• 10 Rekomendasi Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Banyak orang yang suka minum teh hitam dalam berbagai situasi, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat ingin membelinya, Anda mungkin akan bingung memilih karena menemukan banyak produk teh hitam dari berbagai merek, mulai dari Walini, Dilmah, hingga Twinnings.


Untuk mempermudah Anda, kami akan berbagi tips cara memilih teh hitam. Di dalamnya, Anda dapat membaca lebih detail mengenai berbagai jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Setelah itu, akan ada rekomendasi teh hitam terbaik yang kami pilihkan untuk Anda. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 04 Februari 2020
  • 2.740 Views
Daftar isi

Cara memilih teh hitam

Terdapat banyak jenis teh hitam dengan rasa dan aroma yang khas. Dalam memilih, pertimbangkanlah karakteristik dan cara penyajiannya agar sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk lebih jelasnya, simaklah ulasan di bawah ini.

Temukan rasa autentiknya berdasarkan daerah penghasil daun teh

Sebenarnya, teh hitam, teh hijau, dan teh oolong berasal dari pohon teh yang sama, tetapi melewati proses pengolahan yang berbeda. Pengolahan yang dilakukan tanpa proses fermentasi akan menghasilkan teh hijau. Jika melewati proses semifermentasi, akan menghasilkan teh oolong. Sementara itu, teh hitam dihasilkan oleh proses fermentasi penuh.


Akan tetapi, tergantung dari lokasi penanaman, pohon teh yang sejenis juga dapat mengeluarkan hasil dengan rasa dan aroma yang beragam. Ketinggian tanah, intensitas cahaya matahari, dan curah hujan akan memengaruhi jumlah senyawa tanin dan komposisi rasa pada teh. Tanin ini nantinya akan menentukan sensasi rasa sepat pada teh.


Biasanya, nama teh diambil dari nama daerah penghasilnya. Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa jenis teh berdasarkan daerah asalnya.

India

India

Ada tiga jenis teh hitam asal India yang cukup dikenal. Mari kita bahas secara singkat.

  • Darjeeling
Teh ini berasal dari daerah kaki bukit Himalaya Timur dan dianggap sebagai salah satu dari tiga teh terbaik di dunia, bahkan disebut sebagai champagne of teas. Aromanya yang seperti anggur muscat merupakan hasil dari perubahan tajam antara suhu dingin dan panas. Cita rasanya ringan dengan air seduhan berwarna oranye bening atau kuning kecokelatan. 
  • Assam

Teh Assam berasal dari salah satu penghasil teh terbesar di dunia yang berada di bagian timur laut India. Curah hujan yang tinggi di daerah ini menghasilkan teh kaya rasa dan aroma. Cita rasa manisnya cenderung kuat dan air seduhannya berwarna merah kecokelatan.

  • Nilgiri 
Teh ini berasal dari daerah India bagian selatan yang dekat dengan Sri Lanka. Rasanya kaya dan manis, tetapi segar. Warna seduhan teh ini adalah oranye gelap

Sri Lanka

Di Sri Lanka juga ada beberapa jenis teh hitam yang diproduksi. Di bawah ini adalah penjelasan singkatnya.

  • Ceylon
Dahulu, Sri Lanka bernama Ceylon. Setelah berganti nama menjadi Sri Lanka, teh hitam hasil produksinya tetap dinamakan teh Ceylon. Teh ini memiliki aroma citrus yang segar. Rasanya berbeda-beda, tergantung pada ketinggian tanah tempatnya bertumbuh. Teh yang ditanam di tempat tinggi (di atas 1200 m) akan meninggalkan rasa pahit yang kuat setelah diminum. Sementara yang ditanam di tempat menengah (antara 600-1200 m), meninggalkan rasa pahit yang lebih light. Untuk yang ditanam di daerah lebih rendah (kurang dari 600 m), rasa tehnya akan lebih solid.
  • Uva

Teh Uva adalah salah satu dari tiga teh hitam terbaik di dunia, berasal dari daerah tenggara Sri Lanka. Aromanya khas bunga dan mentol karena cuaca yang mudah berkabut. Anda akan mendapat rasa yang kaya dan menyegarkan dari teh ini. Ketika dituang ke cangkir, akan muncul lingkaran emas yang indah di permukaannya.

  • Nuwara Eliya
Ditanam di daerah produksi teh yang tertinggi, teh ini meninggalkan rasa pahit yang unik setelah diminum. Selain itu, tanaman mint dan eucalyptus yang ditanam di sekitarnya makin memperkaya rasa dan menambah kesegaran pada teh ini. Warna air seduhannya adalah oranye muda.
  • Dimbula

Teh yang berasal dari daerah barat daya Sri Lanka ini memiliki keseimbangan rasa, aroma, dan warna yang baik. Flowery flavour-nya terasa mewah dan berkelas.

  • Kandy

Teh Kandy memiliki aroma yang lembut dan meninggalkan rasa pahit yang ringan sehingga mudah dinikmati. Air seduhannya berwarna cokelat terang dan tidak mudah mengeruh setelah dingin.

  • Ruhuna
Dihasilkan di daerah selatan Sri Lanka, teh ini memiliki rasa yang kaya. Karena dikeringkan dengan suhu yang tinggi, Anda juga akan mendapatkan rasa smokey yang khas. Pada kualitas terbaik, Anda bisa menemukan rasa malty flavour yang khas dan rasa manis seperti gula merah, serta kesegaran seperti yang ada pada teh Ceylon.

Keemun (Cina)

Teh hitam yang paling terkenal di Cina adalah teh Keemun yang merupakan salah satu dari tiga teh terbaik di dunia. Teh ini diproduksi dari daerah Qimen, provinsi Anhui, Cina. Ciri khasnya adalah aroma manis yang unik, mirip dengan wangi anggrek dan mawar, serta terdapat sensasi smokey flavour. Selain itu, teh ini sedikit pahit dan memiliki warna yang terang saat diseduh.

Indonesia

Indonesia

Secara garis besar, teh hitam asli Indonesia memiliki rasa yang sangat kuat sehingga cocok disajikan dengan susu atau rempah-rempah. Rasa tehnya tidak akan hilang jika dicampur dengan bahan lainnya. Karena itu, teh Indonesia cepat diterima di negara-negara Eropa dan yang lainnya. Seduhan teh ini berwarna cokelat kemerahan dan tidak keruh apabila disajikan dingin. 

Pilih berdasarkan campuran teh

Pilih berdasarkan campuran teh

Di atas, kami telah memperkenalkan teh hitam berdasarkan jenis daun teh. Namun, banyak juga teh hitam yang merupakan hasil campuran beberapa jenis teh. Dengan teh campuran ini, Anda akan mendapatkan aroma yang berbeda.


Salah satu hasil percampuran teh yang terkenal adalah English Breakfast. Teh yang banyak dinikmati di Inggris ini merupakan perpaduan antara teh Assam dan Ceylon. Ada juga beberapa produk yang menggunakan Keemun, tetapi harganya lebih mahal.


Tergantung pada produsennya, hasil percampuran teh amat bervariasi. Rasanya juga menarik karena Anda dapat menikmati berbagai rasa dan aroma dalam setiap tegukan. Namun, pastikan Anda memeriksa label kemasannya untuk mengetahui kompoisisi produk teh pilihan Anda. Terkadang, ada produk yang dijual dengan nama teh dari daerah tertentu, tetapi sebenarnya kandungan teh tersebut malah hanya sedikit.

Pilihlah berdasarkan bahan pemberi aroma

Aroma unik dari teh hitam tidak hanya berasal dari karakteristik daun tehnya saja, tetapi juga aroma rempah yang ditambahkan. Salah satu flavoured tea yang terkenal adalah Earl Grey yang mencampurkan teh Ceylon dan Darjeeling dengan aroma jeruk bergamot. Aromanya unik dan tidak akan hilang walau dipanaskan pada suhu tinggi.


Flavoured tea lainnya adalah Lady Grey. Teh ini menggunakan teh Earl Grey yang dicampur kulit buah citrus dan mahkota bunga yukari chrysanthemum. Di samping itu, ada juga aroma yang berasal dari buah-buahan, seperti apel, persik, dan jeruk. Campuran lain, seperti cokelat, jahe, cinnamon, cardamom, dan sebagainya terkadang juga ditambahkan.


Selain bahan alami, ada juga teh yang aromanya ditambahkan dengan bahan kimia yang merupakan hasil ekstraksi buah dan bunga. Karena itu, periksalah kandungan aroma pada kemasannya. Untuk merasakan cita rasa asli, sebaiknya Anda memilih teh hitam yang tidak menggunakan bahan aroma tambahan.

Pilihlah teh berdasarkan cara menikmatinya

Pilihlah teh berdasarkan cara menikmatinya

Ada banyak cara untuk menikmati teh hitam. Pertama adalah straight tea yang menyajikan teh dengan rasa dan aroma khas teh hitam. Untuk menikmatinya, cobalah dengan menggunakan teh yang lembut dan wangi. Beberapa jenis teh yang sesuai adalah teh Darjeeling, Nilgiri, Nuwara Eliya, dan Keemun.


Ada juga lemon tea yang merupakan perpaduan teh dengan lemon. Untuk sajian ini, gunakan teh yang memiliki aroma kuat agar tidak kalah oleh aroma lemon. Hindarilah teh dengan kandungan tanin yang tinggi supaya teh tidak terasa terlalu pahit. Teh yang cocok disajikan dengan lemon di antaranya teh Kandy, Nilgiri, dan Earl grey beraroma bergamot.


Selanjutnya adalah milk tea, percampuran teh hitam dengan susu. Sebaiknya, pilihlah teh dengan rasa yang kuat dan warna pekat seperti teh yang diproduksi dengan metode CTC (cutting, tearing, dan curling). Beberapa jenis teh yang dapat dipadukan dengan susu adalah teh Assam, Ceylon, Dimbula, Uva, Ruhuna, dan Earl Grey beraroma bergamot.


Jika Anda ingin menyajikan teh yang dingin dan segar, pilihlah teh yang tidak terlalu pahit dan tidak keruh saat disajikan dingin. Contoh jenis teh yang cocok adalah teh Darjeeling, Nilgiri, Kendy, dan Earl Grey.


Sementara untuk menikmati Chai, tambahkan seduhan teh susu dengan rempah-rempah, seperti kayu manis, jahe, pala, dan lainnya. Teh yang cocok untuk penyajian ini adalah teh Ceylon, Darjeeling, dan Assam.

Pilihlah berdasarkan harga

Pilihlah berdasarkan harga

Sering kali, teh hitam dijual dengan harga yang berbeda walaupun jenisnya sama. Secara umum, teh second line dijual dengan harga yang lebih murah dibanding dengan basic line, rasanya pun lebih ringan. Oleh karenanya, untuk dinikmati sehari-hari, Anda dapat mengonsumsi teh second line. Sementara itu, teh basic line dapat Anda gunakan misalnya untuk membuat milk tea agar rasanya tidak kalah dengan susu.


Agar lebih praktis, Anda dapat memilih teh celup dengan rasa yang kuat karena daun teh di dalamnya telah dipotong kecil-kecil. Namun, Anda dapat menambahkan lemon atau flavour lain karena teh ini cenderung memiliki aroma yang tidak kuat, terutama pada produk yang harganya lebih murah.

Cobalah terlebih dahulu sebelum memilih

Cobalah terlebih dahulu sebelum memilih
Cara terbaik memilih teh yang paling tepat untuk Anda adalah dengan mencobanya. Biasanya, penjual teh memberi kesempatan untuk mencicipi teh sebelum membeli. Selain itu, Anda juga dapat mencobanya di tea shop yang dikelola oleh produsen teh.

Jika tidak bisa mencobanya, Anda dapat membeli kemasan kecil atau assorted set untuk merasakan berbagai macam jenis teh dengan jumlah sedikit-sedikit. Biasanya, teh kemasan ini juga dijual secara online.

10 Rekomendasi teh hitam terbaik

Kami telah memberikan tips cara memilih teh hitam yang dapat Anda jadikan panduan dalam memilih. Berikut adalah rekomendasi teh hitam terbaik dari berbagai macam merek yang dijual di pasaran. Temukan yang paling pas untuk Anda!

10
Asal negaraIndonesia
Isi25 tea bags
9
Asal negaraIndia
Isi20 tea bags
8
Asal negaraIndonesia
Isi25 tea bags
7
Asal negaraInggris
Isi20 tea bags
6
Asal negaraSri Lanka
Isi20 tea bags
5
Asal negaraTidak disebutkan
Isi20 saset
4
Asal negaraIndonesia
Isi12 tea bags
3
Asal negaraIndonesia
Isi25 tea bags
2
Asal negaraIndia
Isi25 tea bags
1
Asal negaraIndonesia
Isi25 tea bags

Tabel perbandingan produk teh hitam terbaik

Gambar produk
1
Kayu Aro Teh Celup 1

Kayu Aro

2
Twinings Darjeeling Tea 1

Twinings

3
Sir Thomas Lipton Earl Grey 25's 1

Sir Thomas Lipton

4
Singabera Nawakani Chai 1

Singabera

5
Gryphon Tea Company Straits Chai  1

Gryphon Tea Company

6
Dilmah Tea Variety Pack Fruit 1

Dilmah Tea

7
Ahmad Tea Earl Grey Tea -Teabags 1

Ahmad Tea

8
Lipton Yellow Label Tea 1

Lipton

9
Rekso International Tasseo Premium Darjeeling 1

Rekso International

10
Walini Teh Hitam Celup Klasik 1

Walini

Nama produk

Teh Celup

Darjeeling Tea

Earl Grey 25's

Nawakani Chai

Straits Chai

Variety Pack Fruit

Earl Grey Tea -Teabags

Yellow Label Tea

Tasseo Premium Darjeeling

Teh Hitam Celup Klasik

KeunggulanNikmati sensasi rasanya yan...Tea time bersama sahabat ja...Menjaga konsentrasi Anda un...Rasa khas Indonesia yang di...Rasakan perpaduan rempah ya...Variasikan tea time Anda de...Memberi khasiat menenangkanNikmat untuk segala suasanaRasa dan aroma premium deng...Teh lokal berkualitas ekspor
HargaRp 8.245,00Rp 95.000,00Rp 60.000,00Rp 67.000,00Rp 267.000,00Rp 113.900,00Rp 50.375,00Rp 13.100,00Rp 62.100,00Rp 14.000,00
Asal negaraIndonesiaIndiaIndonesiaIndonesiaTidak disebutkanSri LankaInggrisIndonesiaIndiaIndonesia
Isi25 tea bags25 tea bags25 tea bags12 tea bags20 saset20 tea bags20 tea bags25 tea bags20 tea bags25 tea bags
Tautan produk

Pertanyaan seputar teh hitam

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan seputar teh yang sering dijumpai, beserta penjelasannya.

Apakah tea bag piramida memberi efek yang lebih baik?

Apakah tea bag piramida memberi efek yang lebih baik?
Tea bag berbentuk piramida memberikan ruang yang cukup bagi daun teh untuk mengembang saat diseduh sehingga lebih kaya rasa dibandingkan tea bag biasa. Namun, untuk tea bag ukuran kecil, perbedaannya tidak terlalu terasa.

Apakah teh organik itu?

Apakah teh organik itu?
Saat ini, Anda dapat membeli teh hitam organik di pasaran. Tentunya, teh hitam organik ini sangat dinantikan oleh para pemerhati lingkungan dan orang yang mengutamakan keamanan produk. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak ada perbedaan rasa atau aroma yang signifikan dari teh hitam organik dan teh hitam biasa. 

Mengapa warna teh berubah saat ditambahkan lemon atau madu?

Mengapa warna teh berubah saat ditambahkan lemon atau madu?
Ada kalanya, warna teh hitam menjadi lebih terang saat dicampur dengan lemon. Hal ini terjadi karena theaflavin, salah satu senyawa penentu warna teh, menjadi kehilangan warna akibat adanya asam sitrat pada lemon.

Sebaliknya, kadang warna teh jadi lebih gelap jika ditambahkan madu. Ini akibat reaksi antara zat besi pada madu dan tanin pada teh hitam. Perubahan warna ini tidak akan mengakibatkan efek negatif pada tubuh. Anda dapat memanfaatkan warnanya untuk menikmati milk tea yang pekat. Namun, jika Anda kurang suka, pilihlah madu yang kandungan zat besinya sedikit.

Klasifikasi daun teh

Tanda OP atau BOP pada label kemasan teh merupakan klasifikasi daun teh berdasarkan bentuk dan ukuran daun teh, bukan kualitasnya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

OP (Orange Pekoe)

OP adalah daun teh yang memiliki ukuran paling besar dan panjang. Panjang potongannya sekitar 7-11 mm. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengekstraksi gulungan daun teh ini.

FOP (Flowery Orange Pekoe)

FOP (Flowery Orange Pekoe)

Ukurannya hampir sama dengan OP, tetapi lebih banyak mengandung tunas-tunas dan daun yang masih muda.

P (Pekoe)

Ukurannya antara OP dan BOP, sekitar 3–5 mm.

BOP (Broken Orange Pekoe)

BOP (Broken Orange Pekoe)

Daun teh dihancurkan sampai kecil berukuran 2-3 mm. Tipe ini mudah mengeluarkan aroma dan rasa teh.

BOPF (Broken Orange Pekoe Fannings)

BOPF (Broken Orange Pekoe Fannings)

Ukuran daun lebih kecil dari BOP yaitu sekitar 1-2 mm. Teh ini akan mengeluarkan warna yang pekat walau diseduh dalam tea bag.

D (Dust)

D (Dust)
Teh ini berbentuk bubuk dengan ukuran 0,5-1 mm dan sering digunakan untuk tea bag. Kualitasnya tidak selalu rendah, tetapi produk yang berkualitas tinggi biasanya harganya mahal.

Perlu diperhatikan bawa ada istilah Orange Pekoe dan Pekoe yang digunakan sebagai nama bagian daun teh. Hal ini berbeda dengan penggolongan daun teh.

Baca juga rekomendasi teh lainnya di sini

Di pasaran, ada juga beberapa varian teh lainnya yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Silakan simak artikel-artikel di bawah ini untuk mendapatkan informasi dan rekomendasi jenis teh lainnya.

Kesimpulan

Kami telah memberikan informasi tentang teh hitam, serta cara memilih teh yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Setelah mendapatkan jenis teh yang Anda inginkan, pastikan Anda menyeduh teh dengan cara yang tepat. Hal ini supaya Anda bisa mendapatkan rasa dan aroma yang sempurna.

Kami harap artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih teh hitam yang berkualitas. Selamat mencoba!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Alat Pembuat Kopi Press Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Pembuat Kopi Press Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Membuat kopi dengan cara manual memiliki kenikmatan tersendiri bagi para pencinta kopi. Berbagai alat pembuat kopi secara manual kini banyak dijual secara online, salah satunya adalah coffee press. Dengan menggunakan coffee press, Anda bisa membuat kopi yang nikmat dalam waktu singkat.Namun, coffee press memiliki kapasitas, desain dan kegunaan yang berbeda, tergantung jenis produknya sehingga membuat banyak orang bingung mau memilih yang mana. Pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk coffee press terbaik. Kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih produk yang tepat. Simak penjelasan kami ini ya!
    Makanan & minuman
    2.059 Views
  • 10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Madu Manuka adalah madu asli dari negara New Zealand yang bermanfaat untuk kecantikan kulit karena dapat mencegah munculnya jerawat. Selain itu, madu ini juga memiliki manfaat kesehatan, seperti menyembuhkan penyakit lambung akibat bakteri Helicobacter pylori, mencegah demam, dan mencegah dental caries.Namun, terdapat istilah yang kurang familier pada madu Manuka sehingga akan menyulitkan Anda dalam memilih produk yang tepat. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih madu Manuka sekaligus merekomendasikan produk yang layak Anda coba dari merek terkenal seperti Manuka Health, Happy Valley, dan lainnya. Jadi, silakan disimak!
    Makanan & minuman
    12.709 Views
  • 10 Rekomendasi Saus Kimchi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Saus Kimchi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kimchi merupakan makanan Korea yang dicintai oleh masyarakat Korea. Selain rasanya yang enak, kimchi juga dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, tidak seperti di Korea, membuat kimchi di Indonesia tidaklah mudah karena saus kimchi memiliki rasa yang khas dan kuat.Sebenarnya, Anda masih dapat menikmati kimchi handmade dan masakan yang menggunakan kimchi seperti nasi goreng kimchi atau sup kimchi. Jadi, di artikel ini kami juga akan menjelaskan cara memilih, merekomendasikan produk saus kimchi terbaik, serta memberikan resep dan cara membuat hidangan menggunakan saus kimchi untuk Anda coba di rumah. Yuk, simak selengkapnya!
    Makanan & minuman
    1.434 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru 2020)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik.Saat ini, ada banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    13.383 Views
  • 10 Rekomendasi Biskuit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biskuit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Biskuit merupakan jenis kue kering yang sudah sangat populer sejak dahulu. Camilan yang satu ini tidak hanya enak, tetapi juga memiliki banyak varian rasa dan bentuk. Tidak heran, mulai dari anak-anak maupun orang dewasa menjadikan biskuit sebagai camilan favorit.Saat ini ada banyak produsen biskuit seperti Roma, Nissin, dan Arnott’s yang menawarkan produk dengan rasa enak dan beragam. Pada artikel kali ini, kami akan mengulas tips untuk memilih biskuit sekaligus merekomendasikan produk yang telah kami seleksi untuk Anda. Baca artikel ini sampai habis, ya!
    Makanan & minuman
    2.242 Views
  • 10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan yang namanya whipped cream. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream juga sering dipakai untuk menghiasi frappuccino favorit Anda. Anak-anak pun menyukainya berkat rasanya yang creamy. Namun, di antara banyaknya produk whipped cream yang dijual, manakah yang sebaiknya Anda beli?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipped cream agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk dari kami, seperti Anchor, Elle & Vire, Greenfields, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda memperoleh informasi lengkap seputar whipped cream.
    Makanan & minuman
    2.006 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Sagu Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Tepung Sagu Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Makanan seperti bakmi, bakso, atau pempek pasti sudah tidak asing bagi Anda. Namun, tahukah Anda tepung apa saja yang biasanya digunakan untuk membuat makanan tersebut? Untuk membuat tekstur kenyal yang pas, salah satu bahan yang digunakan adalah tepung sagu. Tepung sagu juga digunakan untuk membuat jajanan pasar seperti dawet dan bubur mutiara. Tertarik membeli tepung sagu? Di artikel ini, kami merekomendasikan berbagai produk dari merek terkenal, seperti Javara, KebonQta, serta Alini. Tidak hanya produk rekomendasinya, kami juga akan membahas cara memilih tepung sagu yang baik karena ternyata ada berbagai macam tepung sagu, lho. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut!
    Makanan & minuman
    1.812 Views
  • 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makaroni tentunya sudah tidak asing lagi untuk orang Indonesia. Berbagai makanan, seperti sup, salad, bahkan camilan menggunakan jenis pasta ini. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda kebingungan memilih produk yang pas untuk disajikan.Jangan khawatir karena kami akan memberikan tips memilih makaroni terbaik dalam artikel kali ini. Setelah itu, temukan juga berbagai merek ternama, seperti La Fonte, San Remo, Kraft, dan banyak lainnya dalam rekomendasi produk dari kami. Simak terus artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewat, ya.
    Makanan & minuman
    399 Views
  • 10 Rekomendasi Wedang Uwuh Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wedang Uwuh Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang berasal dari daerah Imogiri, Yogyakarta. Minuman yang berisi rempah-rempah ini sangat pas untuk menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Wedang uwuh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bagi penggemar minuman herbal, wedang uwuh dapat dijadikan salah satu minuman favorit.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih produk wedang uwuh yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Rekomendasi produk terbaik seperti Herbadrink, Sekar, dan Wening juga dapat Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca, ya!
    Makanan & minuman
    320 Views
  • 10 Rekomendasi Wedang Jahe Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wedang Jahe Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Secangkir wedang jahe tidak hanya terasa nikmat untuk diteguk, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Wedang sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya minuman panas. Jadi, minuman tradisional ini tentunya bisa menghangatkan tubuh. Kini, ada cara yang lebih praktis untuk menikmati wedang jahe yaitu dengan membeli wedang jahe instan.Di pasaran, ada banyak produk wedang jahe instan, seperti ABC Madu Jahe, Singabera, atau Susu Jahe Sidomuncul. Jika Anda bingung mencari wedang jahe yang paling cocok, tetaplah membaca. Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilihnya, serta memberi rekomendasi produk terbaik.
    Makanan & minuman
    212 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Banyak merek kopi instan terkenal seperti NESCAFÉ, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai produk di Indonesia.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang Anda sukai. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    40.362 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    16.524 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    51.728 Views
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keju cheddar pertama kali dibuat di negara Inggris. Sejak itu, cheddar menjadi jenis keju yang paling banyak dibuat di seluruh dunia. Ciri khasnya adalah rasa asam yang lembut dan tidak berlebihan. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi semakin enak, serta cocok dijadikan isian sandwich dan salad dressing. Rasanya memang tidak tergantikan.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih keju cheddar sekaligus memberi rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Anchor, Bega, Kraft, dan merek lainnya. Pilihlah keju cheddar favorit Anda agar waktu makan terasa lebih istimewa. Mari kita mulai!
    Makanan & minuman
    17.225 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    51.974 Views
  • 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di Indonesia, margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng saat menumis. Anda dapat dengan mudah menemukan margarin dengan berbagai merek, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, Filma, dan sebagainya.Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda, bahkan ada yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja. Pada artikel kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Selain itu, terdapat rekomendasi margarin terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    18.754 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Apel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teh Apel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teh apel terkenal karena aroma dan rasanya yang manis. Banyak orang menganggap teh apel hanya menggunakan teh biasa. Namun, ternyata ada berbagai jenis teh yang digunakan sebagai campuran teh apel. Sebut saja teh hitam, teh herbal, dan lainnya. Kalau begitu, bagaimana menentukan campuran teh yang terbaik, ya?Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara pemilihan campuran teh apel. Tak lupa, kami juga merekomendasikan produk teh apel dari berbagai merek, seperti Yogi, Ahmad Tea, hingga Twinings. Jadi, silakan baca dengan saksama dan dapatkan perpaduan teh apel favorit Anda!
    Makanan & minuman
    412 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori