1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Kamar tidur
  6. >
  7. 10 Merk Bantal Guling yang Bagus (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Bantal Guling yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Bantal Guling yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Bantal Guling yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Bantal Guling yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Bantal Guling yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Bantal Guling yang Bagus (Terbaru Tahun 2023)

Menggunakan bantal dan guling yang tepat tentu akan meningkatkan kualitas tidur Anda. Bantal dan guling memiliki efek mengurangi tekanan pada tubuh saat tidur. Karena itu, Anda memerlukan bantal dan guling yang mampu menyangga kepala dan tubuh dengan baik.

Ada begitu banyak produk yang berbeda ukuran, harga, tekstur, dan sebagainya di pasaran. Terdapat juga berbagai merek, seperti Cozylila, Dunlopillo, dan Domi Bed. Hal ini tentu membuat Anda kebingungan memilih. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan Anda rekomendasi bantal guling terbaik. Ayo memilih bantal guling yang bagus untuk Anda!

Diperbaharui 07-22-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih bantal guling

Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan poin pemilihan bantal guling yang tepat. Pastikan Anda membaca poin-poin yang kami jelaskan supaya tidak salah pilih!

① Pilih berdasarkan jumlah dan ukuran bantal guling

Bantal guling yang ada di pasaran memiliki jumlah dan ukuran yang beragam. Untuk itu, simak beberapa poin penting di bawah ini agar Anda menemukan bantal guling terbaik!

Lebih praktis dan ekonomis dengan bantal dan guling dalam satu set

Saat ini, banyak produsen yang menawarkan bantal guling set, misalnya satu set berisi satu bantal dan satu guling. Bahkan, ada juga yang berisi dua bantal dan dua guling, atau dua bantal dan satu guling. Biasanya, makin banyak isi bantal guling dalam set, harganya makin ekonomis jika dibandingkan Anda membelinya satu per satu. Namun, kisaran harganya juga tergantung bahan yang digunakan.

Guling berdiameter 20–30 cm dan panjang 75–92 cm, bisa dipakai dengan berbagai cara

Guling berdiameter 20–30 cm dan panjang 75–92 cm, bisa dipakai dengan berbagai cara

Bentuk bantal guling yang paling sering dijumpai adalah bentuk lurus. Bentuk ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan selain tidur, di samping nyaman dipeluk saat tidur. Umumnya, diameter guling yang ada di pasaran adalah 20–30 cm dengan panjang 75–92 cm.


Guling berukuran ini bisa digunakan untuk menopang tubuh saat Anda menggunakan ponsel atau membaca buku. Anda hanya perlu melipatnya menjadi dua atau melilitkannya agar bisa menopang tubuh Anda dengan lebih baik. Jika Anda meletakkannya secara horizontal, guling ini dapat digunakan sebagai sandaran untuk dua orang.


Dalam kondisi biasa atau tidak terlipat sekalipun, guling ini nyaman dipeluk. Baik digunakan untuk sandaran kaki maupun punggung, guling serbaguna ini cocok dipakai dalam situasi apa pun!

Bantal dengan tinggi 5–8 cm dan lebar di atas 50 cm, untuk kenyamanan ekstra

Bantal dengan tinggi 5–8 cm dan lebar di atas 50 cm, untuk kenyamanan ekstra

Untuk kenyamanan ekstra, Anda bisa memilih bantal yang tingginya antara 5–8 cm. Sebenarnya, bantal dengan tinggi 6 cm adalah ukuran standar. Namun, para lansia atau orang sakit sebaiknya memilih bantal dengan ketinggian 5 cm. Sementara itu, untuk orang dengan kondisi fit, pilihlah ketinggian bantal 8 cm. Akan tetapi, ukuran tinggi bantal ini juga bergantung pada bentuk kepala setiap orang.


Selain tingginya, Anda juga perlu memperhatikan lebar bantal supaya kepala tidak jatuh saat bergeser. Sebaiknya, Anda memilih bantal dengan lebar 50–70 cm agar tidak terlalu kecil. Dengan begitu, posisi tidur Anda dapat dipertahankan dengan nyaman.

② Periksa bahan pengisi untuk merasakan sensasi saat memeluknya

Sensasi yang Anda rasakan ketika menyentuh bantal guling dapat berbeda-beda tergantung bahan pengisi dan tingkat kepadatannya. Nah, untuk memudahkan Anda memilih bantal guling, sebaiknya Anda mengetahui karakteristik setiap bahan.

Bahan microfiber dengan sensasi super lembut

Bahan microfiber dengan sensasi super lembut
Bahan microfiber memiliki komposisi serat yang sangat halus dan berdiameter kurang dari 0,006 mm. Ukuran tersebut merupakan setengah diameter dari serat sutra. Bahan ini juga dikenal sebagai versi sintetis dari bulu angsa. Microfiber bersifat hypoallergenic atau tidak menimbulkan risiko alergi sehingga cocok untuk Anda yang memiliki alergi.

Bahan ini nyaman dipakai untuk tidur karena dapat menopang berat badan dengan lembut. Bantal yang terbuat dari bahan ini juga dapat dicuci dan cepat kering. Sayangnya, bantal berbahan microfiber memiliki masa pakai sehingga Anda harus menggantinya setiap beberapa tahun.

Memory foam yang mengikuti kontur tubuh

Memory foam yang mengikuti kontur tubuh

Jika Anda mencari bantal guling dengan tekstur yang lebih kenyal saat dipeluk, bahan memory foam bisa menjadi pilihan. Memory foam dibuat dari bahan busa uretan yang sensitif terhadap suhu dan tekanan. Bentuknya akan mengikuti tekanan yang diberikan oleh berat tubuh. Lalu, permukaannya perlahan-lahan kembali ke bentuk semula ketika tekanan dilepas.


Memory foam memiliki kemampuan mendistribusikan tekanan tubuh secara merata. Karena itu, bahan ini cocok untuk orang yang menderita sakit punggung atau nyeri pada bahu. Namun, bahan ini memiliki pori-pori yang padat sehingga bisa memberikan rasa pengap jika dipeluk terlalu lama. Karena itu, bantal berbahan memory foam membutuhkan perawatan rutin agar tidak berbau.


Untungnya, sekarang sudah ada modifikasi memory foam sehingga bahan tersebut berkemampuan sirkulasi baik. Bahan ini disebut snow memory foam yang terbuat dari bahan yang sama dengan memory foam. Hanya saja, bahan ini dipotong menjadi bagian-bagian kecil yang lebih halus. Kedua bahan ini tidak dapat dicuci dengan air.

Bahan dakron yang ringan dan nyaman

Bahan dakron yang ringan dan nyaman

Apakah Anda sering mengubah posisi saat tidur? Jika iya, Anda memerlukan bantal guling yang ringan dan nyaman digunakan dalam posisi apa pun seperti bahan dakron. Umumnya, ada tiga jenis dakron yang ada di pasaran.


  • Siliconized polyester fiber

Siliconized polyester fiber atau serat poliester silikon merupakan jenis dakron terbaik yang paling banyak diminati. Dakron jenis ini memiliki serat yang halus berwarna putih dan bobotnya ringan, tetapi sangat mengembang.


  • Silicon

Dakron jenis silicon dibagi menjadi dua grade, yaitu grade A dan grade B. Dakron silicon grade A memiliki serat halus berwarna putih. Sementara itu, dakron silicon grade B berwarna agak kehitaman. Untuk harganya, silicon grade A lebih mahal daripada grade B.


  • Dakron reguler

Dakron reguler merupakan dakron yang terbuat bahan recycle. Tekstur seratnya agak kasar dan tidak begitu mengembang. Jenis dakron ini sebenarnya kurang cocok jika dijadikan isian bantal guling karena kurang lembut dan mengembang. Namun, bahan ini bisa menjadi alternatif jika Anda mencari bantal guling dengan harga terjangkau.

③ Pertimbangkan produk yang mudah dicuci atau mudah dibersihkan

Pertimbangkan produk yang mudah dicuci atau mudah dibersihkan

Hal ini perlu diperhatikan apabila produk pilihan Anda disertai dengan sarungnya. Pastinya, Anda ingin selalu menjaga bantal guling tetap bersih karena akan selalu bersentuhan langsung dengan kulit. Karena itu, pilihlah produk yang sarungnya dapat dicuci. Meskipun terkena kotoran atau keringat, Anda bisa dengan mudah membersihkannya.


Di samping itu, ada beberapa produk yang dapat dicuci sepenuhnya, tidak hanya sarungnya. Jika Anda ingin membersihkan bantal guling secara sempurna, pilihlah yang dapat dicuci secara keseluruhan. Jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang tidur dengan bayi atau Anda yang alergi terhadap debu.

10 Rekomendasi bantal guling terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh bantal guling terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Clarissa

Paket Restking (2 Bantal + 2 Guling)

Clarissa Paket Restking (2 Bantal + 2 Guling) 1枚目

Hadirkan kemewahan dan kenyamanan seperti tidur di hotel

2

Ebor's

Paket Hemat Bantal dan Guling

 Ebor's Paket Hemat Bantal dan Guling 1枚目

Produk berkualitas dengan harga terjangkau

3

Sleep Max

Double Complete Pillow Bolster

Sleep Max Double Complete Pillow Bolster 1枚目

Empuk dan ringan! Istirahat pun jadi maksimal

4

Dunlopillo

Paket White Cloud

Dunlopillo Paket White Cloud 1枚目

Bahannya nonallergenic sehingga tidur lebih nyaman

5

Cozylila

Paket 1 Bantal 1 Guling Bulu Angsa Featherlike Basic Olive

Cozylila Paket 1 Bantal 1 Guling Bulu Angsa Featherlike Basic Olive 1枚目

Dibuat dari bahan featherlike, rasakan sensasi seperti memeluk awan saat tidur!

6

Domi Bed

Microfiber Pillow & Bolster Grey

Domi Bed Microfiber Pillow & Bolster Grey 1枚目

Warna cover-nya membuat bantal tidak mudah kotor

7

Andalus Pillow

Paket Bundling 2 Bantal dan 1 Guling Tidur

Andalus Pillow Paket Bundling 2 Bantal dan 1 Guling Tidur  1枚目

Menyerap keringat, tetapi antibakteri dan tidak berbau

8

Vablo

1 Pillow + 1 Bolster Memory Foam

Vablo 1 Pillow + 1 Bolster Memory Foam 1枚目

Dapat menyesuaikan dengan bentuk kepala dan leher Anda

9

Romance

Set Bantal & Guling Microfiber Super Premium

Romance Set Bantal & Guling Microfiber Super Premium 1枚目

Tidur lebih nyenyak bersama bantal guling microfiber berkualitas premium

10

Tokyo Foam

Momery Foam Pillow & Bolster

Tokyo Foam Momery Foam Pillow & Bolster 1枚目

Bangun pagi dengan tubuh segar tanpa rasa pegal!

Perincian produk
Close
No.1

ClarissaPaket Restking (2 Bantal + 2 Guling)

Mulai dari Rp350.000,00

Hadirkan kemewahan dan kenyamanan seperti tidur di hotel

Kelebihan:

  • Bahannya hypoallergenic, antibacterial, dan antidustmites
  • Memiliki ketebalan 14–17 cm sehingga tampak mewah

Kekurangan:

  • Saat digunakan, bantal guling cenderung kempis karena terlalu empuk

Ingin merasakan tidur seperti di hotel setiap malam? Jika iya, segera miliki produk ini. Bantal guling ini terbuat dari hollow conjugated siliconized fiber berkualitas tinggi. Selain bahannya yang membuat nyaman, bantal guling ini juga hypoallergenic, antibacterial, dan antidustmites.


Bantal ini memiliki ketebalan 14–17 cm sehingga tampak mewah. Selain itu, diameter gulingnya mencapai 22 cm yang pasti akan sangat nyaman dipeluk. Untuk menjaga kebersihannya, bantal guling ini bisa dicuci dengan tangan.

No.2

Ebor'sPaket Hemat Bantal dan Guling

Mulai dari Rp45.000,00

Produk berkualitas dengan harga terjangkau

Kelebihan:

  • Cover-nya dilengkapi ritsleting sehingga mudah dicuci
  • Harganya terjangkau

Kekurangan:

  • Bantal guling kurang mengembang setelah beberapa kali digunakan

Bagi Anda yang sedang mencari bantal guling dengan harga ekonomis, produk ini cocok dimiliki. Bahan silikon pengisinya diklaim antialergi, antibakteri, dan antidebu. Selain itu, Anda juga bisa mencuci cover-nya untuk menjaga kebersihannya. Dengan begitu, Anda bisa tidur dengan tenang tanpa takut bantal guling dihinggapi bakteri.

No.3

Sleep MaxDouble Complete Pillow Bolster

Mulai dari Rp571.600,00

Empuk dan ringan! Istirahat pun jadi maksimal

Kelebihan:

  • Ringan dan empuk
  • Bahan yang digunakan aman untuk segala usia

Kekurangan:

  • Saat bantal guling dibuka dari packing vakum, butuh waktu agar bantal mengembang sempurna

Sebagian orang lebih suka memeluk bantal guling yang ringan dan empuk. Jika Anda termasuk salah satunya, bantal guling ini cocok untuk Anda. Bobot masing-masing bantal dan gulingnya hanya 700 gram, atau sekitar tiga perempat lebih ringan daripada produk lainnya.


Bahan isiannya adalah dakron premium murni tanpa campuran yang aman untuk anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, bantal guling ini juga memiliki cover berupa lapisan microtex yang mudah dibersihkan. Relaksasi total pun bisa Anda dapatkan saat beristirahat pada malam hari.

No.4

DunlopilloPaket White Cloud

Mulai dari Rp105.000,00

Bahannya nonallergenic sehingga tidur lebih nyaman

Kelebihan:

  • Cocok untuk Anda yang tidak menyukai bantal tinggi
  • Bisa dicuci dan tahan lama

Kekurangan:

  • Isi dakronnya tidak terlalu banyak sehingga bantal guling kurang padat

Apabila Anda mendambakan kualitas tidur yang nyaman, Paket White Cloud dari Dunlopillo pas untuk Anda. Paket bantal guling ini terbuat dari 100% dakron fiber yang lembut, tetapi tahan lama. Kenyamanannya juga didukung dengan bahan yang nonallergenic. Dengan begitu, Anda bisa tidur pulas dengan sensasi yang nyaman.

No.5

CozylilaPaket 1 Bantal 1 Guling Bulu Angsa Featherlike Basic Olive

Mulai dari Rp525.000,00

Dibuat dari bahan featherlike, rasakan sensasi seperti memeluk awan saat tidur!

Kelebihan:

  • Tidak berbau 
  • Dapat dicuci menggunakan tangan atau dibersihkan dengan vacuum cleaner berdaya hisap medium–low

Kekurangan:

  • Gulingnya terlalu empuk sehingga cenderung kempis ketika dipeluk

Bantal guling dari Cozylila ini diisi dengan bulu angsa sintetis atau featherlike. Isinya menyerupai bulu angsa asli, tidak berbau, dan tidak mudah kempis. Karena itu, Anda yang mencari bantal guling superlembut dan nyaman untuk dipeluk pasti akan menyukainya.


Perawatannya pun cukup mudah. Anda bisa membersihkannya menggunakan vacuum cleaner dengan daya hisap medium-low. Anda akan merasakan sensasi seperti memeluk awan sepanjang malam!

No.6

Domi BedMicrofiber Pillow & Bolster Grey

Mulai dari Rp660.000,00

Warna cover-nya membuat bantal tidak mudah kotor

Kelebihan:

  • Cover-nya berwarna abu-abu sehingga tidak mudah kotor
  • Dibuat dengan sistem gusset, yakni dua kali jahitan
  • Lebih tebal dan berisi

Kekurangan:

  • Jahitan bantal gulingnya sedikit kurang rapi 

Bosan dengan bantal guling berwarna putih? Microfiber Pillow & Bolster Grey dari Domi Bed ini bisa menjadi solusinya! Cover bantal guling ini berwarna abu-abu sehingga tidak mudah kotor. Selain itu, isiannya terbuat dari Premium Korean Microfiber yang kenyal dan lembut.


Bantal guling ini dirancang dengan sistem gusset, yaitu dijahit dua kali. Dengan begitu, produk tampak lebih lebih tebal dan berisi. Bantal guling pun akan terasa firm di awal, tetapi empuk saat digunakan.

No.7

Andalus PillowPaket Bundling 2 Bantal dan 1 Guling Tidur

Mulai dari Rp135.000,00

Menyerap keringat, tetapi antibakteri dan tidak berbau

Kelebihan:

  • Bahan cover-nya 100% kain katun sehingga dapat menyerap keringat
  • Antibakteri dan tidak berbau


Kekurangan:

  • Ketika digunakan, bantal guling terasa mengempis karena terlalu empuk

Jika Anda membutuhkan bantal guling antibakteri dan tidak berbau, pilih saja produk ini! Bantal guling dari Andalus Pillow ini diproduksi dengan Silicon HCS grade A yang berkualitas. Selain itu, cover-nya terbuat dari katun sehingga Anda tak akan merasa gerah karena kemampuannya dalam menyerap keringat. Kenyamanan Anda akan bertambah karena bantal guling ini menawarkan tingkat kekenyalan soft to medium.

No.8

Vablo1 Pillow + 1 Bolster Memory Foam

Mulai dari Rp725.000,00

Dapat menyesuaikan dengan bentuk kepala dan leher Anda

Kelebihan:

  • Dapat menyesuaikan kontur tubuh
  • Memiliki dua sisi, yakni bergelombang dan rata
  • Mudah kembali ke bentuk semula

Kekurangan:
  • Isinya tidak bisa dicuci
  • Sedikit keras jika dibandingkan dengan bahan microfiber atau dakron

Apakah Anda membutuhkan bantal contour yang dijual satu set dengan guling? Kalau iya, coba produk ini. Bantal ini didesain dengan dua sisi, yakni bergelombang dan rata. Desain gelombangnya akan mengikuti lekuk leher agar Anda merasa santai dan nyaman.


Dengan begitu, Anda akan terbebas dari nyeri leher dan pundak yang disebabkan karena salah penggunaan bantal. Tekstur gulingnya seperti squishy yang mudah kembali seperti bentuk semula. Bantal guling ini juga digaransi antikempis selama 2 tahun!

No.9

RomanceSet Bantal & Guling Microfiber Super Premium

Mulai dari Rp1.150.000,00

Tidur lebih nyenyak bersama bantal guling microfiber berkualitas premium

Kelebihan:

  • Ada lapisan tambahan spundbond sehingga lebih awet

Kekurangan:

  • Saat bantal guling dibuka dari packing vakum, butuh waktu agar bantal mengembang sempurna

Jika Anda ingin istirahat dengan maksimal, silakan beralih ke bantal guling microfiber dari Romance ini. Bantal guling ini dapat menjamin kualitas tidur Anda makin lelap karena menggunakan bahan microfiber grade A yang superlembut.


Bantal guling ini dibalut dengan kain berbahan cotton dobby berstandar ekspor. Kenyamanannya tidak perlu diragukan lagi! Ada juga lapisan tambahan spundbond yang membuat produk lebih awet dan tahan lama. Pengisian bantal guling ini sangat merata karena diproduksi menggunakan mesin full otomatis.

No.10

Tokyo FoamMomery Foam Pillow & Bolster

Mulai dari Rp620.000,00

Bangun pagi dengan tubuh segar tanpa rasa pegal!

Kelebihan:

  • Ekstra zipper dan double cover
  • Bahannya mampu meningkatkan kepadatan bentuk
  • Antialergi dan tahan lama

Kekurangan:

  • Isinya tidak bisa dicuci

Anda yang ingin bangun pagi dengan badan yang bugar bisa memilih produk ini. Bantal guling ini dapat mendistribusikan beban tubuh dengan baik sehingga tidak ada bagian tubuh yang terbebani secara berlebihan. Badan pun akan terhindar dari rasa pegal maupun sakit saat bangun tidur!


Berkat pori-pori yang sangat kecil, debu akan sulit masuk sehingga kebersihan bantal guling akan selalu terjaga. Produk ini juga diklaim antialergi, Anda yang mempunyai alergi debu pun dapat memakainya dengan aman.

Cara terbaik menggunakan bantal guling

Cara terbaik menggunakan bantal guling

Bantal guling dapat membuat istirahat Anda menjadi lebih nyaman. Dengan bantal guling yang tepat, Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Pada dasarnya, saat menggunakan bantal guling, Anda harus meletakkan bantal di antara kedua kaki.


Tekuklah lutut dan jagalah agar punggung Anda selurus mungkin. Bagi penderita sakit punggung di bagian bawah, Anda bisa sedikit membungkukkan punggung Anda. Carilah posisi yang paling nyaman dan sesuai untuk Anda.

Gunakan sarung yang tepat agar tidur makin nyenyak

Gunakan sarung yang tepat agar tidur makin nyenyak

Bahan guling akan berubah teksturnya seiring dengan lama pemakaian, suhu, dan musim. Untuk tidur yang nyenyak, pilihlah sarung bantal guling yang sesuai. Pada saat udara panas dan lembap, pilihlah sarung berbahan kain yang lembut. Bahan tersebut nyaman untuk dipeluk karena memiliki sirkulasi udara yang baik.


Saat cuaca dingin, pilihlah sarung berbahan hangat seperti flanel. Bahan ini dapat menghalau udara dingin dengan baik. Ketahuilah bahwa bantal guling yang terlalu besar memiliki rongga dalam yang besar juga. Udara bisa masuk melalui rongga tersebut dan mengakibatkan rasa dingin.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan tidur lainnya di sini

Banyak orang yang kesulitan untuk beristirahat dengan tenang pada malam hari. Selain bantal guling, masih banyak lagi berbagai produk yang dapat membantu Anda tertidur nyenyak! Baca juga berbagai rekomendasi produk kelengkapan tidur seperti selimut dan seprai di bawah ini. 

Kesimpulan

Kami sudah mengulas tentang berbagai jenis bantal guling yang ada. Kami juga sudah memberikan beberapa rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Apakah ada yang cocok untuk Anda?


Semua jenis bantal yang kami jelaskan akan membantu tidur Anda menjadi lebih nyaman. Bantal guling dapat juga mengurangi rasa sakit dan pegal pada tubuh. Karena itu, pilihlah bantal guling dengan tepat agar kualitas tidur Anda menjadi lebih baik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer