mybest
Baby walker

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Baby Walker Terbaik
  • 10 Rekomendasi Baby Walker Terbaik  1
  • 10 Rekomendasi Baby Walker Terbaik  2
  • 10 Rekomendasi Baby Walker Terbaik  3
  • 10 Rekomendasi Baby Walker Terbaik  4
  • 10 Rekomendasi Baby Walker Terbaik  5

10 Rekomendasi Baby Walker Terbaik

Ketika bayi mulai belajar berjalan, beberapa orang tua ingin meletakkannya di baby walker. Meskipun terdapat kekhawatiran bahwa baby walker bisa terbalik, hal ini dapat dicegah dengan penggunaan yang tepat. Kami akan mengulas beberapa poin yang harus dipertimbangkan ketika hendak membeli baby walker yang aman untuk bayi.

 
Kami juga memberikan rekomendasi baby walker yang dapat Anda jadikan referensi. Ada juga ulasan merek baby walker yang bagus, seperti Family, Cocolatte, Pacific Junior, dan lainnya. Yuk, dapatkan baby walker terbaik untuk bayi Anda di artikel ini!

Diperbaharui 08/12/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Baby walker dapat meringankan tugas para ibu di rumah

Baby walker dapat meringankan tugas para ibu di rumah
Ketika mulai belajar berjalan, bayi akan senang bergerak ke berbagai tempat dengan menggunakan alat bantu jalan seperti baby walker. Anda dapat meletakkan bayi di baby walker sejak berusia sekitar tujuh bulan. Namun, penggunaan baby walker dibatasi hingga anak berusia lima belas bulan atau ketika bobotnya telah mencapai sekitar 12 kg.

Tidak hanya menguntungkan anak-anak, para ibu juga diuntungkan dengan pemakaian baby walker. Anak-anak dapat asyik bermain sendiri di baby walker, sedangkan ibu bisa melakukan kegiatan lain sambil mengawasi anak. Dengan demikian, para ibu dapat pergi ke toilet atau melakukan tugas rumah tangga lainnya tanpa harus menggendong anak.


Namun, ada banyak kasus cidera akibat penggunaan baby walker, seperti:

  1. Jari bayi terjepit saat baby walker menabrak dinding atau perabot rumah tangga.
  2. Bayi terjatuh dari tangga, terjatuh ke kolam, hingga terjatuh ke toilet.
  3. Bayi meraih benda-benda berbahaya, seperti air panas atau colokan listrik.
  4. Bayi terguling karena posisinya terlalu miring saat berdiri di atas baby walker.


Di satu sisi, baby walker dapat membantu Anda dan bayi. Karena itu, beberapa produsen mulai memperbaiki standar keamanan baby walker. Ada produsen yang menambahkan fitur stopper atau pengereman. Selain itu, ada juga baby walker yang dilengkapi alas kaki supaya kaki bayi tidak bisa menggerakkannya.

Cara memilih baby walker

Sebelum Anda mulai membeli baby walker, ada poin-poin penting yang perlu diketahui. Misalnya, mengetahui tipe baby walker, fitur keamanan, kelengkapan mainan, dan lainnya. Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan Anda baca penjelasan berikut ini.

1

Pilih berdasarkan tipenya

Secara garis besar, terdapat dua tipe baby walker. Pertama, tipe lingkaran yang simpel dan tidak disertai mainan apa pun. Kedua, tipe persegi yang biasanya dilengkapi fitur menarik, contohnya mainan. Kami akan membahas tiap-tiap tipe dan perbedaan di antara keduanya.

Tipe lingkaran, agar anak bebas bergerak

Tipe lingkaran, agar anak bebas bergerak
Baby walker tipe lingkaran adalah model klasik yang simpel. Bayi dapat lebih leluasa bergerak ke berbagai sudut rumah dengan tipe lingkaran. Sayangnya kebanyakan baby walker tipe ini tidak memiliki fitur mainan yang beragam. Jika Anda membutuhkan baby walker dengan tujuan membantu bayi berjalan dan dapat difungsikan sebagai meja makan, pilihlah tipe lingkaran. 

Tipe persegi, anak jadi seru bermain

Tipe persegi, anak jadi seru bermain

Sebaliknya, baby walker tipe persegi lebih sulit dikendalikan karena tidak mudah untuk melakukan gerakan diagonal atau memutar. Tipe persegi hanya aman untuk gerakan maju dan juga mundur. Namun, baby walker tipe persegi biasanya dilengkapi dengan berbagai mainan yang seru untuk anak-anak. Jika tujuan utama Anda membeli baby walker adalah untuk sarana bermain anak, gunakan tipe persegi.

2

Pertimbangkan mainan di baby walker yang bisa dilepas

Pertimbangkan mainan di baby walker yang bisa dilepas
Ada baby walker yang simpel tanpa menggunakan mainan apa pun. Ada juga yang memiliki banyak mainan dan disertai fitur yang memungkinkan bayi untuk melompat. Baby walker model simpel biasanya memiliki harga yang lebih ekonomis. Anda juga dapat membawanya dengan mudah karena model ini lebih compact ketika dilipat. 

Namun, baby walker dengan mainan lebih menyenangkan untuk anak sehingga anak-anak bisa lebih betah berada dalam baby walker. Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan baby walker dengan mainan yang bisa dipasang dan dilepas. 


Baby walker dengan fitur mainan yang bisa dibongkar pasang juga multifungsi. Anda dapat mengubahnya menjadi meja makan atau meja bermain. Apabila Anda tidak mengizinkan si kecil bermain sambil makan, tinggal lepaskan saja mainannya dan ubah menjadi meja makan. Setelah itu, pasang kembali mainannya saat waktu bermain tiba.

3

Perhatikan aspek keamanan baby walker

Pengguna utama dari baby walker adalah bayi. Artinya, keamanan merupakan hal yang sangat penting. Pilih produk yang dirancang dengan sangat aman sehingga tidak akan terguling, terutama ketika sedang digerakkan dengan cukup kencang. Berikut adalah beberapa fitur keamanan yang dapat dipertimbangkan sebelum membeli baby walker.

Stopper pada roda, untuk mencegah baby walker terjatuh

Stopper pada roda, untuk mencegah baby walker terjatuh
Saat bayi makin besar, keinginannya untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar biasanya makin besar juga. Hal ini membuat ruang geraknya bertambah luas. Akan tetapi, bayi berisiko terjatuh saat sedang berkeliling menggunakan baby walker. Untuk mencegah hal tersebut, baby walker sebaiknya dilengkapi stopperStopper akan mengangkat baby walker sehingga roda tidak menyentuh lantai dan tidak dapat bergerak


Stopper juga membantu agar bayi tak berkeliling saat sedang makan. Dengan adanya stopper, Anda bisa tenang membiarkan bayi bermain di baby walker ketika sedang mengerjakan tugas rumah tangga lainnya. Namun, ada kemungkinan stopper akan memunculkan goresan jika lantai terbuat dari material yang mudah tergores. 

Alas bagian bawah, agar bayi tak bisa menggerakkan baby walker

Alas bagian bawah, agar bayi tak bisa menggerakkan baby walker

Jika baby walker Anda tidak memiliki stopper, pasanglah alas di bawah kaki bayi. Alas bagian bawah baby walker berfungsi agar kaki bayi tidak bisa menyentuh lantai sehingga tidak akan menimbulkan pergerakan


Beberapa baby walker sudah dilengkapi aksesori alas kaki ini sehingga Anda tidak perlu membelinya secara terpisah. Di sisi lain, memasang alas mungkin membutuhkan cukup usaha, tetapi hal ini sebanding dengan keamanan bayi. Lantai rumah pun terbebas dari goresan.

4

Pastikan terdapat fungsi pengatur ketinggian

Penting untuk memilih baby walker yang tingkat ketinggiannya dapat diatur supaya bayi bisa berdiri dengan nyaman. Terdapat dua jenis pengatur ketinggian baby walker, yakni diatur menggunakan sabuk penyangga dan menggunakan tuas. Keduanya mempunyai keunggulan dan kelemahan. Namun, pastikan saja sabuk penyangga tidak kendur dan alat pengatur terpasang sempurna agar bayi Anda aman.

Sabuk penyangga, untuk mengatur jangkauan kaki bayi

Sabuk penyangga, untuk mengatur jangkauan kaki bayi

Ketinggian baby walker yang dilengkapi sabuk penyangga dapat disesuaikan dengan tubuh bayi sehingga ukurannya benar-benar sesuai. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengatur panjang dan pendeknya sabuk penyangga sesuai dengan tubuh bayi. Namun, Anda harus berhati-hati ketika memasangnya supaya bayi tidak merasa kesempitan saat sedang duduk atau melompat.


Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa pengait sabuk tersebut tidak kendur agar bayi tidak merosot dan terjatuh. Perhatikan juga berapa lama penggunaannya. Kalau ukuran sabuk penyangga tidak terlalu panjang, baby walker tidak bisa digunakan lagi ketika bayi sudah makin tinggi.

Tuas, untuk mempermudah mengatur ketinggian

Tuas, untuk mempermudah mengatur ketinggian
Jenis tuas pengatur ketinggian lebih mudah dan nyaman. Anda hanya perlu memasang tuas dengan ukuran yang cocok dengan tubuh bayi. Di pihak lain, baby walker juga lebih stabil karena risiko untuk kendur lebih minim.

Hanya saja jenis ini tidak memungkinkan Anda untuk mengatur ketinggian hingga benar-benar pas dengan ukuran tubuh bayi. Namun, Anda harus hati-hati agar tuas tidak terjatuh ketika bayi aktif bergerak.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Baby Walker Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Baby Walker terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 08 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe
Removable toy
Stopper
Alas bagian bawah
Sabuk penyangga
Tuas pengatur ketinggian
Foldable
Dimensi ukuran
Berat produk
1

Family

Baby Walker FB-2121

Family  Baby Walker  1

Rp370.000

Agak Murah

Terdapat tempat botol susu, dipakai meluncur tidak khawatir tumpah

Persegi

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

CocoLatte

Baby Walker DK 2 in 1

CocoLatte Baby Walker DK 2 in 1 1

Rp999.000

Agak Mahal

Dilengkapi setir untuk mainan dan pegangan

Persegi

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

Pacific Junior

Baby Walker SpacebabySB-618-3

Pacific Junior Baby Walker Spacebaby 1

Rp320.000

Agak Murah

Bisa diubah menjadi kursi goyang supaya bayi bisa duduk tenang

Persegi

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Mastela

Premium Baby Walker 5 in 1

Mastela Premium Baby Walker 5 in 1 1

Rp380.000

Agak Murah

Aman dimainkan anak dengan bahan bebas BPA

Lingkaran

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

Babydoes

Cyber walker 2-in-1 Walker11088

Babydoes  Cyber walker 2-in-1 Walker 1

Rp699.000

Agak Mahal

Makin aman berkat kenop untuk mengatur kecepatan

Persegi

Tidak diketahui

68,5 cm x 59 cm x 55 cm

Tidak diketahui

6

Family

Baby Walker FB-880

Family Baby Walker  1

Rp315.000

Agak Murah

Terbuat dari perpaduan bahan besi dan plastik yang berkualitas

Lingkaran

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Cocolatte

Locco Walker & Walking Trainer10012

Cocolatte  Locco Walker & Walking Trainer 1

Rp950.000

Agak Mahal

Dilengkapi mainan interaktif, bikin bayi betah

Persegi

70 cm x 60 cm x 52 cm

Tidak diketahui

8

Babydoes

Racing 2-in-1 Walker12112

Babydoes  Racing 2-in-1 Walker 1

Rp659.000

Agak Mahal

Desain mobil balap akan membuat bayi laki-laki suka

Persegi

50 cm x 68 cm x 58 cm

Tidak diketahui

9

Mmflight

Baby Walker

Mmflight  Baby Walker  1

Rp666.666

Agak Mahal

Sandaran tinggi dan berbentuk cincin, jaga kesehatan tulang punggung bayi

Lingkaran

Tidak diketahui

Tinggi: 90 cm

Tidak diketahui

10

Nakami

Baby Walker1122

Nakami Baby Walker 1

Rp305.000

Agak Murah

Bergambar karakter kartun yang familier dan disukai anak

Persegi

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

73 cm x 58 cm x 81 cm

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Family Baby Walker FB-2121

Baby Walker  1
Sumber: family-trike.com
Harga referensi
Rp370.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp370.000
Agak Murah

Terdapat tempat botol susu, dipakai meluncur tidak khawatir tumpah

Untuk bayi Anda yang suka minum susu dari botol, baby walker yang satu ini cocok dimiliki. Bagian belakang produk ini dilengkapi dua wadah botol susu yang cekungannya cukup dalam. Jadi, jika meletakkan botol susu di dalamnya, botol tidak mudah tumpah sekalipun baby walker dipakai meluncur. Ditambah lagi, produk tipe persegi ini dilengkapi dengan delapan roda untuk mencegah bayi roll-over atau terguling. 

TipePersegi
Removable toy
Stopper
Alas bagian bawah
Sabuk penyanggaTidak diketahui
Tuas pengatur ketinggianTidak diketahui
Foldable
Dimensi ukuranTidak diketahui
Berat produkTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

CocoLatteBaby Walker DK 2 in 1

Harga referensi
Rp999.000
Agak Mahal

Dilengkapi setir untuk mainan dan pegangan

Baby walker ini didesain dengan setir di bagian depan atau di atas meja. Selain berfungsi sebagai mainan, setir ini juga bisa dijadikan sebagai pegangan. Jadi, risiko jari terjepit saat baby walker tidak sengaja berbenturan bisa diminimalkan.


Keunggulan lainnya adalah produk ini dapat diubah menjadi push walker dengan pegangan di bagian belakang kursi yang bisa dilipat. Baik saat meluncur maupun didorong, anak dapat bergerak dengan nyaman dan tentunya aman karena bagian kaki-kaki dilengkapi dengan rem.

TipePersegi
Removable toy
Stopper
Alas bagian bawah
Sabuk penyangga
Tuas pengatur ketinggian
Foldable
Dimensi ukuranTidak diketahui
Berat produkTidak diketahui
View all
No.3

Pacific JuniorBaby Walker SpacebabySB-618-3

Harga referensi
Rp320.000
Agak Murah

Bisa diubah menjadi kursi goyang supaya bayi bisa duduk tenang

Jika bayi Anda rewel, baby walker ini bisa digunakan untuk menenangkannya. Caranya adalah dengan melipat sisi kanan dan kiri pijakan kaki baby walker, lalu mengubahnya menjadi kursi goyang. Tak hanya itu saja, baby walker ini dilengkapi juga dengan kanopi kecil dan mainan musik. Si kecil jadi lebih tenang dan tidak rewel, deh!

TipePersegi
Removable toy
Stopper
Alas bagian bawah
Sabuk penyanggaTidak diketahui
Tuas pengatur ketinggianTidak diketahui
Foldable
Dimensi ukuranTidak diketahui
Berat produkTidak diketahui
View all
No.4

MastelaPremium Baby Walker 5 in 1

Harga referensi
Rp380.000
Agak Murah

Aman dimainkan anak dengan bahan bebas BPA

Kini, Anda tak perlu khawatir lagi saat anak memainkan mainan di baby walker-nya. Produk dari Mastela ini terbuat dari bahan bebas BPA yang aman untuk anak. Bahkan, Anda bisa juga menjadikannya sebagai meja makan, lho. Caranya cukup dengan melepaskan mainan di mejanya. 


Menariknya lagi adalah mode pengaturan ketinggian baby walker ini ada dua macam. Anda dapat mengaturnya melalui tuas di kaki-kaki atau di kursi bayi. Ketinggian yang pas pun bisa didapatkan dan si kecil bisa bebas bergerak tanpa hambatan.

TipeLingkaran
Removable toy
Stopper
Alas bagian bawah
Sabuk penyanggaTidak diketahui
Tuas pengatur ketinggian
Foldable
Dimensi ukuranTidak diketahui
Berat produkTidak diketahui
View all
No.5

Babydoes Cyber walker 2-in-1 Walker11088

Harga referensi
Rp699.000
Agak Mahal

Makin aman berkat kenop untuk mengatur kecepatan

Makin besar usia bayi, makin tinggi pula kecepatannya ketika mengendarai baby walker. Jika Anda khawatir si kecil terjatuh, mungkin produk ini bisa menjadi solusi. Baby walker ini memiliki kenop yang difungsikan untuk mengatur kecepatan roda ketika menggelincir. Dengan begitu, keamanan si kecil akan lebih terjaga. Produk ini pun menawarkan tiga desain atraktif yang bisa Anda pilih sesuai preferensi Anda.

TipePersegi
Removable toyTidak diketahui
Stopper
Alas bagian bawah
Sabuk penyangga
Tuas pengatur ketinggian
Foldable
Dimensi ukuran68,5 cm x 59 cm x 55 cm
Berat produkTidak diketahui
View all
No.6

FamilyBaby Walker FB-880

Harga referensi
Rp315.000
Agak Murah

Terbuat dari perpaduan bahan besi dan plastik yang berkualitas

Produk keluaran Family memang tidak perlu diragukan. Baby walker yang satu ini menggunakan rangka berbahan besi yang kukuh. Sementara itu, beberapa bagian lainnya dipadukan dengan bahan plastik yang tidak kalah berkualitas. 


Harga produk ini pun cukup terjangkau. Dengan harganya tersebut produk ini sudah di bekali fitur-fitur unggulan, di antaranya gagang pendorong, musik, mainan, footrest, dan lainnya. Jika Anda menginginkan produk murah dengan kualitas tidak murahan, pilihlah produk ini.

TipeLingkaran
Removable toy
StopperTidak diketahui
Alas bagian bawah
Sabuk penyanggaTidak diketahui
Tuas pengatur ketinggianTidak diketahui
Foldable
Dimensi ukuranTidak diketahui
Berat produkTidak diketahui
View all
No.7

Cocolatte Locco Walker & Walking Trainer10012

Harga referensi
Rp950.000
Agak Mahal

Dilengkapi mainan interaktif, bikin bayi betah

Baby walker yang bisa difungsikan sebagai walking trainer ini dilengkapi dengan mainan bergambar lumba-lumba besar yang interaktif di bagian depan. Mainan tersebut di antaranya mainan edukasi berupa puzzle yang bisa dilepas-pasang yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif bayi. 


Selain itu, ada beberapa tombol serta lampu-lampu berbunyi yang bisa melatih motorik halus serta indra bayi. Produk ini pasti membuat bayi betah sehingga cocok untuk Anda yang ingin bayinya tak hanya bisa berjalan lancar, tetapi juga terlatih kemampuannya yang lain.

TipePersegi
Removable toy
Stopper
Alas bagian bawah
Sabuk penyangga
Tuas pengatur ketinggian
Foldable
Dimensi ukuran70 cm x 60 cm x 52 cm
Berat produkTidak diketahui
View all
No.8

Babydoes Racing 2-in-1 Walker12112

Harga referensi
Rp659.000
Agak Mahal

Desain mobil balap akan membuat bayi laki-laki suka

Dengan desain yang dibuat menyerupai motor balap, bayi Anda akan menyukai baby walker ini. Ajaklah bayi Anda untuk memilih warna yang disukai di antara hitam, merah muda dan biru. Bayi Anda pun siap beraksi di dalam rumah.


Selain itu, baby walker ini bisa digunakan hingga anak memiliki berat badan 15 kilogram. Jadi, bila Anda mencari produk jangka panjang untuk dipakai lebih lama seiring pertumbuhan bayi, produk ini bisa menjadi pilihan.

TipePersegi
Removable toy
Stopper
Alas bagian bawah
Sabuk penyangga
Tuas pengatur ketinggian
Foldable
Dimensi ukuran50 cm x 68 cm x 58 cm
Berat produkTidak diketahui
View all
No.9

Mmflight Baby Walker

Harga referensi
Rp666.666
Agak Mahal

Sandaran tinggi dan berbentuk cincin, jaga kesehatan tulang punggung bayi

Produk ini bisa membantu kesehatan tulang belakang bayi karena desain sandarannya yang tinggi. Sandaran tersebut juga berbentuk menyerupai cincin yang mengikuti lekuk punggung sehingga bayi lebih aman dan pertumbuhannya optimal saat memakai produk ini. Baby walker lingkaran ini juga bisa dilipat hingga berbentuk compact yang cocok jika Anda tinggal di tempat yang minimalis.

TipeLingkaran
Removable toy
StopperTidak diketahui
Alas bagian bawah
Sabuk penyangga
Tuas pengatur ketinggian
Foldable
Dimensi ukuranTinggi: 90 cm
Berat produkTidak diketahui
View all
No.10

NakamiBaby Walker1122

Harga referensi
Rp305.000
Agak Murah

Bergambar karakter kartun yang familier dan disukai anak

Produk ini bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda mencari kado untuk kelahiran rekan dan kerabat. Produk ini menawarkan beragam karakter yang pasti disukai anak. Karakter-karakter itu pun mudah dipilih untuk anak laki-laki ataupun perempuan. Fitur-fitur produk ini juga cukup lengkap. Harga yang diberikan pun tidak terlalu mahal. Bahkan, bagian mejanya dilengkapi wadah botol susu agar si kecil kian mudah mengambil botolnya.

TipePersegi
Removable toyTidak diketahui
StopperTidak diketahui
Alas bagian bawah
Sabuk penyanggaTidak diketahui
Tuas pengatur ketinggianTidak diketahui
FoldableTidak diketahui
Dimensi ukuran73 cm x 58 cm x 81 cm
Berat produkTidak diketahui
View all

Pertanyaan umum seputar baby walker

Pertanyaan umum seputar baby walker

Dari ulasan di atas, Anda mungkin masih memiliki beberapa pertanyaan tentang baby walker. Bacalah ulasan ini untuk membantu Anda memutuskan membeli baby walker.

Perlukah alat bantu jalan untuk bayi?

Bayi berada dalam tahap belajar berjalan sehingga keseimbangannya masih belum sempurna. Mereka kesulitan saat berjalan sehingga membutuhkan pegangan yang ada di sekitarnya. Jadi, alat bantu jalan seperti baby walker dan push walker dibutuhkan bayi supaya bisa belajar berjalan dengan lebih aman.

Apa perbedaan baby walker dan push walker?

Baby walker memiliki dudukan di tengah sebagai tempat tumpuan bayi, kemudian bayi akan mendorong dan menggerakkannya dengan kaki. Sementara itu, push walker tak memiliki dudukan, jadi tumpuannya adalah kaki bayi langsung. Push walker digerakkan dengan cara didorong langsung oleh bayi yang berjalan memegang handle sehingga otot kakinya lebih terlatih mandiri.

Apa yang perlu diperhatikan ketika bayi sedang menggunakan baby walker?

Pemakaian baby walker dapat bermanfaat bagi Anda dan bayi asal digunakan dengan tepat. Kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda dapat menggunakan baby walker secara tepat. Dengan begitu, bayi dapat bermain dengan aman di dalamnya.

Jangan terlalu lama meninggalkan bayi di baby walker

Jangan terlalu lama meninggalkan bayi di baby walker
Baby walker menopang bayi di bagian selangkangan sehingga berisiko membuat pinggul sakit dan kaki lemah jika dipakai terlalu lama. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati, terutama jika bayi Anda belum bisa duduk dengan benar. 

Jangan membiarkan bayi Anda terlalu lama berada di dalam baby walker. Gunakan baby walker hanya untuk waktu yang singkat, misalnya saat Anda sedang menyiapkan makan atau perlu buang air kecil.

Saat berjalan menggunakan baby walker, pastikan bayi menapakkan kakinya dengan benar

Saat berjalan menggunakan baby walker, pastikan bayi menapakkan kakinya dengan benar

Beberapa bayi mengendarai baby walker dengan cara menendang-nendang dan melangkah menggunakan ujung jari kaki mereka. Jika membiarkan bayi melangkah hanya dengan menggunakan ujung jari kaki, bayi Anda berisiko terbiasa berjalan dengan cara berjinjit. Untuk mengurangi risiko tersebut, Anda perlu memperhatikan ketinggian baby walker


Sebaiknya, ketinggian baby walker disesuaikan dengan pertumbuhan tubuh bayi supaya bayi lebih nyaman dan tak perlu berjinjit. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan push walker. Cara menggunakan push walker adalah didorong seperti sedang mendorong gerobak.

Ketika anak bermain di baby walker, letakkan di lokasi yang dapat diawasi oleh Anda

Ketika anak bermain di baby walker, letakkan di lokasi yang dapat diawasi oleh Anda

Dalam keadaan yang repot, baby walker dapat menjadi penolong yang menyenangkan. Anak-anak umumnya akan betah bermain sendirian di baby walker. Anda pun dapat melakukan aktivitas lain dengan tenang karena bayi Anda tetap dapat diawasi.


Memang pernah ada beberapa kejadian yang kurang menyenangkan. Misalnya, terjatuh di perbatasan pintu atau di bagian-bagian yang tidak rata dan kemudian terluka. Untuk menghindari hal tersebut, beberapa orang memasang alat pembatas. 


Namun, akan lebih aman jika Anda meletakkan anak di area yang aman dan jalanannya rata. Kami juga mengimbau untuk tidak menggunakan baby walker di dekat tangga. Selain itu, pastikan bahwa lokasi bermain anak tetap ada dalam jangkauan pengawasan Anda.

5 Rekomendasi Baby Walker terbaik

No. 1: Family Baby Walker FB-2121

No. 2: CocoLatteBaby Walker DK 2 in 1

No. 3: Pacific JuniorBaby Walker SpacebabySB-618-3

No. 4: MastelaPremium Baby Walker 5 in 1

No. 5: Babydoes Cyber walker 2-in-1 Walker11088

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Baby Walker Terbaik

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.