chondroitin

Kebanyakan suplemen chondroitin terbuat dari chondroitin hewan. Ada 2 tipe chondroitin, yaitu chondroitin 6-sulfat (chondroitin sulfat C) yang berasal dari kartilago ikan hiu dan chondroitin 4-sulfat (chondroitin sulfat A) yang berasal dari kartilago sapi, ikan, dan kerang. Di antara kedua jenis itu, chondroitin 4-sulfat merupakan chondroitin yang secara alami ada di dalam tubuh manusia dan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Karena itu, chondroitin 4-sulfat merupakan jenis chondroitin yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin.

Ada beberapa suplemen chondroitin yang berasal dari tanaman, seperti ubi dan talas. Sayangnya, suplemen chondroitin berbahan dasar tanaman ini tidak terlalu banyak beredar di pasaran. Selain itu, chondroitin dari hewan lebih mudah diserap oleh tubuh manusia. Jika Anda tidak memiliki alergi apa pun, sebaiknya pilihlah suplemen chondroitin yang berasal dari hewan.

Perhatikan juga bahwa mungkin Anda akan menemukan produk suplemen chondroitin yang tertulis ‘berasal dari kartilago ikan hiu’. Namun, sebenarnya meski ditulis demikian, tidak seluruh kandungan tersebut terbuat dari kartilago ikan hiu. Biasanya, chondroitin dari bahan tersebut hanya sekitar 10-15% dari seluruh bahan yang digunakan. Dengan kata lain, jika pada kemasan tertulis 1000 mg chondroitin, berarti hanya 100-150 mg dari total chondroitin itu yang berasal dari kartilago ikan hiu. Oleh sebab itu, perhatikanlah dengan saksama kandungan suplemen tersebut.

Pilih berdasarkan keberadaan kandungan lainnya

Pilih berdasarkan keberadaan kandungan lainnya

Beberapa suplemen chondroitin dicampur dengan bahan lain agar lebih efektif saat dikonsumsi bersamaan. Glukosamin, kolagen, dan hyaluronic acid merupakan komponen yang biasa dicampurkan dengan chondroitin untuk memberikan efek yang lebih optimal.

Glukosamin merupakan golongan proteoglikan yang bekerja menjaga jaringan kartilago dan jika dikonsumsi dengan chondroitin, efeknya dalam menjaga kartilago pada persendian akan semakin baik. Selain itu, kolagen dan hyaluronic acid adalah bahan yang dapat menjadi “bantalan” di antara sendi sehingga pas juga untuk dicampurkan bersama chondroitin. Saat memilih suplemen chondroitin, pilihlah suplemen yang mengandung bahan-bahan ini di dalamnya!

Periksa keberadaan zat aditif dan proses produksinya

Periksa keberadaan zat aditif dan proses produksinya

Suplemen harus Anda konsumsi setiap hari dalam periode waktu yang cukup lama. Maka dari itu, sangat penting untuk memeriksa keamanannya. Berbagai zat aditif seperti pewarna, pengawet, perasa, dan sebagainya sering ditambahkan dalam suplemen meski sebenarnya tidak dibutuhkan. Bila memungkinkan, sebaiknya pilihlah suplemen yang tidak mengandung zat aditif.

Di samping zat aditif, Anda perlu mengetahui produksi suplemen tersebut. Produksi produk farmasi seperti ini membutuhkan standardisasi GMP (Good Manufacturing Practice) atau sudah berlabel BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Meskipun suplemen bukan merupakan obat-obatan, produksinya tetap membutuhkan standardisasi setara dengan produksi obat-obatan. Jika Anda ingin memilih produk yang lebih aman, pilihlah produk yang telah tersertifikasi atau berlabel BPOM.

Pilih berdasarkan ukuran, dosis, dan harga

Pilih berdasarkan ukuran, dosis, dan harga

Suplemen tidak mungkin Anda rasakan manfaatnya hanya dalam satu kali konsumsi. Agar Anda dapat merasakan manfaatnya secara optimal, Anda perlu mengonsumsinya secara kontinu. Suplemen chondroitin pun sama, Anda harus mengonsumsinya dalam waktu lama agar efeknya terasa. Karena itu, ukuran, dosis, dan harga turut andil dalam kemudahan untuk mengonsumsi suplemen tersebut secara berkelanjutan.

Ada beberapa bentuk suplemen, seperti tablet, kapsul, butiran kecil, maupun sirop. Pilihlah bentuk yang dapat dengan mudah Anda konsumsi sehingga Anda dapat mengonsumsinya dalam waktu lama. Pastinya sulit untuk melanjutkan konsumsi suplemen jika Anda sulit menelan bentuk suplemen tersebut, bukan?

Anda juga harus memeriksa dosis harian serta harga suplemen pilihan Anda. Ada suplemen yang harus dikonsumsi dalam jumlah banyak per harinya dan harganya pun beragam dari yang murah sampai mahal. Untuk itu, periksalah dosis harian serta harganya agar dapat Anda konsumsi secara terus-menerus.

10 Rekomendasi suplemen chondroitin terbaik

Berikut ini sepuluh rekomendasi suplemen chondroitin untuk kesehatan persendian Anda. Baca dan temukanlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. GNC TRIFLEX Promotes Joint Health

10. GNC TRIFLEX Promotes Joint Health

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.200.000

Sehatkan sendi dengan suplemen bebas alergen

Suplemen chondroitin dari GNC ini cukup lengkap karena di samping terdapat glukosamin dan MSM (methylsulfonyl-methane), terdapat juga hyaluronic acid. Seluruh komposisinya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan persendian setiap hari. Suplemen ini juga mengandung bahan tambahan bernama crospovidone yang membantu penyerapan zat aktif di dalamnya.

Lalu, bila Anda ingin menyehatkan sendi tanpa menimbulkan alergi, produk ini patut Anda perhitungkan. Tidak hanya bebas berbagai zat aditif misalnya pemanis dan pewarna buatan, produk ini juga tidak mengandung berbagai alergen, seperti jagung, kacang kedelai, gandum, gluten, pati, ragi, dan produk olahan susu sehingga semakin aman untuk dikonsumsi secara rutin.

Kandungan chondroitin per takaran saji 1200 mg
Kandungan bahan lain Glukosamin 1500 mg, MSM 900 mg, hyaluronic acid 5 mg
Keterangan zat aditif Tanpa perasa, pemanis, pewarna, dan pengawet buatan
Bentuk Tablet
Dosis 3 tablet per hari

9. Doctor’s Best Glucosamine Chondroitin MSM

9. Doctor's Best Glucosamine Chondroitin MSM

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 310.000

Harganya bersahabat, bebas GMO juga

Untuk Anda yang mencari produk suplemen bebas GMO, tetapi khawatir akan membebani keuangan, Anda bisa mempertimbangkan produk satu ini. Selain harganya terjangkau, suplemen ini bebas GMO, gluten, dan kacang kedelai sehingga aman untuk Anda yang memiliki alergi terhadap ketiganya. Hematnya dapat, bebas GMO-nya juga dapat!

Kandungan chondroitin per takaran saji 1200 mg
Kandungan bahan lain Glukosamin 1500 mg, MSM 1000 mg
Keterangan zat aditif Tidak disebutkan
Bentuk Tablet
Dosis 4 tablet per hari

8. ULTIMATE NUTRITION Glucosamine & Chondroitin & MSM

8. ULTIMATE NUTRITION Glucosamine & Chondroitin & MSM

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Siapa bilang sehat harus selalu mahal?

Suplemen chondroitin yang berasal dari hewan ini tergolong sangat bersahabat untuk kantong Anda, sangat pas untuk Anda yang baru pertama kali mencoba suplemen chondroitin. Ultimate Nutrition sebagai produsen suplemen kesehatan tentunya memiliki standar produksi internasional dan kualitas yang sudah tepercaya sehingga Anda tidak perlu ragu.

Dengan harga yang cukup terjangkau, suplemen ini memiliki kandungan yang cukup lengkap untuk menjaga kesehatan persendian dengan glukosamin dan MSM. Dengan isi 90 tablet, Anda dapat mengonsumsi suplemen ini dalam jangka waktu 1 bulan lebih. Untuk itu, suplemen yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda.

Kandungan chondroitin per takaran saji 1600 mg
Kandungan bahan lain Glukosamin 1500 mg, MSM 1200 mg
Keterangan zat aditif Tidak disebutkan
Bentuk Tablet
Dosis 1 x 2 tablet per hari

7. California Gold Nutrition Glucosamine, Chondroitin, MSM Plus Hyaluronic Acid

7. California Gold Nutrition Glucosamine, Chondroitin, MSM Plus Hyaluronic Acid

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 396.000

Ramah untuk vegetarian dan bebas bahan laut

Biasanya suplemen chondroitin dan glukosamin berasal dari hewan sehingga sulit dikonsumsi oleh Anda yang vegetarian. Agar kebutuhan chondroitin Anda terpenuhi, kami rekomendasikan suplemen dari California Gold Nutrition ini. Selain bahannya yang ramah vegan, kapsul suplemen ini dibuat dari selulosa yang juga cocok untuk vegetarian.

Selain ramah vegan, suplemen ini juga ramah bagi Anda yang memiliki alergi terhadap makanan laut. Hyaluronic acid yang terkandung di dalamnya cukup tinggi untuk menjaga kesehatan persendian bersama bahan lainnya. Dengan konsumsi 2 kapsul per hari, Anda dapat mengonsumsi suplemen ini sampai 2 bulan penuh.

Kandungan chondroitin per takaran saji 600 mg
Kandungan bahan lain Glukosamin 750 mg, MSM 500 mg, hyaluronic acid 50 mg
Keterangan zat aditif Tidak disebutkan
Bentuk Kapsul
Dosis 1 x 2 tablet per hari

6. Kirkland Signature Glucosamine & Chondroitin

6. Kirkland Signature Glucosamine & Chondroitin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 550.000

Isi lebih banyak, tidak repot bolak-balik beli, deh!

Bagi Anda yang cukup sibuk atau sering lupa untuk membeli suplemen, produk yang satu ini kami rekomendasikan untuk Anda. Dengan isi 220 tablet dan dosis 2 tablet per hari, Anda dapat mengonsumsi suplemen chondroitin ini sampai 3 bulan lebih. Tentu Anda tidak perlu repot untuk bolak-balik memesan suplemen setiap bulannya, bukan?

Tentang kualitas, Anda tidak perlu meragukannya karena suplemen dari Kirkland Signature ini telah tersertifikasi USP. USP merupakan institusi dari Amerika Serikat yang bergerak dalam bidang sertifikasi produk farmasi, tentu membuat Anda akan merasa lebih tenang saat mengonsumsinya.

Kandungan chondroitin per takaran saji 1200 mg
Kandungan bahan lain Glukosamin 1500 mg
Keterangan zat aditif Bebas pengawet dan pewarna buatan
Bentuk Tablet
Dosis 2 tablet per hari

5. Swanson Glucosamine, Chondroitin & MSM

5. Swanson Glucosamine, Chondroitin & MSM

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 475.000

Tablet lebih kecil, lebih mudah dikonsumsi

Untuk Anda yang berusia lanjut, tampaknya cukup sulit untuk menelan tablet dalam bentuk besar. Agar Anda dapat lebih nyaman mengonsumsi suplemen chondroitin, suplemen dari Swanson ini kami rekomendasikan untuk Anda yang kesulitan menelan. Bentuk tabletnya yang lebih kecil daripada suplemen lain akan sangat bersahabat untuk Anda.

Dengan bentuknya yang kecil, konsumsi 12 tablet sehari tentunya tidak terlalu bermasalah untuk Anda. Dari dosis hariannya, satu botol suplemen ini dapat memenuhi kebutuhan chondroitin harian Anda selama sebulan penuh. Seluruh produk Swanson menggunakan standar GMP sehingga tidak perlu lagi diragukan kualitasnya.

Kandungan chondroitin per takaran saji 600 mg
Kandungan bahan lain Glukosamin 750 mg, MSM 300 mg
Keterangan zat aditif Tidak disebutkan
Bentuk Tablet
Dosis 2 x 6 tablet per hari

4. Now Foods Glucosamine & Chondroitin with MSM Liquid

4. Now Foods Glucosamine & Chondroitin with MSM Liquid

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 844.578

Penuhi kebutuhan chondroitin Anda dengan sirop rasa jeruk yang menyegarkan

Mengonsumsi suplemen dalam bentuk tablet maupun kapsul lunak terkadang meninggalkan rasa yang kurang nyaman di dalam kerongkongan. Agar Anda dapat mengonsumsi suplemen dengan lebih nikmat, kami rekomendasikan suplemen berbentuk sirop ini. Rasa jeruk yang segar membuat Anda tidak lupa mengonsumsinya setiap hari.

Selain chondroitin dari sapi dan glukosamin yang penting untuk memelihara jaringan kartilago, suplemen ini juga mengandung mangan dan vitamin C. Kandungan lainnya membantu mengoptimalkan suplemen ini untuk kesehatan Anda. Proses produksinya pun sudah sesuai GMP sehingga membuat Anda lebih tenang mengonsumsinya.

Kandungan chondroitin per takaran saji 600 mg
Kandungan bahan lain Glukosamin 750 mg, MSM 150 mg, vitamin C 125 mg, mangan 4 mg
Keterangan zat aditif Tanpa perasa, pewarna, dan pemanis buatan
Bentuk Cair
Dosis 2 x 15 ml per hari

3. Natures Plus Triple Strength Ultra Rx-Joint® Tablets

3. Natures Plus Triple Strength Ultra Rx-Joint® Tablets

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.062.000

Sendi sehat, bebas inflamasi, dan bebas bergerak!

Sakit pada persendian merupakan hal yang sangat tidak nyaman apalagi jika Anda harus tetap aktif. Kami rekomendasikan suplemen ini agar Anda tetap aktif bergerak. Tidak hanya untuk merawat kesehatan persendian, suplemen ini juga dilengkapi dengan celadrin dan black cherry yang berfungsi untuk meredakan inflamasi.

Kandungan chondroitin dari sapi, glukosamin, dan MSM di dalamnya yang cukup tinggi sangat pas untuk para lansia. MSM yang terkandung di dalamnya sudah tersertifikasi OptiMSM yang berarti MSM di dalamnya adalah MSM murni. Memang harga suplemen ini tergolong mahal, tetapi harganya sepadan dengan keuntungan yang didapatkan.

Kandungan chondroitin per takaran saji 800 mg
Kandungan bahan lain Glukosamin 1000 mg, MSM 1000 mg, vitamin C 200 mg, mangan 20 mg, celadrin 750 mg, black cherry 100 mg
Keterangan zat aditif Bebas pewarna dan pengawet buatan
Bentuk Tablet
Dosis 2 x 2 tablet per hari

2. Swanson Kal Glucosamine, Chondroitin & MSM

2. Swanson Kal Glucosamine, Chondroitin & MSM

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 495.000

Bebas sodium dan lebih cepat diserap tubuh

Mungkin sulit bagi Anda yang disarankan untuk mengurangi konsumsi sodium harian dalam mencari suplemen chondroitin. Suplemen chondroitin yang satu ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang harus mengurangi konsumsi sodium harian. Setiap tabletnya tidak mengandung sodium sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Dengan teknologi ActiveTabs, tablet ini akan hancur terserap seluruhnya oleh tubuh 30 menit setelah dikonsumsi sesuai dengan standar USP. Selain chondroitin, glukosamin, dan MSM, suplemen ini juga mengandung kalsium untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Makin lengkap!

Kandungan chondroitin per takaran saji 1200 mg
Kandungan bahan lain Glukosamin 1500 mg, MSM 1500 mg, vitamin C 300 mg, kalsium 80 mg
Keterangan zat aditif Tidak disebutkan
Bentuk Tablet
Dosis 3 tablet per hari

1. Blackmores Joint Formula Advanced

1. Blackmores Joint Formula Advanced

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 505.000

Ukuran tablet lebih besar? Tidak masalah!

Saat mengonsumsi suplemen chondroitin, masalah yang sering Anda dapatkan adalah ukuran tabletnya yang cukup besar. Jika Anda merasa ukuran tabletnya cukup besar, ada tanda di tengah tablet yang memudahkan Anda untuk membagi tablet tersebut menjadi 2 bagian yang lebih kecil. Tidak ada lagi masalah dengan tablet yang cukup besar, bukan?

Kombinasi chondroitin yang berasal dari sapi dengan glukosamin, mangan, dan boron akan membantu mengurangi gejala osteoarthritis ringan, dari sakit sendi sampai inflamasi ringan. Glukosaminnya berasar dari tumbuhan sehingga aman bagi Anda yang alergi terhadap sumber laut. Penuhi kebutuhan nutrisi sendi Anda selama 2 bulan dengan Blackmores.

Kandungan chondroitin per takaran saji 400 mg
Kandungan bahan lain Glukosamin 750 mg, mangan 1 mg , boron 1 mg
Keterangan zat aditif Tanpa perasa, pewarna, pemanis, dan pengawet buatan
Bentuk Tablet
Dosis 2 x 1 tablet per hari

Hal untuk diperhatikan saat mengonsumsi suplemen chondroitin

Yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi suplemen kondroitin

Sebenarnya tidak ada efek samping berarti yang disebabkan oleh suplemen chondroitin. Namun, untuk Anda yang memiliki masalah pencernaan, seperti konstipasi, diare, atau tukak lambung, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Anda juga perlu memperhatikan asal glukosamin yang umumnya ditambahkan pada chondroitin. Glukosamin yang ada di dalam suplemen biasanya berasal dari hewan laut, seperti udang dan cangkang kepiting. Jika Anda memiliki alergi terhadap makanan laut, Anda harus memperhatikan hal ini dengan saksama. Untuk Anda yang tidak memiliki alergi, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter bila Anda memiliki kondisi kesehatan khusus seperti memiliki tekanan darah tinggi atau hiperlipidemia.

Berhubung chondroitin merupakan komponen alami di dalam tubuh, konsumsi suplemen chondroitin sangat aman dalam jumlah yang sesuai. Anda tidak perlu khawatir konsumsi suplemen chondroitin akan berdampak pada kondisi fisik Anda menjadi lebih buruk. Jadi, jangan lupa mengonsumsi suplemen chondroitin ini sehari-hari untuk sendi yang lebih sehat.

Baca juga rekomendasi knee supporter di sini

Bila sendi pada lutut Anda terasa sakit, sebaiknya Anda mengenakan knee suporter agar rasa sakitnya tidak semakin parah. Knee supporter ini juga berfungsi untuk menyokong lutut Anda pada saat lutut Anda sedang cedera. Namun, seperti apa knee supporter yang tepat bagi lutut Anda? Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membacanya di sini.

Kesimpulan

Apakah Anda cukup terbantu dengan artikel ini? Ingat untuk selalu memperhatikan jumlah chondroitin di dalam suplemen, sumbernya terutama untuk Anda yang vegan, zat aditif lain yang terkandung, serta dosis hariannya.

Jangan lupa juga untuk memeriksa harganya agar dapat Anda konsumsi secara rutin tanpa perlu khawatir masalah keuangan. Semoga Anda menemukan suplemen harian yang cocok untuk Anda!