mybest
Food processor

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Elektronik dapur
  4. 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Food processor adalah perkakas dapur multifungsi yang membuat proses mengolah bahan makanan jadi mudah. Kegunaan food processor adalah sebagai chopper atau pemotong. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk menguleni serta mencampur bahan makanan. Namun, karena tersedia dalam beragam model dan merek, Anda mungkin kebingungan saat memilihnya.


Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips memilih food processor yang bagus sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan mengulas rekomendasi food processor dari berbagai merek seperti Philips, Mitochiba, Oxone, dan Vienta. Mari simak sampai akhir dan temukan food processor terbaik!

Diperbaharui 08-10-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Food processor, alat yang memudahkan Anda memasak

Apakah Anda gemar memasak atau sedang mempersiapkan menu MPASI untuk bayi? Jika demikian, food processor adalah alat elektronik yang wajib untuk dimiliki. Alat ini bisa memudahkan hidup Anda untuk menyajikan berbagai jenis masakan! Penasaran? Langsung saja lanjutkan membaca, ya!

Apa itu food processor?

Apa itu food processor?

Fungsi food processor adalah membantu Anda menyiapkan makanan dengan lebih mudah. Dengan alat ini, Anda dapat mencincang bawang, wortel, hingga lobak secara cepat dengan hasil yang lebih baik. Alat ini cocok dipakai untuk membuat hamburger dan makanan cepat saji handmade di rumah.


Kini food processor tak hanya digunakan untuk memotong sayuran. Ada beberapa food processor yang dapat digunakan sebagai mixer atau pengaduk adonan, grater (parutan), penggiling daging (grinder), dan lain-lain. Bahkan, Anda juga dapat memakainya untuk menghaluskan biji-bijian, seperti biji kopi dan bumbu dapur.

Perbedaan food processor, food chopper, dan blender

Perbedaan food processor, food chopper, dan blender

Food processor biasanya digunakan untuk memotong dan menghaluskan bahan makanan yang teksturnya lebih padat dan kering. Anda tak perlu menambahkan air ketika menghaluskan bahan makanan menggunakan food processor. Selain itu, food processor juga bisa dipakai sebagai blender.


Blender sendiri lebih cocok untuk menghaluskan makanan yang mengandung banyak air, misalnya untuk membuat jus dan smoothie. Sementara itu, food chopper memiliki fungsi dan juga karakteristik yang mirip dengan food processor. Hanya saja, ukuran dan bagian-bagiannya cenderung lebih ringkas atau sederhana


Biasanya, ukuran food chopper juga lebih kecil dibandingkan food processor. Dengan harga yang lebih terjangkau dan lebih mudah dirawat, food chopper ideal untuk Anda yang tinggal sendiri. Selain itu, Anda yang biasa memasak dalam jumlah sedikit pun juga bisa menggunakannya.

Cara memilih food processor

Setelah melihat beberapa rekomendasi food processor, kami akan mengulas tentang hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Untuk memudahkan Anda saat membacanya, kami telah merangkumnya menjadi empat poin penting. Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini!

① Sesuaikan tipe food processor dengan kebutuhan memasak Anda

Secara garis besar, food processor terdiri dari dua tipe, yaitu tipe stasioner dan stik. Saat memilihnya, pertimbangkanlah jumlah orang yang memakainya, kapasitas yang dibutuhkan, serta ruang penyimpanan yang tersedia. Untuk lebih jelasnya, simaklah pembahasan di bawah ini!

Tipe stasioner: Untuk menyiapkan makanan dalam kapasitas besar sekaligus

Tipe stasioner: Untuk menyiapkan makanan dalam kapasitas besar sekaligus

Food processor tipe stasioner terdiri dari wadah makanan (jug) dan alas (tumpuan) yang digerakkan dengan motor. Tipe ini memiliki jug tetap serta digunakan dengan meletakkannya di atas meja dan memiliki stabilitas yang baik. Apabila dilihat sekilas, bentuk food processor ini mirip seperti blender pada umumnya.


Mayoritas food processor tipe ini memiliki wadah yang besar sehingga cocok untuk Anda yang ingin mengolah banyak bahan makanan. Hasil potongan menggunakan alat ini serupa dengan memakai pisau dapur sehingga efektif untuk persiapan memasak


Namun, food processor tipe ini memiliki ukuran yang besar sehingga membutuhkan banyak tempat saat dipakai ataupun disimpan. Selain itu, tipe ini juga tersusun dari banyak bagian yang memerlukan perawatan lebih rumit dibandingkan food processor tipe stik.

Tipe stik: Compact dan praktis

Tipe stik: Compact dan praktis

Food processor tipe stik memiliki bentuk yang handy dengan mata pisau yang terletak di ujung stiknya. Alat ini ideal untuk mencampur bahan makanan yang memiliki kadar air tinggi. Food processor ini sangat praktis dipakai untuk membuat sup, perkedel, smoothie, dan MPASI atau baby food. Dengan ukuran yang compact, Anda juga tak akan kesulitan saat menyimpannya.


Food processor tipe stik juga dapat dipakai untuk mencampur bahan makanan langsung di dalam panci atau mangkuk. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot memindahkannya ke wadah lain dan jumlah cucian piring pun tidak bertambah. Meski alat ini mudah dibawa, Anda tetap membutuhkan wadah khusus untuk meletakkan makanan yang hendak diolah. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan wadahnya, ya!

② Pilih yang mudah dirawat dan dibersihkan

Pilih yang mudah dirawat dan dibersihkan

Hal yang tidak kalah penting saat memilih food processor adalah memeriksa bagian-bagiannya. Apakah bagian-bagian tersebut dapat dilepaskan, aman dicuci memakai dishwasher, atau terdiri dari banyak bagian. Selain itu, ketahanan pisau terhadap karat dan wadah yang tidak mudah tergores juga tak boleh Anda lewatkan.


Pasalnya, hal-hal di atas akan memengaruhi kemudahan pencucian food processor setelah digunakan. Jika bagian-bagiannya tak bisa dilepas, Anda akan kesulitan dan mungkin terluka saat mencucinya. Jika pisau mudah berkarat dan wadahnya mudah tergores, Anda tak dapat memakainya untuk jangka panjang. Guna kenyamanan pemakaian, pilih juga produk yang mudah untuk dirawat.

③ Ketahui fungsi dan aksesori yang ditawarkan

Ketahui fungsi dan aksesori yang ditawarkan

Seperti yang telah disebutkan di atas, food processor adalah peranti dapur dengan segudang manfaat. Tak hanya untuk mencacah atau memotong sayuran, Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan lain. 


Tentunya, hal ini tergantung dari fitur atau fungsi dan aksesori yang ditawarkan oleh produk tersebut. Terdapat food processor yang dilengkapi berbagai jenis pisau, seperti pisau untuk memotong, memarut, menghaluskan, hingga mengaduk adonan


Selain itu, ada juga produk yang dilengkapi tambahan aksesori lain, seperti untuk mengocok telur (whisker), membuat jus, dan lain-lain. Dalam hal ini, pilihlah produk dengan fungsi dan aksesori tambahan yang sesuai dengan hidangan yang ingin dibuat.

④ Periksa ketersediaan fitur pengaman

Periksa ketersediaan fitur pengaman
Mata pisau food processor yang berputar dalam kecepatan tinggi akan berbahaya jika tidak digunakan secara tepat. Karena itu, pilihlah produk yang dilengkapi dengan fitur pengaman, seperti safety switch dan juga overheat protection. Hal ini sangat penting, terutama untuk Anda yang tinggal bersama anak-anak dengan rasa keingintahuan tinggi.

Dengan adanya safety switch, motor pada food processor tidak akan bergerak jika bagiannya tidak terpasang dengan baik. Sementara itu, overheat protection bertugas melindungi food processor saat panas mesin melebihi batas maksimum. Fitur ini akan mencegah mesin mengalami kerusakan dengan memutuskan arus listriknya secara otomatis.

10 Rekomendasi food processor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk food processor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Mitochiba

Magic Chopper

Mitochiba Magic Chopper 1枚目

Dengan tiga pasang mata pisau, daging halus lebih merata

2

Abeni

Penggiling Daging

Abeni Penggiling Daging 1枚目

Hancurkan makanan dalam 6 detik saja

3

Cosmos

Food Processor

Cosmos Food Processor  1枚目

Ukuran kecil, ringkas untuk menyiapkan bumbu masakan harian Anda

4

Philips

Compact Food Processor

Philips Compact Food Processor 1枚目

Persiapan lebih cepat, daging tak perlu dipotong saat akan dihancurkan

5

Vienta

Food Processor Flexie Tritan

Vienta Food Processor Flexie Tritan 1枚目

Wadah dari material tritan yang seringan plastik dan setangguh kaca

6

Oxone

Jumbo Chopper

Oxone Jumbo Chopper 1枚目

Rangkaian aksesorinya mudah dilepas dan dipasang

7

BOLDë

Super Processor OLYMPUS

BOLDë Super Processor OLYMPUS 1枚目

Dilengkapi Air Flow Technology untuk mengurangi suara bising

8

Signora

Food Processor Pro with Cubic Cutter

Signora Food Processor Pro with Cubic Cutter 1枚目

Terdapat 6 pilihan pisau, bikin apa saja bisa!

9

Idealife

Electric Chopper

Idealife Electric Chopper 1枚目

Mangkok jar berbahan kaca yang mudah dibersihkan

10

I.Q. Baby

Stick/Hand Blender Mesin Pencincang Makanan

I.Q. Baby Stick/Hand Blender Mesin Pencincang Makanan 1枚目

Praktis menyiapkan MPASI bayi di mana saja

Perincian produk
Close
No.1

MitochibaMagic ChopperCH-200

Mulai dari Rp699.000,00

Dengan tiga pasang mata pisau, daging halus lebih merata

Apakah Anda sering membuat dimsum untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual? Jika iya, sepertinya produk yang satu ini sangat sempurna untuk Anda. Mitochiba CH-200 dilengkapi tiga pasang mata pisau (triple blade) yang membuatnya dapat menghaluskan daging lebih merata.


Dengan alat ini, Anda bisa memperoleh daging cincang berkualitas unggul secara instan. Food processor ini juga dilengkapi dua tingkat kecepatan yang bisa Anda sesuaikan tergantung hasil akhir yang diinginkan. Pilih kecepatan tingkat dua untuk tekstur yang lebih halus dan tingkat satu untuk tekstur yang agak kasar.

No.2

AbeniPenggiling Daging

Mulai dari Rp396.000,00

Hancurkan makanan dalam 6 detik saja

Bila Anda kerap terburu-buru menyiapkan masakan, gunakan produk yang mampu menghaluskannya dengan cepat. Salah satu yang patut dipertimbangkan adalah food processor dari Abeni. Alat ini memiliki empat tingkat pisau yang bisa menghancurkan makanan dari berbagai sudut. 


Kekuatan mesin serta kecepatan putarnya diklaim mampu menghaluskan makanan dalam waktu enam detik saja. Menarik, bukan? Hal lain yang membuat food processor ini berbeda adalah material jar-nya yang terbuat dari baja. Selain tahan karat dan tahan panas, jar ini juga tahan banting!

No.3

CosmosFood Processor FP-300

Mulai dari Rp225.000,00

Ukuran kecil, ringkas untuk menyiapkan bumbu masakan harian Anda

Untuk memasak menu harian keluarga, Anda hanya perlu menghaluskan bumbu secukupnya saja. Penggunaan food processor berkapasitas besar mungkin kurang cocok karena terlalu besar untuk kebutuhan menu harian. 


Nah, food processor dari Cosmos ini akan lebih pas digunakan karena kapasitas jar-nya lebih kecil, hanya 300 ml. Anda tak perlu lagi repot-repot mengulek bumbu, deh. Food processor Cosmos siap membantu Anda! Tambahan lagi, harga food processor ini juga termasuk yang paling terjangkau di antara semua produk yang kami rekomendasikan.

No.4

PhilipsCompact Food ProcessorHR7310

Mulai dari Rp1.999.000,00

Persiapan lebih cepat, daging tak perlu dipotong saat akan dihancurkan

Dengan tabung yang berkapasitas besar dan pisau S-blade yang tajam, alat ini bisa mempersingkat waktu persiapan Anda memasak. Jadi, tak perlu lagi memotong-motong daging untuk membuat bakso saat akan dihaluskan. Langsung saja masukkan ke dalam tabung, daging akan halus sesuai yang diharapkan.


Dilengkapi dengan dua mode kecepatan, food processor 16 fungsi ini makin mempermudah aktivitas memasak Anda. Gunakan kecepatan satu untuk mengocok krim, telur, atau menguleni adonan roti. Sementara itu, untuk kecepatan dua dapat Anda gunakan untuk mencincang daging, memotong bawang, atau membuat smoothie. Lengkap!

No.5

VientaFood Processor Flexie Tritan

Mulai dari Rp2.422.000,00

Wadah dari material tritan yang seringan plastik dan setangguh kaca

Jar dari Vienta ini terbuat dari material tritan yang memiliki banyak keunggulan. Material ini memiliki bobot yang ringan menyerupai plastik, tetapi dengan kekuatan setangguh kaca. Berkat materialnya, bobot dari produk ini hanya berkisar 4,9 kilogram.


Wadah berbahan tritan ini transparan, tidak mudah pecah atau tergores dan tahan panas. Selain itu, food processor ini juga dilengkapi fitur pengaman ganda pada bagian grinder, jar, dan bodinya. Pilihlah produk ini jika Anda mencari food processor berbobot ringan, tetapi kuat dan awet.

No.6

Rangkaian aksesorinya mudah dilepas dan dipasang

Produk keluaran Oxone ini sangat memudahkan Anda yang baru pertama kali menggunakan food processor. Rangkaian aksesorinya, seperti penutup jar, pisau, serta mesinnya, mudah dilepas dan dipasang lagi.


Jika sudah selesai digunakan, Anda bisa mencuci jar dengan mudah karena tidak banyak lekuk-lekuk yang menyulitkan. Tambahan lagi, bagian kaki jar terdapat lapisan karet supaya tidak licin saat digunakan menghaluskan bahan makanan dengan kecepatan tinggi.

No.7

BOLDëSuper Processor OLYMPUS

Mulai dari Rp898.000,00

Dilengkapi Air Flow Technology untuk mengurangi suara bising

Motor food processor biasanya mengeluarkan suara bising yang cukup mengganggu ketika digunakan. Jika Anda sering memakainya pada malam hari atau saat bayi sedang tidur, cobalah food processor BOLDe ini.


Super Processor OLYMPUS dilengkapi teknologi Double Eco Friendly Air Flow yang berfungsi meminimalkan suara bising saat dinyalakan. Anda pun dapat memasak dengan lebih tenang tanpa mengganggu orang-orang di sekitar Anda.

No.8

SignoraFood Processor Pro with Cubic Cutter

Mulai dari Rp2.580.000,00

Terdapat 6 pilihan pisau, bikin apa saja bisa!

Bagi Anda yang hobi membuat kreasi masakan, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih produk ini. Food processor dari Signora ini dilengkapi dengan enam buah cutting cutter atau pisau pemotong. Jadi, Anda bisa membuat hasil potongan yang berbeda-beda untuk berbagai jenis masakan. 


Misalnya, cutting cutter halus untuk membuat salad, kasar untuk isi lumpia, tebal untuk kentang goreng. Selanjutnya, ada pula cutting cutter tipis untuk keripik, tebal untuk capcai, dan dadu untuk isian pastel tutup. Selain itu, masih ada juga kneed blade untuk menghaluskan dan menguleni adonan, lho. Lengkap, kan?

No.9

Mangkok jar berbahan kaca yang mudah dibersihkan

Berbeda dengan food processor kebanyakan, produk dari Idealife ini dilengkapi jar yang berbahan kaca. Hal ini memang membuat food processor jadi lebih berat, tetapi sebanding dengan kualitasnya. Jar kaca ini tebal dan lebih mudah dibersihkan.


Anda tak perlu khawatir jika ada noda menempel. Jar hanya perlu dicuci dan noda akan hilang tidak berbekas. Untuk penggunaan jangka panjang pun, jar kaca tidak meninggalkan noda atau bercak kuning serta kusam. Jadi, liriklah produk ini apabila Anda menginginkan perlengkapan dapur yang lebih awet kinclong.

No.10

I.Q. BabyStick/Hand Blender Mesin Pencincang MakananIQ-905

Mulai dari Rp259.000,00

Praktis menyiapkan MPASI bayi di mana saja

Traveling bersama bayi tidak lagi repot meski harus menyiapkan menu MPASI. Anda bisa membawa food processor ini. Bentuknya stik dan ringkas, fungsinya pun cukup lengkap. Selain bisa menghaluskan, alat ini juga dapat mencincang serta mencampur makanan. 


Alat ini juga dilengkapi dua kontrol kecepatan yang dapat memudahkan Anda menyesuaikan tekstur MPASI yang diinginkan. Selain itu, material yang digunakan bebas BPA sehingga aman untuk bayi.

Baca juga alat penghalus makanan lainnya di sini

Kegunaan food processor memang banyak, tetapi beberapa bahan makanan lebih tepat apabila diolah menggunakan alat khusus. Misalnya, jus dan smoothie lebih cocok apabila dibuat menggunakan blender atau juicer. Silakan temukan alat penghalus makanan lainnya di tautan berikut ini!

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami telah mengulas tips memilih food processor terbaik untuk Anda. Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi food processor yang kami berikan? Semoga dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat, ya!

Food processor memiliki kegunaan yang cukup beragam. Jika memiliki produk yang tepat, Anda akan sangat terbantu dengan keberadaan alat ini. Oleh karena itu, pilihlah produk yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, buat masakan yang lebih bervariasi! 

5 Rekomendasi Food Processor terbaik

No. 1MitochibaMagic ChopperCH-200

No. 2AbeniPenggiling Daging

No. 3CosmosFood Processor FP-300

No. 4PhilipsCompact Food ProcessorHR7310

No. 5VientaFood Processor Flexie Tritan

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Produk populer

Favlist populer