mybest
Tablet

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Handphone & tablet
  3. Tablet
  4. 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik [Ditinjau oleh Tech enthusiast]
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik  [Ditinjau oleh Tech enthusiast] 1
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik  [Ditinjau oleh Tech enthusiast] 2
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik  [Ditinjau oleh Tech enthusiast] 3
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik  [Ditinjau oleh Tech enthusiast] 4
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik  [Ditinjau oleh Tech enthusiast] 5

10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik [Ditinjau oleh Tech enthusiast]

Tablet Android adalah tablet yang menggunakan OS Android. Ada banyak merek tablet Android yang bagus, seperti Samsung Galaxy Tab, OPPO Pad, dan Xiaomi Pad. Kegunaan tablet Android beragam, mulai untuk kasir, gaming, hingga untuk menggambar atau desain grafis dengan pen.


Namun, banyaknya pilihan tablet Android mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Untuk itu, kami akan mengulas rekomendasi produk tablet Android terbaik pilihan kami. Kami juga bekerja sama dengan tech ethusiast, Deddy Huang, untuk menyusun tips memilih tablet Android. Yuk, simak dan temukan tablet Android yang paling cocok untuk kebutuhan Anda!

Diperbaharui 20/09/2023
Deddy Huang
Pakar
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Deddy Huang adalah seorang spesialis digital marketing yang berpengalaman menangani content marketing lebih dari 10 tahun. Selain itu, ia juga seorang commercial food photographer untuk kebutuhan foto menu dan produk serta seorang travel blogger. Deddy juga menyukai hal-hal yang berkaitan dengan gadget sehingga membuatnya menjadi seorang tech enthusiast. Sebagai tech enthusiast, ia berbagi ulasan seputar gadget melalui blog dan Instagram-nya.

Profil Deddy Huang
Lanjut membaca
Hanindita Rakhmawity
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Hanindita Rakhmawity

Hanindita Rakhmawity, biasa dipanggil Didit, adalah editor yang pernah aktif menerjemahkan berbagai jurnal dan artikel dari berbagai tema semasa kuliah. Minatnya akan produk perawatan tubuh dan kecantikan membuatnya begitu menyukai pekerjaannya saat ini sebagai editor lepas mybest Indonesia. Ibu dua anak ini juga sering mendapat tugas untuk mengedit artikel-artikel bertema gadget dan teknologi. Waktu senggangnya dimanfaatkan untuk me-time dengan streaming film atau serial.

Profil Hanindita Rakhmawity
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa kelebihan dan kekurangan tablet Android

Apa kelebihan dan kekurangan tablet Android
Sumber: android.com

Android adalah sistem operasi atau OS yang digunakan oleh berbagai produsen tablet. OS ini memberikan beragam pilihan dalam hal fitur dan desain. Kelebihan lain yang dimiliki tablet Android adalah fleksibilitas yang tinggi dalam menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas perangkat sesuai preferensi Anda


Anda dapat mengakses berbagai aplikasi dari Google Play Store, termasuk banyak game dan aplikasi produktivitas. Jika Anda menginginkan fleksibilitas tinggi, pilihan perangkat keras yang beragam, dan akses ke berbagai aplikasi, pilihlah tablet Android.


Namun, karena digunakan oleh berbagai produsen, terkadang pembaruan software-nya tidak konsisten di seluruh perangkat Android. Selain itu, platform Android juga bersifat terbuka yang mungkin membuatnya lebih rentan terhadap serangan malware dan virus dibandingkan platform tertutup lainnya.

Deddy Huang
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Android adalah sistem open source yang lebih bebas untuk menginstal aplikasi dari pihak ketiga. Oleh karena itu, kebanyakan aplikasi biasanya dibuat untuk Android terlebih dahulu. Namun, sistem Android lebih rawan disusupi virus dan keamanannya kurang terjamin karena rawan disusupi oleh penipu.

Cara memilih Tablet Android

Agar bisa menemukan jenis tablet Android yang tepat dengan mudah, Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin. Selain mencermati versi Android-nya, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran, kapasitas baterai, spek, hingga konektivitasnya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.
1

Utamakan sistem operasi Android 12 ke atas agar tablet bisa digunakan untuk jangka panjang

Utamakan sistem operasi Android 12 ke atas agar tablet bisa digunakan untuk jangka panjang
Sistem operasi merupakan salah satu aspek penting dalam memilih tablet Android. Pemilihan sistem yang tepat akan memberikan pengalaman yang optimal dalam jangka panjang. Dengan perkembangan teknologi yang cepat, tablet dengan versi sistem operasi terbaru tentu dapat menjanjikan sejumlah manfaat yang signifikan.

Agar tablet Android bisa Anda gunakan selama beberapa tahun ke depan, pilihlah yang sistem operasinya minimal Android 12. Sistem Android versi 12 ini perdana dirilis pada tahun 2021 dengan nama Snow Cone. Fitur baru yang cukup terlihat dari Android 12 adalah desainnya yang disebut Material You. Android 12 juga dilengkapi fitur scrolling screenshot, panel quick setting, privacy dashboard, serta indikator mikrofon dan kamera.


Jika memungkinkan, Anda juga dapat mencari tablet dengan OS Android 13 atau yang lebih baru lagi. Android 13 sudah mulai diperkenalkan ke publik pada tahun 2022. Sistem ini memiliki fokus pada penyempurnaan fitur dari Android 12L, meningkatkan privasi dan keamanan, serta optimalisasi UI.

Deddy Huang
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Sistem operasi terbaru saat ini adalah Android 13. Saat memilih tablet Android, pilihlah yang OS-nya minimal Android 12. Sistem operasi Android 12 ini sudah dilengkapi fitur Nearby Share yang akan memudahkan Anda saat berbagi data dengan perangkat lain.

2

Perhatikan kapasitas baterainya, minimal 3000 mAh; Apabila ingin dipakai seharian, pilih 5000 mAh atau lebih

Perhatikan kapasitas baterainya, minimal 3000 mAh; Apabila ingin dipakai seharian, pilih 5000 mAh atau lebih

Apabila Anda menggunakan tablet secara intens, perhatikanlah kapasitas baterai tablet. Kapasitas baterai yang cukup akan memberikan Anda durasi penggunaan yang lebih lama. Tablet dengan kapasitas baterai minimal 3000 mAh mungkin cocok untuk penggunaan ringan, seperti membaca, menjelajah internet, atau menonton video dalam waktu yang singkat. 


Di sisi lain, jika Anda menginginkan tablet yang dapat bertahan seharian penuh, sebaiknya pilih tablet dengan kapasitas 5000 mAh atau lebih. Dengan kapasitas baterai tersebut, Anda tidak perlu sering mengisi daya tablet meskipun tablet digunakan secara intens.

Deddy Huang
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Saat ini, kebanyakan tablet sudah memakai baterai jenis lithium yang lebih tipis. Untuk menjaga keawetan baterai, hindari memakai tablet sambil di-charge atau sampai overheat. Penggunaan tablet sembari diisi daya dan sampai overheat akan membuat baterai lebih cepat rusak.

3

Pertimbangkan tablet ukuran ≥10 inch, resolusi full HD, dan kapasitas minimal 4/64 GB untuk hiburan; Cari yang berkapasitas 6/128 GB jika untuk gaming

Spesifikasi selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam memilih tablet adalah ukuran layar, resolusi, serta kapasitas tablet. Jika Anda ingin menggunakan tablet untuk media hiburan terutama gaming, berikut ukuran, resolusi, dan kapasitas yang kami sarankan.

Layar ukuran ≥10 inch, memberikan tampilan gambar yang lebih luas

Layar ukuran ≥10 inch, memberikan tampilan gambar yang lebih luas

Ukuran layar adalah salah satu faktor utama dalam pengalaman hiburan Anda. Tablet dengan layar lebih besar dari 10 inch akan memberikan tampilan yang lebih luas dan imersif. Tampilan layar sebesar itu dapat membuat aktivitas menonton film atau bermain game menjadi lebih menyenangkan. 


Anda bisa merasakan efek sinematik yang lebih baik dengan detail yang lebih tajam dan jelas. Apabila Anda menginginkan tablet yang mudah dibawa-bawa, tentu tak ada salahnya memilih yang ukuran 8 atau 9 inch.


Mengenai tablet ukuran 10 inch, kami sudah membahasnya secara khusus. Apabila Anda membutuhkan ulasan lengkapnya, klik artikel di bawah ini.

Deddy Huang
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Meskipun nyaman untuk hiburan, ukuran tablet 10 inch mungkin merepotkan untuk dibawa-bawa karena membutuhkan tas yang lebih besar. Anda bisa mempertimbangkan tablet dengan ukuran 8 inch jika digunakan untuk hiburan saat sedang bepergian.

Resolusi minimal full HD, lebih direkomendasikan untuk detail yang tajam

Resolusi minimal full HD, lebih direkomendasikan untuk detail yang tajam

Resolusi layar juga penting dalam menghadirkan pengalaman hiburan yang menyenangkan. Memilih tablet dengan resolusi full HD (1080p) bisa memberikan tampilan yang tajam dan jernih. Detail gambar dapat lebih terlihat, warna akan lebih hidup, dan Anda dapat menikmati tontonan yang lebih mendalam.Jika ingin display yang lebih memuaskan, pertimbangkan juga tablet Android dengan resolusi 2K atau 4K.

Deddy Huang
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Resolusi layar berkaitan dengan tingkat kerapatan pixel. Kalau kerapatannya rendah, layar menjadi kurang tajam atau jelas yang dapat membuat mata jadi mudah lelah. Resolusi full HD sudah bisa menampilkan detail yang tajam dan jelas.

RAM dan ROM 4/64 cukup untuk hiburan. Jika untuk gaming, utamakan RAM dan ROM 6/128 GB

RAM dan ROM 4/64 cukup untuk hiburan. Jika untuk gaming, utamakan RAM dan ROM 6/128 GB

Kapasitas penyimpanan yang memadai sangat penting, terutama jika Anda berencana untuk mengunduh dan menyimpan banyak konten hiburan. Kapasitas yang besar membuat Anda dapat dengan leluasa mengunduh dan menyimpan film, video, atau game. Tablet dengan kapasitas RAM minimal 4 GB dan ROM 64 GB akan memberikan cukup ruang untuk aplikasi dan file hiburan Anda.


Namun, jika Anda juga ingin bermain game dengan kualitas grafis tinggi, pertimbangkan tablet dengan kapasitas RAM minimal 6 GB dan ROM 128 GB. Kapasitas sebesar ini akan memastikan kinerja yang lancar dan cukup ruang untuk instalasi game dan konten lainnya.

4

Tablet ukuran 8-9 inch, resolusi HD, dan kapasitas 4/64 GB sudah cukup mumpuni untuk kasir

Saat memilih tablet Android untuk fungsi kasir atau point of sales (POS), ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan. Faktor ini akan memengaruhi efisiensi dan kinerja perangkat dalam menjalankan tugasnya. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu diambil.

Ukuran layar 8-9 inch memiliki tampilan yang luas tanpa mengorbankan mobilitas

Ukuran layar 8-9 inch memiliki tampilan yang luas tanpa mengorbankan mobilitas

Ukuran layar antara 8 hingga 9 inci memberikan keseimbangan antara keterbacaan informasi dan probabilitas perangkat. Anda dapat dengan nyaman melihat transaksi dan detail lainnya tanpa harus mengorbankan mobilitas. Ukurannya yang compact juga memungkinkan tablet 8-9 inch digenggam dengan satu tangan. Apabila diletakkan di meja, ukuran tersebut tidak memakan banyak tempat. Anda pun dapat lebih leluasa bekerja.


Kami sudah membahas tablet 8 inch untuk Anda yang membutuhkan tablet yang nyaman dibawa-bawa. Klik artikel di bawah ini jika Anda tertarik dengan ulasan lengkapnya. 

Resolusi HD (high definition) sudah cukup untuk menampilkan detail dengan jelas

Resolusi HD (high definition) sudah cukup untuk menampilkan detail dengan jelas

Resolusi layar yang cukup untuk keperluan kasir adalah HD (720p). Meskipun resolusi ini mungkin tidak setinggi resolusi full HD, tetapi akan memberikan tampilan yang jelas. Selain itu, resolusi HD dirasa cukup untuk menampilkan informasi terkait transaksi, harga, dan detail lainnya. Resolusi HD juga membantu mengurangi konsumsi daya baterai sehingga perangkat dapat digunakan lebih lama.

Deddy Huang
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Tablet Android seharga 2 jutaan biasanya memiliki layar dengan kerapatan lebih rendah sehingga display layarnya tidak terlalu tajam. Kalau kerapatannya rendah, layar menjadi kurang tajam atau jelas yang dapat membuat mata jadi mudah lelah. Namun, untuk keperluan kasir, resolusi ini sudah cukup.

Kapasitas RAM 4 GB dan ROM 64 GB mumpuni untuk menyimpan aplikasi kasir

Kapasitas RAM 4 GB dan ROM 64 GB mumpuni untuk menyimpan aplikasi kasir

Tablet yang digunakan sebagai kasir perlu memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup untuk mengelola data transaksi, aplikasi kasir, dan file lainnya. Kapasitas RAM 4 GB dan ROM 64 GB sudah mumpuni untuk keperluan tersebut. Anda dapat dengan mudah menyimpan data transaksi tanpa khawatir tentang ruang penyimpanan yang terbatas.

5

Pertimbangkan juga konektivitasnya, Wi-Fi only yang lebih terjangkau atau dukungan SIM card yang lebih fleksibel

Pertimbangkan juga konektivitasnya, Wi-Fi only yang lebih terjangkau atau dukungan SIM card yang lebih fleksibel

Konektivitas merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan saat memilih tablet Android, terutama jika Anda menggunakannya di berbagai situasi atau lokasi. Tablet Android biasanya memiliki dua pilihan koneksi, yaitu Wi-Fi only dan tambahan kartu SIM. Berikut ini perbedaanya:


  • Tablet Android Wi-Fi only, harganya lebih terjangkau

Tablet dengan konektivitas Wi-Fi only merupakan pilihan yang lebih terjangkau. Tipe ini cocok untuk penggunaan di lokasi-lokasi dengan akses Wi-Fi yang stabil. Jika Anda akan sering menggunakan tablet di area dengan jaringan Wi-Fi yang andal, opsi ini dapat memberikan pengalaman yang memuaskan. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli paket data seluler.


  • Tablet Android yang dilengkapi slot kartu SIM, fleksibel dipakai di mana saja

Jika Anda ingin fleksibilitas lebih dalam menggunakan tablet di mana pun, pilihlah tablet yang mendukung SIM card. Dengan opsi ini, Anda dapat terhubung ke jaringan seluler dan memiliki akses internet di mana saja. Anda bahkan bisa menggunakannya di tempat-tempat tanpa jaringan Wi-Fi. Hal ini akan sangat berguna jika Anda ingin menggunakan tablet saat bepergian, di luar kantor, atau di tempat-tempat umum.

Deddy Huang
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Dahulu, tablet biasanya dilengkapi dengan slot SIM card karena sering digunakan untuk melakukan panggilan telepon. Namun, saat ini kebanyakan tablet justru hanya mendukung koneksi Wi-Fi saja, itu pun sudah cukup. Pasalnya, tablet yang dilengkapi dengan SIM card biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Tablet Android Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Tablet Android terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 13 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Sistem operasi (OS)
Ukuran layar
Fitur pengunci
Jaringan
Ukuran
Resolusi layar
Refresh rate
Bluetooth
Chipset
RAM
ROM
Slot SD card
Jenis kabel charger
Kamera utama
Kamera depan
Jumlah speaker
Kapasitas baterai
Fitur antiair
Fitur GPS
Fitur pembatasan konten
1

Samsung

Galaxy Tab A7 Lite LTE

Samsung  Galaxy Tab A7 Lite LTE 1

Mulai dari Rp2.499.000,00

Agak Murah

Tetap nyaman walau dioperasikan dengan satu tangan sekalipun

Android

8,7 inci

Tidak diketahui

SIM, Wi-Fi

212,5 mm x 124,7 mm x 8 mm

800 x 1340 (WXGA+)

Tidak diketahui

Ya

Mediatek MT8768T Helio P22T

3 GB

32 GB

USB Type-C

8 MP

2 MP

2 buah

5.100 mAh

2

Samsung

Galaxy Tab S6 LiteSM-P619

Samsung Galaxy Tab S6 Lite 1

Mulai dari Rp6.299.000,00

Lebih Mahal

Fiturnya lengkap untuk kerja ilustrator dan editor

Android 10 (upgradable to Android 13), One UI 5

10,4 inci

PIN, pola, sidik jari, face recognition

SIM, Wi-Fi

244,5 x 154,3 x 7 mm

1200 x 2000

60 Hz

Exynos 9611

4 GB

128 GB

USB Type-C

8 MP (wide)

5 MP

2 buah

7040 mAh

3

realme

Pad Mini

realme Pad Mini 1

Mulai dari Rp2.799.000,00

Menengah

Layarnya nyaman untuk membaca e-book dan berita online

Android 11, realme UI

8,7 inci

PIN, pola, sidik jari, face recognition

SIM, Wi-Fi

211,84 x 124,48 x 7,6 mm

1340 x 800

60 Hz

Bluetooth 5.0

4 GB

64 GB

USB Type-C

8 MP

5 MP

2 buah

6400 mAh

4

Xiaomi

Redmi Pad

Xiaomi  Redmi Pad 1

Mulai dari Rp3.499.000,00

Menengah

Harga di bawah rata-rata dengan performa juara

Android 13, MIUI 13.1

10,61 inci

PIN, pola, face recognition

Wi-Fi

250,38 x 157,98 x 7,05 mm

2000 x 1200

90 Hz

Bluetooth 5.3

MediaTek Helio G99

6 GB

128 GB

USB Type-C

8 MP

8 MP

4 buah

8000 mAh

5

Xiaomi

Pad 6

Xiaomi  Pad 6 1

Mulai dari Rp4.999.000,00

Agak Mahal

Hilangkan batasan layar kecil, sambut tablet berlayar besar

Android 13, MIUI 14

11 inci

PIN, pola, sidik jari

Wi-Fi

254 x 165,2 x 6,5 mm

1800 x 2880

144 Hz

Snapdragon 870 5G

8 GB

256 GB

USB Type-C

13 MP

8 MP

4 buah

8840 mAh

6

ADVAN

Tab VX Lite

ADVAN Tab VX Lite 1

Mulai dari Rp2.399.000,00

Agak Murah

Pengalaman game terbaik dengan tablet canggih 2 jutaan

Android 13

10,4 inci

PIN, pola, face recognition

SIM, Wi-Fi

246,5 mm x 155,8 mm x 8,3 mm

2.000 x 1.200 piksel

60 Hz

Bluetooth 5.0

Unisoc Tiger T618

6 GB

128 GB

USB Type-C

8 MP

5 MP

2 buah

6.000 mAh

7

OPPO

Pad Air

OPPO  Pad Air  1

Mulai dari Rp3.999.000,00

Menengah

Suka nonton saat perjalanan? Tablet ini bisa jadi teman

Android 12, ColorOS 12

10,36 inci

PIN, pola. sidik jari, face recognition

Wi-Fi

245,1 x 154,8 x 6,9 mm

2000 x 1200

60 Hz

Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G

4 GB

64 GB

USB Type-C

8 MP

5 MP

4 buah

7100 mAh

8

Alldocube

iPlay 40 Pro

Alldocube  iPlay 40 Pro 1

Mulai dari Rp3.699.000,00

Menengah

Simpan banyak kenangan foto dan video jadi lebih lega di tablet ini

Android 11

10,4 inci

PIN, pola, sidik jari, face recognition

SIM, Wi-Fi

248,1 x 157,9 x 8,2 mm

2000 × 1200

60 Hz

MediaTek G99

8 GB

256 GB

USB Type-C

8 MP

5 MP

4 buah

6000 mAh

9

Nokia

Tablet T21

Nokia Tablet T21 1

Mulai dari Rp3.299.000,00

Menengah

Kamera dan mikrofonnya support untuk meeting online

Android 11 (upgradeable to Android 12 and 13)

10,36 inci

PIN, pola, face recognition

Wi-Fi

247,5 x 157,3 x 7,5 mm

2000 x 1200

60 Hz

Bluetooth 5.0

Unisoc Tiger T612

4 GB

64 GB

USB Type-C

8 MP

8 MP

2 buah

8200 mAh

10

Evercoss

U70B

Evercoss U70B 1

Mulai dari Rp1.199.000,00

Lebih Murah

Tablet untuk kasir yang compact dan terjangkau

Android 9

7 inci

PIN, pola

SIM, Wi-Fi

210 x 124,4 x 8 mm

1024 x 600

60 Hz

Unisoc SC9863A

3 GB

32 GB

Micro-USB

8 MP

2 MP

1 buah

4450 mAh

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Samsung Galaxy Tab A7 Lite LTE

Galaxy Tab A7 Lite LTE 1
Sumber: samsung.com
Galaxy Tab A7 Lite LTE 2
Sumber: samsung.com
Galaxy Tab A7 Lite LTE 3
Sumber: samsung.com
Galaxy Tab A7 Lite LTE 4
Sumber: samsung.com
Galaxy Tab A7 Lite LTE 5
Sumber: samsung.com
Harga referensi
Mulai dari Rp2.499.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.499.000,00
Agak Murah

Tetap nyaman walau dioperasikan dengan satu tangan sekalipun

Apakah Anda anak kuliahan yang membutuhkan tablet dengan penggunaan yang praktis? Samsung Galaxy Tab A7 Lite LTE sepertinya pilihan yang cocok untuk Anda. Tablet ini hadir dengan bentuknya yang ramping, slim, dan ringan. Anda pun bisa menggenggam dan memasukkan tablet ke dalam tas dengan mudah.


Fitur lain yang menarik dari tablet Samsung ini adalah menu yang berbasis gestur. Fitur ini memberikan Anda kebebasan saat menavigasikan hanya dengan satu tangan. Anda bisa membuka aplikasi, kembali ke menu home, dan operasi lainnya hanya sekali geser dengan ibu jari Anda. Penggunaan tablet pun jadi lebih efisien.

Sistem operasi (OS)Android
Ukuran layar8,7 inci
Fitur pengunciTidak diketahui
JaringanSIM, Wi-Fi
Ukuran212,5 mm x 124,7 mm x 8 mm
Resolusi layar800 x 1340 (WXGA+)
Refresh rateTidak diketahui
BluetoothYa
ChipsetMediatek MT8768T Helio P22T
RAM3 GB
ROM32 GB
Slot SD card
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Kamera utama8 MP
Kamera depan2 MP
Jumlah speaker2 buah
Kapasitas baterai5.100 mAh
Fitur antiair
Fitur GPS
Fitur pembatasan konten
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SamsungGalaxy Tab S6 LiteSM-P619

Galaxy Tab S6 Lite 1
Sumber: samsung.com
Galaxy Tab S6 Lite 2
Sumber: samsung.com
Galaxy Tab S6 Lite 3
Sumber: samsung.com
Galaxy Tab S6 Lite 4
Sumber: samsung.com
Galaxy Tab S6 Lite 5
Sumber: samsung.com
Harga referensi
Mulai dari Rp6.299.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp6.299.000,00
Lebih Mahal

Fiturnya lengkap untuk kerja ilustrator dan editor

Samsung Galaxy Tab S6 Lite cocok untuk Anda yang bekerja sebagai ilustrator atau editor. Tablet ini sudah dilengkapi dengan stylus pen yang sensitif dan responsif. Saat menggambar, Anda dapat menggoreskan stylus pen tanpa delay. Menjangkau titik layar dengan stylus pen saat mengedit pun bisa dilakukan dengan presisi.


Memori internal tabletnya cukup besar yakni 128 GB sehingga bisa digunakan untuk menyimpan file besar. Jika kurang, Anda bisa memasangkan micro SD yang kapasitasnya hingga 1 TB. Jadi, Anda tidak akan mudah kehabisan memori penyimpanan. Berkat tablet ini, Anda bisa mengerjakan banyak proyek dengan lebih efisien.

Sistem operasi (OS)Android 10 (upgradable to Android 13), One UI 5
Ukuran layar10,4 inci
Fitur pengunciPIN, pola, sidik jari, face recognition
JaringanSIM, Wi-Fi
Ukuran244,5 x 154,3 x 7 mm
Resolusi layar1200 x 2000
Refresh rate60 Hz
Bluetooth
ChipsetExynos 9611
RAM4 GB
ROM128 GB
Slot SD card
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Kamera utama8 MP (wide)
Kamera depan5 MP
Jumlah speaker2 buah
Kapasitas baterai7040 mAh
Fitur antiair
Fitur GPS
Fitur pembatasan konten
View all
No.3

realmePad Mini

Harga referensi
Mulai dari Rp2.799.000,00
Menengah

Layarnya nyaman untuk membaca e-book dan berita online

Jika Anda suka membaca e-book atau memantau berita secara online lewat tablet, realme Pad Mini menjadi pilihan yang sempurna. Ini merupakan tablet yang ukurannya yang tidak terlalu besar dan ringan di genggaman. Bentuknya memungkinkan Anda memegang tablet dengan satu tangan dalam waktu yang lama. 


Kemudian, ada tiga jenis mode yang bisa Anda pilih untuk kenyamanan membaca. Pertama, Mode Kenyamanan yang berfungsi menurunkan cahaya emisi biru agar mata tidak mudah lelah. Kemudian, Mode Membaca yang memberikan pengalaman seperti sedang membaca buku. Terakhir, ada Mode Gelap untuk menjaga mata dari sinar yang terlalu terang. 

Sistem operasi (OS)Android 11, realme UI
Ukuran layar8,7 inci
Fitur pengunciPIN, pola, sidik jari, face recognition
JaringanSIM, Wi-Fi
Ukuran211,84 x 124,48 x 7,6 mm
Resolusi layar1340 x 800
Refresh rate60 Hz
Bluetooth
ChipsetBluetooth 5.0
RAM4 GB
ROM64 GB
Slot SD card
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Kamera utama8 MP
Kamera depan5 MP
Jumlah speaker2 buah
Kapasitas baterai6400 mAh
Fitur antiair
Fitur GPS
Fitur pembatasan konten
View all
No.4

Xiaomi Redmi Pad

Redmi Pad 1
Sumber: mi.co.id
Redmi Pad 2
Sumber: mi.co.id
Redmi Pad 3
Sumber: mi.co.id
Redmi Pad 4
Sumber: mi.co.id
Redmi Pad 5
Sumber: mi.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp3.499.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp3.499.000,00
Menengah

Harga di bawah rata-rata dengan performa juara

Xiaomi Redmi Pad saat ini menjadi primadona baru para pengguna tablet. Tablet ini menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau. Jika Anda mencari tablet dengan kualitas high-end yang budget friendly, Redmi Pad jawabannya. Kapasitas RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB memungkinkan Anda membuka aplikasi apa pun.


Untuk kebutuhan entertainment, mata Anda akan dimanjakan dengan resolusi layar setinggi 2K. Tidak hanya itu, sistem audionya sudah menyematkan teknologi Dolby Audio yang mampu menghasilkan suara surround. Menonton video YouTube atau film di Netflix terasa seperti sedang berada di bioskop. Lalu, tampilannya tablet pun terlihat classy dan elegan. 

Sistem operasi (OS)Android 13, MIUI 13.1
Ukuran layar10,61 inci
Fitur pengunciPIN, pola, face recognition
JaringanWi-Fi
Ukuran250,38 x 157,98 x 7,05 mm
Resolusi layar2000 x 1200
Refresh rate90 Hz
BluetoothBluetooth 5.3
ChipsetMediaTek Helio G99
RAM6 GB
ROM128 GB
Slot SD card
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Kamera utama8 MP
Kamera depan8 MP
Jumlah speaker4 buah
Kapasitas baterai8000 mAh
Fitur antiair
Fitur GPS
Fitur pembatasan konten
View all
No.5

Xiaomi Pad 6

Pad 6 1
Sumber: mi.co.id
Pad 6 2
Sumber: mi.co.id
Pad 6 3
Sumber: mi.co.id
Pad 6 4
Sumber: mi.co.id
Pad 6 5
Sumber: mi.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp4.999.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp4.999.000,00
Agak Mahal

Hilangkan batasan layar kecil, sambut tablet berlayar besar

Tablet Xiaomi Pad 6 adalah jawaban bagi Anda pencinta hiburan yang menginginkan pengalaman menonton yang lebih puas. Ukuran layarnya yang besar dengan resolusi WQHD+ memungkinkan Anda menikmati tontonan dengan gambar yang jernih dan detail. Belum lagi refresh rate layar yang tinggi membuat video yang ditampilkan jadi lebih halus.


Tidak hanya itu, tablet ini sudah dilengkapi dengan Dolby Vision dan Dolby Atmos untuk pengalaman menonton film, video, dan serial favorit akan lebih mendalam. Kapasitas baterai tabletnya pun besar sehingga bisa Anda pakai seharian hanya dengan satu kali full charging.

Sistem operasi (OS)Android 13, MIUI 14
Ukuran layar11 inci
Fitur pengunciPIN, pola, sidik jari
JaringanWi-Fi
Ukuran254 x 165,2 x 6,5 mm
Resolusi layar1800 x 2880
Refresh rate144 Hz
Bluetooth
ChipsetSnapdragon 870 5G
RAM8 GB
ROM256 GB
Slot SD card
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Kamera utama13 MP
Kamera depan8 MP
Jumlah speaker4 buah
Kapasitas baterai8840 mAh
Fitur antiair
Fitur GPS
Fitur pembatasan konten
View all
No.6

ADVANTab VX Lite

Tab VX Lite 1
Sumber: advan.id
Tab VX Lite 2
Sumber: advan.id
Tab VX Lite 3
Sumber: shopee.co.id
Tab VX Lite 4
Sumber: shopee.co.id
Tab VX Lite 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp2.399.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.399.000,00
Agak Murah

Pengalaman game terbaik dengan tablet canggih 2 jutaan

Tab VX Lite merupakan tablet ekonomis yang didesain untuk kebutuhan gaming, bekerja, dan hiburan. Tablet ini memiliki desain minimalis dan modern dengan chipset yang cukup gahar di kelasnya, yakni chipset UNISOC Tiger T618. Ditambah lagi, resolusi layar 2K dengan refresh rate 60 Hz yang sudah nyaman untuk gaming.


Anda bisa memainkan beberapa game berat, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Genshin Impact. Beberapa review mengatakan grafis tablet ini terasa lancar ketika digunakan untuk bermain game tersebut. Jika Anda mencari tablet dengan prioritas penggunaan untuk bermain game, pertimbangkan produk ini.

Sistem operasi (OS)Android 13
Ukuran layar10,4 inci
Fitur pengunciPIN, pola, face recognition
JaringanSIM, Wi-Fi
Ukuran246,5 mm x 155,8 mm x 8,3 mm
Resolusi layar2.000 x 1.200 piksel
Refresh rate60 Hz
BluetoothBluetooth 5.0
ChipsetUnisoc Tiger T618
RAM6 GB
ROM128 GB
Slot SD card
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Kamera utama8 MP
Kamera depan5 MP
Jumlah speaker2 buah
Kapasitas baterai6.000 mAh
Fitur antiair
Fitur GPS
Fitur pembatasan konten
View all
No.7

OPPO Pad Air

Pad Air  1
Sumber: oppo.com
Pad Air  2
Sumber: oppo.com
Pad Air  3
Sumber: oppo.com
Pad Air  4
Sumber: oppo.com
Pad Air  5
Sumber: oppo.com
Harga referensi
Mulai dari Rp3.999.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp3.999.000,00
Menengah

Suka nonton saat perjalanan? Tablet ini bisa jadi teman

Untuk Anda yang sering menonton video atau scrolling medsos saat traveling, kami merekomendasikan produk ini. OPPO Pad Air merupakan tablet 10 inci yang tipis dan ringan. Anda dapat memegangnya dengan nyaman meski menggunakan satu tangan. Layarnya pun mampu menampilkan gambar yang clean dan clear


Untuk kualitas audionya, ada empat speaker dengan teknologi Dolby Audio pada tablet ini yang bisa menghasilkan suara lantang. Belum lagi kapasitas baterai tablet ini cukup besar. Sekali charging, tablet bisa menyala hingga 15 jam. Anda tidak perlu sering melakukan charging saat sedang dalam perjalanan jauh.

Sistem operasi (OS)Android 12, ColorOS 12
Ukuran layar10,36 inci
Fitur pengunciPIN, pola. sidik jari, face recognition
JaringanWi-Fi
Ukuran245,1 x 154,8 x 6,9 mm
Resolusi layar2000 x 1200
Refresh rate60 Hz
Bluetooth
ChipsetQualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G
RAM4 GB
ROM64 GB
Slot SD card
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Kamera utama8 MP
Kamera depan5 MP
Jumlah speaker4 buah
Kapasitas baterai7100 mAh
Fitur antiair
Fitur GPS
Fitur pembatasan konten
View all
No.8

Alldocube iPlay 40 Pro

Harga referensi
Mulai dari Rp3.699.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp3.699.000,00
Menengah

Simpan banyak kenangan foto dan video jadi lebih lega di tablet ini

Alldocube iPlay 40 Pro menjadi jawaban untuk Anda yang mencari tablet sekaligus tempat penyimpanan utama foto dan video. Pasalnya, tablet ini memiliki memori internal yang besar yakni 256 GB. Kemudian, ada pula slot untuk kartu memori dengan kapasitas maksimal hingga 2 TB. Perpaduan keduanya memungkinkan Anda menyimpan foto dan video kenangan yang berharga selama bertahun-tahun.

Sistem operasi (OS)Android 11
Ukuran layar10,4 inci
Fitur pengunciPIN, pola, sidik jari, face recognition
JaringanSIM, Wi-Fi
Ukuran248,1 x 157,9 x 8,2 mm
Resolusi layar2000 × 1200
Refresh rate60 Hz
Bluetooth
ChipsetMediaTek G99
RAM8 GB
ROM256 GB
Slot SD card
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Kamera utama8 MP
Kamera depan5 MP
Jumlah speaker4 buah
Kapasitas baterai6000 mAh
Fitur antiair
Fitur GPS
Fitur pembatasan konten
View all
No.9

NokiaTablet T21

Tablet T21 1
Sumber: nokia.com
Tablet T21 2
Sumber: nokia.com
Tablet T21 3
Sumber: nokia.com
Tablet T21 4
Sumber: shopee.co.id
Tablet T21 5
Sumber: nokia.com
Harga referensi
Mulai dari Rp3.299.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp3.299.000,00
Menengah

Kamera dan mikrofonnya support untuk meeting online

Untuk Anda yang sering melakukan pertemuan virtual, seperti rapat dan kelas online, Anda bisa mempertimbangkan Tablet Nokia T21. Tablet ini hadir dengan kualitas kamera, mikrofon, dan speaker yang mumpuni sehingga Anda tidak perlu membeli perangkat tambahan lagi.


Posisi kamera tablet ini berada di tengah sisi bagian terpanjangnya. Tampilan wajah Anda yang ditampilkan pun jadi sama rata saat melakukan video call dengan orientasi landscape.

Sistem operasi (OS)Android 11 (upgradeable to Android 12 and 13)
Ukuran layar10,36 inci
Fitur pengunciPIN, pola, face recognition
JaringanWi-Fi
Ukuran247,5 x 157,3 x 7,5 mm
Resolusi layar2000 x 1200
Refresh rate60 Hz
BluetoothBluetooth 5.0
ChipsetUnisoc Tiger T612
RAM4 GB
ROM64 GB
Slot SD card
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Kamera utama8 MP
Kamera depan8 MP
Jumlah speaker2 buah
Kapasitas baterai8200 mAh
Fitur antiair
Fitur GPS
Fitur pembatasan konten
View all
No.10

EvercossU70B

U70B 1
Sumber: shopee.co.id
U70B 2
Sumber: shopee.co.id
U70B 3
Sumber: shopee.co.id
U70B 4
Sumber: shopee.co.id
U70B 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp1.199.000,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp1.199.000,00
Lebih Murah

Tablet untuk kasir yang compact dan terjangkau

Tablet yang compact dan terjangkau merupakan solusi untuk kebutuhan kasir modern. Jika Anda mencari jenis tablet tersebut, kami merekomendasikan produk ini. Evercoss U70B adalah tablet 7 inci yang budget friendly. Selain tidak makan tempat, Anda juga tidak perlu mengeluarkan bujet besar untuk toko Anda.


Sistem koneksi yang tersedia pun lengkap, ada SIM dan Wi-Fi sehingga ada alternatif jaringan sewaktu-waktu salah satu koneksinya error. Dengan teknologi touchscreen yang responsif, tablet ini memudahkan dalam mengelola transaksi dengan cepat dan efisien.

Sistem operasi (OS)Android 9
Ukuran layar7 inci
Fitur pengunciPIN, pola
JaringanSIM, Wi-Fi
Ukuran210 x 124,4 x 8 mm
Resolusi layar1024 x 600
Refresh rate60 Hz
Bluetooth
ChipsetUnisoc SC9863A
RAM3 GB
ROM32 GB
Slot SD card
Jenis kabel chargerMicro-USB
Kamera utama8 MP
Kamera depan2 MP
Jumlah speaker1 buah
Kapasitas baterai4450 mAh
Fitur antiair
Fitur GPS
Fitur pembatasan konten
View all

5 Rekomendasi Tablet Android terbaik

No. 1: Samsung Galaxy Tab A7 Lite LTE

No. 2: SamsungGalaxy Tab S6 LiteSM-P619

No. 3: realmePad Mini

No. 4: Xiaomi Redmi Pad

No. 5: Xiaomi Pad 6

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Handphone & tablet
  3. Tablet
  4. 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik [Ditinjau oleh Tech enthusiast]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.