• 10 Rekomendasi Kabel HDMI Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kabel HDMI Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kabel HDMI Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kabel HDMI Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kabel HDMI Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kabel HDMI Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)

Kabel HDMI (highdefinition multimedia interface) diperlukan untuk mengoneksikan berbagai peralatan digital, termasuk televisi, PlayStation 4, komputer, smartphone, dan lainnya. Namun, dengan adanya perbedaan dari berbagai aspek, kabel HDMI mana yang sebaiknya dipilih?

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kabel HDMI yang mudah dipakai kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memperkenalkan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti produk dari UGREEN dan Vention. Temukanlah kabel HDMI yang sesuai kebutuhan Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 26 November 2019
  • 8.553 Views
Daftar isi

Cara memilih kabel HDMI yang mudah dipakai

Anda akan lebih mudah menemukan kabel HDMI yang tepat apabila Anda sudah mengetahui beberapa poin penting dalam memilihnya, seperti tipe konektor, kecepatan transfer data, standar yang diperlukan, serta panjang kabelnya. Berikut akan kami jelaskan poin-poin tersebut secara lebih rinci.

Pilihlah tipe konektor sesuai dengan peralatan digital yang ingin dihubungkan

Tipe konektor kabel HDMI dibagi menjadi lima tipe, mulai dari konektor tipe A hingga tipe E. Namun, kali ini kami hanya akan memperkenalkan tiga tipe utama yang paling sering digunakan. Jadi, simak dan temukanlah tipe konektor yang sesuai dengan perangkat digital Anda.

Pilihlah tipe A (HDMI ⇔ HDMI), jika Anda ingin menghubungkan perekam video, konsol game, PC, dan sebagainya

Pilihlah tipe A (HDMI ⇔ HDMI), jika Anda ingin menghubungkan perekam video, konsol game, PC, dan sebagainya
Saat Anda ingin menghubungkan kamera atau perekam video, konsol game, serta PC (personal computer) ke televisi, pilihlah kabel HDMI tipe A. Tipe ini merupakan bentuk konektor HDMI yang paling populer dengan kedua ujung konektor yang berbentuk sama. Anda yang memiliki televisi LCD (liquid crystal display) atau pemutar video Blu-ray tentu sudah tidak asing lagi dengan HDMI tipe ini.

Pilihlah tipe C (HDMI ⇔ mini HDMI), jika Anda hendak menghubungkan kamera digital atau kamera video

Pilihlah tipe C (HDMI ⇔ mini HDMI), jika Anda hendak menghubungkan kamera digital atau kamera video
HDMI tipe C biasa disebut juga sebagai mini HDMI, dengan satu sisi konektor seperti HDMI pada umumnya dan konektor HDMI yang lebih kecil di sisi lainnya. Jika Anda hendak menghubungkan kamera video atau kamera digital, pilihlah kabel HDMI tipe ini. Dengan kabel HDMI tipe ini, Anda dapat melihat hasil jepretan kamera digital atau rekaman kamera video pada layar televisi Anda.

Pilihlah tipe D (HDMI ⇔ mikro HDMI), jika Anda ingin menghubungkan perangkat smartphone atau tablet

Pilihlah tipe D (HDMI ⇔ mikro HDMI), jika Anda ingin menghubungkan perangkat smartphone atau tablet
Saat ingin menghubungkan smartphone atau tablet ke televisi, pilihlah kabel HDMI tipe D. Tipe ini merupakan mikro HDMI yang bisa digunakan untuk perangkat mobile Anda. Dengan begitu, Anda pun dapat melihat foto, menonton film, dan menayangkan game yang sedang Anda mainkan dari perangkat mobile Anda di televisi.

Pilihlah berdasarkan standar yang sesuai dengan resolusi tampilan konten yang diperlukan, seperti 3D, 4K, dan HDR

Pilihlah berdasarkan standar yang sesuai dengan resolusi tampilan konten yang diperlukan, seperti 3D, 4K, dan HDR
Untuk kabel HDMI, kami sarankan agar Anda memilih standar yang sesuai dengan resolusi tampilan konten yang diperlukan. Berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa versi HDMI dan kompatibilitas resolusi konten yang didukung oleh versi tersebut.
· Versi 1.4 : Kompatibel dengan tampilan beresolusi 3D.
· Versi 2.0 : Kompatibel dengan video beresolusi 4K.
· Versi 2.0a : Kompatibel dengan konten beresolusi standar HDR (high dynamic range) dan Ultra HD (high-definition) Blu-ray.
· Versi 2.1 : Kompatibel juga dengan konten beresolusi hingga 8K.
Apabila versi dan resolusinya tidak cocok, Anda tetap bisa menghubungkannya selama tipe atau bentuk konektornya sama. Namun, dalam kasus seperti ini, resolusinya akan terbatas pada resolusi yang lebih rendah. Sebagai contoh, jika Anda menonton film beresolusi 4K, kualitas dari film tersebut tidak dapat ditampilkan bila Anda menggunakan kabel HDMI versi 1.4. Jadi, pilihlah versi kabel HDMI yang sesuai untuk tampilan konten yang Anda inginkan.

Pilihlah yang mempunyai kecepatan transfer data yang baik bila ingin menikmati HD video

Pilihlah yang mempunyai kecepatan transfer data yang baik bila ingin menikmati HD video
Kabel HDMI memiliki tiga tipe kecepatan transfer data yang berbeda, tergantung dari versinya, yakni standard (versi 1.2), high speed (versi 1.3 – 2.0), dan premium high speed (versi 2.0a – terbaru). Jika Anda ingin menikmati gambar high-definition, pilihlah kabel HDMI yang berkecepatan lebih tinggi.
Tipe standard memiliki kecepatan komunikasi data sebesar 4,95 Gbps dan sudah umum digunakan. Namun, sekarang ini, tipe high speed yang memiliki kecepatan sebesar 10,2 – 18 Gbps serta tipe premium high speed yang memiliki kecepatan sebesar 18 Gbps ke atas pun sudah mulai banyak digunakan.
Saat Anda ingin melihat gambar dengan ukuran data yang besar, seperti 3D, 4K, Deep Color, dan sebagainya, ada kemungkinan gambar tersebut tidak akan terlihat maksimal bila Anda hanya menggunakan kabel HDMI bertipe standard. Untuk itu, pilihlah kabel HDMI dengan kecepatan tinggi, seperti tipe high speed atau tipe terbaru lainnya.

Pilihlah kabel yang panjangnya tidak melebihi lima meter

Pilihlah kabel yang panjangnya tidak melebihi lima meter
Pilihlah kabel HDMI dengan kelebihan panjang kabel 20 – 30 cm saat dipasang pada dua perangkat yang dihubungkan. Untuk itu, pastikanlah panjang kabel HDMI terlebih dahulu sebelum membeli.
Perlu dicatat, kabel HDMI berbahan kawat tembaga akan kehilangan propagasi sinyal bila panjangnya melebihi 5 m sehingga kualitas gambar dapat menurun. Untuk mengatasinya, Anda perlu menambahkan HDMI transmitter saat menggunakannya. Jadi, cermatlah dalam memilih agar panjang kabel HDMI dapat sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi kabel HDMI terbaik yang mudah dipakai

Sekarang, saatnya kami memperkenalkan sepuluh rekomendasi kabel HDMI terbaik yang mudah dipakai khusus untuk Anda. Silakan jadikan poin-poin memilih di atas sebagai acuan dan temukanlah kabel HDMI yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Bentuk konektorTipe D
Kecepatan transferHigh speed
Kompabilitas resolusiSupports full 1080p, 3D, 4K
Panjang kabel1,5 m
Bentuk konektorTerdiri dari 3 tipe, tipe A, tipe C, dan tipe D
Kecepatan transferTidak diketahui
Kompabilitas resolusiSupports full HD 1080p
Panjang kabel1,5 m
Bentuk konektorTipe A
Kecepatan transferHigh speed
Kompabilitas resolusiSupports 480i, 480p, 720p, 1080i, 1080p
Panjang kabel2 m
Bentuk konektorTipe D
Kecepatan transferHigh speed
Kompabilitas resolusiTidak diketahui
Panjang kabel0,5-1 m

6. UGREEN HD 102 HDMI Cable Zinc Alloy Connector with Nylon

Rp 115.000,00

Bentuk konektorTipe A
Kecepatan transferHigh speed (up to 18 Gbps)
Kompabilitas resolusiSupports 3D, HDR 4K
Panjang kabel2 m
Bentuk konektorTipe C
Kecepatan transferTidak diketahui
Kompabilitas resolusiSupports 3D, 4k,
Panjang kabel2 m

4. Vention Nylon Braided Low Profile HDMI Cable VAA-B05

Rp 112.000,00

Bentuk konektorTipe A
Kecepatan transferHigh speed
Kompabilitas resolusiSupports 3D, 4K
Panjang kabel0,75-10 m
Bentuk konektorTipe A
Kecepatan transferHigh speed (up to 18 Gbps)
Kompabilitas resolusiSupports HD, 3D, 4K x 2K
Panjang kabel0,75-3 m

2. Lindy CROMO Slim High Speed HDMI Cable with Ethernet

Rp 219.000,00

Bentuk konektorTipe D
Kecepatan transferHigh speed
Kompabilitas resolusiSupports 1080p, 3D, ultra HD up to 4K, HDCP
Panjang kabel1 m
Bentuk konektorTipe A
Kecepatan transferStandart
Kompabilitas resolusiSupports full HD 1080p, 3D, 4K
Panjang kabel2 m

Kesimpulan

Kami sudah memperkenalkan sepuluh rekomendasi kabel HDMI terbaik yang mudah dipakai untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Sekilas, kabel HDMI memang terlihat sama saja, tetapi sebenarnya terdapat berbagai perbedaan baik dari segi versi, resolusi yang ditampilkan, dan kecepatan transfer data. Agar Anda tidak bingung atau salah pilih, silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik untuk Self Cut (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik untuk Self Cut (Terbaru Tahun 2020)
    Anda yang memiliki anak laki-laki pasti mengalami betapa seringnya Anda harus mengantar mereka pergi ke salon atau tukang cukur karena rambut mereka yang cepat panjang. Demikian juga dengan para pria dewasa, hitunglah seberapa sering Anda harus pergi ke salon dalam setahun. Cukup boros dan kurang efisien, bukan?Sebenarnya Anda bisa berhemat tanpa perlu ke salon untuk mencukur rambut dengan cara mencukur rambut sendiri. Kali ini, kami akan memperkenalkan alat cukur rambut untuk pencukuran sendiri, Anda dapat mencukur rambut sendiri di rumah dan kapan saja. Yuk disimak artikel berikut yang akan mengulas cara memilih alat cukur dan lihat juga rekomendasi alat cukur yang kami pilihkan untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    17.133 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    108.806 Views
  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda ingin dapat menonton program televisi favorit dengan kualitas gambar terlihat lebih detail dan nyata? Jika ya, pilihlah Smart TV dengan resolusi 4K atau biasa disebut juga ultra high definition (UHD). Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi.Kami akan merekomendasikan berbagai produk terbaik Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuhkan. Mari simak terus sampai habis!
    Elektronik rumah tangga
    44.252 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    55.802 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    54.963 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat penting untuk menyimpan bahan makanan agar tahan selama berhari-hari. Produsen seperti Hitachi, Toshiba, dan Panasonic berlomba untuk menghadirkan kulkas dengan berbagai fitur untuk para konsumennya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Tentukan ukuran dan kapasitas kulkas berdasarkan jumlah pengguna pada saat memilih produk pilihan kami. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    35.092 Views
  • 10 Rekomendasi USB Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi USB Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    USB charger sangat diperlukan untuk mengisi daya baterai smartphone dan tablet. Akan tetapi, USB charger bisa memiliki nilai ampere yang berbeda. Selain itu, beberapa USB charger memiliki jumlah port yang tidak sama. Hal ini bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Bergabunglah bersama kami dalam artikel yang akan mengulas cara memilih USB charger. Kami juga akan memberikan rekomendasi USB charger populer, seperti Anker, LDNIO, Allocacoc, Zola, dan Tronsmart. Oleh karena itu, silakan baca artikel berikut ini sampai tuntas ya!
    Elektronik rumah tangga
    5.928 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori