10 Rekomendasi Baby Walker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Baby Walker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Ketika bayi mulai merambat dan berjalan, beberapa orang tua ingin meletakkan anak mereka di baby walker. Meskipun terdapat kekhawatiran bahwa baby walker bisa terbalik jika bebannya terlalu berat, hal tersebut dapat dicegah dengan penggunaan yang tepat. Terlebih, baby walker akan sangat membantu para ibu yang memiliki kesibukan lain di samping mengasuh anak.

Untuk itu, kami akan mengulas berbagai hal penting yang harus dipertimbangkan ketika Anda hendak membeli baby walker. Kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi, mulai dari merek Family, CocoLatte, BabyElle, dan lainnya. Mari kita mulai!

Daftar isi

Baby walker dapat meringankan tugas para ibu di rumah

Baby walker dapat meringankan tugas para ibu di rumah

Ketika mulai belajar berjalan, bayi akan senang bergerak ke berbagai tempat dengan menggunakan alat bantu jalan seperti baby walker. Anda dapat meletakkan bayi di baby walker sejak berusia sekitar tujuh bulan. Namun, penggunaan baby walker dibatasi hingga anak berusia maksimal lima belas bulan atau jika bobotnya telah mencapai sekitar 12 kg.

Bayi umumnya senang bermain di baby walker karena mereka dapat melihat dari sisi yang lebih tinggi dan luas. Selain itu, mereka jadi leluasa melakukan tendangan-tendangan kecil. Saat berada di baby walker, bayi merasa seperti sedang menyetir atau menaiki kuda.

Bukan hanya bayi, para ibu juga diuntungkan dengan penggunaan baby walker. Anak-anak dapat asyik bermain sendiri di baby walker sementara ibunya melakukan kegiatan lain sambil tetap mengawasi sehingga keamanan anak tetap terjaga. Dengan demikian, para ibu dapat pergi ke toilet dan melakukan tugas rumah tangga lainnya tanpa harus menggendong anak.

Cara memilih baby walker untuk mendukung proses anak belajar berjalan

Secara garis besar, terdapat dua tipe baby walker. Pertama, tipe lingkaran yang simpel dan tidak disertai mainan apa pun. Kedua, tipe persegi yang biasanya dilengkapi berbagai fitur menarik seperti mainan. Kami akan membahas setiap tipe dan perbedaan di antara keduanya.

Bebas bergerak dengan tipe lingkaran atau seru bermain dengan tipe persegi

Bebas bergerak dengan tipe lingkaran atau seru bermain dengan tipe persegi

Baby walker tipe lingkaran adalah model klasik yang simpel. Dengan tipe lingkaran, bayi dapat leluasa bergerak ke berbagai sudut rumah. Sebaliknya, tipe persegi lebih sulit dikendalikan karena tidak mudah untuk melakukan gerakan diagonal atau memutar. Tipe tersebut hanya aman untuk gerakan maju dan mundur. Namun, baby walker tipe persegi biasanya dilengkapi dengan berbagai mainan yang seru untuk anak-anak.

Apabila Anda membutuhkan baby walker yang tujuan utamanya untuk bayi berjalan dan yang dapat difungsikan sebagai meja makan, pilihlah tipe lingkaran. Akan tetapi, jika tujuan utamanya adalah untuk sarana bermain anak, gunakan tipe persegi.

Lepaskan mainan yang ada di baby walker jika ingin menggunakannya sebagai meja kosong

Lepaskan mainan yang ada di baby walker jika ingin menggunakannya sebagai meja kosong

Ada baby walker yang simpel tanpa menggunakan mainan apa pun. Ada juga yang memiliki banyak mainan dan disertai fitur yang memungkinkan bayi untuk melompat.

Model yang simpel biasanya memiliki harga yang lebih murah. Anda juga dapat membawanya dengan lebih mudah karena model ini akan menjadi lebih compact ketika dilipat. Jika Anda termasuk orang tua yang tidak mengizinkan bayinya bermain sambil makan, model ini akan lebih cocok. Bagaimana jika bayi Anda merasa bosan dan ingin bermain ketika sedang di baby walker? Anda dapat meletakkan mainan apa pun di atas meja baby walker tersebut.

Sebaliknya, model yang dilengkapi dengan mainan dan fitur lainnya akan membuat anak asyik main sendiri. Mainan tersebut telah menempel di meja baby walker sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa bayi akan menjatuhkan atau melempar mainannya. Namun, meja mainan tersebut tetap dapat dilepaskan dan diubah fungsinya menjadi meja makan.

Perhatikan aspek keamanannya, termasuk stopper dan fitur yang dapat mencegah baby walker terjatuh

Pengguna utama dari baby walker adalah bayi. Artinya, keamanan adalah hal yang sangat penting. Pilihlah produk yang dirancang dengan sangat aman sehingga tidak akan terguling, terutama ketika sedang digerakkan dengan kencang.

Lebih aman jika produk tersebut memiliki fitur yang dapat mencegah kejatuhan

Lebih aman jika produk tersebut memiliki fitur yang dapat mencegah kejatuhan

Berbeda dengan baby walker tipe persegi, tipe lingkaran lebih mudah terguling. Jika lingkungan sekitar sedang tidak kondusif, langkah yang kecil pun bisa menyebabkan produk tersebut terguling. Oleh karena itu, apabila Anda ingin membeli baby walker tipe lingkaran, perhatikan apakah roda pada produk tersebut memiliki tonjolan yang berfungsi untuk mencegahnya terjatuh.

Kami juga menyarankan Anda membeli produk yang disertai dengan fitur pencegahan kerusakan. Lalu, pilih produk yang memang dirancang agar kaki anak-anak tidak terjepit di dalam rodanya.

Jika baby walker Anda tidak memiliki stopper, pasang alas di bagian bawahnya

Jika baby walker Anda tidak memiliki stopper, pasang alas di bagian bawahnya

Semakin besar, bayi semakin ingin mengeksplorasi lingkungan sekitarnya sehingga ruang geraknya pun bertambah luas. Risikonya, bayi Anda bisa terjatuh ketika sedang berkeliling menggunakan baby walker. Untuk itu, sebaiknya baby walker Anda memiliki stopper. Dengan adanya stopper, Anda bisa tenang membiarkan bayi bermain di baby walker ketika Anda sedang mengerjakan tugas rumah tangga lainnya. Stopper juga membantu agar bayi tidak berkeliling ketika sedang makan.

Cara kerja stopper adalah dengan sedikit mengangkat baby walker sehingga roda tidak menyentuh lantai dan tidak dapat bergerak. Artinya, ada kemungkinan stopper akan memunculkan goresan jika lantai Anda terbuat dari material yang mudah tergores. Jadi, perhatikan juga hal tersebut.

Jika baby walker Anda tidak memiliki stopper, pasanglah alas di bawah kaki bayi. Dengan demikian, kaki bayi tidak dapat menyentuh lantai sehingga tidak akan menimbulkan pergerakan di baby walker. Memasang alas memang membutuhkan usaha yang lebih besar, tetapi hal tersebut sebanding dengan keamanan yang Anda peroleh. Lantai rumah pun terbebas dari goresan.

Pastikan baby walker Anda memiliki fungsi pengatur ketinggian

Sangat penting untuk memilih baby walker yang tingkat ketinggiannya dapat diatur supaya bayi Anda dapat berdiri dengan nyaman di dalamnya. Terdapat dua jenis pengatur ketinggian baby walker. Ada yang diatur melalui sabuk penyangga tubuh bayi dan ada yang melalui tuas pengatur di bagian bawah.

Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun, ingatlah untuk selalu memeriksa agar sabuk penyangga tidak kendur dan alat pengatur telah terpasang sempurna. Dengan begitu, bayi Anda akan aman.

Atur ketinggian melalui sabuk penyangga supaya dapat disesuaikan dengan tubuh bayi

Atur ketinggian melalui sabuk penyangga supaya dapat disesuaikan dengan tubuh bayi

Cara mengatur tinggi baby walker jenis ini adalah dengan menyesuaikan panjang dari sabuk penyangga tubuh agar pas dengan ukuran tubuh bayi Anda. Artinya, ukurannya dapat dibuat benar-benar sesuai dengan tubuh bayi. Namun, ada kemungkinan Anda memasang dengan ukuran yang tidak tepat sehingga bayi merasa kesempitan ketika sedang duduk atau melompat.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa pengait sabuk tersebut tidak kendur agar bayi tidak merosot dan terjatuh. Lalu, perhatikan seberapa lama Anda akan menggunakannya. Apabila sabuk penyangga memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang, baby walker tersebut tidak dapat digunakan lagi ketika bayi Anda sudah semakin tinggi. Anda juga mungkin akan cukup kesulitan menemukan produk ini di toko online Indonesia karena tidak banyak yang menjualnya.

Lebih mudah dan nyaman mengatur ketinggian dengan menggunakan tuas

Lebih mudah dan nyaman mengatur ketinggian dengan menggunakan tuas

Jenis pengatur ketinggian ini lebih mudah dan nyaman. Anda hanya perlu memasang tuas dengan ukuran yang cocok dengan tubuh bayi. Dengan jenis pengaturan ini, tentunya tidak ada risiko kendur sehingga lebih stabil. Hanya saja, jenis ini tidak memungkinkan Anda untuk mengatur hingga benar-benar pas dengan ukuran tubuh anak. Di samping itu, Anda harus hati-hati agar tuas tidak terjatuh ketika bayi aktif bergerak, terutama jika stopper mulai rusak.

10 Rekomendasi baby walker terbaik

Setelah mengulas lebih detail mengenai bagian-bagian penting dari baby walker, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sambil tetap mengacu pada aspek yang telah kami jelaskan.

10. Tajimaku 307 Baby Walker

10. Tajimaku 307 Baby Walker

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 130.000

Produk ekonomis yang mendampingi bayi Anda dalam mengeksplorasi area sekitarnya

Saat seorang anak memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya, wawasannya juga akan semakin kaya. Hal tersebut tentu sangat baik untuk perkembangannya. Nah, produk ini dapat membantu Anda untuk mendukung bayi dalam mengeksplorasi ruang bermainnya.

Dengan baby walker berbentuk lingkaran ini, bayi Anda akan leluasa mengelilingi ruangan. Produk ini juga dilengkapi dengan mainan bola berwarna-warni. Plus, harga baby walker ini relatif lebih murah dibandingkan produk sejenis lainnya sehingga Anda dapat mengurangi biaya pengeluaran.

Dimensi Tidak diketahui
Jenis pengaturan tinggi Sabuk
Bobot 13 kg
Stopper Tidak ada

9. Family-Trike Baby Walker FB-1827

9. Family-Trike Baby Walker FB-1827

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 329.000

Bayi Anda dapat bersantai di area outdoor tanpa tersengat cahaya matahari

Bagi Anda yang ingin mengajak bayi untuk menikmati suasana di luar rumah, produk ini dapat menjadi pilihan tepat. Baby walker ini dilengkapi dengan kanopi sehingga bayi Anda terlindung dari terik matahari yang terlalu panas. Jadi, Anda dapat mengajak bayi bermain dengan baby walker di teras rumah.

Keamanan baby walker ini terjaga dengan adanya alas di bagian bawah. Selain itu, terdapat dua pilihan warna yaitu pink dan biru. Pilihlah yang sesuai dengan favorit anak. Di samping itu, ragam mainannya pun cukup banyak sehingga bayi Anda tidak akan mudah bosan ketika bermain di baby walker ini.

Dimensi Tidak diketahui
Jenis pengaturan tinggi Tuas di bagian bawah
Bobot 7 kg
Stopper Tidak ada

8. Bright Starts Roaming Safari Walk-A-Bout Walker

8. Bright Starts Roaming Safari Walk-A-Bout Walker

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.220.000

Baby walker membuat rumah menjadi sempit? Tidak dengan produk ini

Oleh karena ukurannya yang cukup besar, baby walker biasanya membuat rumah terasa lebih sempit. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi dengan produk ini. Pada saat tidak digunakan, Anda dapat melipat baby walker ini sehingga ukurannya menjadi sangat tipis dan rata sehingga rumah terasa lebih luas.

Di bagian meja produk ini terdapat mainan setir mobil yang dapat mengeluarkan bunyi dan cahaya. Rasanya pasti seru sekali. Bahkan, disediakan tempat untuk meletakkan mainan tambahan. Dengan demikian, anak Anda bisa menambahkan mainan lain agar baby walker-nya semakin terasa menyenangkan.

Dimensi 86 cm × 71 cm × 61 cm
Jenis pengaturan tinggi Tuas di bagian bawah
Bobot 15 kg
Stopper Tidak diketahui

7. Family-Trike Baby Walker FB-203E

7. Family-Trike Baby Walker FB-203E

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 360.000

Fitur antiselip mempermudah Anda saat membawanya melewati tangga

Apabila Anda tinggal di tempat yang mengharuskan untuk sering turun dan naik tangga, cobalah produk ini. Baby walker ini mempermudah Anda untuk membawanya melalui tangga karena dilengkapi dengan antiselip. Namun, tentunya akan lebih aman jika bayi Anda tidak diletakkan di dalamnya ketika sedang melewati tangga.

Anda juga dapat mengubah fungsi baby walker ini menjadi seperti ayunan. Caranya cukup dengan melipat bagian bawahnya, kemudian produk ini siap untuk diayun-ayun. Sebagai fitur tambahan, Family-Trike menyediakan tempat untuk meletakkan botol minum di bagian belakang baby walker ini.

Dimensi Tidak diketahui
Jenis pengaturan tinggi Tuas di bagian bawah
Bobot 15 kg
Stopper Tidak diketahui

6. CocoLatte Candy Fighter 3 in 1 Multi-function Walker CL1108

6. CocoLatte Candy Fighter 3 in 1 Multi-function Walker CL1108

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 900.000

Bisa diubah menjadi push chair sehingga lebih aman untuk belajar berjalan

Salah satu keunggulan produk ini adalah dapat diubah menjadi push chair. Bagian belakangnya dapat Anda atur sehingga menjadi seperti gerobak yang tidak memiliki tempat duduk. Jadi, ketika bayi Anda sudah siap, dia dapat belajar berjalan dengan cara mendorong-dorong produk ini.

Bagian handle baby walker ini pun akan terasa nyaman digenggam oleh anak Anda. Untuk menyesuaikan dengan ukuran tubuh anak, tentunya tingkat ketinggian produk ini juga dapat diubah. Dengan demikian, bayi Anda dapat bermain di dalamnya dengan postur kaki yang tepat.

65 x 15 x 72 cm 65 cm × 15 cm × 72 cm
Jenis pengaturan tinggi Tuas di bagian bawah
Bobot 10 kg
Stopper Tidak diketahui

5. CocoLatte Baby Walker Minwalk CL1111

5. CocoLatte Baby Walker Minwalk CL1111

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.085.000

Ma, aku lagi balapan mobil, loh. Seru!

Dengan desain yang dibuat menyerupai mobil, bayi Anda akan menyukai baby walker ini. Ajaklah anak Anda untuk memilih warna yang disukai di antara biru dan oranye, lalu dia siap beraksi di dalam rumah. Terlebih lagi, terdapat musik dan lampu yang akan membuat permainan menjadi lebih asyik.

Jika Anda hendak menjadikan produk ini sebagai kursi makan bayi, mainan-mainannya dapat dilepaskan sehingga terdapat meja kosong untuk meletakkan makanan bayi. Selain itu, tempat duduknya dapat dilepaskan dan dicuci sehingga kebersihan produk ini dapat terjaga dengan baik.

Dimensi 19 cm x 68 cm x 73 cm
Jenis pengaturan tinggi Tuas di bagian bawah
Bobot 16 kg
Stopper Tidak ada

4. Bébéconfort Baby Walker Push Walker 4 in 1 Multifunction

4. Bébéconfort Baby Walker Push Walker 4 in 1 Multifunction

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.390.000

Lebih terjamin karena telah memiliki 3C certification number

Setiap orang tua ingin agar anaknya menggunakan produk yang keamanannya telah terjamin. Nah, baby walker ini dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Produk ini telah memiliki 3C certification number yang berarti telah lolos uji kualitas, baik dari segi keamanan, bahan baku, maupun kesehatannya.

Keunggulan lain dari produk ini adalah sistem pengatur keamanan yang berupa tombol. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mengatur sistem pengaman di baby walker ini. Ditambah dengan tampilan produk yang elegan dan futuristik membuat rumah Anda terlihat lebih modern.

Dimensi 60 cm × 72 cm × 58 cm
Jenis pengaturan tinggi Tidak diketahui
Bobot 7 kg
Stopper Ada

3. Huanger 4-in-1 Lion Entertainer

3. Huanger 4-in-1 Lion Entertainer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 750.000

Bayi Anda akan menyukai warna-warna cerah dan gambar singa di produk ini

Baby walker yang dapat difungsikan sebagai push chair ini memiliki desain dan kombinasi warna yang cerah. Gambar kepala singa di bagian tempat duduk terlihat lucu dan cocok untuk anak-anak. Mainan berupa tombol berwarna-warninya juga tidak kalah seru dan memberi suasana ceria.

Jika sedang tidak ingin digunakan, mainan-mainan di atas meja bisa dilepaskan. Di samping itu, untuk menghemat penggunaan ruang di rumah, produk ini dapat dilipat hingga rata. Baby walker ini dapat digunakan sejak bayi berusia empat bulan hingga mencapai 36 bulan.

Dimensi 55,2 cm × 70 cm × 46 cm
Jenis pengaturan tinggi Tidak diketahui
Bobot 8 kg
Stopper Tidak diketahui

2. Family-Trike Baby Walker FB-218A

2. Family-Trike Baby Walker FB-218A

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 345.000

Pengamanan ganda dengan stopper dan alas di kaki

Apakah Anda termasuk tipe orang yang membutuhkan sistem pengamanan ganda? Jika ya, produk ini dapat menjadi baby walker yang tepat untuk anak Anda. Baby walker ini tidak hanya memiliki stopper, tetapi juga alas di bagian bawah. Hal tersebut tentu akan dapat mengurangi kekhawatiran Anda.

Permainan yang disuguhkan oleh produk ini pun simpel, tetapi sesuai untuk anak-anak. Terdapat tombol-tombol besar yang akan mengeluarkan bunyi ketika dipukul oleh anak, seperti ketika sedang bermain gendang. Dengan begitu, area taktil dan auditori anak dapat turut terstimulasi.

Dimensi Tidak diketahui
Jenis pengaturan tinggi Tuas di bagian bawah
Bobot 10,2 kg
Stopper Ada

1. BabyElle Baby Walker BE-0188

1. BabyElle Baby Walker BE-0188

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 805.000

Si kecil bisa mendengarkan kompilasi lagu favoritnya sambil bermain

Musik merupakan salah satu media yang baik untuk meningkatkan kecerdasan anak. Untuk itu, baby walker ini memberi Anda slot khusus untuk memasukkan SD card. Anda dapat menyimpan lagu-lagu pilihan ke dalam SD card, kemudian menyisipkannya ke produk ini. Bayi Anda akan semakin menikmati waktu bermain.

Produk ini juga dirancang agar nyaman bagi bayi. Handle-nya mudah digenggam, bagian tray-nya luas dan dilengkapi dengan bottle holder, gerakan rodanya pun mudah dikendalikan. Untuk mempermudah Anda dalam membersihkan, bagian tempat duduknya dapat dilepaskan. Aman, nyaman, dan bersih.

Dimensi Tidak diketahui
Jenis pengaturan tinggi Tuas di bagian bawah
Bobot 12 kg
Stopper Ada

Apa yang perlu diperhatikan ketika bayi sedang menggunakan baby walker?

Dahulu, baby walker banyak digunakan sebagai alat bantu bayi ketika sedang belajar berjalan. Oleh sebab itu, orang tua zaman dahulu biasanya meletakkan bayi mereka di baby walker untuk waktu yang cukup lama.

Pemakaian baby walker dapat bermanfaat bagi Anda dan bayi asalkan digunakan dengan tepat. Kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat menggunakan baby walker secara tepat. Dengan demikian, bayi dapat bermain dengan aman di dalamnya.

Jangan terlalu lama meninggalkan bayi Anda di baby walker

Jangan terlalu lama meninggalkan bayi Anda di baby walker

Baby walker umumnya menopang bayi di bagian selangkangan sehingga berisiko membuat pinggul terasa sakit dan kaki menjadi lemah jika dipakai terlalu lama. Oleh karenanya, Anda harus berhati-hati, terutama jika bayi Anda belum bisa duduk dengan benar. Jangan membiarkan bayi Anda terlalu lama berada di dalam baby walker. Gunakanlah baby walker hanya untuk waktu yang singkat seperti misalnya ketika Anda sedang menyiapkan makan atau sedang buang air kecil.

Saat berjalan menggunakan baby walker, pastikan bayi menapakkan kakinya dengan benar

Saat berjalan menggunakan baby walker, pastikan bayi menapakkan kakinya dengan benar

Beberapa bayi mengendarai baby walker dengan cara menendang-nendang dan melangkah menggunakan ujung jari kaki mereka. Jadi sebenarnya, akan lebih baik jika bayi Anda belajar berjalan dengan menggunakan baby walker yang berupa push chair. Cara menggunakan push chair adalah dengan didorong seperti sedang mendorong gerobak. Jika Anda membiarkan bayi melangkah hanya dengan menggunakan ujung jari kaki, bayi Anda berisiko terbiasa berjalan dengan cara berjinjit. Untuk mengurangi risiko tersebut, perhatikan juga tinggi dari baby walker. Pastikan bahwa ukuran tingginya sesuai dengan tubuh bayi agar bayi Anda tidak perlu berjinjit.

Ketika anak bermain di baby walker, letakkan di lokasi yang dapat diawasi oleh Anda

Ketika anak bermain di baby walker, letakkan di lokasi yang dapat diawasi oleh Anda

Anda akan merasa kerepotan jika bayi menangis ketika Anda sedang melakukan tugas rumah tangga. Di sisi lain, beberapa bayi tetap menangis ketika sedang digendong oleh ayahnya. Kesulitan semakin terasa apabila Anda harus mengasuh anak sendirian sepanjang hari padahal anak Anda masih kecil. Anda mungkin membutuhkan bantuan untuk menenangkannya.

Dalam keadaan tersebut, baby walker dapat menjadi penolong yang menyenangkan. Anak-anak umumnya akan betah bermain sendirian di baby walker. Anda pun dapat melakukan aktivitas lain dengan tenang karena bayi Anda tetap dapat diawasi.

Hanya saja, pernah ada beberapa kejadian yang kurang menyenangkan. Ada yang pernah terjatuh di perbatasan pintu atau di bagian-bagian yang tidak rata dan kemudian terluka. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa orang memasang alat pembatas. Namun, akan lebih aman jika Anda meletakkan anak di area yang memang aman dan jalanannya rata. Kami juga menyarankan Anda untuk tidak menggunakan baby walker di dekat tangga, serta pastikan bahwa lokasi bermain anak tetap ada dalam jangkauan pengawasan Anda.

Kesimpulan

Penggunaan baby walker secara tepat tentu akan membatu para ibu dalam mengasuh anak sambil mengerjakan tugas rumah tangga lainnya. Agar lebih efektif, pilihlah baby walker yang sesuai dengan kebutuhan supaya Anda dapat dengan leluasa menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.

Anda tidak akan lagi diusik oleh tangisan anak ketika hendak buang air kecil di toilet atau ketika sedang memasak. Menyenangkan, ya! Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat menemukan produk terbaik bagi Anda dan bayi. Selamat memilih.