• 10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Desk humidifier adalah alat berukuran mini yang digunakan untuk menjaga kelembapan ruangan. Harga air humidifier ini cukup terjangkau untuk kinerjanya yang baik. Dari beberapa jenisnya, tipe ultrasonik merupakan yang paling populer. Beberapa produk juga bisa berfungsi sebagai pewangi ruangan seperti diffuser.


Untuk membantu Anda menemukan produk yang cocok, kami akan menjelaskan tentang tips memilih desk humidifier. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek humidifier yang bagus, seperti Miniso, Taffware, dan Deerma. Mari ciptakan lingkungan dengan udara yang nyaman untuk keluarga Anda dengan desk humidifier terbaik. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 Agustus 2022
Daftar isi

Apa manfaat humidifier?

Apa manfaat humidifier?

Humidifier adalah alat yang berfungsi meningkatkan kelembapan udara di ruangan. Alat ini bekerja dengan cara mengubah air menjadi uap. Uap tersebut kemudian berdifusi di udara sehingga kelembapan ruangan menjadi optimal. Humidifier dapat mengatasi iritasi karena udara kering, seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, pilek, dan sakit tenggorokan.


Anda juga perlu membedakan antara humidifier, diffuser, dan purifierMeski bentuknya mirip, fungsi ketiga alat ini berbeda. Humidifier berfungsi menambahkan kelembapan udara, sedangkan diffuser adalah alat yang memberikan wewangian tertentu. Karena cara kerjanya mirip, ada alat yang berfungsi sebagai humidifier dan diffuser sekaligus. Di sisi lain, air purifier merupakan alat untuk membersihkan udara.

Cara memilih desk humidifier

Ada berbagai tipe dan model desk humidifier di pasaran sehingga kerap membuat Anda bingung ketika akan membeli. Tenang saja karena di sini kami akan membahas hal-hal yang perlu diketahui dalam memilih desk humidifier terbaik.

Pilih tipe desk humidifier berdasarkan cara kerjanya

Setidaknya ada empat tipe desk humidifier berdasarkan cara kerjanya, yakni tipe steam, ultrasonik, evaporasi, dan hibrida. Tiap-tiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari simak penjelasan detailnya dari kami di bawah ini.

Tipe steam, melembapkan dengan uap yang hangat

Tipe steam, melembapkan dengan uap yang hangat
Desk humidifier ini bekerja dengan memanaskan air untuk menghasilkan uap. Uap hangat yang dihasilkannya memiliki efek membunuh bakteri di udara dan cocok digunakan saat udara sedang dingin. Untuk ukuran yang kecil, kinerja tipe steam cukup baik karena dapat melembapkan seluruh ruangan.

Meskipun tipe steam memiliki banyak keunggulan, kebutuhan dayanya cukup tinggi. Anda perlu menyiapkan dana tambahan untuk daya listrik yang digunakan. Selain itu, bagian luar humidifier ini bisa menjadi panas sehingga Anda harus berhati-hati saat menyentuhnya.

Tipe ultrasonik, hemat energi sehingga hemat biaya

Tipe ultrasonik, hemat energi sehingga hemat biaya
Tipe ultrasonik bekerja dengan menggunakan gelombang ultrasonik untuk menguraikan air dan mengubahnya menjadi uap air. Penggunaan energi pada tipe ini terbilang rendah sehingga bisa menghemat biaya listrik. Beberapa produk juga memungkinkan Anda untuk menambahkan essential oil sebagai pengganti diffuser.

Desain dari tipe ultrasonik pun banyak yang stylish. Anda bisa memilih desain yang cocok untuk interior rumah. Namun, kekurangan desk humidifier ini ialah bakteri dapat berkembang biak di airnya. Untuk mengatasinya, Anda harus membersihkan tangki secara rutin atau dapat memilih model dengan tambahan fungsi sterilisasi.

Tipe evaporasi, menggunakan paper humidifier yang praktis

Tipe evaporasi, menggunakan paper humidifier yang praktis
Evaporasi adalah metode humidifikasi yang memanfaatkan angin untuk melewati penyaring berisi air dan uap air. Humidifier ini diibaratkan seperti mengeringkan handuk basah di dalam ruangan sehingga membuat ruangan tersebut menjadi lebih lembap. Kebanyakan produknya tidak membutuhkan daya listrik

Jika ingin menggunakan tipe evaporasi di atas meja, kami merekomendasikan model kertas atau paper humidifierHumidifier ini terbilang sederhana dibandingkan tipe lainnya. Harganya pun terjangkau serta tidak membutuhkan biaya saat pemakaian. Sayangnya tipe ini masih cukup jarang ditemukan di Indonesia

Tipe hibrida, menggabungkan dua tipe humidifier

Tipe hibrida, menggabungkan dua tipe humidifier
Tipe hibrida merupakan desk humidifier yang mengombinasikan tipe steam dengan evaporasi atau tipe steam dengan ultrasonik. Menggabungkan tipe humidifier yang berbeda dapat menutupi kelemahan dari tiap tipe. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah harga humidifier ini lebih mahal.

Biaya pemakaiannya juga bisa berubah tergantung tipe humidifikasinya. Jadi, ketahuilah tipe humidifier sebelum membeli sehingga tidak mengejutkan Anda setelahnya. Akan tetapi, desk humidifier ini masih jarang ditemukan di online shop Indonesia.

Sesuaikan dengan situasi atau tujuan pemakaiannya

Penting juga mengetahui kemampuan dan model dari desk humidifier. Hal ini agar Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan ruangan. Kami akan membahas hal tersebut pada poin berikut.

Model, yang compact lebih praktis untuk pemakaian sendiri

Model, yang compact lebih praktis untuk pemakaian sendiri
Bentuk dan ukuran desk humidifier berbeda-beda. Kami menyarankan model botol yang compact ketika Anda melembapkan area sekitar meja kerja atau rumah untuk diri sendiri. Ukuran yang compact pun membuat humidifier mudah dipindahkan.

 

Ada juga produk yang lebih besar dengan tangki air yang besar pula. Jika Anda tidak ingin memindahkan humidifier atau ribet mengisi ulang airnya, pilihlah produk yang demikian. Selain itu, kebanyakan desk humidifier menggunakan kabel USB. Jadi, siapkan adaptor jika Anda ingin menghubungkannya ke outlet listrik biasa. 

Konsumsi air, menentukan banyak uap yang keluar

Konsumsi air, menentukan banyak uap yang keluar

Meskipun desk humidifier berukuran compact, banyak produk yang ternyata sangat bertenaga. Ada pula produk yang dapat melembapkan ruangan berukuran sedang. Jadi, periksalah keterangan konsumsi air produk karena akan memengaruhi banyak uapnya. Dengan demikian, proses humidifikasi ruangan Anda jadi lebih optimal.

Pastikan desk humidifier mudah dibersihkan

Pastikan desk humidifier mudah dibersihkan
Fungsi humidifier tidak hanya menjaga kelembapan ruangan, tetapi juga mencegah virus, debu, atau serbuk sari penyebab alergi. Karena itu, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat jika saringannya tidak dibersihkan. Humidifier tersebut pun akan menghasilkan uap yang tidak sehat. Oleh karenanya, pilihlah humidifier yang mudah dibersihkan untuk hasil yang maksimal.

Periksa apakah humidifier bisa dicampurkan dengan essential oil

Periksa apakah humidifier bisa dicampurkan dengan essential oil
Humidifier dengan tangki air yang dapat dicampurkan minyak aroma (essential oil) kini sedang populer. Namun, tidak semua humidifier dapat menampung minyak aroma dengan air. Apabila tidak cocok, justru akan menyebabkan malfungsi pada humidifier. Jadi, pilihlah humidifier yang memang cocok untuk minyak aroma jika Anda ingin menggunakannya sebagai diffuser juga.

10 Rekomendasi desk humidifier terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk desk humidifier terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 23 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Taffware Classic Drop 6-in-1 Air Humidifier menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Deerma Air Humidifier F600 memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Deerma  Air Humidifier 1

Deerma

2
Inone  Humidifier Aroma Diffuser Ultrasonic  1

Inone

3
GM Bear  Humidifier Diffuser Colorful CUP LED Light 1505 1

GM Bear

4
Miniso Mist Humidifier Purifier 1

Miniso

5
Happy Life Air Humidifier Aromatherapy 1

Happy Life

6
Hayylife Salt Mine Humidifier 1

Hayylife

7
Baseus  Elephant Home Office Air Humidifier  1

Baseus

8
Taffware  Air Humidifier Ultrasonic Aromatherapy Oil Diffuser 1

Taffware

9
KONKA  Humidifier 380 ml  1

KONKA

10
Samono  Air Humidifier Nozel Ganda  1

Samono

Nama produk

Air Humidifier

Humidifier Aroma Diffuser Ultrasonic

Humidifier Diffuser Colorful CUP LED Light 1505

Mist Humidifier Purifier

Air Humidifier Aromatherapy

Salt Mine Humidifier

Elephant Home Office Air Humidifier

Air Humidifier Ultrasonic Aromatherapy Oil Diffuser

Humidifier 380 ml

Air Humidifier Nozel Ganda

Keunggulan

Paket lengkap dengan banyak fitur menarik

Makin praktis dengan adanya remote control

Desainnya minimalis dengan tampilan lampu yang elegan

Bentuknya lucu, cat lover wajib punya!

Tombolnya tahan lama, mampu bertahan hingga seratus ribu kali tekan

Mengandung garam Himalaya yang punya banyak manfaat

Tahan lama untuk ukurannya yang mini

Tampilannya unik dengan tekstur kayu yang menarik

Fleksibel, berukuran compact, dan antiselip!

Ada smart monitor yang menampilkan kadar kelembapan udara ruangan

Harga mulai dariRp 700.000,00Rp 229.000,00Rp 95.900,00Rp 199.900,00Rp 148.899,00Rp 209.999,00Rp 155.000,00Rp 101.900,00Rp 160.000,00Rp 400.000,00
TipeUltrasonikUltrasonikTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganUltrasonikUltrasonikTidak ada keterangan
Working timeTidak ada keterangan10 jam4–8 jam12 jam6–10 jamTidak ada keterangan15–24 jam6 jam6–12 jam30–60 jam
Konsumsi air340 ml/jamTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan20–30 ml/jam100 ml/jam
Daya listrik25 watt16 watt1,8 wattTidak ada keterangan5 watt2 watt 2 wattTidak ada keterangan2 watt3 watt
Kapasitas tangki5 liter500 ml260 ml200 ml120 ml 260 ml 600 ml300 ml380 ml 3 liter
Essential oil✔ (ada tempat khusus)Tidak ada keteranganXXXTidak ada keterangan
Ukuran218 mm x 218 mm x 332 mmTidak ada keterangan70 mm x 70 mm x 120 mmTidak ada keterangan98 mm x 98 mm 120 mm100 mm x 100 mm x 120 mm110 mm x 110 mm x 125 mm110 mm x 110 mm x 115 mm85 mm x 72 mm x 160 mmTidak ada keterangan
Berat 1.200 gramTidak ada keterangan120 gramTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan220 gramTidak ada keterangan280 gram615 gram
Tautan produk
10

Samono Air Humidifier Nozel Ganda

SW-HU100

Mulai dari Rp 400.000,00

TipeTidak ada keterangan
Working time30–60 jam
Konsumsi air100 ml/jam
Daya listrik3 watt
Kapasitas tangki3 liter
Essential oilTidak ada keterangan
UkuranTidak ada keterangan
Berat 615 gram
9
TipeUltrasonik
Working time6–12 jam
Konsumsi air20–30 ml/jam
Daya listrik2 watt
Kapasitas tangki380 ml
Essential oilX
Ukuran85 mm x 72 mm x 160 mm
Berat 280 gram
8

Taffware Air Humidifier Ultrasonic Aromatherapy Oil Diffuser

KJR-J003

Mulai dari Rp 101.900,00

TipeUltrasonik
Working time6 jam
Konsumsi airTidak ada keterangan
Daya listrikTidak ada keterangan
Kapasitas tangki300 ml
Essential oil
Ukuran110 mm x 110 mm x 115 mm
Berat Tidak ada keterangan
7

Baseus Elephant Home Office Air Humidifier

Mulai dari Rp 155.000,00

TipeTidak ada keterangan
Working time15–24 jam
Konsumsi airTidak ada keterangan
Daya listrik2 watt
Kapasitas tangki600 ml
Essential oilX
Ukuran110 mm x 110 mm x 125 mm
Berat 220 gram
6

HayylifeSalt Mine Humidifier

HL-DCA576

Mulai dari Rp 209.999,00

TipeTidak ada keterangan
Working timeTidak ada keterangan
Konsumsi airTidak ada keterangan
Daya listrik2 watt
Kapasitas tangki260 ml
Essential oil
Ukuran100 mm x 100 mm x 120 mm
Berat Tidak ada keterangan
5

Happy LifeAir Humidifier Aromatherapy

HL-EOD01

Mulai dari Rp 148.899,00

TipeTidak ada keterangan
Working time6–10 jam
Konsumsi airTidak ada keterangan
Daya listrik5 watt
Kapasitas tangki120 ml
Essential oil
Ukuran98 mm x 98 mm 120 mm
Berat Tidak ada keterangan
4

MinisoMist Humidifier Purifier

Mulai dari Rp 199.900,00

TipeTidak ada keterangan
Working time12 jam
Konsumsi airTidak ada keterangan
Daya listrikTidak ada keterangan
Kapasitas tangki200 ml
Essential oilX
UkuranTidak ada keterangan
Berat Tidak ada keterangan
3

GM Bear Humidifier Diffuser Colorful CUP LED Light 1505

Mulai dari Rp 95.900,00

TipeTidak ada keterangan
Working time4–8 jam
Konsumsi airTidak ada keterangan
Daya listrik1,8 watt
Kapasitas tangki260 ml
Essential oilTidak ada keterangan
Ukuran70 mm x 70 mm x 120 mm
Berat 120 gram
2

Inone Humidifier Aroma Diffuser Ultrasonic

Mulai dari Rp 229.000,00

TipeUltrasonik
Working time10 jam
Konsumsi airTidak ada keterangan
Daya listrik16 watt
Kapasitas tangki500 ml
Essential oil
UkuranTidak ada keterangan
Berat Tidak ada keterangan
1
TipeUltrasonik
Working timeTidak ada keterangan
Konsumsi air340 ml/jam
Daya listrik25 watt
Kapasitas tangki5 liter
Essential oil✔ (ada tempat khusus)
Ukuran218 mm x 218 mm x 332 mm
Berat 1.200 gram

Kapan saat yang tepat untuk menggunakan humidifier?

Kapan saat yang tepat untuk menggunakan humidifier?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, fungsi utama dari air humidifier adalah sebagai pelembap ruangan. Karena itu, alat ini umumnya dipakai saat udara sedang kering. Air humidifier juga pas dipakai dalam ruangan yang menggunakan AC dalam jangka waktu panjang.


Menurut Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A(K) di media haibunda, air humidifier mampu mengatasi kulit yang kering dan pecah-pecah. Kondisi kulit seperti ini akan membuat bakteri rawan masuk ke dalam kulit. 


Namun, dr. Ariani juga menambahkan bahwa penggunaan air humidifier sebetulnya tidak terlalu penting dalam ruangan yang sudah lembap. Jadi, ruangan tanpa AC dengan kadar kelembapan tinggi atau saat musim hujan tidaklah diprioritaskan.

Baca juga rekomendasi pembersih dan penyejuk udara lainnya di sini

Mungkin Anda juga sedang mencari produk pembersih dan penyejuk udara selain desk humidifier. Karena itu, kami sudah menyiapkan artikel lain mengenai air purifier, aroma diffuser, dan dehumidifier. Simak ulasannya dari kami pada artikel-artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca tips memilih serta ulasan rekomendasi desk humidifier, apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Poin utama dalam memilih desk humidifier adalah kemudahan dalam penggunaan, tipe, dan desainnya.

Pemakaian desk humidifier yang sesuai akan membantu Anda mendapatkan udara yang lebih sehat dan bersih. Manfaat dari menggunakan desk humidifier pun bisa Anda rasakan secara optimal. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan desk humidifier terbaik. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, air purifier menjadi pembersih udara ruangan yang sering dicari di pasaran. Jenis yang dicari pun beragam. Ada air purifier kecil untuk mobil dan ada air purifier besar untuk diletakkan di ruangan. Ada pula produk air purifier yang dilengkapi berbagai fitur, salah satunya filter HEPA.Anda akan menemukan banyak merek air purifier terbaik yang bagus, seperti Samsung, Xiaomi, hingga Phillips. Ada pula merek lain, seperti Daikin, Panasonic, Sharp yang khas karakteristiknya. Kami telah mengulas semuanya itu di sini untuk Anda. Selamat membaca!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Air cooler adalah penyejuk ruangan yang fleksibel dan bisa melembapkan udara. Dibandingkan dengan AC, air cooler lebih ramah lingkungan. Udara yang dihasilkan air cooler juga lebih sejuk daripada kipas angin. Karena digemari masyarakat, merek seperti SHARP, Midea, dan Krisbow berlomba-lomba menawarkan air cooler yang bagus.Dengan banyaknya air cooler di pasaran, Anda mungkin jadi bingung dalam memilih. Tenang saja. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih air cooler. Review produk air cooler terbaik juga akan kami ulas setelahnya. Simak pembahasannya dan temukan air cooler terbaik untuk menyejukkan kamar Anda!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kipas angin dinding sering dipasang di ruangan kelas, kamar tidur, atau warung makan. Seperti namanya, kipas ini dipasang di dinding sehingga ideal untuk ruangan kecil. Selain hemat tempat, daya tarik kipas ini adalah harganya yang terjangkau. Kipas ini identik dengan tali yang menjulur ke bawah untuk menyalakannya. Namun, kini ada kipas dinding tipe remote juga, lho.Kali ini, kami akan mengulas keunggulan, tips memilih, hingga rekomendasi kipas angin dinding terbaik. Merek kipas ternama yang bagus, seperti Cosmos, Panasonic, Maspion, Miyako, dan Sanex juga ada dalam rekomendasi kami. Yuk, simak pembahasannya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ruangan dengan sirkulasi udara yang baik terasa lebih sejuk dan nyaman dihuni. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa membeli exhaust fan. Ukuran dan lokasi pemasangan exhaust fan sangatlah beragam, bisa jadi Anda akan kebingungan saat hendak membelinya.Tenang saja, artikel ini kami hadirkan untuk menjawab permasalahan Anda. Cara memilih dan rekomendasi exhaust fan terbaik akan kami berikan untuk Anda. Ada exhaust fan berkualitas keluaran Panasonic, Mitsubishi Electric, Maspion, dan lainnya. Kami harap Anda bisa mendapatkan exhaust fan dari salah satu merek yang bagus tersebut.
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kipas angin portabel sangat berguna saat berada di kantor maupun di luar ruangan ketika cuaca panas. Ada banyak kipas mini portabel dengan keunikan masing-masing, mulai dari yang bisa dicas menggunakan USB, suaranya tenang, hingga mengeluarkan mist. Lantas, produk seperti apa yang Anda perlukan?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kipas angin portabel dan merekomendasikan produk-produk populer, seperti kipas merek ROBOT, Krisbow, MINISO, dan lainnya. Kami juga akan mengulas kipas angin mini dengan suara tenang dan dapat digunakan di mana saja. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di negara tropis membuat Anda harus bersahabat dengan cuaca panas sepanjang hari. AC tentu bisa menyejukkan rumah Anda, tetapi bagaimana jika listrik rumah Anda terbatas? Kipas angin adalah alternatif yang bisa Anda coba.Harga yang terjangkau dan hemat listrik menjadi kelebihan dari kipas angin. Anda bisa memilih merek lokal yang bagus, seperti Cosmos, Maspion, Miyako, atau bahkan merek luar negeri. Kini, kami akan membantu Anda memilih kipas angin terbaik. Baca sampai habis dan temukan rekomendasi produk terbaik dari kami!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi AC Midea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi AC Midea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda ingin menjadikan ruangan yang panas menjadi lebih segar, serahkan pada AC Midea! Produk elektronik rumah tangga ini kian populer karena banyaknya produk AC inovatif dan futuristik yang bisa dipilih. Anda bisa memilih AC Midea portable, split, atau LCAC.Agar Anda tak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih AC Midea yang bagus. AC merek Midea terbaik seperti MSAF-05CRN2 dan MPF2-09CRN1 ada dalam rekomendasi kami. Anda juga bisa menentukan AC Midea 1 PK, AC Midea  ½ PK, atau lainnya setelah membaca artikel ini. Simak sampai habis, ya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori