10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jika kesehatan tubuh dan kulit Anda sedang menurun, vitamin C dapat menjadi solusi yang tepat. Vitamin C adalah sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit yang bisa diperoleh dari beberapa jenis sayur dan buah. Sayangnya, nutrisi tersebut mudah hilang dari tubuh karena kebiasaan merokok, pola makan yang kurang seimbang, dan akibat dari stres.

Oleh karena itu, Anda mungkin membutuhkan suplemen vitamin C. Anda dapat memilih salah satu di antara banyak merek, seperti Enervon-C, Blackmores, Holisticare EsterC, Puritan’s Pride, dan lain-lain. Namun, apakah Anda tahu persis cara memilih suplemen vitamin C yang sesuai? Kami akan mengulasnya bagi Anda ditambah dengan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih suplemen vitamin C

Sebagian besar orang telah mengetahui manfaat vitamin C. Akan tetapi, pada saat hendak membeli suplemen vitamin C, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Kami membaginya menjadi tiga poin. Mari kita bahas satu per satu.

Pilih suplemen vitamin C yang mudah diminum

Suplemen vitamin C terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe tablet atau kapsul, tipe bubuk, dan tipe yang manis. Masing-masing tipe memiliki karakteristik yang berbeda dari sisi kepraktisan. Di samping itu, pertimbangkan juga apakah produk tersebut dapat Anda konsumsi secara terus-menerus.

Tipe tablet atau kapsul, mudah untuk dibawa-bawa

Tipe tablet atau kapsul, mudah untuk dibawa-bawa

Apabila Anda menginginkan suplemen vitamin C yang mudah dibawa, kami merekomendasikan tipe tablet atau kapsul. Anda dapat membawa hanya beberapa butir ketika sedang bepergian. Selain itu, harganya juga relatif lebih murah. Untuk pemakaian selama satu atau dua bulan, biaya yang dibutuhkan hanya sekitar 70.000 rupiah. Dengan begitu, Anda tidak merasa kesulitan untuk mengonsumsinya selama terus menerus.

Menurut informasi, suplemen vitamin C akan lebih efektif jika dikonsumsi beberapa kali dalam satu hari. Perkiraannya adalah dua atau tiga butir per hari. Selain itu, karena vitamin C memiliki rasa yang asam, suplemen tablet akan lebih aman bagi Anda yang memiliki perut yang sensitif terhadap rasa asam.

Tipe bubuk, memiliki harga yang lebih murah

Tipe bubuk, memiliki harga yang lebih murah

Asam askorbat atau suplemen vitamin C bentuk bubuk cocok dikonsumsi bersama anggota keluarga. Suplemen tipe ini biasanya dijual dengan kuantitas yang banyak, tetapi dengan harga yang murah. Kemasan 1 kg asam askorbat umumnya dijual seharga 200.000 rupiah. Sementara itu, asupan vitamin C yang Anda butuhkan per hari adalah 1 gram atau 1000 mg. Artinya, Anda hanya menghabiskan biaya sekitar 200 rupiah per hari. Jadi, dengan uang seharga 200.000 rupiah, Anda sudah dapat mengonsumsi vitamin C selama hampir tiga tahun.

Vitamin C juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan kandungan klorin. Dengan demikian, suplemen berbentuk bubuk ini dapat Anda manfaatkan untuk menetralkan air minum dan air mandi dari kandungan klorin. Keunggulan lain dari tipe ini adalah tidak adanya bahan-bahan tambahan atau material lain yang digunakan sebagai pembungkus sehingga sangat cocok bagi Anda yang menghendaki vitamin C murni.

Tipe yang dapat dikunyah atau diisap, lebih disukai karena rasanya enak

Tipe yang dapat dikunyah atau diisap, lebih disukai karena rasanya enak

Tipe ini cocok bagi Anda yang menginginkan suplemen vitamin C yang enak dan bisa dikunyah. Anda akan merasa seperti sedang mengonsumsi camilan. Harganya memang relatif lebih mahal yaitu lebih dari 90.000 rupiah, tetapi yang terpenting adalah Anda mau mengonsumsi vitamin C. Jadi, suplemen tipe ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang tidak suka minum obat, suka makan permen, dan untuk anak-anak. Beberapa produk memiliki rasa lemon atau ceri acerola sehingga lebih disukai oleh penggemar rasa asam.

Jumlah vitamin C yang direkomendasikan adalah lebih dari 100 mg per hari

Jumlah vitamin C yang direkomendasikan adalah lebih dari 100 mg per hari

Kebutuhan vitamin C untuk orang dewasa adalah 100 mg per hari. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan dari suplemen yang akan dibeli. Pilihlah yang mengandung vitamin C sebanyak 100 mg atau lebih. Vitamin C mudah larut dalam air dan risiko overdosisnya cenderung kecil. Oleh sebab itu, banyak juga produsen yang memproduksi suplemen dengan kandungan vitamin C sebanyak 1000 mg.

Bagi Anda yang merokok, sering mengonsumsi alkohol, atau sedang stres, dibutuhkan lebih banyak asupan vitamin C. Jadi, ingatlah untuk selalu memeriksa kandungan vitamin C di suplemen Anda.

Jika Anda sedang menjalankan diet seimbang, periksa kandungan nutrisi lainnya

Jika Anda sedang menjalankan diet seimbang, periksa kandungan nutrisi lainnya

Bagi Anda yang sedang menerapkan pola diet seimbang, jangan lupa untuk mencari informasi mengenai kandungan nutrisi lain yang turut disertakan dalam suplemen vitamin C tersebut. Nutrisi penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks bermanfaat untuk menjaga agar tubuh tidak mudah lelah dan metabolisme Anda tetap bekerja dengan baik, serta membantu mempertahankan kesehatan kulit dan membran mukosa. Anda memang bisa memperoleh gizi seimbang melalui pola makan yang sehat, tetapi mengonsumsi suplemen dapat semakin menyempurnakan gaya hidup sehat Anda.

10 Rekomendasi suplemen vitamin C

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi suplemen vitamin C terbaik bagi Anda, baik yang berbentuk tablet, bubuk, maupun yang dapat dikunyah. Rekomendasi ini akan membantu Anda agar lebih mudah dalam memilih. Silakan disimak!

10. Takeda Indonesia Vitacimin Vitamin C – 500 mg Sweetlets (Tablet Hisap)

10. Takeda Indonesia Vitacimin Vitamin C - 500 mg Sweetlets (Tablet Hisap)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.500

Praktis, mudah dibawa, banyak rasa

Vitacimin telah cukup dikenal di Indonesia sebagai suplemen vitamin C isap. Selain enak, produk ini mengandung 500 mg vitamin C sehingga dapat mencukupi kebutuhan harian Anda. Keunggulan lainnya, Anda dapat membawa suplemen ini ke mana pun karena kemasannya sangat praktis.

Jika Anda ingin merasakan vitamin C dengan rasa yang berbeda, produk ini juga menyediakan varian rasa lainnya. Di samping rasa Fresh Lemon, ada juga rasa Sweet Orange, Juicy Blueberry, dan Tropical Fruitpunch. Pilihlah rasa yang paling sesuai dengan kesukaan Anda.

Tipe Isap dan dapat dikunyah
Isi 1 tablet
Kandungan vitamin C 500 mg
Kandungan nutrisi lain Tidak disebutkan

9. Asam Askorbat Vitamin C

9. Asam Askorbat Vitamin C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 165.000

Suplemen ekonomis dengan kualitas yang tidak murahan

Bagi Anda yang sedang menginginkan suplemen vitamin C dengan harga relatif lebih murah, produk ini dapat menjadi pilihan tepat. Dengan harganya yang murah, Anda akan lebih mudah untuk mengonsumsi produk ini secara kontinu. Kualitasnya pun tidak perlu Anda ragukan karena produk ini mengandung vitamin C murni.

Oleh karena dikemas dalam jumlah yang besar, Anda mungkin akan cukup kerepotan membawanya ketika bepergian. Untuk itu, akan lebih mudah jika Anda membaginya ke dalam beberapa bagian kecil. Dengan demikian, pada saat hendak bepergian, Anda hanya perlu membawa kemasan kecil.

Tipe Bubuk
Isi 1 kg
Kandungan vitamin C Tidak disebutkan
Kandungan nutrisi lain Tidak disebutkan

8. Bayer Indonesia Redoxon Double Action

8. Bayer Indonesia Redoxon Double Action

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 31.500

Anda penggemar minuman segar? Cobalah produk ini

Apabila Anda adalah penyuka minuman segar, produk yang satu ini patut dicoba. Suplemen vitamin C effervescent ini akan menyegarkan sekaligus menyehatkan hari Anda. Cukup dengan melarutkan satu tablet ke dalam segelas air dingin, Anda dapat langsung menikmati minuman segar dan bervitamin.

Dari setiap tabletnya, Anda akan mendapatkan 1000 mg vitamin C. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan zinc yang berfungsi untuk mengendalikan dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Dengan asupan zinc yang cukup, tubuh Anda semakin tidak mudah terserang bakteri patogen sehingga juga tidak mudah sakit.

Tipe Effervescent
Isi 10 tablet
Kandungan vitamin C 1000 mg
Kandungan nutrisi lain Zinc

7. Sanbe Farma Becom-C

7. Sanbe Farma Becom-C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.000

Satu produk untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan B kompleks

Kekurangan vitamin B kompleks akan membuat tubuh Anda menjadi cepat lelah dan tidak bersemangat. Oleh karenanya, Anda juga mungkin membutuhkan tambahan asupan vitamin B kompleks melalui suplemen. Becom-C dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan harian vitamin C dan B kompleks.

Setiap tablet produk ini mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, Calcium Pantotenate, dan Nicotinamide. Kandungan-kandungan tersebut akan memastikan tubuh Anda lebih berstamina dan tahan terhadap berbagai serangan polusi, serta mencegah terjadinya penuaan dini.

Tipe Tablet
Isi 10 tablet
Kandungan vitamin C 500 mg
Kandungan nutrisi lain Vitamin B kompleks, NicotinamideCalcium pantothenate

6. Schiff Vitamins Airborne Citrus Chewable Tablets Immune Support Supplement

6. Schiff Vitamins Airborne Citrus Chewable Tablets Immune Support Supplement

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 47.442

Dilengkapi bahan-bahan herbal untuk kesehatan yang lebih menyeluruh

Tablet isap yang satu ini tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi juga memiliki dampak baik bagi kesehatan Anda. Di dalamnya terdapat vitamin C, E, dan A, juga mengandung zinc, serta bahan-bahan herbal. Dengan demikian, sistem imun di dalam tubuh Anda akan sungguh-sungguh terjaga.

Untuk mendapatkan kinerja optimal dari suplemen ini, Anda disarankan mengonsumsi sebanyak empat butir. Dengan penggunaan yang tepat, tubuh Anda akan memiliki antioksidan yang mencukupi untuk menangkal radikal bebas dari lingkungan. Namun, anak berusia di bawah 12 tahun tidak disarankan untuk mengonsumsi suplemen ini.

Tipe Isap dan dapat dikunyah
Isi 32 tablet
Kandungan vitamin C 1000 mg per empat butir
Kandungan nutrisi lain Vitamin A, Vitamin E, Zinc, Selenium, Echinacea, jahe

5. Holisticare Super EsterC Non-Acidic Vitamin C

5. Holisticare Super EsterC Non-Acidic Vitamin C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 36.500

Dapat diserap lebih banyak dan lebih cepat oleh tubuh

Seperti namanya, produk ini berbeda dengan suplemen vitamin C pada umumnya. Holisticare EsterC adalah bentuk ester dari vitamin C dengan formula yang telah dipatenkan. Keunggulannya adalah kandungan vitamin C dari suplemen ini dapat diserap dengan lebih cepat dan optimal oleh tubuh.

Di samping itu, produk ini juga dilengkapi dengan citrus bioflavonoid yang akan meningkatkan kinerja vitamin C. Untuk Anda yang membutuhkan suplemen vitamin C dengan kinerja maksimal, cobalah produk ini. Suplemen ini diproduksi dalam kemasan botol dan strip. Pilihlah yang sesuai dengan aktivitas Anda sehari-hari.

Tipe Tablet
Isi 30 tablet
Kandungan vitamin C 320 mg
Kandungan nutrisi lain Citrus bioflavonoid

4. Puritan’s Pride Vitamin C -1000 mg

4. Puritan's Pride Vitamin C -1000 mg

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 129.000

Pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan kulit sehat dan cerah

Kesehatan kulit adalah hal yang penting terutama bagi para wanita. Asupan vitamin C yang cukup di dalam tubuh akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, serta membuat kulit lebih segar dan bebas kusam. Jika Anda membutuhkan suplemen vitamin C dengan kandungan yang dapat menyehatkan kulit, produk ini jawabannya.

Kandungan gizi dalam produk ini setara dengan infus vitamin C yang biasanya dilakukan di klinik kecantikan. Bukan hanya itu, suplemen ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku. Jadi, tidak hanya menjadi lebih sehat, tetapi Anda juga akan terlihat lebih cerah dan awet muda.

Tipe Tablet
Isi 100 tablet
Kandungan vitamin C 1000 mg
Kandungan nutrisi lain Bioflavonoid

3. Darya-Varia Laboratoria Enervon-C Multivitamin Tablet

3. Darya-Varia Laboratoria Enervon-C Multivitamin Tablet

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 27.000

Dapat memenuhi kebutuhan vitamin C ibu hamil dan menyusui

Ibu hamil dan menyusui tentunya memiliki kebutuhan asupan gizi yang lebih besar dibanding dengan biasanya. Suplemen produksi Darya-Varia ini dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut. Sebagai multivitamin, produk ini tidak hanya berisi vitamin C, tetapi juga vitamin B kompleks dan kandungan lain yang dibutuhkan tubuh.

Bukan hanya untuk ibu hamil dan menyusui, produk ini juga sangat bermanfaat untuk mendukung masa pertumbuhan, serta masa penyembuhan setelah sakit. Demi kenyamanan Anda, tablet ini dilapisi dengan lapisan yang terasa manis sehingga tidak akan membuat Anda keberatan untuk mengonsumsinya.

Tipe Tablet
Isi 30 tablet
Kandungan vitamin C 500 mg
Kandungan nutrisi lain Niacinamide, Calsium panthothenate, Viamint B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12

2. Blackmores Bio C® 1000mg

2. Blackmores Bio C® 1000mg

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 320.000

Dilapisi oleh mineral yang aman untuk lambung Anda

Terkadang, mengonsumsi vitamin C dapat mengakibatkan lambung Anda terluka karena asam. Nah, dengan produk ini Anda akan terbebas dari risiko tersebut. Blackmores memproduksi suplemen vitamin C yang dilapisi oleh mineral askorbat sehingga aman untuk lambung Anda.

Untuk menangkal radikal bebas yang kerap dijumpai dalam keseharian, produk ini juga dilengkapi dengan antioksidan. Zat yang terkandung di suplemen ini adalah antioksidan yang berasal dari sumber alami. Jadi, produk ini benar-benar aman untuk Anda. Jika sedang flu, Anda dapat mengonsumsi suplemen ini hingga tiga kali per hari.

Tipe Tablet
Isi 150 tablet
Kandungan vitamin C 1000 mg
Kandungan nutrisi lain Citrus bioflavonoid, mineral askorbat, Rutin, Hesperidin, Rosehips, Acerola

1. Natures Pus Super C Complex Sustained Release Tablets

1. Natures Pus Super C Complex Sustained Release Tablets

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 297.250

Tidak mengandung bahan-bahan yang dapat memicu alergi

Produk ini akan cocok bagi Anda yang cukup sensitif dengan beberapa bahan makanan. Super C Complex tidak mengandung material yang biasanya dapat memicu alergi, seperti kacang kedelai, susu, ragi, dan gandum. Selain itu, kandungan dalam produk ini cocok bagi Anda yang vegetarian.

Keunggulan lain dari produk ini adalah kemampuannya dalam menjaga daya tahan tubuh Anda untuk waktu yang lama. Suplemen ini dirancang agar dapat melepaskan kandungan vitamin di dalamnya secara bertahap sehingga manfaat baiknya tetap dapat Anda rasakan untuk jangka panjang.

Tipe Tablet
Isi 60 tablet
Kandungan vitamin C 1000 mg
Kandungan nutrisi lain BioflavonoidRutinHesperidin complex, Rose Hips, Acerola

Baca juga rekomendasi suplemen vitamin lain di sini!

Di samping suplemen vitamin C, terdapat banyak suplemen vitamin lain yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Akan lebih baik jika Anda juga mengonsumsi suplemen tersebut untuk menyempurnakan gaya hidup sehat Anda. Jika Anda membutuhkan rekomendasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai suplemen vitamin D dan E, bacalah di sini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel kami, apakah Anda telah dapat menentukan suplemen vitamin C yang paling disukai? Suplemen tentunya akan dapat melengkapi gizi yang Anda peroleh dari makanan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membaca kandungan di dalam suplemen tersebut untuk mengetahui apakah telah sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih dan semoga Anda selalu sehat!