• 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Food processor adalah perkakas dapur multifungsi yang membuat proses memasak menjadi lebih mudah. Tak hanya untuk memotong sayuran, alat ini juga dapat digunakan untuk menumbuk, menguleni, dan mencampur bahan makanan. Namun, karena tersedia dalam beragam karakteristik dan merk, Anda mungkin akan kebingungan saat memilihnya.

Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips memilih food processor yang bagus sesuai kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produk dari berbagai merk seperti Philips, MITOCHIBA, Oxone, dan Russell Hubbs. Mari simak sampai akhir dan temukan food processor terbaik untuk Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Aziz Amri
  • Pembaharuan terakhir: 17 Agustus 2021
  • 168.250 Views
Daftar isi

Apa itu food processor?

Apa itu food processor?

Food processor ditujukan untuk membantu Anda menyiapkan makanan dengan lebih mudah. Dengan alat ini, Anda bisa mencincang bawang, wortel, hingga lobak secara cepat dengan hasil yang lebih baik. Produk ini cocok dipakai untuk membuat hamburger dan makanan cepat saji handmade di rumah.


Kini, food processor tak hanya digunakan untuk memotong sayuran saja. Ada yang bisa dipakai sebagai mixer atau pengaduk adonan, grater (parutan), penggiling daging (grinder), dan lain-lain. Bahkan, Anda juga bisa memakainya untuk menghaluskan biji-bijian, seperti biji kopi dan bumbu dapur.

Perbedaan food processor, food chopper, dan blender

Perbedaan food processor, food chopper, dan blender

Food processor biasanya digunakan untuk memotong dan menghaluskan bahan makanan yang teksturnya lebih padat dan kering. Anda pun tak perlu menambahkan air saat menghaluskan bahan makanan. Food processor juga bisa dipakai sebagai blender. Blender sendiri lebih cocok untuk menghaluskan makanan yang mengandung banyak air, misalnya untuk membuat jus dan smoothie.


Sementara itu, food chopper memiliki fungsi dan karakteristik yang mirip dengan food processor. Hanya saja, ukuran dan bagian-bagiannya cenderung lebih ringkas atau sederhana. Biasanya, ukuran chopper juga lebih kecil dibandingkan food processor. Dengan harga yang lebih terjangkau dan lebih mudah dirawat, food chopper ideal untuk Anda yang tinggal sendiri atau biasa memasak dalam jumlah sedikit.

Cara memilih food processor

Setelah mengetahui apa itu food processor, kami akan mengulas tentang hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Untuk memudahkan Anda, kami telah merangkumnya ke dalam empat poin penting. Silakan baca penjelasan lengkapnya berikut ini!

Sesuaikan tipe food processor dengan kebutuhan memasak Anda

Secara garis besar, food processor terdiri dari dua tipe, yaitu tipe stasioner dan stik. Untuk memilihnya, pertimbangkanlah jumlah orang yang memakainya, kapasitas yang dibutuhkan, serta ruang penyimpanan yang tersedia. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan di bawah ini!

Tipe stasioner: Untuk menyiapkan makanan dalam kapasitas besar sekaligus

Tipe stasioner: Untuk menyiapkan makanan dalam kapasitas besar sekaligus

Food processor tipe stasioner terdiri dari wadah makanan (jug) dan alas (tumpuan) yang digerakkan dengan motor. Sekilas, bentuk food processor ini mirip seperti blender pada umumnya. Tipe ini memiliki jug tetap dan digunakan dengan meletakkannya di atas meja serta memiliki stabilitas yang baik. Dengan wadah yang besar, tipe ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengolah banyak bahan sekaligus.


Hasil potongan menggunakan alat ini serupa dengan memakai pisau dapur sehingga sangat efektif untuk persiapan memasak. Namun, food processor tipe ini memiliki ukuran yang besar sehingga membutuhkan banyak tempat saat dipakai ataupun disimpan. Selain itu, tipe ini juga tersusun dari banyak bagian yang memerlukan perawatan lebih rumit dibandingkan food processor tipe stik.

Tipe stik: Compact dan praktis

Tipe stik: Compact dan praktis

Tipe stik memiliki bentuk yang handy dengan mata pisau yang terletak di ujung stiknya. Food processor tipe ini ideal digunakan untuk menumbuk dan mencampur bahan makanan yang memiliki kadar air tinggi. Alat ini sangat praktis dipakai untuk membuat sup, perkedel, smoothie, dan makanan pendamping ASI atau baby food. Dengan ukuran yang compact, Anda juga tak akan kesulitan saat menyimpannya.


Food processor tipe stik dapat dipakai untuk mencampur bahan makanan langsung di dalam panci atau mangkuk. Dengan begitu, Anda tak perlu repot memindahkannya ke wadah lain dan jumlah cucian piring pun tidak bertambah. Meski mudah dibawa, Anda tetap membutuhkan wadah khusus untuk meletakkan makanan yang hendak diolah. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan wadahnya, ya!

Pilih yang mudah dirawat dan dibersihkan

Pilih yang mudah dirawat dan dibersihkan

Hal yang tidak kalah penting saat memilih food processor adalah memeriksa bagian-bagiannya. Apakah bagian-bagian tersebut dapat dilepaskan, aman dicuci memakai dishwasher, atau terdiri dari banyak bagian. Selain itu, ketahanan pisau terhadap karat, dan wadah yang tidak mudah tergores juga tak boleh Anda lewatkan.


Pasalnya, hal-hal di atas akan sangat memengaruhi kemudahan pencucian food processor setelah pemakaian. Jika bagiannya tak bisa dilepas, Anda akan kesulitan dan mungkin terluka saat mencucinya. Jika pisau mudah berkarat dan wadahnya mudah tergores, Anda tak dapat memakainya untuk jangka panjang. Guna kenyamanan pemakaian, pilih juga produk yang mudah untuk dirawat.

Ketahui fungsi dan aksesori yang ditawarkan

Ketahui fungsi dan aksesori yang ditawarkan

Seperti yang telah disebutkan di atas, food processor adalah peranti dapur dengan segudang manfaat. Tak hanya untuk mencacah atau memotong sayuran, Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan lain. Tentunya, hal ini tergantung dari fitur atau fungsi dan aksesori yang ditawarkan oleh produk tersebut.


Sebagai contoh, terdapat food processor yang dilengkapi berbagai jenis pisau. Ada pisau untuk memotong, memarut, menghaluskan, hingga mengaduk adonan. Selain itu, ada juga produk yang dilengkapi tambahan aksesori lain, seperti untuk mengocok telur (whisker), membuat jus, dan lain-lain. Untuk itu, pilihlah produk dengan fungsi dan aksesori tambahan yang sesuai dengan hidangan yang ingin Anda buat.

Periksa ketersediaan fitur pengaman

Periksa ketersediaan fitur pengaman
Mata pisau food processor yang berputar dalam kecepatan tinggi akan berbahaya jika tidak digunakan secara tepat. Untuk mencegahnya, pilihlah produk yang dilengkapi dengan fitur pengaman, seperti safety switch dan overheat protection. Hal ini sangat penting, terutama untuk Anda yang tinggal bersama anak-anak dengan rasa keingintahuan tinggi.

Dengan adanya safety switch, motor pada food processor tidak akan bergerak jika bagiannya tidak terpasang dengan baik. Sementara itu, fitur overheat protection bertugas melindungi food processor saat panas mesin melebihi batas maksimum. Fitur ini akan mencegah mesin mengalami kerusakan dengan memutuskan arus listriknya secara otomatis.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Hamilton Beach12-Cup Stack & Snap Food Processor

70727

Mulai dari Rp 1.279.000,00

10 Rekomendasi food processor terbaik

Berikutnya, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi food processor terbaik beserta ulasannya untuk Anda. Silakan baca dengan saksama dan pilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!

10
Kapasitas1,2 liter
Dimensi-
FungsiMenggiling dan menghaluskan
Konsumsi listrik250–350 watt
Safety switch-
Overheat protection✔️
9

Little GiantGreen Baby Food Processor

LG.4961

Mulai dari Rp 755.000,00

Kapasitas-
Dimensi-
FungsiMenghaluskan, mengukus, dan menghangatkan
Konsumsi listrik400 watt
Safety switch-
Overheat protection-
8
Kapasitas2 liter
Dimensi-
FungsiMenggiling, menghaluskan, menumbuk, mengocok telur, dan membuat adonan
Konsumsi listrik300 watt
Safety switch-
Overheat protection-
7

PhilipsDaily Collection Food Processor

HR7627/00

Mulai dari Rp 1.099.000,00

Kapasitas2,1 liter
Dimensi24,4 cm x 24,4 cm x 37,7 cm
FungsiMenghaluskan, mengiris, mengemulsi, memarut, mencincang, dan menumbuk
Konsumsi listrik600 watt
Safety switch-
Overheat protection-
6

Blue Gas IndonesiaVienta Food Processor Flexie Tritan

Mulai dari Rp 2.450.000,00

Kapasitas1,6 liter dan 1 liter
Dimensi-
FungsiMemotong, memarut, mengiris, menghaluskan, mengaduk adonan, dan mengemulsi
Konsumsi listrik800 watt
Safety switch✔️
Overheat protection✔️
5
Kapasitas3,5 liter
Dimensi39 cm x 15 cm x 50 cm
FungsiMengiris, mencincang, memarut, menghaluskan, mengocok, mengemulsi, dan mengaduk
Konsumsi listrik1.000 watt
Safety switch✔️
Overheat protection-
4

BamixSwissline Food Processor

M200

Mulai dari Rp 3.979.000,00

Kapasitas1 liter
Dimensi-
FungsiMemotong, mencincang, menghaluskan, mengemulsi, mencampur, mengocok, menggiling, dan memarut
Konsumsi listrik200 watt
Safety switch✔️
Overheat protection-
3
Kapasitas1,7 liter
Dimensi-
FungsiMenggiling, memarut, mengaduk, menghaluskan, dan juicer
Konsumsi listrik700 watt
Safety switch✔️
Overheat protection-
2

Russell HobbsCompact Home Food Processor

25280-56

Mulai dari Rp 1.899.000,00

Kapasitas1,9 liter
Dimensi21 cm X 17 cm X 39 cm
FungsiMengiris, mencincang, menghaluskan, memarut, dan mengaduk
Konsumsi listrik500 watt
Safety switch-
Overheat protection-
1
Kapasitas2,5 liter
Dimensi26,3 cm x 25,9 cm x 43,7 cm
FungsiMengaduk, menghaluskan, menggiling, menguleni, mencincang, mengiris, memarut, blender, dan juicer
Konsumsi listrik1.000 watt
Safety switch✔️
Overheat protection✔️

Tabel perbandingan produk food processor terbaik

Gambar produk
1
Panasonic Gobel MK-F800SSR 1

Panasonic Gobel

2
Russell Hobbs Compact Home Food Processor 1

Russell Hobbs

3
BOLDe Super Processor OLYMPUS 1

BOLDe

4
Bamix Swissline Food Processor 1

Bamix

5
Oxone Jumbo Food Processor 1

Oxone

6
Blue Gas Indonesia Vienta Food Processor Flexie Tritan 1

Blue Gas Indonesia

7
Philips Daily Collection Food Processor 1

Philips

8
MITOCHIBA Magic Chopper 1

MITOCHIBA

9
Little Giant Green Baby Food Processor 1

Little Giant

10
Cosmos Food Processor 1.2 L 1

Cosmos

Nama produk

MK-F800SSR

Compact Home Food Processor

Super Processor OLYMPUS

Swissline Food Processor

Jumbo Food Processor

Vienta Food Processor Flexie Tritan

Daily Collection Food Processor

Magic Chopper

Green Baby Food Processor

Food Processor 1.2 L

Keunggulan

Food processor profesional dengan pemrograman otomatis

Desain compact yang tidak memerlukan banyak ruang

Dilengkapi Air Flow Technology untuk meminimalisir suara bising

Daya lebih stabil dan hemat listrik

Kapasitas besar untuk memasak dalam jumlah banyak sekaligus

Wadah dari material tritan yang seringan plastik dan setangguh kaca

Menghaluskan makanan lebih baik berkat teknologi PowerChop

Dengan tiga pasang mata pisau untuk menghaluskan daging lebih cepat

Penolong ibu saat menyiapkan MPASI untuk si kecil

Harga terjangkau, kualitas tidak mengecewakan

Harga mulai dariRp 4.699.000,00Rp 1.899.000,00Rp 799.000,00Rp 3.979.000,00Rp 2.263.000,00Rp 2.450.000,00Rp 1.099.000,00Rp 699.000,00Rp 755.000,00Rp 267.400,00
Kapasitas2,5 liter1,9 liter1,7 liter1 liter3,5 liter1,6 liter dan 1 liter2,1 liter2 liter-1,2 liter
Dimensi26,3 cm x 25,9 cm x 43,7 cm21 cm X 17 cm X 39 cm--39 cm x 15 cm x 50 cm-24,4 cm x 24,4 cm x 37,7 cm---
FungsiMengaduk, menghaluskan, menggiling, menguleni, mencincang, mengiris, memarut, blender, dan juicerMengiris, mencincang, menghaluskan, memarut, dan mengadukMenggiling, memarut, mengaduk, menghaluskan, dan juicerMemotong, mencincang, menghaluskan, mengemulsi, mencampur, mengocok, menggiling, dan memarutMengiris, mencincang, memarut, menghaluskan, mengocok, mengemulsi, dan mengadukMemotong, memarut, mengiris, menghaluskan, mengaduk adonan, dan mengemulsiMenghaluskan, mengiris, mengemulsi, memarut, mencincang, dan menumbukMenggiling, menghaluskan, menumbuk, mengocok telur, dan membuat adonanMenghaluskan, mengukus, dan menghangatkanMenggiling dan menghaluskan
Konsumsi listrik1.000 watt500 watt700 watt200 watt1.000 watt800 watt600 watt300 watt400 watt250–350 watt
Safety switch✔️-✔️✔️✔️✔️----
Overheat protection✔️----✔️---✔️
Tautan produk

Baca juga alat penghalus makanan lainnya di sini

Meski food processor cukup multifungsi, beberapa bahan makanan lebih tepat apabila diolah menggunakan alat khusus. Misalnya, jus dan smoothie lebih cocok apabila dibuat menggunakan blender atau juicer. Lalu, ada juga hand blender yang ideal untuk Anda yang menginginkan alat penghalus ringkas dan nyaman dipakai. Silakan temukan alat penghalus makanan lainnya pada tautan berikut ini!

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami telah mengulas tips memilih food processor untuk Anda. Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi yang kami berikan?

Food processor memiliki kegunaan yang cukup beragam. Jika memiliki produk yang tepat, Anda akan sangat terbantu berkat adanya alat ini. Oleh karena itu, pilihlah produk yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kini, saatnya Anda membuat masakan yang lebih bervariasi! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berfungsi untuk menjaga kesegaran makanan, kulkas menjadi perlengkapan elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki. Ada banyak merk kulkas bagus yang saat ini mendomasi pasaran, seperti Samsung, LG, Polytron, dan Sharp. Mereka memproduksi aneka kulkas dengan fitur canggih, mulai dari kulkas mini, kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, hingga kulkas besar.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Anda bisa memilih kulkas berdasarkan kapasitas, dimensi, merek, dan fiturnya. Mari simak artikel ini sampai akhir dan temukan kulkas yang tepat untuk kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
    159.578 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap merk kulkas, seperti Panasonic, Sharp, Samsung, Polytron, dan LG tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan, seperti harga, ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda. Yuk, simak terus artikel ini!
    Elektronik dapur
    114.906 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apabila Anda tertarik dengan gaya hidup sehat, Anda dapat memulainya dengan membeli peranti elektronik slow juicer. Dengan alat ini, Anda bisa membuat jus murni tanpa campuran air sehingga kandungan gizi yang diperoleh lebih banyak. Tak hanya jus, beberapa produk slow juicer juga bisa digunakan untuk membuat smoothie, es krim, dan minuman dingin lainnya.Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi merek slow juicer yang bagus, seperti Philips, Kuvings, Signora, dan Sharp. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan tips memilihnya untuk Anda. Mari simak penjelasan lengkapnya melalui artikel ini!
    Elektronik dapur
    89.670 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik dapur
    74.004 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    156.523 Views
  • 10 Rekomendasi Termos Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Termos Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Termos listrik merupakan salah satu must-have item di rumah. Banyak brand ternama yang menyediakan alat rumah tangga ini, seperti IONA, Denpoo, dan Panasonic. Anda tidak perlu lagi pergi ke dapur dan menyalakan kompor untuk merebus air. Dengan termos listrik, merebus air dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Lalu, bagaimana cara memilih termos listrik yang baik?Kami akan menjelaskan beberapa fungsi pada termos listrik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lalu, kami juga akan memperkenalkan beberapa produk termos listrik pilihan. Silahkan simak dan pilihlah produk yang terbaik untuk Anda!
    Elektronik dapur
    18.217 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori