• 10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Apabila bayi Anda sudah bisa duduk, pasti menyenangkan jika Anda menggunakan kursi makan bayi. Dengan demikian, bayi Anda dapat duduk nyaman di sana ketika makan atau sekadar mengonsumsi snack. Jenis dari kursi makan bayi cukup beragam. Ada yang bisa dilipat, ada juga yang mejanya dapat dilepas.

Saat ini, Anda dapat menjumpai berbagai jenis dan merek kursi makan bayi yang bagus. Nah, artikel ini akan mengulas cara memilih produk terbaiknya serta merekomendasikan produk dari merek Joie, IKEA, dan BabySafe. Jadi, simaklah sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2022
Daftar isi

Cara memilih kursi makan bayi

Sebelum memilih kursi makan bayi, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu pola pemakaian Anda nantinya. Agar lebih jelas, bacalah lima tips dari kami di bawah ini untuk menemukan kursi makan bayi yang tepat.

Perhatikan ketinggian kursi makan bayi

Perhatikan ketinggian kursi makan bayi
Terdapat beragam tipe kursi makan bayi yang ada di pasaran. Namun, ada tiga tipe yang populer, yakni high chair, booster chair, dan kursi yang bisa diatur ketinggiannya. Di bawah ini, kami akan menjelaskan mengenai ketiga tipe tersebut.

  • High chair

Kursi ini memiliki ukuran yang tingginya cocok digunakan di meja makan. Umumnya, kaki kursinya panjang, kokoh, serta memiliki desain antiselip. Selain itu, mejanya pun didesain cukup lebar. Menariknya, beberapa produk juga ada yang memiliki tambahan storage di bawah kursi. Alhasil, Anda bisa meletakkan barang-barang si kecil di tempat tersebut.


  • Booster chair

Tipe ini memiliki ukuran yang tidak tinggi sehingga lebih sesuai untuk digunakan di meja yang rendah. Meskipun begitu, tipe ini dapat disambungkan ke atas kursi orang dewasa sehingga posisi bayi sejajar dengan Anda. Karena umumnya memiliki ukuran yang compact, tipe ini tak akan memakan tempat.


  • Kursi yang bisa diatur ketinggiannya

Apabila ingin lebih praktis, tipe yang dapat diatur ketinggiannya dapat dijadikan pilihan terbaik. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah menyesuaikan posisi kursi si kecil dengan meja yang akan dipakai.

Periksa tempat pijakan kakinya

Buah hati tercinta akan makan dengan lebih leluasa jika dapat memijakkan kakinya dengan nyaman. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa postur tubuh seseorang ketika makan akan memengaruhi kekuatannya dalam mengunyah. Jadi, jika bayi dapat memijakkan kakinya secara nyaman di kursi makan, hal tersebut akan mendukung proses tumbuh kembangnya.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan kursi makan bayi yang berukuran tinggi, bayi Anda tidak dapat memijakkan kakinya di lantai. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan produk yang memungkinkan Anda untuk mengubah tinggi tempat duduk sekaligus pijakan kakinya.

Kenali material yang digunakan

Terdapat dua jenis material yang banyak digunakan untuk membuat kursi makan bayi, yaitu kayu dan plastik. Pastinya, setiap jenis material tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Kayu

Kursi makan bayi yang terbuat dari kayu akan memberi kesan hangat dan lebih cocok dengan beragam jenis interior. Selain itu, daya tahan dari kursi berbahan kayu juga terbilang kuat dan kokoh sehingga awet digunakan. Namun, pastikan Anda menyimpannya di tempat yang tidak lembap agar kursi tidak mudah lapuk dan dimakan rayap, ya.

 

  • Plastik

Daya tarik utama dari bahan plastik adalah lebih ringan dibanding dengan kayu. Jadi, apabila Anda termasuk orang yang mobile, produk berbahan plastik dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, variasi warna yang ditawarkan juga lebih beragam. Sayangnya, kursi makan bayi berbahan plastik akan mudah tergores atau pecah jika terkena benda tajam.

Cek kelebihan lain yang ditawarkan

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan kelebihan yang ditawarkan oleh produk yang akan dipilih. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan.

Kursi bayi yang bisa dilipat, tidak memakan tempat

Kursi makan bayi yang bisa dilipat adalah pilihan tepat untuk menghemat ruang. Tak hanya itu, karena lebih compact, Anda pun bisa membawanya dengan mudah saat bepergian. Terlebih lagi, sekarang terdapat produk yang sudah dilengkapi dengan tas sehingga Anda makin tak repot membawanya.


Namun, dibandingkan produk yang tidak bisa dilipat, jenis yang bisa dilipat biasanya memiliki daya tahan lebih rendah. Alhasil, waktu penggunaannya juga lebih pendek, yaitu sekitar 3 tahun. Jika produk tersebut tergolong tahan banting, Anda dapat menggunakannya hingga sekitar 5 tahun. Jadi, Anda sebaiknya turut mempertimbangkan aspek tersebut.

Meja yang bisa dilepas, lebih fleksibel dipakai

Kursi makan bayi biasanya dilengkapi dengan meja. Dengan adanya meja, akan lebih mudah bagi Anda untuk meletakkan makanan di dekat bayi. Jika mejanya memiliki bagian tepi yang cukup tinggi, makanan atau minuman bayi menjadi tidak mudah tumpah ke lantai.

Namun, ketika bayi sudah makin besar, keberadaan meja justru membuatnya sulit bergerak. Di samping itu, saat Anda makan bersama, meja tersebut mungkin dapat saling berbenturan dengan meja makan. Sebagai solusi, Anda dapat menggunakan kursi makan bayi yang mejanya mudah dilepas atau bisa dilipat ke belakang.

Perhatikan aspek keamanan produk

Perhatikan aspek keamanan produk
Keamanan adalah hal yang penting. Oleh karena itu, perhatikan aspek keamanan dari kursi makan bayi yang hendak Anda beli. Apakah produk tersebut tidak mudah kehilangan keseimbangan jika bayi Anda sedang duduk di atasnya? Apakah ada kemungkinan bahwa metode lipatnya dapat melukai tangan Anda? Intinya, pastikan kursi makan bayi pilihan Anda kokoh dan stabil, ya.

Biasanya, terdapat kode tertentu pada produk yang telah lolos uji keamanan. Sebagai contoh, untuk produk kursi makan bayi dari Indonesia, pilihlah yang memiliki kode SNI. Kode ini penting karena memberi jaminan kualitas dan keamanan saat digunakan.

10 Rekomendasi kursi makan bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kursi makan bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 21 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Joie Multiply 6in1 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Sugarbaby My Chair Baby Booster & High Chair memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Sugarbaby My Chair Baby Booster & High Chair 1

Sugarbaby

2
Pliko Folding Booster Seat 1

Pliko

3
IKEA ANTILOP 1

IKEA

4
RightStar Plastic Baby Chair 3-in-1 Deer Chair 1

RightStar

5
KuRu 4in1 High Chair  1

KuRu

6
BabySafe Booster Seat 1

BabySafe

7
Yamatoya Sukusuku Plus Table 1

Yamatoya

8
CocoLatte Travelfold Booster Seat 1

CocoLatte

9
BabySafe Separable High Chair - Giraffe 1

BabySafe

10
Joie Mimzy Spin 3-in-1 1

Joie

Nama produk

My Chair Baby Booster & High Chair

Folding Booster Seat

ANTILOP

Plastic Baby Chair 3-in-1 Deer Chair

4in1 High Chair

Booster Seat

Sukusuku Plus Table

Travelfold Booster Seat

Separable High Chair - Giraffe

Mimzy Spin 3-in-1

Keunggulan

Bisa dijadikan sebagai kursi roda untuk bermain anak

Bayi tak akan kesempitan berkat meja yang bisa diatur dalam tiga posisi

Mudah dibersihkan! Kesehatan buah hati akan lebih terjaga

Tawarkan desain menggemaskan dengan kesan yang playful

Satu produk, tawarkan empat fungsi sekaligus

Dibalut dengan motif binatang yang colorful

Tampilannya elegan, interior rumah jadi makin keren

Pilihan tepat saat dibawa bepergian

Dapat juga dijadikan sepasang meja dan kursi

Produknya dapat digunakan sejak bayi Anda baru lahir, lho!

Harga mulai dariRp 585.000,00Rp 245.000,00Rp 219.000,00Rp 205.000,00Rp 445.000,00Rp 373.600,00Rp 1.990.000,00Rp 329.000,00Rp 1.087.500,00Rp 2.890.000,00
JenisHigh chair, booster chair, kursi yang bisa diatur tingginyaBooster chairHigh chairKursi yang dapat diatur tingginyaHigh chair, booster chair, kursi yang bisa diatur tingginyaBooster chairHigh chairBooster chairHigh chairHigh chair
Dimensi89 cm x 53 cm x 60 cm (high chair), 45 cm x 35 cm x 41 cm (baby booster)40 cm x 16 cm x 34 cm90 cm x 62 cm x 56 cm38,5 cm x 34 cm x 27 cm66 cm x 61 cm x 92 cm 34 cm x 14 cm x 37 cm53 cm x 55,5 cm x 80,5 cm46 cm x 40 cm x 13 cmTinggi: 106 cm (sebagai kursi makan)74,3 cm x 80 cm x 100 cm (open), 73,8 cm x 27,2 cm x 119,4 cm (folded)
Bobot produk4,2 kg2 kgTidak disebutkanTidak disebutkan3,7 kg1,8 kg7 kg2,7 kgTidak disebutkan12,16 kg
Kapasitas beban maksimum30–50 kg15 kg15 kg50 kg50 kg15 kg60 kg15 kg18 kg15 kg
MaterialPolipropilena (PP), kulit sintetis, besiPlastikPlastik polipropilena, bajaPlastikPlastikTidak disebutkanRubber woodTidak disebutkanPlastik HDPE (kursi), poliester (cover)Tidak disebutkan
Target usia6 bulan sampai 5 tahunMulai dari 6 bulanTidak disebutkanMulai dari 6 bulanTidak disebutkan6 bulan sampai 3 tahunMulai dari 6 bulanMulai dari 6 bulan6 bulan sampai 3 tahun (kursi makan bayi), 3–6 tahun (meja belajar)Mulai dari newborn
Tautan produk
10
JenisHigh chair
Dimensi74,3 cm x 80 cm x 100 cm (open), 73,8 cm x 27,2 cm x 119,4 cm (folded)
Bobot produk12,16 kg
Kapasitas beban maksimum15 kg
MaterialTidak disebutkan
Target usiaMulai dari newborn
9

BabySafeSeparable High Chair - Giraffe

HC01C

Mulai dari Rp 1.087.500,00

JenisHigh chair
DimensiTinggi: 106 cm (sebagai kursi makan)
Bobot produkTidak disebutkan
Kapasitas beban maksimum18 kg
MaterialPlastik HDPE (kursi), poliester (cover)
Target usia6 bulan sampai 3 tahun (kursi makan bayi), 3–6 tahun (meja belajar)
8

CocoLatteTravelfold Booster Seat

Mulai dari Rp 329.000,00

JenisBooster chair
Dimensi46 cm x 40 cm x 13 cm
Bobot produk2,7 kg
Kapasitas beban maksimum15 kg
MaterialTidak disebutkan
Target usiaMulai dari 6 bulan
7
JenisHigh chair
Dimensi53 cm x 55,5 cm x 80,5 cm
Bobot produk7 kg
Kapasitas beban maksimum60 kg
MaterialRubber wood
Target usiaMulai dari 6 bulan
6
JenisBooster chair
Dimensi34 cm x 14 cm x 37 cm
Bobot produk1,8 kg
Kapasitas beban maksimum15 kg
MaterialTidak disebutkan
Target usia6 bulan sampai 3 tahun
5
JenisHigh chair, booster chair, kursi yang bisa diatur tingginya
Dimensi66 cm x 61 cm x 92 cm
Bobot produk3,7 kg
Kapasitas beban maksimum50 kg
MaterialPlastik
Target usiaTidak disebutkan
4

RightStarPlastic Baby Chair 3-in-1 Deer Chair

HC 2381

Mulai dari Rp 205.000,00

JenisKursi yang dapat diatur tingginya
Dimensi38,5 cm x 34 cm x 27 cm
Bobot produkTidak disebutkan
Kapasitas beban maksimum50 kg
MaterialPlastik
Target usiaMulai dari 6 bulan
3
JenisHigh chair
Dimensi90 cm x 62 cm x 56 cm
Bobot produkTidak disebutkan
Kapasitas beban maksimum15 kg
MaterialPlastik polipropilena, baja
Target usiaTidak disebutkan
2

PlikoFolding Booster Seat

PK-8216

Mulai dari Rp 245.000,00

JenisBooster chair
Dimensi40 cm x 16 cm x 34 cm
Bobot produk2 kg
Kapasitas beban maksimum15 kg
MaterialPlastik
Target usiaMulai dari 6 bulan
1

SugarbabyMy Chair Baby Booster & High Chair

Mulai dari Rp 585.000,00

JenisHigh chair, booster chair, kursi yang bisa diatur tingginya
Dimensi89 cm x 53 cm x 60 cm (high chair), 45 cm x 35 cm x 41 cm (baby booster)
Bobot produk4,2 kg
Kapasitas beban maksimum30–50 kg
MaterialPolipropilena (PP), kulit sintetis, besi
Target usia6 bulan sampai 5 tahun

Anda dapat menggunakan bantalan kursi makan yang dijual terpisah

Anda dapat menggunakan bantalan kursi makan yang dijual terpisah
Kursi makan bayi yang terbuat dari kayu biasanya memiliki bantalan yang dijual terpisah. Tentunya, bayi Anda akan merasa lebih nyaman duduk menggunakan bantalan dibandingkan kursi kayu yang keras. Selain itu, bantalan tersebut juga dapat membantu agar bokong bayi tidak merosot ketika sedang duduk.

Akan tetapi, ada beberapa bantalan yang bahannya terasa panas dan membuat bayi kegerahan. Terlebih lagi, bayi juga dapat merasa sesak ketika tubuhnya makin membesar. Jadi, pilihlah bantalan dengan material yang nyaman untuk bayi.

Baca juga rekomendasi perlengkapan makan bayi lainnya di sini

Kami berharap Anda sudah menemukan kursi makan bayi sesuai kebutuhan. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk perlengkapan makan bayi yang mungkin sedang Anda butuhkan. Terdapat produk-produk, seperti sippy cup, tempat makan, dan celemek bayi. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kursi bayi dapat membuat si kecil lebih nyaman saat makan. Terlebih lagi, jika kursi bayinya bisa dilipat tentu lebih praktis dan mudah disimpan. Ragam desain dan kelebihan yang ditawarkan juga cukup menarik.

Untuk menemukan produk yang tepat, tentukan terlebih dahulu mengenai penggunaan Anda di rumah. Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa memperhatikan keamanan dari produk tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan kursi makan bayi yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Celana Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Celana Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pakaian bayi kini sangat beragam dan tidak terbatas modelnya. Jika Anda senang mix and match pakaian, Anda bisa membeli outfit bayi berupa celananya saja. Jadi, Anda bisa memasangkannya dengan berbagai macam atasan.Kami punya rekomendasi celana bayi dengan berbagai model. Anda bisa memilih celana polos dari I Am Cotton atau celana bermotif lucu dari Jobel. Selain itu, Anda akan menemukan celana bayi perempuan dan bayi laki-laki yang berukuran panjang maupun pendek. Bahkan, celana untuk bayi baru lahir pun tersedia. Nah, sebelumnya simak dahulu tips memilih celana bayi di bawah ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori