• 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Dehumidifier adalah alat elektronik yang dapat menurunkan kelembapan udara dengan mengubah udara lembap menjadi air. Alat ini biasanya ditempatkan di ruangan dengan sirkulasi udara yang kurang baik. Jika tidak terkontrol, udara lembap dapat menyebabkan tumbuhnya lumut, jamur, serta bakteri. Udara lembap merupakan masalah umum di hunian penduduk beriklim tropis seperti Indonesia.


Kali ini, kami akan menjelaskan lebih jauh mengenai dehumidifier dan merekomendasikan produk terbaik untuk Anda. Ada banyak merek ternama yang bagus dan bisa dijumpai di pasaran, seperti Deerma, Notale, hingga Kris. Jadi, silakan baca ulasan lengkapnya berikut ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 Agustus 2022
Daftar isi

Dehumidifier berperan besar untuk menghilangkan kelembapan ruangan

Dehumidifier berperan besar untuk menghilangkan kelembapan ruangan

Dehumidifier berperan aktif pada udara yang lembap, seperti saat musim hujan. Selain membantu mengurangi kelembapan udara, dehumidifier juga dapat digunakan untuk mengeringkan baju di dalam ruangan saat musim hujan.


Jika dehumidifier mau dijadikan sebagai alat pengering cucian, pilihlah yang berfungsi menekan pertumbuhan bakteri agar pakaian tidak bau. Anda juga perlu mengatur posisi tinggi dan jarak dehumidifier dengan cucian agar dapat bekerja secara optimal. Memanfaatkan dehumidifier untuk mengeringkan pakaian cocok untuk keluarga dengan banyak personil. 


Bila menggunakan mesin pengering pakaian, tagihan listrik akan membengkak, padahal kapasitasnya terbatas. Namun, jika menggunakan dehumidifer, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut lagi. Selanjutnya, ada banyak hal lagi yang perlu diketahui tentang dehumidifier. Yuk, langsung simak berikut ini.

Perbedaan dehumidifier dengan humidifier dan air purifier

Perbedaan dehumidifier dengan humidifier dan air purifier

Salah satu faktor kenyamanan ruang adalah kualitas udara yang baik. Kualitas udara yang terlalu kering atau lembap dapat mempengaruhi masalah kesehatan. Untuk itu, Anda perlu menggunakan alat yang dapat mengontrol tingkat kelembapan udara di ruangan.


Ada beberapa alat yang dapat meningkatkan kualitas udara di rumah, seperti dehumidifier, humidifier, dan air purifier. Namun, apakah Anda tahu bahwa ketiganya memiliki fungsi yang berbeda. Apa saja fungsinya? Simak berikut ini.


  • Dehumidifier merupakan alat yang berfungsi untuk mengurangi kelembapan. Dehumidifier akan bekerja dengan menarik air yang ada di udara. Setelah air terkumpul, Anda perlu membuangnya secara berkala. Alat ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di negara tropis, seperti Indonesia.

  • Humidifier memiliki fungsi untuk menambahkan kelembapan ekstra di ruangan. Humidifier dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni berkabut dingin dan hangat. Alat ini sangat cocok untuk digunakan di daerah dengan empat musim.

  • Air purifier berfungsi untuk membersihkan udara di ruangan. Alat ini menggunakan filter high efficiency particulate arresting (HEPA) yang mampu menangkap polutan dan partikel debu. Dengan begitu, udara di ruangan akan menjadi bersih dan penghuni rumah merasa nyaman.

Kapan rumah perlu menggunakan dehumidifier?

Kapan rumah perlu menggunakan dehumidifier?

Dehumidifier merupakan salah satu produk add-ons di rumah. Penggunaan dehumidifier sendiri saat ini cukup populer di kalangan masyarakat, terlebih saat musim hujan tiba. Sebenarnya, penggunaan dehumidifier sendiri tidak selalu saat musim hujan. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan alat ini? Mari simak uraiannya berikut ini.


  • Dehumidifier cocok digunakan saat terjadi kondensasi pada kaca jendela. Biasanya kondensasi ditandai dengan banyaknya uap air yang menempel pada kaca jendela.

  • Dehumidifier bisa Anda gunakan saat munculnya bintik jamur di langit-langit rumah atau pojokan ruang. Anda dapat menempatkan alat ini di sekitar ruangan tempat jamur muncul.

  • Dehumidifier dapat Anda gunakan saat bau apak muncul di ruangan. Jika bau apak sudah muncul, Anda dapat membuka jendela dan mengatur kelembapan dengan dehumidifier.

Cara memilih dehumidifier

Dehumidifier akan sangat cocok digunakan di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Untuk itu, pastikan Anda memilih dehumidifier yang tepat dan cocok untuk rumah Anda. Silakan perhatikan beberapa poin berikut ini saat memilih dehumidifier terbaik.

Sesuaikan metode penghilang kelembapan dengan situasi penggunaan

Situasi penggunaan dehumidifier berbeda-beda tergantung kepada metode penyerapan kelembapan udaranya. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan situasi penggunaan Anda.

Tipe kompresor, cocok digunakan saat kelembapan tinggi

Tipe kompresor, cocok digunakan saat kelembapan tinggi

Jenis kompresor ini direkomendasikan untuk digunakan saat udara sangat lembap, seperti waktu musim hujan. Ciri dari jenis kompresor adalah makin tinggi suhunya, makin baik kapasitas dehumidifikasinya. Kelembapan diserap dengan menyerap udara hangat dan melakukan pendinginan sehingga dehumidifikasi dapat dilakukan tanpa menaikkan suhu ruangan.

Tipe hybrid, bisa digunakan sepanjang tahun

Tipe hybrid, bisa digunakan sepanjang tahun

Jenis hybrid merupakan tipe yang paling cocok untuk Anda yang ingin menggunakannya sepanjang tahun. Jenis ini cocok digunakan pada cuaca dingin ataupun panas. Jika Anda tinggal di daerah pegunungan, Anda bisa mempertimbangkan tipe hybrid. Namun, karena jenis hybrid memiliki performa yang tinggi, ukurannya lebih besar dan harganya lebih tinggi daripada jenis kompresor.

Tipe semikonduktor, berukuran mini sehingga bisa ditaruh di atas meja

Tipe semikonduktor, berukuran mini sehingga bisa ditaruh di atas meja

Dehumidifier ini bekerja menggunakan metode semikonduktor peltier sehingga sering disebut juga peltier dehumidifier. Jenis semikonduktor ini memiliki desain yang compact dan suara yang senyap. Oleh karena itu, alat ini ideal diletakkan di atas meja, lemari, atau di samping tempat tidur.


Namun, tipe ini kurang dapat berfungsi dengan baik saat suhu udara rendah, misalnya saat cuaca sangat dingin. Selain itu, karena bentuknya kecil, jenis ini juga tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk melembapkan keseluruhan ruangan. Jadi, gunakanlah tipe semikonduktor ini hanya sebagai dehumidifier tambahan saja.

Perhatikan kapasitas dehumidifier sesuai dengan luas ruangan

Perhatikan kapasitas dehumidifier sesuai dengan luas ruangan
Dehumidifier memiliki kapasitas jangkauan yang berbeda-beda tergantung spesifikasi produk dan besar kecilnya ruangan. Sebagai patokan, dehumidifier berkapasitas 4–6 liter pas untuk ruangan kecil. Lalu, untuk dehumidifier berkapasitas 6–8 liter dapat menjangkau ruangan yang lebih luas. Perlu diperhatikan juga bahwa jangkauan dehumidifier antara bangunan tembok/beton dengan kayu juga berbeda.

Jika Anda menggunakan dehumidifier sebagai pengering pakaian, berarti Anda membutuhkan kapasitas jangkauan yang luas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih dehumidifier berkapasitas besar.

Gunakan tangki drainase 2 liter atau lebih jika dehumidifier digunakan saat tidur

Gunakan tangki drainase 2 liter atau lebih jika dehumidifier digunakan saat tidur

Jika kapasitas tangki drainase kecil, air di dalam tangki harus sering dibuang. Jika Anda ingin menyalakan dehumidifier selagi Anda tidur atau pergi keluar, pilihlah produk dengan kapasitas 2–3 liter. Namun, makin besar tangki, makin besar juga ukuran dehumidifier-nya

Perhatikan kemudahan penggunaan

Perhatikan kemudahan penggunaan

Kemudahan penggunaan alat juga penting Anda perhatikan karena dehumidifier digunakan setiap hari. Pastikan tangki drainase dehumidifier memiliki bentuk yang mudah untuk membuang air. Anda dapat mengecek tangkinya memiliki pegangan yang mudah dipegang atau tidak dan saluran pembuangannya besar atau tidak. Anda dapat mencari tahu informasi tersebut lewat review di internet atau datang langsung ke offline store untuk memastikan.

Periksa juga fitur tambahannya

Anda telah mempelajari dasar-dasar memilih dehumidifier. Sekarang, kami akan memperkenalkan beberapa fitur tambahan dehumidifier!

Deodoran/deodorizer, mencegah bau apak

Deodoran/deodorizer, mencegah bau apak

Bau apak sering dikhawatirkan muncul saat musim hujan atau suhu udara lembap. Untuk itu, penting memilih produk dengan fungsi deodorizer karena dapat membantu menekan bau lembap yang mengganggu. Dehumidifier dengan fungsi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengeringkan ruangan, tetapi juga untuk menghilangkan bau lemari.

Pengaturan arah angin, mempercepat pengeringan

Pengaturan arah angin, mempercepat pengeringan

Jika Anda ingin mengeringkan pakaian dengan lebih efisien, pilihlah produk dengan fitur pengaturan arah angin. Pilihlah fitur untuk mengatur keluaran udara ke kiri dan kanan sesuai dengan posisi cucian. Selain itu, Anda juga bisa mengatur embusan angin ke bawah dan ke atas sehingga pakaian menjadi cepat kering. 


Jika Anda sering mengeringkan cucian dalam jumlah banyak, pilihlah mode otomatis. Fungsi ini dapat mengeringkan cucian Anda dengan mengembuskan udara secara acak serta menyesuaikan arah angin.

Timer dan mode senyap, cocok diaplikasikan saat tidur atau hendak bepergian

Timer dan mode senyap, cocok diaplikasikan saat tidur atau hendak bepergian

Jika Anda ingin mengurangi kelembapan kamar pada waktu tidur atau ketika bepergian keluar, fungsi timer sangat diperlukan. Dengan fitur timer, Anda dapat mengatur untuk menyalakan alat selama satu jam, dua jam, atau bahkan delapan jam


Jika Anda ingin tidur tanpa terganggu suara dehumidifier, pilihlah produk yang dilengkapi mode senyap atau mode tidur. Jadi, sebelum membeli, pastikan produk yang Anda pilih memiliki fitur tersebut ya.

10 Rekomendasi dehumidifier terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk dehumidifier terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Gambar produk
1
Notale  Mini Dehumidifier 1

Notale

2
Deerma  Electric Mini Dehumidifier 1

Deerma

3
Tissor LEKA Dehumidifier 1

Tissor

4
Notale  Dehumidifier Suvo 1

Notale

5
Notale  Dehumidifier Milzu 1

Notale

6
Kris Dehumidifier 10 Ltr  1

Kris

7
Stadler Form  Albert Air Dehumidifier 1

Stadler Form

8
Kris  Dehumidifier 1

Kris

9
Stadler Form  Albert Little Air Dehumidifier 1

Stadler Form

10
GEA Refrigerated Dehumidifier (Dryer) 1

GEA

Nama produk

Mini Dehumidifier

Electric Mini Dehumidifier

LEKA Dehumidifier

Dehumidifier Suvo

Dehumidifier Milzu

Dehumidifier 10 Ltr

Albert Air Dehumidifier

Dehumidifier

Albert Little Air Dehumidifier

Refrigerated Dehumidifier (Dryer)

Keunggulan

Dehumidifier yang pas untuk ruangan minimalis

Pastikan bahan makanan yang Anda simpan tetap kering dan bebas jamur

Atasi lembap di lemari dengan dehumidifier mungil ini

Dehumidifier portable yang mudah dioperasikan

Tingkat kelembapan terjaga dan mesin tetap aman dengan fitur auto defrost

Dehumidifier yang ramah lingkungan dengan handle ergonomis

Distribusi udara makin optimal dengan fitur swing mode

Fitur auto off dehumidifier ini bikin hemat energi

Ekstrak kelembapan 10 liter per hari dengan mesin yang tidak berisik

Dehumidifier skala besar dengan double turbin fan

Harga mulai dariRp 248.750,00Rp 400.000,00Rp 989.900,00Rp 839.000,00Rp 4.050.000,00Rp 2.499.000,00Rp 7.600.000,00Rp 2.999.000,00Rp 6.250.000,00Rp 25.850.000,00
JenisSemikonduktorSemikonduktorKompresorKompresorHybridHybridHybrid HybridKompresor Hybrid
Kapasitas0,15 liter0,15 liter1 liter1,1 liter20 liter10 liter20 liter16 liter2 liter168 liter
Cakupan areaTidak ada keterangan5 m²15 m²<15 m²30-60 m²25 m²70 m²30 m²40 m²Tidak ada keterangan
Ukuran11,4 cm x 5 cm x 17,4 cm7,5 cm x 7,5 cm x 20,6 cm15 cm x 15 cm x 23,2 cm15,3 cm x 15,3 cm x 24 cm36,6 cm x 22 cm x 61,3 cm25 cm x 23 cm x 38 cm 35 cm x 25,2 cm x 65,5 cm 30,3 cm x 19,3 cm x 46,8 cm 29,8 cm x 21,6 cm x 55,5 cm60 cm x 40,5 cm x 161,2 cm
Fungsi tambahanHumidity indicator, portableInfrared sensorIndicator lamp, auto off, ultra quiet, night lightNight light, auto off, ultra quiet, auto defrostAuto off, connect with Smart Life app, auto defrost, child lockFreon CFC free, auto off, humidity regulatorHygrostat, automatic shut-off, timer, swing modeFreon CFC free, auto offQuiet mode, hygrostat, automatic shut-off, swing modeStart-up time set, error indicator, automatic defrosting
Tautan produk
10

GEARefrigerated Dehumidifier (Dryer)

CFZ-7/S

Mulai dari Rp 25.850.000,00

JenisHybrid
Kapasitas168 liter
Cakupan areaTidak ada keterangan
Ukuran60 cm x 40,5 cm x 161,2 cm
Fungsi tambahanStart-up time set, error indicator, automatic defrosting
9

Stadler Form Albert Little Air Dehumidifier

Mulai dari Rp 6.250.000,00

JenisKompresor
Kapasitas2 liter
Cakupan area40 m²
Ukuran29,8 cm x 21,6 cm x 55,5 cm
Fungsi tambahanQuiet mode, hygrostat, automatic shut-off, swing mode
8
JenisHybrid
Kapasitas16 liter
Cakupan area30 m²
Ukuran30,3 cm x 19,3 cm x 46,8 cm
Fungsi tambahanFreon CFC free, auto off
7

Stadler Form Albert Air Dehumidifier

Mulai dari Rp 7.600.000,00

JenisHybrid
Kapasitas20 liter
Cakupan area70 m²
Ukuran35 cm x 25,2 cm x 65,5 cm
Fungsi tambahanHygrostat, automatic shut-off, timer, swing mode
6
JenisHybrid
Kapasitas10 liter
Cakupan area25 m²
Ukuran25 cm x 23 cm x 38 cm
Fungsi tambahanFreon CFC free, auto off, humidity regulator
5

Notale Dehumidifier Milzu

NTL-MZ989

Mulai dari Rp 4.050.000,00

JenisHybrid
Kapasitas20 liter
Cakupan area30-60 m²
Ukuran36,6 cm x 22 cm x 61,3 cm
Fungsi tambahanAuto off, connect with Smart Life app, auto defrost, child lock
4

Notale Dehumidifier Suvo

NTL-DH2

Mulai dari Rp 839.000,00

JenisKompresor
Kapasitas1,1 liter
Cakupan area<15 m²
Ukuran15,3 cm x 15,3 cm x 24 cm
Fungsi tambahanNight light, auto off, ultra quiet, auto defrost
3
JenisKompresor
Kapasitas1 liter
Cakupan area15 m²
Ukuran15 cm x 15 cm x 23,2 cm
Fungsi tambahanIndicator lamp, auto off, ultra quiet, night light
2

Deerma Electric Mini Dehumidifier

DEM-CS90M

Mulai dari Rp 400.000,00

JenisSemikonduktor
Kapasitas0,15 liter
Cakupan area5 m²
Ukuran7,5 cm x 7,5 cm x 20,6 cm
Fungsi tambahanInfrared sensor
1

Notale Mini Dehumidifier

NTL-MD1

Mulai dari Rp 248.750,00

JenisSemikonduktor
Kapasitas0,15 liter
Cakupan areaTidak ada keterangan
Ukuran11,4 cm x 5 cm x 17,4 cm
Fungsi tambahanHumidity indicator, portable

Tips seputar penggunaan dehumidifier

Dehumidifier biasanya digunakan di dalam rumah, kantor, dan pabrik. Alat ini sangat membantu Anda untuk mengontrol kelembapan udara di ruangan. Namun, terkadang energi listrik yang digunakan pun terlalu besar.


Untuk itu, kami akan memberikan tips penggunaan dehumidifier agar lebih efisien. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan saran terbaik apabila lemari di rumah Anda lembap. Yuk, langsung simak penjelasannya berikut ini.

Gunakan bersama kipas angin untuk penggunaan yang lebih efisien

Gunakan bersama kipas angin untuk penggunaan yang lebih efisien

Untuk mengurangi tagihan listrik, nyalakanlah alat elektronik hanya ketika diperlukan saja. Untuk mengatur sirkulasi udara, Anda bisa menggunakan dehumidifier secara lebih efisien bersamaan dengan AC atau kipas angin. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fungsi timer untuk menghemat tagihan listrik.

Jangan lupa untuk memeriksa kelembapan pada lemari pakaian Anda

Jangan lupa untuk memeriksa kelembapan pada lemari pakaian Anda

Saat udara sedang sangat lembap, kelembapan juga bisa terjadi di area tertutup seperti lemari pakaian. Lembap di lemari pakaian dapat menimbulkan jamur yang bisa menyebabkan bau apak. Untuk mencegah hal tersebut, kami sarankan untuk menggunakan penyerap lembap atau antijamur di lemari Anda

Baca juga rekomendasi penyaring udara lainnya di sini

Selain menghilangkan kelembapan dengan dehumidifier, Anda juga bisa membuat udara di ruangan Anda menjadi lebih segar. Untuk itu, silakan baca artikel penyaring udara lainnya di sini!

 

Kesimpulan

Kami telah mengulas rekomendasi produk dehumidifier untuk Anda. Pilihlah produk yang sesuai dengan besar ruangan agar dehumidifier dapat bekerja secara optimal. 


Selain itu, perhatikan juga kemudahan perawatan dan fungsi tambahan pada dehumidifier. Fungsi-fungsi tersebut akan membuat penggunaan dehumidifier menjadi lebih mudah. Udara di ruangan Anda pun jadi lebih segar dan bebas lembap. Selamat menemukan produk dehumidifier terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, air purifier menjadi pembersih udara ruangan yang sering dicari di pasaran. Jenis yang dicari pun beragam. Ada air purifier kecil untuk mobil dan ada air purifier besar untuk diletakkan di ruangan. Ada pula produk air purifier yang dilengkapi berbagai fitur, salah satunya filter HEPA.Anda akan menemukan banyak merek air purifier terbaik yang bagus, seperti Samsung, Xiaomi, hingga Phillips. Ada pula merek lain, seperti Daikin, Panasonic, Sharp yang khas karakteristiknya. Kami telah mengulas semuanya itu di sini untuk Anda. Selamat membaca!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kipas angin dinding sering dipasang di ruangan kelas, kamar tidur, atau warung makan. Seperti namanya, kipas ini dipasang di dinding sehingga ideal untuk ruangan kecil. Selain hemat tempat, daya tarik kipas ini adalah harganya yang terjangkau. Kipas ini identik dengan tali yang menjulur ke bawah untuk menyalakannya. Namun, kini ada kipas dinding tipe remote juga, lho.Kali ini, kami akan mengulas keunggulan, tips memilih, hingga rekomendasi kipas angin dinding terbaik. Merek kipas ternama yang bagus, seperti Cosmos, Panasonic, Maspion, Miyako, dan Sanex juga ada dalam rekomendasi kami. Yuk, simak pembahasannya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Air cooler adalah penyejuk ruangan yang fleksibel dan bisa melembapkan udara. Dibandingkan dengan AC, air cooler lebih ramah lingkungan. Udara yang dihasilkan air cooler juga lebih sejuk daripada kipas angin. Karena digemari masyarakat, merek seperti SHARP, Midea, dan Krisbow berlomba-lomba menawarkan air cooler yang bagus.Dengan banyaknya air cooler di pasaran, Anda mungkin jadi bingung dalam memilih. Tenang saja. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih air cooler. Review produk air cooler terbaik juga akan kami ulas setelahnya. Simak pembahasannya dan temukan air cooler terbaik untuk menyejukkan kamar Anda!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di negara tropis membuat Anda harus bersahabat dengan cuaca panas sepanjang hari. AC tentu bisa menyejukkan rumah Anda, tetapi bagaimana jika listrik rumah Anda terbatas? Kipas angin adalah alternatif yang bisa Anda coba.Harga yang terjangkau dan hemat listrik menjadi kelebihan dari kipas angin. Anda bisa memilih merek lokal yang bagus, seperti Cosmos, Maspion, Miyako, atau bahkan merek luar negeri. Kini, kami akan membantu Anda memilih kipas angin terbaik. Baca sampai habis dan temukan rekomendasi produk terbaik dari kami!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kipas angin portabel sangat berguna saat berada di kantor maupun di luar ruangan ketika cuaca panas. Ada banyak kipas mini portabel dengan keunikan masing-masing, mulai dari yang bisa dicas menggunakan USB, suaranya tenang, hingga mengeluarkan mist. Lantas, produk seperti apa yang Anda perlukan?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kipas angin portabel dan merekomendasikan produk-produk populer, seperti kipas merek ROBOT, Krisbow, MINISO, dan lainnya. Kami juga akan mengulas kipas angin mini dengan suara tenang dan dapat digunakan di mana saja. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak merek AC yang bagus, seperti SHARP, LG, dan Panasonic. Produk-produk tersebut tentunya memiliki spesifikasi yang beragam. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari 2 jutaan hingga 3 jutaan. AC seperti apa yang tepat untuk Anda?Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli AC. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi. Jika sedang mencari AC untuk rumah Anda, silakan baca artikel ini. Selamat menemukan AC yang cocok!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Cosmos Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Cosmos Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cosmos adalah merek elektronik lokal yang banyak diminati di Indonesia. Salah satu produk unggulannya yang populer adalah kipas angin. Hingga kini, Cosmos telah memproduksi berbagai jenis kipas angin terbaik dan berkualitas. Agar Anda tidak penasaran, artikel ini akan membahas lebih lanjut seputar kipas angin Cosmos.Untuk memudahkan Anda saat membeli, kami juga telah menyiapkan tips memilihnya. Simak juga rekomendasi kipas angin Cosmos yang bagus dari berbagai tipe atau seri. Anda bisa menemukan kipas angin Cosmos Wadesta 3 in 1, Twino, ONY, dan lainnya. Simak sampai akhir, ya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori