10 Rekomendasi HDD Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi HDD Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

HDD portabel nyaman dipakai untuk menyimpan data secara mobile serta berharga lebih ekonomis dibandingkan SSD portabel. WD, ADATA, Toshiba, Seagate, HGST Touro, Asus, dan Transcend merupakan merek HDD portabel populer dengan keunggulannya masing-masing.

Anda perlu berhati-hati saat memilih HDD portabel karena memiliki beberapa variabel yang perlu dipertimbangkan. Agar tidak bingung, Anda dapat membaca artikel berikut ini yang membahas cara memilih HDD portabel. Kami juga telah menyiapkan sepuluh HDD portabel yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih HDD portabel

HDD portabel yang dapat dibawa-bawa memberikan keunggulan dibanding dengan HDD tipe stasioner. Walaupun demikian, Anda perlu membandingkan beberapa poin penting terlebih dahulu sebelum memilih HDD portabel. Untuk itu, Anda bisa membaca dengan saksama mengenai cara memilih HDD portabel berikut ini.

Pilih kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan

Hal penting pertama yang perlu diketahui adalah kapasitas penyimpanan yang Anda butuhkan untuk menyimpan file. HDD memiliki kapasitas penyimpanan yang cenderung lebih besar jika dibanding dengan SSD. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu memilih HDD portabel dengan kapasitas lebih dari yang Anda butuhkan.

Untuk menyimpan file tulisan, foto dari kamera digital, dan file musik, pilih kapasitas 500 GB hingga 1 TB

Untuk menyimpan file tulisan, foto dari kamera digital, dan file musik, pilih kapasitas 500 GB hingga 1 TB

Dokumen berupa tulisan, data, dan grafik dalam format Word hanya memiliki ukuran beberapa MB (megabita) saja. Jika Anda menggunakan HDD portabel untuk menyimpan file seperti ini, kapasitas 500 GB sudah mencukupi. Sesungguhnya, Anda akan memiliki banyak ruang pada HDD portabel berkapasitas 500 GB untuk menyimpan file dalam format Word.

Apabila Anda ingin menyimpan foto dan file musik, kapasitas 1 TB bisa Anda pilih. Di samping itu, file foto bisa memiliki ukuran sekitar 2 MB hingga 4 MB. Dengan demikian, sebenarnya Anda hanya membutuhkan kapasitas 40 GB saja untuk menyimpan 10.000 lembar foto. Selain itu, sebuah file musik umumnya memiliki ukuran sekitar 5 MB saja. Anda hanya membutuhkan penyimpanan sebesar 50 GB saja untuk menyimpan 10.000 lagu. Oleh karena itu, pilihlah kapasitas HDD portabel sesuai penggunaan Anda.

Untuk menyimpan foto dan film berkualitas tinggi, pilih kapasitas 2 TB atau lebih

Untuk menyimpan foto dan film berkualitas tinggi, pilih kapasitas 2 TB atau lebih

Bagi Anda yang terbiasa mengambil gambar menggunakan single-lens reflex camera, pilihlah kapasitas yang dapat menyimpan banyak gambar. Jika demikian, Anda bisa menyimpan gambar yang indah dengan resolusi maksimum. Data RAW yang tidak dikompresi memiliki ukuran sekitar 25 MB tergantung jenis kamera yang digunakan. Di pihak lain, Anda bisa mengambil ratusan foto sekaligus jika Anda memotret dengan single-lens reflex camera. Karena itu, kami menyarankan Anda menyimpan data seperti ini pada HDD portabel dengan kapasitas setidaknya 2 TB.

Apabila Anda merekam film dengan kualitas 4K yang saat ini dapat dilakukan dengan condensor, pilihlah kapasitas 4 TB. Anda dapat menyimpan data dengan nyaman tanpa perlu khawatir kehabisan kapasitas pada media penyimpanan.

Pilih antarmuka dengan transfer rate yang cepat

Produk dengan transfer rate yang cepat sangatlah penting untuk Anda pertimbangkan saat memilih HDD portabel yang nyaman dipakai. Tingkat kecepatan transfer pada HDD portabel bisa bervariasi tergantung antarmuka produk dengan port penghubung. Hal inilah yang menjadi perbedaan antara HDD biasa dengan HDD portabel. Jadi, pilihlah produk yang dapat dipakai dengan nyaman sesuai dengan OS yang Anda gunakan.

Untuk OS Windows, pilih transfer rate 3.0 atau lebih

Untuk OS Windows, pilih transfer rate 3.0 atau lebih

HDD portabel yang kompatibel dengan USB 3.0 bisa dipilih karena memiliki transfer rate yang cepat untuk OS Windows. Pada dasarnya, Anda masih bisa menggunakan produk dengan antarmuka USB 2.0. Akan tetapi, USB 3.0 telah hadir dengan perbedaan yang cukup signifikan. Jika dibandingkan antara USB 2.0 dan USB 3.0, perbedaan di antara keduanya akan muncul. Dalam hal ini, perbedaan transfer rate USB 3.0 lebih cepat sepuluh kali dibanding dengan USB 2.0.

USB 3.1 mampu memindahkan data sebesar 10 Gbps yang dua kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0. Dengan demikian, Anda dapat memindahkan data berukuran besar dengan lebih cepat. Kami menyarankan Anda memilih HDD portabel berdasarkan antarmuka sesuai kompatibilitas USB 3.0 atau USB 3.1 untuk PC Anda.

Thunderbolt adalah pilihan tepat untuk pengguna Mac

Thunderbolt adalah pilihan tepat untuk pengguna Mac

Jika Anda pengguna PC Mac, pilihlah HDD portabel yang kompatibel dengan Thunderbolt sehingga mendukung transfer data berkecepatan tinggi. Thunderbolt memiliki performa empat kali lebih cepat dibandingkan antarmuka USB 3.1 yang berkecepatan tinggi pada Windows. Dalam konteks ini, transfer rate Thunderbolt bisa mencapai 40 Gbps.

Anda tidak akan merasakan perbedaan yang signifikan pada perpindahan data yang berukuran kecil seperti data berupa tulisan. Namun, perbedaan yang signifikan akan terasa saat Anda menyimpan data yang berukuran besar. Dengan kata lain, pemilihan HDD portabel dengan transfer rate yang cepat dapat menghemat waktu Anda. Oleh sebab itu, pilihlah HDD portabel sesuai dengan kecepatan antarmuka.

Agar mudah dibawa, pilih pocket size dengan berat 300 gram atau kurang

Agar mudah dibawa, pilih pocket size dengan berat 300 gram atau kurang

Pilihlah produk yang ringan jika Anda membawa HDD portabel ke dalam tas yang biasa Anda pakai. Anda bisa saja membawa laptop, adapter, dan lain sebagainya selain HDD portabel. Untuk itu, kami menyarankan agar Anda memilih HDD portabel dengan berat maksimal 300 gram.

Anda bisa menjadikan pocket size sebagai acuan dengan tinggi maksimum 15 cm dan lebar maksimum 10 cm. Semakin besar kapasitas penyimpanan HDD portabel, semakin tebal pula casing-nya.

Pilih yang dapat diandalkan dengan resistansi benturan yang baik

Pilih yang dapat diandalkan dengan resistansi benturan yang baik

HDD portabel merupakan perangkat yang rentan terhadap guncangan karena memiliki elemen disk yang terpasang di dalamnya. Jika Anda menyimpan HDD portabel di dalam tas dan ingin dibawa-bawa, pilihlah produk yang tahan benturan.

Selain itu, beberapa produk dilengkapi dengan G-sensor yang melindungi data dengan cara mematikan aliran listrik jika timbul guncangan. Tambahan pula, beberapa produk memiliki fungsi antiair sehingga melindungi data jika Anda tidak sengaja menumpahkan kopi di kafe. Jadi, pilihlah HDD portabel sesuai dengan penggunaan Anda.

Pilih HDD portabel yang dilengkapi fungsi keamanan

Pilih HDD portabel yang dilengkapi fungsi keamanan

Agar data pada HDD portabel terlindungi, pilihlah produk yang dilengkapi dengan fitur keamanan. HDD portabel yang berukuran kecil bisa saja tertinggal atau dicuri saat Anda bepergian. Dengan demikian, Anda perlu bersiap-siap jika hal yang tidak diinginkan terjadi.

Kini, ada sebagian produk yang dapat melakukan enkripsi data dan menyimpannya karena fungsi keamanan telah berkembang cepat. Di samping itu, beberapa produk perlu memasukkan kata sandi guna membuka data. Karena itu, jika Anda menyimpan informasi penting seperti data perusahaan, pilihlah produk dengan fungsi keamanan yang tinggi.

10 Rekomendasi HDD portabel terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi HDD portabel terbaik pilihan kami. Anda dapat memeriksa berbagai fitur yang ditawarkan untuk menemukan produk yang sesuai dengan pilihan Anda. Selamat memilih!

10. LaCie Rugged Thunderbolt USB-C STFS2000800

 10. LaCie Rugged Thunderbolt USB-C STFS2000800

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.750.000

Kompatibel dengan OS Windows dan macOS

HDD portabel ini memiliki media penyimpanan sebesar 2 TB dengan antarmuka Thunderbolt dan USB 3.O. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan produk ini untuk PC dengan OS Windows dan juga macOS Anda. Pilihlah produk ini jika Anda menginginkan kemudahan saat memindahkan data antara OS Windows dan macOS.

LaCie Rugged Thunderbolt USB-C tahan terhadap benturan yang diuji melalui drop resistance setinggi 1,2 meter. Jadi, Anda bisa memilih produk ini jika khawatir HDD portabel terjatuh saat dibawa-bawa. Anda pun dapat memindahkan data dengan cepat karena HDD portabel ini mampu memindahkan data sebesar 130 MB per detik.

Kapasitas 2 TB
Ukuran (panjang x lebar x tinggi) 25 mm x 88,9 mm x 140,1 mm
Resistansi benturan Ya
Antarmuka USB-C, USB 3.0, USB 2.0, Thunderbolt
Berat 400 gram
Fitur keamanan Enkripsi hardware

9. Seagate Backup Plus Ultra Slim STEH2000301

9. Seagate Backup Plus Ultra Slim STEH2000301

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.110.000

Tampil elegan dengan ukuran tipis dan warna stylish

Anda bisa memiliki produk ini jika Anda sering membawa-bawa HDD portabel di dalam tas. Dimensi ukuran 113,5 mm x 76 mm x 9,6 mm membuat produk ini sebagai produk Seagate yang tertipis. Jadi, Anda dapat menyimpannya secara nyaman di dalam tas tanpa memerlukan ruang tambahan.

Warna emas dan platinum dari HDD Seagate Backup Plus Ultra memberikan tampilan yang elegan. Di samping itu, desain casing luarnya menampilkan tekstur unik tersendiri di bagian permukaan. Bagi Anda yang ingin memiliki HDD portabel dengan tampilan mewah dan unik, pilihlah produk ini.

Kapasitas 2 TB
Ukuran (panjang x lebar x tinggi) 113,5 mm x 76 mm x 9,6 mm
Resistansi benturan Tidak disebutkan
Antarmuka USB 3.0, USB 2.0
Berat 135 gram
Fitur keamanan Tidak diketahui

8. Silicon Power Armor A65

8. Silicon Power Armor A65

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.200.000

Antiguncangan dan antiair!

Dua lapis karet dan bingkai khusus di bagian tengah membentuk desain unibody guna menghasilkan casing yang kuat. Silicon Power Armor A65 merupakan HDD portabel pertama di dunia dengan rating IP67 yang antidebu. Tambahan lagi, produk ini tahan saat dicelupkan ke air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Jangan lupakan produk ini jika Anda berprofesi sebagai ilmuwan atau praktisi yang bekerja di bidang kemaritiman. Untuk kabelnya, HDD portabel ini memiliki desain yang terpasang di bagian belakang sehingga bentuknya lebih padu. Akibatnya, Anda akan lebih mudah membawa-bawa produk ini. Selain itu, desain tersebut memberikan kesan elegan tersendiri.

Kapasitas 1 TB
Ukuran (panjang x lebar x tinggi) 86,7 mm x 20,7 mm x 143,4 mm
Resistansi benturan Ya
Antarmuka USB 3.1 generasi 1, USB 3.0, USB 2.0
Berat 242 gram
Fitur keamanan Software enkripsi dengan password

7. Transcend StoreJet 25M3

7. Transcend StoreJet 25M3

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 854.000

Memindahkan data dengan cepat melalui antarmuka USB 3.1

Transcend StoreJet 25M3 dilengkapi dengan USB 3.1 generasi 1 yang mendukung UASP. Artinya, Anda bisa memindahkan data dengan transfer rate yang ultra fast dengan kecepatan hingga 5 Gbps. Produk ini cocok untuk Anda yang tidak punya waktu banyak saat melakukan pemindahan data dengan ukuran besar.

Sistem desain tiga lapis yang melindungi terhadap guncangan dengan memenuhi standar militer merupakan keunggulan lain produk ini. Hal ini berfungsi agar data pada HDD Anda bisa terlindungi dengan sempurna. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir pada saat membawa-bawa produk ini keluar rumah atau kantor.

Kapasitas 2 TB
Ukuran (panjang x lebar x tinggi) 129,5 mm x 80,8 mm x 16,1 mm
Resistansi benturan Ya
Antarmuka USB 3.1 generasi 1, USB 3.0, USB 2.0
Berat 185 gram
Fitur keamanan Transcend Elite software + AES encryption

6. WD My Passport WDBYFT0040BBK-WESN

 6. WD My Passport WDBYFT0040BBK-WESN

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 790.000

Banyak pilihan hingga enam jenis warna

HDD portabel ini memiliki berbagai varian warna yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda yang personal dan unik. Anda bisa memilih warna hitam, biru, merah, oranye, kuning, dan putih. WD My Passport dengan model WDBYFT0040BBK-WESN adalah pilihan tepat jika Anda ingin mencari HDD portabel yang colorful.

Software WD Discovery pada produk ini dapat menghubungkan akun sosial media dengan cloud storage. Karena itu, Anda dapat memindahkan foto, video, dan dokumen untuk mempermudah penyimpanan file secara online. Sebagai kesimpulan, milikilah produk ini jika Anda ingin melakukan backup data di sosial media dengan lebih mudah.

Kapasitas 4 TB
Ukuran (panjang x lebar x tinggi) 81,5 mm x 21,5 mm x 110 mm
Resistansi benturan Tidak disebutkan
Antarmuka USB 3.0, USB 2.0
Berat 250 gram
Fitur keamanan Built-in 256-bit AES Hardware Encryption dan WD security software

5. WD My Passport Wireless Pro WDBP2P0020BBK-NESN

5. WD My Passport Wireless Pro WDBP2P0020BBK-NESN

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.755.000

Dilengkapi USB 3.0, Wi-Fi, dan slot SD card

Produk ini tercipta untuk memberikan kemudahan bagi fotografer dan videografer. Anda akan mendapat kemudahan untuk offloadedit, dan streaming foto dan video di luar ruangan. Hal ini dapat terjadi berkat pemindahan data melalui teknologi Wi-Fi. Selanjutnya, editing bisa dilakukan dengan laptop yang terhubung.

Anda juga bisa terhubung melalui SD card reader untuk memudahkan pemindahan foto dan video dari SD card. WD My Passport Wireless Pro WDBP2P0020BBK-NESN memiliki baterai yang tahan hingga 10 jam. Anda pun bisa bekerja dengan tenang saat berada di luar ruangan. Selain itu, antarmukanya menggunakan USB 3.0.

Kapasitas 2 TB
Ukuran (panjang x lebar x tinggi) 126 mm x 24 mm x 126 mm
Resistansi benturan Tidak disebutkan
Antarmuka USB 3.0, Wi-Fi, Slot SD card
Berat 450 gram
Fitur keamanan Wi-Fi password + Drive lock device dashboard

4. Asus Travelair N (WHD-A2)

4. Asus Travelair N (WHD-A2)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.650.000

Mudah terhubung dengan fitur NFC!

Asus Travelair N (WHD-A2) dilengkapi desain IP43 guna melindungi dari tumpahan air yang tidak disengaja. Anda dapat menyimpan data hingga 1 TB yang setara dengan 500.000 foto, 250.000 lagu, atau 1000 film. Berikutnya, produk ini dilengkapi USB 3.0 sehingga bisa mempercepat pemindahan data ke PC Anda.

Fitur NFC memungkinkan Anda bisa memindahkan data dengan perangkat yang kompatibel. Hal ini tentu memudahkan Anda yang memiliki berbagai perangkat dengan dukungan NFC. Tambahan lagi, pemindahan data ini bisa dipakai untuk lima perangkat sekaligus. Di samping itu, HDD portabel ini bisa memindahkan data secara wireless.

Kapasitas 1 TB
Ukuran (panjang x lebar x tinggi) 90 mm x 25,5 mm x 140 mm
Resistansi benturan Tidak disebutkan
Antarmuka USB 3.0, USB 2.0, Wi-Fi, SD card reader
Berat Tidak disebutkan
Fitur keamanan Wi-Fi security

3. ADATA HD720

3. ADATA HD720

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 805.000

HDD portabel bagi para petualang!

Produk ini dibuat dengan desain yang sporty serta ketahanan yang tinggi. ADATA HD720 dibuat melalui serangkaian tes untuk menghasilkan produk yang antiair, antidebu, dan tahan terhadap guncangan. Hal ini dilakukan karena HDD portabel ini dibuat untuk menyimpan data bagi para petualang outdoor.

Rating IP68 membuat HDD ini mampu terlindungi baik di berbagai medan. Posisi kabelnya tergulung sehingga praktis dipakai para petualang. Selanjutnya, produk ini bisa beroperasi normal di lingkungan berdebu. Sesudah itu, ADATA HD720 dapat beroperasi meskipun telah berada di air sedalam 2 meter selama 120 menit.

Kapasitas 1 TB
Ukuran (panjang x lebar x tinggi) 129,4 mm x 97,9 mm x 20,2 mm
Resistansi benturan Ya
Antarmuka USB 3.1, USB 2.0
Berat 223 gram
Fitur keamanan Tidak diketahui

2. Toshiba Canvio Connect II Portable Hard Drive

2. Toshiba Canvio Connect II Portable Hard Drive

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 610.000

Bisa melakukan backup data dan melakukan restore ke default setting!

Pilihlah produk ini apabila Anda khawatir kehilangan data karena PC yang rusak. Toshiba Connect II Portable Hard Drive dilengkapi dengan software NTI Backup Now EZ yang bisa melakukan backup data. Anda juga bisa melakukan restore ke PC mana pun sesuai data pada default setting, termasuk themes dan screensavers.

HDD portabel ini adalah jawaban apabila PC Anda mengalami crash karena serangan malware ataupun pemasangan software yang tidak kompatibel. Backup data bisa Anda lakukan sesuai yang Anda inginkan secara kustomisasi. Selain itu, data yang Anda backup dilengkapi password sehingga aman untuk dipakai.

Kapasitas 500 GB
Ukuran (panjang x lebar x tinggi) 109 mm x 78 mm x 14 mm
Resistansi benturan Tidak disebutkan
Antarmuka USB 3.0, USB 2.0
Berat 165 gram
Fitur keamanan Backup password

1. HGST (Hitachi) Touro S

1. HGST (Hitachi) Touro S

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 480.000

Gratis cloud storage hingga 3 GB!

HGST Touro S memberikan dua benefit kapasitas penyimpanan berupa penyimpanan fisik dan penyimpanan cloudCloud storage sebesar 3 GB yang disediakan secara cuma-cuma bisa dipakai untuk backup data penting Anda. Bagi Anda yang khawatir terjadinya kehilangan data pada HDD yang rusak dapat memiliki produk ini.

Kemudahan akses data secara cloud bisa Anda nikmati baik melalui smartphone maupun web browser. Anda bisa upgrade hingga 250 GB jika Anda merasa kapasitas ini kurang. Proteksi dua levelnya membuat data Anda aman saat disimpan. Tambahan pula, produk ini memiliki berat kurang dari 200 gram saja.

Kapasitas 500 GB
Ukuran (panjang x lebar x tinggi) 80 mm x 9,5 mm x 115 mm
Resistansi benturan Tidak disebutkan
Antarmuka USB 3.0, USB 2.0
Berat 128 gram
Fitur keamanan Dua level proteksi

Kesimpulan

Kami telah memaparkan dan merekomendasikan sepuluh HDD portabel dengan dengan berbagai fitur yang berbeda. HDD portabel mana yang akan Anda miliki? Pilihlah HDD portabel yang mampu memastikan data penting Anda aman sesuai dengan penggunaan.

Beberapa produsen menjual HDD portabel dengan kapasitas dua kali lipat dengan harga yang tidak jauh berbeda. Jika diperlukan, Anda bisa memiliki produk dengan karakteristik tersebut. Selamat memilih!