10 Rekomendasi Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Koper beroda merupakan barang yang selalu dibawa pada hampir setiap perjalanan, baik itu bisnis maupun leisure. Berdasarkan tipenya, koper terbagi menjadi jenis hard case dan soft case. Mereknya pun beragam, mulai dari produsen terkenal, merek lokal seperti President, dan brand-brand baru yang menawarkan kualitas bagus dengan harga kompetitif. Pilihan banyak tentu menjadi dilema bagi Anda.

Dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips dan membahas cara memilih koper berdasarkan kebutuhan. Setelahnya, akan diperkenalkan sepuluh rekomendasi koper terbaik versi kami. Pilihlah koper yang sesuai dengan Anda berdasarkan artikel ini!

Daftar isi

Cara memilih koper

Hal yang harus diperhatikan pertama kali dalam memilih koper adalah faktor kenyamanan pengunaan. Selain tipenya, koper juga terdiri dari beragam ukuran dengan material berbeda-beda. Perbedaan bahan dan ukuran tersebut memengaruhi kenyamanan saat mendorong atau menarik koper. Oleh karena itu, pilihlah koper dengan memperhatikan kedua faktor tesebut.

Hard case atau soft case? Pilih berdasarkan kebutuhan tingkat keamanan

Hard case atau soft case? Pilih berdasarkan kebutuhan tingkat keamanan

Tipe koper terbagi menjadi dua, yaitu hard case dan soft case. Hard case secara umum terbuat dari material polycarbonate, sementara soft case menggunakan kain dengan rangka logam. Salah satu dilema bagi yang ingin membeli koper adalah menentukan tipe mana yang harus dipilih. Mungkin Anda juga pernah mengalami hal ini, bukan?

Keunggulan koper tipe hard case adalah kemampuannya yang tinggi dalam melindungi barang bawaan dan mencegah tindakan kriminal. Jika koper dititip sebagai barang bagasi, penanganannya terkadang kasar/sembarangan. Untuk mengatasi risiko semacam itu, gunakanlah tipe hard case.

Sementara itu, koper tipe soft case memiliki keunggulan dari sisi bobotnya yang ringan serta mudah untuk dibuka dan ditutup. Soft case juga memiliki fleksibilitas dalam kapasitas penyimpanan sehingga Anda dapat memuat barang lebih banyak. Tipe ini lebih mudah digunakan jika Anda tidak terlalu membutuhkan fitur keamanan atau material yang kuat.

Poin penting dalam memilih koper tipe hard case

Dalam bagian ini akan dibahas lebih detail mengenai koper tipe hard case. Berdasarkan jenis bagian penguncinya, case terbagi menjadi dua jenis, yaitu jenis zipperless atau tanpa ritsleting dan jenis dengan zipper atau dengan ritlesting. Poin penting apa saja yang terdapat di dalam dua jenis tersebut?

Perhatikan ketebalan frame dan case pada jenis zipperless 

Perhatikan ketebalan frame dan case pada jenis zipperless 

Poin penting dalam memilih jenis ziperless adalah ketebalan frame-nya. Frame case yang tebal dan dalam pada umumnya lebih optimal melindungi barang bawaan. Koper yang dengan frame case sedalam sekitar 10 mm akan optimal dalam hal proteksi barang bawaan, serta relatif tidak mudah penyok.

Saat ini sudah banyak koper jenis zipperless yang populer dengan harga cukup murah. Meskipun beberapa di antaranya berkualitas baik, sebagian produk hanya menggunakan frame case yang tipis, serta terbuat dari logam yang ringkih. Sebaiknya Anda tidak mengorbankan kualitas frame case demi berkompromi dengan harga.

Perhatikan ketebalan ritsleting pada jenis zipper

Perhatikan ketebalan ritsleting pada jenis zipper

Apabila Anda memilih koper hard case dengan jenis pengunci zipper, perhatikan ketebalan dan tingkat security dari ritsletingnya. Koper dengan jenis ritsleting lebih populer daripada jenis zipperless dikarenakan proses buka tutup yang lebih cepat dan mudah. Namun, dari segi keamanan, koper jenis ini lebih mudah dibobol oleh tangan-tangan jahil.

Koper dengan harga murah terkadang mengorbankan bagian zipper dengan menggunakan ritsleting tipis yang sama dengan kualitas ritsleting pada tas. Jika Anda ingin mencegah niat pelaku kriminal, pilihlah ritsleting yang cukup tebal dan dari merek terpercaya, seperti YKK. Selain itu, pilihlah zipper dengan jahitan ganda agar keamanannya lebih terjamin.

Material kain adalah poin penting saat memilih koper tipe soft case

Material kain adalah poin penting saat memilih koper tipe soft case

Hal terpenting dalam memilih koper soft case adalah kualitas kain yang kuat dan tidak mudah sobek. Ketahanan material kain dapat diukur dengan satuan denier yang ditentukan dari ketebalan serat nilon. Kain yang memiliki ketebalan 400 denier atau lebih, secara umum lebih tahan terhadap friksi dan juga lebih kuat.

Jika khawatir hujan deras akan membasahi barang bawaan Anda, Anda dapat memilih material kain dan ritsleting yang antiair. Namun, hal tersebut tidaklah begitu esensial karena di pasaran juga banyak dijual pelindung atau cover yang tahan air dengan berbagai desain yang menarik.

Pilih ukuran koper sesuai dengan barang bawaan

Dalam memilih koper, pembeli juga sering dibuat pusing dengan banyaknya pilihan ukuran. Pernyataan “lebih besar lebih baik” tampaknya tidak berlaku dalam hal memilih ukuran koper. Mari cari tahu poin-poin dalam memilih ukuran koper yang tepat.

Perhatikan kapasitas yang tertera dalam satuan liter

Perhatikan kapasitas yang tertera dalam satuan liter

Dibandingkan memperhatikan keterangan ukuran S, M, dan L, cobalah untuk lebih mencermati kapasitas volumenya dalam satuan liter. Pada umumnya, ukuran 30-49 liter cocok untuk barang bawaan 2 malam, 50-59 liter untuk 3-5 malam, 60-89 liter untuk 5-7 malam, dan 90 liter ke atas untuk 10 malam.

Koper dengan kapasitas volume yang lebih besar tentu akan semakin berat. Untuk sebagian wanita atau bagi yang tidak memiliki kekuatan fisik membawa barang berat, sebaiknya pilihlah koper dengan kapasitas paling besar hingga 50-60 liter. Secara umum, siapa saja bisa dengan mudah membawa koper dengan ukuran tersebut.

Pilih sesuai ketentuan bagasi maskapai penerbangan

Pilih sesuai ketentuan bagasi maskapai penerbangan

Saat berpergian menggunakan pesawat, membayar kelebihan ekstra bagasi merupakan hal yang ingin dihindari. Batas maksimum ketentuan bagasi bebas biaya tambahan bisa berbeda tergantung dari maskapai penerbangannya. Namun, secara umum ketentuannya adalah total ukuran panjang, lebar, dan tinggi koper tidak melebihi 158 cm dengan berat maksimum sekitar 20 kg.

Ketentuan tersebut berbeda dengan koper kabin. Koper kabin memiliki dimensi tidak lebih dari 40 cm × 25 cm × 55 cm dengan total ukuran dimensi tidak melebihi 115 cm. Namun, perlu diperhatikan bahwa apabila tipe pesawatnya lebih kecil dengan kursi berjumlah  kurang dari 100, ketentuan dimensi kopernya juga lebih kecil. Cegah biaya ekstra dengan memastikan peraturan ukuran dan juga beratnya.

Pilih koper dengan ukuran yang dapat masuk ke dalam loker

Pilih koper dengan ukuran yang dapat masuk ke dalam loker

Di beberapa negara, menyimpan koper di loker yang terdapat di stasiun atau terminal merupakan hal lazim demi kepraktisan. Meskipun hampir semua stasiun memiliki loker untuk menyimpan koper ukuran besar, jumlahnya tidak banyak. Oleh sebab itu, pilihlah koper dengan dimensi 40 cm × 34 cm ×  57 cm agar Anda tidak perlu mengkhawatirkan keterbatasan pilihan loker.

Pilih roda koper sesuai dengan tujuan penggunaan

Koper yang dijual di toko online ataupun toko fisik biasanya memiliki dua pilihan, yaitu koper dengan roda di kedua sisinya, atau yang dikenal juga dengan in-line fixed, dan roda di keempat sisinya, yang juga disebut spinner. Pilihlah jenis in-line fixed atau spinner sesuai dengan tujuan pengunaannya.

Koper empat roda untuk barang bawaan berat di jalanan yang rata

Koper empat roda untuk barang bawaan berat di jalanan yang rata

Apabila barang bawaan berat dan jalanan yang digunakan rata, direkomendasikan untuk memilih koper tipe spinner. Lengan gampang pegal apabila membawa beban lebih dari 10 kg dengan menggunakan koper beroda in-line fixed. Beban pada akhirnya bertumpu sepenuhnya pada poros handel yang membuatnya rentan patah.

Namun demikian, meskipun koper spinner memiliki keuntungan mampu bermanuver dengan baik berkat empat rodanya, tipe ini kurang efektif digunakan di jalanan yang tidak rata. Selain itu, koper tipe spinner juga lebih berisik saat ditarik. Jika Anda merasa terganggu dengan suara yang ditimbulkan akibat gesekan roda, pastikan untuk memilih produk dengan roda yang tidak berisik.

Koper dua roda atau in-line fixed untuk barang bawaan ringan

Koper dua roda atau in-line fixed untuk barang bawaan ringan

Koper beroda in-line fixed direkomendasikan untuk barang bawaan ringan. Selain itu koper ini juga lebih cocok digunakan pada jalanan yang tidak rata. Suara yang dihasilkan pun relatif lebih halus dibandingkan koper tipe spinner.

Cek juga fitur praktis lainnya

Selain fungsi sebagai tempat menyimpan barang bawaan umum, seperti pakaian dan dokumen, koper juga memiliki ragam fungsi lainnya. Kenalilah fungsi tersebut dan pilihlah sesuai kebutuhan pemakaiannya.

Bagi Anda pengguna gadget, pilih yang dilengkapi kompartemen khusus untuk komputer atau tablet

Bagi Anda pengguna gadget, pilih yang dilengkapi kompartemen khusus untuk komputer atau tablet

Bagi Anda yang sering membawa gadget saat bepergian, misalnya komputer atau tablet, tentu akan lebih praktis jika dapat menyimpannya di dalam koper. Oleh sebab itu, pilihlah koper yang disertai kompartemen khusus dengan material cushion untuk melindungi gadget Anda. Koper yang memiliki tempat penyimpanan di bagian saku depan merupakan yang terbaik karena Anda dapat mengambil dan menyimpan gadget dengan cepat.

Perhatikan juga fitur expandable pada koper jenis zipper

Perhatikan juga fitur expandable pada koper jenis zipper

“Koper sudah penuh nih, tidak ada tempat lagi buat oleh-oleh!“. Pernyataan tersebut mungkin sering terucap saat Anda bersiap untuk pulang dari liburan. Sebagian di antara koper jenis zipper dilengkapi dengan kompartemen yang dapat diperbesar beberapa sentimeter dengan membuka panel yang dalam disembunyikan dalam kondisi normal. Apabila Anda tidak membutuhkannya, tinggal tarik kembali ritsleting untuk menutup kompartemen.

10 Rekomendasi koper terbaik

Selanjutnya kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi koper terbaik yang dipilih berdasarkan kepraktisannya untuk berpergian dan dari pertimbangan ukurannya yang compact. Produk yang dipilih secara umum adalah tipe hard case, tetapi ada juga jenis soft case yang bisa Anda pertimbangkan. Silakan cek satu per satu produknya!

10. Real Polo Hardcase Fiber ABS

10. Real Polo Hardcase Fiber ABS 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 296.100

Koper antiair dengan bobot dan harga yang ringan. Win-win solution bagi yang banyak tuntutannya

Koper berukuran 20 inci ini menggunakan bahan ABS (acrylonitrile butadiene-styrene), fiber plastic yang dikenal dengan bobotnya yang ringan, permukaannya yang tahan goresan, serta tidak mudah pecah. Bobot yang ringan ini merupakan poin plus untuk mencegah agar terhindar dari pembayaran kelebihan ekstra bagasi yang terlalu besar.

Berkat material plastik yang cocok dipadukan dengan warna-warna terang, Real Polo tersedia dalam berbagai pilihan warna, seperti hijau, biru, pink, dan merah. Cocok untuk Anda yang ingin tampil beda dengan warna ceria. Koper yang tahan air ini ditawarkan dengan harga ekonomis, termurah dari sepuluh produk yang kami rekomendasikan!

Tipe Hard case, zipper
Material ABS
Ukuran (panjang × lebar × tinggi) 35 cm × 25 cm × 49 cm
Bobot 2 kg
Kapasitas (liter) 45 L
Roda 4 roda (spinner)
Keterangan lain Waterproof, 3 digit locked 

9. ace. Tokyo Gralain

9. ace. Tokyo Gralain

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.752.000

Dilengkapi cushion berbahan antiair untuk perlindungan gadget yang lebih optimal

Koper produksi perusahaan Jepang ini memiliki konsep desain yang simpel dan elegan, cocok untuk para profesional muda yang sering melakukan perjalanan bisnis dengan menggunakan pakaian formal. Material kain polyester-nya menyelimuti koper dengan sempurna sampai ke bagian ritsleting. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat hujan turun.

Berkat cushion yang terintegrasi di dalamnya, berbagai gadget maupun kertas dokumen yang Anda bawa juga akan terlindungi. Dengan ukuran yang cukup kecil, yaitu 17 inci, Anda bisa membawanya ke kabin pesawat dan tidak akan kewalahan memasukannya ke coin locker saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Tipe Soft case, zipper
Material Polyester, PU coating
Ukuran (panjang × lebar × tinggi) 31 cm × 19 cm × 36 cm
Bobot 2,3 kg
Kapasitas (L) 15 L
Roda 4 roda (spinner)
Keterangan lain TSA padlocked, 3 digit locked, gadget cushioning

8. Xiaomi 90 Points Transparent Suitcase

8. Xiaomi 90 Points Transparent Suitcase

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.400.000

Pamer barang bawaan para hypebeast dengan koper desain transparan

Koper 90 Points ini menggunakan material polycarbonate teknologi Jerman agar tidak mudah tergores. Jumlah roda di setiap sisinya ada dua yang dilengkapi shock absorber dan noise reduction. Sementara ritsletingnya telah memenuhi standar TSA (Transportation Security Administration) untuk menghindari bongkar paksa koper oleh petugas imigrasi.

Bagi sebagian orang, koper dengan desain transparan mungkin adalah hal yang dihindari karena orang lain dapat melihat barang bawaan koper. Namun, bagi kaum hypebeast, hal ini justru poin penting yang ingin ditonjolkan agar terlihat lebih stylish dan kekinian.

Tipe Hard case, zipperless
Material Polycarbonate, polyester
Ukuran (panjang × lebar × tinggi) 36,5 cm × 21,5 cm × 49 cm
Bobot 2,7 kg
Kapasitas (Liter) 33 L
Roda Double bearing di keempat sisi
Keterangan lain TSA locked, 3 digit locked

7. Dupont Expander

 7. Dupont Expander 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 635.000

Dengan koper yang expandable selalu ada tempat untuk menyelipkan oleh-oleh

Koper berukuran 24 inci ini menggunakan bahan nylon polyester yang kuat dan diklaim ringan, cocok untuk memaksimalkan jumlah barang bawaan Anda saat melakukan perjalanan jauh. Sistem pengunciannya juga menjamin koper tetap aman ketika dititip di bagasi atau ditinggal di penginapan.

Keunggulan lainnya dari koper ini adalah kompartemennya yang dapat diperbesar atau expandable. Dengan begitu, Anda memiliki tempat tambahan untuk menyelipkan oleh-oleh liburan. Hanya saja, kekurangannya adalah koper ini tidak antiair. Namun jangan khawatir, setiap pembelian gratis cover tas yang water-resistant!

Tipe Soft case, zipper 
Material Nylon polyester
Ukuran (panjang × lebar × tinggi) 42 cm × 27 cm × 67 cm
Bobot Tidak disebutkan
Kapasitas (Liter) Tidak disebutkan
Roda 4 roda (spinner)
Keterangan lain TSA locked, dual digit locked, expandable

6. Vintage Lugagge Trunk

6. Vintage Lugagge Trunk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 600.oo0

Gaya jadul yang kembali jadi tren anak muda

Koper klasik gaya vintage yang sempat menjadi tren di tahun 1920-an ini kembali digemari. Bukan oleh orang tua, melainkan anak muda. Meskipun terbuat dari bahan kulit, produk ini tidak berat. Alasannya adalah materialnya menggunakan polyurethane (PU) leather alias kulit sintesis sehingga minim perawatan dan lebih tahan terhadap goresan.

Koper ini tersedia dalam ukuran 20 inci yang memungkinkan untuk dibawa ke dalam kabin pesawat. Karena koper ukuran kabin biasanya tidak dititipkan di bagasi, sistem penguncian TSA kiranya tidak lagi dibutuhkan. Meskipun demikian, sistem 3 digit locked memastikan barang bawaan tetap aman di dalamnya!

Tipe Hard case, zipper
Material PU leather
Ukuran (panjang × lebar × tinggi) 35 cm × 25 cm × 65 cm
Bobot Tidak disebutkan
Kapasitas (Liter) Tidak disebutkan
Roda 4 roda (spinner)
Keterangan lain 3 digit locked

5. Delsey Helium Classic

5. Delsey Helium Classic

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.740.000

Koper ukuan besar dengan bobot ringan, tahan berbagai macam “siksaan“

Delsey merupakan brand asal Perancis yang menawarkan desain modern dan kokoh. Koper ini tahan terhadap segala bentuk “siksaan“ ataupun kecerebohon yang tidak disengaja, seperti terjatuh, terseret, tersiram air, dan lainnya. Anda bahkan dapat duduk di atasnya sambil menunggu antrian check-in. Selain itu, koper ini juga antitusuk maling bandara, lo!

Kapasitas 93,72 liter merupakan tipe terbesar dari koper ini yang dijamin dapat memuat banyak barang bawaan, misalnya saat melakukan perjalanan bersama keluarga. Selain itu, dengan total dimensi 158 cm, koper ini masih memenuhi standar batas maksimal bagasi IATA (The International Air Transport Association).

Tipe Hard case, zipper
Material ABS
Ukuran (panjang × lebar × tinggi) 50 cm × 30 cm × 78 cm
Bobot 4,2 kg
Kapasitas (Liter) 93,72 L
Roda 4 roda (spinner)
Keterangan lain TSA locked, 3 digit locked

4. Kamiliant Kam-Bora

4. Kamiliant Kam-Bora

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 895.000

Produk dengan layanan purna jual dan bergaransi jaminan satu tahun lo!

Kamiliant adalah line dari merek terkenal American Tourister dengan harga lebih terjangkau. Salah satu produknya adalah Kam-Bora dengan interior yang dilengkapi mesh dan strap agar barang bawaan dapat tersusun rapi dan tidak berantakan meskipun koper terbolak-balik. Cocok untuk menemani perjalanan bisnis maupun leisure Anda.

Koper berpola koral unik ini adalah tipe spinner sehingga dapat bergerak multiarah dengan mulus, dan dua dari empat rodanya dapat dikunci untuk mencegah koper hilang kendali. Produk ini dilengkapi kartu garansi domestik maupun internasional selama satu tahun. Informasi layanan umum purnajual pun sudah tersedia di ibu kota.

Tipe Hard case, zipper
Material Polycarbonate
Ukuran (panjang × lebar × tinggi) 54 cm × 34 cm × 76 cm
Bobot 4,3 kg
Kapasitas (Liter) 117 L
Roda 4 roda (spinner)
Keterangan lain TSA locked, 3 digit locked

3. Xiaomi 90 Points Metal Suitcase

3. Xiaomi 90 Points Metal Suitcase

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.350.000

Full metal jacket suitcase untuk segala perjalanan!

Produk Xiaomi kedua yang direkomendasikan terbuat dari full metal jacket aluminum yang sering digunakan pada industri aerospace dan otomotif. Koper ini tidak hanya enak dilihat, tetapi juga kuat memproteksi barang bawaan. Diameter rodanya tinggi dan dilengkapi suspensi peredam sehingga mudah diserte di jalanan kasar atau bergelombang sekalipun.

Xiaomi 90 Points Metal Suitcase berukuran 20 inci ini bahkan dilengkapi fitur bluetooth yang berguna untuk mengunci dan membuka roda, serta mengeset nomor pin dari jauh. Daya tahan baterai pada koper juga dapat dicek dari smartphone dan secara otomatis akan memberi tahu apabila baterai lemah. Smart suitcasefor smart people!

Tipe Hard case, zipperless
Material Aluminium magnesium
Ukuran (panjang × lebar × tinggi) 37,5 cm × 21,5 cm × 55 cm
Bobot 4,1 kg
Kapasitas (Liter) 64 L
Roda 4 roda (spinner)
Keterangan lain TSA locked, 3 digit locked, bluetooth

2. Aluminium Frame Suitcase

2. Aluminium Frame Suitcase

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.200.000

Material kuat untuk proteksi keamanan maksimum

Ngotot beli koper aluminum, tetapi budget terbatas? Kalau begitu, pilih yang frame atau bingkainya saja yang aluminum. Meskipun tidak menggunakan sistem penguncian TSA, dual digit locked yang dipadukan dengan jenis ziperless pada produk ini tentu akan membuat pelaku kriminal membatalkan niat jahatnya.

Kapasitasnya koper berukuran 24 inci ini populer untuk perjalanan 3-5 hari dengan tipe traveler yang mengutamakan kepraktisan. Meskipun cukup besar untuk masuk ke dalam kabin, risiko membayar kelebihan ekstra bagasi bisa dihindari berkat bobotnya yang ringan. Campuran ABS dan polycarbonate pada bodinya membuat harga koper ini lebih terjangkau.

Tipe Hard case, zipperless
Material Campuran ABS dan polycarbonatealuminium frame
Ukuran (panjang × lebar × tinggi) 47 cm × 29 cm × 67 cm
Bobot 4,5 kg
Kapasitas (Liter) 75 L
Roda Double bearing di keempat sisi
Keterangan lain Dual digit locked

1. President Reva 4

1. President Reva 4 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.495.000

Sebarkan cerahnya nuansa Indonesia di mancanegara dengan warna-warni brand lokal

Sebagian dari kita terkadang hanya ingin membeli merek autentik demi mendapatkan kualitas, ataupun garansi tukar unit baru. Namun, pencarian sering terbentur dengan gempuran produk palsu dengan embel-embel original. Nah, President adalah brand Indonesia yang sudah go international. Jadi, Anda akan mendapatkan barang asli kualitas dunia.

Material koper ini mayoritas terbuat dari bahan polycarbonate berpadu dengan ultralight aluminium di beberapa bagian. Tekstur permukaannya yang eye-catching membuat pemakainya tampil fashionable sekaligus memudahkan identifikasi saat mengambil bagasi. Ragam warna cerah juga hadir pada tipe ini, seperti hijau, biru, kuning, dan pink.

Tipe Hard case, zipper
Material Polycarbonate
Ukuran (panjang × lebar × tinggi) 39,5 cm × 26 cm × 58 cm
Bobot 3,21 kg
Kapasitas (Liter) 45,7 L
Roda 4 roda (spinner)
Keterangan lain TSA locked, 3 digit locked

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda sepuluh rekomendasi koper terbaik kali ini? Apakah Anda menemukan koper yang dicari?

Persaingan pasar di dunia koper sangat ketat dan atraktif. Semua perusahaan tentu ingin produknya menjadi yang terbaik. Produk terbaik, meskipun tidak semua, terkadang harganya lebih mahal. Pilihlah koper yang terbaik menurut Anda, baik itu dari segi kualitas maupun harga.