• 10 Masker Sekali Pakai Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Sekali Pakai Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Sekali Pakai Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Sekali Pakai Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Sekali Pakai Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Sekali Pakai Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Masker sekali pakai atau disposable mask adalah pelindung wajah yang belakangan ini banyak dicari. Masker ini umumnya terdiri atas beberapa lapisan, dilengkapi dengan penyangga hidung, dan terbuat dari bahan tertentu. Disposable mask dapat Anda gunakan ketika sedang mengalami masalah kesehatan, berada di tempat berdebu, atau dikelilingi zat-zat berbahaya.


Kali ini, kami akan menjelaskan cara-cara memilih disposable mask. Rekomendasi merek masker sekali pakai yang bagus, seperti Softies, Pokana, dan Med+ juga kami berikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Mari simak ulasan lengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di Kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker sekali pakai

Sebelum membeli masker sekali pakai, Anda perlu mengetahui jenis, bahan, model, dan lapisannya dengan benar. Untuk itu, kami akan mengulas poin-poin tersebut di bawah ini.

Pilih jenis masker yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Berdasarkan jenisnya, masker sekali pakai digolongkan menjadi dua kategori, yakni medis dan nonmedis. Simak perbedaan keduanya agar Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

Masker medis, efektif menangkal virus dan bakteri

Masker medis, efektif menangkal virus dan bakteri

Masker medis dikenal dengan sebutan surgical mask atau medical mask. Keamanan dan kemampuan filtrasi masker medis telah melewati berbagai syarat mutu dan uji kelayakan. Masker medis sekali pakai digunakan oleh petugas medis dan orang yang sedang sakit. Hal ini bertujuan untuk melindungi orang lain dari bakteri dan virus yang ada pada droplet (percikan cairan tubuh saat batuk atau flu).


Masker medis sekali pakai akan efektif melindungi orang yang sehat bila digunakan oleh setiap orang yang sakit. Efektivitas masker medis sekali pakai adalah untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus pada droplet. Namun, masker medis kurang efektif untuk mencegah bakteri dan virus yang menyebar di udara.


Untuk memaksimalkan pencegahan penularan virus COVID-19, kombinasikan masker medis dengan masker kain. Masker kain yang ditempatkan di bagian luar akan menutupi celah dari masker medis sehingga efek filtrasinya makin baik.

Masker nonmedis, cocok untuk dipakai sehari-hari

Masker nonmedis, cocok untuk dipakai sehari-hari

Masker nonmedis merupakan masker yang tidak disarankan untuk dipakai dalam kepentingan medis. Jenis masker ini lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari serta untuk melindungi wajah dari debu dan polusi.


Serupa dengan masker medis, jenis masker sekali pakai ini pada dasarnya mampu melindungi Anda dari paparan virus. Meski begitu, kemampuan filtrasinya mungkin tidak sebaik masker medis. Masker ini dapat dikenakan saat Anda mengendarai sepeda motor, menaiki kendaraan umum, atau ketika beraktivitas di ruang publik.


Saat hendak memilih masker ini, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal berikut. 

  • Masker memiliki dua lapisan atau lebih

  • Masker mampu menutupi hidung dan mulut

  • Ukurannya pas di wajah dan tidak memiliki celah

  • Terdapat kawat di bagian hidung

Ketahui bahan masker

Sebelum membeli masker, alangkah baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu bahan dasar maskernya. Mari kita simak karakteristik bahan masker yang banyak beredar di pasaran.

Nonwoven, mudah ditemukan dan harganya terjangkau

Nonwoven, mudah ditemukan dan harganya terjangkau

Nonwoven adalah bahan masker sekali pakai yang paling umum ditemukan dan harganya terjangkau. Berdasarkan proses pembuatannya, kain nonwoven merupakan serat benang yang direkayasa menjadi kain tanpa melalui proses tenun. Bahan masker ini biasanya terbuat dari polyester atau polypropylene.


Masker sekali pakai berbahan nonwoven memiliki serat yang rapat sehingga partikel kecil dapat tersaring dengan baik. Meski begitu, Anda tidak akan kesulitan bernapas selama menggunakannya. Jenis kain ini juga memiliki tingkat kestabilan yang baik dan tidak mudah rusak.

Poliuretan, dapat melebar dan menyesuaikan dengan bentuk wajah

Poliuretan, dapat melebar dan menyesuaikan dengan bentuk wajah

Kain poliuretan biasanya terbuat dari polyester yang tahan terhadap percikan air. Meski begitu, ada juga yang terbuat dari kapas atau polyblend yang dilaminasi panas. Karakteristik bahan masker ini mirip dengan spons atau busa, yaitu memiliki elastisitas yang baik.


Dengan demikian, disposable mask berbahan poliuretan dapat melebar dan menyesuaikan dengan bentuk wajah Anda. Jika Anda ingin masker sekali pakai yang bentuknya pas di wajah, pilihlah yang terbuat dari bahan poliuretan. Sayangnya, masker berbahan ini jarang dijual di toko online Indonesia.

Sesuaikan model masker dengan kebutuhan

Model masker sekali pakai dibagi menjadi dua, yakni lipit dan duckbill. Mari simak keunggulan masing-masing dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lipit, memudahkan saat berbicara dan ukurannya dapat disesuaikan

Lipit, memudahkan saat berbicara dan ukurannya dapat disesuaikan

Masker bermodel lipit tidak mudah bergeser saat Anda menggerakkan mulut. Karena itu, masker sekali pakai model lipit direkomendasikan bagi Anda yang akan banyak berbicara saat memakai masker. Model masker ini juga cocok untuk berbagai bentuk wajah karena ukurannya dapat disesuaikan.


Jika ingin lebih lebar, Anda dapat membuka lipatannya sampai habis. Sebaliknya, Anda dapat melipat beberapa lipatannya untuk mendapatkan ukuran masker yang lebih kecil. Model masker ini sangat pas untuk Anda yang perlu bekerja atau bersekolah sembari mengenakan masker.

Duckbill, dapat bernapas dengan mudah dan tidak merusak makeup

Duckbill, dapat bernapas dengan mudah dan tidak merusak makeup

Masker sekali pakai model duckbill atau tiga dimensi memiliki ruang yang luas di antara area mulut dan hidung. Dengan demikian, masker ini akan memudahkan Anda saat bernapas dan membuat riasan tidak mudah rusak. Karena itu, model masker ini cocok untuk para wanita yang biasa memakai makeup saat bepergian.


Model masker duckbill memiliki desain yang mirip dengan paruh bebek dan dapat dilipat secara vertikal. Hal tersebut membuat masker ini mudah disimpan saat sedang tidak digunakan. Disposable mask duckbill juga lebih praktis karena Anda tidak perlu menyesuaikan lebarnya saat dipasangkan ke wajah.

Cek kemampuan filtrasi dan jumlah lapisan masker

Cek kemampuan filtrasi dan jumlah lapisan masker

Menurut Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2021, terdapat tiga kriteria masker bedah yang perlu dipenuhi. Jika Anda akan membeli masker medis untuk mencegah paparan virus atau zat berbahaya, pilihlah yang memenuhi standar berikut.

  • Memiliki kemampuan bacterial filtration efficiency (BFE) ≥98
  • Memiliki kemampuan particle filtration efficiency (PFE) ≥98
  • Resistensi cairan minimal 120 mmHg

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), standar masker medis yang baik ialah minimal terdiri atas tiga lapisan (ply). Lapisan ini berupa bahan nonwoven di bagian luar dan dalam ditambah filter meltblown di bagian tengah. Di samping itu, masker juga perlu dilengkapi dengan penyangga hidung agar dapat menempel dengan sempurna di wajah penggunanya.


Jika digunakan dengan benar dan tanpa celah, bahan pada masker medis, seperti polyester dan poliuretan, memiliki efisiensi sebagai berikut:

  • Efisiensi filtrasi partikel hingga >99% (untuk partikel >300nm)
  • Efisiensi filtrasi partikel hingga >76% (untuk partikel <300nm)

Hasil ini didapatkan melalui uji laboratorium dengan menggunakan generator aerosol. Dengan catatan, yang dipakai adalah masker dua lapis atau lebih.

Perhatikan fungsi lainnya yang dapat mendukung kenyamanan penggunaan

Perhatikan fungsi lainnya yang dapat mendukung kenyamanan penggunaan

Pastikan untuk memeriksa fungsi tambahan pada masker agar Anda dapat menggunakannya dengan nyaman. Masker yang dilengkapi dengan tali karet yang tebal dan lembut tidak akan menyakiti telinga Anda. Dengan begitu, Anda dapat memakainya dengan nyaman untuk waktu yang lama.


Selain itu, masker sekali pakai dengan kemampuan anti-uap sangat ideal untuk Anda yang memakai kacamata. Lalu, ada juga disposable mask yang mampu menangkal sinar ultraviolet untuk perlindungan terhadap sinar matahari. Periksalah ketersediaan fungsi-fungsi tersebut demi kenyamanan Anda.

10 Rekomendasi masker sekali pakai terbaik

Berikutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker sekali pakai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilihnya. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 24 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Neppi 3D Disposable Surgical Face Mask menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Med+ Duckbill 4ply Disposable Facemask memiliki angka penjualan tertinggi. 


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima Dimalouw.

Gambar produk
1
Med+ Duckbill 4ply Disposable Facemask 1

Med+

2
Multi One Plus Surgical Face Mask 1

Multi One Plus

3
Orlee Mask Masker KF94 1

Orlee Mask

4
Miisoo Kids Disposable Protective Mask 1

Miisoo

5
Miisoo Medical Mask 1

Miisoo

6
Kimberly-Clark Softex Softies Surgical Mask 3D 20S 1

Kimberly-Clark Softex

7
Pokana KN95 Color Series 1

Pokana

8
One Care Respirator Disposable Face Mask 1

One Care

9
3M Aura Respirator 9320A+ 1

3M

10
Fit U Surgical Mask 1

Fit U

Nama produk

Duckbill 4ply Disposable Facemask

Surgical Face Mask

Masker KF94

Kids Disposable Protective Mask

Medical Mask

Softies Surgical Mask 3D 20S

KN95 Color Series

Respirator Disposable Face Mask

Aura Respirator 9320A+

Surgical Mask

Keunggulan

Bahannya lembut dan mudah dilipat saat tidak dipakai

Dibuat untuk operasi, ideal bagi para tenaga medis

Mengikuti bentuk wajah dan menutupinya dengan sempurna

Ukurannya pas dan nyaman untuk si kecil

Terproteksi penuh selama bepergian dengan masker medis tersertifikasi!

Cocok dikenakan saat sedang batuk atau flu

Pilihan warnanya modis dan kekinian

Wajah aman terlindungi, riasan pun tidak mudah rusak

Tidak ada lagi tragedi kacamata berembun saat memakai masker

Nyaman dipakai seharian, bahkan saat banyak berbicara sekalipun

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 24.500,00Rp 20.000,00Rp 60.000,00Rp 60.000,00Rp 73.700,00Rp 280.000,00Rp 5.500,00Rp 25.000,00Rp 70.000,00
Jenis maskerNonmedisMedisNonmedisNonmedisMedisMedisMedisNonmedisNonmedisMedis
BahanNonwoven polypropylene, meltblownNonwovenNonwoven, polyesterNonwovenTidak disebutkan MeltblownNonwoven, meltblown, air hot filter spongeNonwoven, meltblown, hot air cottonTidak disebutkanNonwoven, polypropylene
Model maskerDuckbillLipitDuckbill (KF94)LipitLipitDuckbill (KF94)Duckbill (KN95)DuckbillDuckbill (FFP2)Lipit
Jumlah lapisan4 ply3 ply dan 4 ply4 ply3 ply3 ply4 ply6 ply5 plyTidak disebutkan3 ply
Kemampuan filtrasiTidak disebutkanBFE 95,6-99,7%, PHE 91-92,42%Tidak disebutkanPFE ≥90%BFE ≥99%VFE, PFE, dan BFE 99%99%Tidak disebutkan94%BFE 99,8%
Isi50 pcs50 pcs10 pcs50 pcs50 pcs20 pcs12 pcs10 pcs1 pcs50 pcs
Tautan produk
10
Jenis maskerMedis
BahanNonwoven, polypropylene
Model maskerLipit
Jumlah lapisan3 ply
Kemampuan filtrasiBFE 99,8%
Isi50 pcs
9
Jenis maskerNonmedis
BahanTidak disebutkan
Model maskerDuckbill (FFP2)
Jumlah lapisanTidak disebutkan
Kemampuan filtrasi94%
Isi1 pcs
8
Jenis maskerNonmedis
BahanNonwoven, meltblown, hot air cotton
Model maskerDuckbill
Jumlah lapisan5 ply
Kemampuan filtrasiTidak disebutkan
Isi10 pcs
7
Jenis maskerMedis
BahanNonwoven, meltblown, air hot filter sponge
Model maskerDuckbill (KN95)
Jumlah lapisan6 ply
Kemampuan filtrasi99%
Isi12 pcs
6

Kimberly-Clark SoftexSofties Surgical Mask 3D 20S

Mulai dari Rp 73.700,00

Jenis maskerMedis
BahanMeltblown
Model maskerDuckbill (KF94)
Jumlah lapisan4 ply
Kemampuan filtrasiVFE, PFE, dan BFE 99%
Isi20 pcs
5
Jenis maskerMedis
BahanTidak disebutkan
Model maskerLipit
Jumlah lapisan3 ply
Kemampuan filtrasiBFE ≥99%
Isi50 pcs
4

MiisooKids Disposable Protective Mask

Mulai dari Rp 60.000,00

Jenis maskerNonmedis
BahanNonwoven
Model maskerLipit
Jumlah lapisan3 ply
Kemampuan filtrasiPFE ≥90%
Isi50 pcs
3
Jenis maskerNonmedis
BahanNonwoven, polyester
Model maskerDuckbill (KF94)
Jumlah lapisan4 ply
Kemampuan filtrasiTidak disebutkan
Isi10 pcs
2

Multi One PlusSurgical Face Mask

Mulai dari Rp 24.500,00

Jenis maskerMedis
BahanNonwoven
Model maskerLipit
Jumlah lapisan3 ply dan 4 ply
Kemampuan filtrasiBFE 95,6-99,7%, PHE 91-92,42%
Isi50 pcs
1

Med+Duckbill 4ply Disposable Facemask

Mulai dari Rp 75.000,00

Jenis maskerNonmedis
BahanNonwoven polypropylene, meltblown
Model maskerDuckbill
Jumlah lapisan4 ply
Kemampuan filtrasiTidak disebutkan
Isi50 pcs

Cara memakai dan melepas masker yang benar sesuai anjuran WHO

Cara memakai dan melepas masker yang benar sesuai anjuran WHO

Memakai masker saja tidak menjamin Anda terlindungi sepenuhnya dari paparan virus, bakteri, polusi, atau zat-zat berbahaya lain. Untuk mendapatkan manfaat dan perlindungan yang maksimal, pastikan Anda memakai dan melepasnya dengan benar. Berikut ini adalah tips memakai dan melepas masker sesuai anjuran dari YouTube WHO.


  1. Sebelum menyentuh masker, bersihkan tangan Anda dengan hand sanitizer atau cuci menggunakan air dan sabun.
  2. Pasangkan masker ke wajah hingga menutupi area hidung, mulut, dan dagu.
  3. Pastikan tidak ada celah antara masker dan wajah agar Anda terlindungi secara optimal.
  4. Tekan penyangga hidung atau pelat metalnya hingga membentuk sesuai bentuk hidung Anda.
  5. Selama pemakaian, jangan sentuh bagian depan masker untuk menghindari tubuh terpapar virus atau bakteri yang menempel. Jika Anda tidak sengaja menyentuhnya, segera bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer, atau air dan sabun.
  6. Apabila masker terkena kotoran atau menjadi basah, segera ganti dengan masker yang baru. Karena itu, pastikan Anda selalu membawa masker cadangan saat bepergian.
  7. Jika sudah tidak dibutuhkan, lepaskan masker dari wajah menggunakan tangan yang telah dibersihkan terlebih dahulu.
  8. Lepaskan tali masker dari belakang telinga atau kepala sembari sedikit membungkuk.
  9. Terakhir, segera buang masker yang telah dipakai ke tempat sampah dan bersihkan tangan Anda.

Memakai ulang masker sekali pakai sangat tidak disarankan! Hal tersebut dapat meningkatkan risiko paparan partikel infeksius pada masker meskipun sudah dibersihkan. Setelah dicuci, struktur masker medis sudah tidak ideal lagi untuk mencegah partikel infeksius.

Baca juga rekomendasi masker lainnya di sini

Selain masker sekali pakai, kami berikan juga artikel tentang rekomendasi masker lainnya. Ada produk yang dikhususkan untuk anak-anak, masker duckbill hitam, dan masker kain. Silakan simak melalui tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Demikian ulasan kami tentang masker sekali pakai, cara memilihnya, dan rekomendasi produk terbaiknya. Pastikan Anda memilih masker yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan agar dapat terlindung dari paparan virus serta zat-zat berbahaya. Perhatikan juga jenis, model, jumlah lapisan, serta fungsi-fungsi lainnya supaya Anda memperoleh perlindungan yang maksimal. Selamat berbelanja masker dan selalu jaga kesehatan, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui bobot tubuh. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang cara memilih timbangan badan digital. Kami juga akan memberi rekomendasi timbangan badan digital yang bagus dan akurat, seperti merek OneMed, GEA, Krisbow, dan Omron. Selamat menemukan timbangan digital terbaik!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu model masker yang paling banyak dicari saat ini ialah masker duckbill. Masker yang bentuknya menyerupai paruh bebek ini memiliki potongan yang pas di wajah dengan desain yang stylish. Masker ini tersedia dalam beragam pilihan, misalnya masker duckbill hitam, putih, warna-warni, hingga untuk anak-anak dan wanita berhijab.Khusus untuk Anda, kami akan memberikan tips memilih masker duckbill beserta rekomendasi produknya. Selain Sensi, kami juga akan membagikan merek masker duckbill yang bagus, seperti Alkindo, Mouson, dan Careion. Silakan baca review lengkapnya di bawah, ya!
    Alat medis
  • 10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Masker telah menjadi starter pack new normal bagi semua orang. Di antara banyaknya pilihan, masker KF94 adalah salah satu jenis masker yang banyak disukai. Selain karena bentuknya fashionable, model masker Korea ini juga memiliki tingkat filtrasi setinggi 94%. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih masker KF94, baik untuk orang dewasa, wanita berhijab, maupun anak-anak. Anda juga bisa menemukan rekomendasi merek masker KF94 yang bagus, seperti Pokana, Boson, dan Trustmed. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr Afriyani Khusna. Yuk, simak informasinya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Kalung Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kalung Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kalung kesehatan adalah kalung yang mengandung material tertentu dan diklaim bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Gelombang elektromagnetik yang terpancar dari kalung tersebut dipercaya dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, kalung kesehatan juga bisa dijadikan terapi alternatif untuk membuang racun dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah.Kalung kesehatan dari batu germanium, gwisamunsok, tourmaline banyak diminati orang. Apabila Anda sedang mencari kalung kesehatan, artikel ini adalah artikel yang tepat. Kami akan membahas kalung kesehatan yang bagus dari berbagai merek, seperti MCI, Ginsamyong, dan Alsyva. Bacalah ulasan kami dan dapatkan produk terbaik!
    Alat medis
  • 10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Mengonsumsi obat minum tidak selalu dapat menjadi solusi untuk masalah pernapasan. Terkadang, Anda membutuhkan bantuan alat nebulizer. Nebulizer adalah alat yang berfungsi menghantarkan obat dengan cepat ke paru-paru. Ada beberapa tipe nebulizer dari merek populer, seperti Philips, Omron, dan OneMed sehingga mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, ada faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kesesuaian dengan penyakit, harga, sampai kebisingan yang ditimbulkan. Kami akan menunjukkan cara memilih nebulizer yang bagus dan tepat untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Mari simak selengkapnya!
    Alat medis
  • 10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal yang sangat penting. Selain mengecek kadar gula darah di fasilitas kesehatan, Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan alat pengecek gula darah di rumah. Nah, melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih alat cek gula darah terbaik. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi alat cek gula darah dari merek yang bagus, seperti EasyTouch, Sinocare, dan Nesco. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Silakan disimak!
    Alat medis
  • 10 Korset Punggung Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru (Terbaru Tahun 2022)
    10 Korset Punggung Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sering menggunakan komputer atau smartphone berjam-jam setiap hari? Jika ya, berhati-hatilah karena Anda bisa mengalami sakit punggung dan badan bungkuk akibat postur tubuh yang salah. Namun, tidak perlu panik, korset punggung hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut!Merek korset punggung yang umum dijumpai adalah Oppo, Dr Med, dan Jeido. Kami akan membandingkan beberapa korset punggung dan menjelaskan tips memilih produk korset punggung yang bagus. Ada juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy Widjaja, DPT. Mari simak dan dapatkan postur tubuh yang benar dengan korset punggung terbaik!
    Alat medis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori