• 10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sampo mobil adalah produk yang esensial untuk menjaga mobil tetap bersih dan terawat. Berbagai jenis produk sudah dihasilkan oleh merek-merek ternama, seperti Meguiar's dan 3M. Ada produk yang mengandung wax untuk mencegah noda air menempel di mobil. Ada juga yang memberikan kilau ekstra pada cat mobil Anda.


Hal ini tentunya membuat konsumen bingung dalam memilih sampo mobil yang paling sesuai. Jadi kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sampo mobil yang tepat untuk Anda. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi sampo mobil terbaik. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pembaharuan terakhir: 24 Desember 2019
  • 7.779 Views
Daftar isi

Cara memilih shampo mobil

Setiap sampo mobil memiliki daya pembersih dan aturan pakai yang berbeda-beda. Perhatikan perbedaan antar tiap produk sampo mobil dan pilihlah yang paling sesuai.

Pilih produk sesuai warna mobil Anda

Sampo mobil ada yang digunakan khusus untuk mencuci saja. Sementara itu, ada juga yang ditambahkan dengan campuran wax dan bahan penolak air. Sampo murni memang bisa digunakan pada mobil berwarna apa saja. Namun, berhati-hatilah bila produk sampo pilihan Anda mengandung bahan lainnya di samping detergen.

Berbeda warna mobil, berbeda pula kandungan bahan selain detergen yang dibutuhkan pada samponya. Contohnya, pada cat mobil berwarna cerah goresan tidak terlihat jelas, tetapi debu kotoran bisa terlihat mencolok. Sampo yang cocok adalah sampo dengan kandungan detergen tinggi dan memiliki kandungan compound (abrasif) untuk mengelupas kotoran. Di sisi lain, pada mobil berwarna gelap nodanya tidak terlihat jelas. Meski begitu, goresan akan sangat mudah terlihat. Untuk mobil berwarna gelap, samponya tidak perlu memiliki kandungan compound.


Jadi, Anda harus memilih produk berdasarkan warna mobil Anda. Bila hal itu terasa merepotkan, Anda bisa memilih produk yang murni berfungsi sebagai pembersih saja. Opsi lainnya, Anda bisa memilih produk yang cocok digunakan untuk semua warna.

Pilih produk dengan bahan sesuai tujuan penggunaannya

Banyak sampo mobil yang mengandung bahan-bahan selain bahan pembersih. Cara penggunaannya pun berbeda, Anda perlu memilih produk sesuai tujuan penggunaannya.

Terdapat wax, memberikan kilau lebih setelah pencucian mobil

Sampo mobil dengan kandungan wax berguna ketika Anda mau mencuci sekaligus mengilapkan mobil. Jenis ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mobilnya terlihat cantik tanpa membuang banyak waktu. Toh, keduanya dapat dilakukan secara bersamaan.


Namun, adanya campuran wax membuat kandungan detergen berkurang sehingga efek dari sampo maupun wax-nya menjadi kurang maksimal. Jadi, jenis sampo mobil ini hanya untuk membersihkan mobil dengan tingkat kekotoran ringan. Tentu saja efek kilaunya pun tidak terlalu optimal.

Terdapat compound, pas untuk menghilangkan goresan dan noda membandel

Terdapat compound, pas untuk menghilangkan goresan dan noda membandel

Sampo mobil dengan kandungan compound mampu membersihkan debu kotoran dan noda membandel. Sampo seperti ini bahkan efektif untuk membersihkan noda air pada body mobil Anda.


Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakan sampo jenis ini. Kandungan abrasifnya yang keras bisa menyebabkan coating pada mobil Anda luruh. Hindari juga penggunaannya untuk mobil dengan goresan yang mencolok karena akan membuatnya semakin parah. Sebagai gantinya, pilihlah jenis sampo yang bisa digunakan pada semua warna.

Produk khusus untuk mobil dengan pelapis cat

Produk khusus untuk mobil dengan pelapis cat

Apakah Anda menggunakan lapisan penolak air atau cat bening pada mobil Anda? Bila ya, pilihlah sampo yang memang dikhususkan untuk hal tersebut. Tidak banyak campuran bahan pada sampo ini dan kadar detergennya juga minim. Dengan begitu, produk ini tidak akan merusak lapisan coating pada mobil Anda. Sampo ini bisa digunakan untuk mobil bercat gelap dan bercat metalik.


Namun, kadar detergennya yang sedikit membuat produk ini kurang cocok untuk Anda yang jarang mencuci mobil. Mobil yang tingkat kekotorannya parah juga kurang pas dibersihkan menggunakan produk tipe ini. Sebaliknya, sampo jenis ini sangat cocok untuk Anda yang rutin mencuci mobil dan ingin memperoleh hasil akhir mengilap.

Pilih produk berdasarkan jenis kotoran yang menempel

Pilih produk berdasarkan jenis kotoran yang menempel

Sampo mobil ada yang bertipe basa, netral, dan asam. Sampo mobil dengan tipe basa sangat baik untuk meluruhkan minyak dan efektif membersihkan kotoran yang mengandung minyak. Saringan mobil, kaki mobil, dan engsel pintu adalah contoh area yang tepat dibersihkan menggunakan sampo basa. Sampo yang bertipe asam tentunya lebih kuat dari yang basa dan sangat efektif membersihkan noda membandel. Namun, baik sampo basa maupun asam berisiko mengelupas lapisan pelindung mobil. Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya.


Sementara itu, sampo bertipe netral memiliki keunggulan tersendiri karena minim kemungkinan mengelupas lapisan cat mobil. Hal tersebut membuatnya cocok digunakan untuk mengatasi kotoran yang masih mudah dibersihkan. Kebanyakan sampo mobil di pasaran juga bertipe netral. Meski begitu, pastikan untuk selalu membilas sampo hingga bersih. Bila tidak, bisa jadi malah timbul noda pada permukaan cat mobil Anda.

Pilih produk berdasarkan banyaknya busa dan kemudahan membersihkannya

Pilih produk berdasarkan banyaknya busa dan kemudahan membersihkannya

Saat memilih sampo mobil, penting untuk Anda mengecek banyaknya busa dan buih yang dihasilkan. Dengan banyaknya busa yang muncul, risiko tergoresnya mobil ketika dibersihkan pun semakin berkurang. Busa akan membuat kotoran lebih mudah terangkat, gesekan antara sponge pembersih dengan body mobil juga akan berkurang. Hal ini sangat penting untuk mencegah mobil Anda tergores.


Goresan akan lebih mudah muncul bila busanya belum cukup banyak. Pastikan Anda membersihkan mobil setelah samponya berbuih cukup banyak, ya! Sampo mobil yang tidak banyak menghasilkan busa juga cenderung kurang efektif membersihkan kotoran. Bisa jadi sisa busa dan kotoran malah tertinggal dan meninggalkan noda pada mobil. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih sampo yang busanya mudah dibilas. Hal itu juga akan memudahkan Anda saat proses pengelapan mobil setelah mencuci.

Pilih produk sesuai frekuensi pencucian mobil

Frekuensi pencucian mobil bagi setiap orang tentu berbeda. Terlebih bagi Anda yang rutin mencuci mobil, faktor biaya juga perlu diperhitungkan. Jika Anda sering mencuci mobil, disarankan untuk memilih sampo yang dapat diencerkan sebelum digunakan. Pengenceran biasanya dilakukan dengan cara mencampurkan sampo dengan air bersih. Hal ini membuat sampo tersebut bisa digunakan berulang kali untuk mencuci hanya dengan satu botol saja.


Lalu, bagaimana bila Anda kurang suka mengencerkan sampo atau jarang mencuci mobil? Anda bisa memilih sampo mobil yang tidak perlu diencerkan untuk bisa digunakan. Sesuaikanlah pemilihan produk dengan frekuensi pencucian mobil Anda!

10 Rekomendasi shampo mobil terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi sampo mobil terbaik. Gunakanlah poin-poin yang sudah kami sebutkan di atas sebagai acuan. Selamat memilih!

10
KeasamanTidak disebutkan
Perlu diencerkanYa
Efek bahan tambahanMengilapkan
Isi1,42 liter
9
KeasamanTidak disebutkan
Perlu diencerkanYa
Efek bahan tambahanMengilapkan dan aman untuk coating
Isi1 liter
8
KeasamanNetral
Perlu diencerkanYa
Efek bahan tambahanMengilapkan
Isi500 ml
7
KeasamanTidak disebutkan
Perlu diencerkanYa
Efek bahan tambahanMengilapkan
Isi1 liter
6
KeasamanNetral
Perlu diencerkanYa
Efek bahan tambahanMengilapkan
Isi473 ml
5
KeasamanNetral
Perlu diencerkanYa
Efek bahan tambahanAman untuk coating
Isi1 liter
4
KeasamanTidak disebutkan
Perlu diencerkanYa
Efek bahan tambahanMengangkat noda membandel
Isi530 ml
3
KeasamanNetral
Perlu diencerkanYa
Efek bahan tambahanMengilapkan, aman untuk coating
Isi1 liter
2
KeasamanNetral
Perlu diencerkanYa
Efek bahan tambahanAman untuk coating, mengilapkan
Isi1,89 liter
1

Meguiar’s Gold Class Car Wash Shampoo & Conditioner

Rp 285.000,00

KeasamanTidak disebutkan
Perlu diencerkanYa
Efek bahan tambahanMengilapkan dan aman untuk coating
Isi473 ml, 1,89 liter

Tabel perbandingan produk shampo mobil terbaik

Gambar produk
1
Meguiar’s  Gold Class Car Wash Shampoo & Conditioner 1

Meguiar’s

2
Meguiar's NXT Generation Car Wash 1

Meguiar's

3
SONAX Gloss Shampoo 1

SONAX

4
Bullsone  First Class Car Shampoo 1

Bullsone

5
Kit Wash and Glow 1

Kit

6
Auto Magic E-Z Suds Liquid Concentrate 1

Auto Magic

7
Waxco Wash & Wax Car Shampoo 1

Waxco

8
3M Car Wash Soap Gold Series 1

3M

9
Waxco  Nano Super Wax Shampoo 1

Waxco

10
Turtle Wax ICE Wash and Wax 1

Turtle Wax

Nama produk

Gold Class Car Wash Shampoo & Conditioner

NXT Generation Car Wash

Gloss Shampoo

First Class Car Shampoo

Wash and Glow

E-Z Suds Liquid Concentrate

Wash & Wax Car Shampoo

Car Wash Soap Gold Series

Nano Super Wax Shampoo

ICE Wash and Wax

KeunggulanBantu pancarkan jernihnya c...Jadikan mobil mengilap tanp...Shampo bebas fosfat untuk m...Essential orange oil berika...Premium polymer plus pH net...Aromanya menyegarkan, busan...Siap mempercantik cat metal...Anti-static agent-nya ampuh...Bersihkan hingga ke bagian ...Busa melimpahnya mempermuda...
HargaRp 285.000,00Rp 215.000,00Rp 84.000,00Rp 30.000,00Rp 18.600,00Rp 105.900,00Rp 55.000,00Rp 29.000,00Rp 73.000,00Rp 199.900,00
KeasamanTidak disebutkanNetralNetralTidak disebutkanNetralNetralTidak disebutkanNetralTidak disebutkanTidak disebutkan
Perlu diencerkanYaYaYaYaYaYaYaYaYaYa
Efek bahan tambahanMengilapkan dan aman untuk coatingAman untuk coating, mengilapkanMengilapkan, aman untuk coatingMengangkat noda membandelAman untuk coatingMengilapkanMengilapkanMengilapkanMengilapkan dan aman untuk coatingMengilapkan
Isi473 ml, 1,89 liter1,89 liter1 liter530 ml1 liter473 ml1 liter500 ml1 liter1,42 liter
Tautan produk

Cara menggunakan shampo mobil yang benar

Terlepas dari seberapa bagus sampo mobil Anda, bila Anda keliru menggunakannya tentu hasilnya tidak akan maksimal. Bisa jadi malah timbul goresan pada mobil. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui cara penggunaan sampo mobil dengan benar.

Siram seluruh bagian mobil sebelum diberikan shampo

Siram seluruh bagian mobil sebelum diberikan shampo

Sebelum menggunakan sampo mobil, pertama-tama Anda harus menyiram seluruh bagian mobil dengan air. Hal tersebut bertujuan untuk meluruhkan debu dan kotoran yang menempel. Jenis kotoran yang ringan akan mudah hilang hanya dengan menyiramkan air. Namun, pastikan Anda melakukannya dengan benar sebagai persiapan mencuci mobil Anda. Setelah itu, cucilah mobil Anda dengan busa dari sampo pilihan Anda. Begitu selesai, bilas kembali dengan air hingga seluruh sisa sabun dan busanya hilang.


Terakhir, bagian yang cukup memakan waktu adalah mengelap mobil Anda hingga benar-benar kering. Kalau Anda melakukannya dengan benar, Anda akan mencegah adanya debu dan noda tersisa pada mobil Anda. Jangan lupa untuk menjaga kendaraan Anda dari paparan sinar matahari yang menyengat. Hal tersebut akan menimbulkan noda dan bercak putih pada mobil Anda. Maka dari itu, disarankan untuk mencuci mobil pada hari teduh atau berawan.

Cara membuat busa shampo mobil

Sampo mobil sebaiknya baru digunakan ketika sudah berbusa banyak. Caranya, masukkan sampo mobil secukupnya ke dalam ember lalu masukkan air agar menghasilkan busa. Jika Anda menggunakan semprotan air, aturlah agar bertekanan kuat. Sementara bila Anda menggunakan selang, pencetlah bagian mulut selang agar tekanan air yang keluar lebih kuat.


Bisa jadi busanya sudah hilang ketika Anda belum selesai mencuci. Bila demikian, tambahkan lagi samponya dan buatlah berbusa kembali.

Gunakan penghilang goresan untuk menghilangkan goresan pada mobil

Mengilangkan goresan memang gampang-gampang susah, terlebih jika Anda memakai sampo mobil yang tidak mengandung compound. Untuk itu, Anda bisa menggunakan penghilang goresan mobil. Item ini berguna tidak hanya untuk menghilangkan goresan, tetapi juga menghilangkan noda air dan kotoran membandel. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh, Anda bisa membacanya pada artikel berikut.

Baca juga rekomendasi produk detailing untuk mobil lainnya di sini

Anda bisa menggunakan pelindung cat mobil agar warna mobil Anda senantiasa terjaga keindahannya. Selain itu, cobalah menggunakan pembersih agar kaca mobil Anda selalu jernih. Dengan begitu, pandangan Anda tidak akan terganggu dan tampilan mobil Anda pun selalu maksimal. Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh produk yang tepat, simaklah pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan dan memberikan rekomendasi sampo mobil terbaik pilihan kami. Bagaimana menurut Anda?


Dengan memperhatikan karakteristik setiap sampo mobil, Anda bisa menentukan produk yang tepat untuk mobil Anda. Setelah mengetahui cara mencuci mobil dengan benar, Anda pun tidak perlu khawatir lagi akan menggores mobil Anda tanpa sengaja. Akhir kata, pilihlah sampo mobil yang paling tepat untuk mobil kesayangan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fungsi oli sangatlah penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Namun, masih banyak yang kebingungan dalam memilih oli yang tepat untuk motor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan oli dari berbagai merek terkenal, seperti Yamalube, Shell, maupun Enduro. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    28.695 Views
  • 10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak hanya disebabkan oleh kecelakaan atau terserempet, goresan pada mobil juga bisa muncul akibat debu. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan penghilang goresan mobil. Namun, banyaknya produk penghilang goresan mobil berkualitas di pasaran seperti merek Meguiar’s, Turtle Wax, atau Mother’s bisa membuat Anda bingung saat memilih, bukan?Pada artikel ini, Anda akan kami perkenalkan dengan beberapa produk penghilang goresan mobil yang beredar di Indonesia, dari jenis compound, wax, dan touch pen. Kami juga akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi produk penghilang goresan mobil terbaik agar Anda bisa memilih produk yang paling sesuai. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    22.352 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin. Saat mengendarai motor, peran helm sangat penting supaya kita bisa berkendara dengan aman. Helm juga melindungi kepala kita dari benturan dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.Beragam produsen helm seperti NHK, GM, Shoei, ZEUS, dan INK mengeluarkan helm terbaik dan juga stylish. Di artikel ini, kami akan membagikan informasi untuk Anda tentang cara memilih helm yang tepat, berikut rekomendasi sepuluh produk terbaiknya!
    Mobil & motor
    26.457 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Berbagai produk pengharum mobil seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    13.552 Views
  • 10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pelindung cat mobil atau biasa disebut dengan paint protection ini merupakan cairan yang mampu melindungi permukaan cat mobil. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran seperti Meguiars, 3M, Turtle Wax, dan sebagainya mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Untuk memudahkan Anda, kali ini kami akan merekomendasikan produk cat mobil terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Sebelum itu, kami juga menjelaskan poin-poin yang harus Anda ketahui dalam memilih. Mari simak lebih lanjut dan jadikan cat mobil Anda tetap berkilau seperti baru!
    Mobil & motor
    8.897 Views
  • 10 Rekomendasi Drink Holder / Tempat Minum Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Drink Holder / Tempat Minum Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    Agar tetap terhidrasi selama perjalanan, sebaiknya selalu sediakan minuman di dalam mobil Anda. Karena itu, Anda mungkin membutuhkan drink holder untuk mobil. Drink holder dapat mencegah minuman tumpah dan mengotori mobil Anda. Akan tetapi, terdapat banyak model drink holder yang dijual saat ini. Lain desain, lain pula ragam kegunaannya.Karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan produk-produk drink holder terbaik untuk Anda. Ada juga drink holder yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk menyimpan handphone, lho. Temukan produk terbaik dan konsumsi cairan yang diperlukan oleh tubuh!
    Mobil & motor
    145 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori