• 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhoneSelain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah ANKER, UGREEN, dan ENERGEA.

Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.

Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kabel data iPhone

Di bagian ini, kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang perlu Anda periksa saat memilih kabel data iPhone. Apa saja poin-poin tersebut? Yuk, langsung disimak saja! 

Gunakan produk asli Apple atau yang bersertifikat MFi

Gunakan produk asli Apple atau yang bersertifikat MFi

Terdapat dua jenis kabel data iPhone, yaitu produk asli Apple dan produk bersertifikat Made For iPod/iPhone/iPad (MFI). Charger iPhone MFi telah mendapat persetujuan dari Apple serta dapat bekerja dengan baik pada iPhone dan iPad. Jadi, Anda tak perlu khawatir produk dengan sertifikat MFi akan berdampak buruk pada gadget Anda. 


Umumnya, Anda akan mendapatkan masa garansi jika membeli produk keluaran Apple atau yang bersertifikat MFi. Namun, saat ini banyak barang palsu yang mengeklaim bahwa produknya asli. Untuk itu, Anda harus berhati-hati saat memilih produk. 


Sebaiknya, Anda tidak tergiur dengan produk yang harganya jauh lebih terjangkau daripada harga produk aslinya. Supaya lebih aman, pastikan Anda membeli di official store atau trusted store.

Pilih kabel data dengan nilon untuk lapisan luarnya

Pilih kabel data dengan nilon untuk lapisan luarnya

Kualitas kabel merupakan faktor yang paling penting saat memilih kabel data iPhone. Jika bagian luarnya terkelupas dan kabel di dalamnya terlihat, aliran listrik bisa terganggu. Hal ini juga menyebabkan kabel data tidak dapat digunakan untuk memindahkan data.


Selain itu, kabel yang terkelupas akan sangat berbahaya saat dicabut dari gadget. Anda berisiko tersetrum jika tetap menggunakan kabel yang terkelupas. Jadi, kami sarankan untuk memilih bahan bagian luar kabel yang memiliki ketahanan tinggi, seperti nilon. Anda juga dapat menambahkan penutup kabel yang kuat dan awet.

Pastikan kabel data memiliki fitur fast charging

Pastikan kabel data memiliki fitur fast charging

Pilihlah kabel data iPhone yang dapat mengisi daya dengan cepat. Makin besar output ampere (A), makin baik pula kecepatan charging. Jika nilai A lebih besar, listrik yang dialirkan lebih banyak sehingga waktu pengisian daya lebih singkat.


Jangan ragu untuk memilih produk dengan daya 3A apabila iPhone atau power bank Anda mendukung fast charging 3A. Dengan menggunakan kabel 3A, Anda akan lebih nyaman. Hal ini karena kecepatan pengisian dayanya akan lebih cepat dibandingkan kabel data bawaan 1A.

Pertimbangkan tingkat kecepatan transfer data

Pertimbangkan tingkat kecepatan transfer data

Poin lain yang perlu Anda periksa saat membeli kabel data iPhone adalah apakah kabel tersebut mendukung transfer data. Kabel data iPhone dengan kecepatan transfer data yang baik layak untuk dipilih. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin melakukan sinkronisasi atau mengirim data dari iPhone ke PC atau sebaliknya.


Apabila Anda menginginkan kabel data iPhone yang dapat mengisi daya sekaligus transfer data, pilihlah kabel dengan label charging-USB. Perlu diingat bahwa kabel data iPhone dengan keterangan charging saja hanya dapat dipakai untuk mengisi daya.

Sesuaikan panjang kabel dengan penggunaan

Panjang kabel data iPhone yang ada di pasaran berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih panjang kabel yang sesuai dengan penggunaan Anda.

0,5 m atau kurang: Jika sering dibawa ke mana-mana

0,5 m atau kurang: Jika sering dibawa ke mana-mana

Apabila Anda sering menggenggam iPhone dengan power bank di tangan, pilih kabel data lightning yang pendek. Anda bisa memilih kabel data yang berukuran 0,5 m atau kurang. Dengan ukuran yang pendek, kabel tidak akan terbelit atau kusut meski berada dalam genggaman.

1 m: Untuk penggunaan sehari-hari

1 m: Untuk penggunaan sehari-hari

Anda yang sehari-harinya menggunakan kabel data iPhone untuk mengisi daya saja, pilih yang panjangnya sekitar 1 m. Ukuran ini pas untuk penggunaan sehari-hari, tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang. Kabel data bawaan iPhone pun panjangnya sekitar 1 m. Jadi, pilih ukuran ini jika Anda menginginkan panjang yang sama.

2 m: Apabila ingin digunakan sambil rebahan di kasur

2 m: Apabila ingin digunakan sambil rebahan di kasur

Bagi Anda kaum rebahan, kami sarankan untuk memilih kabel data iPhone dengan panjang sekitar 2 m. Dengan kabel data sepanjang ini, Anda tidak akan mengalami masalah jika posisi stopkontak sedikit jauh dari kasur. Anda juga dapat berganti posisi dengan nyaman sambil mengisi daya. 

Pertimbangkan juga masa garansi yang lama

Pertimbangkan juga masa garansi yang lama

Sangat disarankan untuk memilih kabel data iPhone yang memiliki garansi produk. Selama masa garansi berlangsung, Anda dapat menggantinya dengan yang baru jika tanpa sengaja kabel data Anda rusak. Selain itu, perhatikan masa garansi sebab durasinya berbeda-beda di setiap produk. Sebisa mungkin, pilihlah produk yang bagus dengan masa garansi paling lama.

10 Rekomendasi kabel data iPhone terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kabel data iPhone terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 18 November 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Apple Lightning to USB Cable memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Aukey USB-C To Lightning 2m Braided Nylon MFi Certified yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 4 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

Gambar produk
1
Apple Lightning to USB Cable 1

Apple

2
UGREEN USB Type-C to Lightning PD Fast Charging 1

UGREEN

3
ANKER PowerLine+ II USB-C to Lightning 1

ANKER

4
AUKEY CB-CL2 Cable USB-C To Lightning Braided Nylon 1

AUKEY

5
UGREEN 90 Degree USB-C to Lightning Cable 1

UGREEN

6
ANKER Powerline+ III USB-C to Lightning Cable 1

ANKER

7
Prolink USB Type C to Lightning (3A, 30W) 1

Prolink

8
SFI Group Micropack GripLine Lightning Cable for Gaming 1

SFI Group

9
ENERGEA Fibratough Sync Cable 3A Type C to 8Pin 1.5M 1

ENERGEA

10
SKINARMA Data Sync & Charge Cable – USB-C to MFI Lightning 1

SKINARMA

Nama produk

Lightning to USB Cable

USB Type-C to Lightning PD Fast Charging

PowerLine+ II USB-C to Lightning

CB-CL2 Cable USB-C To Lightning Braided Nylon

90 Degree USB-C to Lightning Cable

Powerline+ III USB-C to Lightning Cable

USB Type C to Lightning (3A, 30W)

Micropack GripLine Lightning Cable for Gaming

Fibratough Sync Cable 3A Type C to 8Pin 1.5M

Data Sync & Charge Cable – USB-C to MFI Lightning

Keunggulan

Bebas khawatir karena terjamin keaslian dan kualitasnya

Tidak terlalu panjang, praktis dan nyaman dibawa bepergian

Kuat dan tidak mudah rusak meski ditekuk berkali-kali

Mengisi daya baterai lebih cepat hingga tiga kali lipat

Kabel fleksibel yang harganya terjangkau

Dilapisi emas 24 karat untuk tampilan yang mewah dan berkelas

Bye-bye transfer data yang lemot!

Yuk, nikmati main game dengan produk ini!

Kabel data yang kokoh dengan beragam pilihan warna

Tampilan kabelnya beda dari yang lain

Harga mulai dariRp 449.000,00Rp 145.000,00Rp 499.000,00Rp 649.000,00Rp 179.000,00Rp 1.799.000,00Rp 299.000,00Rp 229.000,00Rp 490.000,00Rp 390.000,00
FiturFast charging, transfer dataFast charging, transfer dataFast charging, transfer dataFast charging, transfer dataFast charging 2,4A atau 3A, transfer dataFast charging, transfer dataFast charging 3A, transfer dataFast charging & sync, transfer dataFast charging 3A, transfer dataFast charging & sync
Sertifikat MFI✔️✔️✔️✔️✔️✔️✔️✔️✔️✔️
Panjang kabel 0.5 m, 1 m, 2 m0.25 m, 0.5 m, 1 m, 1.5 m, 2 m0,9 m2 m1 m, 1,5 m, 2 m1,8 m1 m1,2 m1,5 m1,2 m
Periode garansi1 tahun2 tahun1,5 tahun2 tahun2 tahun1 tahun1 tahun2 tahun5 tahunTidak disebutkan
Tautan produk
10

SKINARMAData Sync & Charge Cable – USB-C to MFI Lightning

Mulai dari Rp 390.000,00

FiturFast charging & sync
Sertifikat MFI✔️
Panjang kabel1,2 m
Periode garansiTidak disebutkan
9

ENERGEAFibratough Sync Cable 3A Type C to 8Pin 1.5M

Mulai dari Rp 490.000,00

FiturFast charging 3A, transfer data
Sertifikat MFI✔️
Panjang kabel1,5 m
Periode garansi5 tahun
8

SFI GroupMicropack GripLine Lightning Cable for Gaming

i-124

Mulai dari Rp 229.000,00

FiturFast charging & sync, transfer data
Sertifikat MFI✔️
Panjang kabel1,2 m
Periode garansi2 tahun
7

ProlinkUSB Type C to Lightning (3A, 30W)

GCL-30-01

Mulai dari Rp 299.000,00

FiturFast charging 3A, transfer data
Sertifikat MFI✔️
Panjang kabel1 m
Periode garansi1 tahun
6

ANKERPowerline+ III USB-C to Lightning Cable

A8843

Mulai dari Rp 1.799.000,00

FiturFast charging, transfer data
Sertifikat MFI✔️
Panjang kabel1,8 m
Periode garansi1 tahun
5

UGREEN90 Degree USB-C to Lightning Cable

Mulai dari Rp 179.000,00

FiturFast charging 2,4A atau 3A, transfer data
Sertifikat MFI✔️
Panjang kabel1 m, 1,5 m, 2 m
Periode garansi2 tahun
4

AUKEYCB-CL2 Cable USB-C To Lightning Braided Nylon

500367

Mulai dari Rp 649.000,00

FiturFast charging, transfer data
Sertifikat MFI✔️
Panjang kabel2 m
Periode garansi2 tahun
3

ANKERPowerLine+ II USB-C to Lightning

Mulai dari Rp 499.000,00

FiturFast charging, transfer data
Sertifikat MFI✔️
Panjang kabel0,9 m
Periode garansi1,5 tahun
2

UGREENUSB Type-C to Lightning PD Fast Charging

US171

Mulai dari Rp 145.000,00

FiturFast charging, transfer data
Sertifikat MFI✔️
Panjang kabel0.25 m, 0.5 m, 1 m, 1.5 m, 2 m
Periode garansi2 tahun
1
FiturFast charging, transfer data
Sertifikat MFI✔️
Panjang kabel 0.5 m, 1 m, 2 m
Periode garansi1 tahun

Tips untuk melepas kabel data iPhone

Di bagian ini, kami akan menjelaskan tips melepaskan kabel data iPhone supaya lebih awet dan tahan lama. Meskipun terdapat sedikit usaha, kabel data iPhone Anda akan lebih terjaga keawetannya. Simak penjelasannya, ya!

Hati-hati saat memasang dan melepas kabel dari port

Hati-hati saat memasang dan melepas kabel dari port

Faktor pertama yang dapat menyebabkan penurunan kualitas produk adalah menarik atau menekuk kabel. Kebanyakan orang menarik kabel saat selesai mengisi daya, padahal seharusnya jangan melakukan hal tersebut. Jika Anda mencabut dengan cara menarik kabelnya, kabel akan mudah rusak.


Hal yang seharusnya Anda lakukan adalah memegang bagian ujung atau konektornya, kemudian baru ditarik. Jika Anda menemukan kabel sudah rusak, sebaiknya segera buang dan ganti dengan yang baru agar lebih aman digunakan. Untuk itu, tak ada salahnya Anda memiliki beberapa kabel cadangan.

Tambahkan aksesori untuk memperkuat kabel dan menjaganya dari penarikan paksa

Tambahkan aksesori untuk memperkuat kabel dan menjaganya dari penarikan paksa

Meskipun Anda sudah berhati-hati dalam merawat kabel, suatu saat kabel pasti akan rusak. Supaya kabel Anda lebih awet dan tidak mudah rusak, Anda dapat menggunakan aksesori pelindung kabel.


Pelindung kabel melindungi kabel di bagian dekat konektor yang merupakan area paling rawan. Pelindung kabel dijual dengan harga terjangkau dan dapat ditemukan dengan mudah di online shop. Untuk Anda yang ingin kabelnya lebih tahan lama atau khawatir merusakkan kabel, aksesori ini patut dimiliki.

Baca juga rekomendasi case untuk iPhone di sini

iPhone memiliki beragam aksesori selain kabel data, salah satunya adalah case pelindung. Jika Anda sedang mencari case iPhone, kami punya banyak rekomendasi produknya untuk Anda. Anda dapat membaca ulasan selengkapnya dari kami di tautan-tautan berikut ini.

Kesimpulan

Kebanyakan orang menggunakan kabel data lightning bawaan dari iPhone untuk mengisi daya atau memindahkan data. Namun, jika Anda menginginkan ukuran panjang yang berbeda, Anda dapat memilih salah satu dari yang telah kami rekomendasikan.


Jika Anda memiliki kabel charger iPhone terbaik dengan panjang yang berbeda, Anda dapat menggunakannya dengan mudah. Hal-hal yang membuat Anda tidak nyaman saat mengisi daya pun dapat dihindari dengan kabel data yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 DVD Eksternal Terbaik untuk Laptop - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 DVD Eksternal Terbaik untuk Laptop - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Seiring perkembangan teknologi, dimensi laptop makin lama makin tipis. Hal itu membuat kebanyakan laptop tidak dilengkapi DVD drive lagi. Kini semua data bisa disimpan di cloud storage. Namun, tetap saja ada momen tertentu ketika Anda memerlukan DVD drive.Solusinya, gunakanlah DVD eksternal atau external DVD drive. Anda dapat mentransfer data hingga menikmati hiburan lewat CD atau DVD dengan produknya. Untuk itu, kami akan membagikan cara memilih serta merekomendasikan DVD eksternal yang bagus, seperti merek ASUS, LG, dan Samsung. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone dapat membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain games. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tiap produk headphone tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan koneksinya, baik yang berkabel maupun nirkabel. Selain itu, desain yang beragam juga memengaruhi kebocoran suara. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Anda akan menjumpai produk merek Sony, JBL, dan Logitech. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain game di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Acer, Xiaomi, LG, dan AOC, memiliki monitor gaming terbaik.Faktor apa yang memengaruhi kualitas monitor? Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Microphone Terbaik untuk Laptop - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Microphone Terbaik untuk Laptop - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, mikrofon banyak digunakan oleh pengguna umum selain DJ, streamer, dan podcaster. Alasannya dipicu oleh maraknya video yang beredar di internet atau online meeting menggunakan aplikasi Zoom dan sebagainya.Ada banyak jenis mikrofon, tetapi yang akan kami bahas saat ini adalah mikrofon untuk laptop yang bagus. Kami akan jelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi mikrofon terbaik untuk laptop. Anda akan menemukan beragam merek mikrofon berkualitas, seperti Fantech, RØDE, TaffWare, dan INBEX. Kami berkolaborasi dengan sound engineer Dennis Novriandi dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori