• 10 Bluetooth Audio Receiver Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Bluetooth Audio Receiver Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Bluetooth Audio Receiver Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Bluetooth Audio Receiver Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Bluetooth Audio Receiver Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Bluetooth Audio Receiver Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Bluetooth audio receiver memungkinkan Anda menyambungkan perangkat non-wireless ke perangkat Bluetooth tanpa kabel. Alat ini memiliki jenis codec seperti SBC, AAC, LDAC, dan aptX yang memengaruhi kualitas suaranya. Ada juga versi Bluetooth dengan berbagai luas jangkauan yang perlu Anda pertimbangkan.


Tersedia rekomendasi berbagai merek receiver Bluetooth yang bagus, seperti Logitech, PX, Robot, Baseus, dan Mcdodo. Tips memilih USB Bluetooth audio receiver juga ada. Kami berkolaborasi dengan sound engineer Dennis Novriandi dalam artikel ini. Simak ulasan lengkapnya di bawah, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dennis Novriandi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 20 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Sound engineer, Dennis Novriandi

Profil pakar: Sound engineer, Dennis Novriandi
Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio.


Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Fungsi Bluetooth audio receiver

Fungsi Bluetooth audio receiver

Secara umum, Bluetooth audio receiver bertugas menerima sinyal Bluetooth untuk mengalirkan audio dari perangkat non-wireless. Anda dapat memasangkannya ke perangkat analog maupun digital yang tidak mendukung koneksi Bluetooth. Receiver ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan lagu, podcast, atau audio lain dan memutarnya di speaker.


Alat ini bisa membuat perangkat audio Anda menjadi wireless dan bisa dikontrol menggunakan sistem Bluetooth. Anda pun dapat menikmati kemudahan kontrol nirkabel tanpa perlu menyambungkan ponsel ke speaker saat hendak mendengarkan musik.

Tabel perbandingan produk Bluetooth audio receiver terbaik

Gambar produk
1
Baseus Car Bluetooth Receiver Aux 3.5MM Wireless Audio Receiver 1

Baseus

2
Robot Bluetooth Receiver 1

Robot

3
Mcdodo Bluetooth Car Receiver AUX 1

Mcdodo

4
Ugreen Bluetooth 5.0 Audio RCA Receiver 1

Ugreen

5
USAMS  Car Digital Display FM Wireless Audio Receiver 1

USAMS

6
PX BRX-3600 1

PX

7
M-Tech Bluetooth Audio Music Receiver 1

M-Tech

8
ORICO Technologies Car Bluetooth Audio Receiver 1

ORICO Technologies

9
TP-Link Bluetooth Music Receiver 1

TP-Link

10
Logitech USB Bluetooth Audio Receiver 1

Logitech

Nama produk

Car Bluetooth Receiver Aux 3.5MM Wireless Audio Receiver

Bluetooth Receiver

Bluetooth Car Receiver AUX

Bluetooth 5.0 Audio RCA Receiver

Car Digital Display FM Wireless Audio Receiver

BRX-3600

Bluetooth Audio Music Receiver

Car Bluetooth Audio Receiver

Bluetooth Music Receiver

USB Bluetooth Audio Receiver

Keunggulan

Dilengkapi tombol handsfree untuk memastikan keamanan berkendara

Teknologi decoding audio professional untuk hasilkan suara Hi-Fi

Koneksi stabil dan kecepatan lebih baik berkat Bluetooth versi 5.1

Makin puas dengan receiver yang bisa memutar musik di dua speaker sekaligus

USB Bluetooth audio receiver multifungsi yang bisa dijadikan transmitter

Dengan tiga mode, lebih banyak fungsi dan koneksi

Compact dan lightweight, praktis untuk pribadi dengan mobilitas tinggi

Kualitas timbre terjamin, Anda jadi bisa mendengar suara asli musik favorit

Pairing lebih mudah berkat fitur Near Field Communication

Bluetooth multipoint untuk tersambung dengan ponsel dan komputer

Harga mulai dariRp 215.000,00Rp 202.000,00Rp 99.500,00Rp 259.500,00Rp 179.000,00Rp 499.000,00Rp 35.000,00Rp 271.000,00Rp 325.000,00Rp 729.000,00
Codec yang didukungTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSBC, AAC, aptX, aptX LLTidak disebutkanaptX, aptX LL, aptX HD, AAC, SBCTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan6,66 cm x 6,66 cm x 2,4 cm7,4 cm x 2,35 cm x 1,41 cm (tanpa kabel)Tidak disebutkanTidak disebutkan4,3 cm x 1,8 cm6,65 cm x 6,05 cm x 1,85 cm5 cm x 5 cm x 2,3 cm
Versi BluetoothBluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.1Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 4.2Bluetooth 4.1Bluetooth 4.1Bluetooth 3.0
Profil BluetoothTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanAVRCP, A2DP, HFP, HSPTidak disebutkanA2DP dan AVRCPTidak disebutkanTidak disebutkanA2DPA2DP
Waktu pemutaran< 10 jam10 jamTidak disebutkan8 jamTidak disebutkan20 jam (mode receiver) atau 15 jam (mode transmitter)8 jamTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Jangkauan koneksi< 10 meter10 meterTidak disebutkan10 meter≤10 meter100 meter (transmitter), 30 meter (receiver)Tidak disebutkan10 meter20 meter15 meter
Tautan produk

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih Bluetooth audio receiver

Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat memilih receiver Bluetooth? Berikut ini kami akan menjelaskan tiap poin secara detail. Simak sampai akhir, ya!

Sesuaikan jenis codec berdasarkan kualitas suara yang diinginkan

Ketika mendengarkan musik dengan koneksi Bluetooth, codec merupakan faktor yang menentukan kualitas suara. Di bawah ini kami akan mengulas empat jenis codec yang paling sering digunakan.

SBC: Kompatibel dengan hampir semua perangkat Bluetooth

SBC: Kompatibel dengan hampir semua perangkat Bluetooth
SBC (SubBand Codec) merupakan codec yang paling sering digunakan. Codec ini sangat serbaguna dan kompatibel dengan hampir seluruh perangkat Bluetooth. Namun, kualitas suara yang dihasilkan codec ini standar dan kurang bagus bila dibandingkan codec lain. Jika deskripsi produk yang Anda beli tidak mencantumkan jenis codec-nya, kemungkinan besar produk tersebut menggunakan codec SBC.

Namun, kualitas audio dengan codec SBC terkadang sedikit tidak konsisten. Hal ini biasanya terjadi pada perangkat Bluetooth yang harganya cenderung murah.

AAC: Sering digunakan oleh pengguna iPhone

AAC: Sering digunakan oleh pengguna iPhone
AAC (Advanced Audio Coding) merupakan codec yang banyak digunakan oleh perangkat iPhone. Rasio kompresinya hampir sama dengan SBC, tetapi jumlah transmisi data dalam satu waktunya lebih banyak. Suara yang dihasilkannya pun tidak mengalami delay atau jeda waktu yang terlalu lama.

Selain itu, jangkauan frekuensi tinggi (treble) pada codec ini juga lebih baik dari SBC. Dengan begitu, Anda dapat menikmati musik dengan kualitas suara yang jauh lebih baik. Jika Anda adalah pengguna iOS, memilih receiver Bluetooth dengan codec AAC merupakan hal yang tepat.


Codec ini sering digunakan pada masa sekarang karena efisiensi kompresi file size-nya. Codec AAC cocok digunakan saat streaming karena ukuran file-nya yang kecil. Namun, dari segi audio quality, codec SBC masih lebih bagus ketimbang AAC. Selain itu, codec ACC masih menggunakan CPU dalam processing time-nya.

aptX: Bisa memutar video audio tanpa gangguan

aptX: Bisa memutar video audio tanpa gangguan
aptX merupakan codec yang meningkatkan kualitas suara dengan pendekatan yang berbeda dari AAC. Keunggulan utamanya yaitu rasio kompresi yang lebih kecil dibandingkan SBC.


aptX lebih bagus dari pada SBC karena peningkatan bitrate-nya senilai 384 sedangkan SBC hanya 345. Rentang suara yang dihasilkan pun cenderung tidak berkurang dan hampir tidak ada delay. Anda juga dapat menggunakannya untuk memutar video tanpa gangguan.


Codec ini juga memiliki dua versi lain, yaitu aptX HD dan aptX LL. aptX HD menghasilkan kualitas suara yang lebih bagus dan ideal untuk perangkat yang mendukung sumber suara beresolusi tinggi. Sementara itu, aptX LL memiliki delay yang lebih rendah dan cocok digunakan saat bermain game atau menonton video.

LDAC: Menghasilkan suara berkualitas tinggi layaknya menggunakan kabel

LDAC: Menghasilkan suara berkualitas tinggi layaknya menggunakan kabel
LDAC merupakan codec khusus yang dikembangkan oleh SONY untuk pemutar audio. Biasanya, kualitas suara yang dihasilkan oleh perangkat tanpa kabel seperti Bluetooth akan mengalami penurunan suara. Namun, LDAC menghasilkan suara berkualitas tinggi yang sebanding dengan perangkat audio yang tersambung menggunakan kabel.

Beberapa codec lain mempunyai limit pada 24 bit bitrate dan 48 khz sample rate. Namun, LDAC mempunyai kemampuan untuk streaming pada 32 bit/96 khz menggunakan Bluetooth up to 990 kbps. Nilai ini tiga kali lipat dari aptX.


Awalnya, codec ini hanya kompatibel dengan perangkat buatan SONY saja. Kini, codec LDAC sudah bisa digunakan oleh perangkat Android dengan sistem operasi Android Oreo 8.0 atau lebih. Jika kurang yakin, Anda dapat memeriksanya kompatibilitasnya pada "Bluetooth audio codec" yang ada di pengaturan smartphone Anda.


Menurut SONY, codec ini mendukung data streaming tiga kali lebih banyak karena menggunakan sistem coding yang lebih efisien. Bahkan, LDAC juga dianugerahi sertifikasi Hi-Res Audio Wireless oleh Japan Audio Society (JAS) pada tahun 2019.

Periksa versi Bluetooth yang kompatibel dengan perangkat Anda

Periksa versi Bluetooth yang kompatibel dengan perangkat Anda
Hingga saat ini, Bluetooth telah memiliki banyak versi. Bluetooth versi pertama, yakni Bluetooth 1.1 dirilis pada tahun 1999. Sementara itu, versi terbarunya, Bluetooth 5.3, dirilis pada bulan Juli tahun 2021. Demi kenyamanan, kami merekomendasikan Anda untuk memilih audio receiver yang memakai Bluetooth versi 4.0 dan seterusnya.

Makin besar versi Bluetooth yang Anda pilih, makin banyak pula fitur dan makin luas juga range-nya. Sebagai contoh, Bluetooth versi 5.0 bisa menjangkau hingga 130 m jauhnya pada indoor. Versi Bluetooth ini juga bisa tersambung pada dua perangkat.


Bluetooth versi terbaru juga biasanya kompatibel dengan lebih banyak tipe perangkat. Versi terbaru juga memiliki kualitas suara yang lebih baik. Sayangnya, masih ada beberapa perangkat yang belum mendukung Bluetooth versi terbaru. 


Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa kompatibilitasnya dengan perangkat yang ingin Anda sambungkan sebelum membeli Bluetooth receiver. Meski begitu, Anda tetap bisa memilih receiver dengan Bluetooth versi lama apabila fitur yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan.

Ketahui profil Bluetooth yang digunakan

Ketahui profil Bluetooth yang digunakan
Ketika memilih receiver Bluetooth, pastikan pula untuk memeriksa profilnya. Profil Bluetooth bertugas menetapkan perintah dan fungsionalitas yang dapat dipertukarkan oleh suatu perangkat menggunakan teknologi Bluetooth

Bluetooth profile dapat mengatur perangkat audio, input, printer, alat medis, alat geologi, dan perangkat lainnya. Bluetooth sangat membantu konektivitas nirkabel. Namun, bila receiver dan perangkat yang Anda miliki tidak kompatibel, receiver mungkin tidak akan terdeteksi dan tidak bisa digunakan.


Ada banyak jenis profil Bluetooth, tetapi yang paling sering digunakan untuk audio receiver yaitu A2DP, HSP, HFP, dan AVRCP. Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing profil.


  • A2DP (Advanced Audio Distribution Profile): Standar umum yang digunakan pada Bluetooth audio receiver dan berfungsi untuk mentransfer data berupa audio.
  • HSP (Handset Profile): Menyediakan fungsionalitas dasar yang diperlukan untuk komunikasi antara handset (ponsel) dan headset.
  • HFP (Hands Free Profile): Memungkinkan mengontrol perangkat handsfree seperti earphone.
  • AVRCP (Audio/Video Remote Control Profile): Digunakan untuk mengirim perintah, seperti skip, forward, atau pause, dari controller ke perangkat audio.

Utamakan receiver dengan daya tahan tujuh jam atau lebih

Utamakan receiver dengan daya tahan tujuh jam atau lebih
Bluetooth receiver yang ideal sebaiknya memiliki daya tahan baterai minimal tujuh jam dalam kondisi terisi penuh. Pasalnya, beberapa orang mungkin ingin menggunakannya saat berangkat ke kantor atau pergi ke luar. Jika baterainya cepat habis, receiver tidak akan bisa digunakan saat bepergian.

Agar tidak salah pilih, pertimbangkan durasi pemakaian Anda kemudian berikan tambahan waktu sekitar satu sampai dua jam. Hal yang tak kalah penting, pengisian daya yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Jadi, pilihlah produk dengan baterai yang tahan lama sehingga dapat dipakai terus menerus dengan satu kali pengisian.

Pertimbangkan pula jangkauan koneksi yang Anda butuhkan

Pertimbangkan pula jangkauan koneksi yang Anda butuhkan
Terakhir, Anda juga perlu memeriksa jangkauan koneksi Bluetooth sesuai kebutuhan, misalnya untuk di rumah atau di perjalanan. Jarak antara receiver dengan player atau smartphone tidak begitu penting jika Anda membawanya di tas saat bepergian.

Namun, untuk penggunaan di rumah dengan menghubungkannya ke perangkat audio, pilihlah receiver dengan jangkauan yang jauh. Terkait hal ini, jangkauan koneksi Bluetooth dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu kelas satu, dua, dan tiga.


  • Bluetooth kelas satu: Memiliki jarak koneksi hingga 100 meter. Alat ini praktis digunakan saat Anda ingin terhubung ke perangkat audio dari jarak yang lumayan jauh.
  • Bluetooth kelas dua: Memiliki jangkauan koneksi sekitar 10 meter. Audio receiver dengan Bluetooth ini sebaiknya digunakan saat perangkat diletakkan berdekatan satu sama lain.
  • Bluetooth kelas tiga: Jangkauannya hanya satu meter dan sudah jarang digunakan.

Jika Anda membutuhkan jangkauan yang lebih jauh, Anda bisa memilih Bluetooth versi 4.0 ke atas. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10 Rekomendasi Bluetooth audio receiver terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Bluetooth audio receiver terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi. 

10

LogitechUSB Bluetooth Audio Receiver

Mulai dari Rp 729.000,00

Codec yang didukungTidak disebutkan
Ukuran5 cm x 5 cm x 2,3 cm
Versi BluetoothBluetooth 3.0
Profil BluetoothA2DP
Waktu pemutaranTidak disebutkan
Jangkauan koneksi15 meter
9

TP-LinkBluetooth Music Receiver

HA100

Mulai dari Rp 325.000,00

Codec yang didukungTidak disebutkan
Ukuran6,65 cm x 6,05 cm x 1,85 cm
Versi BluetoothBluetooth 4.1
Profil BluetoothA2DP
Waktu pemutaranTidak disebutkan
Jangkauan koneksi20 meter
8

ORICO TechnologiesCar Bluetooth Audio Receiver

BCR02

Mulai dari Rp 271.000,00

Codec yang didukungTidak disebutkan
Ukuran4,3 cm x 1,8 cm
Versi BluetoothBluetooth 4.1
Profil BluetoothTidak disebutkan
Waktu pemutaranTidak disebutkan
Jangkauan koneksi10 meter
7

M-TechBluetooth Audio Music Receiver

LV-B09

Mulai dari Rp 35.000,00

Codec yang didukungTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Versi BluetoothBluetooth 4.2
Profil BluetoothTidak disebutkan
Waktu pemutaran8 jam
Jangkauan koneksiTidak disebutkan
6
Codec yang didukungaptX, aptX LL, aptX HD, AAC, SBC
UkuranTidak disebutkan
Versi BluetoothBluetooth 5.0
Profil BluetoothA2DP dan AVRCP
Waktu pemutaran20 jam (mode receiver) atau 15 jam (mode transmitter)
Jangkauan koneksi100 meter (transmitter), 30 meter (receiver)
5

USAMS Car Digital Display FM Wireless Audio Receiver

SJ503

Mulai dari Rp 179.000,00

Codec yang didukungTidak disebutkan
Ukuran7,4 cm x 2,35 cm x 1,41 cm (tanpa kabel)
Versi BluetoothBluetooth 5.0
Profil BluetoothTidak disebutkan
Waktu pemutaranTidak disebutkan
Jangkauan koneksi≤10 meter
4
Codec yang didukungSBC, AAC, aptX, aptX LL
Ukuran6,66 cm x 6,66 cm x 2,4 cm
Versi BluetoothBluetooth 5.0
Profil BluetoothAVRCP, A2DP, HFP, HSP
Waktu pemutaran8 jam
Jangkauan koneksi10 meter
3

McdodoBluetooth Car Receiver AUX

CA-8700

Mulai dari Rp 99.500,00

Codec yang didukungTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Versi BluetoothBluetooth 5.1
Profil BluetoothTidak disebutkan
Waktu pemutaranTidak disebutkan
Jangkauan koneksiTidak disebutkan
2
Codec yang didukungTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Versi BluetoothBluetooth 5.0
Profil BluetoothTidak disebutkan
Waktu pemutaran10 jam
Jangkauan koneksi10 meter
1

BaseusCar Bluetooth Receiver Aux 3.5MM Wireless Audio Receiver

Mulai dari Rp 215.000,00

Codec yang didukungTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Versi BluetoothBluetooth 5.0
Profil BluetoothTidak disebutkan
Waktu pemutaran< 10 jam
Jangkauan koneksi< 10 meter

Baca juga rekomendasi perlengkapan audio lainnya di sini

Apabila Anda sedang mempertimbangkan membeli Bluetooth audio receiver, mengapa tidak mencoba headphone dan earphone baru juga? Dengan membeli earphone dan headphone yang berkualitas, Anda dapat menikmati musik dengan suara yang lebih baik. Silakan kunjungi tautan yang telah kami siapkan di bawah ini dan pilihlah produk yang Anda sukai.

Kesimpulan

Kali ini, kami telah memperkenalkan Bluetooth audio receiver yang mengutamakan kualitas suara. Bagaimana pendapat Anda tentang tips dan rekomendasi yang kami berikan? Dengan receiver Bluetooth, perangkat audio yang tidak mendukung Bluetooth pun dapat digunakan dengan nyaman. 

Untuk Anda yang sering mendengarkan musik di mana pun, gunakanlah receiver Bluetooth dan nikmati musik lebih dekat. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan produk yang tepat. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai daya cadangan, penting untuk memilih power bank yang bagus agar penggunaannya lebih awet dan tahan lama. Kapasitas power bank bervariasi, mulai dari 10.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Fiturnya pun beragam, seperti fast charging dan wireless charging. Harga power bank sangat berpengaruh dari kapasitas dan fiturnya.  Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih power bank yang bagus dan awet. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek power bank terbaik, seperti Robot, Samsung, dan Xiaomi. Ada produk yang kompatibel dengan iPhone, lho. Simak terus artikel ini sampai habis!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi komikus dan ilustrator, stylus pen menjadi perlengkapan penting untuk menggambar. Selain itu, stylus pen akan memudahkan Anda saat mengoperasikan aplikasi smartphone dan tablet. Beberapa game bahkan lebih mudah dimainkan dengan menggunakan alat ini.Agar mendapat produk yang bagus, kami akan memandu Anda memilih stylus pen sesuai kebutuhan. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek stylus pen terbaik, seperti Faber-Castell, Baseus, dan lainnya. Untuk perangkat Android Samsung dan Xiaomi sampai yang universal, semuanya juga tersedia. Yuk, langsung dimulai saja pembahasannya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kabel charger adalah salah satu elemen penting dalam pengisian daya smartphone. Makin tinggi kualitas kabel charger, makin tinggi pula performa pengisian dayanya. Secara khusus artikel ini akan membahas tentang kabel charger, mulai dari kabel charger Type-C hingga kabel charger iPhone.Di artikel ini, Anda juga akan menemukan tips cara memilih dan rekomendasi sepuluh kabel charger terbaik. Di antaranya ada kabel charger populer yang bagus merek Baseus, CAFELE, dan sebagainya. Kabel charger fast charging pun ada dalam artikel ini. Jadi, jangan lewatkan, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • Review: 5 Rekomendasi Headset Bluetooth Model Kalung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Review: 5 Rekomendasi Headset Bluetooth Model Kalung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Headset Bluetooth model kalung populer sebagai produk entry-level di antara earphone Bluetooth lainnya. Hal ini disebabkan kualitasnya yang tinggi dan harga yang relatif murah. Keistimewaan headset model ini terletak pada kabel yang menghubungkan earphone bagian kiri dan kanan. Berbagai merk ternama, seperti Sennheiser, BOSE, dan lainnya juga telah memproduksi headset Bluetooth model kalung yang bagus.Kali ini, mybest original review akan melakukan verifikasi mendalam pada headset Bluetooth model kalung yang populer di pasaran. Review yang kami lakukan berfokus pada poin-poin berikut.1. Kemudahan penggunaan2. Kenyamanan penggunaan3. Kualitas suara4. Delay suara5. Kebocoran suaraKami juga akan menjelaskan hal-hal penting saat memilih headset model kalung. Mari simak artikel ini untuk menemukan produk yang paling cocok untuk Anda!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori