• 10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Untuk Anda penggemar musik, Bluetooth audio receiver tentunya tidak asing bagi Anda. Bluetooth receiver ini Anda butuhkan saat Anda terhubung dengan smartphone, PC, audio player, dan ingin menikmati musik kesukaan Anda dengan kualitas suara tinggi. Namun, apakah Anda tahu produk mana yang cocok untuk Anda ?

Maka dari itu, kali ini kami akan memperkenalkan Bluetoth receiver yang kami rekomendasikan langsung untuk Anda. Dengan pilihan yang tepat, Anda bisa menikmati saat-saat Anda mendengarkan musik di rumah, ataupun saat Anda di perjalanan.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 12.584 Views
Daftar isi

Cara memilih Bluetooth receiver

Dalam memilih Bluetooth receiver, ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan. Kami akan menjelaskannya kepada Anda dengan detail.

Pilih jenis codec sesuai dengan kualitas suara yang diharapkan

Ketika mendengarkan musik dengan koneksi Bluetooth, codec merupakan faktor yang menentukan kualitas suara. Kami akan memperkenalkan empat macam jenis codec yang dikenal secara umum.

Codec SBS untuk hampir semua perangkat Bluetooth

Codec SBS untuk hampir semua perangkat Bluetooth
SBC (SubBand Codec) merupakan codec yang paling standar. Kelebihannya adalah codec ini kompatibel dengan hampir seluruh perangkat Bluetooth, namun dengan kualitas suara yang kurang begitu bagus. Ketika terhubung dengan headphone atau perangkat lain dengan jenis codec berbeda, kualitas suara akan dikompres, sehingga hasilnya kurang jernih.
SBC ini juga suaranya suka muncul terlambat, dan bisa menghilang di area dengan frekuensi yang tinggi. Terkadang juga timbul suara bising ketika tidak ada lagu yang terpasang. Untuk Anda yang tidak harus menggunakan koneksi Bluetooth sepanjang waktu, atau untuk Anda yang ingin menggunakan beberapa macam earphone atau headphone dengan jenis codec yang berbeda, Anda dapat menggunakan perangkat Bluetooth dengan jenis codec SBC ini. Namun, jika Anda ingin menikmati musik dengan kualitas suara yang bagus, kami sarankan agar Anda memilih jenis codec yang lain.

Codec AAC diperlukan untuk perangkat iOS

Codec AAC diperlukan untuk perangkat iOS
AAC (Advanced Audio Coding) merupakan codec yang digunakan oleh iPhone, yang dapat mengatasi kekurangan-kekurangan SBC. Untuk rasio kompresi, hampir sama dengan SBC, namun jumlah data yang dapat ditransmisi dalam satu waktu lebih banyak, sehingga suara yang dihasilkan tidak mengalami jeda waktu.
Terlebih lagi, jangkauan frekuensi tingginya juga lebih baik dari SBC, sehingga Anda dapat menikmati musik dengan kualitas suara yang baik. Jika Anda adalah pengguna iOS, memilih Bluetooth receiver dengan codec AAC merupakan hal yang tepat.

Codec aptX untuk perangkat Android

Codec aptX untuk perangkat Android
aptX merupakan codec yang meningkatkan kualitas suara dengan pendekatan yang berbeda dibanding AAC. Keunggulan utamanya adalah, rasio kompresi yang lebih kecil dibanding dengan SBC. Jatuhnya jangkauan juga berkurang, dan tidak ada masalah dalam hal jeda waktu. Bahkan tidak ada gangguan saat Anda menggunakannya untuk menonton film. aptX ini, selain bisa digunakan untuk mendengarkan musik, bisa juga Anda nikmati untuk menonton video.
Versi terbaru dari aptX, yaitu aptXHD juga telah muncul dengan kualitas yang lebih baik. aptXHD ini bisa mengekspresikan perpanjangan suara, sehingga kualitas suara yang dihasilkan juga lebih tinggi. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang menggunakan perangkat Android dan perangkat lainnya dengan resolusi suara yang tinggi.

Kualitas suara tinggi seperti dengan menggunakan kabel! Codec LDAC untuk produk SONY

Kualitas suara tinggi seperti dengan menggunakan kabel! Codec LDAC untuk produk SONY
LDAC merupakan codec khusus yang dikembangkan SONY untuk pemutar audio. Biasanya, perangkat Bluetooth lebih kecil dan disertai dengan menurunkan kualitas suara. Namun, yang menarik dari LDAC ini adalah kualitas suaranya sebanding dengan suara yang dihasilkan oleh perangkat audio yang tersambung langsung dengan kabel.
Kekurangannya adalah, player dan smartphone yang digunakan tidak kompatibel dengan LDAC, jika tidak menggunakan produk SONY. Untungnya, SONY sedang mengembangkan LDAC, sehingga akan lebih banyak perangkat yang kompatibel untuk dipakai. Jika perangkat Anda sudah sesuai, Anda tidak perlu khawatir akan hal ini.

Pilih versi yang kompatibel dengan jarak koneksi dan perangkat yang sesuai

Pilih versi yang kompatibel dengan jarak koneksi dan perangkat yang sesuai
Tersedia versi 1.1 sampai 5.0 dalam standar koneksi Bluetooth, dengan versi terbaru dikatakan memiliki daya pengisian yang lebih baik. Namun, ketika Bluetooth versi terbaru muncul, jarak koneksi menjadi lebih panjang. Dengan semakin banyaknya jenis perangkat yang kompatibel, belum tentu daya pengisiannya lebih baik.
Walaupun versi terakhir memiliki kualitas suara yang lebih baik, masih ada beberapa perangkat yang belum dapat mendukung versi terbaru. Jadi, pilihlah setelah mempertimbangkan keseimbangan perangkat yang ingin Anda gunakan. Sangat cocok jika ada jarak koneksi yang cukup, yang sesuai dengan perangkat yang akan digunakan.

Full charge dan daya tahan lebih dari 7 jam sangatlah direkomendasikan

Full charge dan daya tahan lebih dari 7 jam sangatlah direkomendasikan
Idealnya, baterai Bluetooth receiver memiliki waktu 7 jam atau lebih dengan kondisi terisi penuh. Tidak mungkin Anda bisa menggunakannya jika kehabisan baterai.
Pertimbangkan berapa lama Anda menggunakan, dengan tambahan waktu 1 sampai 2 jam. Pengisian baterai yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan. Jadi pilihlah yang daya tahannya lama, serta dapat digunakan terus menerus.

Pilih jarak koneksi yang sesuai dengan penggunaan Anda

Pilih jarak koneksi yang sesuai dengan penggunaan Anda
Memeriksa jarak koneksi yang sesuai dengan penggunaan juga menjadi hal yang penting, seperti saat di rumah atau luar rumah. Jika Anda menghubungkannya dengan perlengkapan audio dan elektronik lainnya di rumah, sebaiknya Anda memilih produk yang koneksinya lebih panjang, agar lebih nyaman untuk digunakan.
Biasanya jarak koneksi sekitar 10m sampai 100m, untuk yang panjang koneksinya. Tidak akan menjadi masalah bila Anda menggunakan yang 10 m saat Anda di luar rumah, dan untuk yang 100 m tentunya akan lebih nyaman digunakan di rumah. Jadi, pilihlah receiver yang jarak koneksinya sesuai dengan keperluan Anda.

Cari yang beratnya 90-100gr supaya mudah dibawa

Cari yang beratnya 90-100gr supaya mudah dibawa
Jika Anda menggunakan Bluetooth receiver saat Anda di luar rumah, lebih baik memilih Bluetooth receiver yang ringan, agar mudah dibawa kemanapun Anda pergi. Berat receiver antara 90-100gr atau kurang, akan menjadi pilihan yang tepat, karena ringan dan tidak menambah beban bawaan Anda.
Selain berat yang ringan, ukuran Bluetooth receiver juga menjadi hal yang penting. Semakin ringkas, semakin mudah dibawa. Jadi, sebelum membeli receiver, perhatikan berat dan juga ukuran produk tersebut.

10 Rekomendasi Bluetooth audio receiver terbaik

Kini kami akan merekomendasikan 10 Bluetooth audio receiver terbaik versi kami. Semoga bisa membantu menentukan perangkat yang tepat untuk Anda.

10. UGREEN Bluetooth Music Receiver

Rp 275.000,00

9. USTORE Hands-Free Bluetooth Receiver

Rp 66.000,00

8. XCSOURCE Bluetooth Stereo Audio Receiver

Rp 161.000,00

7. Longwen Sports Wireless Bluetooth Headphones Audio Receiver Adapter

Rp 75.000,00

6. Xiaomi Audio Receiver

Rp 295.000,00

5. KAT BT4823 Car Bluetooth

Rp 154.777,00

4. Vention S08 Wireless Bluetooth Audio Receiver

Rp 251.300,00

3. JBS Bluetooth Music Receiver

Rp 21.000,00

2. Logitech Bluetooth Audio Receiver

Rp 729.000,00

1. Tokuniku B6 2 in 1 Wireless Bluetooth Transmitter & Receiver

Rp 225.000,00

Kesimpulan

Kemajuan teknologi berkembang dengan pesat. Setiap waktu, banyak bermunculan produk dengan performa yang tinggi dan harga yang bersaing. Dalam membeli produk digital, Anda tidak perlu terburu-buru. Pilihlah yang terbaik yang sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.
Bagaimana pendapat Anda terhadap 10 rekomendasi Bluetooth receiver yang telah kami pilih? Semoga setelah Anda membaca artikel ini, Anda bisa menemukan perangkat yang sesuai dengan keinginan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik untuk Self Cut (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik untuk Self Cut (Terbaru Tahun 2020)
    Anda yang memiliki anak laki-laki pasti mengalami betapa seringnya Anda harus mengantar mereka pergi ke salon atau tukang cukur karena rambut mereka yang cepat panjang. Demikian juga dengan para pria dewasa, hitunglah seberapa sering Anda harus pergi ke salon dalam setahun. Cukup boros dan kurang efisien, bukan?Sebenarnya Anda bisa berhemat tanpa perlu ke salon untuk mencukur rambut dengan cara mencukur rambut sendiri. Kali ini, kami akan memperkenalkan alat cukur rambut untuk pencukuran sendiri, Anda dapat mencukur rambut sendiri di rumah dan kapan saja. Yuk disimak artikel berikut yang akan mengulas cara memilih alat cukur dan lihat juga rekomendasi alat cukur yang kami pilihkan untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    17.146 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    108.824 Views
  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda ingin dapat menonton program televisi favorit dengan kualitas gambar terlihat lebih detail dan nyata? Jika ya, pilihlah Smart TV dengan resolusi 4K atau biasa disebut juga ultra high definition (UHD). Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi.Kami akan merekomendasikan berbagai produk terbaik Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuhkan. Mari simak terus sampai habis!
    Elektronik rumah tangga
    44.260 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    55.812 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    54.968 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat penting untuk menyimpan bahan makanan agar tahan selama berhari-hari. Produsen seperti Hitachi, Toshiba, dan Panasonic berlomba untuk menghadirkan kulkas dengan berbagai fitur untuk para konsumennya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Tentukan ukuran dan kapasitas kulkas berdasarkan jumlah pengguna pada saat memilih produk pilihan kami. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    35.101 Views
  • 10 Rekomendasi Lampu USB Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lampu USB Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tak jarang pekerjaan mungkin menuntut Anda untuk lembur hingga larut malam. Untuk mendapatkan pencahayaan lebih baik untuk area tertentu, misalnya hanya di sekitar laptop saja, kini sudah ada lampu USB. Disebut sebagai lampu USB karena dapat dinyalakan dengan sumber daya dari USB port. Anda bisa mendapatkan pencahayaan tambahan dengan praktis.Untuk membantu Anda menemukan lampu USB yang cocok, kami akan membahas cara memilihnya, kemudian merekomendasikan produk terbaik dari IKEA, Remax, Xiaomi atau produsen lainnya. Simak artikel ini sampai tuntas agar Anda memperoleh informasi yang utuh. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    1.101 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori