• 10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Bluetooth audio receiver memungkinkan Anda menyambungkan perangkat non-wireless ke perangkat Bluetooth tanpa kabel. Alat ini memiliki jenis codec seperti SBC, AAC, LDAC, dan aptX yang memengaruhi kualitas suaranya. Ada juga versi Bluetooth dengan berbagai luas jangkauan yang perlu Anda pertimbangkan.


Tersedia berbagai merek receiver Bluetooth yang beredar, seperti Logitech, X6, PX, dan Anker. Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan tips memilih receiver Bluetooth terbaik. Kami juga akan menjelaskan mengapa perangkat Bluetooth Anda tidak terkadang tidak terdeteksi. Berbagai produk multifungsi sebagai receiver dan transmitter juga akan kami ulas. Simak artikel selengkapnya!

  • Pembaharuan terakhir: 09 Februari 2021
  • 42.540 Views
Daftar isi

Cara memilih Bluetooth audio receiver

Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat memilih receiver Bluetooth? Berikut ini, kami akan menjelaskan setiap poin secara detail. Simak sampai akhir, ya!

Sesuaikan jenis codec berdasarkan kualitas suara yang diinginkan

Ketika mendengarkan musik dengan koneksi Bluetooth, codec merupakan faktor yang menentukan kualitas suara. Di bawah ini, kami akan mengulas empat jenis codec yang paling sering digunakan.

SBC: Kompatibel dengan hampir semua perangkat Bluetooth

SBC: Kompatibel dengan hampir semua perangkat Bluetooth
SBC (SubBand Codec) merupakan codec yang paling sering digunakan. Codec ini sangat serbaguna dan kompatibel dengan hampir seluruh perangkat Bluetooth, tetapi kualitas suaranya tidak begitu bagus. Jika deskripsi produk yang Anda beli tidak mencantumkan jenis codec-nya, kemungkinan besar produk tersebut menggunakan codec SBC.

AAC: Codec untuk pengguna iOS, sering digunakan di iPhone

AAC: Codec untuk pengguna iOS, sering digunakan di iPhone
AAC (Advanced Audio Coding) merupakan codec yang banyak digunakan oleh perangkat iPhone. Rasio kompresinya hampir sama dengan SBC, tetapi jumlah transmisi data dalam satu waktunya lebih banyak. Hal ini membuat suara yang dihasilkan tidak mengalami jeda waktu yang terlalu lama.

Selain itu, jangkauan frekuensi tinggi (treble) pada codec ini juga lebih baik dari SBC. Dengan begitu, Anda dapat menikmati musik dengan kualitas suara yang jauh lebih baik. Jika Anda adalah pengguna iOS, memilih receiver Bluetooth dengan codec AAC merupakan hal yang tepat.

aptX: Untuk Android dan perangkat yang kompatibel dengan suara resolusi tinggi

aptX: Untuk Android dan perangkat yang kompatibel dengan suara resolusi tinggi
aptX merupakan codec yang meningkatkan kualitas suara dengan pendekatan yang berbeda dari AAC. Keunggulan utamanya yaitu rasio kompresi yang lebih kecil dibandingkan SBC. Rentang suara yang dihasilkan pun cenderung tidak berkurang dan hampir tidak ada delay.

Bahkan jika Anda menggunakannya saat memutar video, pemutarannya tidak akan terganggu. Jadi, tak hanya untuk mendengarkan musik, codec ini juga sangat pas untuk menonton video.


Selanjutnya, ada versi terbaru dari aptX, yaitu aptX HD yang memungkinkan kompresi berkualitas lebih tinggi. Codec ini dapat mengekspresikan perpanjangan suara sehingga bisa dimainkan dengan kualitas suara yang lebih tinggi.


aptX HD direkomendasikan untuk Anda yang menggunakan Android serta perangkat lain yang mendukung sumber suara beresolusi tinggi. Selain itu, ada juga aptX LL dengan delay yang lebih rendah. Codec ini disarankan untuk Anda yang ingin menikmati video dengan suara seperti bermain game dan menonton video.

LDAC: Menghasilkan suara berkualitas tinggi seperti menggunakan kabel, cocok untuk pengguna SONY

LDAC: Menghasilkan suara berkualitas tinggi seperti menggunakan kabel, cocok untuk pengguna SONY
LDAC merupakan codec khusus yang dikembangkan oleh SONY untuk pemutar audio. Biasanya, kualitas suara yang dihasilkan oleh perangkat tanpa kabel seperti Bluetooth akan mengalami penurunan suara. Namun, LDAC menghasilkan suara berkualitas tinggi yang sebanding dengan perangkat audio yang tersambung menggunakan kabel.

Karena hanya kompatibel dengan produk buatan SONY, audio player atau smartphone Anda mungkin tidak mendukung jenis codec ini. Untungnya, SONY sedang mengembangkan LDAC sehingga akan lebih banyak perangkat yang kompatibel untuk dipakai. Saat ini, Walkman dan Xperia sudah mendukung LDAC. Jika Anda memiliki perangkat yang mendukung, jangan ragu untuk memilih produk dengan codec tersebut.

Periksa versi Bluetooth yang kompatibel dengan perangkat Anda

Periksa versi Bluetooth yang kompatibel dengan perangkat Anda
Ada banyak versi Bluetooth yang tersedia di pasaran, mulai dari versi 1.1 sampai 5.0. Versi terbaru diklaim memiliki daya pengisian yang lebih baik. Namun, daya tahan baterainya mungkin tidak sebagus yang diharapkan. Hal ini disebabkan karena Bluetooth terbaru memiliki jarak koneksi yang lebih jauh. Selain itu, versi terbaru juga biasanya kompatibel dengan lebih banyak macam perangkat.

Versi terbaru juga diklaim memiliki kualitas suara yang lebih baik. Sayangnya, masih ada beberapa perangkat yang belum mendukung versi Bluetooth terbaru. Jadi, pastikan Anda memeriksa kompatibilitasnya dengan perangkat yang ingin Anda sambungkan sebelum membeli Bluetooth receiver


Ketahui pula bahwa perangkat dengan versi Bluetooth yang berbeda akan menyesuaikan dengan versi yang terendah. Sebagai contoh, jika Anda menyambungkan versi 5.0 dan 4.2, karakteristik yang muncul akan mengikuti versi 4.2.

Ketahui profil Bluetooth yang digunakan

Ketahui profil Bluetooth yang digunakan

Profil Bluetooth bertugas menetapkan perintah dan fungsionalitas yang dapat dipertukarkan oleh suatu perangkat menggunakan teknologi Bluetooth. Ada banyak jenis profil Bluetooth, tetapi yang paling sering digunakan untuk audio receiver yaitu A2DP, HSP, HFP, dan AVRCP.


A2DP (Advanced Audio Distribution Profile) berfungsi untuk mentransfer data berupa audio. Profil ini adalah standar umum yang digunakan pada Bluetooth audio receiver. Selanjutnya, HSP (Handset Profile) menyediakan fungsionalitas dasar yang diperlukan untuk komunikasi antara handset (ponsel) dan headset.


Sementara itu, HFP (Hands Free Profile) adalah profil yang memungkinkan mengontrol perangkat handsfree seperti earphone dan lain sebagainya. Terakhir, AVRCP (Audio/Video Remote Control Profile) yang biasanya digunakan untuk audio streaming di mobil.


Ketika memilih receiver Bluetooth, pastikan pula untuk memeriksa profilnya. Hal ini karena receiver dan perangkat yang Anda gunakan harus kompatibel agar dapat berfungsi dengan baik. Receiver mungkin akan tidak terdeteksi dan tidak bisa digunakan apabila Anda salah memilih profilnya.

Pilih receiver dengan daya tahan tujuh jam atau lebih

Pilih receiver dengan daya tahan tujuh jam atau lebih
Bluetooth receiver yang ideal sebaiknya memiliki daya tahan baterai minimal tujuh jam dalam kondisi terisi penuh. Hal ini karena beberapa orang mungkin ingin menggunakannya saat berangkat ke kantor atau pergi ke luar. Jika baterainya cepat habis, receiver tidak akan bisa digunakan saat bepergian.

Agar tidak salah pilih, pertimbangkan durasi pemakaian Anda kemudian berikan tambahan waktu sekitar satu sampai dua jam. Hal yang tak kalah penting, pengisian daya yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Jadi, pilihlah produk dengan baterai yang tahan lama sehingga dapat dipakai terus menerus dengan satu kali pengisian.

Pertimbangkan pula jangkauan koneksi yang Anda butuhkan

Pertimbangkan pula jangkauan koneksi yang Anda butuhkan
Selanjutnya, penting juga untuk memeriksa jangkauan koneksi Bluetooth sesuai kebutuhan, misalnya untuk di rumah atau di perjalanan. Jarak antara receiver dengan player atau smartphone tidak begitu penting jika Anda membawanya di tas saat bepergian. Namun, untuk penggunaan di rumah dengan menghubungkannya ke perangkat audio, pilihlah receiver dengan jangkauan yang jauh.

Jarak koneksi Bluetooth dibagi berdasarkan standar tertentu ke dalam tiga kategori, yaitu kelas satu, dua, dan tiga. Bluetooth kelas satu memiliki jarak koneksi hingga 100 meter, sedangkan kelas dua sekitar 10 meter. Di sisi lain, Bluetooth kelas tiga dengan jangkauan hanya satu meter sudah jarang digunakan. Yang perlu Anda ketahui, rentang tersebut adalah jangkauan maksimum jika digunakan di ruangan yang benar-benar kosong.


Bluetooth kelas dua tidak akan mengalami masalah jika perangkat ditempatkan berdekatan satu sama lain. Sementara itu, Bluetooth kelas satu praktis digunakan saat Anda ingin terhubung ke perangkat audio jarak jauh di rumah. Oleh karena itu, pilihlah receiver yang jarak koneksinya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk kemudahan portabilitas, pilih produk dengan berat sekitar 90–100 gram

Untuk kemudahan portabilitas, pilih produk dengan berat sekitar 90–100 gram

Receiver Bluetooth yang ringkas akan memudahkan Anda saat memakainya ketika bepergian atau di perjalanan. Karenanya, portabilitas dari produk yang akan Anda beli sangatlah penting. Adapun bobot ideal receiver yang ringan dan mudah dibawa-bawa yaitu sekitar 90–100 gram. Tak hanya bobot yang ringan, ukuran produk juga sangatlah penting.


Makin compact suatu perangkat, makin mudah pula penggunaannya. Jadi, sangat disarankan untuk memilih receiver yang ringan dan compact. Namun, detail ukuran dan bobot ini jarang dituliskan di deskripsi produk oleh seller. Jika demikian, cermati gambar yang ditampilkan di laman pembelian dan buatlah perkiraan terkait ukuran dan bobotnya.

10 Rekomendasi Bluetooth audio receiver terbaik

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi Bluetooth audio receiver terbaik yang mungkin cocok untuk Anda. Bacalah penjelasan dari kami dengan teliti dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10
Codec yang didukungTidak disebutkan
Versi Bluetooth4.1
Profil BluetoothA2DP
Waktu pemutaran8 jam
Jangkauan koneksi10 m
Dimensi13 cm x 11 cm x 7 cm
Bobot60 g
9
Codec yang didukungTidak disebutkan
Versi Bluetooth5.0
Profil BluetoothTidak disebutkan
Waktu pemutaran10 jam
Jangkauan koneksi10 m
DimensiTidak disebutkan
Bobot12,3 g
8
Codec yang didukungTidak disebutkan
Versi Bluetooth4.1
Profil BluetoothTidak disebutkan
Waktu pemutaranTidak disebutkan
Jangkauan koneksi10 m
Dimensi43 mm x 18 mm
Bobot30 g
7
Codec yang didukungaptX, aptX LL, aptX HD, AAC, dan SBC
Versi Bluetooth5.0
Profil BluetoothTidak disebutkan
Waktu pemutaran18 jam (mode receiver) atau 22 jam (mode transmitter)
Jangkauan koneksi10 m
DimensiTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
6

AvantreePortable Bluetooth Audio Receiver for Music Streaming

CK121

Rp 399.000,00

Codec yang didukungSBC
Versi Bluetooth4.1
Profil BluetoothHSP, HFP, A2DP, dan AVRCP
Waktu pemutaran8 jam
Jangkauan koneksi10 m
DimensiTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
5
Codec yang didukungaptX
Versi Bluetooth4.1
Profil BluetoothA2DP, AVRCP, HFP, dan HSP
Waktu pemutaran13 jam
Jangkauan koneksi10 m
Dimensi54,9 mm x 54,9 mm x 17,4 mm
Bobot50 g
4
Codec yang didukungTidak disebutkan
Versi Bluetooth3.0
Profil BluetoothA2DP
Waktu pemutaranTidak disebutkan
Jangkauan koneksi15 m
Dimensi50 mm x 50 mm x 23 mm
Bobot34 g
3
Codec yang didukungTidak disebutkan
Versi Bluetooth4.1
Profil BluetoothTidak disebutkan
Waktu pemutaranTidak disebutkan
Jangkauan koneksi20 m
Dimensi66,5 mm x 60,5 mm x 18,5 mm
BobotTidak disebutkan
2

AnkerSoundsync A3341 Bluetooth 2-in-1 Transmitter and Receiver

Rp 995.000,00

Codec yang didukungaptX, aptX HD, dan aptX LL
Versi Bluetooth5.0
Profil BluetoothTidak disebutkan
Waktu pemutaran17,5 jam (receiver) atau 20 jam (transmitter)
Jangkauan koneksi10 m
DimensiTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
1
Codec yang didukungaptX, aptX LL, aptX HD, AAC, dan SBC
Versi Bluetooth5.0
Profil BluetoothA2DP dan AVRCP
Waktu pemutaran20 jam (mode receiver) atau 15 jam (mode transmitter)
Jangkauan koneksi100 m
DimensiTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk Bluetooth audio receiver terbaik

Gambar produk
1
PX BRX-3600 1

PX

2
Anker Soundsync A3341 Bluetooth 2-in-1 Transmitter and Receiver 1

Anker

3
TP-Link Bluetooth Music Receiver 1

TP-Link

4
Logitech Bluetooth Audio Receiver 1

Logitech

5
AUKEY Bluetooth Receiver 1

AUKEY

6
Avantree Portable Bluetooth Audio Receiver for Music Streaming 1

Avantree

7
PX BRX-3000 1

PX

8
ORICO Car Bluetooth Audio Receiver 1

ORICO

9
Baseus Type 7 AUX Car Bluetooth Receiver 1

Baseus

10
X6 Car Bluetooth Music Receiver 1

Nama produk

BRX-3600

Soundsync A3341 Bluetooth 2-in-1 Transmitter and Receiver

Bluetooth Music Receiver

Bluetooth Audio Receiver

Bluetooth Receiver

Portable Bluetooth Audio Receiver for Music Streaming

BRX-3000

Car Bluetooth Audio Receiver

Type 7 AUX Car Bluetooth Receiver

X6 Car Bluetooth Music Receiver

Keunggulan

Dengan tiga mode, lebih banyak fungsi dan koneksi

Multifungsi! Bisa untuk receiver dan transmitter

Pairing lebih mudah berkat fitur Near Field Communication

Desain kotak yang terlihat mewah!

Kontrol musik lebih mudah menggunakan aktivasi suara

Mengisi daya lebih cepat, cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi

Lebih mudah mengontrol playlist dengan tombol multimedia

Menjamin kualitas timbre yang dihasilkan, dengarkan suara asli musik favorit Anda

Dilengkapi tombol handsfree untuk memastikan keamanan berkendara

Dengan harga ekonomis, cocok dijadikan sebagai receiver pertama Anda!

HargaRp 599.000,00Rp 995.000,00Rp 269.000,00Rp 729.000,00Rp 522.750,00Rp 399.000,00Rp 599.000,00Rp 240.000,00Rp 215.000,00Rp 32.500,00
Codec yang didukungaptX, aptX LL, aptX HD, AAC, dan SBCaptX, aptX HD, dan aptX LLTidak disebutkanTidak disebutkanaptXSBCaptX, aptX LL, aptX HD, AAC, dan SBCTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Versi Bluetooth5.05.04.13.04.14.15.04.15.04.1
Profil BluetoothA2DP dan AVRCPTidak disebutkanTidak disebutkanA2DPA2DP, AVRCP, HFP, dan HSPHSP, HFP, A2DP, dan AVRCPTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanA2DP
Waktu pemutaran20 jam (mode receiver) atau 15 jam (mode transmitter)17,5 jam (receiver) atau 20 jam (transmitter)Tidak disebutkanTidak disebutkan13 jam8 jam18 jam (mode receiver) atau 22 jam (mode transmitter)Tidak disebutkan10 jam8 jam
Jangkauan koneksi100 m10 m20 m15 m10 m10 m10 m10 m10 m10 m
DimensiTidak disebutkanTidak disebutkan66,5 mm x 60,5 mm x 18,5 mm50 mm x 50 mm x 23 mm54,9 mm x 54,9 mm x 17,4 mmTidak disebutkanTidak disebutkan43 mm x 18 mmTidak disebutkan13 cm x 11 cm x 7 cm
BobotTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan34 g50 gTidak disebutkanTidak disebutkan30 g12,3 g60 g
Tautan produk

Multifungsi untuk memutar musik, mengontrol televisi, dan DVD player

Multifungsi untuk memutar musik, mengontrol televisi, dan DVD player

Receiver dapat menghubungkan perangkat home audio yang tidak mendukung koneksi wireless menjadi tanpa kabel (wireless) menggunakan Bluetooth. Selain untuk headphone dan earphone, Bluetooth audio receiver bisa juga digunakan untuk memutar musik di stereo mobil.


Anda bisa mendengarkan musik saat tengah malam menggunakan headphone atau earphone tanpa mengganggu orang-orang yang sedang tidur. Anda juga bisa menonton televisi saat bekerja tanpa perlu bergerak untuk menekan tombol power pada televisi tersebut. Sangat praktis, kan?

Baca juga rekomendasi perlengkapan audio lainnya di sini

Apabila Anda sedang mempertimbangkan membeli Bluetooth audio receiver, mengapa tidak mencoba headphone dan earphone baru juga? Dengan membeli earphone dan headphone yang berkualitas, Anda dapat menikmati musik dengan suara yang lebih baik. Silakan kunjungi tautan yang telah kami siapkan di bawah ini dan pilihlah produk yang Anda sukai.

Kesimpulan

Kali ini, kami telah memperkenalkan Bluetooth audio receiver yang mengutamakan kualitas suara. Bagaimana pendapat Anda tentang tips dan rekomendasi yang kami berikan? Dengan receiver Bluetooth, perangkat audio yang tidak mendukung Bluetooth pun dapat digunakan dengan nyaman. 

Untuk Anda yang sering mendengarkan musik di mana pun, gunakanlah receiver Bluetooth dan nikmati musik lebih dekat. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan produk yang tepat. Have a nice day!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Aksesori handphone & tablet
    178.671 Views
  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merek, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pen tablet serta merekomendasikan produk terbaik, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Aksesori handphone & tablet
    111.534 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!
    Aksesori handphone & tablet
    143.329 Views
  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Power bank adalah baterai portabel yang digunakan untuk mengisi baterai gadget seperti smartphone, tablet, dan sejenisnya. Saat ini, ada banyak jenis power bank dengan fitur, bentuk, dan kapasitas yang beragam. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda untuk memilih power bank yang tepat.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli power bank. Selanjutnya, kami juga akan membahas rekomendasi produk terbaik, seperti Anker, Xiaomi, Samsung, dan lainnya. Anda bisa membandingkan spesifikasi tiap-tiap produk dan memilih power bank yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
    99.544 Views
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2021)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores atau pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone. Jadi, layar handphone Anda tetap aman.Ada beberapa merek terkenal, seperti Cafele, Otterbox dan Optimuz yang menawarkan tempered glass berkualitas. Lalu, produk manakah yang paling cocok untuk iPhone Anda? Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar tidak salah pilih. Anda juga bisa bisa menemukan sepuluh rekomendasi tempered glass terbaik pilihan kami di sini!
    Aksesori handphone & tablet
    39.187 Views
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk seorang karikatur, komikus, hingga ilustrator, stylus pen menjadi perlengkapan penting yang tidak boleh terlupakan. Tidak hanya itu, stylus pen juga akan memudahkan Anda mengoperasikan aplikasi smartphone dan tablet. Bahkan, beberapa game menjadi lebih mudah dimainkan dengan menggunakan stylus pen.Saat ini, ada berbagai jenis stylus pen dari beragam merek, mulai dari Baseus, Spigen, Adonit, dan lainnya. Agar Anda tidak kebingungan, kami akan membahas cara memilih stylus pen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selanjutnya, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk yang bisa jadi pertimbangan Anda. Selamat membaca.
    Aksesori handphone & tablet
    88.748 Views
  • 10 Rekomendasi Kabel Ekstensi Terbaik untuk Earphone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kabel Ekstensi Terbaik untuk Earphone (Terbaru Tahun 2020)
    Ingin menggunakan earphone, tetapi jarak antara tempat Anda dengan perangkat yang digunakan cukup jauh? Tenang! Masalah itu bisa diatasi menggunakan kabel ekstensi untuk earphone. Benda sederhana ini bisa Anda beli di situs e-commerce. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli kabel ekstensi untuk earphone. Misalnya, panjang kabel dan cara penyimpanannya.Anda tidak perlu bingung! Kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih kabel ekstensi terbaik untuk earphone. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan kabel ekstensi dari beberapa produsen seperti Vention, Ugreen, dan Orico. Disimak, ya!
    Aksesori handphone & tablet
    1.768 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori