10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik yang Bisa Dilipat (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik yang Bisa Dilipat (Terbaru Tahun 2019)

Apabila bayi Anda sudah bisa duduk, pasti menyenangkan jika Anda menggunakan kursi makan bayi. Dengan demikian, bayi Anda dapat duduk nyaman di sana ketika makan atau sekadar mengonsumsi snack. Kursi makan bayi yang bisa dilipat adalah pilihan tepat untuk menghemat ruang dan mudah dibawa bepergian.

Saat ini, Anda dapat menjumpai berbagai jenis dan merek kursi makan bayi yang bisa dilipat. Untuk membantu Anda, artikel ini akan mengulas cara memilih kursi makan bayi tersebut dan disertai dengan rekomendasi produk terbaik dari merek Chicco, Pliko, Yamatoya, Joie, dan merek lainnya. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih kursi makan bayi yang bisa dilipat

Sebelum memilih kursi makan bayi yang bisa dilipat, sebaiknya terlebih dahulu mempertimbangkan mengenai pola pemakaian Anda nantinya. Di mana Anda akan menggunakannya? Berapa lama Anda akan menggunakan produk tersebut? Material apa yang sesuai? Apakah Anda benar-benar membutuhkan tipe yang bisa dilipat?

Berapa lama Anda hendak menggunakan produk tersebut?

Berapa lama Anda hendak menggunakan produk tersebut?

Dibandingkan kursi makan bayi yang tidak bisa dilipat, jenis yang bisa dilipat biasanya memiliki daya tahan yang lebih lemah. Akibatnya, waktu penggunaannya juga lebih pendek yaitu umumnya sekitar tiga tahun. Jika produk tersebut tergolong tahan banting, Anda dapat menggunakannya hingga sekitar lima tahun. Jadi, Anda sebaiknya turut mempertimbangkan aspek tersebut.

Umumnya, kursi makan bayi yang bisa dilipat dan memiliki model high chair dapat digunakan untuk waktu yang lebih lama. Jadi, sebagian orang lebih memilih model high chair dengan harapan mereka tidak perlu mengganti dengan kursi baru ketika bayinya mulai membesar. Sebelum Anda membeli, periksalah lebih dahulu target usia yang dituju untuk produk tersebut.

Kursi makan bayi biasanya ditujukan untuk bayi yang berusia enam bulan atau tujuh bulan. Akan tetapi, tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda. Oleh karenanya, sebelum meletakkan bayi Anda di kursi makan, pastikan bahwa dia telah dapat duduk dengan mantap.

Apakah kursi makan bayi akan digunakan di meja yang tinggi atau rendah?

Apakah kursi makan bayi akan digunakan di meja yang tinggi atau rendah?

Terdapat tiga tipe kursi makan bayi yang bisa dilipat. Tipe pertama adalah kursi makan bayi yang tinggi atau high chair. Ukuran tingginya cocok untuk digunakan di meja makan. Tipe kedua adalah yang ukurannya tidak tinggi sehingga lebih sesuai untuk digunakan di meja yang rendah. Selanjutnya, tipe ketiga adalah kursi makan bayi yang bisa digunakan baik untuk meja makan tinggi maupun meja rendah.

Pilihlah kursi makan bayi dengan ketinggian yang sesuai untuk meja Anda. Apabila Anda akan menggunakan kedua jenis meja tersebut secara bergantian, akan lebih jika menggunakan tipe yang ketiga. Namun, jika memilih kursi makan bayi dengan ukuran yang rendah, Anda akan mendapat keuntungan berupa bobotnya yang ringan sehingga mudah dibawa-bawa. Tipe tersebut cocok sekali bagi Anda yang kerap menginap di rumah orang tua atau suka bepergian.

Pilihlah produk yang mejanya mudah untuk dilepaskan

Pilihlah produk yang mejanya mudah untuk dilepaskan

Kursi makan bayi biasanya dilengkapi dengan meja. Dengan adanya meja, akan lebih mudah bagi Anda untuk meletakkan makanan di dekat bayi. Selain itu, jika meja tersebut memiliki bagian tepi yang cukup tinggi, makanan atau minuman yang sedang dikonsumsi bayi tidak mudah tumpah ke lantai. Namun, ketika bayi sudah semakin besar, keberadaan meja justru membuatnya sulit bergerak. Di samping itu, pada saat Anda makan bersama, meja tersebut mungkin dapat saling berbenturan dengan meja makan.

Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan kursi makan bayi yang mejanya mudah untuk dilepaskan atau dilipat ke belakang.

Jangan lupa untuk memeriksa tempat pijakan kaki

Jangan lupa untuk memeriksa tempat pijakan kaki

Anak Anda akan makan dengan lebih leluasa jika dapat memijakkan kakinya dengan nyaman. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa postur tubuh seseorang ketika makan akan memengaruhi kekuatannya dalam mengunyah. Dengan demikian, jika bayi dapat memijakkan kakinya secara nyaman di kursi makan, hal tersebut akan turut mendukung proses tumbuh kembangnya.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan kursi makan bayi yang berukuran tinggi, bayi Anda tidak dapat memijakkan kakinya di lantai. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan produk yang memungkinkan Anda untuk mengubah tinggi tempat duduk sekaligus pijakan kakinya.

Gunakan material yang sesuai dengan interior ruangan dan tujuan penggunaan Anda

Gunakan material yang sesuai dengan interior ruangan dan tujuan penggunaan Anda

Terdapat dua tipe material yang digunakan untuk membuat kursi makan bayi yang bisa dilipat yaitu kayu dan logam. Material kayu akan memberi kesan hangat dan lebih cocok dengan beragam jenis interior. Selain itu, Anda akan lebih mudah menemukan kursi makan bayi yang terbuat dari kayu seperti misalnya kayu karet.

Sementara itu, daya tarik utama dari material logam adalah lebih ringan dibanding dengan kayu. Bagi beberapa rumah, kursi makan bayi yang terbuat dari logam akan terasa kurang cocok dengan interior ruangan. Namun, jika Anda termasuk orang yang mobile, material logam dapat menjadi pilihan yang tepat.

Desain juga merupakan hal penting. Apakah cocok dengan interior dan selera bayi Anda?

Desain juga merupakan hal penting. Apakah cocok dengan interior dan selera bayi Anda?

Kursi makan bayi yang bisa dilipat memiliki beragam warna dan desain, terutama di bagian tempat duduk. Anda dapat memilih desain yang sesuai dengan interior. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memberi kesempatan kepada anak Anda untuk menunjuk warna dan motif yang disukai. Di antara banyaknya pilihan fitur dan ukuran, Anda sebaiknya tetap memilih produk yang nyaman untuk digunakan setiap hari.

Periksa aspek keamanan produk demi menjaga keamanan bayi

Periksa aspek keamanan produk demi menjaga keamanan bayi

Keamanan adalah hal yang penting. Oleh karena itu, perhatikan aspek keamanan dari kursi makan bayi yang hendak Anda beli. Apakah produk tersebut tidak mudah kehilangan keseimbangan jika bayi Anda sedang duduk di atasnya? Apakah ada kemungkinan bahwa metode lipatnya dapat melukai tangan Anda? Perhatikan apakah kursi makan bayi tersebut kukuh dan stabil.

Biasanya, terdapat kode tertentu di produk yang telah lolos uji keamanan. Misalnya, kode keamanan SG yang diberikan oleh Japan Foundation Corporation Product Safety Association. Sementara itu, untuk produk kursi makan bayi dari Indonesia, pilihlah yang memiliki kode SNI. Pastikan bahwa Anda selalu memeriksa kode keamanan dari produk tersebut.

10 Rekomendasi kursi makan bayi terbaik yang bisa dilipat

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi kursi makan bayi terbaik yang bisa dilipat. Silakan disimak! Semoga rekomendasi dari kami dapat menjawab kebutuhan Anda dan bayi.

10. Summer Infant Sit ‘N Style Booster Seat

10. Summer Infant Sit 'N Style Booster Seat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 602.000

Lebih ringkas karena bagian mejanya dapat dilipat ke bawah

Booster seat produksi Summer Infant ini memiliki bentuk yang trendi dan cukup unik. Selain itu, bagian mejanya dapat Anda lipat ke bawah sehingga lebih praktis dan tidak akan mempersempit ruangan di rumah. Dengan kombinasi warna yang cerah dan menyegarkan, produk ini akan memberi sentuhan ceria di rumah Anda.

Untuk mempermudah Anda dalam membersihkan, bagian meja dari kursi makan bayi ini memiliki tray plastik yang dapat dilepaskan. Dengan demikian, Anda dapat mencucinya secara leluasa. Anda bahkan dapat mencuci tray tersebut dengan menggunakan mesin pencuci piring. Praktis, ya!

Dimensi 33 cm × 31 cm × 15 cm
Bobot produk 3 kg
Kapasitas maksimum 15 kg
Material Plastik
Target usia Minimal 6 bulan
Warna Putih-hijau-biru dan putih-teal

9. Pliko Folding Booster Seat

9. Pliko Folding Booster Seat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 265.000

Bagian mejanya dapat diatur dalam tiga posisi. Bayi Anda tidak kesempitan meskipun tubuhnya membesar

Tubuh bayi umumnya akan berkembang dengan cepat. Oleh sebab itu, Pliko merancang bagian meja dari produk ini agar dapat dilepas dan diatur sesuai dengan perkembangan. Dengan demikian, bayi Anda tidak akan merasa kesempitan ketika makan. Sisi mejanya pun lebih tinggi supaya makanan bayi Anda tidak mudah tumpah.

Ditambah lagi, kursi makan ini dilengkapi dengan seat pad yang cukup empuk. Setelah selesai digunakan, seat pad tersebut mudah dilepaskan dan dibersihkan. Untuk menjaga keamanan bayi Anda, produk ini dilengkapi dengan tiga titik sabuk pengaman plus tali yang berfungsi untuk diikat ke kursi makan dewasa.

Dimensi 40 cm × 16 cm × 34 cm
Bobot produk 4 kg
Kapasitas maksimum 15 kg
Material Plastik
Target usia Minimal 6 bulan
Warna Abu-abu dan cokelat

8. Chicco Pocket Snack Booster Seat

8. Chicco Pocket Snack Booster Seat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 599.900

Si compact yang memiliki tiga tingkat ketinggian

Meskipun dirancang untuk digunakan di meja yang rendah, kursi makan bayi ini memiliki tiga tingkat ketinggian. Dengan begitu, Anda tetap dapat menyesuaikan tinggi tempat duduk dengan tinggi badan bayi. Bayi Anda tentu akan merasa lebih nyaman jika kedua kakinya dapat berpijak dengan nyaman ketika duduk.

Bobot produk ini pun cukup ringan hanya 2 kg. Kursi makan ini bahkan dilengkapi dengan tali yang dapat Anda gantungkan di bahu sehingga akan memudahkan Anda pada saat membawanya. Ajaklah bayi Anda untuk memilih warna yang disukai karena produk ini memiliki tiga pilihan warna yang menarik.

Dimensi 36 cm × 32 cm × 35,5 cm atau 36 cm × 32 cm × 49 cm
Bobot produk 2 kg
Kapasitas maksimum 15 kg
Material Logam
Target usia 6 bulan sampai 36 bulan
Warna Deep blue, lime, dan mandarino

7. Chicco Mode Booster Seat – Fancy Chicken

7. Chicco Mode Booster Seat – Fancy Chicken

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 849.900

Bayi Anda akan menyukai gambar ayam berwarna oranye di kursi makannya

Produk dari Chicco ini memiliki daya tarik berupa desain yang cute dan menggemaskan. Bayi Anda akan menyukai desain fancy bergambar ayam dengan dominasi warna oranye di produk ini. Rumah Anda pun akan terlihat semakin colorful dan bersemangat dengan adanya kursi makan bayi ini.

Bagi Anda penyuka warna cerah, produk ini tentu merupakan pilihan tepat. Selain desain yang menarik, fitur lain dari kursi makan bayi ini juga tidak perlu Anda ragukan. Produk ini memiliki tiga pilihan tingkat ketinggian yang dapat Anda atur. Membersihkannya pun mudah berkat seat pad dan meja yang dapat dilepaskan.

Dimensi 34 cm × 29 cm × 31,5 cm atau 34 cm × 29 cm × 37,5 cm
Bobot produk 2,2 kg
Kapasitas maksimum 15 kg
Material Tidak diketahui
Target usia Minimal 6 bulan
Warna Oranye-putih

6. Yamatoya Sukusuku EN Table & Guard

6. Yamatoya Sukusuku EN Table & Guard

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.540.000

Elegan! Interior rumah Anda akan semakin keren

Untuk Anda penggemar tampilan simpel dan elegan, high chair produksi Yamatoya ini patut dicoba. Dengan material yang terbuat dari kayu karet, produk ini akan membuat interior rumah Anda semakin chic. Pilihan warnanya pun sangat beragam. Anda dapat memilih yang sesuai dengan selera Anda dan bayi.

Bagian tempat duduk di kursi makan ini dirancang agar sesuai dengan kaki anak sehingga tidak akan membuat bayi Anda merasa pegal. Tidak itu saja, Anda juga dapat mengatur letak pijakan kaki agar sesuai dengan tubuh bayi Anda. Keunggulan lainnya adalah produk ini sangat kuat sehingga dapat digunakan oleh orang dewasa dengan bobot maksimum 60 kg.

Dimensi 54 cm × 53,6 cm × 80,1 cm
Bobot produk 7 kg
Kapasitas maksimum 60 kg
Material Kayu karet
Target usia Minimal 6 bulan
Warna Natural, light brown, dark brown, red, yellow green, white, baby blue, champagne gold

5. Farlin High Chair BF-807D

5. Farlin High Chair BF-807D

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.220.000

Mudah dibersihkan! Kesehatan anak Anda akan lebih terjaga

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan berbagai peralatan yang digunakan oleh anak, termasuk kursi makannya. Untuk itu, produk ini dirancang dengan material yang antiair dan mudah dibersihkan. Jadi, tidak perlu khawatir lagi mengenai makanan bayi yang mengotori kursi makannya.

Selain itu, produk ini memiliki lima titik sabuk pengaman yang akan menjaga posisi duduk bayi. Ditambah lagi, terdapat roda yang akan mempermudah Anda untuk memindahkan kursi makan ini. Roda ini dilengkapi dengan rem sehingga tidak akan berbahaya jika bayi Anda sedang berada di dalamnya.

Dimensi Tidak diketahui
Bobot produk 10 kg
Kapasitas maksimum Tidak diketahui
Material Tidak diketahui
Target usia Minimal 6 bulan
Warna Putih-oranye

4. Summer Infant Pop ‘N Sit® Portable Booster

4. Summer Infant Pop 'N Sit® Portable Booster

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 375.000

Pilihan tepat bagi Anda yang suka bepergian karena bisa dilipat hingga sangat kecil

Jika Anda termasuk orang yang senang bepergian, produk ini dapat menjadi pilihan tepat. Kursi makan bayi ini dapat dilipat hingga menjadi sangat kecil. Setelah itu, Anda dapat menyimpannya di dalam tas khusus yang disediakan, dan Anda siap berangkat. Material yang digunakan pada produk ini juga tahan lama sehingga cocok untuk digunakan di area outdoor.

Dengan ukuran yang compact dan bobot yang ringan, Anda dapat membawa produk ini ke mana pun, bahkan ke mal. Jadi, bayi Anda dapat makan di meja makan mana pun dengan mudah. Anda hanya perlu memasang produk ini di atas kursi makan dewasa. Pilihan warnanya pun beragam sehingga dapat Anda sesuaikan dengan karakter dan selera bayi Anda.

Dimensi 41 cm × 15,5 cm × 51 cm
Bobot produk 2 kg
Kapasitas maksimum 17 kg
Material Polyester
Target usia Minimal 6 bulan
Warna Aqua splash, dusty blue, pink, green, teal and grey

3. Chicco Polly Double Phase 2 in 1

3. Chicco Polly Double Phase 2 in 1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.850.000

Ada bantalan ganda di bagian sandaran. Jadi lebih empuk, deh!

Bantalan ganda di bagian sandaran kursi makan bayi ini akan membuat anak Anda merasa nyaman. Namun, jika hanya ingin menggunakan satu bantalan, Anda dapat melepaskannya. Selain itu, tingkat kemiringan bagian sandarannya juga dapat Anda atur. Jadi, selain untuk makan, high chair ini juga dapat digunakan untuk bayi beristirahat.

Di samping itu, produk ini memiliki tombol-tombol yang akan mempermudah Anda untuk melipat dan membuka lipatannya. Menggunakannya terasa mudah sehingga tangan Anda tidak akan terasa sakit. Setelah dilipat, kursi makan bayi ini dapat berdiri sendiri sehingga Anda tidak perlu repot menggunakan dinding untuk menyandarkannya.

Dimensi 104 cm × 63,5 cm × 82 cm
Bobot produk 10 kg
Kapasitas maksimum 15 kg
Material Tidak diketahui
Target usia Minimal 6 bulan sampai 3 tahun
Warna Merah, hijau, oranye

2. Peg Perego Prima Pappa Zero3

2. Peg Perego Prima Pappa Zero3

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.845.000

Wow, produk ini dapat digunakan sejak bayi Anda baru lahir!

Nah, produk berikut ini bukan sekadar kursi makan karena dapat digunakan sejak bayi baru saja lahir. Pada saat bayi baru lahir, Anda dapat memanfaatkan produk ini sebagai recliner. Dengan demikian, bayi Anda dapat tidur dengan nyaman di dalamnya. Selanjutnya, Anda dapat mengubah-ubah posisi sandarannya sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya bagian sandaran, tinggi kursi makan bayi ini pun dapat Anda sesuaikan dengan pertumbuhan bayi. Terdapat tujuh tingkat ketinggian yang dapat Anda pilih. Pijakan kakinya juga dapat Anda atur agar terasa nyaman untuk bayi. Dengan berbagai fitur tersebut, kursi makan bayi ini akan menjadi produk yang menguntungkan bagi Anda dan bayi.

Dimensi 75,2 cm × 54,8 cm × 105,6 cm
Bobot produk 7,5 kg
Kapasitas maksimum Tidak diketahui
Material Plastik, logam, bahan kain
Target usia Sejak lahir sampai 3 tahun
Warna Pink, cokelat, denim, abu-abu, beige

1. Joie Multiply™ 6in1

1. Joie Multiply™ 6in1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.775.000

Untuk tiduran? Bisa! Untuk makan? Bisa! Dapat juga dijadikan sepasang meja dan kursi!

Anda mencari kursi makan bayi yang bisa dilipat dan dapat terus digunakan hingga sekolah? Cobalah produk ini. Kursi makan bayi produksi Joie ini dapat digunakan hingga anak Anda berusia enam tahun! Setelah anak Anda tidak lagi membutuhkan kursi makan khusus bayi, produk ini dapat dimanfaatkan sebagai meja belajar.

Anda dapat mengubah produk ini menjadi sepasang meja dan kursi kecil, lalu anak Anda dapat menggunakannya dengan nyaman. Sangat serbaguna, ya! Selain itu, ketika kursi ini dilipat, terdapat ruang khusus untuk menyimpan bagian meja. Hal tersebut tentu membuat produk ini menjadi lebih compact dan mudah disimpan.

Dimensi 82,5 cm × 64,8 cm × 107,3 cm
Bobot produk 12,2 kg
Kapasitas maksimum 15 kg
Material Plastik, logam, dan bahan kain
Target usia Minimal 6 bulan sampai 6 tahun
Warna Abu-abu dan hitam

Anda dapat menggunakan bantalan kursi makan yang dijual terpisah

Anda dapat menggunakan bantalan kursi makan yang dijual terpisah

Kursi makan bayi yang terbuat dari kayu biasanya memiliki bantalan yang dijual terpisah. Bayi Anda akan merasa lebih nyaman duduk menggunakan bantalan dibandingkan dengan kursi kayu yang keras. Selain itu, bantalan tersebut juga dapat membantu agar bokong bayi tidak merosot ketika sedang duduk.

Namun, ada beberapa bantalan yang bahannya terasa panas dan membuat bayi kegerahan. Di samping itu, bayi juga dapat merasa sesak ketika tubuhnya semakin membesar. Jadi, pilihlah bantalan dengan material yang nyaman untuk bayi.

Kesimpulan

Keistimewaan kursi bayi yang bisa dilipat adalah lebih praktis. Di samping itu, ragam desain dan fiturnya juga cukup menarik. Untuk menemukan produk yang akan bermanfaat nantinya, tentukan terlebih dahulu mengenai penggunaan Anda di rumah.

Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa memperhatikan keamanan dari produk tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu menemukan kursi makan bayi yang Anda butuhkan. Good luck!