• 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Jika Anda ingin mendengarkan musik dengan nyaman, bukankah lebih praktis bila Anda menggunakan headphone wireless? Sekarang ini, banyak brand terkenal seperti Bose, JBL, dan Sony yang meluncurkan Bluetooth headphone dengan berbagai macam spesifikasi.


Kali ini, kami akan membahas cara memilih produk yang bagus dan rekomendasi merk headphone Bluetooth terbaik yang dapat Anda beli secara online. Terdapat rekomendasi headphone Bluetooth mulai dari yang berspesifikasi sederhana sampai yang mumpuni. Silakan Anda jadikan artikel ini sebagai bahan referensi dalam menentukan Bluetooth headphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Agi Tiara
Dwi Puspita
Deren Firdaus
  • Pembaharuan terakhir: 20 November 2021
Daftar isi

Apa perbedaan headphone dengan headset?

Ketika membeli accessories untuk audio, seringkali kita mendengar istilah-istilah produk seperti headphone dan headset. Kedua produk tersebut memang sekilas terlihat sama, tetapi terdapat perbedaan yang jelas antar keduanya.


Secara fitur, perbedaan yang jelas terlihat pada microphone-nya. Headset memiliki microphone yang terpasang di dekat mulut sehingga dapat memberikan input audio pada sistem. Sebaliknya, headphone tidak memiliki microphone sehingga hanya dapat menerima input audio dari sistem.


Berdasarkan tujuan penggunaannya, headset dan headphone juga punya perbedaan. Headphone biasanya digunakan untuk mendengarkan musik sehingga memenuhi kebutuhan studio. Sifatnya yang portabel juga membuat headphone mudah disimpan dan dibawa saat traveling. Headset biasanya digunakan oleh gamer dan call center karena membutuhkan komunikasi dua arah.

Cara memilih Bluetooth headphone terbaik

Setelah memahami perbedaan headset dan headphone, kini kami akan menjelaskan cara memilih Bluetooth headphone. Dalam memilihnya, Anda perlu memahami standar konektivitas Bluetooth dan struktur headphone. Berikut ini adalah beberapa tips yang berguna bagi Anda saat memilih Bluetooth headphone.

Periksalah poin-poin terkait kualitas suara

Berbicara soal headphone pastinya tidak akan terlepas dari kualitas suara. Tiga poin yang perlu ditekankan dari kualitas suara headphone adalah housing, codec yang didukung, dan driver. Kami akan menjelaskannya secara lengkap satu persatu.

Kesesuaian material housing dengan jenis musik yang sering Anda dengarkan

Housing adalah cup telinga yang berfungsi untuk menutupi telinga Anda. Secara umum, material housing dibagi menjadi tiga jenis, yakni plastik, alumunium, dan kuningan atau stainless steel. 


  • Material plastik cukup banyak digunakan lantaran harganya yang relatif murah. Namun, kualitas suara yang dihasilkan cenderung rendah karena hanya memproduksi midrange tone

  • Aluminium memiliki respons frekuensi tinggi yang lebih baik daripada plastik, tetapi aluminium memiliki sedikit gema. Hal ini menyebabkan material alumunium menghasilkan suara yang sedikit lebih ringan.

  • Kuningan dan stainless steel memiliki kualitas bass sederhana, tetapi jangkauan suaranya tinggi. Housing dengan material ini akan memungkinkan Anda lebih fokus pada sumber suara. 

Setiap jenis material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pilihlah salah satu yang sesuai dengan selera dan jenis musik yang sering Anda dengar.

Kesesuaian tipe housing dengan durasi penggunaan dan kebutuhan Anda

Ada dua tipe housing, yakni open air type dan closed type. Jika kebutuhan Anda adalah ingin menikmati suara yang jernih, pilihlah open air type. Tipe ini juga lebih dianjurkan bila Anda sering menggunakan headphone dalam waktu yang lama.


Sedangkan, jika Anda tidak ingin mengalami kebocoran suara pada headphone, pilihlah closed typeTipe ini juga lebih cocok dipilih bila Anda ingin headphone dengan kualitas noise cancelling yang baik. Meski terdapat dua tipe, headphone keluaran terkini umumnya memiliki closed type housing.

Produk mendukung codec AAC atau yang lebih tinggi

Codec adalah format kompresi suara saat menggunakan Bluetooth. Saat ini, ada empat codec utama berdasarkan kualitas suaranya, yakni SBC, AAC, apt-X, LDAC. Makin tinggi codec-nya, makin rendah kemungkinan delay suara terjadi.


Jika Anda memilih model yang hanya mendukung codec SBC, akan ada delay sekitar 0,5 detik. Akibatnya, akan terjadi delay timing suara bila Anda bermain game musik di ponsel. Jadi, Anda tidak akan dapat menikmati permainan tersebut dengan baik. Produk yang tidak mencantumkan codec berarti hanya mendukung codec SBC.


Pada dasarnya, Anda tidak harus memilih codec AAC atau lebih tinggi, tetapi pilihlah produk yang mendukung banyak codec. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan headphone untuk bermain game. Namun, tidak ada artinya jika speaker pengirim dan penerima tidak mendukung codec yang sama. Jadi, periksalah codec perangkat Anda dan kemudian pilih Bluetooth headphone yang sesuai.

Ukuran driver memengaruhi kualitas suara dan kenyamanan penggunaan

Driver adalah bagian pada speaker yang mengeluarkan suara. Anda bisa menyebutnya sebagai jantung dari headphone. Makin besar ukuran driver, maka makin baik kualitas suaranya. Namun, makin besar ukuran driver, maka makin berat juga bobot headphone. Hal ini tentu dapat membuat Anda cepat lelah saat menggunakannya.


Ukuran driver pada umumnya sekitar 40 mm. Gunakan ini sebagai pedoman untuk menentukan hal yang lebih penting bagi Anda, kualitas suara atau kenyamanan. Kemudian temukan produk dengan driver yang optimal.

Pilihlah fungsi dan kinerja yang sesuai dengan penggunaan Anda

Penting untuk memperhatikan fungsi dan kinerja yang dimiliki suatu Bluetooth headphone. Untuk itu, silakan simak poin yang harus Anda perhatikan berikut ini. 

Baterai yang dapat digunakan hingga 8 jam atau lebih

Akan sangat merepotkan untuk mengisi ulang baterai setiap kali selesai penggunaan. Jadi, pilihlah produk dengan baterai yang tahan hingga 8 jam atau lebih. Baterai yang tahan lama sangat penting, tidak hanya ketika menggunakannya di dalam ruangan, tetapi juga ketika menggunakannya di luar ruangan. Anda dapat menikmati musik tanpa perlu mengkhawatirkan ketahanan baterainya.

Fitur noise cancelling yang berguna saat Anda berada dalam keramaian

Fitur noise cancelling adalah fitur yang dapat meredam noise di sekitar. Fitur ini membuat suara yang Anda dengar lebih jelas dengan menarik keluar noise yang terdengar ketika menggunakan headphone. Ini adalah fungsi yang sangat diperlukan, khususnya bagi Anda yang sering menggunakan transportasi umum seperti commuter line dan bus. 

Namun, Anda perlu berhati-hati menggunakannya karena Anda mungkin tidak dapat mendengar suara di sekitar. Ketika Anda menggunakan fitur noise cancelling, perhatikan juga keadaan lingkungan sekitar Anda. Selain itu, berilah telinga Anda waktu rehat sesekali saat menggunakannya.


Di sisi lain, produk dengan fitur noise cancelling dapat memberi tekanan yang kuat pada telinga Anda. Tekanan tersebut dapat menyebabkan sakit kepala pada penderita migrain. Tidak ada batasan yang jelas tentang saran durasi penggunaan headphone dengan noise cancelling. Hal tersebut akan berbeda untuk setiap orang sehingga Anda harus memahami ketahanan Anda sendiri.

Headphone dengan kabel fleksibel yang dapat disesuaikan menurut kebutuhan Anda

Headphone dengan kabel fleksibel yang dapat disesuaikan menurut kebutuhan Anda
Anda yang ingin menikmati musik dengan jelas di dalam dan di luar ruangan, pilihlah wireless headphone yang juga dapat dijadikan wired headphone. Namun, headphone tipe ini tidak selalu menghasilkan kualitas suara yang baik. Pastikan Anda tetap memeriksa poin yang berkaitan dengan kualitas suara seperti driver dan housing.


Suara dari luar memang akan sulit masuk jika kita menggunakan Bluetooth headphone. Meskipun begitu, headphone tidak akan bisa menghalangi noise 100%. Suara yang pecah dan bunyi mesin mungkin akan terdengar pada headphone tipe wireless. Karena itu, pilihlah headphone dengan kabel bila Anda amat mementingkan kualitas suara.


Selain itu, delay suara juga dapat dicegah dengan koneksi analog. Jadi, bila Anda membeli produk yang hanya mendukung codec SBC, pilihlah produk dengan fungsi koneksi analog.

Periksalah versi Bluetooth-nya

Periksalah versi Bluetooth-nya

Selain codec, versi Bluetooth juga perlu diperhatikan ketika memilih wireless headphone. Meski terkesan rumit, tetapi ini adalah poin penting yang harus Anda perhatikan. Ada beberapa versi Bluetooth. Makin tinggi angkanya, maka makin canggih kemampuannya. 


Selain itu, versi Bluetooth menunjukkan kompatibilitasnya. Bila input dan output device-nya tidak dalam versi Bluetooth yang kompatibel, fungsinya tidak akan maksimal. 


Perlu Anda ketahui pula bahwa versi Bluetooth juga mempengaruhi konsumsi daya. Bluetooth versi terbaru yaitu versi 5.0, dapat mempertahankan daya lebih lama dibanding versi pendahulunya. Versi Bluetooth juga memengaruhi luasnya jangkauan device yang dapat dicapai.


Meskipun sudah ada versi Bluetooth 5.0, kualitas audio versi 4.2 atau 4.1 masih cukup baik untuk digunakan di masa kini. Jadi, produk dengan versi Bluetooth 4.2 dan 4.1 masih menjadi alternatif yang dapat Anda pilih.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

JeteHandsfree Bluetooth Firstmove

Mulai dari Rp 178.300,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Rexus S3 Pro – Bluetooth Headset

Mulai dari Rp 349.000,00

10 Rekomendasi Bluetooth headphone terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Bluetooth headphone terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Material housingTidak disebutkan
Tipe housingClosed
CodecSBC, AAC, AptX™, AptX™ Low Latency
Ukuran driver32 mm
Ketahanan baterai20 jam
Fitur noise cancelling
Tipe wired dan wirelessWired dan wireless
Versi Bluetooth5.0
9
Material housingTidak disebutkan
Tipe housingClosed
CodecLDAC, AAC, SBC
Ukuran driver25 mm
Ketahanan baterai35 jam
Fitur noise cancelling
Tipe wired dan wirelessWired dan wireless
Versi Bluetooth5.0
8

Bose QuietComfort 35 Wireless Headphones II

Mulai dari Rp 3.800.000,00

Material housingStainless steel
Tipe housingClosed
CodecSBC dan AAC
Ukuran driverTidak disebutkan
Ketahanan baterai20 jam
Fitur noise cancelling
Tipe wired dan wirelessWired dan wireless
Versi Bluetooth4.1
7

Audio TechnicaWireless Over-Ear Headphones

ATH-M50xBT

Mulai dari Rp 2.890.000,00

Material housingTidak disebutkan
Tipe housingClosed
CodecaptX dan AAC
Ukuran driver45 mm
Ketahanan baterai31,2 jam
Fitur noise cancelling
Tipe wired dan wirelessWired dan wireless
Versi Bluetooth5.0
6
Material housingTidak disebutkan
Tipe housingClosed
CodecAAC
Ukuran driver40 mm
Ketahanan baterai22 jam
Fitur noise cancelling
Tipe wired dan wirelessWireless saja
Versi Bluetooth5.0
5

BoseNoise Cancelling Headphones 700

Mulai dari Rp 7.290.000,00

Material housingStainless steel
Tipe housingClosed
CodecSBC dan AAC
Ukuran driverTidak disebutkan
Ketahanan baterai20 jam
Fitur noise cancelling
Tipe wired dan wirelessWired dan wireless
Versi Bluetooth5.0
4
Material housingPlastik + nano-coating
Tipe housingClosed
CodecSBC, AAC
Ukuran driver40 mm
Ketahanan baterai36 jam
Fitur noise cancelling
Tipe wired dan wirelessWired dan wireless
Versi Bluetooth5.0
3

SonyWireless Noise-Canceling Headphones

WH-1000XM4

Mulai dari Rp 4.999.000,00

Material housingAluminium
Tipe housingClosed
CodecSBC , AAC, dan LDAC
Ukuran driver40 mm
Ketahanan baterai30 jam
Fitur noise cancelling
Tipe wired dan wirelessWired dan wireless
Versi Bluetooth5.0
2
Material housingTidak disebutkan
Tipe housingClosed
CodecSBC, AAC
Ukuran driver40 mm
Ketahanan baterai40 jam
Fitur noise cancelling
Tipe wired dan wirelessWireless saja
Versi Bluetooth5.0
1
Material housingTidak disebutkan
Tipe housingClosed
CodecTidak disebutkan
Ukuran driver32 mm
Ketahanan baterai16 jam
Fitur noise cancelling×
Tipe wired dan wirelessWireless saja
Versi Bluetooth4.1

Tabel perbandingan produk Bluetooth headphone terbaik

Gambar produk
1
JBL TUNE 500BT 1

JBL

2
Anker Soundcore Life Q30 1

Anker

3
Sony Wireless Noise-Canceling Headphones 1

Sony

4
Jabra Elite 85h 1

Jabra

5
Bose Noise Cancelling Headphones 700 1

Bose

6
Beats Solo PRO 1

Beats

7
Audio Technica Wireless Over-Ear Headphones 1

Audio Technica

8
Bose  QuietComfort 35 Wireless Headphones II 1

Bose

9
Sony h.ear on 3 1

Sony

10
Sennheiser PXC 550-II 2

Sennheiser

Nama produk

TUNE 500BT

Soundcore Life Q30

Wireless Noise-Canceling Headphones

Elite 85h

Noise Cancelling Headphones 700

Solo PRO

Wireless Over-Ear Headphones

QuietComfort 35 Wireless Headphones II

h.ear on 3

PXC 550-II

Keunggulan

Desain sederhana yang menyajikan kemudahan penggunaan

Lebih fleksibel dengan Multi-Mode Noise Cancellation

Segudang fitur untuk mendukung pengalaman mendengarkan musik yang tak terlupakan

Aman dari hujan dengan teknologi water resistant

Dengan segala fitur yang menunjang gaya hidup aktif dan produktif Anda

Segala kemudahan kontrol audio pada headphone

Paket fitur yang mengakomodir untuk studio dan gaming!

Fitur noise cancelling yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan

Tampil kece dengan pilihan warna menarik

Dengan AptX™ Low Latency, sinkronisasi video dan audio jadi lebih pas

Harga mulai dariRp 999.000,00Rp 1.999.000,00Rp 4.999.000,00Rp 3.990.000,00Rp 7.290.000,00Rp 5.250.000,00Rp 2.890.000,00Rp 3.800.000,00Rp 4.399.000,00Rp 3.899.000,00
Material housingTidak disebutkanTidak disebutkanAluminiumPlastik + nano-coatingStainless steelTidak disebutkanTidak disebutkanStainless steelTidak disebutkanTidak disebutkan
Tipe housingClosedClosedClosedClosed ClosedClosedClosedClosed ClosedClosed
CodecTidak disebutkanSBC, AACSBC , AAC, dan LDACSBC, AACSBC dan AACAACaptX dan AACSBC dan AACLDAC, AAC, SBCSBC, AAC, AptX™, AptX™ Low Latency
Ukuran driver32 mm40 mm40 mm40 mmTidak disebutkan40 mm45 mmTidak disebutkan25 mm32 mm
Ketahanan baterai16 jam40 jam30 jam36 jam20 jam22 jam31,2 jam20 jam35 jam20 jam
Fitur noise cancelling×
Tipe wired dan wirelessWireless sajaWireless sajaWired dan wirelessWired dan wirelessWired dan wirelessWireless sajaWired dan wirelessWired dan wirelessWired dan wirelessWired dan wireless
Versi Bluetooth4.15.05.05.05.05.05.04.15.05.0
Tautan produk

Jaga headphone tetap awet dengan meletakkannya pada stand headphone!

Jaga headphone tetap awet dengan meletakkannya pada stand headphone!

Salah satu masalah yang dapat timbul ketika menggunakan headphone di dalam ruangan adalah tempat meletakkannya. Sangat tidak baik bagi headphone jika Anda meletakkannya di sembarang tempat. Untuk itu, Anda memerlukan dudukan headphone. Berkat item pendukung iniAnda dapat meletakkan headphone Anda dan menyimpannya dengan aman.

Baca juga rekomendasi stand headphone dan item lain untuk mendengarkan musik di sini

Sebagaimana disinggung sebelumnya, stand headphone penting sebagai tempat yang aman untuk meletakkan headphone Anda. Namun, selain headphone, masih ada item lain yang bisa memaksimalkan pengalaman Anda mendengarkan musik. Silakan baca artikel rekomendasi stand headphone dan headphone lain untuk menambah referensi Anda.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel kali ini? Rekomendasi headphone wireless di atas mungkin tidak cocok untuk olahraga lari atau jogging karena ukurannya yang besar. Namun, semua produk memiliki kualitas suara yang bagus.

Selain kualitas suara, banyak produk yang mempunyai keunggulan lain, seperti desain dan portabilitas. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat memberi Anda referensi untuk memilih Bluetooth headphone terbaik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Power bank merupakan baterai portabel yang berfungsi mengisi daya smartphone tanpa memerlukan stopkontak. Dengan menggunakan power bank, Anda dapat menonton video dan bermain game saat bepergian. Power bank merk Xiaomi, Samsung, Anker, dan lainnya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat harga power bank menjadi variatif.Kali ini, kami akan membahas cara memilih power bank. Kami juga akan memberikan rekomendasi power bank yang bagus, berkualitas terbaik, dan dijual secara online. Power bank MOFIT, BASIKE, power bank 10.000 mAh, bahkan 50.000 mAh bisa Anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores ataupun pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone.Kami kali ini akan membahas tentang tempered glass khusus iPhone. Ada beberapa jenis tempered glass yang bagus dari merek Spigen, Otterbox, Nillkin, dan Mocolo. Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar Anda tidak salah pilih. Yuk, langsung saja simak artikel ini!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Speaker pasif menjadi perangkat yang Anda perlukan untuk melengkapi sound system agar mendapatkan kualitas audio lebih optimal. Dengan demikian, Anda dapat mendengarkan musik atau menonton film seperti halnya saat Anda berada di bioskop. Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai merek terkenal, seperti speaker pasif Polytron, Edifier, harman/kardon, dan sebagainya. Untuk mendapatkan produk yang bagus, Anda perlu mengetahui cara memilih speaker pasif, bukan? Di sini, kami juga akan merekomendasikan sepuluh speaker pasif terbaik untuk Anda. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kualitas audio yang mantap dari produk pilihan Anda.
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Berbagai produk yang ditawarkan mungkin membuat Anda cukup kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds. Temukan juga beragam wireless earbuds no delay terbaik serta dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Pen Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pen Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    Pen tablet biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer. Ada beberapa merek bagus, seperti Wacom, XP-PEN, HUION, dan lainnya. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan pen tablet yang bagus, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Kami juga berkolaborasi dengan illustrator kami, Karina Doniho yang bisa Anda simak komentarnya untuk menambah wawasan. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Headset Logitech Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Headset Logitech Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Headset adalah perangkat audio yang menggabungkan headphone dengan mikrofon. Perangkat ini membantu Anda mendengar dengan lebih jernih, serta berkomunikasi dengan lebih lancar. Salah satu merek yang memproduksi headset berkualitas adalah Logitech. Logitech menawarkan berbagai jenis headset yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.Agar Anda tidak salah menjatuhkan pilihan, simaklah tips dari kami dalam memilih headset Logitech. Tidak ketinggalan, kami akan memberi rekomendasinya untuk Anda, seperti Zone Wireless, Pro X, H600, dan G633. Simak artikel ini dengan saksama dan temukan headset Logitech terbaik untuk Anda.
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori