10 Rekomendasi Aksesoris Tindik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Aksesoris Tindik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Aksesori tindik yang sangat fashionable tersedia dalam berbagai jenis di pasaran. Material dasarnya beragam, seperti stainless steel, titanium, atau silicon dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bentuknya juga variatif, mulai dari labretbarbellring, dan sebagainya sehingga Anda mungkin sulit menentukan pilihan.

Untuk itu, ada baiknya Anda memahami jenis dan bentuk aksesori tindik seperti apa yang tepat untuk bagian tubuh tertentu. Kali ini kami akan membahas cara memilih aksesori tindik dan merekomendasikan produk-produk yang populer. Harganya pun relatif murah sehingga tidak akan menguras kantong Anda!

Daftar isi

Pahami tentang diameter aksesori tindik

Saat ditindik untuk pertama kali di piercing studio, artist akan menusuk badan dengan jarum tindik dengan ukuran diameter tertentu. Diameter jarum atau gauge menjadi standar besar lubang tindikan Anda sekaligus acuan dalam membeli aksesori tindiknya. Sebelum memilih desain aksesori, mari pelajari mengenai diameter gauge terlebih dahulu.

Makin besar angka gauge, makin kecil diameternya

Makin besar angka gauge, makin kecil diameternya

Satuan gauge (G) pada aksesori tindik memiliki ukuran dari 0 sampai 20. Makin besar angka yang tertera, makin kecil diameter gauge-nya. Begitu juga sebaliknya, semakin kecil angkanya, berarti semakin besar diameternya.

Umumnya, diameter aksesori tindik memiliki ukuran 20G atau 18G. Untuk tindik di cuping telinga, biasanya dibutuhkan piercer cukup besar, atau sekitar 16G. Sedangkan untuk tulang rawan atau untuk tindik di hidung, biasanya digunakan ukuran yang lebih besar lagi, yaitu sekitar 14G. Jadi, bisa dikatakan bahwa nilai gauge 20G-14G merupakan ukuran yang banyak dipakai untuk tindik badan.

Bagi Anda yang tidak begitu menyukai lubang tindik yang besar, dianjurkan menggunakan aksesori tindik dengan ukuran 20G-16G. Sedangkan untuk tindik di tulang rawan, hidung, alis, atau di bagian tubuh yang memiliki ketebalan tertentu, pilihlah aksesori dengan ukuran 14G.

Cara memilih aksesori tindik

Setelah mengetahui penjelasan seputar gauge, selanjutnya mari pelajari cara memilih aksesori tindik dengan memperhatikan materialnya. Setelah memahami perbedaan masing-masing material yang digunakan, Anda dapat menentukan sendiri aksesori mana yang cocok untuk Anda.

Pilih dari empat jenis material yang umum digunakan

Sebagian besar orang tentu ingin menghindari risiko gatal akibat alergi logam. Mungkin Anda salah satunya. Untuk itu, pilihlah aksesori tindik secara cermat dengan memperhatikan material yang digunakan.

Secara umum, terdapat empat jenis material pembuatan aksesori tindik. Mari kita cek satu per satu keempat material tersebut!

Surgical stainless steel yang risiko alerginya lebih rendah

Surgical stainless steel yang risiko alerginya lebih rendah

Surgical stainless steel adalah material yang paling banyak digunakan pada aksesori tindik. Baja jenis ini aman digunakan karena telah banyak dipakai pada industri farmasi dan medis, misalnya untuk implan. Selain itu, surgical stainless steel juga lebih rendah risiko alerginya terhadap tubuh manusia.

Material ini bahkan digunakan juga untuk pisau bedah sehingga memungkinkan jika ingin dipasang langsung setelah Anda membuat lubang tindik. Anda juga bisa melakukan sterilisasi dan disinfeksi dengan air mendidih sehingga kehigienisannya pun lebih terjamin.

Material titanium yang ringan dan cocok untuk pemakaian jangka panjang

Material titanium yang ringan dan cocok untuk pemakaian jangka panjang

Titanium merupakan material aksesori tindik yang populer karena tidak mudah mengakibatkan alergi bagi pemakainya. Ciri khasnya adalah bobotnya yang ringan sehingga tidak akan membebani lubang tindikan dan cocok untuk pemakaian dalam jangka waktu lama.

Namun, kelemahannya adalah material ini sangat mahal dibandingkan yang lainnya. Oleh karena itu, aksesori body piercing yang dijual pada umumnya menggunakan material titanium pada lapisan permukaannya saja.

Akrilik yang harganya terjangkau dan memungkinkan variasi warna

Akrilik yang harganya terjangkau dan memungkinkan variasi warna

Aksesori tindik yang transparan biasanya menggunakan material akrilik. Harganya terjangkau dan memungkinkan penambahan variasi warna yang fashionable. Namun, material plastik menjadikannya mudah tergores dan berisiko melukai lubang tindik pemakainya.

Produk dengan material akrilik tidak dianjurkan untuk penggunaan jangka panjang dan juga tidak bisa dipasangkan pada lubang tindikan yang baru saja dibuka. Gunakanlah aksesori tindik tipe ini dengan hati-hati, misalnya untuk pemakaian sementara.

Material silikon yang aman untuk kulit sensitif

Material silikon yang aman untuk kulit sensitif

Silikon merupakan material yang dapat digunakan saat lubang tindikan baru saja dibuka. Keunggulan utamanya adalah material ini tidak menyebabkan alergi, berbeda dengan ketika menggunakan logam. Jadi, aksesori tindik semacam ini aman untuk segala jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun.

Selain itu, tipe ini juga direkomendasikan bagi mereka yang ingin memakai aksesori tindik secara diam-diam di luar, misalnya karena adanya larangan di sekolah atau tempat kerja. Selain itu, silikon juga cocok digunakan di tempat yang memiliki perbedaan suhu ekstrem, seperti sauna, tempat permandian air panas, dan area ski.

Pilih berdasarkan bentuknya

Aksesori tindik memiliki banyak bentuk, seperti barbellring, labret (yang digunakan pada bibir dan dagu), dan sebagainya. Yuk, telusuri bersama ragam bentuk aksesori tindik ini!

Bentuk ring yang paling konvensional dan mudah dipasang

Bentuk ring yang paling konvensional dan mudah dipasang

Aksesori tindik dengan bentuk ring adalah yang paling old school. Cara pakainya cukup simpel, yaitu cukup dengan mengaitkannya pada lubang tindikan kemudian memasukkan dan menekannya pada bola pengunci.

Bentuk ring tersedia dalam banyak ukuran sehingga dapat dipasangkan pada berbagai bagian tubuh, seperti cuping telinga, hidung, mulut, dan sebagainya. Pemasangannya memang sangat mudah, tetapi sayangnya mudah juga copot. Berhati-hatilah dalam pemakaiannya karena bola pengunci pada tipe ini biasanya sering hilang.

Selain itu, ada juga aksesori tindik jenis ring yang bagian ujungnya berbentuk ulir sebagai penguncinya. Ring yang berulir seperti ini juga populer karena Anda tidak perlu khawatir bola pengunci akan copot atau hilang.

Tipe labret yang tidak mudah tersangkut

Tipe labret yang tidak mudah tersangkut

Labret adalah aksesori tindik yang memiliki bentuk disc atau pipih di satu sisinya dan bentuk bola di sisi lainnya. Bagian bola untuk di depan dan bagian pipih di sisi belakang. Bagian pipih ini memungkinkan aksesori tindik menempel dengan baik pada kulit dan dapat mencegah agar tidak mudah tersangkut.

Bentuk labret ini umumnya digunakan pada bagian tulang rawan, lidah, dan bagian tragus telinga. Karena bentuk labret bisa terpasang dengan stabil dan tidak mudah tersangkut rambut atau serat handuk, tipe ini aman digunakan bagi Anda yang baru mulai menggunakan aksesori tindik.

Bentuk barbel yang bisa diputar bagian ujungnya agar mudah dipasang dan dicopot

Bentuk barbel yang bisa diputar bagian ujungnya agar mudah dipasang dan dicopot

Bentuk barbel adalah aksesori tindik dengan bola pengunci pada kedua belah sisi ujungnya. Kedua bola secara umum dapat dipasang dan dicopot dengan relatif mudah menggunakan sistem putar. Namun, ada juga barbel yang hanya dapat diputar pada satu sisinya saja.

Selain bentuk barbel lurus konvensional, ada pula banana barbell yang bentuknya melengkung. Tidak menjadi masalah sisi mana yang dipakai untuk menusuk lubang tindikan. Aksesori tindik berbentuk barbell cocok untuk dipasang pada lubang tindik di area yang tebal, seperti pusar, alis, atau bagian bawah bibir.

10 Rekomendasi aksesori tindik terbaik

Sekarang Anda telah memahami detail aksesori tindik, baik itu mengenai ukuran gauge, jenis material yang digunakan, dan bentuknya. Berdasarkan pemahaman tersebut, Anda dapat mencari aksesori yang sesuai dan disukai. Berikut adalah sepuluh rekomendasi aksesori tindik yang mungkin cocok dengan kebutuhan dan gaya Anda!

10. Bright Color Ball Crystal Body Piercing

10. Bright Color Ball Crystal Body Piercing

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Crystal jewel di pusar untuk tampil lebih sexy

Aksesori tindik dengan bentuk banana barbell yang cocok dipasangkan di pusar ini memiliki ukuran yang mungil. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu merasakan ganjalan saat bergesekan dengan pakaian yang ketat sekalipun, dan bisa juga memasangnya dengan nyaman di telinga.

Terbuat dari bahan surgical stainless steel menjadikan Bright Color Ball Crystal aman dikenakan bahkan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, bling bling dari crystal jewel pada bagian ujungnya juga akan membuat Anda tampil lebih sexy!

Gauge 14G
Bentuk Barbell
Material Stainlees steel

9. Horseshoe Circular Ring

9. Horseshoe Circular Ring 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.000

Gampang dipasang dan dicopot, pas untuk newbie

Dikenal dengan sebutan horseshoe piercing atau anting tapal kuda, aksesori tindik ini tersedia dalam bermacam varian warna, seperti gold, silver, black, dan pink. Material surgical stainless steel-nya mampu mengurangi risiko alergi sehingga Anda dapat segera memakainya langsung setelah ditindik.

Bentuk bola pada kedua sisinya dapat dipasang dan dicopot dengan relatif mudah. Hal ini dikarenakan pengunciannya tidak menggunakan sistem putar sehingga nyaman bagi newbie yang belum terbiasa dengan gauge berulir. Namun, sayangnya apa yang mudah terpasang, mudah pula terlepas.

Gauge 18G
Bentuk Ring
Material Stainless steel

8. Unisex Ear Studs Nail Whole Screw Earrings

8.Unisex Ear Studs Nail Whole Screw Earrings

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 27.000

Tampil unik dengan paku yang tertancap!

Aksesori unik yang satu ini akan membuat Anda terlihat seolah-olah menjejalkan paku sekrup ke dalam lubang tindikan! Sangat cocok untuk yang menginginkan bentuk aksesori tindik yang tidak biasa. Pemakaian paling pas adalah pada tindikan di bagian telinga, termasuk pada bagian tulang rawan.

Aksesori ini menggunakan sistem ulir di bagian penguncinya sehingga lebih stabil dan tidak mudah copot. Walaupun demikian, ukurannya bisa dikatakan cukup panjang terutama di sisi belakang telinga. Oleh sebab itu, disarankan agar Anda melepaskannya saat akan berbaring.

Gauge 16G
Bentuk Barbell
Material Stainless steel

7. CZ Gem Skull

7. CZ Gem Skull

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 24.300

Permukaan serba bulat agar terhindar dari risiko tertusuk

Aksesori tindik dengan bentuk simpel yang eye-catching ini memiliki desain atraktif agar Anda bisa tetap tampil fashionable di suasana santai. Buang jauh-jauh image menyeramkan dari tengkorak, karena yang satu ini imut-imut!

Dengan bagian ujung berbentuk ulir sebagai penguncinya, produk ini dijamin tidak akan gampang copot! Bentuknya yang serba bulat akan membuat Anda lebih leluasa beraktivitas tanpa merasa terganggu dengan risiko tertusuk aksesori tindik itu sendiri.

Gauge 14G
Bentuk Barbell
Material Stainless steel

6. Crystal Jewelry Silicone Earrings

6. Crystal Jewelry Silicone Earrings

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 195.000

Tidak gatal meskipun dipakai harian

Aksesori tindik dengan material silikon tidak banyak dijual di pasaran dan pilihan jenisnya pun terbatas, tetapi tidak dengan produk yang kami rekomendasikan kali ini! Dengan warna dasar ungu, aksesori tindik ini dilengkapi crystal jewelry imitasi yang tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik untuk disesuaikan dengan selera Anda.

Selain itu, material silikon yang lembut ini cocok bagi pemilik kulit sangat sensitif. Produk ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki alergi kulit, tetapi tetap ingin memakai aksesori tindik setiap hari. Silikon juga sangat minim perawatan. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membersihkannya sering-sering.

Gauge Tidak disebutkan
Bentuk Barbell
Material Silikon

5. Back Black Spike

5. Back Black Spike

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 24.000

Tampil gahar seperti memakai spike strecher expander!

Aksesori ini terlihat maskulin dengan bentuk menyerupai strecher expander yang memiliki gauge berdiameter besar. Namun, jangan terkecoh karena sebenarnya ukurannya cukup standar. Jadi, aman bagi pria dan wanita yang ingin tampil ala rock star bertindikkan expander tanpa harus membuat lubang tindik yang lebih besar.

Dengan material dasar surgical stainless steel, produk ini aman bagi pemilik kulit sensitif sekalipun. Jika kebanyakan aksesori tindik dijual sepasang, produk ini dijual hanya satu buah saja. Jadi, kalau mau sepasang, pesannya dua pieces, ya!

Gauge Tidak disebutkan
Bentuk Barbell
Material Surgical stainless steel

4. Crystal Gem Labret Piercing Stud

4. Crystal Gem Labret Piercing Stud

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 27.000

Aksesori tindik bibir yang atraktif untuk memikat lawan jenis

Produk yang satu memiliki ukuran yang pas untuk dikenakan pada bagian tragus telinga maupun pada bibir. Permatanya berwarna kalem, tetapi tetap eye-catchy sehingga memungkinkan untuk dipakai siapa saja, baik pria maupun wanita.

Pada pemakaian di bibir, bagian ujung yang pipih diletakkan di dalam rongga mulut untuk menahan aksesori tindik agar tidak bergeser. Style-nya yang unik akan membuat penampilan Anda lebih atraktif dalam memikat lawan jenis!

Gauge 16G
Bentuk Labret
Material Stainless steel

3. Multi Color Assortment Acrylic Body Piercing

3. Multi Color Assortment  Acrylic Body Piercing

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.600

Ekspresikan mood Anda dengan aksesori ringan dan berwarna-warni

Aksesori akrilik yang satu ini tersedia dalam berbagai warna pilihan yang bisa Anda kenakan sesuka hati tergantung mood. Bobotnya yang ringan menjadikan produk ini ideal untuk dikaitkan di bagian kulit yang tidak terlalu tebal, atau ketika Anda ingin memasang beberapa tindik sekaligus pada satu bagian tubuh.

Harganya sendiri cukup terjangkau sehingga Anda bisa membeli dalam jumlah banyak dan bebas berkreasi dengan kombinasi warna sesuai selera. Namun, perlu diperhatikan bahwa sifat plastik yang tidak tahan dengan alkohol membuatnya tidak bisa dicuci memakai disinfektan.

Gauge 16G
Bentuk Barbell
Material Akrilik dan silikon

2. S Spiral Barbell Earrings

2. S Spiral Barbell Earrings

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 19.000

Satu aksesori untuk dua lubang tindikan!

Aksesori tindik berbentuk barbel spiral yang satu ini bisa dikatakan merupakan almighty body piercing! Bentuknya yang unik menjadikan aksesori tindik ini ideal untuk dikenakan tidak hanya di bibir, tetapi juga di alis atau bagian cartilage telinga.

Apabila Anda memiliki lubang tindikan berdiameter sama yang saling berdekatan pada satu area tubuh, aksesori spiral bisa dipasang pada dua lubang sekaligus. Selain praktis, Anda juga bisa menghemat pembelian aksesori tambahan, kan?

Gauge 16G
Bentuk Barbell
Material Stainless steel

1. Simple Unisex Titanium

1. Simple Unisex Titanium

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 33.000

Cukup satu tangan untuk memasang atau mencopotnya

Simpel adalah yang terbaik! Aksesori tindik ini tidak menggunakan sistem ulir sebagai penguncinya sehingga Anda bisa mengaitkannya ke dalam lubang tindikan dengan cepat. Sebagian orang bahkan hanya membutuhkan satu tangan saja!

Dengan bentuk ring berengsel, Anda tidak perlu khawatir risiko adanya komponen yang hilang, seperti misalnya bola pengunci. Bahan dasarnya juga akan menghindarkan dari alergi sehingga Anda dapat bergaya tanpa khawatir kulit gatal.

Gauge 16G
Bentuk Ring
Material Titanium G23

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai rekomendasi aksesori tindik kali ini? Dari produk yang kami perkenalkan di atas, apakah ada yang menarik perhatian Anda?

Selain memilih aksesori sebagai bagian dari mode, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan kenyamanan pemakaian harian maupun risiko alergi pada kulit. Pilihlah produk dengan material yang sesuai dengan kebutuhan dan perhatikan juga situasi pemakaiannya.