10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Sejak kemunculan Apple Watch, banyak produsen yang turut meramaikan pasar smartwatch. Ada beberapa merek seperti Huawei, Samsung, dan Sony yang produk smartwatch-nya tidak kalah bagus dengan Apple. Smartwatch ialah gadget praktis yang bisa digunakan sebagai jam tangan ataupun dioperasikan bersama smartphone.

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mengetahui lebih dalam lagi tentang cara memilih smartwatch dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Kali ini kami akan membagikan tips cara memilih smartwatch serta rekomendasi produk smartwatch terbaik. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi saat ingin membeli smartwatch.

Daftar isi

Cara memilih smartwatch

Harga smartwatch terbilang tidak murah sehingga Anda perlu memilihnya dengan sebaik mungkin. Jika sembarangan memilih, bisa-bisa smartwatch pilihan Anda malah tidak dapat berguna dengan optimal! Mari simak terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartwatch.

Pilihlah produk yang kompatibel dengan smartphone Anda

Pilihlah produk yang kompatibel dengan smartphone Anda

Hampir semua smartwatch sudah terpasang operating system (OS) di dalamnya. Namun, bukan berarti smartwatch Anda bisa dioperasikan dengan seluruh jenis smartphone. Jadi, pastikan smartwatch yang Anda pilih kompatibel dengan smartphone Anda.

Sebagai contoh, di dalam Apple Watch sudah terpasang OS yang hanya kompatibel dengan iPhone dan produk Apple lainnya. Ada juga OS yang dikembangkan oleh Google, dengan nama Wear OS (disebut juga Android Wear). OS ini tidak hanya memiliki kompatibilitas yang lebih baik dengan Android, tetapi juga dapat digunakan bersama dengan iOS. Selain itu, kerja sama antara Samsung dan Intel menghasilkan OS bernama Tizen yang kompatibel dengan Android maupun iOS.

Pilihlah tipe digital bila Anda menginginkan fitur yang beragam

Pilihlah tipe digital bila Anda menginginkan fitur yang beragam

Smartwatch memiliki dua tipe yakni tipe digital dan tipe analog. Tipe digital memuat banyak pilihan fitur di bagian bodi jamnya. Sementara itu, tipe analog memiliki tombol fitur yang terdapat di bagian band atau strap-nya. Meski tipe analog lebih terlihat natural sebagaimana tampilan jam umumnya, tipe digital lebih unggul dari segi fiturnya. Jika Anda ingin menggunakan smartwatch dengan banyak fitur, pilihlah yang bertipe digital.

Meskipun begitu, ada juga smartwatch bertipe analog yang memungkinkan Anda untuk bisa menggunakan uang elektronik. Akan tetapi, tipe analog dengan fitur ini masih cukup jarang ditemui. Meski begitu, tipe analog tidak bisa dikatakan kalah dari tipe digital. Bila Anda cenderung lebih menyukai tipe analog, ada baiknya Anda memeriksa spesifikasi detailnya terlebih dahulu.

Periksa fitur-fitur dasar yang dimiliki smartwatch

Pada dasarnya, smartwatch dioperasikan bersama-sama dengan smartphone. Namun, sekarang sudah banyak juga smartwatch yang bisa optimal fungsinya meski tanpa smartphone. Anda dapat memilih smartwatch berdasarkan fitur-fitur dasarnya.

Periksa ada tidaknya fitur panggilan masuk dan e-mail pada smartwatch

Periksa ada tidaknya fitur panggilan masuk dan e-mail pada smartwatch

Terdapat fitur dalam smartwatch yang memungkinkan Anda untuk menerima notifikasi jika terdapat pesan dan panggilan masuk di smartphone. Biasanya, notifikasi untuk panggilan dan pesan tidak dibedakan, tetapi ada pula produk yang dapat membedakan antara notifikasi keduanya. Jadi, pastikan Anda telah memeriksa fitur ini terlebih dahulu. Untuk Anda yang merasa terganggu dengan notifikasi pesan masuk, sebaiknya memilih smartwatch yang hanya dilengkapi fitur notifikasi panggilan masuk.

Ada juga smartwatch yang memungkinkan Anda untuk membuat panggilan telepon ke smartphone atau membalas pesan singkat. Untuk Anda yang banyak urusan atau kerap menggunakan smartwatch saat bekerja, manfaatkanlah fitur ini.

Perhatikan tingkat ketahanan air yang dimiliki

Perhatikan tingkat ketahanan air yang dimiliki

Saat berenang sambil mengenakan smartwatch, fitur antiair (water resistant) sangat diperlukan. Fitur ini memiliki berbagai variasi, bahkan ada yang menjadikan smartwatch cukup tangguh untuk dibawa menyelam. Untuk olahraga air, pilihlah smartwatch dengan level waterproof IPX5 ke atas atau yang bisa tahan di kedalaman 50 m. Bila Anda hanya menginginkan fungsi antiair biasa, IPX4 saja sudah cukup.

Selain itu, jika Anda banyak beraktivitas di luar ruangan, pastikan smartwatch Anda juga memiliki fitur antidebu (dust resistant). Untuk fitur seperti water resistant dan dust resistant yang pas dalam kondisi cuaca di Indonesia, biasanya memiliki sertifikasi IP57 ke atas.

Perhatikan juga fitur yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan

Perhatikan juga fitur yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan

Jika Anda ingin menggunakan smartwatch untuk menjaga kesehatan, pastikan smartwatch Anda dapat memonitor berbagai aspek kesehatan. Contoh yang paling sederhana ialah adanya pedometer untuk menghitung jumlah langkah kaki. Selain itu, banyak juga model dengan fitur yang bisa mengukur detak jantung dan denyut nadi melalui heart rate monitor. Terdapat juga model yang dapat merekam durasi latihan dan kalori yang terbakar, bahkan bisa dipadukan dengan aplikasi lainnya.

Periksa kapasitas daya dan ketahanan baterainya

Periksa kapasitas daya dan ketahanan baterainya

Saat memilih smartwatch, Anda juga harus memerhatikan kapasitas daya baterainya dengan teliti. Sebagian besar model memiliki baterai yang dapat bertahan lebih dari setengah hari. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir baterainya habis saat dikenakan ke tempat kerja atau ke sekolah. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan model yang daya baterainya dapat bertahan selama beberapa hari.

Pada tipe analog, baterai jam analognya dapat bertahan selama beberapa bulan, tetapi pengoperasian smartwatch membutuhkan daya yang lebih besar. Meski tidak seboros daya smartwatch tipe digital, tetapi tetaplah pertimbangkan kapasitas daya baterai yang dimiliki tipe analog. Salah satu smartwatch tipe analog yang layak Anda pilih juga akan kami ulas pada rekomendasi produk di bawah ini.

10 Rekomendasi smartwatch terbaik

Sekarang, saatnya kami memperkenalkan rekomendasi produk-produk smartwatch terbaik yang sudah kami rangkum untuk Anda. Silakan mengacu pada cara memilih di atas dan temukanlah produk yang paling sesuai bagi Anda.

10. IQI i4 Air

10. IQI i4 Air

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.799.000

Smartwatch rasa smartphone, OS-nya Android lho bukan Android Wear!

Bila Anda tidak ingin repot memikirkan kompatibilitas smartphone dengan smartwatch yang Anda beli, pilihlah produk berikut. IQI i4 Air ini memiliki slot untuk nano SIM card serta menggunakan OS Android yang membuatnya seperti smartphone pada umumnya. Anda bisa langsung menggunakannya untuk berbagai hal tanpa perlu menghubungkannya ke smartphone.

Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 MP yang membuat aktivitas bepergian Anda semakin asyik. Anda dapat berfoto tanpa perlu repot mengeluarkan smartphone dari kantong. Untuk ukuran smartwatch 2 GB RAM, produk ini lumayan baik dan tampilannya tidak malu-maluin!

OS Android 5.1
Fitur GPS, heart rate monitor, pedometer, splash resistant IP55, incoming reception notification
Tipe jam Digital
Daya tahan baterai Power safe on (18-48 jam), Flight mode on (4-12 jam), Aktif (2-6 jam)

9. Huawei Watch 2

9. Huawei Watch 2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.905.920

Band yang dapat diganti, mudah disesuaikan dengan mood dan style Anda

Huawei Watch 2 ini bisa menjadi pilihan bila Anda mencari smartwatch yang memiliki variasi band berdesain sporty. Dengan begitu, Anda bisa menentukan sendiri band yang sesuai dengan kegemaran Anda. Selain itu, tersedia pula pilihan band yang dijual terpisah sehingga Anda lebih bebas menentukan gaya.

Smartwatch ini kompatibel dengan berbagai smartphone, baik iOS, Android, maupun Windows Phone. Selain itu, bagian panel yang terbuat dari keramik juga membuat produk ini tidak hanya ringan dan terlihat keren, tetapi juga kuat serta antigores. Ingin yang bernuansa lebih elegan? Cek juga seri classic-nya, ya!

OS Android Wear 2.0
Fitur Incoming reception notification, heart rate monitor, water and dust resistant IP68, barometer
Tipe jam Digital
Daya tahan baterai ± 2 hari

8. Fitbit Versa Peach/Rose-Gold Aluminium

8. Fitbit Versa Peach/Rose-Gold Aluminium

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.550.000

Tak hanya memonitor aktivitas Anda, tetapi juga membuat penampilan Anda lebih menarik!

Untuk Anda yang juga memperhatikan desain smartwatch, Anda perlu mempertimbangkan produk satu ini. Fitbit Versa memiliki beberapa varian warna yang cantik dan menarik, salah satunya warna peach dan rose-gold ini. Kesan manis dan cantik lebih terpancar saat Anda menggunakan produk ini. Di samping itu, fitur-fiturnya tidak kalah lengkap dan berkualitas.

Produk ini kompatibel dengan iOS, Android, dan Windows Phone sehingga lebih fleksibel untuk smartphone jenis apapun. Smartwatch ini juga dilengkapi dengan lebih dari 15 mode exercise yang menunjang berbagai kegiatan olahraga Anda. Digunakan saat berenang pun tak masalah karena memiliki water resistant hingga kedalaman 50 m!

OS Original OS
Fitur Purepulse heart rate, notification and quick replies, water resistant to 50 m depth
Tipe jam Digital
Daya tahan baterai ± 4 hari

7. Sony SmartWatch 2 SW2 Silver

7. Sony SmartWatch 2 SW2 Silver

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.884.000

Band metalnya berikan kesan formal sekaligus trendi!

Sony SmartWatch 2 hadir dengan band berbahan metal yang memberikan kesan elegan saat dipakai. Anda bisa menggunakannya untuk acara formal, seperti ke kantor atau pertemuan bisnis. Meskipun kesannya serius, produk ini tidak kelihatan kuno, justru terlihat cocok dengan fashion style anak muda.

Band yang dimiliki smartwatch ini juga terbuat dari bahan stainless steel sehingga menghasilkan produk yang kuat dan tahan lama. Produk ini pun kompatibel dengan smartphone bersistem operasi Android 4.0 ke atas. Dengan Sony SmartWatch 2 SW2 Silver, penampilan trendi didapat, performa Anda pun semakin optimal.

OS Original OS
Fitur Incoming reception notification, water and dust resistant IP57, aplikasi untuk kesehatan dan fitness
Tipe jam Digital
Daya tahan baterai ± 4 hari

6. Samsung Gear Sport SM-R600NZBAXSA

6. Samsung Gear Sport SM-R600NZBAXSA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.999.000

Tampil sporty bersama produk ini!

Samsung Gear Sport warna biru dan hitam ini terlihat simpel, tetapi tetap keren saat Anda pakai. Produk ini didukung dengan gaya dan fitur yang membuat Anda tampil sporty. Untuk Anda yang aktif bergerak setiap hari, produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Fitur dan tampilannya sama kerennya!

Produk dengan layar yang mengusung Gorilla Glass 3 ini juga tahan terhadap benturan serta antipecah. Strap-nya dapat diganti dengan band apa saja yang berukuran 20 mm. Anda tak harus memiliki smartphone Samsung untuk menggunakannya karena smartwatch ini kompatibel baik dengan iOS maupun Android.

OS Tizen
Fitur Swimming tracking, gyro sensor, barometer, water resistant
Tipe jam Digital
Daya tahan baterai 3-4 hari

5. Garmin Instinct™ Graphite

5. Garmin Instinct™ Graphite

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.580.000

Untuk olahraga di darat maupun di air sama tangguhnya!

Garmin Instinct™ memiliki rongga-rongga yang bisa menjaga sirkulasi udara tetap lancar. Dengan begitu, tangan Anda pun tidak akan lembap saat berlari atau fitness di gym sambil mengenakan jam ini. Smartwatch ini juga cukup tangguh dibawa menyelam hingga mencapai kedalaman 100 m, ideal untuk Anda yang menyukai olahraga diving.

Selain nyaman dan tangguh, ketahanan daya baterai produk ini pun cukup lama karena dilengkapi dengan automatic daylight saving time. Kami sangat merekomendasikan produk ini bagi Anda yang menginginkan smartwatch kuat, nyaman, serta memiliki daya baterai yang tahan lama.

OS Original OS
Fitur Monitor heart rate, smart notifications, barometer, water resistant, saving battery mode
Tipe jam Digital
Daya tahan baterai ± 14 hari

4. ASUS ZenWatch 3

4. ASUS ZenWatch 3

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.560.000

Semakin cepat dan efisien dengan smartwatch berteknologi quick charge

Asus ZenWatch 3 mengusung teknologi HyperCharge yang mampu mempersingkat waktu pengisian dayanya. Untuk mengisi daya 0-60%, hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja! Apabila Anda merupakan orang yang serba gesit dan sangat mementingkan efisiensi waktu, tentu Anda akan menyukai produk berikut ini.

Selain itu, smartwatch ini juga dilengkapi dengan teknologi Eco Mode yang diklaim mampu menghemat daya hingga 200%. Dengan ketebalan hanya 9,95 mm, produk ini juga termasuk smartwatch tertipis di kelasnya. Varian warnanya yang menawan juga bisa membuat penampilan Anda semakin menarik.

OS Android Wear
Fitur Incoming reception notification, water resistant dust resistant IP67, quick charge
Tipe jam Digital
Daya tahan baterai ± 2 hari

3. Nokia Steel Activity & Sleep Watch

3. Nokia Steel Activity & Sleep Watch

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.800.000

Daya baterai tahan hingga 8 bulan! Tidak perlu repot mengecas daya baterai berulang-ulang

Produk smartwatch keluaran Nokia yang memiliki desain minimalis dan klasik khas jam analog. Hal yang luar biasa adalah daya baterai smartwatch ini juga mampu bertahan hingga sekitar 8 bulan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mengecas daya baterai berulang kali. Jika Anda mencari smartwatch yang praktis, produk ini patut dipertimbangkan.

Dengan produk ini, Anda pun dapat mengetahui berbagai aktivitas olahraga dan kesehatan Anda melalui aplikasi Health Mate yang bisa Anda unduh melalui smartphone Anda. Selain itu, smartwatch ini juga kompatibel dengan dua basis sistem operasi yaitu Android dan iOS.

OS Original OS
Fitur Waterproof, pedometer, calorie consumption record, sleep monitoring
Tipe jam Analog
Daya tahan baterai ± 8 bulan

2. Samsung Gear S3 Classic

2. Samsung Gear S3 Classic

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.236.000

Semakin mudah menerima panggilan dengan Samsung Gear S3!

Kini Anda tidak perlu panik ketika ada panggilan darurat masuk, sedangkan smartphone Anda sedang tidak dalam genggaman. Dengan Samsung Gear S3 ini, Anda tidak hanya akan mendapat notifikasi panggilan, tetapi bisa langsung menerimanya saat itu juga. Untuk Anda yang sibuk dan tidak sempat memegang smartphone, produk ini bisa membantu Anda.

Hal itu karena smartwatch dari Samsung ini dilengkapi dengan built-in speaker dan microphone sehingga Anda bisa menerima telepon dengan leluasa. Smartwatch yang dapat menggunakan OS Tizen, sistem operasi berbasis Linux ini juga menggunakan band berbahan kulit yang membuatnya tampak klasik.

OS Tizen 2.3.2
Fitur Incoming reception notification, waterproof-dustproof, heart rate monitor
Tipe jam Digital
Daya tahan baterai ± 4 hari

1. Apple Watch Series 3

1. Apple Watch Series 3

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.996.000

Smartwatch berdesain eksklusif dengan fitur yang melimpah

Apple Watch merupakan pelopor smartwatch yang kemudian diikuti oleh berbagai produsen lain. Tidak bisa dipungkiri bahwa smartwatch generasi ketiga dari Apple Watch ini cukup digemari oleh berbagai kalangan. Para Apple fanboy tentu tidak akan ketinggalan produk satu ini.

Fitur-fitur dalam produk ini membuat Anda bisa tetap aktif bergerak, memonitor kesehatan, dan terhubung dengan kerabat Anda. Tidak hanya fiturnya yang melimpah, tetapi desainnya yang tampak eksklusif juga menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi produk ini kompatibel dengan iPhone 5s ke atas atau iOS 11 ke atas.

OS WatchOS 4
Fitur Incoming reception notification, waterproof 50 m, heart rate monitor, emergency SOS, calorie consumption record
Tipe jam Digital
Daya tahan baterai ± 18 jam

Baca juga rekomendasi Apple Watch Band di sini!

Smartwatch keluaran Apple yakni Apple Watch memang sudah cukup terkenal sehingga tidak heran bila aksesorinya banyak dijual di pasaran. Bila Anda membeli Apple Watch, Anda mungkin ingin sekaligus mencari band-nya agar penampilan Anda semakin stylish. Oleh karena itu, kami juga membahas mengenai Apple Watch Band. Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Smartwatch memiliki berbagai fitur yang bisa Anda nikmati. Misalnya untuk menerima pesan, memonitor kesehatan, dan berbagai aktivitas olahraga.

Produk yang terbaik tak harus memiliki fitur paling lengkap, melainkan memiliki fitur yang Anda butuhkan. Smartwatch sangat membantu untuk Anda yang aktif berolahraga, sibuk urusan kerjaan, atau ingin disiplin hidup sehat. Selamat memilih!