• 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.


Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 17 April 2020
  • 80.618 Views
Daftar isi

Cara memilih printer

Sebelum memilih printer, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuan penggunaannya. Kami akan mencoba membantu Anda memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih berdasarkan metode pencetakan

Metode pencetakan pada printer terbagi menjadi dua, yaitu inkjet dan laser. Kami akan menjelaskan perbedaan keduanya di bawah ini.

Printer inkjet untuk mencetak foto dan gambar

Printer inkjet untuk mencetak foto dan gambar
Printer inkjet adalah printer berukuran kecil yang biasa digunakan di rumah. Kelebihannya terdapat pada hasil yang halus serta warna tajam untuk mencetak foto atau gambar. Harga unit printer inkjet juga terbilang murah serta mudah didapatkan.

Nmun, meski harga unitnya terjangkau, tinta printer ini mudah habis bila digunakan terlalu sering. Jika Anda ingin mencetak dalam jumlah banyak, Anda harus membeli banyak tinta baru. Jadi, biaya yang harus Anda keluarkan pun menjadi lebih mahal.


Karena itu, bandingkan harga tinta sebelum memilih printer inkjet. Biasanya, tiap brand memproduksi tintanya masing-masing dengan harga yang berbeda-beda.

Printer laser untuk mencetak dalam jumlah banyak

Printer laser untuk mencetak dalam jumlah banyak
Printer laser adalah printer dengan fitur lengkap yang dapat mencetak dalam jumlah banyak seperti mesin fotokopi. Dulu, printer laser hanya digunakan di kantor atau toko-toko besar. Akan tetapi, belakangan ini muncul printer laser berukuran kecil yang bisa digunakan di rumah dengan harga yang lebih terjangkau.

Keistimewaan printer ini adalah hasil cetakannya yang tahan air dan biaya operasional yang lebih murah. Karena itu, harga unitnya menjadi mahal. Namun, jika Anda sering mencetak dokumen dalam jumlah banyak, jenis ini akan lebih menguntungkan untuk penggunaan jangka panjang.


Terdapat dua jenis printer laser, yaitu monokrom dan warna. Meski tersedia printer laser yang bisa mencetak warna, resolusinya kalah dengan printer inkjet. Untuk hasil terbaik, gunakan printer inkjet khusus untuk cetakan berwarna dan printer laser hanya untuk mencetak dokumen.

Pilihlah produk berdasarkan fungsi utamanya

Ada berbagai macam printer dengan beragam fungsi, mulai dari yang simpel hingga yang kompleks. Kami akan memperkenalkan kepada Anda tiga jenis di antaranya.

Printer sederhana dengan fungsi tunggal untuk mencetak saja

Printer sederhana dengan fungsi tunggal untuk mencetak saja

Printer dengan fungsi tunggal hanya bisa digunakan untuk mencetak. Dibandingkan dengan printer lain yang menawarkan berbagai fungsi, harga printer ini paling terjangkau. Selain itu, ukuran yang kecil dengan desain yang sederhana membuatnya bisa diletakkan di mana saja.


Walau hanya memiliki fungsi tunggal, kerja printer ini sama seperti printer lain. Anda dapat mencetak foto, kartu ucapan, dokumen, dan lain-lain dengannya. Jadi, jika Anda butuh printer hanya untuk keperluan mencetak, produk ini sudah cukup untuk digunakan.

Printer foto untuk mencetak langsung dari kamera dan smartphone

Printer foto untuk mencetak langsung dari kamera dan smartphone

Sesuai dengan namanya, printer ini digunakan hanya untuk mencetak foto. Printer foto dapat langsung mencetak foto dari smartphone dan kamera Anda tanpa membutuhkan komputer atau laptop. Malah, sekarang sudah banyak produsen yang membuat mobile printer yang ditujukan untuk smartphone.


Apabila Anda hanya memakai printer untuk mencetak foto atau gambar, kami sarankan untuk membeli printer ini. Sayangnya, ukuran yang bisa dicetak terbatas sehingga tidak bisa mencetak ukuran A4 dan B5.

Printer multifungsi untuk copy, scan, dan fax

Printer multifungsi untuk copy, scan, dan fax

Selain berfungsi untuk mencetak, printer multifungsi juga dilengkapi fitur untuk fotokopi, scan, dan mengirim fax. Karena memiliki berbagai fungsi, produk printer ini adalah yang paling banyak dipilih, terutama untuk penggunaan rumahan. Bahkan, kini sudah hadir printer multifungsi yang bisa langsung dihubungkan ke smartphone dan kamera untuk mencetak foto dan dokumen. 


Ukurannya memang lebih besar daripada jenis printer lainnya. Namun, tentu akan lebih hemat ruang jika Anda memiliki satu produk printer multifungsi dibandingkan membeli beberapa unit secara terpisah. Selain hemat ruang, listrik juga tidak boros karena Anda bisa melakukan banyak hal hanya dengan satu printer


Apabila Anda kerap menggunakan salah satu dari ketiga fitur tambahan di atas, printer multifungsi adalah pilihan terbaik. Apalagi, fitur scan pada printer jenis ini juga dapat mengubah dokumen atau foto dalam format PDF. Sungguh memudahkan Anda ketika ingin menyimpan dokumen dalam bentuk soft copy.

Pilih berdasarkan jenis cartridge

Jika dibandingkan dengan zaman dahulu, harga printer saat ini memang jauh lebih murah. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga memperhitungkan biaya penggunaan printer ke depannya, terutama untuk pembelian cartridge. Berikut kami akan mengulas beberapa jenis cartridge beserta kelebihan dan kekurangannya.

Integrated inkjet yang mudah diganti

Integrated inkjet yang mudah diganti

Integrated inkjet terdiri dari cartridge yang berisi gabungan 5-6 warna dan cartridge warna hitam. Karena jumlah cartridge yang sedikit, jenis ini mudah diatur dan diganti. Bagi Anda yang sering kesulitan mengganti cartridge, gunakanlah integrated inkjet yang simpel ini.


Kekurangan dari cartridge jenis ini adalah jika salah satu warna habis, tinta lainnya tidak dapat dipakai. Jadi, Anda harus mengganti semua warna meski warna lain masih bersisa. Semakin sering digunakan, maka semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan untuk mengganti cartridge.


Karena itu, kami tidak menyarankan Anda menggunakan jenis ini apabila ingin mencetak foto atau dokumen berwarna dalam jumlah banyak. Apalagi jika Anda berencana mencetak foto duotone, pasti akan sangat boros! Jika frekuensi mencetak Anda tidak terlalu sering, jenis ini masih tidak masalah untuk digunakan.

Split inkjet yang lebih hemat

Split inkjet yang lebih hemat
Cartridge jenis ini memiliki wadah tinta terpisah-pisah setiap warnanya. Apabila satu warna tinta habis, Anda dapat menukarnya dengan tinta baru yang bisa dibeli satuan. Karena cukup mengganti warna yang habis saja, penggunaan cartridge jenis ini dapat menghemat biaya operasional. 

Jika Anda sering mencetak gambar dalam warna yang sama atau mencetak dalam jumlah lumayan banyak, gunakan split inkjet cartridge. Namun, jangan sampai warnanya tertukar ketika diganti karena Anda harus membersihkan printer jika hal itu terjadi. Selain itu, proses pemasangan pada jenis ini juga cukup memakan waktu daripada jenis integrated inkjet

Toner yang dikhususkan untuk printer laser

Toner yang dikhususkan untuk printer laser

Toner adalah cartridge yang digunakan khusus untuk printer laser. Harganya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis cartridge lainnya. Akan tetapi, cartridge jenis ini biasanya digunakan untuk mencetak dalam jumlah besar. Jadi, jika dihitung-hitung, biaya operasionalnya menjadi lebih murah karena satu toner dapat digunakan untuk banyak pencetakan.


Untuk Anda yang rutin mencetak dalam jumlah banyak, pilihlah printer yang menggunakan toner cartridge. Namun, Anda juga harus menganggarkan biaya untuk drum unit yang harus diganti setiap tiga kali penggantian toner.

Untuk printer inkjet, pilih jenis tinta sesuai kebutuhan

Tinta pada printer inkjet dibagi menjadi dua, yaitu tinta dye dan tinta pigment. Jenis tinta yang bisa digunakan pada tiap printer berbeda tergantung modelnya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan pastikanlah sebelum membeli.

Tinta dye yang cerah untuk mencetak foto atau gambar

Tinta dye yang cerah untuk mencetak foto atau gambar
Tinta jenis ini memiliki sifat larut dalam air sehingga tinta akan meresap ke dalam kertas ketika dicetak. Karakteristiknya adalah warna yang lebih cerah dengan hasil yang glossy. Jadi, tinta dye sangat dianjurkan untuk Anda yang kerap mencetak gambar atau foto.

Kekurangan dari tinta jenis ini adalah membutuhkan waktu pengeringan yang lebih lama. Selain itu, tinta dye juga tidak tahan air dan mudah luntur jika terkena percikan air. Berhati-hatilah saat menggunakannya.

Tinta pigment untuk mencetak dokumen

Tinta pigment untuk mencetak dokumen

Tinta pigment memiliki partikel yang lebih besar dan tidak mudah tembus pada kertas. Dengan jenis tinta ini, tulisan pada dokumen Anda akan tercetak dengan jelas. Cocok digunakan untuk Anda yang lebih sering mencetak dokumen daripada gambar atau foto.


Karena tidak mudah larut di air, warnanya tidak akan pudar meski Anda menandai dokumen dengan highlighter. Namun, karena kualitas warnanya tidak sebagus tinta dye, tinta pigment kurang cocok digunakan untuk mencetak foto atau gambar.

Pilih produk dengan koneksi jaringan yang memudahkan

Pilih produk dengan koneksi jaringan yang memudahkan

Saat ini sudah banyak printer yang dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi. Anda bisa langsung mencetak dokumen, foto, maupun gambar melalui ponsel Anda secara nirkabel. Jadi, Anda bisa mencetak dari mana pun selama berada di jangkauan Wi-Fi yang sama dengan printer.


Selain itu, kami sarankan Anda untuk memilih printer yang memiliki kabel USB. Ketika jaringan Wi-Fi tidak stabil, Anda bisa menggunakan kabel USB sebagai cadangan.

Periksa juga fitur-fitur tambahan

Periksa juga fitur-fitur tambahan

Selain untuk mencetak, beberapa printer juga memiliki fitur tambahan lainnya. Contohnya, cetak bolak-balik, cetak langsung dari SD card, kontrol lewat smartphone, dan cetak label CD atau BD.


Pengaturan kertas untuk mencetak pun berbeda-beda tergantung jenis printer. Fitur paling penting yang harus Anda perhatikan ketika membeli printer adalah fitur ADF yang dapat membaca data secara otomatis. Anda bisa melakukan fotokopi atau memindai dokumen yang jumlahnya banyak tanpa repot-repot memasukkannya satu per satu ke scanner flatbed. Fitur tambahan akan sangat membantu Anda.

Pahami karakteristik produk setiap brand

Fitur pada printer berbeda-beda tergantung model dan brand-nya. Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa fitur dari brand ternama yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. 

Epson : seri Colorio yang populer dan EcoTank untuk pencetakan massal

Seri Colorio dari Epson merupakan salah satu seri terlaris di negara asalnya, Jepang. Seri ini memungkinkan Anda untuk mencetak foto berkualitas dengan enam dan delapan warna.


Selain Colorio, model EcoTank juga tidak kalah terkenal. Dengan model ini, Anda tidak perlu mengisi ulang tinta selama 1-2 tahun! Jadi, biaya operasional pun akan berkurang hingga 90%.


Anda yang sering mencetak dokumen dalam jumlah besar bisa menggunakan produk ini. Anda juga bisa melihat perbandingan biaya operasional produk-produk Epson pada situs web resmi Epson.

Canon : dengan tinta hybrid untuk hasil cetakan dokumen dan gambar yang berkualitas

Canon yang terkenal dengan seri PIXMA merupakan salah satu brand printer yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi, Canon juga telah mengeluarkan printer dengan tinta hybrid untuk hasil cetakan foto dan gambar yang berkualitas.


Produk high spec dari Canon hadir dengan enam varian warna, yaitu tinta warna (C/M/Y/BK), tinta hitam, dan tinta abu-abu. Untuk Anda yang ingin mencetak dokumen maupun gambar dengan kualitas yang mumpuni, produk dari Canon perlu dicoba.

Brother : termasyhur dengan printer lasernya

Printer dari Brother tergolong berharga ekonomis, tetapi kualitasnya tidak main-main. Produk printer inkjet milik Brother menggunakan 4 warna, yaitu 3 warna tinta dye dan 1 tinta pigment warna hitam. Selain hasilnya yang sangat baik, biaya operasional yang digunakan untuk tinta pun jadi lebih hemat.


Tidak hanya itu, Brother juga memproduksi printer laser berukuran kecil dengan harga terjangkau. Bagi Anda yang mencari printer laser rumahan, tidak ada salahnya memilih produk dari Brother.

10 Rekomendasi printer terbaik

Sekarang waktunya kami memberikan Anda 10 rekomendasi printer terbaik yang bisa Anda pilih. Terus baca sampai habis, ya!

10
Metode pencetakan Inkjet
FungsiCetak
CartridgeSplit
Jenis tintaDye
Wi-Fix
Fitur tambahanCetak via USB
9
Metode pencetakan Laser
FungsiCetak
CartridgeToner
Jenis tinta-
Wi-Fi
Fitur tambahanCetak via USB
8
Metode pencetakan Inkjet
FungsiCetak, fotokopi, scan
CartridgeSplit
Jenis tintaDye, pigment
Wi-Fix
Fitur tambahanCetak via USB・quiet mode
7

EpsonEcoTank L3110 All-in-One Ink Tank Printer

Rp 1.950.000,00

Metode pencetakan Inkjet
FungsiCetak, fotokopi, scan
CartridgeSplit
Jenis tintaDye
Wi-Fix
Fitur tambahanCetak via USB
6

HPDeskJet Ink Advantage 2135 All-in-One Printer

F5S29B

Rp 543.000,00

Metode pencetakan Inkjet
FungsiCetak, fotokopi, scan
CartridgeIntegrated
Jenis tintaDye, pigment
Wi-Fi x
Fitur tambahanCetak via USB
5
Metode pencetakan Inkjet
FungsiCetak, fotokopi, scan
CartridgeIntegrated
Jenis tintaDye, pigment
Wi-Fi
Fitur tambahanCetak via USB
4
Metode pencetakan Inkjet
FungsiCetak foto
CartridgeIntegrated
Jenis tintaDye
Wi-Fi
Fitur tambahanCetak via USB・slot kartu memori・intelligent correction・cropping
3
Metode pencetakan Laser
FungsiCetak
CartridgeToner
Jenis tinta-
Wi-Fi
Fitur tambahanCetak via USB・kompatibel dengan google cloud print, NFC, secure print, AirPrint, dan Mopria™ Alliance・cetak bolak-balik・touch screen colour display with customisable icons・auditron (mengontrol penggunaan pencetakan dengan mengatur izin pengguna)
2
Metode pencetakan Laser
FungsiCetak, fotokopi, scan, fax
CartridgeToner
Jenis tinta-
Wi-Fi
Fitur tambahanCetak via USB・fitur ADF・cetak bolak-balik
1
Metode pencetakan Laser
FungsiCetak, fotokopi, scan, fax
CartridgeToner
Jenis tinta-
Wi-Fi
Fitur tambahanCetak via USB・fitur flatbed・fitur ADF・kompatibel dengan HP ePrint; Apple AirPrint™; Mopria™-certified; Wireless Direct Printing; Mobile Apps

Tabel perbandingan produk printer terbaik

Gambar produk
1
HP Color LaserJet Pro MFP M277dw 1

HP

2
Panasonic Multi-Function Laser 1

Panasonic

3
Fuji Xerox DocuPrint CP315dw 1

Fuji Xerox

4
Canon Selphy CP1200 1

Canon

5
Canon PIXMA MG2570S 1

Canon

6
HP DeskJet Ink Advantage 2135 All-in-One Printer 1

HP

7
Epson EcoTank L3110 All-in-One Ink Tank Printer 1

Epson

8
Brother DCP-T310 1

Brother

9
HP LaserJet Pro M12w 1

HP

10
Epson L120 Ink Tank Printer 1

Epson

Nama produk

Color LaserJet Pro MFP M277dw

Multi-Function Laser

DocuPrint CP315dw

Selphy CP1200

PIXMA MG2570S

DeskJet Ink Advantage 2135 All-in-One Printer

EcoTank L3110 All-in-One Ink Tank Printer

DCP-T310

LaserJet Pro M12w

L120 Ink Tank Printer

Keunggulan

Canggih dengan sistem pengamanan dan one touch printing

Kegiatan kantor lebih praktis dengan small-footprint

Cetak dokumen bolak-balik dalam sekali print

Simpel, cepat, dan mudah untuk mencetak foto

Edit foto atau dokumen dengan My Image Garden

Printer multifungsi yang hemat energi

Cetak gambar atau foto ukuran 4R tanpa border

Kinerja printer yang lebih efisien

Mencetak hingga 19 lembar per menit!

Tidak perlu ribet mengganti cartridge

HargaRp 5.750.000,00Rp 2.799.000,00Rp 9.899.000,00Rp 1.450.000,00Rp 748.000,00Rp 543.000,00Rp 1.950.000,00Rp 2.590.000,00Rp 1.526.000,00Rp 1.573.500,00
Metode pencetakan LaserLaserLaserInkjetInkjetInkjetInkjetInkjetLaserInkjet
FungsiCetak, fotokopi, scan, faxCetak, fotokopi, scan, faxCetakCetak fotoCetak, fotokopi, scanCetak, fotokopi, scanCetak, fotokopi, scanCetak, fotokopi, scanCetakCetak
CartridgeTonerTonerTonerIntegratedIntegratedIntegratedSplitSplitTonerSplit
Jenis tinta---DyeDye, pigmentDye, pigmentDyeDye, pigment-Dye
Wi-Fi xxxx
Fitur tambahanCetak via USB・fitur flatbed・fitur ADF・kompatibel dengan HP ePrint; Apple AirPrint™; Mopria™-certified; Wireless Direct Printing; Mobile AppsCetak via USB・fitur ADF・cetak bolak-balikCetak via USB・kompatibel dengan google cloud print, NFC, secure print, AirPrint, dan Mopria™ Alliance・cetak bolak-balik・touch screen colour display with customisable icons・auditron (mengontrol penggunaan pencetakan dengan mengatur izin pengguna)Cetak via USB・slot kartu memori・intelligent correction・croppingCetak via USBCetak via USBCetak via USBCetak via USB・quiet modeCetak via USBCetak via USB
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk printer lainnya di sini

Hal terpenting dalam memilih printer adalah menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ingin mengetahui lebih detail tentang printer lain? Anda bisa membacanya lewat artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami telah menjelaskan cara memilih dan menjelaskan detail-detail penting yang perlu diperhatikan dari printer. Apakah Anda sudah menemukan yang cocok? Jika belum, Anda bisa mengacu pada rekomendasi yang kami berikan. 

Ada banyak jenis printer di pasaran. Ada yang memiliki fitur-fitur modern, multifungsi, desain stylish, dan tidak sedikit pula produk yang memiliki harga terjangkau. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    165.514 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    125.024 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    101.823 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    81.506 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan 2-in-1 laptop dan tablet cukup populer karena dinilai lebih praktis dan fleksibel. Jenis gadget ini memiliki portabilitas yang tinggi seperti tablet sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun. Di sisi lain, ada juga keyboard yang memudahkan Anda untuk mengetik.Ada berbagai jenis 2-in-1 laptop dan tablet dengan berbagai keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara memilih produk 2-in-1 laptop dan tablet. Setelah itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik, seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    106.705 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop merupakan perangkat penting bagi mahasiswa, khususnya untuk rumpun sains. Namun, software yang digunakan untuk perkuliahan sering kali membutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus. Anda mungkin saja belum memiliki gambaran jelas mengenai cara menentukan laptop yang tepat.Jika Anda seorang mahasiswa rumpun sains, artikel ini ditujukan untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih laptop untuk kebutuhan perkuliahan di program studi sains. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi laptop terbaik dari ASUS, Acer, HP, dan lainnya. Jangan lewatkan informasinya dan dapatkan laptop yang Anda butuhkan di sini!
    Komputer & kamera
    19.368 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera Polaroid merupakan kamera instan pertama yang diciptakan di dunia. Ada beragam jenis kamera Polaroid yang dapat Anda miliki seperti kamera klasik tipe SX-70 atau kamera 600. Ada juga yang merupakan kamera digital instan seperti kamera Polaroid Mint atau Snap Touch. Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin akan kebingungan memilih kamera terbaik.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih kamera terbaik. Tak ketinggalan, kami juga mengulas rekomendasi kamera terbaik dari Polaroid. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan kamera Polaroid yang tepat untuk Anda!
    Komputer & kamera
    465 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori