10 Rekomendasi Mobil-Mobilan Terbaik Ukuran Mini (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Mobil-Mobilan Terbaik Ukuran Mini (Terbaru Tahun 2018)

Mobil-mobilan adalah mainan yang banyak digemari anak laki-laki. Terdapat berbagai jenis mobil-mobilan yang tidak hanya disukai anak-anak, tetapi juga disukai orang dewasa untuk dijadikan koleksi. Misalnya, mobil-mobilan berukuran mini. Namun, banyaknya produk yang bisa dipilih mungkin akan membuat Anda bingung.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memperkenalkan 1sepuluh rekomendasi mobil-mobilan ukuran mini terbaik untuk Anda, seperti produk dari Tomica, Hot Wheels, IKEA, dan lainnya. Simak terus artikel kami dan temukanlah mobil-mobilan mini yang sesuai untuk mainan si kecil atau penambah koleksi Anda.

Daftar isi

Cara memilih mobil-mobilan ukuran mini

Sesuai namanya, produk ini adalah mobil berukuran kecil yang kadang dibuat persis seperti mobil asli. Mainan ini hadir dengan berbagai ukuran dan harga yang bervariasi antara satu produsen dengan produsen lainnya. Tentu mobil-mobilan sudah sangat populer di berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karenanya, kami akan mengulas beberapa cara memilih mobil-mobilan ukuran mini yang cocok sebagai koleksi Anda atau hadiah untuk si kecil.

Pilih ukuran mainan berdasarkan usia penggunanya

Pilih ukuran mainan berdasarkan usia penggunanya

Meskipun disebut mobil-mobilan ukuran mini, produk ini tetap tersedia dalam berbagai ukuran. Karenanya, bila Anda hendak memberikannya untuk anak Anda, Anda perlu memerhatikan ukuran yang cocok dan aman untuk dimainkan anak seusianya. Terutama jika anak masih berusia 1-2 tahun, pilihlah mainan dengan ukuran yang lebih besar dari telapak tangannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko mainan tertelan.

Selain itu, kami juga menyarankan agar Anda menghindari produk dengan bagian kecil yang mudah terlepas, termasuk mobil-mobilan berukuran agak besar dengan parts yang bisa dibongkar pasang. Kami sarankan agar Anda memilih produk dengan detail yang sederhana dan aman untuk dijadikan hadiah bagi anak Anda atau anak kenalan Anda.

Pilih berdasarkan cara bergeraknya, tipe yang didorong manual atau tipe pullback

Pilih berdasarkan cara bergeraknya, tipe yang didorong manual atau tipe pullback

Mobil-mobilan ukuran mini memiliki berbagai tipe sistem penggerak. Di antaranya, ada tipe yang dimainkan dengan cara didorong manual menggunakan tangan. Ada pula tipe pullback yang bisa melaju sendiri bila ditarik ke belakang sembari ditekan, kemudian dilepas. Bila mainan hendak diberikan kepada anak kecil, hindari tipe pullback yang melaju kencang karena bisa menyebabkan cedera. Produk dengan tombol untuk mengeluarkan suara dan memiliki lampu yang bisa menyala sesuai gerakan mobil juga cukup populer.

Seiring bertambahnya usia, anak mulai tertarik dengan mainan yang bisa bergerak, serta mainan dengan bagian-bagian yang lebih rumit. Misalnya, mobil-mobilan dengan pintu yang bisa dibuka-tutup, serta lain sebagainya. Silakan memilih produk yang sesuai dengan usia dan karakter pribadi anak Anda.

Pilih berdasarkan bahannya, mulai dari bahan kayu alami hingga bahan campuran

Pilih berdasarkan bahannya, mulai dari bahan kayu alami hingga bahan campuran

Anak usia di bawah 3 tahun cenderung gemar memasukkan benda-benda yang mereka miliki ke dalam mulut. Penting bagi Anda untuk memilih mobil-mobilan dengan bahan seperti kayu alami, bahan plastik, bahan besi, atau bahan campuran lain yang aman bagi anak.

Selain itu, akan butuh waktu bagi anak untuk menyesuaikan diri dan memahami fungsi mobil-mobilan sebagai mainan dan bukan sesuatu yang boleh dimasukkan ke dalam mulut. Sampai saat itu tiba, mungkin akan sulit untuk mengontrol dan mengawasi benda apa saja yang anak Anda masukkan ke dalam mulutnya. Anda juga perlu memerhatikan mobil-mobilan dengan bahan campuran yang aman, kokoh, dan tidak mudah rusak ketika terbanting atau terjatuh dengan keras.

Pilih produk dengan bagian terpisah atau diorama untuk mengembangkan daya imajinasi anak

Pilih produk dengan bagian terpisah atau diorama untuk mengembangkan daya imajinasi anak

Melihat mobil-mobilan ukuran mini dengan set diorama yang unik, tidak hanya membuat anak Anda tertarik. Dia juga akan tergelitik imajinasinya dengan desain diorama yang bisa ditata sesuka hati, item pelengkap mobil-mobilan, dan beragam mobil-mobilan lain yang bisa dimainkan dalam diorama tersebut. Selain menyenangkan bagi anak, Anda bisa membangun fantasinya secara realistis dan memperluas imajinasinya.

Set mobil-mobilan seperti ini pasti cocok untuk dijadikan hadiah ulang tahunnya. Tentu saja mobil-mobilan ini juga sangat diminati sebagai koleksi bagi orang dewasa. Orang tua bisa menjalin hubungan komunikasi yang erat dengan anak sambil menemani dan mengajarinya merangkai set mobil-mobilan ukuran mini.

10 Rekomendasi mobil-mobilan terbaik ukuran mini

Setelah mengetahui cara memilih di atas, sekarang kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi mobil-mobilan terbaik ukuran mini kepada Anda. Pilihlah produk yang Anda atau anak Anda sukai, ya!

10. Driving Game The Little Bus Tayo The Cartoon Car

10. Driving Game The Little Bus Tayo The Cartoon Car

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.000

Si imut Tayo dan kawan-kawannya siap menemani anak Anda bermain

Tayo dan kawan-kawannya kini hadir dalam bentuk miniatur bus yang berwarna-warni sesuai filmnya. Set mainan ini berisi 4 buah mini bus yang merupakan tokoh utama film tersebut. Produk bertipe pullback ini terbuat dari bahan plastik yang aman serta bisa dimainan bagi anak Anda yang berusia 3 tahun ke atas.

Mobil-mobilan ini juga dilengkapi pengait yang membuatnya bisa saling disambungkan antara satu dengan yang lainnya. Bila anak Anda penggemar fim kartun Tayo, mobil-mobilan berukuran 7 x 4 x 3,5 cm ini akan cocok sebagai teman bermain sekaligus pelengkap interior kamar tidurnya agar kian berwarna.

9. WGT Car Heavy City Vehicle

9. WGT Car Heavy City Vehicle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 32.500

Mobil-mobilan berharga ekonomis dengan rupa yang mirip mobil betulan

Mobil-mobilan ukuran mini selanjutnya merupakan miniatur mobil angkutan berat yang unik karena bagian belakangnya bisa dibuka-tutup bagai rupa mobil aslinya. Karenanya, produk ini bisa menjadi pilihan bila Anda ingin memberikan mobil-mobilan dengan desain fungsi yang realistis pada anak Anda.

Mainan berbentuk truk dengan bak berdimensi 15,5 x 5,5 x 8 cm ini juga menggunakan tipe pullback sehingga bisa dimainkan oleh anak Anda yang berusia 3 tahun ke atas. Produk dengan bagian kepala berbahan besi dan bodi berbahan plastik ini juga cukup kuat dan tidak mudah rusak. Seri tangki dan kontainer juga bisa jadi pilihan!

8. Takara Tomy Tomica No 52 Daihatsu Copen

8. Takara Tomy Tomica No 52 Daihatsu Copen

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.000

Buat anak Anda terkagum dengan tampilan glossy dan modern mobil ini

Mobil-mobilan dua pintu dari Tomica ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mencari mainan berdesain modern untuk anak Anda. Miniatur Daihatsu Copen ini terbuat dari bahan besi berkualitas yang menyerupai mobil aslinya dengan atap berjenis cabriolet yang juga bisa dibuka-tutup.

Selain sebagai mainan anak Anda, produk yang hadir dengan pilihan warna biru dan gold nan elegan ini pun sangat cocok untuk menambah koleksi Anda. Mobil-mobilan berdimensi 7,8 x 3,9 x 2,7 cm ini juga bisa dimainkan dengan cara didorong manual oleh anak Anda yang berusia di atas 3 tahun.

7. Mattel Hot Wheels® 3 Car Pack

7. Mattel Hot Wheels® 3 Car Pack

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 54.900

Desainnya keren dan eye-catching! Anak-anak jadi tidak mudah bosan

Bagi Anda yang ingin memperkenalkan mobil sport pada anak Anda, produk berikut cocok menjadi pilihan. Desainnya yang keren membuat set mobil-mobilan ukuran mini isi 3 pieces ini juga terasa pas untuk dijadikan pelengkap koleksi Hot Wheels Anda. Bermain pasti lebih asyik bila Anda juga memiliki trackset-nya.

Produk yang dimainkan dengan cara manual atau menggunakan die-cast parts ini bisa menjadi hadiah sempurna bagi anak berusia 3 tahun ke atas. Warna dan desainnya yang beraneka juga membuat mainan ini terlihat eye-catching sehingga anak Anda bisa menjadikannya sebagai pajangan di kamar juga.

6. Tobot Tritan XYZ 3 Cars Combine

6. Tobot Tritan XYZ 3 Cars Combine

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Unik, 3 mobil bisa bersatu membentuk sebuah robot yang gagah

Set mobil-mobilan berikut ini terinspirasi dari film kartun Tobot, yaitu mobil yang bisa bertransformasi menjadi sebuah robot keren. Tiga mobil-mobilan berbahan plastik ini bisa dirakit membentuk Tobot Tritan yang tampak gagah dan kuat. Baik dalam bentuk mobil maupun robot, keduanya asyik dimainkan.

Produk yang dimainkan dengan cara didorong manual ini juga terasa cocok bagi anak Anda yang berusia 4 tahun ke atas. Motorik halus anak terlatih ketika merakitnya menjadi robot setinggi 28 cm dan imajinasi berkembang ketika memainkannya. Bagi Anda yang mencari mobil mini dengan variasi yang berbeda, cobalah produk ini!

5. IKEA LILLABO Toy Vehicle

5. IKEA LILLABO Toy Vehicle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 204.000

Tingkatkan kemampuan motorik halus anak sejak dini bersama produk ini

Bila Anda mencari produk yang sudah terjamin keamanannya bagi buah hati Anda, produk dari IKEA berikut ini layak Anda pilih. Set mobil-mobilan yang terdiri dari 3 buah mobil berdimensi 11 x 7 x 12 cm ini sudah bertanda CE (conformité européenne). Jadi, keamanan mainan anak sederhana ini sudah sesuai standar Eropa.

Produk yang dimainkan dengan cara didorong manual ini didesain dengan bagian-bagian yang bisa dibongkar-pasang sehingga mampu mengasah kemampuan motorik halus anak Anda yang berusia 18 bulan ke atas. Mainan berbahan campuran kayu padat dan plastik ABS (acrylonitrile butadiene styrene) ini juga kuat dan tahan lama.

4. Rail Overpass Track Race Wooden Toys

4. Rail Overpass Track Race Wooden Toys

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 160.000

Ajak anak Anda menyusun dan mengelilingi kota mininya!

Produk berikut ini adalah set mobil-mobilan mini dengan diorama berbahan kayu solid yang awet dan ramah lingkungan. Set yang terdiri dari berbagai bagian ini pun dapat melatih kemampuan motorik mata dan tangan anak Anda serta meningkatkan kreativitasnya saat merakit atau memainkan produk ini.

Produk yang dimainkan dengan cara didorong manual ini pas untuk anak berusia 3 tahun ke atas. Mainan dengan alas berdimensi 80 x 35 cm ini juga membantu anak belajar mengenal tata letak kota dengan lebih menyenangkan. Anda pun bisa mulai memperkenalkan aturan-aturan berlalu lintas dengan produk ini.

3. WinFun Go Go Drivers Car Park Set

3. WinFun Go Go Drivers Car Park Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 400.000

Warna colorful untuk menstimulasi daya visual anak Anda

Bila Anda ingin memperkenalkan warna-warna dasar pada anak Anda dengan cara yang menyenangkan, pilih saja produk ini. Mainan dari WinFun ini sudah sepaket dengan diorama bertema car park yang dipadukan dengan beragam warna cerah, seperti kuning, biru, merah, dan hijau yang menarik.

Selain itu, mobil-mobilan ini juga dimainkan dengan cara didorong manual, tetapi Anda bisa memasangkan baterai untuk membuat lampunya menyala. Mainan ini juga berbahan plastik yang bebas BPA (bisphenol-A) sehingga aman dan cocok dimainkan oleh anak Anda yang berusia 18 bulan ke atas.

2. KiNSMART 1932 Ford 3-Window Coupe

2. KiNSMART 1932 Ford 3-Window Coupe

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 79.000

Anak Anda tertarik pada mainan bernuansa antik? Pilih saja produk ini

Miniatur mobil-mobilan klasik seakan tak pernah kehilangan pesonanya, salah satunya ialah produk ini. Mainan sepanjang 5 inci ini bertipe pullback dengan desain retro unik layaknya mobil antik sungguhan. Produk yang juga bisa dimainkan anak berusia 3 tahun ke atas ini pun tersedia dalam beberapa varian warna menarik.

Produk ini menggunakan bahan metal yang diolah dengan teknik die-casting sehingga membuatnya kuat dan bisa Anda jadikan sebagai pajangan ketika anak Anda sudah tidak lagi memainkannya. Bila Anda ingin memperkenalkan mobil berdesain antik nan jadoel pada anak Anda, produk berikut bisa menjadi pilihan bagi Anda.

1. Disney Pixar Cars 2 Parking Garage Playset

1. Disney Pixar Cars 2 Parking Garage Playset

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 92.500

Bermain bersama McQueen dan kawan-kawan semakin seru di track yang menantang!

Bila anak Anda gemar menonton film-film keluaran Disney, tentunya ia sudah tidak asing lagi dengan karakter mobil-mobilan berikut. Produk dengan karakter film Cars 2 ini dijual sepaket dengan track-nya. Track-nya memiliki turunan curam sehingga mobil-mobilan dapat melesat kencang dari puncaknya.

Mainan yang berisikan Lightning McQueen bersama 3 kawannya ini dimainkan dengan cara didorong manual serta cocok bagi anak Anda yang berusia 3 tahun ke atas. Dengan dimensi total yang compact, yaitu 50 x 40 cm saja, set produk lengkap berbahan plastik yang aman ini tak akan memenuhi kamar anak Anda.

Baca juga rekomendasi rak kayu serbaguna di sini!

Setelah membelikan anak Anda mobil-mobilan baru, tentu koleksinya pun akan semakin bertambah. Bila tidak ditata, tentu kurang sedap dipandang. Karenanya, Anda perlu menyediakan tempat untuk anak Anda menyimpan koleksi mobil-mobilannya dengan aman dan rapi. Rak kayu yang cantik bisa menjadi salah satu opsi tempat penyimpanannya. Simaklah rekomendasi rak kayu terbaik di artikel berikut ini!

Kesimpulan

Sudahkan Anda menemukan mobil-mobilan yang sesuai bagi anak Anda? Mobil-mobilan ukuran mini memiliki beragam desain yang bisa Anda jadikan sebagai hadiah bagi anak Anda. Menjadikannya sebagai koleksi atau pelengkap interior juga pilihan tepat.

Sebelum memilih mobil-mobilan ukuran mini, tentukan terlebih dahulu ukuran, tipe sistem penggerak, serta keamanan bahan sesuai usia penggunanya. Silakan jadikan artikel kami sebagai acuan bagi Anda saat hendak membeli mobil-mobilan ukuran mini. Selamat memilih!