10 Rekomendasi Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Bagi Anda yang hobi mendengarkan musik, bermain game, atau menonton film, pasti sudah akrab dengan benda bernama headphone. Banyaknya jenis headphone yang beredar saat ini mungkin sedikit membingungkan Anda ketika memilih. Ada beberapa poin yang bisa Anda jadikan pertimbangan, seperti sambungan kabel atau wireless, bentuk ear pad, kualitas suara, dan lain-lain.

Untuk membantu Anda memilih, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih headphone yang terbaik. Kami juga merekomendasikan sepuluh merek headphone dengan kualitas suara terbaik, seperti Sennheiser, Sony, Audio-Technica. Dengan headphone yang tepat, kualitas suara yang Anda nikmati pun akan terasa berkali lipat.

Daftar isi

Cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik

Anda pasti akan menemukan beberapa istilah yang terdengar asing seperti housing atau ear pad saat Anda membaca spesifikasi headphone. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa poin penting yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih headphone dengan bahasa yang sederhana.

Pilih housing yang sesuai dengan kebutuhan

Housing adalah istilah yang digunakan untuk menyebut cup penutup telinga pada headphoneHousing juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan driver atau alat penghasil suara. Secara umum, housing pada headphone dibagi menjadi dua yaitu tipe terbuka dan tertutup. Kami akan menjelaskan secara singkat mengenai kedua jenis housing tersebut.

Housing tertutup yang antibocor cocok untuk penggunaan outdoor

Housing tertutup yang antibocor cocok untuk penggunaan outdoor

Ciri khas housing tertutup adalah tingkat insulasinya yang tinggi. Tingginya tingkat insulasi tersebut akan mencegah kebocoran suara serta menghalangi suara dari luar. Hal tersebut membuat Anda bisa lebih berkonsentrasi mendengarkan suara musik yang diputar. Karena itu, housing tertutup cocok digunakan di luar ruangan.

Sayangnya, housing jenis ini akan membuat suara menjadi mudah terkungkung dan tidak menyebar. Oleh sebab itu, headphone dengan housing tertutup kurang cocok apabila digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Namun, tipe ini sangat handal dalam menghadirkan detail suara, termasuk suara bass yang rendah.

Housing terbuka yang cocok untuk penggunaan indoor

Housing terbuka yang cocok untuk penggunaan indoor

Berbanding terbalik dengan housing tertutup, housing terbuka memiliki insulasi suara yang rendah. Salah satu ciri khas dari headphone dengan housing terbuka adalah suara yang dihasilkan jernih dan menyebar. Karena itu, housing terbuka sangat cocok bagi Anda yang menyukai suara yang lebih hidup. Housing jenis ini juga tidak terlalu menekan telinga. Anda tidak akan mudah merasa lelah meski mendengarkan musik dalam jangka waktu lama.

Kelemahan housing terbuka ini adalah kurang mampu memutar suara heavy bass rendah dengan baik. Oleh sebab itulah, housing jenis ini kurang tepat bagi Anda penyuka musik rock atau electronic dance music (EDM). Headphone dengan housing terbuka ini juga kurang cocok digunakan di luar ruangan seperti di dalam bus atau kereta. Akan tetapi, bagi Anda yang senang menikmati musik di dalam ruangan, tipe ini akan menjadi pilihan tepat.

Pilih berdasarkan jenis ear pad-nya

Ear pad adalah bantalan headphone yang berhubungan langsung dengan telinga Anda. Bentuk ear pad sangat berpengaruh pada hantaran suara serta kenyamanan telinga Anda. Secara umum, ear pad dibagi menjadi dua jenis yaitu jenis over-ear dan jenis on-ear. Pilihlah headphone dengan jenis ear pad yang paling sesuai dengan selera Anda.

Jenis over-ear yang sangat stabil saat dipakai

Jenis over-ear yang sangat stabil saat dipakai

Ear pad jenis around ear, atau disebut juga over-ear, adalah ear pad yang bentuknya mengelilingi daun telinga. Ear pad dengan bentuk ini menyuguhkan kualitas suara yang baik dan tidak membuat Anda merasa cepat lelah. Karena itu, sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati musik secara intens dan dalam jangka waktu yang lama. Tipe ini juga sangat stabil ketika dipakai karena tidak mudah bergeser.

Jika Anda menggunakan headphone dengan housing tertutup dan over-ear ear pad, Anda akan terhanyut dalam musik yang sedang Anda nikmati.

Jenis on-ear yang ringan sangat cocok untuk pemakaian lama

Jenis on-ear yang ringan sangat cocok untuk pemakaian lama

On-ear ear pad adalah ear pad yang menempel di daun telinga. Jenis ini tidak menutup keseluruhan daun telinga Anda sehingga terasa ringan saat digunakan. Ear pad tipe on-ear ini sangat cocok bagi Anda yang mementingkan kualitas suara. Selain itu, headphone jenis ini relatif lebih ringan. Anda tidak akan mudah lelah meski memakainya dalam jangka waktu yang panjang.

Headphone dengan on-ear ear pad sangat tepat bagi Anda yang senang menikmati musik dengan tenang di dalam rumah.

Pilih berdasarkan metode koneksinya

Ada dua metode koneksi headphone yang bisa Anda pilih yaitu koneksi dengan kabel atau tanpa kabel yang sering disebut juga dengan wireless. Langsung saja kita membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing metode koneksi ini.

Koneksi kabel untuk menghindari penurunan kualitas dan keterlambatan suara

Koneksi kabel untuk menghindari penurunan kualitas dan keterlambatan suara

Kelebihan headphone yang menggunakan kabel sebagai sambungan koneksinya adalah kualitas suaranya maksimal tanpa degradasi serta minim noiseHeadphone jenis ini sangat cocok digunakan untuk menonton film, video konser, atau bermain game. Tipe ini tidak bergantung pada sinyal sehingga Anda tidak perlu meragukan akurasi timing dan kualitas suaranya.

Sayangnya, keberadaan kabel dapat membatasi ruang gerak dan membuat Anda repot saat memakainya. Selain itu, kabel juga berisiko putus apabila ditarik. Saat ini, banyak produk yang kabelnya dapat diganti. Jika Anda bermaksud menggunakan headphone tipe ini, pastikan sebelumnya apakah kabelnya bisa diganti atau tidak.

Wireless headphone dengan koneksi bluetooth praktis untuk bepergian

Wireless headphone dengan koneksi bluetooth praktis untuk bepergian

Wireless headphone membuat Anda tidak perlu ribet lagi dengan kabel. Sambungan sinyalnya akan terjaga dalam radius sepuluh meter dari gadget atau music player. Tidak adanya kabel akan membuat Anda lebih bebas bergerak. Anda bahkan bisa berbaring di tempat tidur sambil mendengarkan musik tanpa khawatir sambungannya terputus. Wireless headphone juga sangat praktis untuk dibawa bepergian.

Sayangnya, koneksi wireless kadang menimbulkan keterlambatan atau jeda suara ketika menonton film atau bermain game. Anda juga harus selalu mengecek dan mengisi ulang baterainya. Ketika memilih wireless headphone, kami sarankan untuk memastikan berapa batas maksimal pemakaian baterainya dalam sekali isi ulang.

Pilih berdasarkan genre musik yang sering didengar

Pilih berdasarkan genre musik yang sering didengar

Setiap headphone memiliki keunggulan dan karakteristik tertentu dalam memproduksi suara. Secara umum, karakteristik headphone ini dibagi menjadi dua: headphone yang unggul dalam memproduksi suara tinggi dan headphone yang unggul dalam memproduksi suara rendah. Informasi ini bisa Anda dapatkan dengan melihat keterangan frekuensi pada spesifikasi headphone.

Penulisan frekuensi pada spesifikasi headphone biasanya dalam bentuk range seperti 20 hertz (Hz) hingga 80 hertz (Hz). Semakin rendah batas bawah frekuensinya, semakin unggul headphone tersebut mengeluarkan suara rendah. Untuk menikmati musik rock secara maksimal, pilihlah headphone dengan batas bawah frekuensi kurang dari 100 Hz. Bagi Anda yang ingin menikmati musik pop atau suara penyanyi dengan jernih, pilihlah headphone dengan frekuensi di atas 20 kHz.

Pilih produk dengan frekuensi di atas 40 kHz untuk menikmati audio beresolusi tinggi

Pilih produk dengan frekuensi di atas 40 kHz untuk menikmati audio beresolusi tinggi

Dewasa ini, media sumber audio beresolusi tinggi telah banyak digunakan. Media tersebut mampu menyimpan informasi sebanyak lima hingga enam kali lipat CD biasa. Media ini juga memungkinkan Anda menikmati suara yang sangat mirip dengan aslinya. Untuk menikmati audio beresolusi tinggi ini, Anda tentu saja membutuhkan bantuan headphone yang memadai.

Di Jepang, perangkat elektronik penunjang audio beresolusi tinggi biasanya ditandai dengan tanda khusus. Menurut standar Japan Audio Association, perangkat elektronik penunjang audio beresolusi tinggi adalah alat dengan frekuensi di atas 40 kHz. Tanda ini juga sudah mulai digunakan untuk beberapa produk di Indonesia.

Pilih berdasarkan spesialisasinya

Pilih berdasarkan spesialisasinya

Beberapa produk headphone juga telah dilengkapi dengan fitur khusus untuk menunjang kegiatan tertentu seperti surround sound headphone. Headphone jenis ini biasanya memiliki speaker 5.1 channel atau 7.1 channel yang menghadirkan efek audio tiga dimensi. Semakin banyak jumlah speaker-nya, semakin besar pula kekuatan suaranya. Headphone jenis ini direkomendasikan untuk menonton film.

Contoh headphone spesifik lainnya adalah monitoring headphone yaitu professional headphone yang dapat memproduksi suara yang mendekati aslinya. Monitoring headphone sangat cocok bagi Anda yang mengutamakan kualitas serta kejernihan suara. Selain itu, ada juga gaming headphone yang dilengkapi dengan mic dan fitur surround sound yang didesain khusus untuk bermain gameBiasanya, gaming headphone juga dirancang supaya Anda tidak akan mudah lelah meski menggunakannya untuk jangka waktu panjang.

Headphone yang beredar di pasaran saat ini memang sudah semakin spesifik. Apabila Anda sudah memiliki tujuan khusus, ada baiknya Anda mempertimbangkan spesialisasi headphone seperti yang dijelaskan di atas.

Periksa fitur noise cancelling atau peredam bising

Periksa fitur noise cancelling atau peredam bising

Noise cancelling adalah fitur untuk meredam kebisingan dengan menggunakan gelombang yang berlawanan. Fitur ini dapat mengurangi noise dari luar seperti suara mesin pendingin ruangan, mobil, atau suara percakapan orang. Headphone jenis ini dapat membantu Anda lebih berkonsentrasi sehingga cocok digunakan saat belajar atau bekerja.

Dengan headphone jenis ini, Anda akan tetap bisa berkonsentrasi meskipun berada di tempat bising. Tingkat kebisingan yang Anda dengar akan jauh berkurang saat menggunakannya. Mari memilih produk yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Pilih yang impedansinya kecil untuk pemutar musik portabel berdaya rendah

Pilih yang impedansinya kecil untuk pemutar musik portabel berdaya rendah

Impedansi adalah nilai yang mempengaruhi volume suara yang dinyatakan dengan satuan ohm (Ω). Semakin kecil nilai impedansinya, semakin tinggi volume audio maksimalnya. Untuk penggunaan pemutar musik portabel atau ponsel yang output-nya kecil, Anda sebaiknya memilih headphone dengan nilai impedansi yang kecil.

Namun, nilai impedansi yang terlalu kecil akan mengakibatkan noise lebih mudah muncul. Oleh karena itu, pilihlah headphone dengan nilai impedansi sekitar 20 ohm.

Pastikan kenyamanannya dengan cara mencobanya langsung di toko

Pastikan kenyamanannya dengan cara mencobanya langsung di toko 

Kenyamanan adalah poin yang tak kalah penting dalam memilih headphone. Headphone yang tidak terlalu menekan daun telinga dengan bantalan empuk akan membuat Anda nyaman. Headphone yang seperti itu juga tidak akan membuat Anda mudah lelah meski digunakan untuk waktu lama.

Tipe on-ear biasanya dibuat lebih menekan untuk menjaga keseimbangan saat digunakan. Namun, tentu saja tidak semua merek sama. Oleh sebab itu, sedapat mungkin cobalah langsung headphone yang Anda inginkan untuk memastikan kenyamanannya. Jika membeli di toko online, pastikan Anda membaca review pengguna terlebih dahulu.

10 Rekomendasi headphone dengan kualitas suara terbaik

Selanjutnya kami akan merekomendasikan sepuluh produk headphone terbaik dari berbagai tipe. Ada tipe yang housing-nya terbuka maupun tertutup, lalu tipe koneksi wireless ataupun yang disambungkan dengan kabel. Silakan bandingkan dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Philips Headphone Neckband SHS5200/10

10. Philips Headphone Neckband SHS5200/10

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 279.500

Headphone bergaya yang akan menambah nilai penampilan Anda

Bosan dengan headphone tipe headband? Mungkin sudah saatnya Anda mencoba headphone tipe neckband ini. Bentuknya yang modis sangat pas bagi Anda yang senang mendengarkan musik saat beraktivitas, terutama ketika berolahraga.

Desain bantalan telinga dengan penyangganya dibuat khusus sehingga pas dan nyaman untuk segala ukuran daun telinga. Neckband-nya terbuat dari bahan reflektif khusus yang akan membantu Anda tetap terlihat dalam gelap. Kabel koneksinya hanya terhubung di satu sisi. Hal ini akan mempermudah Anda saat menggulungnya dan mengurangi risiko kusut.

Housing Terbuka
Tipe koneksi Kabel
Resolusi tinggi
Noise cancelling
Jenis ear pad On-ear
Frekuensi 8 Hz hingga 23 kHz
Spesialisasi Tidak disebutkan
Impedansi 26 Ω

9. Sony MDR-ZX110AP Headphone

9. Sony MDR-ZX110AP Headphone

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 225.000

Nikmati kualitas maksimal dengan harga yang ekonomis

Headphone dengan harga di bawah lima ratus ribu ini menawarkan kualitas berkali lipat dari harganya. Produk ini memiliki rentang frekuensi wideband sehingga mampu menghasilkan suara bass menengah sekaligus suara tinggi dengan baik.

Bantalan ear cup-nya yang lembut akan memberikan kenyamanan pada Anda saat menikmati musik. Produk ini juga dilengkapi dengan in-line remote dan mikrofon sehingga Anda dapat menjawab panggilan dari ponsel saat mendengarkan musik. Sony MDR-ZX110AP tersedia dalam dua warna yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Housing Tertutup
Tipe koneksi Kabel
Resolusi tinggi
Noise Cancelling
Jenis ear pad Over-ear
Frekuensi 12 Hz hingga 22 kHz
Spesialisasi Tidak disebutkan
Impedansi 24 Ω

8. Sades Mpower Multiplatform Gaming Headset

8. Sades Mpower Multiplatform Gaming Headset

Lihat Produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 350.000

Game Anda akan terasa lebih menantang saat menggunakan headset ini

Bagi penggemar game, headphone atau headset pastilah menjadi satu item yang sangat penting. Shade Mpower adalah gaming headset multiplatform yang dapat dihubungkan dengan laptop, gadget, dan berbagai perangkat game.

Rentangan frekuensinya yang luas akan menyajikan sound effect game Anda secara dramatis. Produk ini juga dilengkapi dengan in-line control yang mudah disesuaikan saat bermain. Selain itu, headset ini juga memiliki bantalan ear pad yang nyaman dipakai dalam jangka waktu lama.

Housing Terbuka
Tipe koneksi Kabel
Resolusi tinggi
Noise Cancelling
Jenis ear pad Over-ear
Frekuensi 20 Hz hingga 20 kHz
Spesialisasi Gaming
Impedansi 32 Ω

7. Takstar HD 2000 Monitor Headphone

7. Takstar HD 2000 Monitor Headphone

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 290.000

Monitoring headphone yang ringan dan tidak membebani telinga Anda

Takstar HD 2000 adalah headphone profesional yang diperuntukkan bagi Anda yang berkecimpung di dunia musik. Headphone ini beratnya hanya 200 gram dengan bantalan telinga berbahan kulit sintetis lembut. Bantalan ini akan menjamin kenyamanan Anda selama memakainya.

Desain ear cup-nya dapat diputar ke kanan atau kiri, yang akan memudahkan penyesuaian dengan berbagai bentuk wajah. Selain itu, ear cup-nya juga dapat diputar 180 derajat ke arah luar untuk memudahkan proses monitoring dan berbagai kegiatan Anda.

Housing Tertutup
Tipe koneksi Kabel
Resolusi tinggi
Noise Cancelling
Jenis ear pad Over-ear
Frekuensi 10 Hz hingga 25 kHz
Spesialisasi Audio mixing, monitoring
Impedansi 32 Ω

6. Samson SR850 Semi-Open-Back Studio Headphones

6. Samson SR850 Semi-Open-Back Studio Headphones

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 405.000

Menampilkan ketukan bass yang solid dan setiap detail musik dengan dinamis

Apabila Anda adalah seorang maniak musik atau sedang mencoba memasuki dunia musik profesional, Anda harus mempertimbangkan headphone ini. Produk ini menawarkan kualitas maksimal dengan harga yang dinilai cukup terjangkau.

Produk ini memiliki housing driver 50 mm yang akan menghasilkan suara dengan jangkauan dinamis dan lebar. Kemampuan menampilkan bass yang solid sekaligus treble yang akurat menjadikan Headphone ini sangat tepat bagi Anda yang mencari detail pada audio.

Housing Semiterbuka
Tipe koneksi Kabel
Resolusi tinggi
Noise Cancelling
Jenis ear pad Over-ear
Frekuensi 10 Hz hingga 30 kHz
Spesialisasi Audio recording, hi-fi monitoring
Impedansi 32 Ω

5. Sony H.ear On 2 MDR-H600A

5. Sony H.ear On 2 MDR-H600A

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.350.000

Portabel dengan pilihan warna yang manis dan modis

Headphone produksi Sony ini menawarkan kualitas suara setara dengan professional headphone dalam tampilan yang modis. Rentang frekuensi yang luas dengan batas atas melebihi 40 kHz membuat headphone ini mampu menampilkan suara beresolusi tinggi.

Range frekuensi yang luas juga memungkinkan headphone ini untuk memutar segala genre musik, mulai dari musik rock dengan bass yang solid, hingga musik pop dengan suara penyanyi yang jernih. Selain itu, Sony H.ear On 2 MDR-H600A bisa dilipat sehingga praktis dibawa bepergian.

Housing Tertutup
Tipe koneksi Kabel
Resolusi tinggi
Noise Cancelling
Jenis ear pad Over-ear
Frekuensi 5 Hz hingga 60 kHz
Spesialisasi Tidak disebutkan
Impedansi 24 Ω

4. Pioneer Dj HDJ-C70 Professional On-Ear Headphones

4. Pioneer Dj HDJ-C70 Professional On-Ear Headphones

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.700.000

Headphone untuk DJ profesional yang kedap suara meski tanpa noise cancelling

Pilihan produk headphone untuk DJ profesional memang tidak terlalu banyak. Pioneer Dj HDJ-C70 layak diperhitungkan karena memiliki desain yang compact dan ringan untuk ukuran professional headphone bagi DJ. Ear cup-nya dapat diputar 90 derajat supaya nyaman saat dikenakan dan dikalungkan di leher.

Headphone ini memiliki housing driver sebesar 40 mm dan menghasilkan resolusi yang mengesankan. Ruang isolasi suara di bagian ear cup, ditambah material bantalan telinganya yang terbuat dari kulit lembut, membuat suara dari luar terisolasi dengan sempurna.

Housing Tertutup
Tipe koneksi Kabel
Resolusi tinggi
Noise Cancelling
Jenis ear pad On-ear
Frekuensi 7 Hz hingga 32 kHz
Spesialisasi DJ
Impedansi 40 Ω

3. Audio-Technica ATH-MSR7GM Over-Ear High-Resolution Headphone

3. Audio-Technica ATH-MSR7GM Over-Ear High-Resolution Headphone

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.390.000

Nikmati musik beresolusi tinggi dengan headphone yang elegan

Di Indonesia, belum banyak produk yang dapat menunjang high resolution sound. Headphone ini adalah salah satu produk yang dapat mereproduksi suara beresolusi tinggi. Rentang bawah frekuensinya sebesar 5 Hz yang membuat headphone ini mampu mengeluarkan suara bass yang solid.

Audio-Technica ATH-MSR7GM dilengkapi dengan driver 45 mm dan dirancang khusus untuk menghasilkan audio yang kaya dan detail. Desain ear cup-nya yang pipih dibuat dengan aksen stainless, membuatnya terlihat sangat elegan,

Housing Tertutup
Tipe koneksi Wireless
Resolusi tinggi
Noise Cancelling
Jenis ear pad Over-ear
Frekuensi 5 Hz hingga 40 kHz
Spesialisasi Tidak disebutkan
Impedansi 35 Ω

2. Shure SRH1840 Professional Open Back Headphones

2. Shure SRH1840 Professional Open Back Headphones

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.880.000

Professional headphone yang menyuguhkan detail akustik terbaik

Headphone dengan harga yang lumayan ini memang diperuntukkan bagi Anda pekerja musik yang profesional. Housing driver berukuran 40 mm ditambah impedansi yang tinggi membuat headphone ini mampu menyuguhkan detail akustik yang jernih.

Headband produk ini ergonomis, ringan, dan dapat diatur sehingga Anda tetap nyaman walau menggunakannya selama berjam-jam. Rangkanya terbuat dari baja dengan desain khusus untuk meningkatkan liniearitas, menghilangkan resonansi internal, dan menjamin konsistensi performanya.

Housing Terbuka
Tipe koneksi Kabel
Resolusi tinggi
Noise Cancelling
Jenis ear pad Over-ear
Frekuensi 10 Hz hingga 30 kHz
Spesialisasi Tidak disebutkan
Impedansi 65 Ω

1. Sennheiser HD 4.50 BTNC

1. Sennheiser HD 4.50 BTNC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.599.000

Noise cancelling terbaik, membawa Anda hanyut ke dalam musik tanpa gangguan sekitar

Sennheiser HD 4.50 BTNC sangat cocok bagi Anda yang senang travelling sambil menikmati musik. Headphone dengan desain portabel yang dapat dilipat ini juga dilengkapi dengan noise cancelling sehingga Anda tidak akan terganggu oleh suara apa pun di luar sana.

Nilai impedansinya yang kecil membuat performa headphone ini tetap maksimal meski disambungkan dengan ponsel ataupun perangkat music player portabel lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir karena penggunaan baterainya mampu bertahan hingga dua puluh jam.

Housing Tertutup
Tipe koneksi Wireless
Resolusi tinggi
Noise Cancelling
Jenis ear pad Over-ear
Frekuenasi 18 Hz hingga 22 kHz
Spesialisasi Tidak disebutkan
Impedansi 18 Ω

Kesimpulan

Pemilihan headphone akan sangat berpengaruh pada kepuasan Anda dalam mendengarkan musik, bermain game, atau menonton film. Ketika memilih headset yang baik, perhatikan dengan saksama spesifikasinya, fiturnya, dan juga desainnya. Jangan lupa, harga juga cukup berpengaruh pada kualitas yang ditawarkan. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda dapat memilih satu produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Good luck!