mybest
Buku tamu

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perlengkapan pesta & hadiah
  3. Persiapan pernikahan
  4. 10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2024)

Buku tamu pada pesta pernikahan pada dasarnya digunakan untuk mendata tamu-tamu yang hadir. Para tamu umumnya mengisi data pribadi, misalnya nama dan alamat. Seiring perkembangan zaman, banyak buku tamu yang didesain unik, seperti buku tamu dengan foto, sidik jari, dan lainnya.

Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai buku tamu yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan buku tamu merek Snada Printing, Hello TopperGuestbook.id, dan lainnya. Semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan gaya pernikahan idaman Anda setelah membaca artikel ini!
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Buku tamu bukan sekadar buku berisi nama

Buku tamu digunakan untuk mendata tamu undangan yang hadir dengan cara menuliskan nama dan alamatnya. Buku tamu biasanya berupa buku panjang dengan gambar-gambar yang terkesan kaku. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, buku tamu makin beragam sesuai dengan perubahan gaya pernikahan.

Apa peran buku tamu?

Apa peran buku tamu?

Telah disebutkan sebelumnya bahwa buku tamu adalah buku untuk para tamu menuliskan data-datanya saat menghadiri resepsi pernikahan. Namun, apakah maksud dan tujuannya? Apakah buku tamu undangan tersebut diperlukan? Mungkin ada beberapa orang yang mempertanyakan hal tersebut.


Buku tamu bukan hanya untuk mengetahui siapa saja yang hadir di resepsi pernikahan. Anda bisa memberikan ucapan terima kasih atau mengirimkan hadiah bagi para tamu yang mengisi data alamatnya. Dengan meminta tamu mengisi buku tamu, Anda juga dapat menjadikan buku tersebut sebagai kenang-kenangan.

Apa saja tren terbaru dari upacara pernikahan dan buku tamunya?

Apa saja tren terbaru dari upacara pernikahan dan buku tamunya?
Umumnya, format buku tamu untuk pernikahan terdiri dari nama dan alamat. Namun, beberapa tahun terakhir ini, buku tamu dengan gaya hanya menuliskan nama saja makin bertambah. Tujuannya adalah untuk mengurangi antrean dan keramaian di bagian penerima tamu.

Meskipun terkesan kurang formal, sekarang ini gaya pernikahan kasual seperti pesta kebun makin meningkat. Alhasil, buku tamu dengan model yang lebih atraktif, seperti buku handwriting atau tipe kartu, juga makin populer. Tentunya, buku tamu ini tidak semata-mata dibuat untuk para tamu saja, tetapi juga sebagai bagian dari tema pernikahan.

Cara memilih buku tamu untuk pernikahan

Secara garis besar, memilih buku tamu pernikahan harus disesuaikan dengan tema pernikahan dan gambaran tamu yang diundang. Untuk itu, mari bandingkan masing-masing karakteristik buku tamu dan pilih yang paling cocok dengan selera Anda.

1

Pilih buku tamu tipe umum untuk memudahkan tamu undangan

Buku tamu tipe umum pasti sudah cukup dikenal oleh para tamu yang sering menghadiri acara pernikahan. Tipe ini cocok digunakan jika tamu Anda banyak yang sudah berumur. Mari simak lebih lanjut lagi mengenai buku tamu tipe umum ini!

Tipe dengan format nama dan alamat, memudahkan pengisian buku tamu

Tipe dengan format nama dan alamat, memudahkan pengisian buku tamu

Walaupun sudah tertulis dengan jelas di buku tamu, sebaiknya penerima tamu menjelaskan hal-hal yang perlu ditulis oleh tamu. Penerima tamu bisa menjelaskan agar tamu menuliskan nama dan alamat singkat saja untuk menghindari terjadinya antrean panjang. Format seperti ini bisa dipertimbangkan berdasarkan jumlah tamu yang diundang.

Tipe notebook atau binder, cocok untuk tamu undangan dengan jumlah banyak

Tipe notebook atau binder, cocok untuk tamu undangan dengan jumlah banyak
Untuk buku tamu tipe notebook, penerima tamu mungkin akan kerepotan dalam hal pembukuan karena ramainya tamu yang hadir. Mengingat pentingnya acara pernikahan, para tamu cenderung hati-hati dan memakan banyak waktu untuk mengisi buku tamu. Jika tamu yang hadir cukup banyak, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa buku tamu sekaligus untuk menghindari antrean.

Di sisi lain, ada juga buku tamu tipe binder. Tipe ini, kertasnya bisa dilepas pasang dari badan buku sehingga beberapa tamu bisa mengisi secara bersamaan. Jika Anda tidak suka menggunakan banyak buku tamu, solusinya adalah menggunakan buku tamu tipe binder ini.

2

Gunakan buku tamu tipe kartu agar bisa dikirimkan bersama undangan

Ada banyak buku tamu tipe kartu yang bisa dikirimkan sekaligus bersama undangan. Tipe ini membuat para tamu dapat mengisinya terlebih dahulu sebelum datang ke acara pernikahan. Jadi, meja penerima tamu tidak padat antrean dan mereka bisa mengonfirmasi nama tamu dengan lebih cepat.

Tipe kartu ucapan, bisa dipakai untuk memberi ucapan kepada mempelai

Tipe kartu ucapan, bisa dipakai untuk memberi ucapan kepada mempelai

Banyak buku tamu tipe kartu yang di dalamnya terdapat kolom untuk menulis pesan. Hal ini akan memberikan kesan tersendiri jika dibaca pada kemudian hari oleh sang pengantin. Selain itu, tipe ini bisa dijadikan kartu nama untuk memeriksa alamat dan nomor telepon kerabat Anda.


Saat ini juga tersedia buku tamu berbentuk potongan hati dengan ukuran mini. Konsepnya, tamu undangan menuliskan nama dan ucapan singkat untuk kedua mempelai. Kemudian, potongan hati tersebut dimasukkan ke dalam frame box atau tiang yang sudah disediakan. Buku tamu tipe ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi antrean tamu yang panjang.

Buku tamu yang dilengkapi foto, lebih memorable

Buku tamu yang dilengkapi foto, lebih memorable

Jika Anda mencari buku tamu yang spesial, mungkin Anda akan tertarik dengan buku tamu yang dilengkapi foto. Para tamu yang hadir bisa mengisi nama dan data lainnya, lalu berfoto dan menempelkannya di buku tamu.


Buku tamu seperti ini akan menjadi memori yang sangat indah jika dilihat kembali. Namun, beberapa orang mungkin enggan untuk berfoto. Untuk itu, Anda perlu memikirkan tipe tamu-tamu yang Anda undang. Tipe buku tamu yang seperti ini sebaiknya digunakan untuk orang-orang terdekat saja.

3

Pertimbangkan model yang anti-mainstream untuk gaya pernikahan unik dan kasual

Pertimbangkan model yang anti-mainstream untuk gaya pernikahan unik dan kasual

Penggunaan wedding board sebagai buku tamu unik pada pesta pernikahan mungkin belum terlalu populer. Bentuk wedding board tidak seperti buku tamu pada umumnya. Wedding board merupakan papan yang akan dihias oleh para tamu menggunakan stempel sidik jari atau hiasan lainnya


Tipe wedding board yang cukup unik adalah model gambar dahan pohon. Para tamu akan menempelkan stempel sidik jarinya di sekitar dahan tersebut untuk membentuk pohon. Wedding board sangat cocok untuk gaya pernikahan kasual dan unik! Selain itu, model seperti ini juga akan memberikan kesan yang memorable bagi para tamu.


Sebagai buku tamu, model seperti ini mungkin sedikit kurang lengkap. Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif lain atau sebagai hiasan saja. Anda juga bisa menggunakannya pada pesta tertutup, seperti pertemuan selanjutnya setelah seremoni pernikahan.

4

Periksa dengan saksama jumlah tamu yang diundang

Periksa dengan saksama jumlah tamu yang diundang
Buku tamu tipe notebook dan tipe kartu memiliki kapasitas yang berbeda. Beberapa tipe buku tamu memiliki kapasitas 50–100 orang. Jadi, sering kali Anda harus menyiapkan lebih dari satu buku tamu tergantung jumlah tamunya. Pastikan kapasitas buku tamu yang Anda miliki sudah sesuai dengan jumlah tamu yang diundang.

Untuk buku tamu tipe kartu yang dikirimkan bersama undangan, ada kemungkinan beberapa tamu lupa membawanya saat hari H. Jadi, alangkah baiknya jika Anda menyiapkan kartu cadangan di meja penerima tamu. Meskipun rasanya tidak perlu sampai berlebihan, lebih baik tetap bersiap dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi buku tamu terbaik untuk pernikahan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk buku tamu terbaik untuk pernikahan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di bawah. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Snada Printing

Buku Tamu Pernikahan Custom

Snada Printing Buku Tamu Pernikahan Custom 1

Mulai dari Rp30.000,00

Agak Murah

Desainnya beragam, bisa di-custom sesuka hati!

2

Love Scrapbook Photo Album

 Love Scrapbook Photo Album 1

Mulai dari Rp57.000,00

Agak Murah

Abadikan momen bersama orang-orang terdekat yang paling mengenal Anda

3

Guestbook.id

Guest Book Custom Nama Adat Jawa

 Guestbook.id Guest Book Custom Nama Adat Jawa  1

Mulai dari Rp17.500,00

Lebih Murah

Buku tamu bertema tradisional dengan sentuhan elegan

4

Jogja Etnika

Buku Tamu Etnik Hardcover

Jogja Etnika Buku Tamu Etnik Hardcover 1

Mulai dari Rp39.800,00

Agak Murah

Banyak pilihan warna, desainnya pun unik

5

Buku Tamu Pernikahan Tema Rustic

 Buku Tamu Pernikahan Tema Rustic 1

Mulai dari Rp135.000,00

Menengah

Tema rustic mencerminkan suasana romantis

6

Tree Fingerprint Balon

 Tree Fingerprint Balon 1

Mulai dari Rp145.000,00

Menengah

Cinta yang bersemi dengan fingerprint warna warni

7

Kanvas Message Board Wedding

 Kanvas Message Board Wedding 1

Mulai dari Rp200.000,00

Menengah

Berbahan kanvas yang cocok untuk tema pernikahan kekinian

8

Huluwa.id

Wedding Guest Book Model Tangkai

Huluwa.id Wedding Guest Book Model Tangkai 1

Mulai dari Rp380.000,00

Agak Mahal

Anti-mainstream! Kartunya bisa dibentuk seperti menara

9

Artpress Lasercut

Guest Book Frame Celengan

Artpress Lasercut Guest Book Frame Celengan 1

Mulai dari Rp550.000,00

Agak Mahal

Penuhi pesta pernikahan dengan hati dari para tamu!

10

Hello Topper

Guest Book Frame Kayu

Hello Topper Guest Book Frame Kayu 1

Mulai dari Rp450.000,00

Agak Mahal

Modern dan dapat mempercantik dekorasi

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Snada PrintingBuku Tamu Pernikahan Custom

Buku Tamu Pernikahan Custom 1
Sumber: shopee.co.id
Buku Tamu Pernikahan Custom 2
Sumber: shopee.co.id
Buku Tamu Pernikahan Custom 3
Sumber: shopee.co.id
Buku Tamu Pernikahan Custom 4
Sumber: shopee.co.id
Buku Tamu Pernikahan Custom 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp30.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp30.000,00
Agak Murah

Desainnya beragam, bisa di-custom sesuka hati!

Sesuai namanya, Anda bisa melakukan custom untuk cover buku tamu ini. Ada berbagai model yang bisa dipilih, mulai dari desain simpel dengan warna netral, hingga desain kompleks yang colorful. Selanjutnya, Anda juga bisa membubuhkan nama Anda dan pasangan, bahkan mencantumkan tanggal resepsi.


Buku tamu pernikahan ini cocok untuk Anda yang menginginkan buku tamu dengan cover yang bisa di-custom sesuka hati. Produk ini tersedia dalam dua format, yakni kotak dan baris. Format kotak dapat memuat 200 nama tamu, sedangkan format baris dapat memuat 250 nama tamu.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Love Scrapbook Photo Album

Love Scrapbook Photo Album 1
Sumber: shopee.co.id
Love Scrapbook Photo Album 2
Sumber: shopee.co.id
Love Scrapbook Photo Album 3
Sumber: shopee.co.id
Love Scrapbook Photo Album 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp57.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp57.000,00
Agak Murah

Abadikan momen bersama orang-orang terdekat yang paling mengenal Anda

Cover kayu yang membentuk motif hati pada produk ini memberikan kesan cantik natural pada pernikahan Anda. Produk ini berbentuk album foto dan berisikan tiga puluh halaman kertas. Anda bisa mengisi hingga 100 foto beserta pesan dari tamu yang hadir.

Buku tamu ini bersifat lebih intim antara mempelai dan tamu yang hadir sehingga lebih cocok untuk intimate wedding. Selain bisa memasukkan foto tamu yang hadir, para tamu juga bisa memasukkan foto kenangan bersama mempelai. Sangat intim, ya!
No.3

Guestbook.idGuest Book Custom Nama Adat Jawa

Guest Book Custom Nama Adat Jawa  1
Sumber: shopee.co.id
Guest Book Custom Nama Adat Jawa  2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp17.500,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp17.500,00
Lebih Murah

Buku tamu bertema tradisional dengan sentuhan elegan

Bagi Anda yang merencanakan pesta dengan tema adat tradisional seperti adat Jawa, pilih saja produk ini. Buku tamu ini bisa menguatkan tema tradisional pada acara pernikahan Anda. Perpaduan warna hitam dan gold-nya akan menghadirkan kesan elegan tanpa kesan berlebihan.


Untuk Anda yang merencanakan pernikahan dengan adat tradisional lainnya tak perlu khawatir. Guestbook.id juga menyediakan buku tamu adat Padang, Lampung, Betawi, dan lainnya. Dengan begitu, buku tamu Anda akan serasi dengan tema pernikahan yang Anda idamkan.

No.4

Jogja EtnikaBuku Tamu Etnik Hardcover

Buku Tamu Etnik Hardcover 1
Sumber: shopee.co.id
Buku Tamu Etnik Hardcover 2
Sumber: shopee.co.id
Buku Tamu Etnik Hardcover 3
Sumber: shopee.co.id
Buku Tamu Etnik Hardcover 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp39.800,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp39.800,00
Agak Murah

Banyak pilihan warna, desainnya pun unik

Buku tamu ini memiliki model bukaan depan yang dilengkapi dengan handle layaknya sebuah pintu. Cover-nya dihiasi detail bunga sehingga tak tampak monoton. Produk ini juga tidak mudah rusak karena bahan cover yang cukup tebal. 


Jika Anda mencari buku tamu yang tersedia dalam berbagai pilihan warna, jatuhkan pilihan Anda pada produk ini. Buku tamu ini tersedia dalam warna hijau, biru, tosca, silver, gold, hitam, dan lainnya. Karena desain buku tamu pernikahan ini unik, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai tema pernikahan.

No.5

Buku Tamu Pernikahan Tema Rustic

Buku Tamu Pernikahan Tema Rustic 1
Sumber: shopee.co.id
Buku Tamu Pernikahan Tema Rustic 2
Sumber: shopee.co.id
Buku Tamu Pernikahan Tema Rustic 3
Sumber: shopee.co.id
Buku Tamu Pernikahan Tema Rustic 4
Sumber: shopee.co.id
Buku Tamu Pernikahan Tema Rustic 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp135.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp135.000,00
Menengah

Tema rustic mencerminkan suasana romantis

Apabila tema pernikahan Anda mengusung konsep santai dan romantis, buku tamu ini mungkin bisa dipilih. Tema rustic di bagian cover-nya bagus untuk menyiasati buku tamu tipe umum agar terlihat lebih menarik. Terlebih, cover buku tamu pernikahan ini juga dihiasi bunga kering, batu, dan biji-bijian.


Tanggal pernikahan yang tertera di cover diukir dengan teknik grafir. Sementara itu, nama Anda dan pasangan diukir dengan kayu sehingga tampak lebih menonjol. Produk ini dapat memuat 280 nama tamu. Namun, bila Anda menginginkan kolom nama yang lebih banyak, Anda bisa custom isinya, kok!

No.6

Tree Fingerprint Balon

Tree Fingerprint Balon 1
Sumber: shopee.co.id
Tree Fingerprint Balon 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp145.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp145.000,00
Menengah

Cinta yang bersemi dengan fingerprint warna warni

Buku tamu tema fingerprint memang sedang populer. Jika Anda juga menginginkannya untuk pesta pernikahan Anda, pilih wedding board bergambar pohon ini. Tamu undangan yang hadir akan menempelkan sidik jari serta menuliskan namanya.


Sidik jari para tamu undangan akan memenuhi pohon yang awalnya hanya tampak dahan dan ranting saja. Gambar pohonnya menunjukkan cinta yang bersemi di antara kedua mempelai. Buku tamu ini cocok untuk gaya pernikahan artistik.

No.7

Kanvas Message Board Wedding

Kanvas Message Board Wedding 1
Sumber: shopee.co.id
Kanvas Message Board Wedding 2
Sumber: shopee.co.id
Kanvas Message Board Wedding 3
Sumber: shopee.co.id
Kanvas Message Board Wedding 4
Sumber: shopee.co.id
Kanvas Message Board Wedding 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp200.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp200.000,00
Menengah

Berbahan kanvas yang cocok untuk tema pernikahan kekinian

Mungkin banyak dari Anda yang mengira wedding board hanya tersedia dalam bentuk pohon. Nyatanya, ada beragam model yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah papan dari kanvas ini.


Selain memberikan suasana yang berbeda, produk ini cocok untuk tema pernikahan yang kekinian. Papan nama pada wedding board ini tersedia dengan illustration art, nama Anda dan pasangan, serta tanggal pernikahan. Jika Anda ingin buku tamu yang cantik dan fungsional, produk ini jawabannya.

No.8

Huluwa.idWedding Guest Book Model Tangkai

Harga referensi
Mulai dari Rp380.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp380.000,00
Agak Mahal

Anti-mainstream! Kartunya bisa dibentuk seperti menara

Anda yang sedang mencari buku tamu anti-mainstream bisa menjatuhkan pilihan pada produk ini. Buku tamu pernikahan ini memiliki desain yang minimalis berbentuk tiang. Setiap tamu diminta untuk menuliskan nama dan ucapan di kartu yang sudah memiliki lubang. Selanjutnya, tamu akan menyematkan kartu tersebut pada tiang.


Nah, setelah tiang tersebut terisi dengan kartu atau nama tamu, penerima tamu bisa menata kartu layaknya menara. Selain minimalis, buku tamu ini tampak manis dengan sentuhan personal dari para tamu.

No.9

Artpress LasercutGuest Book Frame Celengan

Guest Book Frame Celengan 1
Sumber: shopee.co.id
Guest Book Frame Celengan 2
Sumber: shopee.co.id
Guest Book Frame Celengan 3
Sumber: shopee.co.id
Guest Book Frame Celengan 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp550.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp550.000,00
Agak Mahal

Penuhi pesta pernikahan dengan hati dari para tamu!

Bagi Anda yang sedang merancang pernikahan dengan tema kasual dan simpel, produk ini bisa Anda pertimbangkan. Para tamu yang hadir akan diminta mengisi potongan hati dan memasukkannya ke frame box. Makin banyak tamu yang datang, bingkainya akan makin penuh! Setelah selesai acara, boks berisi hati ini bisa dijadikan hiasan rumah yang cantik sekaligus memorable.

No.10

Hello TopperGuest Book Frame Kayu

Guest Book Frame Kayu 1
Sumber: shopee.co.id
Guest Book Frame Kayu 2
Sumber: shopee.co.id
Guest Book Frame Kayu 3
Sumber: shopee.co.id
Guest Book Frame Kayu 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp450.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp450.000,00
Agak Mahal

Modern dan dapat mempercantik dekorasi

Selain digunakan sebagai buku tamu, papan pohon cinta ini juga bisa dijadikan sebagai dekorasi meja penerima tamu. Desainnya yang spesial tentu akan meninggalkan kesan tersendiri bagi para tamu undangan. Terbuat dari bahan kayu yang ramah lingkungan, buku tamu ini cocok untuk pernikahan bertema ecowedding atau minimalis.


Tamu undangan bisa menuliskan nama dan tanda tangan di kayu berbentuk hati, kemudian menempelkannya di papan. Jika Anda khawatir satu pohon tidak cukup, Anda bisa meletakkan beberapa papan pohon cinta.

Tanya jawab mengenai buku tamu untuk pernikahan

Di bawah ini, kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat menyiapkan buku tamu untuk pernikahan. Bagi Anda yang akan mengundang banyak tamu, mari simak ulasannya berikut ini.

Berapa banyak buku tamu yang harus disiapkan?

Berapa banyak buku tamu yang harus disiapkan?

Untuk beberapa kasus, seperti khawatir akan adanya antrean yang menumpuk, Anda bisa menyiapkan dua buku tamu sekaligus. Pertimbangkan juga untuk menggunakan dua meja secara terpisah agar tamu yang datang tidak menumpuk di satu meja saja.

Jika Anda mengundang banyak tamu, lebih baik siapkan beberapa buku tamu dengan kapasitas lembaran yang banyak. Jika buku tamu Anda adalah tipe binder yang bisa diisi ulang, satu buku untuk tiap meja mungkin cukup.

Apakah ada aturan baku mengenai format buku tamu?

Apakah ada aturan baku mengenai format buku tamu?

Umumnya, buku tamu pernikahan berisikan kolom untuk menuliskan nama dan alamat. Akan tetapi, sebenarnya tidak ada format khusus untuk buku tamu. Anda bisa saja menambahkan kolom pesan dan kesan untuk sang mempelai. 


Apabila Anda ingin ada kebebasan menulis, pilihlah buku tamu tipe notebook polos. Anda bisa menambahkan bingkai atau gambar hiasan lainnya sesuai keinginan Anda. Walaupun sedikit memakan waktu, Anda bisa membuat buku tamu yang unik.

Baca juga rekomendasi item lain yang perlu disiapkan dalam pernikahan di sini

Selain buku tamu, ada banyak hal penting lainnya yang perlu disiapkan untuk pernikahan Anda. Beberapa contoh barangnya adalah wedding shoes, bantal cincin, dan lainnya. Untuk itu, silakan baca rekomendasi item yang perlu disiapkan dalam pernikahan berikut ini.

Kesimpulan

Pada kesempatan ini, kami telah memberikan informasi tentang buku tamu secara lengkap. Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini dapat membantu Anda menentukan buku tamu terbaik yang cocok dengan gaya pernikahan Anda.


Buku tamu tidak hanya menjadi pelengkap acara pernikahan, tetapi juga sebuah kenangan bagi sang pengantin. Pilihlah buku tamu yang tepat dan jadikan buku tersebut sebagai memori indah sekali seumur hidup.

5 Rekomendasi Buku Tamu Pernikahan terbaik

No. 1: Snada PrintingBuku Tamu Pernikahan Custom

No. 2: Love Scrapbook Photo Album

No. 3: Guestbook.idGuest Book Custom Nama Adat Jawa

No. 4: Jogja EtnikaBuku Tamu Etnik Hardcover

No. 5: Buku Tamu Pernikahan Tema Rustic

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perlengkapan pesta & hadiah
  3. Persiapan pernikahan
  4. 10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.