10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Ukuran tablet Android yang lebih besar daripada smartphone memberikan kenyamanan saat Anda menonton atau membaca e-book. Namun, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan tablet Android berdasarkan CPU, memori, frekuensi clock, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menyulitkan bagi sebagian pengguna.

Agar tidak bingung saat memilih tablet Android, Anda dapat membaca artikel ini. Kami akan menjabarkan poin penting cara memilih tablet Android. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi tablet Android yang bagus dari berbagai produsen, seperti Lenovo, Samsung, Teclast, HUAWEI, dan Chuwi. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih tablet Android

Anda bisa mempersempit pemilihan tablet Android berdasarkan ukuran yang nyaman dipakai serta spesifikasi yang mempermudah penggunaan. Pilihlah tablet Android yang Anda inginkan berdasarkan ulasan berikut ini.

Pilih ukuran yang sesuai dengan penggunaan

Pemilihan tablet Android berdasarkan ukuran yang mudah digunakan merupakan poin penting yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda memilih tablet Android dengan mengacu ukuran saja, seharusnya Anda dapat memilah berbagai produk dengan mudah. Tablet Android bisa Anda pilih berdasarkan ukuran 7-8 inci dan tablet berukuran 10 inci. Kedua ukuran ini merupakan ukuran yang populer dari begitu banyak tablet Android.

Untuk kemudahan saat dibawa, pilih ukuran 8 inci yang mudah dibawa dengan satu tangan

Untuk kemudahan saat dibawa, pilih ukuran 8 inci yang mudah dibawa dengan satu tangan

Kami menyarankan Anda untuk memilih tablet berukuran 8 inci jika Anda merasa nyaman memegang tablet dengan satu tangan. Ukuran ini memberikan Anda sensasi memegang smartphone dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Anda akan lebih mudah memahami hal ini apabila Anda mampu membayangkan ukuran kartu pos.

Tablet berukuran 8 inci cukup populer karena nyaman dipakai untuk membaca novel dan komik digital dengan satu tangan. Hal ini tentu berguna bagi Anda yang ingin mengisi waktu luang secara efektif. Selain itu, ukuran tablet yang sedikit lebih besar dibandingkan ukuran smartphone memberikan Anda kemudahan lain. Contohnya, Anda jadi dapat memakai beberapa aplikasi Android dengan lebih mudah dibanding dengan ketika memakai smartphone.

Jika tablet sering digunakan di rumah atau untuk menonton film, pilih ukuran 10 inci

Jika tablet sering digunakan di rumah atau untuk menonton film, pilih ukuran 10 inci

Tablet berukuran 10 inci atau lebih kami rekomendasikan kepada Anda yang sering memakai tablet di rumah. Pada dasarnya, Anda dapat memilih tablet berukuran ini jika jarang dibawa-bawa. Sesungguhnya, tablet 10 inci dirancang dengan asumsi penggunaan yang bukan dengan satu tangan, namun dengan dua tangan. Akibatnya, Anda akan mendapatkan tablet dengan layar besar yang mudah dilihat.

Ukuran tablet 10 inci yang besar membuat Anda mudah menggunakan keyboard pada layar. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya untuk mengetik sehingga dapat menggantikan penggunaan PC (Personal Computer). Kami juga menyarankan tablet 10 inci bagi Anda yang senang menonton film alih-alih menggunakan layar yang kecil.

Pilih resolusi full HD atau lebih jika Anda menggunakan tablet berukuran 10 inci

Pilih resolusi full HD atau lebih jika Anda menggunakan tablet berukuran 10 inci

Jika tablet 10 inci digunakan untuk menonton video, melihat foto, atau browsing, pilihlah tablet dengan resolusi full HD. Di samping itu, resolusi yang lebih tinggi tentu akan lebih baik. Tablet Android dengan tampilan liquid crystal beresolusi WUXGA / 1902 x 1200 juga kami rekomendasikan untuk dipilih.

Tampilan dengan resolusi di bawah full HD bisa terlihat kasar. Walaupun demikian, hal ini tidak begitu mengganggu jika Anda menggunakan tablet 7 inci atau 8 inci. Akan tetapi, penampakan gambar yang kasar akan terlihat mencolok jika tampil pada layar 10 inci. Karena itu, jika Anda memilih tablet Android berukuran 10 inci atau lebih, Anda perlu memeriksa juga resolusinya. Dengan demikian, Anda pun bisa menikmati tampilan gambar yang indah.

Jika perlu menyimpan foto dan video, pilih produk dengan media penyimpanan yang besar

Jika perlu menyimpan foto dan video, pilih produk dengan media penyimpanan yang besar

Apabila Anda jarang menggunakan berbagai aplikasi, ukuran 16 GB sudah mencukupi. Namun, kami merekomendasikan tablet dengan media penyimpanan setidaknya 32 GB jika Anda menggunakan tablet untuk berbagai hal. Terutama bagi Anda yang perlu menyimpan musik, film, gambar, games, dan lain sebagainya. Jika kapasitas ini tidak mencukupi, Anda dapat memilih produk yang mampu menambah kapasitas penyimpanan dengan menggunakan micro SD.

Media penyimpanan berkaitan dengan kuantitas data yang dapat disimpan di tablet Android Anda. Media penyimpanan ini dikuantifikasi dalam satuan GB (gigabita) yang bisa Anda pertimbangkan serta bandingkan sesuai keperluan.

Pilih CPU berdasarkan kekuatan pemrosesan data

Kinerja CPU pada tablet berdampak pada kelancaran tablet saat beroperasi. Anda bisa membandingkan spesifikasi produk berdasarkan tabel spesifikasi yang biasanya tertera pada setiap produk.

Pilih jumlah core CPU sesuai dengan penggunaan

Pilih jumlah core CPU sesuai dengan penggunaan

CPU berperan besar terhadap kinerja pemrosesan data pada tablet. Perbandingan CPU bisa terlalu khusus untuk menentukan kinerja yang bagus. Akan tetapi, Anda bisa mempertimbangkan pemilihan CPU secara sederhana melalui jumlah core (inti) yang terpasang pada sebuah tablet. Sesungguhnya, CPU dapat dianalogikan sebagai otak dari tablet. Pada prinsipnya, jumlah core yang semakin banyak akan berakibat pada kinerja tablet yang lebih baik. Artinya, core tinggi memiliki kemampuan untuk memproses data di dalam otak sebanyak mungkin.

Jika Anda menggunakan tablet untuk browsing dan menonton, tablet berspesifikasi quad core dengan empat inti bisa dipilih. Dalam konteks ini, tablet quad core lebih ekonomis saat dipakai untuk kedua aktivitas tersebut. Selanjutnya, pilihlah tablet dengan hexacore (6 inti) atau octacore (8 inti) untuk penggunaan yang berat. Hal ini termasuk penggunaan game atau aplikasi lain yang berat.

Agar penggunaan nyaman dan lancar, pilih dengan frekuensi clock 2,0 GHz atau lebih

Agar penggunaan nyaman dan lancar, pilih dengan frekuensi clock 2,0 GHz atau lebih

Frekuensi clock adalah jumlah data yang dapat diproses oleh CPU per detik. Spesifikasi ini diperlukan guna memilih tablet yang bisa bergerak dengan lancar dan cepat. Jadi, pilihlah tablet dengan CPU yang memiliki frekuensi clock setinggi mungkin.

Jika Anda mengoperasikan aplikasi berat seperti game 3D, pilihlah tablet Android dengan CPU berfrekuensi clock minimal 2.0 GHz. Tablet Android dengan frekuensi clock di atas itu tentu akan lebih baik. Jika demikian, Anda bisa bermain game berat dengan lancar. Di pihak lain, Anda bisa memilih tablet dengan frekuensi clock 1,5 GHz untuk browsing atau penggunaan aplikasi ringan. Selain itu, tablet dengan frekuensi clock 1,5 GHz berharga ekonomis dan baterainya lebih hemat.

Pilih tablet Android dengan kapasitas memori yang besar

Pilih tablet Android dengan kapasitas memori yang besar

Jika Anda ingin lebih meningkatkan pemrosesan data pada tablet, pilihlah produk yang memiliki kapasitas memori sebanyak mungkin. Semakin besar kapasitas memori maka akan berdampak pada meningkatnya pemrosesan data pada tablet. Pakailah tablet dengan memori 2 GB atau lebih untuk pemakaian browsing dan aplikasi ringan yang sederhana. Sementara itu, tablet dengan memori 4 GB bisa dipilih untuk penggunaan aplikasi berat dan multitasking. Sebaiknya, Anda memakai acuan ini sebagai panduan saat memilih tablet Android.

Pilih fitur kartu SIM sesuai dengan pemakaian

Pilih fitur kartu SIM sesuai dengan pemakaian

Tablet Android dijual dalam dua jenis seperti tablet lainnya yaitu tablet dengan Wi-Fi dan tablet dengan kartu SIM. Pemakaian tablet dengan koneksi Wi-Fi bukanlah masalah saat dipakai di area Wi-Fi seperti di rumah atau di kantor. Akan tetapi, Anda perlu memeriksa fungsi kartu SIM jika Anda memakai tablet Android saat bepergian. Hal ini harus diperhatikan terutama saat Anda ingin terhubung dengan internet ketika menggunakan tablet Android.

Anda tidak dapat terhubung ke internet dari tablet di area yang tidak terjangkau akses Wi-Fi. Hal ini berlaku jika Anda memakai tablet yang tidak dilengkapi fungsi kartu SIM. Walaupun demikian, Anda masih bisa terhubung ke internet dengan menggunakan fungsi tethering melalui smartphone. Selain itu, Anda juga hanya bisa terhubung ke internet di area yang menyediakan fasilitas free Wi-Fi saja. Jadi, berhati-hatilah saat memilih tablet Android.

10 Rekomendasi tablet Android terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi tablet berdasarkan poin yang sudah kami ulas pada bagian cara memilih. Silakan pilih tablet Android yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Advan i10

10. Advan i10

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.350.000

Tablet 10 inci berharga ekonomis!

CPU dari tablet ini menggunakan MTK quad core dengan grafis Mali-400-MP2. Hal tersebut akan mempermudah akselerasi pada tampilan 2 dimensi dan 3 dimensi. Advan i10 dibekali baterai sebesar 6.000 mAh dengan kemampuan yang dapat mengatur power saving guna memperpanjang penggunaan. Akibatnya, tablet ini mampu dipakai menelepon pada jaringan 3G selama 10 jam.

Advan i10 memiliki memori 2 GB serta media penyimpanan 16 GB. Harganya pun cukup bersahabat untuk tablet berukuran 10 inci. Apabila Anda menginginkan tablet yang ekonomis, milikilah tablet ini. Pada pihak lain, dual SIM card yang mendukung 4G LTE dan GSM berguna saat Anda memakainya secara on the go. Sementara itu, OS-nya memakai Android versi 7.0.

9. Axioo Windroid 10 G+

9. Axioo Windroid 10 G+

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.200.000

Dilengkapi keyboard dock dalam paket pembelian!

Axioo Windroid 10 G+ dilengkapi dengan dual operating system. Jadi, berbagai aplikasi di Playstore bisa dinikmati melalui OS Android Lollipop 5.1. Selain itu, aplikasi berbasis Windows bisa Anda pakai melalui Microsoft Store. Dengan demikian, Anda bisa mengeksplorasi lebih banyak aplikasi dalam satu perangkat. Pilihlah produk ini jika Anda ingin memakai aplikasi yang variatif dalam sebuah tablet.

Produk ini memiliki memori 2 GB dengan media penyimpanan 32 GB. Storage-nya bisa Anda ekspansi menggunakan kartu micro SD hingga 128 GB, cukup luas bagi Anda yang membutuhkan media penyimpanan yang besar. Tambahan lagi, aksesori keyboard dock disertakan juga dalam paket penjualan. Jika Anda tidak ingin repot membeli keyboard secara terpisah, beli saja tablet ini!

8. Teclast X80 Pro

8. Teclast X80 Pro

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.999.000

Tampilan full HD yang mendukung pemutaran video 4K

Tablet berukuran 8 inci ini dibekali dual OS Windows 10 dan Android. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih produk ini jika tidak ingin membeli tablet dengan OS yang berbeda-beda. Teclast X80 Pro memberikan resolusi full HD IPS screen dengan resolusi 1920 x 1200 sehingga menghasilkan tampilan jernih. Memori 2 GB melengkapi media penyimpanan 32 GB pada produk ini.

CPU Intel Cherry Trail X5 yang dipasang lebih efisien dan menghasilkan panas lebih sedikit dibandingkan versi CPU sebelumnya. Di samping itu, tablet ini sudah mendukung pemutaran video beresolusi 4K dengan mulus. Pilihlah produk ini agar Anda nyaman saat menonton video 4K. Sementara itu, Anda bisa tetap terkoneksi melalui sambungan Wi-Fi dan Bluetooth 4.0.

7. HUAWEI MediaPad T3 7 3G

7. HUAWEI MediaPad T3 7 3G

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.425.000

Bersahabat bagi si kecil dengan fitur kontrol oleh orang tua

Huawei MediaPad T3 7 3G merupakan tablet Android yang menjawab keresahan orang tua atas konten digital yang negatif. Produk ini dilengkapi dengan mode khusus yang didesain bersahabat bagi buah hati Anda. Tampilan user experience yang menyenangkan akan cocok untuk mengenalkan dunia digital ke anak-anak. Anda juga memegang kontrol penuh terhadap fungsi dan akses media.

Buah hati Anda dapat dibatasi penggunaan tablet berkat fitur time limit. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir anak Anda kecanduan dengan gadget. Tablet 7 inci ini dibekali dengan baterai lithium polymer sehingga Anda bisa menikmati berbagai fitur selama 8 jam. Di samping itu, ketahanan baterainya cukup panjang yang mampu standby selama 500 jam.

6. Chuwi HiBook Pro

6. Chuwi HiBook Pro

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.553.000

Nyaman di mata dengan resolusi 2560 x 1600!

Tablet Android 10,1 inci ini memiliki resolusi 2560 x 1600 dengan image ratio 16 : 10. Resolusi ini mirip dengan tampilan pada film layar lebar. Anda bahkan bisa menikmati detail tampilan terbaik yang tampak sebagai HD+. Oleh karena itu, Anda bisa memiliki tablet Android ini guna menikmati gambar atau film berkualitas tinggi. Tablet ini sudah kompatibel dengan USB tipe C.

Media penyimpanan tablet ini cukup luas sebesar 64 GB. Anda bisa menambah kapasitasnya dengan media eksternal hingga 128 GB. Chuwi HiBook Pro menggunakan CPU Quad Core dengan kapasitas baterai 8.000 mAh. Akibatnya, Anda dapat menikmati game hingga 5 jam. Berikutnya, aplikasi berat atau pekerjaan multitasking pun bisa beroperasi lancar berkat memori sebesar 4 GB.

5. Lenovo Tab 3 10

5. Lenovo Tab 3 10

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.770.000

Bisa beroperasi hingga 12 jam!

Gunakanlah tablet 10 inci ini apabila Anda ingin bekerja atau menikmati hiburan dalam waktu yang lama. Lenovo Tab 3 10 memiliki baterai sebesar 7.000 mAh yang dapat beroperasi hingga 12 jam. Anda juga bisa menikmati hiburan dengan nyaman melalui tampilan full HD dengan resolusi 1920 x 1200. Tambahan lagi, teknologi Dolby Atmos menghasilkan suara menyerupai teater.

Untuk sektor CPU-nya, produk ini menggunakan prosesor MediaTek 8161 quad core. Sementara itu, kapasitas storage sebesar 16 GB eMMC dan memori 2 GB akan mendukung kinerja aplikasi yang Anda perlukan. Fitur NFC membuat Anda bisa dengan mudah terhubung dengan speaker atau aksesori lain dengan cepat. Jadi, produk ini bisa dipilih oleh Anda yang memiliki aksesori dengan fitur NFC.

4. Samsung Galaxy Tab A with S Pen (8.0, LTE)

4. Samsung Galaxy Tab A with S Pen (8.0, LTE)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.699.000

Rasio layar 4:3 yang nyaman untuk membaca dan browsing

Jika Anda ingin melakukan aktivitas browsing dan membaca berbagai produk digital dengan nyaman, milikilah tablet Android ini. Hal tersebut dapat terjadi berkat aspek rasio 4:3 yang sangat ideal untuk membaca buku, majalah, dan surat kabar. Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai konten majalah dan koran digital gratis selama setahun dengan aplikasi S-Lime.

Tablet 8 inci ini merupakan pilihan nyaman untuk dibawa-bawa berkat ketebalan 7,5 mm serta berat 338 gram. Aksesori S-Pen melengkapi produk ini sehingga Anda bisa melakukan drag and drop file dan foto dengan mudah. Di pihak lain, fitur kaligrafi membuat tulisan S-Pen pada tablet terlihat unik dan menarik. Gunakanlah produk ini bila Anda senang dengan bentuk tulisan yang artistik.

3. HUAWEI MediaPad M5 10.8”

3. HUAWEI MediaPad M5 10.8”

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.940.000

Teknologi audio high resolution berkualitas yang memanjakan penikmat hiburan

Android Oreo 8.0 sudah bisa Anda nikmati dengan menggunakan produk ini. Huawei MediaPad M5 10.8” sudah kompatibel dengan sumber suara high resolution. Oleh karena itu, Anda bisa memilih tablet ini guna menonton konser atau video musik dengan kualitas suara terbaik. Kehadiran quad speaker Harman Kardon akan menghasilkan suara dengan ciri bass serta tanpa gangguan.

Digital amplifier akan memperkuat suara yang Anda dengarkan saat menikmati musik favorit ataupun saat menonton film blockbuster. Di sisi lain, teknologi quick charging membuat Anda bisa melakukan pengisian daya selama 2,9 jam saja. Dengan demikian, Anda bisa menikmati game dan hiburan hingga berjam-jam melalui baterai berkapasitas 7.500 mAh.

2. Lenovo Yoga Book

2. Lenovo Yoga Book

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.250.000

Tablet 2-in-1 berteknologi komplet bagi para pekerja kreatif

Produk ini merupakan tablet Android dengan versi yang telah dikustomisasi guna memenuhi kebutuhan pekerja kreatif. Aksesori Real Pen yang menemani Lenovo Yoga Book berfungsi mengubah tulisan ke dalam bentuk digital. Anda pun bisa menyunting, mengatur, dan menggabungkan catatan dengan segera. Selain itu, Real pen bisa Anda pakai menggambar secara profesional.

Intel Atom quad core dengan clock speed 2,4 GHz menjadi otak pada tablet ini. Tambahan lagi, memori 4 GB dengan media penyimpanan 64 GB mendukung Anda untuk bekerja dan menyimpan data. Keberadaan slot SIM tunggal mempermudah Anda yang perlu berkreasi di luar ruangan yang tidak memiliki akses Wi-Fi. Sementara itu, keyboard Halo akan tampil otomatis saat memakai mode type.

1. Samsung Galaxy Tab S4

1. Samsung Galaxy Tab S4

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.725.000

Tablet premium! Naik kelas baik saat bekerja maupun hiburan!

Samsung Galaxy Tab S4 adalah pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan tablet berspesifikasi tinggi. Clock speed tinggi 2,35 GHz + 1,9 GHz dihasilkan berkat kehadiran Qualcomm MSM8998 octa core. Pada pihak lain, memori 4 GB  memperkuat kinerja tablet saat memproses data ataupun saat multitasking. Kapasitas penyimpanannya juga tergolong besar mulai dari 64 GB .

Anda masih bisa menambah kapasitas storage menggunakan micro SD hingga 400 GB. Selanjutnya, Samsung Galaxy Tab S4 juga kompatibel dengan port USB tipe C. Hal menarik lain adalah kemampuan tablet ini yang sudah mendukung Samsung DeX. Anda pun bisa menikmati pekerjaan dan hiburan dengan terhubung ke layar monitor besar. Jadi, tidak diperlukan lagi emulator pihak ketiga.

Kesimpulan

Kami telah memberikan ulasan cara memilih tablet Andorid. Bagaimana artikel ini menurut Anda? Keberadaan tablet memang relatif berkurang seiring dengan ukuran smartphone yang bertambah besar.

Selain itu, laptop juga sudah bertransformasi dengan bentuk yang sefleksibel tablet. Namun, Anda masih bisa menggunakan tablet untuk memberikan kenyamanan beraktivitas pada layar yang lebih besar dibandingkan smartphone. Tablet juga bisa memberikan mobilitas yang lebih baik ketimbang laptop hybrid. Karena itu, silakan pilih tablet sesuai dengan kebutuhan Anda.