• 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu solusi untuk mendengarkan musik dengan nyaman dan praktis adalah menggunakan headphone wireless. Alat ini berukuran kecil dan portabel sehingga bisa dibawa ke mana pun Anda pergi. Kini, banyak merek populer, seperti JBL, Nokia, Baseus, dan Sony, yang meluncurkan Bluetooth headphone dengan berbagai macam spesifikasi.


Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih dan memberi rekomendasi merek headphone Bluetooth yang bagus untuk Anda. Terdapat beragam produk mulai dari headphone Bluetooth gaming hingga yang desainnya lucu. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi dalam menentukan headphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 Oktober 2022
Daftar isi

Apa perbedaan headphone dengan headset?

Apa perbedaan headphone dengan headset?

Meski fungsinya sama-sama untuk mendengarkan audio, headphone dan headset sejatinya memiliki beberapa perbedaan yang jelas. Agar tidak salah memilih aksesori untuk audio, berikut adalah perbedaan dari headphone dan headset.


Headphone:

  • Headphone tidak memiliki microphone dan hanya dapat menerima input audio dari sistem.
  • Headphone biasanya digunakan untuk mendengarkan musik sehingga memenuhi kebutuhan studio. 
  • Headphone lebih portabel sehingga mudah disimpan dan dibawa saat traveling

Headset:

  • Headset memiliki microphone yang terpasang di dekat mulut sehingga dapat memberikan input audio pada sistem.
  • Headset biasanya digunakan oleh gamer dan call center yang membutuhkan komunikasi dua arah.
  • Headset biasanya dipakai untuk penggunaan tetap atau tidak berpindah-pindah.

Cara memilih Bluetooth headphone

Setelah memahami perbedaan headset dan headphone, kini kami akan menjelaskan cara memilih Bluetooth headphone. Berikut ini adalah beberapa tips yang berguna bagi Anda saat memilih Bluetooth headphone.

Periksalah poin-poin terkait kualitas suara

Berbicara soal headphone pastinya tidak akan terlepas dari kualitas suara. Tiga poin yang perlu ditekankan dari kualitas suara headphone adalah housing, codec yang didukung, dan driver. Kami akan menjelaskannya secara lengkap satu persatu.

Tipe housing: Memengaruhi kebocoran suara dan noise

Tipe housing: Memengaruhi kebocoran suara dan noise

Housing adalah cup telinga yang berfungsi untuk menutupi telinga Anda. Ada dua tipe housing, yakni open-back dan closed-back. Agar tidak salah pilih, mari simak perbedaan dari keduanya berikut ini.


  • Open-back: Headphone open-back memiliki jaring pada bagian luar earpad yang membuat sirkulasi udara mudah masuk. Tipe ini memungkinkan Anda untuk menikmati kualitas suara yang jernih. Open-back headphone juga lebih dianjurkan bila Anda sering menggunakan headphone dalam waktu yang lama. Sayangnya, headphone Bluetooth tipe open-back cukup sulit ditemukan di pasaran.

  • Closed-back: Bagian luar earpad pada headphone closed-back tertutup rapat sehingga minim mengalami kebocoran suara. Tipe ini juga lebih cocok dipilih bila Anda ingin headphone dengan kualitas noise cancelling yang baik. Kebanyakan Bluetooth headphone di Indonesia tersedia dalam tipe closed-back.

Material housing: Berhubungan dengan jenis musik yang didengarkan

Secara umum, housing pada headphone terbuat dari bahan plastik, aluminium, kuningan, dan stainless steelSetiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pilihlah salah satu yang sesuai dengan selera dan jenis musik yang sering Anda dengar.


  • Plastik: Housing plastik cukup banyak digunakan lantaran harganya yang relatif murah. Namun, kualitas suara yang dihasilkannya cenderung rendah karena hanya memproduksi midrange tone.

  • Aluminium: Material aluminium memiliki respons frekuensi tinggi yang lebih baik daripada plastik dengan gema yang sedikit. Hal ini menyebabkan material aluminium menghasilkan suara yang sedikit lebih ringan.

  • Kuningan dan stainless steel: Kedua material housing ini memiliki kualitas bass sederhana, tetapi jangkauan suaranya tinggi. Housing dengan material ini membuat Anda lebih fokus pada sumber suara. 

Codec: Menentukan ada atau tidaknya delay suara

Codec: Menentukan ada atau tidaknya delay suara

Codec adalah format kompresi suara saat menggunakan Bluetooth. Makin tinggi codec-nya, makin rendah kemungkinan delay suara terjadi. Saat ini, ada empat codec utama berdasarkan kualitas suaranya, yakni SBC, AAC, apt-X, LDAC. Untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus, pilihlah headphone yang mendukung codec AAC atau lebih tinggi.


Produk yang tidak mencantumkan tipe codec-nya biasanya hanya mendukung codec SBCHeadphone dengan codec SBC biasanya memiliki delay suara sekitar 0,5 detik sehingga kurang direkomendasikan untuk bermain game.


Bila memungkinkan, pilihlah produk yang mendukung banyak codec supaya Anda bisa memakainya untuk bermain game. Selain itu, periksa juga codec yang didukung oleh ponsel, speaker, atau komputer Anda. Pasalnya, meski codec headphone-nya AAC, hal ini tidak ada artinya jika perangkat pengirim audio tidak mendukung codec yang sama.

Ukuran driver: Menentukan kualitas suara dan kenyamanan penggunaan

Ukuran driver: Menentukan kualitas suara dan kenyamanan penggunaan

Driver adalah bagian pada speaker yang mengeluarkan suara. Anda bisa menyebutnya sebagai jantung dari headphone. Makin besar ukuran driver, makin baik pula kualitas suaranya. Namun, bobot headphone juga akan makin berat seiring besarnya ukuran driver. Hal ini tentu bisa membuat Anda cepat lelah saat menggunakannya. Ukuran driver pada umumnya adalah sekitar 40 mm.

Ketahui versi Bluetooth-nya

Ketahui versi Bluetooth-nya

Selain codec, versi Bluetooth juga perlu diperhatikan ketika memilih wireless headphone. Meski terkesan rumit, tetapi ini adalah poin penting yang harus Anda perhatikan. Kami merekomendasikan Anda untuk memilih headphone dengan Bluetooth versi 5.0 atau yang lebih tinggi. Pasalnya, makin tinggi versi Bluetooth, maka makin canggih juga kemampuannya. 


Keunggulan dari Bluetooth 5.0 adalah proses pairing-nya yang lebih cepat dan jangkauannya yang luas. Umumnya, headphone dengan Bluetooth 5.0 bisa menjangkau hingga 10 meter, bahkan lebih. Versi Bluetooth ini juga lebih hemat daya dan kecepatan transfer datanya lebih tinggi.


Selain itu, versi Bluetooth menunjukkan kompatibilitasnya. Bila input dan output device-nya tidak dalam versi Bluetooth yang kompatibel, fungsinya tidak akan maksimal. Jadi, jangan lupa juga untuk memeriksa versi Bluetooth dari gadget yang Anda miliki, ya!

Pilih berdasarkan daya tahan baterainya

Pilih berdasarkan daya tahan baterainya

Headphone Bluetooth bekerja menggunakan baterai sehingga perlu dicas atau diisi ulang. Beberapa orang mungkin akan merasa kerepotan untuk mengisi ulang baterai setiap kali selesai penggunaan. Untuk menghindarinya, pilihlah produk dengan baterai yang tahan hingga 8 jam atau lebih. Dengan baterai berkapasitas besar, Anda dapat menikmati musik tanpa perlu mengkhawatirkan ketahanan baterainya.

Perhatikan juga fitur yang ditawarkan

Perhatikan juga fitur yang ditawarkan
Headphone wireless berkualitas unggul biasanya dilengkapi berbagai fitur canggih. Kehadiran fitur-fitur tersebut adalah untuk memberikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik. Berikut adalah contoh fitur-fitur yang sering ada pada headphone Bluetooth.

  • Noise cancelling: Fitur noise cancelling berfungsi untuk meredam suara bising yang ada di sekitar Anda. Fitur ini membuat suara yang Anda putar terdengar lebih jelas dengan menarik noise yang mengganggu. Fungsi ini akan berguna bagi Anda yang sering menggunakan transportasi umum, seperti commuter line dan bus.

  • Dual mode: Fitur ini memungkinkan headphone digunakan dalam dua mode, yaitu mode wireless dan wired. Jika sedang bepergian, Anda bisa memakai mode wireless. Namun, untuk mendapatkan suara yang lebih baik, Anda bisa beralih ke mode wired. Mode wired juga bisa menjadi penolong saat headphone Anda tiba-tiba kehabisan baterai ketika tengah memutar musik.

  • Foldable: Kehadiran fitur ini akan memudahkan Anda saat perlu membawa headphone Bluetooth bepergian. Headphone dengan fitur ini bisa dilipat sehingga bentuknya lebih ringkas dan portabel.

  • Built-in microphone: Headphone yang dilengkapi built-in microphone memungkinkan Anda untuk merekam suara hingga melakukan atau menerima panggilan. Anda juga bisa melakukan perintah suara (voice command) pada perangkat yang mendukung perintah tersebut.

10 Rekomendasi Bluetooth headphone terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Bluetooth headphone terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, JBL Tune 500BT menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Lenovo Thinkplus TH10 memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Lenovo Thinkplus TH10  1

Lenovo

2
Baseus  D02 Pro 1

Baseus

3
dbE acoustics HBT80 1

dbE acoustics

4
Soundplus Headphone Cat Ear  1

Soundplus

5
Nokia E1200 1

Nokia

6
Jete Jete-13 1

Jete

7
Sony Wireless Noise-Canceling Headphones 1

Sony

8
Anker Soundcore Life Q30 1

Anker

9
JBL Tune 510BT 1

JBL

10
Sonic Gear Elysium Signature HyperBass 2 1

Sonic Gear

Nama produk

Thinkplus TH10

D02 Pro

HBT80

Headphone Cat Ear

E1200

Jete-13

Wireless Noise-Canceling Headphones

Soundcore Life Q30

Tune 510BT

Elysium Signature HyperBass 2

Keunggulan

Waterproof dan sweatproof, makin aman saat dipakai berolahraga

Mikrofon 360 derajat hasilkan suara jernih dan halus saat live streaming

Headphone terjangkau dengan kualitas yang cukup mumpuni

Desain headphone telinga kucing yang buat penampilan Anda makin imut

Lebih praktis karena kompatibel dengan Google Assistant dan Siri

Dilengkapi slot microSD untuk memutar musik langsung dari headphone

Segudang fitur untuk mendukung pengalaman gaming yang tak terlupakan

Lebih fleksibel dengan Multi-Mode Noise Cancellation

Mudah berganti koneksi antarperangkat berkat fitur Bluetooth multipoint

Memiliki earpad fleksibel yang bisa disesuaikan sudut kemiringannya

Harga mulai dariRp 599.000,00Rp 299.000,00Rp 229.000,00Rp 399.000,00Rp 840.000,00Rp 554.800,00Rp 5.049.000,00Rp 1.999.000,00Rp 999.000,00Rp 499.000,00
Material housingTidak disebutkanStainless steelPlastikPlastik AluminiumTidak disebutkanAluminiumTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tipe housingClosed-backClosed-bakClosed-backClosed-backClosed-backClosed-backClosed-backClosed-backClosed-backClosed-back
CodecTidak disebutkanAACTidak disebutkanTidak disebutkanSBCTidak disebutkanSBC , AAC, LDACSBC, AACSBC, AACTidak disebutkan
Ukuran driver40 mm50 mm40 mmTidak disebutkan40 mmTidak disebutkan40 mm40 mm32 mm50 mm
Ketahanan baterai8–12 jam40 jam10–15 jam8 jam40 jam8 jam30 jam40 jam40 jam25 jam
Versi Bluetooth5.05.05.05.05.05.05.05.05.05.0
Noise cancelling××
Dual mode×
Foldable××
Built-in microphone×
Tautan produk
10

Sonic GearElysium Signature HyperBass 2

Mulai dari Rp 499.000,00

Material housingTidak disebutkan
Tipe housingClosed-back
CodecTidak disebutkan
Ukuran driver50 mm
Ketahanan baterai25 jam
Versi Bluetooth5.0
Noise cancelling
Dual mode
Foldable×
Built-in microphone
9
Material housingTidak disebutkan
Tipe housingClosed-back
CodecSBC, AAC
Ukuran driver32 mm
Ketahanan baterai40 jam
Versi Bluetooth5.0
Noise cancelling×
Dual mode×
Foldable
Built-in microphone
8

AnkerSoundcore Life Q30

A3028

Mulai dari Rp 1.999.000,00

Material housingTidak disebutkan
Tipe housingClosed-back
CodecSBC, AAC
Ukuran driver40 mm
Ketahanan baterai40 jam
Versi Bluetooth5.0
Noise cancelling
Dual mode
Foldable
Built-in microphone
7

SonyWireless Noise-Canceling Headphones

WH-1000XM4

Mulai dari Rp 5.049.000,00

Material housingAluminium
Tipe housingClosed-back
CodecSBC , AAC, LDAC
Ukuran driver40 mm
Ketahanan baterai30 jam
Versi Bluetooth5.0
Noise cancelling
Dual mode
Foldable
Built-in microphone
6
Material housingTidak disebutkan
Tipe housingClosed-back
CodecTidak disebutkan
Ukuran driverTidak disebutkan
Ketahanan baterai8 jam
Versi Bluetooth5.0
Noise cancelling
Dual mode
Foldable
Built-in microphone
5
Material housingAluminium
Tipe housingClosed-back
CodecSBC
Ukuran driver40 mm
Ketahanan baterai40 jam
Versi Bluetooth5.0
Noise cancelling×
Dual mode
Foldable
Built-in microphone
4

SoundplusHeadphone Cat Ear

BT028C

Mulai dari Rp 399.000,00

Material housingPlastik
Tipe housingClosed-back
CodecTidak disebutkan
Ukuran driverTidak disebutkan
Ketahanan baterai8 jam
Versi Bluetooth5.0
Noise cancelling
Dual mode
Foldable
Built-in microphone×
3
Material housingPlastik
Tipe housingClosed-back
CodecTidak disebutkan
Ukuran driver40 mm
Ketahanan baterai10–15 jam
Versi Bluetooth5.0
Noise cancelling
Dual mode
Foldable×
Built-in microphone
2
Material housingStainless steel
Tipe housingClosed-bak
CodecAAC
Ukuran driver50 mm
Ketahanan baterai40 jam
Versi Bluetooth5.0
Noise cancelling
Dual mode
Foldable
Built-in microphone
1
Material housingTidak disebutkan
Tipe housingClosed-back
CodecTidak disebutkan
Ukuran driver40 mm
Ketahanan baterai8–12 jam
Versi Bluetooth5.0
Noise cancelling
Dual mode
Foldable
Built-in microphone

Tips menyimpan headphone agar lebih awet

Tips menyimpan headphone agar lebih awet

Salah satu masalah yang dapat timbul ketika menggunakan headphone di dalam ruangan adalah tempat meletakkannya. Sangat tidak baik bagi headphone jika Anda meletakkannya di sembarang tempat. Untuk itu, Anda memerlukan dudukan headphone. Berkat item pendukung iniAnda dapat menyimpannya dengan aman sehingga headphone jadi lebih tahan lama.

Baca juga rekomendasi produk headphone lainnya di sini

Di samping headphone Bluetooth, kami juga telah menyiapkan beberapa rekomendasi headphone lain untuk Anda. Apabila Anda tertarik untuk membaca ulasan lengkapnya, silakan kunjungi tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips memilih, rekomendasi, dan review headphone Bluetooth yang bagus untuk Anda. Bagaimana pendapat Anda tentang artikel kali ini?

Selain kualitas suara, pertimbangkan juga keunggulan lain yang ada pada headphone, seperti fitur, desain, dan portabilitasnya. Setelah itu, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat memberi Anda referensi untuk memilih Bluetooth headphone terbaik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai daya cadangan, penting untuk memilih power bank yang bagus agar penggunaannya lebih awet dan tahan lama. Kapasitas power bank bervariasi, mulai dari 10.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Fiturnya pun beragam, seperti fast charging dan wireless charging. Harga power bank sangat berpengaruh dari kapasitas dan fiturnya.  Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih power bank yang bagus dan awet. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek power bank terbaik, seperti Robot, Samsung, dan Xiaomi. Ada produk yang kompatibel dengan iPhone, lho. Simak terus artikel ini sampai habis!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kabel charger adalah salah satu elemen penting dalam pengisian daya smartphone. Makin tinggi kualitas kabel charger, makin tinggi pula performa pengisian dayanya. Secara khusus artikel ini akan membahas tentang kabel charger, mulai dari kabel charger Type-C hingga kabel charger iPhone.Di artikel ini, Anda juga akan menemukan tips cara memilih dan rekomendasi sepuluh kabel charger terbaik. Di antaranya ada kabel charger populer yang bagus merek Baseus, CAFELE, dan sebagainya. Kabel charger fast charging pun ada dalam artikel ini. Jadi, jangan lewatkan, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Dust Plug Earphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dust Plug Earphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dust plug earphone adalah aksesoris yang berguna untuk mencegah masuknya debu atau air ke dalam lubang earphone. Nama lainnya adalah pluggy, earplug, earphone jack plug, atau audio 3.5mm dust plug. Size dan desainnya beragam sehingga bisa digunakan untuk HP Android, iPhone, hingga tablet. Jangan biarkan slot earphone rusak akibat tidak terlindungi. Kami membagikan tips memilih serta merekomendasikan dust plug earphone yang bagus. Ada dust plug merk Xiaomi yang dapat dipakai mengakses aplikasi smartphone. Ada juga model charm kawaii karakter lucu dengan ring atau gantungan. Manakah yang cocok menghiasi gadget Anda?
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori