• 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhoneSelain Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam, seperti ANKER, AUKEY, dan ENERGEA.

Pada artikel ini, kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih dan membeli kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang dapat Anda pesan secara online. Simak artikelnya sampai selesai, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Agi Tiara
Rasyena Hikmayudi
  • Pembaharuan terakhir: 16 Agustus 2021
  • 154.820 Views
Daftar isi

Cara memilih kabel data iPhone

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan enam poin penting yang patut Anda periksa saat memilih kabel data iPhone. Jangan sampai terlewat!

Gunakan produk asli Apple atau yang bersertifikat MFi

Terdapat tiga jenis kabel data iPhone, yaitu produk asli Apple, produk bersertifikat MFi (Made For iPhone), dan produk tanpa sertifikat MFi. Dari ketiganya, sebaiknya pilih produk asli Apple atau produk bersertifikat MFi. Di bawah ini kami akan menjelaskan perbedaan keduanya dan memberikan alasan mengapa harus memilih produk tersebut.

Garansi dan kompatibilitas yang terjamin jika menggunakan produk asli Apple

Garansi dan kompatibilitas yang terjamin jika menggunakan produk asli Apple
Kabel data iPhone asli Apple biasanya dikeluarkan sebagai aksesori pelengkap iPhone atau iPad. Karena produk ini merupakan keluaran Apple asli, kabel data ini kompatibel dengan semua produk Apple. 

Anda pun tidak perlu khawatir kabel data ini akan berdampak buruk pada gadget Anda. Selain itu, jika membeli produk keluaran Apple, Anda dapat memperbaiki atau menggantinya saat rusak selama garansi masih berlaku.


Namun, saat ini juga terdapat banyak barang palsu yang mengklaim bahwa produknya asli. Untuk itu Anda harus berhati-hati saat memilih produk. Sebaiknya, Anda tidak tergiur membeli produk yang harganya jauh lebih murah daripada harga produk aslinya. Supaya lebih aman, pastikan membeli di official atau trusted store.

Produk nonresmi yang telah bersertifikat MFi dari Apple

Produk nonresmi yang telah bersertifikat MFi dari Apple
Kabel data iPhone nonresmi dibagi menjadi dua, yaitu yang bersertifikat MFi dan yang tidak bersertifikat. Produk nonresmi yang bersertifikat MFi adalah produk yang telah menerima sertifikat dari Apple. 

MFi sendiri adalah singkatan dari Made For iPod/iPhone/iPad. Produk bersertifikat MFi telah mendapat persetujuan dari Apple serta dapat bekerja dengan baik pada iPhone dan iPad. Jadi, Anda tidak perlu khawatir produk dengan sertifikat MFi akan berdampak buruk pada gadget Anda.


Banyak produk bersertifikat MFi yang dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk asli Apple. Selain itu, desain dan ukurannya pun beragam. Bagi Anda yang membutuhkan kabel data iPhone tambahan, produk ini sangat disarankan.

Produk tanpa sertifikat MFi memiliki harga murah, tetapi kurang disarankan

Produk tanpa sertifikat MFi memiliki harga murah, tetapi kurang disarankan

Kabel data iPhone tanpa sertifikat MFi merupakan produk yang tidak mendapat sertifikat dari Apple. Hal ini menjadikan keamanannya tidak terjamin.


Ada risiko setelah Anda menggunakannya beberapa kali, kabel datanya rusak atau malah berdampak buruk pada kepala charger Anda. Ada kemungkinan juga produk tidak dapat digunakan karena adanya device update. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik hindari pembelian produk tanpa sertifikat MFi.

Sebaiknya pilih kabel dengan ketahanan tinggi

Sebaiknya pilih kabel dengan ketahanan tinggi

Kualitas kabel merupakan faktor yang paling penting saat memilih kabel data iPhone. Jika bagian luarnya terkelupas dan kabel di dalamnya nampak, aliran listrik bisa terganggu dan tidak dapat digunakan untuk memindahkan data. Selain itu, kabel yang terkelupas akan sangat berbahaya saat dicabut dari gadget. Anda berisiko tersetrum jika tetap menggunakan kabel yang terkelupas.


Jadi, kami sarankan untuk memilih material bagian luar kabel yang memiliki ketahanan tinggi, seperti stainless steel atau nilon. Anda juga dapat menambahkan penutup kabel yang kuat dan awet.

Gunakan kabel data iPhone yang memiliki fitur fast charging

Gunakan kabel data iPhone yang memiliki fitur fast charging

Pilihlah kabel data iPhone yang dapat mengisi daya dengan cepat. Makin besar output ampere (A), makin baik kecepatan charging. Jika nilai A lebih besar, listrik yang dialirkan lebih banyak sehingga waktu pengisian daya lebih singkat.


Jangan ragu untuk memilih kabel data iPhone dengan daya 2,4A. Terutama jika iPhone atau powerbank Anda mendukung fast charging 2,4A. Dengan menggunakan kabel 2,4A, Anda akan lebih nyaman karena kecepatan pengisian dayanya lebih cepat dibandingkan dengan kabel data bawaan 1A.

Pertimbangkan tingkat kecepatan transfer data

Pertimbangkan tingkat kecepatan transfer data

Hal yang perlu Anda periksa saat membeli kabel data iPhone adalah apakah kabel tersebut mendukung transfer data. Kabel data iPhone dengan kecepatan transfer data yang baik layak untuk dipilih. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin melakukan sinkronisasi atau mengirim data dari iPhone ke PC atau sebaliknya.


Jika Anda menginginkan kabel data iPhone yang dapat mengisi daya sekaligus transfer data, pilih yang terdapat label charging-USB. Perlu diingat bahwa kabel data iPhone yang memiliki keterangan charging hanya dapat digunakan untuk mengisi daya saja. 

Sesuaikan panjang kabel dengan penggunaan Anda

Meski tipenya sama, ada kabel data iPhone yang panjang kabelnya berbeda-beda. Pilihlah panjang kabel yang sesuai dengan penggunaan Anda.

50 cm atau kurang jika sering dibawa ke mana-mana

50 cm atau kurang jika sering dibawa ke mana-mana

Bila Anda sering menggenggam iPhone dengan powerbank di tangan, pilihlah kabel data lightning pendek berukuran 50 cm atau kurang. Dengan ukuran yang pendek, kabel tidak akan terbelit atau kusut meskipun berada dalam genggaman Anda.

1 m untuk penggunaan sehari-hari

1 m untuk penggunaan sehari-hari

Anda yang sehari-harinya menggunakan kabel data iPhone untuk mengisi daya saja, pilihlah yang panjangnya sekitar 1 m. Ukuran ini pas untuk penggunaan sehari-hari, tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang. Kabel data bawaan iPhone pun panjangnya sekitar 1 m. Jadi, untuk Anda yang menginginkan panjang yang sama, pilihlah ukuran ini.

3 m jika ingin menggunakan sambil rebahan di kasur

3 m jika ingin menggunakan sambil rebahan di kasur

Bagi Anda kaum rebahan, kami sarankan untuk memilih kabel data iPhone dengan panjang sekitar 3 m. Dengan kabel data sepanjang ini, Anda tidak akan mengalami masalah jika posisi stopkontak sedikit jauh dari kasur. Anda juga dapat berganti posisi dengan nyaman sambil mengisi daya. 

Pertimbangkan juga masa garansi yang lama

Pertimbangkan juga masa garansi yang lama

Sangat disarankan untuk memilih kabel data iPhone yang memiliki garansi produk. Selama masa garansi berlangsung, Anda dapat menggantinya dengan yang baru jika tanpa sengaja kabel data Anda rusak. Selain itu, perhatikan juga masa garansi produknya sebab setiap produk memiliki masa garansi yang berbeda-beda. Sebisa mungkin pilihlah produk yang bagus dengan masa garansi yang paling lama.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

IKEALILLHULT Lightning to USB cord

004.261.64

Mulai dari Rp 169.000,00

Spesialis
mybest

AppleLightning Digital AV Adapter

Mulai dari Rp 749.000,00

10 Rekomendasi kabel data terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan sepuluh kabel data terbaik untuk Anda. Jadikanlah produk pilihan kami ini sebagai referensi saat hendak membeli kabel data iPhone.

10

ACMICACMIC FL100 Kabel Data Charger iPhone Lightning

Mulai dari Rp 49.000,00

FiturFast charging 2A dan transfer data
Sertifikat MFIX
Panjang kabel1 m
Periode garansi18 bulan
9

BaseusIridescent Lamp Kabel USB Game Mobile untuk iPhone

Mulai dari Rp 168.000,00

FiturFast charging 2,4A, transfer data, dan LED
Sertifikat MFIX
Panjang kabel1 m
Periode garansi6 bulan
8

REMAXMagnets Series 3.0A Data Cable RC-158i Lightning

Mulai dari Rp 94.400,00

FiturFast charging 3A, transfer data, dan kabel magnetik
Sertifikat MFIX
Panjang kabel1 m
Periode garansi1 tahun
7

BaseusLet’s Go Stretchable Cable Kabel Data Lightning Iphone

Mulai dari Rp 369.000,00

Fitur5 mode panjang dan transfer data
Sertifikat MFIX
Panjang kabel1 m
Periode garansi6 bulan
6

Candywirez3ft (1m) Stainless Steel Lightning Cable with Apple MFI Certified

Mulai dari Rp 419.000,00

FiturTransfer data
Sertifikat MFI
Panjang kabel1 m
Periode garansiTidak disebutkan
5
FiturKabel 3 in 1
Sertifikat MFI
Panjang kabel90 cm
Periode garansi18 bulan
4

AUKEY1m MFi Lightning Braided Nylon

CB-BAL6

Mulai dari Rp 375.000,00

FiturFast charging dan transfer data
Sertifikat MFI
Panjang kabel1,2 m
Periode garansi2 tahun
3

ANKERPremium MFi Lightning Cable 0.9m iPhone

A7101

Mulai dari Rp 254.000,00

FiturFast charging dan transfer data
Sertifikat MFI
Panjang kabel0,9 m
Periode garansi18 bulan
2

AUKEYCable CB-CL2 Braided Nylon MFi USB-C T0 Lightning 2m

500376

Mulai dari Rp 650.000,00

FiturFast charging, transfer data, dan panjang (2 m)
Sertifikat MFI
Panjang kabel2 m
Periode garansi2 tahun
1

ENERGEAFibraTough Lightning to USB-C Cable 3M

Mulai dari Rp 550.000,00

FiturFast charging 3A, transfer data, dan panjang (2 m dan 3 m)
Sertifikat MFI
Panjang kabel30 cm-3 m
Periode garansi5 tahun

Tabel perbandingan produk kabel data iPhone terbaik

Gambar produk
1
ENERGEA FibraTough Lightning to USB-C Cable 3M 1

ENERGEA

2
AUKEY Cable CB-CL2 Braided Nylon MFi USB-C T0 Lightning 2m  1

AUKEY

3
ANKER Premium MFi Lightning Cable 0.9m iPhone 1

ANKER

4
AUKEY 1m MFi Lightning Braided Nylon 1

AUKEY

5
ANKER Powerline II 3-in-1 Cable 1

ANKER

6
Candywirez 3ft (1m) Stainless Steel Lightning Cable with Apple MFI Certified 1

Candywirez

7
Baseus Let’s Go Stretchable Cable Kabel Data Lightning Iphone 1

Baseus

8
REMAX Magnets Series 3.0A Data Cable RC-158i Lightning 1

REMAX

9
Baseus Iridescent Lamp Kabel USB Game Mobile untuk iPhone 1

Baseus

10
ACMIC ACMIC FL100 Kabel Data Charger iPhone Lightning  1

ACMIC

Nama produk

FibraTough Lightning to USB-C Cable 3M

Cable CB-CL2 Braided Nylon MFi USB-C T0 Lightning 2m

Premium MFi Lightning Cable 0.9m iPhone

1m MFi Lightning Braided Nylon

Powerline II 3-in-1 Cable

3ft (1m) Stainless Steel Lightning Cable with Apple MFI Certified

Let’s Go Stretchable Cable Kabel Data Lightning Iphone

Magnets Series 3.0A Data Cable RC-158i Lightning

Iridescent Lamp Kabel USB Game Mobile untuk iPhone

ACMIC FL100 Kabel Data Charger iPhone Lightning

Keunggulan

Kuat dan tidak mudah rusak meski ditekuk

Mengisi daya baterai lebih cepat hingga tiga kali lipat

Bye bye konektor panas saat mengisi daya!

Lebih mudah melepas dan memasang kabel dengan konektor 90 derajat

Solusi bagi Anda yang memiliki banyak perangkat

Kabel data yang kokoh dengan beragam pilihan warna

Praktis, tanpa harus mengurai kabel yang kusut

Tak hanya cepat mengisi daya, tetapi juga melindungi port lightning smartphone dari debu dan air

Adanya lampu LED membuat bermain game jadi lebih seru

Kabel fleksibel dengan harga terjangkau

Harga mulai dariRp 550.000,00Rp 650.000,00Rp 254.000,00Rp 375.000,00Rp 450.000,00Rp 419.000,00Rp 369.000,00Rp 94.400,00Rp 168.000,00Rp 49.000,00
FiturFast charging 3A, transfer data, dan panjang (2 m dan 3 m)Fast charging, transfer data, dan panjang (2 m)Fast charging dan transfer dataFast charging dan transfer dataKabel 3 in 1Transfer data5 mode panjang dan transfer dataFast charging 3A, transfer data, dan kabel magnetikFast charging 2,4A, transfer data, dan LEDFast charging 2A dan transfer data
Sertifikat MFIXXXX
Panjang kabel30 cm-3 m2 m0,9 m1,2 m90 cm1 m1 m1 m1 m1 m
Periode garansi5 tahun2 tahun18 bulan2 tahun18 bulanTidak disebutkan6 bulan1 tahun6 bulan18 bulan
Tautan produk

Tips untuk melepas kabel data iPhone

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan tips melepaskan kabel data iPhone supaya lebih awet dan tahan lama. Meskipun terdapat sedikit usaha, tetapi itu membuat kabel data iPhone ebih awet. Simak penjelasan berikut ini.

Hati-hati saat memasang dan melepas kabel dari port

Hati-hati saat memasang dan melepas kabel dari port

Faktor pertama yang dapat menyebabkan penurunan kualitas produk adalah menarik atau menekuk kabel. Kebanyakan orang menarik kabel saat selesai mengisi daya, padahal seharusnya jangan melakukan hal tersebut. Jika Anda mencabut dengan cara menarik kabelnya, kabel akan mudah rusak.


Yang seharusnya Anda lakukan adalah memegang bagian ujung atau konektornya, kemudian baru ditarik. Jika Anda menemukan kabel sudah rusak, sebaiknya segera buang dan ganti dengan yang baru. Hal ini agar lebih aman saat menggunakannya. Untuk itu tak ada salahnya Anda memiliki beberapa kabel cadangan.

Tambahkan aksesori untuk memperkuat kabel dan menjaganya dari penarikan paksa

Tambahkan aksesori untuk memperkuat kabel dan menjaganya dari penarikan paksa

Meski Anda sudah berhati-hati dalam merawat kabel, suatu saat kabel pasti akan rusak. Supaya kabel Anda lebih awet dan tidak mudah rusak, Anda dapat menggunakan aksesori pelindung kabel.


Pelindung kabel melindungi kabel di bagian dekat konektor yang merupakan area kabel paling rawan. Pelindung kabel dijual dengan harga murah dan dapat ditemukan dengan mudah di online shop. Untuk Anda yang ingin kabelnya lebih tahan lama atau yang sering merusakkan kabel, alat ini patut dimiliki.

Baca juga rekomendasi case untuk iPhone di sini

Tak hanya kabel data, iPhone memiliki beragam aksesori, salah satunya adalah case pelindung. Jika Anda sedang mencari case iPhone, kami memiliki banyak rekomendasi produk untuk Anda. Anda dapat membaca serta mengetahui apa saja rekomendasi produk pilihan kami pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kebanyakan orang menggunakan kabel data lightning bawaan dari iPhone untuk mengisi daya atau memindahkan data. Namun, jika Anda menginginkan ukuran panjang yang berbeda, Anda dapat memilih salah satu dari yang telah kami rekomendasikan.


Jika Anda memiliki kabel data iPhone dengan panjang yang berbeda, Anda dapat menggunakannya dengan mudah saat iPhone diisi daya. Hal-hal yang membuat Anda tidak nyaman saat mengisi daya pun dapat dihindari dengan kabel data yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, kebutuhan akan penggunaan webcam makin meningkat. Hal tersebut karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam bagus yang dikeluarkan berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel baik di laptop maupun PC.Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasi produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merk Logitech, Microsoft, dan lainnya. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
    80.385 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
    136.683 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Lalu, faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
    113.295 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wireless mouse menjadi perlengkapan komputer pilihan karena dikenal kepraktisannya. Terlebih jika Anda sering terganggu dengan mouse kabel, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan wireless mouse. Saat ini ada banyak jenis mouse dengan spesifikasi yang beragam, seperti sistem koneksi, sumber daya, hingga bentuknya. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih wireless mouse. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi dari Microsoft, Logitech, HP, dan lainnya. Bacalah dengan teliti dan pilih wireless mouse dengan spesifikasi yang Anda butuhkan.
    Aksesori komputer & laptop
    76.943 Views
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cooling pad menjadi perlengkapan yang berfungsi menurunkan suhu saat laptop panas. Biasanya, laptop sudah mempunyai sistem pendinginnya sendiri. Meskipun demikian, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus diatasi dengan menggunakan cooling pad.Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Setelah itu, kami juga akan mengulas beberapa merk yang bisa jadi referensi pilihan, seperti Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami juga berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo dalam artikel ini. Silakan baca dengan teliti dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Aksesori komputer & laptop
    51.236 Views
  • 10 Rekomendasi Mouse Razer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mouse Razer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mouse untuk gaming berbeda dengan mouse biasanya. Salah satu merek mouse gaming ternama adalah Razer dengan kualitas yang sudah teruji serta memiliki teknologi terkini. Namun, mouse Razer mana yang pas untuk Anda gunakan saat bermain?Dalam artikel ini kami akan membahas tentang mouse Razer mulai dari cara memilih sampai merekomendasikan produk terbaik. Beberapa seri, seperti Basilisk, Viper, Mamba, dan Atheris ada dalam segmen rekomendasi kami. Wah, pasti Anda sudah tidak sabar ya. Langsung saja simak artikel kali ini!
    Aksesori komputer & laptop
    1.812 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori