10 Rekomendasi Suplemen Creatine Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Suplemen Creatine Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Di antara sekian banyak jenis suplemen, mungkin Anda pernah mendengar nama creatine. Workout rutin dan konsumsi creatine secara kontinu bisa membuat Anda merasakan meningkatnya performa tubuh. Creatine sendiri memiliki banyak tipe dan aturan mengonsumsi sehingga calon pembeli bisa jadi bingung harus memilih yang mana.

Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan lebih lanjut mengenai efek dan tipe creatine sekaligus merekomendasikan sepuluh produk berkualitas yang dijual di tanah air. Maksimalkanlah workout Anda untuk hasil yang lebih memuaskan!

Daftar isi

Manfaat apa yang bisa diperoleh dengan konsumsi creatine?

Creatine merupakan salah satu suplemen baru yang hadir 20 tahun belakangan ini. Efektivitas dan keamanan pemakaiannya telah terbukti ampuh dan banyak digunakan oleh para atlet, misalnya dari cabang olahraga angkat besi. Ayo cek bersama fungsi dan manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari “magic powder” ini!

Meningkatkan kekuatan otot untuk workout lebih intens

Meningkatkan kekuatan otot untuk workout lebih intens

Creatine adalah tipe asam amino yang diproduksi oleh tubuh. Asam amino tersebut bergabung dengan fosfat sehingga menghasilkan energi guna meningkatkan performa latihan. Bagi sports mania, creatine alami yang dihasilkan tubuh atau dari asupan makanan saja tidaklah cukup. Oleh sebab itu, dibutuhkan suplemen creatine sebagai sumber tambahan.

Suplemen creatine memberikan energi ekstra sehingga Anda dapat meningkatkan jumlah repetisi dan durasi pada workout anaerobik. Dengan mengonsumsi creatine, kualitas workout akan meningkat dan hasil lebih optimal dapat tercapai.

Namun, perlu diingat bahwa creatine hanyalah suplemen untuk meningkatkan performa latihan, bukan untuk meningkatkan massa otot ataupun untuk membakar lemak. Dengan mengonsumsi suplemen creatine, Anda dapat melakukan HIIT (high intensity interval training) lebih lama dan sering.

Pemakaian berkelanjutan untuk hasil lebih efektif

Pemakaian berkelanjutan untuk hasil lebih efektif

Creatine paling tepat digunakan untuk melakukan workout anaerobik berintensitas tinggi yang akan menguras tenaga dalam rentang waktu pendek. Dengan kata lain, konsumsi suplemen creatine direkomendasikan bagi Anda yang sedang melakukan latihan beban menggunakan alat gym, sprint, ataupun jenis HIIT lainnya.

Namun, ini bukan berarti bahwa bentuk latihan lain seperti push-up, sit-up, joging, dan maraton dilarang menggunakan creatine. Hanya saja, endurance exercise semacam itu lebih banyak menggunakan siklus TCA (tricarboxylic acid) dan glukosa untuk siklus metabolismenya. Akibatnya, konsumsi creatine tidak terlalu nyata hasilnya, malah mungkin terkesan sia-sia.

Selain itu, suplemen creatine akan memberikan hasil lebih efektif apabila dikonsumsi secara kontinu. Cara pakai creatine pada umumnya memerlukan fase loading untuk mengakumulasi kuantitasnya di dalam otot diikuti dengan latihan rutin dan berkelanjutan. Jika Anda hanya mengonsumsinya sesekali, atau tidak menjalani latihan rutin, hasilnya tidak akan bisa dirasakan. Suplemen ini penting bagi mereka yang aktif melakukan workout berkelanjutan.

Tips memilih suplemen creatine secara tepat

Suplemen creatine yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai jenis. Jika seluruh produk menawarkan manfaat serupa yang dapat diperoleh dari creatine, faktor lain apa saja yang harus dicermati dalam menentukan pilihan terbaik bagi Anda? Simak penjelasan berikut ini!

Pilih berdasarkan tipenya

Dari sekian banyak suplemen creatine yang dijual di toko fisik maupun online, tipe creatine monohydrate adalah yang paling populer. Selain itu, terdapat juga tipe lain yang mencampurkan bahan dasar creatine dengan bahan lainnya untuk memberikan berbagai manfaat. Yuk, telusuri tipe creatine ini satu per satu!

Tipe monohydrate untuk Anda yang berorientasi pada hasil

Tipe monohydrate untuk Anda yang berorientasi pada hasil

Berbicara mengenai tipe creatine, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa monohydrate adalah yang paling populer. Senyawa di dalam monohydrate paling mudah mengikat air untuk diserap otot. Pada beberapa uji klinik, hampir semuanya meneliti monohydrate.

Penggunaan creatine terbagi menjadi dua fase. Pertama adalah fase loading dengan dosis pemakaian di antaranya 3 gram per hari selama sebulan, atau konsumsi 5 gram sebanyak empat kali sehari (total dosis 20 gram per hari) yang diteruskan selama satu minggu. Setelah itu, ketika memasuki fase kedua, yaitu fase maintaining, dianjurkan untuk mengonsumsi creatine dengan dosis 5 gram per hari, terutama selesai workout.

Dengan mengikuti aturan pakai dua fase penggunaan creatine, Anda akan mendapatkan efek optimal. Sebagian orang mungkin menganggap cara konsumsi seperti ini sedikit merepotkan. Akan tetapi, karena ada jaminan efek yang bisa diperoleh, banyak orang memilih untuk mengonsumsi creatine tipe ini. Jika Anda tidak keberatan dengan ketentuan cara minumnya, tipe monohydrate adalah pilihan terbaik.

Creatine hydrochloride untuk yang tak mau repot dengan fase loading

Creatine hydrochloride untuk yang tak mau repot dengan fase loading

Creatine hydrochloride, atau yang sering disingkat dengan HCL, mungkin merupakan tipe terpopuler kedua di dunia creatine. Kenapa tipe ini bisa bisa populer? Apa saja kelebihannya?

Tipe HCL menggunakan creatine yang terikat dengan ethyl ester hydrocloride. Karakteristik HCL adalah mudah diserap tubuh karena dapat kembali ke bentuk creatine semula ketika bereaksi dengan asam lambung. Dengan begitu, kuantitas asupan creatine relatif lebih sedikit daripada tipe monohydrate. Creatine tipe ini juga mudah larut dalam air sehingga Anda bisa mengonsumsinya dengan lebih nyaman layaknya meminum air putih biasa tanpa terlalu terasa tekstur bubuknya.

Dengan kemampuan larut dan daya serap yang baik, otot tidak membutuhkan waktu terlalu lama beradaptasi menyedot creatine sehingga fase loading tidak diperlukan. Bisa dikatakan HCL mengeliminasi kerepotan pengguna creatine. Pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan asupan creatine dengan mudah dan cepat.

Creatine tipe buffered dalam kapsul untuk mencegah radang asam lambung

Creatine tipe buffered dalam kapsul untuk mencegah radang asam lambung

Saat mengonsumsi creatine bubuk, ada kalanya muncul distress gastrointestinal atau yang lebih dikenal dengan sebutan radang asam lambung. Untuk mengatasi risiko semacam itu, pilihlah creatine tipe buffered yang biasanya dikemas dalam kapsul.

Bubuk creatine pada umumnya berasa pahit dan tidak mudah untuk diminum. Dengan kemasan dalam bentuk kapsul, masalah tersebut bisa diatasi. Dan lagi, creatine dalam bentuk kapsul juga lebih praktis dibawa dan lebih gampang dikonsumsi.

Namun, ada juga pendapat berbeda mengenai korelasi antara creatine dengan asam lambung. Creatine disebut-sebut bisa terurai pada kondisi asam yang kuat sehingga mudah bereaksi akibat pengaruh asam lambung. Akan tetapi, ada juga yang menyatakan bahwa tingkat keasaman pada asam lambung adalah sangat kuat sehingga malah mengakibatkan creatine tidak terurai. Jadi, bagi Anda yang mempertimbangkan efek dari asam lambung, pilihlah creatine tipe buffered ini.

Nitratemalate, dan beragam varian lainnya

Nitrate, malate, dan beragam varian lainnya

Creatine tipe nitrate adalah hasil sintesis kimia dengan ion nitrat. Hal yang paling membedakannya dengan creatine tipe lain adalah jenis ini mudah larut dalam air. Suplemen creatine biasanya direkomendasikan untuk dikonsumsi bersamaan dengan karbohidrat. Jadi, creatine tipe nitrat akan praktis dikonsumsi dengan melarutkannya dalam minuman karbohidrat atau bisa juga ke dalam jus untuk diminum sebelum atau sesudah workout.

Lain lagi dengan creatine tipe malate. Tipe ini merupakan sintesis dengan malic acid yang menghasilkan creatine yang mampu meningkatkan efisiensi penyerapan. Malate tidak membutuhkan fase loading dan disebut-sebut tetap berkhasiat meskipun dikonsumsi dalam dosis kecil.

Selain itu, masih banyak lagi varian creatine yang telah mendapatkan hak paten. Namun, kandungan bahan yang disebutkan di atas biasanya sulit diperoleh asupannya secara terpisah per elemen. Ada yang terkandung dalam suplemen pre-workout atau misalnya dalam produk blend. Jadi, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui tipe-tipe creatine semacam itu.

Soal kualitas, kuantitas, dan harga, produk dari Barat lebih direkomendasikan

Soal kualitas, kuantitas, dan harga, produk dari Barat lebih direkomendasikan

Creatine dipopulerkan oleh negara Barat. Merek dengan kualitas tinggi banyak berasal dari Amerika, Eropa, dan Australia. Beberapa merek yang melegenda di antaranya adalah Optimum Nutrition, Now Foods, dan Universal Nutrition. Harga lebih murah juga pasti ditawarkan apabila membeli produk dalam jumlah banyak. Jika poin-poin di atas menjadi indikator pembeliannya, maka pilihlah produk barat.

Selain produk-produk dari Barat, creatine juga diproduksi negara-negara yang maju secara teknologi, seperti Jepang. Sebut saja produk seperti DNS dan Bulk Sports yang telah populer secara global. Namun, produk negara barat lebih bervariasi soal varian rasa. Sayangnya, Indonesia belum mempunyai produk creatine. Jadi, untuk sementara waktu Anda bisa memilih produk creatine berkualitas dari negara-negara Barat.

Pilihlah Creapure, creatine terlegitimasi dengan tingkat pemurnian tertinggi

Pilihlah Creapure, creatine terlegitimasi dengan tingkat pemurnian tertinggi

Di antara produk yang dijual di pasaran, creatine dengan tingkat kemurnian tertinggi ada pada merek Creapure. Brand Jerman ini dikenal memiliki kontrol dan inspeksi yang sangat ketat sehingga menghasilkan kualitas terbaik. Berbagai review dari para pengguna juga menunjukkan bahwa produk Creapure sangat memuaskan.

Beberapa rekomendasi suplemen yang akan kami perkenalkan selanjutnya menggunakan Creapure di dalamnya. Jadi, jika Anda mengharapkan creatine handal untuk hasil yang membanggakan, rekomendasinya adalah yang ada Creapure-nya.

10 Rekomendasi suplemen creatine terbaik

Pada penjelasan di atas, kami sudah membahas cukup detail mengenai creatine. Namun, realisasi pembelian sepenuhnya diserahkan kepada Anda. Temukanlah produk paling tepat sesuai kebutuhan Anda dari sepuluh suplemen creatine yang telah kami pilihkan berikut ini!

10. PharmaFreak Creatine Freak Cf 5000

10. PharmaFreak Creatine Freak Cf 5000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 300.000

Penyerapan lebih maksimal tanpa memerlukan fase loading

Produk ini mengombinasikan creatine monohydrate yang paling banyak diteliti dengan AstraGin yang dipercaya dapat membantu penyerapan nutrisi, termasuk amino acid. Ini memberikan manfaat yang lebih maksimal sehingga penggunanya bisa mendapatkan boost tenaga, ketahanan, performa, serta proses recovery yang optimal.

Butiran mikronnya yang sangat kecil juga memungkinkan penyerapan tanpa memerlukan fase loading, cocok untuk Anda yang gym freak dan menginginkan efek cepat! Selain itu, proses mikronisasi pada creatine monohydrate dalam produk ini juga meminimalkan residu yang tersisa pada gelas shaker, lho!

Tipe creatine Monohydrate
Berat/Isi 500 gr

9. My Protein Creatine Monohydrate

9. My Protein Creatine Monohydrate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini Bukalapak

Harga : Rp 398.000

Creatine kualitas tinggi dengan harga bersahabat

My Protein juga meramaikan dunia suplemen creatine dengan menggunakan creatine monohydrate sebagai bahan utama dalam jenis produknya yang satu ini. Suplemen ini tersedia dalam berbagai pilihan rasa, termasuk unflavored sehingga bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.

Sebagian ulasan dari para penggunanya menyebutkan bahwa produk ini tidak menimbulkan efek samping saat dikonsumsi sehari-hari. Kabar gembira bagi pemilik perut yang sensitif terhadap acid! Dengan harga yang cukup bersahabat, Anda bisa mendapatkan creatine berkualitas tertinggi.

Tipe Monohydrate
Berat/Isi  1.000 gr

8. Twinlab Creatine Fuel Powder

8. Twinlab Creatine Fuel Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 230.000

Tidak hanya mengencangkan otot, tetapi juga kulit!

Sebagai merek yang telah memproduksi suplemen selama lebih dari 50 tahun, Twinlab juga mengeluarkan produk creatine dengan kualitas terpercaya untuk menambah power ekstra saat workout. Produk ini berfungsi membantu pembentukan lean muscle mass bagi olahragawan level beginner maupun intermediate, serta untuk yang ingin melakukan workout biasa.

Komposisi lainnya dalam produk ini adalah silica yang sudah banyak dipakai di dunia kesehatan kulit untuk meningkatkan kecantikan dan kekencangan kulit. Bagi Anda yang menginginkan otot kuat sekaligus ingin mendapatkan manfaat kesehatan kulit, Twinlab Creatine Fuel Powder bisa menjadi pilihan.

Tipe Monohydrate
Berat/Isi 300 gr

7. Now Sports Creatine Monohydrate Powder

7. Now Sports Creatine Monohydrate Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 695.330

Harga terjangkau dan digemari banyak pengguna creatine!

Perusahaan asal Amerika Serikat, Now Sports, merupakan salah satu produsen suplemen yang memiliki banyak fans secara global. Hadir dengan kemasan satu kilogram, Creatine Monohydrate Powder ini pas untuk meningkatkan kinerja otot bagi mereka yang menjadikan workout sebagai gaya hidup sehari-hari!

Now Sports juga bebas dari bahan pengawet maupun zat aditif lainnya dan telah mengantongi berbagai sertifikasi kualitas sehingga terjamin keamanannya. Harganya pun cukup terjangkau untuk ukuran satu kilogram yang bisa memenuhi kebutuhan workout rutin Anda!

Tipe Monohydrate
Berat/Isi 1.000 gr

6. Muscle Pharm Creatine

6. Muscle Pharm Creatine

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 385.000

Untuk power, strength, dan endurance yang maksimal di gym!

Muscle Pharm (MP) adalah perusahaan nutrisi kesehatan AS yang dikenal menghadirkan suplemen creatine murni dengan harga yang ramah di kantong, sama seperti produk-produk proteinnya. Tipe creatine monohydrate yang digunakan pada produk ini mampu meningkatkan pertumbuhan otot penggunanya sekaligus memaksimalkan power dan endurance saat workout di gym.

Cara pakai creatine MP ini juga praktis. Cukup dengan mengonsumsinya sekali, kebutuhan otot Anda akan creatine sudah tercukupi selama sehari! Anda dapat mengonsumsi Musclepharm MP Creatine langsung setelah workout dengan mencampurkannya pada air putih atau minuman lain yang Anda sukai.

Tipe Monohydrate
Berat/Isi 1.000 gr

5. Promera Sports Con-Crét® Powder

5. Promera Sports Con-Crét® Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 350.000

Varian rasa buah-buahan segar yang lebih nikmat dengan hasil optimal

Satu kali takaran konsumsi hydrochloride pada Con-Crét disebut-sebut memiliki efek yang sama dengan 5-10 gram monohydrate. Itu berarti Anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan dengan dosis yang jauh lebih sedikit! Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir efek samping yang mungkin ditimbulkan, seperti misalnya masalah di perut.

Jika pada umumnya creatine dikonsumsi pada saat setelah latihan, Con-Crét digunakan pada saat pre-workout. Selain itu, Con-Crét juga hadir dengan berbagai varian rasa, seperti lemon lime  dan pineapple, agar mengonsumsinya bisa lebih terasa nikmat di mulut.

Tipe Hydrochloride
Berat/Isi 50 gr

4. MuscleTech Creactor

4. MuscleTech Creactor

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 380.000

Kalau yang umum berasa kurang serap, coba yang hydrochloride. No fase loading!

MusleTech Creactor menggabungkan HCL dan free-acid creatine di dalamnya dengan jumlah creatine hingga dua kali lipat dibandingkan pesaingnya untuk memberikan hasil lebih maksimal! Dalam pemakaiannya, Anda juga tidak perlu mengikuti fase loading yang merepotkan.

Ketika produk lain menawarkan rasa tawar, Muscle Tech justru melakukan sebaliknya. Produk ini hadir dengan varian rasa yang pasti digemari generasi milenial, seperti fruit punch extreme, lemon lime twist, dan blue raspberry blast. Selain kaya rasa, produk ini juga bebas dari zat filler lainnya sehingga komposisi creatine di dalamnya lebih terjamin.

Tipe Hydrochloride, free-acid creatine
Berat/Isi 720 gr

3. Universal Nutrition Creatine Capsules

3. Universal Nutrition Creatine Capsules

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 235.000

Kualitas creatine terbaik, Creapure, dalam bentuk kapsul yang mudah dikonsumsi

Universal Nutrion menghadirkan cara yang praktis dalam mengonsumsi creatine, yaitu dengan produk buffered berbentuk kapsul. Target pasarnya membidik pengguna yang menginginkan kepraktisan serta kualitas tertinggi creatine secara bersamaan.

Produk ini juga mengandung tambahan phosphate dan bicarbonate untuk meningkatkan formula creatine di dalamnya. Harganya mungkin sedikit lebih mahal daripada creatine kapsul lainnya, tetapi hasilnya tak perlu diragukan!

Tipe Monohydrate
Berat/Isi 50 kapsul

2. Kre Alkalyn EFX

2. Kre Alkalyn EFX 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 275.000

Bentuk kapsul yang praktis dengan pH yang disesuaikan dengan sistem pencernaan

Kre Alkalyn EFX menunjukkan terobosan besar dengan teknologinya yang memungkinkan stabiliasi pH creatine agar mampu mengakomodasi tingkat keasaman dalam sistem pencernaan manusia. Creatine tipe buffered yang dihasilkan akan tetap stabil sehingga tubuh Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal dan efisien.

Produk ini dikemas dalam bentuk kapsul yang tidak hanya membuatnya praktis dikonsumsi, tetapi juga mengurangi efek tidak nyaman di perut, seperti bloating atau radang asam lambung. Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang memiliki perut sensitif atau yang ingin mengonsumsi creatine dengan praktis tanpa perlu fase loading.

Tipe Buffered creatine monohydrate
Berat/Isi 120 kapsul

1. Optimum Nutrition Creatine Powder

1. Optimum Nutrition Creatine Powder

 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 190.000

Persembahan merek legendaris tanpa tambahan rasa maupun zat aditif!

Optimum Nutriton (ON) adalah merek suplemen yang telah eksis sejak tahun 1966. Produk-produknya telah dipakai para atlet dan menjadi legenda dari segi kualitas maupun inovasi. Pada Creatine Powder yang satu ini, ON memanfaatkan teknologi mikronisasi dimana bubuk yang dihasilkan sangat halus dan dapat larut tanpa meninggalkan ampas.

Bahan dasar yang digunakan pun merupakan creatine dengan tingkat kemurnian berkualitas tinggi, yaitu Creapure, tanpa menggunakan filler maupun zat aditif. Dengan kualitas terbaik, harganya bisa dikatakan relatif murah. Isinya juga cukup untuk dipakai harian sebelum atau sesudah workout.

Tipe Monohydrate
Berat/Isi 300 gr

Kesimpulan

Bagaimana rekomendasi suplemen creatine dari kami kali ini? Produk-produk yang kami pilih berfokus pada tipe monohydrate karena paling banyak diteliti dan populer di kalangan pengguna. Selain itu, tipe lain seperti HCL juga diperkenalkan karena pertimbangan cara pakainya yang praktis.

Temukanlah produk creatine original yang cocok demi workout Anda yang lebih “keras”. Namun, tetaplah berhati-hati terhadap barang palsunya, ya!