• 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Ukuran tablet Android yang lebih besar daripada smartphone memberikan kenyamanan saat Anda menonton atau membaca e-book. Namun, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan tablet Android berdasarkan CPU, memori, frekuensi clock, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menyulitkan bagi sebagian pengguna.

Agar tidak bingung saat memilih tablet Android, Anda dapat membaca artikel ini. Kami akan menjabarkan poin penting cara memilih tablet Android. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi tablet Android yang bagus dari berbagai produsen, seperti Lenovo, Samsung, Teclast, HUAWEI, dan Chuwi. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 28 Januari 2020
  • 14.398 Views
Daftar isi

Cara memilih tablet Android

Anda bisa mempersempit pemilihan tablet Android berdasarkan ukuran yang nyaman dipakai serta spesifikasi yang mempermudah penggunaan. Pilihlah tablet Android yang Anda inginkan berdasarkan ulasan berikut ini.

Pilih ukuran yang sesuai dengan penggunaan

Pemilihan tablet Android berdasarkan ukuran yang mudah digunakan merupakan poin penting yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda memilih tablet Android dengan mengacu ukuran saja, seharusnya Anda dapat memilah berbagai produk dengan mudah. Tablet Android bisa Anda pilih berdasarkan ukuran 7-8 inci dan tablet berukuran 10 inci. Kedua ukuran ini merupakan ukuran yang populer dari begitu banyak tablet Android.

Untuk kemudahan saat dibawa, pilih ukuran 8 inci yang mudah dibawa dengan satu tangan

Untuk kemudahan saat dibawa, pilih ukuran 8 inci yang mudah dibawa dengan satu tangan
Kami menyarankan Anda untuk memilih tablet berukuran 8 inci jika Anda merasa nyaman memegang tablet dengan satu tangan. Ukuran ini memberikan Anda sensasi memegang smartphone dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Anda akan lebih mudah memahami hal ini apabila Anda mampu membayangkan ukuran kartu pos.
Tablet berukuran 8 inci cukup populer karena nyaman dipakai untuk membaca novel dan komik digital dengan satu tangan. Hal ini tentu berguna bagi Anda yang ingin mengisi waktu luang secara efektif. Selain itu, ukuran tablet yang sedikit lebih besar dibandingkan ukuran smartphone memberikan Anda kemudahan lain. Contohnya, Anda jadi dapat memakai beberapa aplikasi Android dengan lebih mudah dibanding dengan ketika memakai smartphone.

Jika tablet sering digunakan di rumah atau untuk menonton film, pilih ukuran 10 inci

Jika tablet sering digunakan di rumah atau untuk menonton film, pilih ukuran 10 inci
Tablet berukuran 10 inci atau lebih kami rekomendasikan kepada Anda yang sering memakai tablet di rumah. Pada dasarnya, Anda dapat memilih tablet berukuran ini jika jarang dibawa-bawa. Sesungguhnya, tablet 10 inci dirancang dengan asumsi penggunaan yang bukan dengan satu tangan, namun dengan dua tangan. Akibatnya, Anda akan mendapatkan tablet dengan layar besar yang mudah dilihat.
Ukuran tablet 10 inci yang besar membuat Anda mudah menggunakan keyboard pada layar. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya untuk mengetik sehingga dapat menggantikan penggunaan PC (Personal Computer). Kami juga menyarankan tablet 10 inci bagi Anda yang senang menonton film alih-alih menggunakan layar yang kecil.

Pilih resolusi full HD atau lebih jika Anda menggunakan tablet berukuran 10 inci

Pilih resolusi full HD atau lebih jika Anda menggunakan tablet berukuran 10 inci
Jika tablet 10 inci digunakan untuk menonton video, melihat foto, atau browsing, pilihlah tablet dengan resolusi full HD. Di samping itu, resolusi yang lebih tinggi tentu akan lebih baik. Tablet Android dengan tampilan liquid crystal beresolusi WUXGA / 1902 x 1200 juga kami rekomendasikan untuk dipilih.
Tampilan dengan resolusi di bawah full HD bisa terlihat kasar. Walaupun demikian, hal ini tidak begitu mengganggu jika Anda menggunakan tablet 7 inci atau 8 inci. Akan tetapi, penampakan gambar yang kasar akan terlihat mencolok jika tampil pada layar 10 inci. Karena itu, jika Anda memilih tablet Android berukuran 10 inci atau lebih, Anda perlu memeriksa juga resolusinya. Dengan demikian, Anda pun bisa menikmati tampilan gambar yang indah.

Jika perlu menyimpan foto dan video, pilih produk dengan media penyimpanan yang besar

Jika perlu menyimpan foto dan video, pilih produk dengan media penyimpanan yang besar
Apabila Anda jarang menggunakan berbagai aplikasi, ukuran 16 GB sudah mencukupi. Namun, kami merekomendasikan tablet dengan media penyimpanan setidaknya 32 GB jika Anda menggunakan tablet untuk berbagai hal. Terutama bagi Anda yang perlu menyimpan musik, film, gambar, games, dan lain sebagainya. Jika kapasitas ini tidak mencukupi, Anda dapat memilih produk yang mampu menambah kapasitas penyimpanan dengan menggunakan micro SD.
Media penyimpanan berkaitan dengan kuantitas data yang dapat disimpan di tablet Android Anda. Media penyimpanan ini dikuantifikasi dalam satuan GB (gigabita) yang bisa Anda pertimbangkan serta bandingkan sesuai keperluan.

Pilih CPU berdasarkan kekuatan pemrosesan data

Kinerja CPU pada tablet berdampak pada kelancaran tablet saat beroperasi. Anda bisa membandingkan spesifikasi produk berdasarkan tabel spesifikasi yang biasanya tertera pada setiap produk.

Pilih jumlah core CPU sesuai dengan penggunaan

Pilih jumlah core CPU sesuai dengan penggunaan
CPU berperan besar terhadap kinerja pemrosesan data pada tablet. Perbandingan CPU bisa terlalu khusus untuk menentukan kinerja yang bagus. Akan tetapi, Anda bisa mempertimbangkan pemilihan CPU secara sederhana melalui jumlah core (inti) yang terpasang pada sebuah tablet. Sesungguhnya, CPU dapat dianalogikan sebagai otak dari tablet. Pada prinsipnya, jumlah core yang semakin banyak akan berakibat pada kinerja tablet yang lebih baik. Artinya, core tinggi memiliki kemampuan untuk memproses data di dalam otak sebanyak mungkin.
Jika Anda menggunakan tablet untuk browsing dan menonton, tablet berspesifikasi quad core dengan empat inti bisa dipilih. Dalam konteks ini, tablet quad core lebih ekonomis saat dipakai untuk kedua aktivitas tersebut. Selanjutnya, pilihlah tablet dengan hexacore (6 inti) atau octacore (8 inti) untuk penggunaan yang berat. Hal ini termasuk penggunaan game atau aplikasi lain yang berat.

Agar penggunaan nyaman dan lancar, pilih dengan frekuensi clock 2,0 GHz atau lebih

Agar penggunaan nyaman dan lancar, pilih dengan frekuensi clock 2,0 GHz atau lebih
Frekuensi clock adalah jumlah data yang dapat diproses oleh CPU per detik. Spesifikasi ini diperlukan guna memilih tablet yang bisa bergerak dengan lancar dan cepat. Jadi, pilihlah tablet dengan CPU yang memiliki frekuensi clock setinggi mungkin.
Jika Anda mengoperasikan aplikasi berat seperti game 3D, pilihlah tablet Android dengan CPU berfrekuensi clock minimal 2.0 GHz. Tablet Android dengan frekuensi clock di atas itu tentu akan lebih baik. Jika demikian, Anda bisa bermain game berat dengan lancar. Di pihak lain, Anda bisa memilih tablet dengan frekuensi clock 1,5 GHz untuk browsing atau penggunaan aplikasi ringan. Selain itu, tablet dengan frekuensi clock 1,5 GHz berharga ekonomis dan baterainya lebih hemat.

Pilih tablet Android dengan kapasitas memori yang besar

Pilih tablet Android dengan kapasitas memori yang besar
Jika Anda ingin lebih meningkatkan pemrosesan data pada tablet, pilihlah produk yang memiliki kapasitas memori sebanyak mungkin. Semakin besar kapasitas memori maka akan berdampak pada meningkatnya pemrosesan data pada tablet. Pakailah tablet dengan memori 2 GB atau lebih untuk pemakaian browsing dan aplikasi ringan yang sederhana. Sementara itu, tablet dengan memori 4 GB bisa dipilih untuk penggunaan aplikasi berat dan multitasking. Sebaiknya, Anda memakai acuan ini sebagai panduan saat memilih tablet Android.

Pilih fitur kartu SIM sesuai dengan pemakaian

Pilih fitur kartu SIM sesuai dengan pemakaian
Tablet Android dijual dalam dua jenis seperti tablet lainnya yaitu tablet dengan Wi-Fi dan tablet dengan kartu SIM. Pemakaian tablet dengan koneksi Wi-Fi bukanlah masalah saat dipakai di area Wi-Fi seperti di rumah atau di kantor. Akan tetapi, Anda perlu memeriksa fungsi kartu SIM jika Anda memakai tablet Android saat bepergian. Hal ini harus diperhatikan terutama saat Anda ingin terhubung dengan internet ketika menggunakan tablet Android.
Anda tidak dapat terhubung ke internet dari tablet di area yang tidak terjangkau akses Wi-Fi. Hal ini berlaku jika Anda memakai tablet yang tidak dilengkapi fungsi kartu SIM. Walaupun demikian, Anda masih bisa terhubung ke internet dengan menggunakan fungsi tethering melalui smartphone. Selain itu, Anda juga hanya bisa terhubung ke internet di area yang menyediakan fasilitas free Wi-Fi saja. Jadi, berhati-hatilah saat memilih tablet Android.

10 Rekomendasi tablet Android terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi tablet berdasarkan poin yang sudah kami ulas pada bagian cara memilih. Silakan pilih tablet Android yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
10
9
8
7

HUAWEI MediaPad T3 7 3G

Rp 1.425.000,00

6
5

Lenovo Tab 3 10

Rp 2.770.000,00

4
3
2
1

Tabel perbandingan produk tablet android terbaik

Gambar produk
1
Samsung  Galaxy Tab S4 1

Samsung

2
Lenovo Yoga Book 1

Lenovo

3
HUAWEI  MediaPad M5 10.8” 1

HUAWEI

4
Samsung  Galaxy Tab A with S Pen (8.0, LTE) 1

Samsung

5
Lenovo  Tab 3 10 1

Lenovo

6
Chuwi  HiBook Pro 1

Chuwi

7
HUAWEI  MediaPad T3 7 3G 1

HUAWEI

8
Teclast  X80 Pro 1

Teclast

9
Axioo  Windroid 10 G+ 1

Axioo

10
Advan  i10 1

Advan

Nama produk

Galaxy Tab S4

Yoga Book

MediaPad M5 10.8”

Galaxy Tab A with S Pen (8.0, LTE)

Tab 3 10

HiBook Pro

MediaPad T3 7 3G

X80 Pro

Windroid 10 G+

i10

KeunggulanTablet premium! Naik kelas ...Tablet 2-in-1 berteknologi ...Teknologi audio high resolu...Rasio layar 4:3 yang nyaman...Bisa beroperasi hingga 12 jam!Nyaman di mata dengan resol...Bersahabat bagi si kecil de...Tampilan full HD yang mendu...Dilengkapi keyboard dock da...Tablet 10 inci berharga eko...
HargaRp 9.725.000,00Rp 5.250.000,00Rp 6.940.000,00Rp 3.699.000,00Rp 2.770.000,00Rp 3.553.000,00Rp 1.425.000,00Rp 1.999.000,00Rp 3.200.000,00Rp 2.100.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Kami telah memberikan ulasan cara memilih tablet Andorid. Bagaimana artikel ini menurut Anda? Keberadaan tablet memang relatif berkurang seiring dengan ukuran smartphone yang bertambah besar.
Selain itu, laptop juga sudah bertransformasi dengan bentuk yang sefleksibel tablet. Namun, Anda masih bisa menggunakan tablet untuk memberikan kenyamanan beraktivitas pada layar yang lebih besar dibandingkan smartphone. Tablet juga bisa memberikan mobilitas yang lebih baik ketimbang laptop hybrid. Karena itu, silakan pilih tablet sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kabel data biasanya digunakan untuk mengisi baterai dan memindahkan data dari iPhone atau iPad ke perangkat lain. Selain kabel data asli keluaran Apple, banyak pula produk yang diluncurkan oleh produsen seperti Anchor, Logitech, Amazon Basic, yang memiliki desain, ukuran, dan harga yang bervariasi.Kali ini kami akan memberikan poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih kabel data yang baik. Selain itu kami juga akan memberikan 10 rekomendasi kabel data terbaik yang mudah dipesan secara online!
    Smartphones & handphones
    19.150 Views
  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merek, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pen tablet serta merekomendasikan produk terbaik, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Smartphones & handphones
    16.045 Views
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    Rutinitas di zaman sekarang yang sebagian besar menggunakan smartphone atau tablet, terkadang menuntut kecepatan dan ketepatan. Untuk meminimalkan terjadinya kesalahan, maka model smartphone dengan layar lebar yang dilengkapi dengan stylus pen akan memudahkan penggunanya dalam menjalankan beragam aplikasi.Saat ini sudah banyak beredar produk stylus pen dalam berbagai model, kegunaan, dan harga. Ada yang kompatibel dengan iPhone, iPod, Android, dan lainnya, atau bahkan ada juga stylus pen yang dibuat khusus untuk menggambar. Kali ini kami akan membahas poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih stylus pen yang sesuai dengan kebutuhan Anda kemudian merekomendasikan beberapa stylus pen terbaik. Semoga bermanfaat!
    Smartphones & handphones
    12.159 Views
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tablet Windows memiliki ukuran yang lebih besar dari smartphone dan dapat dioperasikan dengan touch panel. Sistem operasinya menggunakan Windows, dengan berbagai macam fitur seperti keyboard yang dapat dilepas, fitur anti air, memiliki berbagai macam aplikasi Office dan touch pen.Karena itu kali ini, kami akan merekomendasikan produk terbaru tablet Windows, termasuk yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10. Temukan tablet Windows yang cocok untuk Anda!
    Smartphones & handphones
    12.708 Views
  • 10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelindung Layar iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian besar dari Anda pasti menggunakan pelindung layar untuk melindungi layar iPhonei Anda. Ada berbagai macam jenis pelindung layar yang dijual saat ini, seperti layar pelindung yang terbuat dari tempered glass, anti blue light, anti sidik jari, tidak menimbulkan gelembung udara saat menempelkannya, dan berbagai macam jenis pelindung layar lainnya.Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih pelindung layar dengan benar, khusus untuk Anda para pengguna iPhone. Kami sudah membandingkannya dengan berbagai macam produk yang populer di pasaran. Pilihlah layar pelindung yang paling pas untuk Anda.
    Smartphones & handphones
    5.898 Views
  • 10 Rekomendasi Stand Holder Terbaik untuk iPad (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stand Holder Terbaik untuk iPad (Terbaru Tahun 2020)
    Stand holder untuk iPad atau iPad stand berguna sebagai penopang agar iPad dapat digunakan tanpa harus disangga menggunakan tangan. Ada berbagai tipe iPad stand yang bisa digunakan untuk masing-masing model iPad. Manakah yang cocok dengan kebutuhan Anda?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan produk terbaik kepada Anda. Mulai dari tipe compact stationary, tipe arm, tipe stand, bahkan tipe dengan case, semuanya turut kami ulas. Simak terus informasinya!
    Smartphones & handphones
    300 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori