10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2019)

Buku tamu pada pesta pernikahan pada dasarnya digunakan untuk mendata tamu-tamu yang hadir. Para tamu umumnya mengisi data pribadi, seperti nama dan alamat. Namun, seiring perkembangan zaman banyak dijual buku tamu dengan desain yang lucu dan unik, misalnya jenis buku tamu yang dilengkapi foto atau jenis kartu.

Untuk membantu Anda memilih buku tamu, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai jenis-jenis buku tamu, poin penting dalam memilih buku tamu, serta rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan gaya pernikahan idaman Anda setelah membaca artikel ini!

Daftar isi

Buku tamu bukan hanya sekadar buku nama

Buku tamu digunakan untuk mendata tamu undangan yang hadir pada upacara pernikahan dengan cara menuliskan nama dan alamatnya, serta biasanya ada di meja penerima tamu. Buku tamu biasanya berupa buku panjang dengan gambar-gambar yang terkesan kaku. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, buku tamu semakin beragam sesuai dengan perubahan gaya pernikahan.

Apa peran buku tamu dalam pesta pernikahan?

Apa peran buku tamu dalam pesta pernikahan?

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, buku tamu adalah buku untuk para tamu menuliskan nama dan alamatnya saat menghadiri resepsi pernikahan. Namun, apakah maksud dan tujuannya? Bagi sebagian orang mungkin artinya memang hanya daftar nama tamu yang hadir. Apakah buku tamu tersebut diperlukan? Mungkin ada beberapa orang yang mempertanyakan hal tersebut. Namun, sebenarnya buku tamu bukan hanya untuk mengetahui siapa saja yang hadir pada resepsi pernikahan.

Misalnya, jika ada tamu yang memberi hadiah, tetapi tidak menuliskan namanya, Anda bisa mengeceknya lewat daftar nama pada buku tamu. Anda juga bisa memberikan ucapan selamat Tahun Baru, Natal, atau hari besar lainnya di kemudian hari untuk tamu yang menuliskan alamatnya. Dengan mengetahui siapa saja yang hadir, hal tersebut akan tersimpan dalam memori sang pengantin dan bisa saja menjadi memori yang paling indah dalam hidupnya.

Apa saja tren terbaru dari upacara pernikahan dan buku tamunya?

Apa saja tren terbaru dari upacara pernikahan dan buku tamunya?

Sampai saat ini, umumnya format buku tamu untuk pernikahan terdiri dari nama dan alamat. Namun, dalam beberapa tahun terakhir jumlah buku tamu dengan gaya hanya menuliskan nama saja semakin meningkat. Tujuannya adalah untuk mengurangi antrean dan keramaian pada bagian penerima tamu.

Meskipun terkesan kurang formal, tetapi sekarang ini gaya pernikahan kasual seperti pesta kebun semakin meningkat sehingga buku tamu dengan model yang mengedepankan sisi hiburan juga semakin populer, misalnya buku dengan handwriting unik atau buku tamu tipe kartu. Tentunya ini tidak dibuat semata-mata hanya untuk para tamu, tetapi buku tamu tersebut bisa menjadi barang yang berkesan.

Cara memilih buku tamu untuk pernikahan

Secara garis besar, memilih buku tamu pernikahan harus disesuaikan dengan tema pernikahan dan gambaran tamu yang diundang. Untuk itu mari bandingkan masing-masing karakteristik buku tamu dan pilih yang paling cocok dengan gaya Anda.

Pilihlah buku tamu tipe umum untuk memudahkan tamu undangan

Buku tamu tipe umum ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat dan biasanya digunakan untuk pesta pernikahan dengan tamu undangan yang lebih didominasi oleh orang tua. Para tamu yang sudah sering menghadiri acara pernikahan pasti tidak kebingungan lagi karena sudah familier dengan buku tamu ini. Mari simak lebih lanjut lagi mengenai buku tamu tipe umum ini!

Tentukan sejak awal bagian apa saja yang perlu diisi di buku tamu!

Tentukan sejak awal bagian apa saja yang perlu diisi di buku tamu!

Saat para tamu hendak masuk ruang resepsi, sebaiknya penerima tamu menjelaskan apa saja data yang perlu ditulis oleh tamu. Walaupun sudah tertulis dengan jelas di buku tamu dan mudah dimengerti, kemungkinan meja penerima tamu akan ramai jika setiap tamu harus menuliskan nama dan alamat lengkapnya. Sebaiknya dipertimbangkan dengan matang, setiap tamu hanya perlu menuliskan namanya saja atau diikuti juga dengan penulisan alamat beserta nomor urutan hadir.

Untuk mempercepat waktu pengisian buku tamu, pilihlah buku tamu model binder

Untuk mempercepat waktu pengisian buku tamu, pilihlah buku tamu model binder

Untuk buku tamu tipe notebook, petugas penerima tamu mungkin akan kerepotan dalam hal pembukuan karena ramainya tamu yang hadir. Mengingat upacara pernikahan merupakan perayaan yang penting, para tamu cenderung hati-hati dan memakan lebih banyak waktu dibandingkan biasanya untuk mengisi buku tamu. Jika tamu yang hadir cukup banyak, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa buku tamu sekaligus untuk menghindari antrean.

Di sisi lain, ada juga buku tamu tipe binder yang kertasnya bisa dipisahkan dari bagian utama bukunya sehingga memungkinkan beberapa tamu mengisi buku tamu tersebut secara bersamaan di bagian penerimaan tamu. Jika Anda tidak suka menggunakan banyak buku, solusinya adalah menggunakan buku tamu tipe binder ini.

Pilihlah buku tamu jenis kartu agar bisa dikirimkan bersama undangan

Ada banyak buku tamu jenis kartu yang bisa dikirimkan sekaligus bersama undangan sehingga para tamu bisa mengisinya terlebih dahulu sebelum datang ke acara resepsi pernikahan. Jenis ini memiliki beberapa keuntungan, seperti meja penerima tamu tidak padat oleh antrean tamu yang hadir dan petugas penerima tamu bisa mengonfirmasi nama tamu dengan lebih cepat.

Buku tamu jenis kartu yang bisa diisi pesan singkat di dalamnya akan memberikan kesan tersendiri bagi pengantin

Buku tamu jenis kartu yang bisa diisi pesan singkat di dalamnya akan memberikan kesan tersendiri bagi pengantin

Banyak buku tamu jenis kartu yang di dalamnya terdapat kolom untuk menulis pesan sehingga hal ini akan memberikan kesan tersendiri bila dibaca di kemudian hari oleh sang pengantin. Selain digunakan sebagai media untuk berkirim pesan, buku tamu jenis ini juga bisa dijadikan buku alamat yang berisi keterangan lengkap mengenai alamat dan nomor telepon kerabat Anda.

Lebih memorable dengan jenis buku tamu berbentuk kartu yang dilengkapi kantong foto

Lebih memorable dengan jenis buku tamu berbentuk kartu yang dilengkapi kantong foto

Sekarang ini, ada juga model buku tamu yang dilengkapi dengan kantong foto. Para tamu yang hadir akan diminta untuk mengisi nama dan data lainnya, lalu berfoto menggunakan kamera polaroid yang sudah disediakan di meja penerima tamu. Setelah jadi, foto tersebut akan dimasukkan ke dalam kantong foto buku tamu.

Buku tamu seperti ini akan jadi memori yang sangat indah jika dilihat kembali, tetapi beberapa orang mungkin enggan untuk berfoto. Oleh karena membutuhkan kesediaan tamu untuk mengekspresikan dirinya melalui foto, buku tamu ini cocok untuk pernikahan dengan tamu undangan orang-orang terdekat saja. Dengan begitu, para tamu tidak perlu canggung untuk berekspresi dan memang bersedia untuk hadir dalam pesta pernikahan tersebut.

Pilihlah model yang anti-mainstream untuk gaya pernikahan unik dan kasual

Pilihlah model yang anti-mainstream untuk gaya pernikahan unik dan kasual

Penggunaan wedding board sebagai buku tamu pada pesta pernikahan mungkin belum terlalu populer. Bentuk wedding board tidak seperti buku tamu pada umumnya, melainkan papan yang nantinya akan dihias oleh para tamu menggunakan stempel sidik jari, stiker, dan hiasan lainnya untuk memberikan pesan pada pengantin. Jenis wedding board yang cukup unik adalah model gambar dahan pohon, dimana para tamu akan menempelkan stempel sidik jarinya di sekitar dahan tersebut untuk membentuk pohon. Sangat cocok untuk gaya pernikahan kasual dan unik! Tentunya juga akan memberikan memori yang berkesan bagi para tamu.

Sebagai buku tamu, model seperti ini mungkin sedikit kurang lengkap. Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif lain atau sebagai hiasan saja. Misalnya digunakan pada pesta tertutup, seperti pertemuan selanjutnya setelah acara hari-H atau resepsi di hari kedua untuk memberikan kesan yang lebih ceria.

Jangan lupa untuk memastikan jumlah tamu yang diundang

Jangan lupa untuk memastikan jumlah tamu yang diundang

Buku tamu jenis notebook dan jenis kartu memiliki kapasitas data yang berbeda. Anda perlu menyiapkan buku tamu sesuai dengan jumlah tamu yang Anda undang. Beberapa jenis buku tamu memiliki kapasitas 50 hingga 100 orang. Jangan lupa pastikan kapasitas buku tamu yang Anda miliki sudah sesuai dengan jumlah tamu yang diundang.

Untuk buku tamu jenis kartu yang biasanya dikirimkan bersama undangan, ada kemungkinan beberapa tamu lupa membawanya saat hari H sehingga alangkah baiknya jika Anda menyiapkan kartu cadangan di meja penerima tamu. Meskipun rasanya tidak perlu sampai berlebihan, tetapi lebih baik tetap bersiap dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi.

10  Rekomendasi buku tamu untuk pernikahan terbaik

Setelah membaca beberapa tips di atas, sekarang mari simak rekomendasi buku tamu untuk pernikahan terbaik yang bisa Anda jadikan referensi!

10. Vakind DIY Guest Signature Sign-in Book

10. Vakind DIY Guest Signature Sign-in Book

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.000

Love is in the air! 

Buku tamu dengan tema fingerprint sedang populer, salah satunya adalah buku tamu dari bahan kanvas yang bergambar pasangan pengantin di dalam balon udara ini. Tamu undangan yang hadir akan menempelkan sidik jari serta menuliskan namanya ke gambar balon udara tersebut.

Sidik jari para tamu undangan yang membentuk pola balon dan mengangkat pengantin ke udara memberikan kesan bahwa undangan yang hadir membuat pengantin tersanjung. Buku tamu ini cocok untuk gaya pernikahan artistik, tetapi kapasitasnya terbatas sehingga lebih baik dijadikan buku tamu tambahan untuk mempercantik dekorasi.

Kapasitas 20-40 orang
Ukuran 20 cm x 30 cm
Berat 15 gram
Bahan Kanvas minyak dan water-based ink oil

9. Elshanum Custom Wedding Guest Book

9. Elshanum Custom Wedding Guest Book

 Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Floral art untuk hati yang berbunga-bunga

Konsep desain minimalis dengan tambahan floral art memang sedang banyak diminati. Perpaduan warna gelap dengan teduhnya motif floral membingkai cantik nama Anda dan pasangan, tidak ketinggalan tanggal pernikahan dan lokasi resepsi pernikahan pun bisa dicantumkan. Cocok dipadupadankan dengan gaya pernikahan kasual.

Kapasitas 260 nama
Ukuran Tidak ada keterangan
Berat 360 gram
Bahan Art paper 260 gram (cover), jilid ring kawat, dan HVS 100 gram

8. Buku Tamu Golden Cloth

8. Buku Tamu Golden Cloth

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Buku tamu sepanjang masa dengan harga yang ekonomis

Dengan desain minimalis dan warna yang netral, buku tamu ini hampir bisa digunakan di semua tema pernikahan. Mulai dari yang klasik, modern, sampai pernikahan adat pun bisa. Selain itu, modelnya yang cantik akan terus bisa dipakai dari masa ke masa.

Bagi Anda yang lebih mementingkan fungsionalitas buku tamu dibandingkan dengan desainnya, buku ini bisa menjadi salah satu pilihan. Selain bisa menampung hingga 260 nama tamu, produk ini juga harganya ekonomis sehingga budget Anda bisa dialokasikan untuk hal lainnya.

Kapasitas 260 nama
Ukuran 20,5 cm x 30 cm
Berat 650 gram
Bahan Tidak ada keterangan

7. Wedding Tree 3D Design Guest Book

7. Wedding Tree 3D Design Guest Book

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Buku tamu 3 dimensi, selain modern juga mempercantik dekorasi

Selain digunakan sebagai buku tamu, miniatur pohon cinta ini juga bisa untuk dekorasi tambahan di meja resepsi pernikahan Anda. Desainnya yang unik tentu akan meninggalkan kesan tersendiri bagi para tamu undangan. Terbuat dari bahan kayu yang ramah lingkungan, buku tamu ini cocok untuk pernikahan dengan tema natural minimalis.

Pada produk ini, Anda bisa menuliskan nama dan tanda tangan Anda pada kayu berbentuk hati yang nantinya digantungkan di pohon kayu tersebut. Jika Anda khawatir satu pohon tidak cukup, Anda bisa meletakkan beberapa pohon cinta di pesta pernikahan Anda sekaligus mempercantik dekorasi meja penerima tamu.

Kapasitas Tidak ada keterangan
Ukuran 34 cm x 34 cm x 37 cm
Berat 259 gram
Bahan Kayu

6. Loviver Car Fingerprint Background Colorful

6. Loviver Car Fingerprint Background Colorful

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 112.000

Tampil beda dengan background berwarna dan ukuran yang lebih besar!

Siapa bilang fingerprint hanya bisa dibubuhkan di atas background berwarna putih? Buktinya adalah buku tamu yang satu ini, dengan background berwarna merah muda, tetapi tetap bisa menonjolkan warna-warni fingerprint yang ada. Hal ini tentu sangat membantu bagi Anda yang memperhatikan tema warna pada pernikahan Anda dengan detail.

Buku tamu dengan tema fingerprint ini selain background-nya berwarna, ukurannya juga lebih besar sehingga tamu yang hadir bisa menuliskan pesan singkat bagi mempelai. Produk buku tamu fingerprint ini cocok untuk Anda yang mengadakan pernikahan kasual dengan tamu undangan lebih dari seratus orang.

Kapasitas 100-200 nama
Ukuran 60 cm x 75 cm
Berat 455 gram
Bahan Kanvas

5. BolehDeals Buku Tamu Resin

5. BolehDeals Buku Tamu Resin

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 315.400

Motif kerang laut dan bintang laut pada cover-nya menegaskan pesta tema pantai

Bagi Anda yang merencanakan pesta dengan tema pantai atau bahkan tempat pernikahannya di pantai, produk ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda. Buku tamu ini memiliki cover yang menarik dan artistik sehingga bisa membuat Anda bernostalgia dengan suasana pantai dan indahnya pesta pernikahan Anda jika dilihat di kemudian hari.

Terbuat dari resin dan menggunakan hardcover membuat produk ini tidak mudah rusak. Kesan yang diberikan oleh buku tamu ini adalah elegan dan mewah, padahal dari segi harga masih cukup terjangkau.

Kapasitas Tidak ada keterangan
Ukuran 25 cm x 20 cm
Berat Tidak ada keterangan
Bahan Resin dan kertas

4. Buku Tamu Berhias Bunga dan Pita Satin

4. Buku Tamu Berhias Bunga dan Pita Satin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 297.000

Perpaduan pas bunga dan pita satin menampilkan kesederhanaan, tetapi tetap elegan

Pita dan korase bunga memang merupakan ornamen dekorasi yang umum dipakai. Namun, dengan penataan yang pas penggunaan dua ornamen ini pada buku tamu Anda akan memberikan kesan mewah yang tidak berlebihan. Produk ini cocok untuk tema pernikahan klasik minimalis atau pun pernikahan dengan tema warna-warna pastel.

Kapasitas Tidak ada keterangan
Ukuran 14 cm x 9 cm x 2 cm
Berat Tidak ada keterangan
Bahan Satin (cover)

3. Personalized Wedding Guest Book Heart Drop Box

3. Personalized Wedding Guest Book Heart Drop Box

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 738.000

Penuhi pesta pernikahan dengan hati dari para tamu!

Bagi Anda yang sedang merancang pernikahan dengan tema kasual dan simpel, buku tamu tipe drop box yang terbuat dari papan kayu ini bisa Anda pertimbangkan. Para tamu yang hadir akan diminta menempelkan hati yang terbuat dari kayu ke papan tersebut sehingga semakin banyak tamu yang datang, jar-nya akan semakin penuh!

Anda bisa menuliskan nama serta pesan pada hati berbentuk kayunya, tetapi tulisannya harus berukuran kecil. Buku tamu tipe seperti ini bisa menjadi simbol bahwa tamu yang hadir ikut memberikan doa dan support-nya kepada pasangan pengantin dengan sepenuh hati. Setelah selesai acara, bisa dijadikan hiasan rumah yang cantik sekaligus memorable.

Kapasitas Tidak ada keterangan
Ukuran 50 cm x 32 cm (ukuran papan), 3 cm (diameter hati)
Berat Tidak ada keterangan
Bahan Kayu dengan cat akrilik

2. DIY Scrapbook Photo Album

2. DIY Scrapbook Photo Album

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 107.000

Abadikan momen bersama orang-orang terdekat yang paling mengenal Anda!

Cover kayu yang membentuk motif hati pada produk ini memberikan kesan cantik natural pada pernikahan Anda. Produk ini berbentuk album foto dan berisikan 30 halaman kertas. Anda bisa mengisi 80-100 foto berukuran 4×6 beserta pesan dari tamu yang hadir.

Buku tamu ini bersifat lebih intim antara mempelai dan tamu yang hadir sehingga lebih cocok untuk pernikahan dengan tema eksklusif atau yang mengundang kerabat dekat saja. Selain boleh memasukkan foto tamu yang hadir, para tamu juga bisa memasukkan foto kenangan bersama mempelai. Sangat intim, ya!

Kapasitas 80-100 nama
Ukuran 22 cm x 16 cm (cover) dan 7,9 inci x 5,9 inci (kertas)
Berat Tidak ada keterangan
Bahan Kayu (cover) dan kertas album

1. Buku Tamu Cover Pop-Up  

1. Buku Tamu Cover Pop-Up  

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Desain pop up pada cover mempermanis tampilan buku tamu

Buku tamu pernikahan dengan pop up pada bagian cover-nya ini bagus untuk mensiasati buku tamu tipe umum menjadi terlihat lebih mewah. Meskipun harganya bisa dibilang cukup terjangkau, tetapi dengan model pop up ini menjadi lebih cantik dan menarik.

Motif pop up-nya bisa dikreasikan sesuai permintaan, tetapi biasanya bermotif bunga-bunga. Untuk buku tamu pernikahan, umumnya yang ditonjolkan melalui pop up adalah nama pengantin serta tanggal pernikahannya. Buku tamu ini bisa dibilang cocok untuk banyak tema pernikahan, mulai dari yang formal hingga pernikahan gaya kasual.

Kapasitas 320 nama
Ukuran 30 x 20 cm
Berat 330 gram
Bahan Tidak ada keterangan

Tanya jawab mengenai buku tamu untuk pernikahan

Di bawah ini terangkum beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat menyiapkan buku tamu untuk pernikahan. Terutama bagi Anda yang akan mengundang banyak tamu, mari simak ulasannya berikut ini.

Berapa banyak buku yang harus disiapkan untuk pernikahan Anda?

Berapa banyak buku yang harus disiapkan untuk pernikahan Anda?

Untuk beberapa kasus, Anda bisa langsung menyiapkan dua buku tamu. Misalnya jika Anda khawatir antrean di bagian penerimaan tamu terlalu ramai atau ketika Anda ingin mendata tamu yang hadir menjadi dua kelompok berdasarkan kerabat mempelai pria dan mempelai wanita. Namun, tamu undangan biasanya adalah teman yang akrab dengan kedua mempelai sehingga tidak mungkin membaginya menjadi sisi pengantin pria dan sisi pengantin wanita.

Jika Anda mengundang banyak tamu dan satu buku tamu tidak cukup, lebih baik menambah beberapa buku tamu dengan desain favorit Anda daripada menggunakan buku tamu dengan jumlah halaman yang banyak dan lebih tebal. Selain itu, apabila buku tamu Anda adalah tipe binder yang bisa diisi ulang, Anda hanya perlu menambahkan ring notes dan kertas bindernya sehingga satu buku saja sudah cukup.

Apakah ada aturan baku mengenai format buku tamu?

Apakah ada aturan baku mengenai format buku tamu?

Umumnya buku tamu pernikahan berisikan kolom untuk menuliskan nama dan alamat, tetapi Anda bisa menambahkan hal lain yang belum ada sebelumnya, terutama pesan khusus yang ingin Anda tulis. Ada beberapa buku tamu dengan model yang menyediakan kolom khusus untuk tamu menuliskan pesan dan menyampaikan pengalaman berkesan mengenai kedua mempelai.

Apabila Anda ingin para tamu menulis pesannya dengan lebih bebas, sebaiknya pilih buku tamu tipe notebook polos dan Anda bisa menambahkan bingkai atau gambar hiasan lainnya sesuai kemauan Anda. Walaupun hal ini sedikit memakan waktu, tetapi Anda bisa membuat buku tamu paling unik dan tak ada di tempat lain.

Kesimpulan

Pada kesempatan ini kami telah memberikan informasi tentang cara memilih buku tamu untuk resepsi pernikahan dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini dapat membantu Anda menentukan buku tamu terbaik yang cocok dengan gaya pernikahan Anda.

Buku tamu tak hanya merupakan pelengkap di pernikahan, tetapi juga sebuah kenangan bagi sang pengantin. Pilihlah yang tepat dan jadikan buku tersebut memori indah sekali seumur hidup.