• 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Persendian merupakan hal yang harus Anda perhatikan karena berkaitan dengan pergerakan Anda sehari-hari. Seiring bertambahnya usia, materi penyusun kartilago pada persendian Anda akan semakin berkurang. Untuk itu, Anda membutuhkan suplementasi chondroitin yang merupakan penyusun kartilago.

Ada banyak suplemen chondroitin di pasaran, seperti Blackmores, Now, Kirkland, dan masih banyak lagi. Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas tentang suplemen chondroitin, mulai dari keuntungannya, cara memilih, serta rekomendasinya untuk Anda. Supaya Anda tidak bingung lagi, langsung saja simak artikel kami!
  • Pembaharuan terakhir: 24 September 2020
  • 4.264 Views
Daftar isi

Keuntungan mengonsumsi suplemen chondroitin

Keuntungan mengonsumsi suplemen chondroitin
Chondroitin merupakan mukopolisakarida (proteoglikan) yang terdapat di kartilago, kulit, dan dinding pembuluh darah. Hyaluronic acid yang terkenal sebagai bahan pelembap kulit juga merupakan salah satu mukopolisakarida dan berfungsi sebagai “pelumas”. Chondroitin yang terdapat pada jaringan kartilago di sekitar persendian berfungsi sebagai “pelumas” pada kartilago dan menjaga keelastisannya.
Kartilago akan berkurang sedikit demi sedikit tergantung pada pergerakan, olahraga, serta usia. Jika kartilago ini habis, tidak akan ada lagi bantalan pada persendian sehingga menyebabkan rasa sakit pada persendian saat digerakkan. Suplemen chondroitin berfungsi untuk menyusun jaringan kartilago dan menghambat kinerja enzim yang menghancurkan kartilago.
Karena itu, chondroitin sangat diperlukan untuk orang yang berusia lanjut. Sayangnya, makanan kaya chondroitin, seperti belut, sirip ikan hiu, dan mata ikan sangat sulit untuk dikonsumsi secara rutin sehari-hari. Dengan demikian, suplemen chondroitin akan sangat memudahkan Anda mendapat asupan chondroitin yang diperlukan tubuh.

Cara memilih suplemen chondroitin

Setelah mengetahui keuntungan mengonsumsi suplemen chondroitin, kami akan memberikan 5 tips cara memilih suplemen chondroitin. Kami memberikan tips ini agar Anda dapat memilih suplemen yang sesuai kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan jumlah kandungan chondroitin

Pilih berdasarkan jumlah kandungan chondroitin
Saat memilih suplemen chondroitin, perhatikan isinya terlebih dahulu. Kebutuhan chondroitin tiap orang memang tidak sama, tetapi sebagai panduan, pilihlah suplemen chondroitin dengan kandungan 400-1500 mg per hari.
Konsumsi yang berbeda-beda tersebut bergantung pada berat masing-masing individu. Untuk Anda dengan berat kurang dari 54 kg, disarankan untuk mengonsumsi 800 mg chondroitin per hari. Jika berat Anda berkisar antara 55-90 kg, Anda harus mengonsumsi sebanyak 1200 mg dan 1500 mg untuk Anda dengan berat lebih dari 90 kg.
Berhubung secara alami chondroitin memang sudah ada di dalam tubuh, kelebihan chondroitin dapat memberikan efek samping sehingga Anda harus mengonsumsinya secara tepat dan tidak berlebihan. Suplemen chondroitin memang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, tetapi bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya secara berlebih. Konsumsi yang berlebih mungkin saja memberikan efek buruk sehingga baiknya Anda mengonsumsi suplemen ini secara tepat.

Pilih berdasarkan sumber chondroitin

Pilih berdasarkan sumber chondroitin
Kebanyakan suplemen chondroitin terbuat dari chondroitin hewan. Ada 2 tipe chondroitin, yaitu chondroitin 6-sulfat (chondroitin sulfat C) yang berasal dari kartilago ikan hiu dan chondroitin 4-sulfat (chondroitin sulfat A) yang berasal dari kartilago sapi, ikan, dan kerang. Di antara kedua jenis itu, chondroitin 4-sulfat merupakan chondroitin yang secara alami ada di dalam tubuh manusia dan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Karena itu, chondroitin 4-sulfat merupakan jenis chondroitin yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin.
Ada beberapa suplemen chondroitin yang berasal dari tanaman, seperti ubi dan talas. Sayangnya, suplemen chondroitin berbahan dasar tanaman ini tidak terlalu banyak beredar di pasaran. Selain itu, chondroitin dari hewan lebih mudah diserap oleh tubuh manusia. Jika Anda tidak memiliki alergi apa pun, sebaiknya pilihlah suplemen chondroitin yang berasal dari hewan.
Perhatikan juga bahwa mungkin Anda akan menemukan produk suplemen chondroitin yang tertulis ‘berasal dari kartilago ikan hiu’. Namun, sebenarnya meski ditulis demikian, tidak seluruh kandungan tersebut terbuat dari kartilago ikan hiu. Biasanya, chondroitin dari bahan tersebut hanya sekitar 10-15% dari seluruh bahan yang digunakan. Dengan kata lain, jika pada kemasan tertulis 1000 mg chondroitin, berarti hanya 100-150 mg dari total chondroitin itu yang berasal dari kartilago ikan hiu. Oleh sebab itu, perhatikanlah dengan saksama kandungan suplemen tersebut.

Pilih berdasarkan keberadaan kandungan lainnya

Pilih berdasarkan keberadaan kandungan lainnya
Beberapa suplemen chondroitin dicampur dengan bahan lain agar lebih efektif saat dikonsumsi bersamaan. Glukosamin, kolagen, dan hyaluronic acid merupakan komponen yang biasa dicampurkan dengan chondroitin untuk memberikan efek yang lebih optimal.
Glukosamin merupakan golongan proteoglikan yang bekerja menjaga jaringan kartilago dan jika dikonsumsi dengan chondroitin, efeknya dalam menjaga kartilago pada persendian akan semakin baik. Selain itu, kolagen dan hyaluronic acid adalah bahan yang dapat menjadi “bantalan” di antara sendi sehingga pas juga untuk dicampurkan bersama chondroitin. Saat memilih suplemen chondroitin, pilihlah suplemen yang mengandung bahan-bahan ini di dalamnya!

Periksa keberadaan zat aditif dan proses produksinya

Periksa keberadaan zat aditif dan proses produksinya
Suplemen harus Anda konsumsi setiap hari dalam periode waktu yang cukup lama. Maka dari itu, sangat penting untuk memeriksa keamanannya. Berbagai zat aditif seperti pewarna, pengawet, perasa, dan sebagainya sering ditambahkan dalam suplemen meski sebenarnya tidak dibutuhkan. Bila memungkinkan, sebaiknya pilihlah suplemen yang tidak mengandung zat aditif.
Di samping zat aditif, Anda perlu mengetahui produksi suplemen tersebut. Produksi produk farmasi seperti ini membutuhkan standardisasi GMP (Good Manufacturing Practice) atau sudah berlabel BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Meskipun suplemen bukan merupakan obat-obatan, produksinya tetap membutuhkan standardisasi setara dengan produksi obat-obatan. Jika Anda ingin memilih produk yang lebih aman, pilihlah produk yang telah tersertifikasi atau berlabel BPOM.

Pilih berdasarkan ukuran, dosis, dan harga

Pilih berdasarkan ukuran, dosis, dan harga
Suplemen tidak mungkin Anda rasakan manfaatnya hanya dalam satu kali konsumsi. Agar Anda dapat merasakan manfaatnya secara optimal, Anda perlu mengonsumsinya secara kontinu. Suplemen chondroitin pun sama, Anda harus mengonsumsinya dalam waktu lama agar efeknya terasa. Karena itu, ukuran, dosis, dan harga turut andil dalam kemudahan untuk mengonsumsi suplemen tersebut secara berkelanjutan.
Ada beberapa bentuk suplemen, seperti tablet, kapsul, butiran kecil, maupun sirop. Pilihlah bentuk yang dapat dengan mudah Anda konsumsi sehingga Anda dapat mengonsumsinya dalam waktu lama. Pastinya sulit untuk melanjutkan konsumsi suplemen jika Anda sulit menelan bentuk suplemen tersebut, bukan?
Anda juga harus memeriksa dosis harian serta harga suplemen pilihan Anda. Ada suplemen yang harus dikonsumsi dalam jumlah banyak per harinya dan harganya pun beragam dari yang murah sampai mahal. Untuk itu, periksalah dosis harian serta harganya agar dapat Anda konsumsi secara terus-menerus.

10 Rekomendasi suplemen chondroitin terbaik

Berikut ini sepuluh rekomendasi suplemen chondroitin untuk kesehatan persendian Anda. Baca dan temukanlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
10
Kandungan chondroitin per takaran saji1200 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1500 mg, MSM 900 mg, hyaluronic acid 5 mg
Keterangan zat aditifTanpa perasa, pemanis, pewarna, dan pengawet buatan
BentukTablet
Dosis3 tablet per hari
9

Doctor’s BestGlucosamine Chondroitin MSM

Rp 305.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji1200 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1500 mg, MSM 1000 mg
Keterangan zat aditifTidak disebutkan
BentukTablet
Dosis4 tablet per hari
8

ULTIMATE NUTRITIONGlucosamine & Chondroitin & MSM

Rp 316.800,00

Kandungan chondroitin per takaran saji1600 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1500 mg, MSM 1200 mg
Keterangan zat aditifTidak disebutkan
BentukTablet
Dosis1 x 2 tablet per hari
7

California Gold NutritionGlucosamine, Chondroitin, MSM Plus Hyaluronic Acid

Rp 370.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji600 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 750 mg, MSM 500 mg, hyaluronic acid 50 mg
Keterangan zat aditifTidak disebutkan
BentukKapsul
Dosis1 x 2 tablet per hari
6
Kandungan chondroitin per takaran saji1200 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1500 mg
Keterangan zat aditifBebas pengawet dan pewarna buatan
BentukTablet
Dosis2 tablet per hari
5

SwansonGlucosamine, Chondroitin & MSM

Rp 399.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji600 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 750 mg, MSM 300 mg
Keterangan zat aditifTidak disebutkan
BentukTablet
Dosis2 x 6 tablet per hari
4

Now FoodsGlucosamine & Chondroitin with MSM Liquid

Rp 790.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji600 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 750 mg, MSM 150 mg, vitamin C 125 mg, mangan 4 mg
Keterangan zat aditifTanpa perasa, pewarna, dan pemanis buatan
BentukCair
Dosis2 x 15 ml per hari
3

Natures PlusTriple Strength Ultra Rx-Joint® Tablets Glucosamine / Chondroitin / MSM

Rp 1.270.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji800 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1000 mg, MSM 1000 mg, vitamin C 200 mg, mangan 20 mg, celadrin 750 mg, black cherry 100 mg
Keterangan zat aditifBebas pewarna dan pengawet buatan
BentukTablet
Dosis2 x 2 tablet per hari
2

SwansonKal Glucosamine, Chondroitin & MSM

Rp 599.000,00

Kandungan chondroitin per takaran saji1200 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 1500 mg, MSM 1500 mg, vitamin C 300 mg, kalsium 80 mg
Keterangan zat aditifTidak disebutkan
BentukTablet
Dosis3 tablet per hari
1
Kandungan chondroitin per takaran saji400 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 750 mg, mangan 1 mg , boron 1 mg
Keterangan zat aditifTanpa perasa, pewarna, pemanis, dan pengawet buatan
BentukTablet
Dosis2 x 1 tablet per hari

Tabel perbandingan produk suplemen chondroitin terbaik

Gambar produk
1
Blackmores Joint Formula Advanced 1

Blackmores

2
Swanson Kal Glucosamine, Chondroitin & MSM 1

Swanson

3
Natures Plus Triple Strength Ultra Rx-Joint® Tablets Glucosamine / Chondroitin / MSM 1

Natures Plus

4
Now Foods Glucosamine & Chondroitin with MSM Liquid 1

Now Foods

5
Swanson Glucosamine, Chondroitin & MSM 1

Swanson

6
Kirkland Signature Glucosamine & Chondroitin 1

Kirkland Signature

7
California Gold Nutrition Glucosamine, Chondroitin, MSM Plus Hyaluronic Acid 1

California Gold Nutrition

8
ULTIMATE NUTRITION Glucosamine & Chondroitin & MSM 1

ULTIMATE NUTRITION

9
Doctor’s Best Glucosamine Chondroitin MSM 1

Doctor’s Best

10
GNC TRIFLEX Promotes Joint Health 1

GNC

Nama produk

Joint Formula Advanced

Kal Glucosamine, Chondroitin & MSM

Triple Strength Ultra Rx-Joint® Tablets Glucosamine / Chondroitin / MSM

Glucosamine & Chondroitin with MSM Liquid

Glucosamine, Chondroitin & MSM

Glucosamine & Chondroitin

Glucosamine, Chondroitin, MSM Plus Hyaluronic Acid

Glucosamine & Chondroitin & MSM

Glucosamine Chondroitin MSM

TRIFLEX Promotes Joint Health

Keunggulan

Ukuran tablet lebih besar? Tidak masalah!

Bebas sodium dan lebih cepat diserap tubuh

Sendi sehat, bebas inflamasi, dan bebas bergerak!

Penuhi kebutuhan chondroitin Anda dengan sirop rasa jeruk yang menyegarkan

Tablet lebih kecil, lebih mudah dikonsumsi

Isi lebih banyak, tidak repot bolak-balik beli, deh!

Ramah untuk vegetarian dan bebas bahan laut

Siapa bilang sehat harus selalu mahal?

Harganya bersahabat, bebas GMO juga

Sehatkan sendi dengan suplemen bebas alergen

HargaRp 545.000,00Rp 599.000,00Rp 1.270.000,00Rp 790.000,00Rp 399.000,00Rp 559.000,00Rp 370.000,00Rp 316.800,00Rp 305.000,00Rp 1.300.000,00
Kandungan chondroitin per takaran saji400 mg1200 mg800 mg600 mg600 mg1200 mg600 mg1600 mg1200 mg1200 mg
Kandungan bahan lainGlukosamin 750 mg, mangan 1 mg , boron 1 mgGlukosamin 1500 mg, MSM 1500 mg, vitamin C 300 mg, kalsium 80 mgGlukosamin 1000 mg, MSM 1000 mg, vitamin C 200 mg, mangan 20 mg, celadrin 750 mg, black cherry 100 mgGlukosamin 750 mg, MSM 150 mg, vitamin C 125 mg, mangan 4 mgGlukosamin 750 mg, MSM 300 mgGlukosamin 1500 mgGlukosamin 750 mg, MSM 500 mg, hyaluronic acid 50 mgGlukosamin 1500 mg, MSM 1200 mgGlukosamin 1500 mg, MSM 1000 mgGlukosamin 1500 mg, MSM 900 mg, hyaluronic acid 5 mg
Keterangan zat aditifTanpa perasa, pewarna, pemanis, dan pengawet buatanTidak disebutkanBebas pewarna dan pengawet buatanTanpa perasa, pewarna, dan pemanis buatanTidak disebutkanBebas pengawet dan pewarna buatanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTanpa perasa, pemanis, pewarna, dan pengawet buatan
BentukTabletTabletTabletCairTabletTabletKapsulTabletTabletTablet
Dosis2 x 1 tablet per hari3 tablet per hari2 x 2 tablet per hari2 x 15 ml per hari2 x 6 tablet per hari2 tablet per hari1 x 2 tablet per hari1 x 2 tablet per hari4 tablet per hari3 tablet per hari
Tautan produk

Hal untuk diperhatikan saat mengonsumsi suplemen chondroitin

Hal untuk diperhatikan saat mengonsumsi suplemen chondroitin
Sebenarnya tidak ada efek samping berarti yang disebabkan oleh suplemen chondroitin. Namun, untuk Anda yang memiliki masalah pencernaan, seperti konstipasi, diare, atau tukak lambung, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen ini.
Anda juga perlu memperhatikan asal glukosamin yang umumnya ditambahkan pada chondroitin. Glukosamin yang ada di dalam suplemen biasanya berasal dari hewan laut, seperti udang dan cangkang kepiting. Jika Anda memiliki alergi terhadap makanan laut, Anda harus memperhatikan hal ini dengan saksama. Untuk Anda yang tidak memiliki alergi, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter bila Anda memiliki kondisi kesehatan khusus seperti memiliki tekanan darah tinggi atau hiperlipidemia.
Berhubung chondroitin merupakan komponen alami di dalam tubuh, konsumsi suplemen chondroitin sangat aman dalam jumlah yang sesuai. Anda tidak perlu khawatir konsumsi suplemen chondroitin akan berdampak pada kondisi fisik Anda menjadi lebih buruk. Jadi, jangan lupa mengonsumsi suplemen chondroitin ini sehari-hari untuk sendi yang lebih sehat.

Baca juga rekomendasi knee supporter di sini

Bila sendi pada lutut Anda terasa sakit, sebaiknya Anda mengenakan knee suporter agar rasa sakitnya tidak semakin parah. Knee supporter ini juga berfungsi untuk menyokong lutut Anda pada saat lutut Anda sedang cedera. Namun, seperti apa knee supporter yang tepat bagi lutut Anda? Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membacanya di sini.

Kesimpulan

Apakah Anda cukup terbantu dengan artikel ini? Ingat untuk selalu memperhatikan jumlah chondroitin di dalam suplemen, sumbernya terutama untuk Anda yang vegan, zat aditif lain yang terkandung, serta dosis hariannya.
Jangan lupa juga untuk memeriksa harganya agar dapat Anda konsumsi secara rutin tanpa perlu khawatir masalah keuangan. Semoga Anda menemukan suplemen harian yang cocok untuk Anda!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Sabun Pembersih Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Pembersih Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    Menginjak usia 40-an, masalah kulit cenderung makin banyak bermunculan, seperti kulit kering, kusam, keriput, dan bintik hitam. Untuk itu, Anda membutuhkan produk perawatan kulit yang tepat, termasuk sabun pembersih wajah. Namun, sabun pembersih wajah mana yang cocok untuk Anda?Kali ini, kami akan mengulas cara memilih sabun pembersih wajah yang tepat bagi Anda yang berumur 40-an. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek, seperti Sensatia Botanicals, Avenoo, hingga Clinique. Silakan simak ulasan kami dan gunakan sebagai referensi dalam berbelanja, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    40.189 Views
  • 10 Rekomendasi Korset Celana Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Korset Celana Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Korset celana dapat Anda gunakan untuk membantu membentuk pinggul, bokong, dan paha. Pada beberapa kondisi, korset celana juga dapat digunakan untuk perawatan tubuh pascamelahirkan. Manfaat yang berbeda bisa Anda dapatkan dengan menggunakan korset celana dengan panjang yang berbeda. Bagaimana ya cara mengetahuinya?Artikel ini akan membantu Anda memahami fungsi korset celana berdasarkan ukuran panjang paha dan pinggang, serta memberi Anda tips memilih korset celana sesuai dengan kebutuhan Anda. Melalui artikel ini, Anda juga dapat memilih produk korset celana yang bagus dan berkualitas, seperti Munafie, Sorex, Easecox, Wacoal. Simak terus, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    12.522 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Blush On Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Blush On Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Cream blush, atau krim blush on, adalah kosmetik yang populer belakangan ini. kosmetik ini mampu menghasilkan rona pipi yang sehat dan natural seolah muncul dari dalam. Namun, ada berbagai warna dan jenis krim blush yang dijual di pasaran. Manakah yang cocok untuk Anda? Di artikel ini, kami merekomendasikan beberapa produk cream blush dari Bobbi Brown, Canmake, Tarte, NARS, Etude House, dan lainnya. Di bagian akhir artikel, kami turut membagi tips cara menggunakan cream blush. Bookmark dan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda dalam memilih krim perona pipi terbaik!
    Kosmetik & kesehatan
    5.746 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Wajah yang berjerawat bisa jadi menyebabkan Anda kurang percaya diri. Berbagai produk dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah masker. Ada berbagai merek masker untuk kulit berjerawat, seperti Innisfree, Aztec, Himalaya Herbal, dan Lush.Jika Anda sedang mencari masker untuk kulit berjerawat, artikel kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Kami akan membahas tentang memilih masker untuk kulit berjerawat serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Jangan kelewatan juga tips cara membuat masker di rumah, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    202.803 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki tampilan pori-pori yang besar pasti sangat mengganggu Anda. Produk-produk skincare yang ada dapat membantu membuat tampilan pori lebih tersamarkan. Salah satu jenis skin care yang dapat menyamarkan bentuk pori Anda adalah masker dengan berbagai jenis.Banyak jenis masker yang mampu membersihkan pori-pori sehingga tampilannya tersamarkan. Agar Anda mendapatkan produk yang tepat, kami akan memberikan tips memilih masker untuk pori-pori. Ada rekomendasi dari beberapa merek ternama, seperti Innisfree, Nature Republic, dan Origins juga lho!
    Kosmetik & kesehatan
    65.987 Views
  • 10 Rekomendasi Tisu Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tisu Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi sebagian orang, terutama wanita, tisu toilet adalah benda yang penting keberadaannya. Karena digunakan pada bagian sensitif, janganlah sembarangan menggunakan tisu agar tidak mengalami iritasi. Gunakan tisu yang memang dirancang khusus untuk penggunaan di toilet.Pada artikel ini, kami akan memberikan tips mengenai cara memilih tisu toilet agar Anda dapat memilih produk yang tepat. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produknya, seperti Livi, Paseo, dan Tessa. Mari baca ulasan kami selengkapnya!
    Kosmetik & kesehatan
    7.132 Views
  • 10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Redakan Gatal di Kulit (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Redakan Gatal di Kulit (Terbaru Tahun 2020)
    Tinggal di negara tropis yang cenderung lebih panas membuat kulit rentan mengalami gatal-gatal. Rasa gatal yang mengangggu aktivitas ini dapat diatasi dengan menggunakan bedak pereda gatal yang beredar di pasaran. Namun, bedak seperti apa yang sebaiknya dibeli? Tentu tidak bisa asal memilih, bukan?Untuk itu, kami akan memberikan tips cara memilih bedak yang dapat meredakan gatal di kulit. Setelahnya, dilanjutkan dengan rekomendasi produk terbaik dari kami, seperti Herocyn, Caladine, Snake Brand, Cussons, dan lain-lain. Bacalah dengan saksama agar Anda menemukan produk yang tepat untuk mengatasi gatal di kulit.
    Kosmetik & kesehatan
    14.550 Views
  • 10 Rekomendasi Contour Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Contour Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Contouring merupakan teknik dalam ber-make up agar wajah terlihat lebih berdimensi. Anda dapat membuat ilusi wajah terlihat lebih tirus atau hidung lebih mancung dengan teknik contouring. Salah satu produk yang bisa digunakan adalah contour kit, karena berisi contour sekaligus highlighter. Di antara banyaknya contour kit yang dijual, produk mana yang sebaiknya Anda piliih?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih contour kit yang tepat untuk Anda. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk berkualitas dari sejumlah merek, seperti They Talk About, Barry M, dan Make Over. Simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    482 Views
  • 10 Rekomendasi Innisfree Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Innisfree Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Innisfree memiliki produk sheet mask yang banyak diminati. Selain harganya cukup terjangkau, sheet mask Innisfree memiliki sangat banyak pilihan dengan khasiat yang berbeda-beda. Karena itu, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Lebih dari itu, Innisfree juga terkenal karena menggunakan bahan yang alami sehingga aman untuk semua jenis kulit. Jika Anda bingung saat memilih sheet mask Innisfree, simak baik-baik artikel kami kali ini. Kami akan menjelaskan cara memilih sheet mask Innisfree terbaik sekaligus memberikan beberapa rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    142 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Makeup Terbaik untuk Riasan Ala Halloween (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Makeup Terbaik untuk Riasan Ala Halloween (Terbaru Tahun 2020)
    Halloween merupakan perayaan setiap tanggal 31 Oktober yang erat kaitannya dengan pesta kostum. Selain menggunakan kostum, tak jarang peserta Halloween menggunakan riasan untuk mendukung karakter yang diperankannya. Banyaknya produk makeup yang ditawarkan mungkin akan membuat Anda bingung untuk menemukan yang paling sesuai. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips memilih produk makeup untuk riasan ala Halloween terbaik. Tak lupa, ada juga rekomendasi sepuluh produk terbaik dari sejumlah merek ternama, seperti Snazaroo, NYX Cosmetics, hingga Viva Cosmetics. Simak artikel ini sampai selesai, yuk!
    Kosmetik & kesehatan
    43 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    552.428 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    428.842 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    362.821 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan krim merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tampilan flek hitam pada wajah Anda.Memilih krim untuk menghilangkan flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips untuk memilih krim yang pas untuk mengatasi flek hitam. Kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, Shiseido, dan lainnya. Simak terus sampai habis, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    410.871 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Kosmetik & kesehatan
    118.847 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    426.626 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Mentimun Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Mentimun Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mentimun merupakan bahan alam yang sangat potensial untuk digunakan menjadi masker selain Aloe vera. Kandungan air mentimun membuat kulit lebih lembap serta mengurangi iritasi pada wajah. Bagi Anda yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat meracik masker berbahan dasar mentimun, Anda bisa membeli masker mentimun di pasaran.Kami akan memberikan tips memilih masker metimun dalam artikel kali ini. Temukan berbagai masker ternama, seperti Freeman, Innisfree, Holika Holika, dan Nature Republic dalam rekomendasi kami. Tidak ketinggalan bagian yang menarik, kami juga memberikan cara membuat masker mentimun sendiri. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    3.097 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori