10 Rekomendasi Suplemen Multi Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Suplemen Multi Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Selain karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin, tubuh juga membutuhkan zat bernama mineral. Mineral, seperti zat besi, kalsium, dan seng, memang dapat diperoleh dari makanan. Sayangnya, mineral yang terdapat di dalam makanan tidak seluruhnya dapat diserap oleh tubuh sehingga Anda membutuhkan suplemen multi mineral.

Ada berbagai merek suplemen multi mineral yang dapat Anda jumpai di pasaran, seperti Natures Plus, Puritan’s Pride, dan sebagainya. Namun, kriteria suplemen multi mineral apa yang Anda butuhkan? Tenang, pada artikel ini kami akan membahas tentang cara memilih suplemen multi mineral serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Yuk, disimak!

Daftar isi

Tentang vitamin multi mineral

Multi mineral berasal dari bahasa Inggris multiple yang artinya adalah banyak. Dengan demikian, suplemen multi mineral adalah suplemen yang memiliki lebih dari satu komponen mineral. Namun, apa itu mineral? Berikut penjelasan tentang mineral.

Mineral adalah unsur penting bagi tubuh

Mineral adalah unsur penting bagi tubuh

Mineral merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh di samping protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Proporsi mineral di dalam tubuh memang hanya 4%, tetapi jika proporsi yang sedikit itu tidak terpenuhi, tubuh akan mengalami gangguan kesehatan. Karena itu, mineral merupakan zat yang sangat penting untuk tubuh manusia.

Mineral membantu tubuh menyerap nutrisi, seperti karbohidrat, memperbaiki kerja metabolisme tulang dan darah, meningkatkan imunitas, serta berperan penting dalam mengatur otot dan saraf.

Ada sekitar 114 jenis mineral di bumi, yang mana 70 jenis di antaranya merupakan mineral yang sangat berguna untuk manusia. Dari 70 mineral tersebut, ada 16 mineral yang terpenting. 16 mineral ini disebut mineral esensial dan merupakan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Berbagai tipe mineral yang diperlukan tubuh

Berbagai tipe mineral yang diperlukan tubuh

16 mineral yang sangat penting untuk tubuh manusia adalah kalsium, magnesium, zat besi, potasium, seng, fosfor, sodium, yodium, molibdenum, selenium, kromium, tembaga, sulfur, klorin, mangan, dan kobalt.

Dari 16 mineral ini, ada mineral makro (major minerals) dan mineral mikro (trace minerals). Mineral makro dibutuhkan tubuh lebih dari 100 mg per hari. Kalsium, potasium, fosfor, magnesium, sodium, sulfur, dan klorin termasuk di dalam mineral makro, sedangkan 9 sisanya termasuk mineral mikro.

Mineral tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga tubuh mendapatkannya dari makanan dan minuman, seperti makanan yang ditumbuhkan pada tanah kaya mineral atau air yang kaya mineral. Sayangnya, penyerapan mineral dari makanan kurang efektif. Untuk memenuhi kebutuhan mineral di dalam tubuh, Anda tetap membutuhkan suplemen.

Cara memilih vitamin multi mineral

Kami akan menjelaskan 4 poin yang harus Anda perhatikan saat memilih suplemen multi mineral. Pastikan Anda memeriksanya agar tidak salah membeli suplemen.

Pilih berdasarkan bahan dasar suplemen

Pilih berdasarkan bahan dasar suplemen

Ada banyak suplemen multi mineral dari yang murah sampai yang mahal. Perbedaan harga suplemen ini sangat dipengaruhi oleh tipe bahan yang digunakan, seperti penggunaan bahan sintetis atau natural. Bahan sintetis merupakan komponen buatan yang dapat diproduksi secara massal sehingga akan bermanfaat untuk menekan biaya.

Sebaliknya, bahan natural atau alami diekstrak dari sayuran, buah, ragi, dan bahan alam lainnya sehingga membutuhkan biaya yang lebih tinggi daripada bahan sintetis. Keuntungan mengonsumsi suplemen dari bahan alami adalah tubuh lebih mudah menyerap suplemen tersebut. Akan menjadi sia-sia jika Anda mengonsumsi suplemen, tetapi tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh, bukan? Karena alasan itulah maka suplemen dengan bahan alami yang lebih mudah diserap tubuh menjadi lebih mahal.

Cukup sulit untuk menentukan penggunaan bahan sintetis atau alami pada beberapa suplemen. Anda dapat memeriksa label produk tersebut untuk mengetahuinya. Jika dituliskan bahan seperti lemon, wortel, maupun bahan alami lainnya maka dapat dipastikan suplemen tersebut berasal dari bahan alami. Namun, jika dituliskan senyawa kimia pada labelnya, dapat dikatakan bahwa suplemen tersebut terbuat dari bahan sintetis.

Pilih berdasarkan tipe dan jumlah kandungan mineral

Pilih berdasarkan tipe dan jumlah kandungan mineral

Meskipun suplemen multi mineral dibuat dengan mempertimbangkan keseimbangan mineral dalam tubuh, sangat jarang produsen yang mencampurkan seluruh 16 mineral di dalamnya. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa mineral apa saja yang terkandung di dalam satu botol suplemen.

Di samping jenis mineral, Anda harus memeriksa juga jumlah kandungan tiap mineral. Terutama untuk mineral makro yang harus Anda konsumsi lebih dari 100 mg per hari, periksalah lebih teliti berapa banyak yang harus Anda minum setiap harinya. Sayang sekali jika Anda mengonsumsi suplemen, tetapi masih mengalami defisiensi, bukan? Jadi, akan sangat penting untuk memeriksa juga jumlah kandungan mineralnya.

Pilih berdasarkan ada tidaknya zat aditif lain agar lebih aman dikonsumsi

Pilih berdasarkan ada tidaknya zat aditif lain agar lebih aman dikonsumsi

Berhubung suplemen akan dikonsumsi secara rutin, sangat penting untuk memastikan keamanan suplemen tersebut, seperti ada tidaknya kandungan zat aditif dan cara produksinya. Akan sangat merugikan jika Anda mengonsumsi suplemen tanpa memperhatikan bahan-bahan yang dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Anda harus memperhatikan apakah terdapat zat aditif yang tidak terlalu berguna di dalam suplemen itu. Pemanis, pewarna, pengawet, dan sebagainya merupakan contoh zat aditif yang sering digunakan untuk suplemen. Jadi, pilihlah suplemen dengan zat aditif sesedikit mungkin.

Selain itu, Anda juga harus memastikan standar produksi suplemen tersebut. Pembuatan obat-obatan harus memiliki izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Jika Anda adalah umat Muslim, perhatikan juga logo halal pada suplemen yang akan Anda beli. Untuk Anda yang menginginkan keamanan lebih, Anda dapat melihat di website resmi produsen suplemen tersebut untuk memastikan sudah memenuhi GMP (Good Manufacturing Practice) atau tidak.

Pilih berdasarkan ukuran, bentuk, dan dosis suplemen

Pilih berdasarkan ukuran, bentuk, dan dosis suplemen

Berhubung suplemen tidak langsung memberikan efek setelah dikonsumsi, mengonsumsi suplemen secara rutin menjadi sangat penting. Banyak aspek yang berpengaruh pada konsumsi suplemen secara rutin, seperti ukuran dan bentuk, jumlah konsumsi per hari, serta harga.

Bentuk suplemen dapat berupa kapsul lunak dan tablet serta dosisnya per hari pun sangat beragam. Tentu akan sangat menyulitkan jika Anda mengonsumsi suplemen yang terlalu besar atau tidak dapat Anda telan, terlebih takaran saji suplemen tersebut adalah beberapa butir setiap harinya. Di samping itu, ada juga suplemen multi mineral yang berbentuk tablet effervescent atau sirup untuk anak-anak.

Kemudian, harga juga memegang peranan dalam hal ini. Hal ini disebabkan sebagus apa pun kandungan mineral dalam suatu suplemen, bila harganya mahal tentu akan membebani kantong Anda. Untuk itu, perhatikanlah faktor-faktor tadi sebagai pertimbangan agar Anda bisa mengonsumsi suplemen tersebut secara kontinu.

10 Rekomendasi suplemen multi mineral terbaik

Berikut ini kami berikan 10 rekomendasi suplemen multi mineral terbaik untuk segala usia. Mari lihat dan temukan suplemen yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

10. Wellness Multi Teen

10. Wellness Multi Teen

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 161.500

Tetap aktif di masa remaja dengan multi mineral yang tercukupi

Masa remaja adalah masa pertumbuhan yang sangat pesat sehingga kecukupan nutrisi sangat perlu diperhatikan. Di dalam suplemen ini terdapat kalsium, fosfor, zat besi, dan selenium yang sangat berperan penting saat masa pertumbuhan. Tanpa pengawet maupun pewarna tambahan, suplemen ini sangat aman dikonsumsi oleh para remaja.

Cukup konsumsi suplemen ini sebanyak satu kali per hari untuk memenuhi kebutuhan mineral di dalam tubuh. Tentunya dosis ini sangat sesuai untuk para remaja yang sangat aktif dan sering kali lupa mengonsumsi suplemen hariannya. Anda dapat tetap aktif sepanjang hari tanpa khawatir kekurangan multi mineral yang penting untuk perkembangan tubuh.

Bahan Sintetis
Kandungan kalsium 150 mg, zat besi 2 mg, magnesium 100 mg, seng 10 mg, selenium 25 µg
Keterangan mengenai zat aditif Bebas pewarna dan pengawet buatan
Bentuk Tablet
Dosis 1 tablet per hari

9. ChildLife Essentials Multi Vitamin & Mineral

9. ChildLife Essentials Multi Vitamin & Mineral

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 274.000

Aman, berkualitas, dan enak untuk tumbuh kembang anak

Tidak hanya untuk orang dewasa, ada suplemen multi mineral yang dikhususkan untuk anak-anak. Seperti suplemen yang satu ini, rasa mangga dan jeruknya pasti sangat disukai oleh anak-anak. Anda dapat memberikan suplemen ini untuk si kecil yang baru mulai makan makanan keras sampai mencapai usia remaja.

Dalam suplemen ini terdapat 8 mineral yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Pada tahun 2018, ChildLife Essentials mendapatkan Best of Supplements Award dari Better Nutrition sehingga kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Produk ini juga aman bagi anak karena menggunakan perasa alami.

Bahan Sintetis
Kandungan kalsium 55 mg, yodium 50 µg, magnesium 15 mg, seng 5 mg, selenium 35 µg, mangan 1,5 mg, kromium 7 µg, potasium 15 µg
Keterangan mengenai zat aditif Bebas pewarna, perasa, serta pemanis buatan
Bentuk Sirup
Dosis 2 sendok teh (10 ml) per hari

8. Das Gesunde Plus Multi-Mineral Effervescent Tablet

8. Das Gesunde Plus Multi-Mineral Effervescent Tablet

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Mengonsumsi suplemen dengan lebih nikmat

Anda kesulitan menelan tablet atau kapsul lunak karena ukurannya? Tenang saja, suplemen multi mineral yang satu ini akan pas untuk Anda. Anda tidak perlu kesulitan menelan karena bentuk suplemen ini adalah tablet effervescent. Rasa buahnya juga sangat pas untuk Anda yang jarang mengonsumsi suplemen karena rasa yang kurang enak.

Bahan Sintetis
Kandungan kalsium 200 µg, kromium 20 µg, tembaga 500 µg, magnesium 93,8 mg, mangan 1 mg, molibdenum 25 µg, selenium 27,5 µg, seng 5 mg
Keterangan mengenai zat aditif Mengandung pemanis dan perasa buatan
Bentuk Tablet effervescent
Dosis 1 tablet per hari

7. Natures Plus Dyno-Mins Multi-Mineral Tablets

7. Natures Plus Dyno-Mins Multi-Mineral Tablets

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 679.593

Bahan alami dan teknologi mutakhir untuk suplemen harian Anda

Bagi Anda yang selalu mengonsumsi produk-produk alami, suplemen satu ini kami rekomendasikan untuk Anda. Bahan yang digunakan didapatkan dari tanaman hidroponik bebas pestisida yang patinya aman. Di samping multi mineral, suplemen ini juga mengandung FOS (frukto-oligosakarida) yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan.

Setiap mineralnya dilengkapi dengan agen pengangkut organik spesifik agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Selain itu, mineralnya juga dilapisi dengan bahan tahan asam sehingga tidak rusak oleh asam lambung. Perpaduan produk alami dan teknologi mutakhir ini membuat suplemen Anda dapat terserap sempurna di dalam tubuh.

Bahan Alami
Kandungan kalsium 500 mg, zat besi 9 mg, magnesium 250 mg, seng 20 mg, selenium 50 µg, mangan 6 mg, kromium 120 µg, molibdenum 100 µg, potasium 99 mg
Keterangan mengenai zat aditif Bebas pewarna dan pengawet buatan
Bentuk Tablet
Dosis 2 tablet per hari

6. Neutraceutical Solaray Mega Multi Mineral Iron Free

6. Neutraceutical Solaray Mega Multi Mineral Iron Free

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 447.807

50 hari dengan suplemen bebas zat besi

Beberapa orang memiliki kelebihan zat besi di dalam darah sehingga menyebabkan kondisi tubuh yang tidak baik, seperti hemokromatosis. Apabila Anda termasuk memiliki kelebihan zat besi di dalam darah, suplemen multi mineral ini dapat Anda konsumsi. Tanpa adanya zat besi, suplemen multi mineral ini sangat aman untuk Anda konsumsi.

Suplemen ini menggunakan berbagai bahan herbal, seperti daun peterseli, horsetail, daun alfa-alfa, selada air, akar dandelion, bunga krisan, serta rumput laut sebagai bahan dasar. Mineralnya dikelat dengan konsentrat beras sehingga aman untuk Anda yang memiliki alergi terhadap susu atau kacang. Suplemen ini dapat Anda konsumsi sampai 50 hari.

Bahan Alami
Kandungan kalsium 1000 mg, fosfor 22 mg, yodium 225 µg, magnesium 500 mg, seng 15 mg, selenium 50 µg, tembaga 0,5 mg, mangan 5 mg, kromium 50 µg,  molibdenum 50 µg, potasium 59 mg
Keterangan mengenai zat aditif Bebas pewarna, perasa, serta pengawet buatan
Bentuk Kapsul
Dosis 4 kapsul per hari

5. Puritan’s Pride – ABC Plus Multivitamin and Multi-Mineral

5. Puritan's Pride - ABC Plus Multivitamin and Multi-Mineral

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 219.999

Multi mineral dan multi vitamin lengkap dengan harga yang bersahabat

Siapa bilang suplemen multi mineral dengan kandungan lengkap harus berharga mahal? Dengan produk keluaran Puritan’s Pride ini, Anda yang memiliki budget terbatas untuk membeli suplemen multi mineral tetap bisa mendapatkan produk berkualitas. Tidak hanya kandungan mineralnya yang lengkap, bahkan kandungan vitaminnya pun lengkap!

Bahan Alami
Kandungan kalsium 200 mg, zat besi 18 mg, fosfor 20 mg, yodium 150 µg, magnesium 50 mg, seng 11 mg, selenium 55 µg, tembaga 0,5 mg, mangan 2,3 mg, kromium 35 µg,  molibdenum 45 µg, klorin 72 mg, potasium 80 mg
Keterangan mengenai zat aditif Bebas pemanis, perasa, dan pengawet buatan
Bentuk Tablet
Dosis 1 tablet per hari

4. Asahi Dear-Natura Style Multimineral

4. Asahi Dear-Natura Style Multimineral

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Kemasan praktis untuk dibawa ke mana saja

Sering bepergian ke luar kota untuk tugas kantor dapat membuat Anda sulit mengontrol konsumsi suplemen harian. Sekarang Anda tidak perlu lagi ketinggalan suplemen karena kemasan suplemen yang satu ini sangat praktis. Kemasan ini sangat memudahkan Anda membawanya ke mana saja sehingga tidak lupa mengonsumsinya secara rutin.

Kandungan 10 mineral dalam suplemen ini sangat cocok untuk meningkatkan stamina Anda saat sedang bepergian. Bebas pewarna, perasa, serta pengawet buatan, suplemen ini aman untuk dikonsumsi. Ukuran tabletnya pun termasuk kecil sehingga untuk dikonsumsi tiga kali sehari tidak terlalu bermasalah untuk Anda yang sulit menelan tablet.

Bahan Sintetis
Kandungan kalsium 250 mg, magnesium 125 mg, zat besi 7,5 mg, seng 7 mg, tembaga 0,6 mg, mangan 3,5 mg, selenium 23 µg, kromium 30 µg, yodium 90 µg, molibdenum 17 µg
Keterangan mengenai zat aditif Bebas pewarna, perasa, serta pengawet buatan
Bentuk Tablet
Dosis 3 tablet per hari

3. Nature Made Multi-Mineral

3. Nature Made Multi-Mineral

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 157.000

Lebih praktis dengan 1 tablet saja per hari

Kesibukan pekerjaan yang sangat padat terkadang membuat Anda kesulitan untuk mengonsumsi suplemen. Suplemen yang satu ini kami rekomendasikan bagi Anda para pekerja yang cukup sibuk. Hanya dengan mengonsumsi 1 tablet per hari tentunya lebih praktis untuk memenuhi kebutuhan mineral harian Anda, bukan?

Dari harga dan dosis hariannya, suplemen multi mineral dari Nature Made ini tergolong ramah di kantong Anda. Suplemen ini juga aman dikonsumsi karena bebas pewarna, perasa, pengawet, serta aroma buatan. Produksinya mengikuti standar GMP sehingga kualitas suplemen ini tidak perlu diragukan lagi.

Bahan Sintetis
Kandungan kalsium 250 mg, zat besi 4 mg, magnesium 125 mg, seng 6 mg, selenium 50 µg, kromium 20 µg, tembaga 0,6 mg
Keterangan mengenai zat aditif Bebas pewarna, aroma, serta pengawet buatan
Bentuk Tablet
Dosis 1 tablet per hari

2. Natures Plus Golden Years Multi

2. Natures Plus Golden Years Multi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 369.999

Ukuran tablet lebih kecil, ramah untuk lansia

Seiring bertambahnya umur, tubuh akan lebih sulit menyerap nutrisi dalam makanan sehingga Anda tetap membutuhkan suplemen. Kami rekomendasikan suplemen muti mineral dari Natures Plus ini untuk Anda yang sudah memasuki usia emas. Multi vitamin, mineral, serta antioksidannya sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Dosis yang diberikan cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan harian Anda, yaitu 6 tablet per hari. Tidak perlu khawatir karena ukuran tabletnya yang kecil akan memudahkan Anda saat menelannya. Perlu diperhatikan bahwa suplemen ini mengandung kacang kedelai sehingga tidak cocok untuk Anda yang memiliki alergi terhadap bahan tersebut.

Bahan Alami
Kandungan kalsium 300 mg, zat besi 18 mg, fosfor 150 mg, yodium 150 µg, magnesium 150 mg, seng 20 mg, selenium 50 µg, tembaga 0,5 mg, mangan 10 mg, kromium 50 µg, potasium 15 mg
Keterangan mengenai zat aditif Bebas pewarna dan pengawet buatan
Bentuk Tablet
Dosis 6 tablet per hari

1. Country Life Total Mins

1. Country Life Total Mins

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 654.470

12 mineral lengkap dengan boron

Seorang vegan harus mengonsumsi suplemen multi mineral agar kebutuhan mineral hariannya terpenuhi dengan baik. Apakah Anda seorang vegan? Kami rekomendasikan suplemen multi mineral yang satu ini untuk memenuhi kebutuhan mineral harian Anda. Suplemen ini cukup lengkap karena mengandung 12 mineral dan mengandung boron.

Boron yang terkandung di dalamnya sangat direkomendasikan untuk Anda, para wanita yang sering mengalami sakit saat menstruasi. Selain itu, boron juga meningkatkan tingkat estrogen sehingga sangat penting untuk wanita di masa menopause. Anda pun akan semakin tenang mengonsumsinya karena suplemen ini diproduksi sesuai standar GMP.

Bahan Sintetis
Kandungan kalsium 1000 mg, zat besi 18 mg, fosfor 500 mg, yodium 225 µg, magnesium 500 mg, seng 15 mg, selenium 50 µg, tembaga 1 mg, mangan 10 mg,  kromium 100 µg,  molibdenum 50 µg, potasium 99 mg, boron 2 mg
Keterangan mengenai zat aditif Bebas pewarna, perasa, serta pengawet buatan
Bentuk Tablet
Dosis 2 tablet per hari

Apa yang terjadi jika kekurangan mineral?

Apa yang terjadi jika kekurangan mineral?

Sangat sulit mendapatkan jumlah mineral yang sesuai kebutuhan tubuh dari makanan atau minuman. Kemudian, apakah dampaknya jika tubuh Anda kekurangan mineral?

Gejala paling umum yang terjadi adalah osteoporosis yang disebabkan oleh kekurangan kalsium. Jika Anda kekurangan zat besi, Anda akan mengalami anemia, kehilangan nafsu makan atau rambut rontok karena kekurangan seng, arrhythmia karena kekurangan potasium, serta myasthenia disease.

Sebagai tambahan, kekurangan zat mineral mikro seperti yodium dapat menyebabkan penyakit tiroid, kekurangan kobalt menyebabkan malignant disease, dan sebagainya. Meski zat-zat tersebut termasuk mineral mikro, tetapi kekurangan mineral tersebut tetap berpotensi memunculkan masalah serius pada kesehatan Anda. Karena itu, konsumsi yang tepat dari suplemen multi mineral merupakan hal penting yang sebaiknya tidak Anda abaikan.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Untuk memelihara kesehatan dengan optimal, Anda juga membutuhkan asupan suplemen lainnya. Sebaiknya Anda memilih suplemen yang tepat dan paling dibutuhkan tubuh Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Wah, ternyata penting sekali untuk memperhatikan asupan mineral setiap harinya, ya. Saat hendak memilih suplemen, jangan lupa untuk memperhatikan bahan dasar, jenis dan kandungan mineral, bentuk suplemen, dosis, serta harganya. Jangan sampai membeli suplemen yang tidak terlalu Anda butuhkan.

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel ini? Semoga Anda mendapatkan suplemen multi mineral yang pas. Stay healthy!