• 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Udara lembap merupakan masalah umum di hunian-hunian penduduk beriklim tropis seperti Indonesia. Jika tidak terkontrol, udara lembap menyebabkan tumbuhnya lumut, jamur, serta berkembang biaknya bakteri di ruangan.

Kehadiran alat seperti dehumidifier mampu meminimalisir kelembapan, lewat kerjanya yang sanggup menyerap udara lembap dan memprosesnya menjadi air. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih jauh mengenai dehumidifier kepada Anda, terkait cara kerja, fungsi, dan merekemondasikan produk terbaik untuk Anda. Simaklah artikel ini sampai habis.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 9.321 Views
Daftar isi

Cara memilih dehumidifier

Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, dehumidifier digunakan untuk mengurangi kelembapan udara. Sedangkan di negara-negara empat musim, ada dehumidifier yang berfungsi untuk menyerap dingin, dan mengubahnya menjadi udara panas. Namun, dalam artikel berikut, Anda akan diajak untuk lebih mengenal dehumidifier yang umum digunakan di Indonesia.

Apa itu dehumidifier?

Apa itu dehumidifier?
Dehumidifier merupakan alat elektronik yang dapat menurunkan kelembapan udara dengan mengubah udara lembap menjadi air. Alat ini biasanya ditempatkan pada ruangan yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.
Sebenarnya, penggunaan Air Conditioner dapat membantu menyelamatkan tingkat kelembapan ruangan dengan mengeluarkannya ke luar (metode sirkulasi udara). Sayang, mesin ini lebih berfungsi sebagai pendingin daripada pemutar sirkulasi udara di dalam ruangan. Udara dingin dari AC ini juga memungkinkan bertambahnya kelembapan dalam ruangan.

Cara kerja dehumidifier

Cara kerja dehumidifier
Dehumidifier mampu mengubah molekul udara yang lembap menjadi tetesan air lewat koil pendingin dan kipas yang tertanam di dalamnya. Kandungan air di udara dikentalkan menjadi tetesan air yang kemudian dijatuhkan pada wadah penampung yang biasa disebut collecting bucket.
Kerja dehumidifier yang lain adalah menyedot hawa panas atau lembap menjadi hawa sejuk. Hal tersebut terus berulang selama mesin dehumidifier masih menyala.

Kapasitas dehumidifer harus disesuaikan

Kapasitas dehumidifer harus disesuaikan
Pada umumnya, mesin dehumidifier berhenti bekerja jika collecting bucket (wadah yang berisi air hasil kondensasi) telah penuh. Jadi, Anda perlu membuang air yang ada di dalam wadah agar dapat mengoperasikannya kembali.
Kapasitas tersebut mewakili seberapa banyak ekstraksi udara lembap menjadi air yang dapat dilakukan dehumidifier dalam sehari. Mari mengambil contoh dehumidifier berkapasitas 6 liter/hari dan dehumidifier berkapasitas 18 liter/hari.
Dehumidifier ukuran 6 liter/hari dapat mengubah udara lembap menjadi air sebanyak 500 ml per jam. Sedangkan dehumidifier 18 liter/hari dalam satu jam dapat mengubah udara menjadi air sebanyak 1,5 liter per jam. Jadi, pilihlah dehumidifier berkapasitas besar jika Anda ingin mengurangi tingkat kelembapan lebih cepat.

Dehumidifier dapat jadi pengering pakaian di ruangan tertutup

Dehumidifier dapat jadi pengering pakaian di ruangan tertutup
Dehumidifier juga dapat digunakan untuk mengeringkan cucian saat musim hujan atau ketika Anda berhadapan dengan tidak tersedianya tempat untuk menjemur pakaian. Tapi, dehumidifier mempunyai kemampuan terbatas untuk pekerjaan yang satu ini.
Jumlah pakaian yang akan dikeringkan tentu tidak bisa terlalu banyak. Anda juga perlu mengatur posisi tinggi dan jarak dehumidifier dengan cucian agar dapat bekerja secara optimal. Lebih jauh lagi, jika memang Anda berniat untuk menjadikan dehumidifier sebagai alat pengering cucian, pilihlah mesin yang memiliki fungsi menekan pertumbuhan bakteri agar pakaian tidak bau, dan segar ketika dipakai.

Periksa fungsi dari tombol-tombol dehumidifier

Periksa fungsi dari tombol-tombol dehumidifier
Semakin canggih sebuah alat, maka semakin sulit untuk mengoperasikannya. Mengerti fungsi-fungsi tombol pada dehumidifier adalah poin yang penting untuk Anda perhatikan.
Tombol full automatic mode yang ada di humidifier secara otomatis dapat mengatur arah angin dan volume udara. Ada juga beberapa tombol lain yang umum terdapat pada dehumidifier antara lain Quietly Moving, Night Drying Mode, Relaxes with Relief, Timer, serta Mold and Bacteria. Pelajari masing-masing fungsi tombol tersebut sebelum membeli.

Bagaimana konsumsi listrik dehumidifier?

Bagaimana konsumsi listrik dehumidifier?
Makin besar ukuran dehumidifier, biasanya makin besar juga konsumsi listriknya. Dehumidifier untuk kebutuhan di rumah memerlukan daya listrik yang masih wajar, namun tidak tentunya untuk dehumidifier untuk keperluan bisnis (gudang perusahaan atau pariwisata dan perhotelan).
Jika ingin menghemat listrik, Anda dapat menggunakan fungsi timer yang tersedia, untuk meminimalkan penggunaan listrik. Dehumidifier juga dapat dipadukan dengan AC, karena dehumidifier berfungsi untuk menjaga kelembapan dan membuat udara tetap nyaman, sehingga Anda tidak perlu menyalakan AC hingga suhu yang sangat dingin pada cuaca yang panas, yang dapat menyebabkan boros listrik. Namun, semua tetap tergantung dari jenis dan kemampuan tiap produk dehumidifier.

10 Rekomendasi dehumidifier terbaik

Dalam bagian berikut telah kami himpun produk-produk dehumidifier yang pantas untuk Anda gunakan. Pilihlah produk yang paling pas untuk Anda, dengan membandingkan fungsi serta harganya.

10. Excelvan xROW 600A

Rp 745.000,00

9. Zhengzhou Honest SEL-251D

Rp 7.190.000,00

8. Hodgson T8

Rp 2.225.000,00

7. Zhengzhou Honest SEL-381D

Rp 10.950.000,00

5. Chkawai DH-222B

Rp 4.650.000,00

3. Trotec TTK 100 S

Rp 6.500.000,00

2. Stadler Form Albert Little

Rp 6.250.000,00

1. Trotec TTK 90 E

Rp 5.500.000,00

Kesimpulan

Itu tadi rekomendasi produk dehumidifier yang telah kami himpun khusus untuk Anda. Pilihlah produk yang sesuai dengan besar ruangan, agar dehumidifier dapat bekerja secara optimal. Akhir kata, semoga sukses untuk melenyapkan lembap dengan produk yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    183.587 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    98.966 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    120.872 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    97.564 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    75.246 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!
    Elektronik rumah tangga
    81.756 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda ingin mendengarkan musik dengan nyaman, bukankah akan lebih praktis bila Anda menggunakan headphone tanpa kabel? Akhir-akhir ini perusahaan headphone terkenal seperti Bose, Beats, Sony, telah banyak meluncurkan bluetooth headphone dengan berbagai macam spesifikasi, seperti anti air, noise cancelling, dan sebagainya.Karena itu, untuk Anda yang masih bingung memilih bluetooth headphone, kali ini kami akan membahas cara memilih, dan merekomendasikan bluetooth headphone terbaik yang dapat Anda beli secara online. Dari produk yang harganya terjangkau sampai produk dengan harga yang mahal akan kami bahas di artikel ini, jadi silakan jadikan artikel ini sebagai bahan referensi Anda.
    Elektronik rumah tangga
    10.920 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori