• 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Masalah persendian menjadi momok yang menakutkan seiring bertambahnya usia. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan sendi adalah dengan mengonsumsi suplemen chondroitin. Bagi Anda yang mengalami masalah osteoarthritis mungkin sudah mengenal suplemen chondroitin atau disebut juga chondroitin sulfate. Biasanya, untuk mengatasi masalah persendian, suplemen yang mengandung chondroitin dan glucosamine dijual di pasaran.

Namun, apa saja fungsinya? Apakah suplemen ini efektif untuk membuat sendi Anda sehat? Kami akan memberikan rekomendasi suplemen chondroitin yang bagus, seperti Blackmores, Now, dan Kirkland beserta cara memilihnya. Supaya Anda tidak bingung, simak artikel ini sampai selesai.

  • Pembaharuan terakhir: 26 Februari 2021
Daftar isi

Keuntungan mengonsumsi suplemen chondroitin

Keuntungan mengonsumsi suplemen chondroitin
Chondroitin merupakan komponen mukopolisakarida (proteoglikan) yang terdapat di seluruh tubuh. Selain chondroitin, hyaluronic acid yang terkenal sebagai bahan pelembap juga tergolong sebagai mukopolisakarida. Chondroitin yang jumlahnya melimpah di tulang rawan sendi dikenal dapat berfungsi sebagai bantalan antartulang dan menjaga keelastisannya.

Tulang rawan sendi atau kartilago jumlahnya akan makin berkurang seiring bertambahnya usia dan tingginya intensitas olahraga yang Anda lakukan. Jika kartilagonya habis, tidak akan ada lagi bantalan antartulang sehingga menyebabkan rasa sakit pada persendian saat Anda bergerak.


Karena itu, chondroitin sangat diperlukan untuk Anda yang ingin bergerak aktif sampai tua. Sayangnya, makanan kaya chondroitin, seperti belut, sirip ikan hiu, dan mata ikan sangat sulit untuk dikonsumsi secara rutin sehari-hari. Dengan demikian, suplemen chondroitin akan sangat memudahkan Anda mendapat asupan chondroitin yang diperlukan tubuh.

Cara memilih suplemen chondroitin

Setelah mengetahui keuntungan mengonsumsi suplemen chondroitin, kami akan memberikan tips memilih suplemen chondroitin. Anda harus mengetahui beberapa hal seperti asupan minimal chondroitin yang dianjurkan, kandungan lainnya, hingga ukuran suplemennya.

Pilih berdasarkan jumlah kandungan chondroitin

Pilih berdasarkan jumlah kandungan chondroitin
Saat memilih suplemen chondroitin, perhatikan isinya terlebih dahulu. Kebutuhan chondroitin tiap orang memang tidak sama, tetapi standardnya sekitar 400 mg–1500 mg per hari. Takaran konsumsi harian suplemen chondroitin juga dipengaruhi oleh bobot masing-masing orang. 

Orang dengan bobot tubuh 54 kg atau kurang dari itu disarankan untuk mengonsumsi 800 mg chondroitin per hari. Jika bobot tubuh Anda berkisar antara 55 kg–90 kg, Anda harus mengonsumsi sebanyak 1.200 mg. Sementara itu, untuk Anda yang bobot tubuhnya lebih dari 90 kg, disarankan mengonsumsi 1.500 mg chondroitin


Berhubung chondroitin memang sudah ada di dalam tubuh, mengonsumsi suplemen chondroitin terlalu banyak dikhawatirkan akan memberikan efek samping. Suplemen chondroitin memang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, tetapi bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya secara berlebih. Konsumsi yang berlebih mungkin saja memberikan efek buruk sehingga baiknya Anda mengonsumsi suplemen ini secara tepat.

Pilih berdasarkan sumber chondroitin

Pilih berdasarkan sumber chondroitin
Kebanyakan suplemen menggunakan chondroitin yang berasal hewan. Ada dua tipe chondroitin, yaitu chondroitin 6-sulfate (tipe C) yang berasal dari kartilago ikan hiu dan chondroitin 4-sulfate (tipe A) yang berasal dari kartilago sapi, ikan, atau kerang. Di antara keduanya, chondroitin 4-sulfate ada di dalam tubuh manusia secara alami dan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Karena itu, chondroitin 4-sulfat sebaiknya Anda konsumsi secara rutin.

Ada beberapa suplemen chondroitin yang berasal dari tanaman seperti ubi dan talas. Sayangnya, suplemen chondroitin berbahan dasar tanaman tidak terlalu banyak beredar di pasaran. Selain itu, chondroitin dari hewan lebih mudah diserap oleh tubuh manusia. Jika Anda tidak memiliki alergi apa pun, sebaiknya pilihlah suplemen chondroitin yang berasal dari hewan.


Perhatikan juga bahwa mungkin Anda akan menemukan produk suplemen chondroitin dengan keterangan "berasal dari kartilago ikan hiu" di labelnya. Namun, meski ditulis demikian, sebenarnya tidak seluruh kandungan tersebut terbuat dari kartilago ikan hiu. Biasanya, chondroitin yang berasal dari ikan hiu hanya sekitar 10–15% dari seluruh bahan yang digunakan.


Dengan kata lain, jika pada kemasan tertulis 1.000 mg chondroitin, berarti hanya 100–150 mg dari total chondroitin tersebut yang berasal dari kartilago ikan hiu. Oleh sebab itu, selain memastikan chondroitin-nya berasal dari hewan atau tanaman, perhatikanlah dengan saksama persentase bahannya.

Pilih berdasarkan keberadaan kandungan lainnya

Pilih berdasarkan keberadaan kandungan lainnya

Suplemen chondroitin umumnya mengandung bahan-bahan lain yang bisa bekerja sama dengan efektif jika disatukan. Beberapa bahan yang diharapkan mampu menghasilkan efek bersinergi dengan chondroitin adalah glukosamin (glucosamine), MSM, kolagen, dan hyaluronic acid.


Glukosamin memegang peranan penting dalam pembuatan glycosaminoglycans dan glycoproteins. Kedua bahan tersebut sangat penting untuk melumasi persendian, ligamen, tendon, dan kartilago agar tetap sehat. Suplemen yang mengandung chondroitin dan glucosamine kerjanya akan makin efektif. Selain diproduksi alami oleh tubuh, glukosamin juga bisa didapatkan dari cangkang kerang atau diproduksi di laboratorium. 


Sementara itu, MSM atau methylsulfonylmethane adalah senyawa yang kandungan sulfurnya sangat tinggi. Sulfur berperan penting dalam pembuatan kolagen dan glukosamin dalam tubuh. Tak kalah pentingnya, MSM memiliki sifat antiinflamasi. Penderita osteoarthritis sering kali mengalami bengkak di bagian sendi yang disertai rasa nyeri sehingga sifat antiinflamasi akan sangat berguna. 


Selain kedua bahan tadi, mangan juga sering ditemukan di suplemen chondroitin. Berdasarkan studi, menambahkan kolagen dan hyaluronic acid ke dalam suplemen chondroitin bisa meredakan sakit sendi akibat osteoarthritis. Jadi, pilihlah suplemen yang kandungannya beragam!

Periksa keberadaan zat aditif dan proses produksinya

Periksa keberadaan zat aditif dan proses produksinya

Suplemen harus Anda konsumsi setiap hari dalam periode waktu yang cukup lama. Maka dari itu, sangat penting untuk memeriksa keamanannya. Berbagai zat aditif seperti pewarna, pengawet, perasa, dan sebagainya sering ditambahkan dalam suplemen meski sebenarnya tidak dibutuhkan. Bila memungkinkan, sebaiknya pilihlah suplemen yang tidak mengandung zat aditif.


Di samping zat aditif, Anda perlu mengetahui pabrik tempat pembuatan suplemen tersebut. Produksi produk farmasi seperti ini membutuhkan standardisasi GMP (Good Manufacturing Practice). Meskipun suplemen bukan merupakan obat-obatan, produksinya tetap membutuhkan standardisasi setara dengan produksi obat-obatan. Jika Anda ingin memilih produk yang lebih aman, pilihlah produk yang telah tersertifikasi atau berlabel BPOM.

Pilih berdasarkan ukuran, dosis, dan harganya

Pilih berdasarkan ukuran, dosis, dan harganya
Manfaat suplemen tidak akan dirasakan dalam satu kali konsumsi. Anda akan merasakan manfaatnya secara optimal jika mengonsumsinya secara berkelanjutan. Suplemen chondroitin dijual dalam berbagai varian bentuk, misalnya tablet, kapsul, bubuk, atau sirop. Suplemen yang mudah diminum cenderung membuatnya bisa diminum jangka panjang. Pilihlah yang paling mudah untuk Anda minum!

Anda juga harus memeriksa dosis harian serta harga suplemen pilihan Anda. Ada suplemen yang harus dikonsumsi dalam jumlah banyak per harinya dan harganya pun beragam dari yang murah sampai mahal. Untuk itu, periksalah dosis harian serta harganya agar dapat Anda konsumsi secara terus-menerus.

10 Rekomendasi suplemen chondroitin terbaik

Berikut ini sepuluh rekomendasi suplemen chondroitin untuk kesehatan persendian Anda. Suplemen yang mengandung chondroitin dan glucosamine juga ada, lho. Baca dan temukanlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
10

Doctor’s BestGlucosamine Chondroitin MSM

DRB-00080

Mulai dari Rp 275.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji1.200 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1.500 mg, MSM 1.000 mg
BentukKapsul
Isi kemasan120 kapsul, 240 kapsul, 360 kapsul
Dosis4 kapsul per hari
9

SwansonKal Glucosamine, Chondroitin & MSM

Mulai dari Rp 599.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji1.200 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1.500 mg, MSM 1.500 mg, vitamin C 300 mg, kalsium 80 mg
BentukTablet
Isi kemasan60 tablet
Dosis3 tablet per hari
8

Ultimate NutritionGlucosamine & Chondroitin & MSM

Mulai dari Rp 316.800,00

Kandungan chondroitin per takaran saji1.200 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1.500 mg, MSM 1.200 mg
BentukTablet
Isi kemasan90 tablet
Dosis3 tablet per hari
7

California Gold NutritionGlucosamine, Chondroitin, MSM Plus Hyaluronic Acid

Mulai dari Rp 480.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji600 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 750 mg, MSM 500 mg, hyaluronic acid 50 mg
BentukKapsul
Isi kemasan120 kapsul
Dosis2 tablet per hari
6

Kirkland SignatureGlucosamine 1500 mg Chondroitin 1200 mg

Mulai dari Rp 559.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji1200 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1500 mg
BentukTablet
Isi kemasan220 tablet
Dosis2 tablet per hari
5

SwansonGlucosamine, Chondroitin & MSM

Mulai dari Rp 399.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji600 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 750 mg, MSM 300 mg
BentukTablet
Isi kemasan360 tablet
Dosis2 x 6 tablet per hari
4

Now FoodsLiquid Glucosamine & Chondroitin with MSM

Mulai dari Rp 1.042.800,00

Kandungan chondroitin per takaran saji600 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 750 mg, MSM 150 mg, vitamin C 125 mg, mangan 4 mg
BentukCair
Isi kemasan473 ml, 946 ml
Dosis2 x 15 ml per hari
3

Natures PlusTriple Strength Ultra Rx-Joint Tablets

4930

Mulai dari Rp 1.320.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji800 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1000 mg, MSM 1000 mg, vitamin C 200 mg, mangan 20 mg, celadrin 750 mg, black cherry 100 mg
BentukTablet
Isi kemasan120 tablet
Dosis2 x 2 tablet per hari
2
Kandungan chondroitin per takaran saji1.200 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1.500 mg, MSM 900 mg, hyaluronic acid 5 mg
BentukTablet
Isi kemasan120 tablet, 240 tablet
Dosis3 tablet per hari
1
Kandungan chondroitin per takaran saji400 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 750 mg, mangan 1 mg, boron 1 mg
BentukTablet
Isi kemasan120 tablet
Dosis2 x 1 tablet per hari

Tabel perbandingan produk suplemen chondroitin terbaik

Gambar produk
1
Blackmores Joint Formula Advanced 1

Blackmores

2
GNC TriFlex 1

GNC

3
Natures Plus Triple Strength Ultra Rx-Joint Tablets 1

Natures Plus

4
Now Foods Liquid Glucosamine & Chondroitin with MSM 1

Now Foods

5
Swanson Glucosamine, Chondroitin & MSM 1

Swanson

6
Kirkland Signature Glucosamine 1500 mg Chondroitin 1200 mg 1

Kirkland Signature

7
California Gold Nutrition Glucosamine, Chondroitin, MSM Plus Hyaluronic Acid 1

California Gold Nutrition

8
Ultimate Nutrition Glucosamine & Chondroitin & MSM 1

Ultimate Nutrition

9
Swanson Kal Glucosamine, Chondroitin & MSM 1

Swanson

10
Doctor’s Best Glucosamine Chondroitin MSM 1

Doctor’s Best

Nama produk

Joint Formula Advanced

TriFlex

Triple Strength Ultra Rx-Joint Tablets

Liquid Glucosamine & Chondroitin with MSM

Glucosamine, Chondroitin & MSM

Glucosamine 1500 mg Chondroitin 1200 mg

Glucosamine, Chondroitin, MSM Plus Hyaluronic Acid

Glucosamine & Chondroitin & MSM

Kal Glucosamine, Chondroitin & MSM

Glucosamine Chondroitin MSM

Keunggulan

Tablet rasa vanili dengan lima fungsi khusus

Kandungannya lengkap dan mudah diserap tubuh

Mengandung celadrin dan black cherry!

Sirop rasa jeruk untuk membuat sendi lebih kuat

Tablet lebih kecil, lebih mudah dikonsumsi

Isi lebih banyak, tidak repot bolak-balik membeli!

Tidak mengandung kerang laut, aman untuk penderita alergi dan vegetarian

MSM dosis tinggi untuk meredakan nyeri lutut

Bebas sodium untuk sendi yang lebih sehat

Membantu menjaga kesehatan dan fleksibilitas sendi Anda

Harga mulai dariRp 664.000,00Rp 1.675.000,00Rp 1.320.000,00Rp 1.042.800,00Rp 399.000,00Rp 559.000,00Rp 480.000,00Rp 316.800,00Rp 599.000,00Rp 275.000,00
Kandungan chondroitin per takaran saji400 mg1.200 mg800 mg600 mg600 mg1200 mg600 mg1.200 mg1.200 mg1.200 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 750 mg, mangan 1 mg, boron 1 mgGlukosamin 1.500 mg, MSM 900 mg, hyaluronic acid 5 mgGlukosamin 1000 mg, MSM 1000 mg, vitamin C 200 mg, mangan 20 mg, celadrin 750 mg, black cherry 100 mgGlukosamin 750 mg, MSM 150 mg, vitamin C 125 mg, mangan 4 mgGlukosamin 750 mg, MSM 300 mgGlukosamin 1500 mgGlukosamin 750 mg, MSM 500 mg, hyaluronic acid 50 mgGlukosamin 1.500 mg, MSM 1.200 mgGlukosamin 1.500 mg, MSM 1.500 mg, vitamin C 300 mg, kalsium 80 mgGlukosamin 1.500 mg, MSM 1.000 mg
BentukTabletTabletTabletCairTabletTabletKapsulTabletTabletKapsul
Isi kemasan120 tablet120 tablet, 240 tablet120 tablet473 ml, 946 ml360 tablet220 tablet120 kapsul90 tablet60 tablet120 kapsul, 240 kapsul, 360 kapsul
Dosis2 x 1 tablet per hari3 tablet per hari2 x 2 tablet per hari2 x 15 ml per hari2 x 6 tablet per hari2 tablet per hari2 tablet per hari3 tablet per hari3 tablet per hari4 kapsul per hari
Tautan produk

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Selain suplemen chondroitin, ada banyak suplemen lagi yang sudah pernah kami bahas. Ada yang berfungsi untuk menambah berat badan, tinggi badan, hingga meningkatkan kerja otak. Silakan simak artikel berikut ini agar Anda bisa mendapatkan informasinya lebih lengkap. 

Kesimpulan

Apakah Anda cukup terbantu dengan artikel ini? Semoga artikel ini membantu Anda memilih suplemen chondroitin terbaik, ya.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan jumlah chondroitin di dalam suplemen. Kemudian, agar konsumsi suplemen chondroitin tidak terputus, pastikan Anda memilih bentuk suplemen yang mudah ditelan, dosis pas, serta harga sesuai anggaran Anda. Terakhir, imbangilah dengan pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin E memiliki efek antioksidan yang sama seperti vitamin C dan vitamin A yaitu efektif dalam menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Vitamin E yang terkandung dalam bahan alami seperti minyak nabati dan kacang kedelai memang mudah dicerna tubuh. Namun, juga mudah terbuang melalui urine dan keringat.Karena itu, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi suplemen. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin E kepada Anda. Kami pun akan memberikan beberapa rekomendasi produk dari merek Wellnes, Blackmores, dan Natures Plus. Simak terus artikel ini!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2021)
    10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2021)
    Apakah Anda ingin mendapatkan tubuh atletis, tetapi latihan yang Anda lakukan belum menunjukkan hasil maksimal? Salah satu solusinya, Anda bisa mengonsumsi suplemen pembentuk otot. Kini suplemen pembentuk dan penambah massa otot tidak hanya digunakan oleh atlet, tetapi juga masyarakat umum.Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih suplemen pembentuk otot yang bagus. Kami juga membagikan rekomendasi produk terbaik dari merek terkenal, seperti BPI Sport, Twinlab, dan Ultimate Nutrition. Jangan lewatkan juga komentar dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Glutamine Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Glutamine Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Suplemen glutamine menjadi salah satu suplemen yang cukup populer di kalangan gym goers. Suplemen ini juga banyak dikonsumsi untuk alasan kesehatan, terutama kesehatan imun dan usus. Ada berbagai merek suplemen glutamine, seperti R1, Life Extension, hingga XTEND. Namun, suplemen glutamine mana yang paling bagus untuk Anda? Untuk memandu Anda menemukan suplemen glutamine yang bagus, kami akan mengulas cara memilihnya. Artikel ini akan diawali dengan paparan definisi dan manfaat glutamine. Terakhir, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi suplemen glutamine terbaik. Simak ulasan ini hingga tuntas agar Anda tak salah beli. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kerontokan rambut sering menjadi permasalahan bagi segala usia. Perbaikan pola makan sering kali tidak cukup membantu pertumbuhan rambut sehingga Anda perlu mengonsumsi suplemen penumbuh rambut. Ada berbagai merek suplemen penumbuh rambut dengan beragam kandungan di dalamnya, mulai dari Hairfinity, Hair Maxis, Foligain, dan sebagainya.Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara memilih suplemen penumbuh rambut. Kami juga akan membahas beberapa bahan yang penting untuk membantu pertumbuhan rambut. Mari simak selengkapnya dan miliki rambut lebat idaman Anda!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2022)
    Air susu ibu (ASI) merupakan makanan pertama bagi bayi yang baru lahir. ASI mengandung nutrisi esensial yang menyokong tumbuh kembang bayi. Agar produksi ASI lancar, suplemen untuk ibu menyusui dapat dipertimbangkan. Mengonsumsi suplemen juga dapat membantu tubuh Anda dan bayi tetap sehat pada masa krusial ini.Pada artikel ini, kami akan memaparkan tips memilih suplemen yang bagus untuk ibu menyusui. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi suplemen terbaik untuk ibu menyusui. Beberapa merek suplemen ternama, seperti Asifit, Herbilogy, dan Blackmores akan turut kami ulas. Mari simak pembahasannya hingga tuntas!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Valerian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Valerian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda dapat mengurangi stres karena aktivitas keseharian dengan menggunakan obat herba. Salah satu herba yang sering digunakan adalah valerian. Fungsinya untuk menenangkan dan membantu Anda mudah tidur lelap. Valerian telah banyak digunakan oleh orang Eropa Kuno. Saat ini, banyak suplemen valerian dijual di pasaran, tetapi mana yang terbaik? Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih suplemen valerian. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk populer seperti Blackmores Valerian Forte. Ada pula obat valerian lainnya dari merk Now Foods, Prostresa, dan Swisse. Temukan suplemen valerian yang paling ampuh menghilangkan insomnia dan stres!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Resveratrol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Resveratrol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai suplemen yang dapat memperlambat penuaan dan meningkatkan kesehatan? Nah, Anda perlu berkenalan dengan suplemen resveratrol polifenol. Suplemen ini efektif untuk antipenuaan dan mencegah demensia. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung mengenai cara untuk memilih produk yang tepat. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan beberapa poin penting dalam memilih suplemen resveratrol. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk bagi Anda. Produk yang dapat Anda temukan diantaranya seperti Puritan's Pride, Thompson's, dan Healthy Care. Mari temukan suplemen resveratrol yang sesuai untuk Anda!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Minyak Ikan Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minyak Ikan Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Omega-3 dibutuhkan oleh janin untuk pembentukan area otak, retina, serta jaringan saraf. Ibu hamil bisa mengonsumsi ikan perairan laut dalam seperti salmon atau tuna untuk memenuhi kebutuhan omega-3. Sayangnya, sekarang laut sudah banyak tercemar sehingga ibu hamil kadang disarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi ikan.Untuk memenuhi kebutuhan omega-3 bagi janin, kapsul minyak ikan untuk ibu hamil bisa menjadi pilihan. Di pasaran tersedia banyak merek suplemen minyak ikan, seperti Blackmores, Sea-Quill, dan K-Link. Agar lebih mudah dalam pemilihannya, Anda bisa menyimak tips memilih dan rekomendasi produknya berikut ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin B12 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin B12 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin B terdiri dari berbagai macam, salah satunya adalah vitamin B12. Konsumsi vitamin B12 yang cukup dapat mencegah anemia. Anda bisa menemukan banyak suplemen vitamin B12 di apotek, seperti IPI, Neurobion, Blackmores, dan Swisse. Harganya pun beragam bergantung pada mereknya, mulai dari enam ribu rupiah.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar vitamin B12, mulai dari apa saja manfaatnya sampai tips memilih produk yang bagus. Simak juga rekomendasi suplemen vitamin B12 yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, langsung simak artikel ini untuk mendapatkan suplemen vitamin B12 terbaik!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Vitamin C yang Bagus untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vitamin C yang Bagus untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan anak, terutama dalam menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit. Ada berbagai merek vitamin C anak, mulai dari merek IPI yang harganya terjangkau hingga Blackmores yang harganya lumayan tinggi.Produk vitamin C anak juga dijual dalam berbagai tipe, di antaranya dalam bentuk tablet hisap atau kunyah, syrup dengan rasa buah, gummy yang kenyal, serta bubuk yang perlu dilarutkan. Yuk, simak artikel ini sampai selesai jika Anda ingin mengetahui rekomendasi vitamin C yang bagus untuk anak.
    Vitamin & suplemen
  • Artikel populer

  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Kini banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Kami juga telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Simak artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Bukan rahasia lagi bahwa kandungan DHA, EPA, dan omega 3 pada minyak ikan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Saat ini, minyak ikan atau fish oil sudah sangat digemari masyarakat Indonesia. Anda dapat menemukan varian fish oil dengan mudah di apotik atau farmasi.Karena itu, kali ini kami akan membagikan cara memilih fish oil terbaik untuk dewasa dan anak. Temukan rekomendasi suplemen minyak ikan terbaik dari berbagai merk, seperti Blackmores, Puritan’s Pride, dan lainnya. Baca juga tips dari biotechnologist, Marceline Noviani, agar Anda dapat memilih produk yang bagus. 
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori