• 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Banyak orang senang meminum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada.


Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, mulai dari SariWangi, Dilmah, hingga Twinings juga akan kami ulas tuntas. Di artikel ini, kami juga telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh bernama Muhammad Ashfiya. Mari simak terus artikel ini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Muhammad Ashfiya
  • Pembaharuan terakhir: 18 Juli 2021
  • 13.956 Views
Daftar isi

Profil pakar: Konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya

Profil pakar: Konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya

Pencinta teh sekaligus tea specialist ini berfokus pada tea testing dan quality control product. Inspirasi Ashfiya untuk menyebarkan informasi mengenai teh berawal dari hadiah teh premium yang diterimanya dari sesama rekan tester.


Ashfiya menyebarkan informasi mengenai teh melalui platform media sosial yang sudah dirintis sejak tahun 2017. Ia juga sering mengisi kelas dan seminar untuk sesama tea lovers. Tulisan Ashfiya seputar informasi edukasi teh bisa didapatkan di akun Instagram @tehnusantara.

Teh hitam, teh hijau, dan teh oolong, apa bedanya?

Teh hitam, teh hijau, dan teh oolong, apa bedanya?

Teh hitam, teh hijau, dan teh oolong sebenarnya berasal dari pohon teh yang sama, tetapi melewati proses pengolahan yang berbeda. Pengolahan yang dilakukan tanpa proses fermentasi akan menghasilkan teh hijau. Proses semifermentasi akan menghasilkan teh oolong. Sementara itu, teh hitam dihasilkan dengan proses fermentasi penuh.


Namun, tergantung dari lokasi penanaman, pohon teh yang sejenis juga dapat mengeluarkan rasa dan aroma yang beragam. Ketinggian tanah, intensitas cahaya matahari, dan curah hujan akan memengaruhi jumlah senyawa tanin dan komposisi rasa pada teh. Tanin ini nantinya akan menentukan sensasi rasa sepat pada teh.


Kami akan mengulas produk-produk teh hitam dari berbagai daerah untuk Anda di artikel ini. Simak sampai akhir untuk menemukan teh hitam dengan cita rasa yang Anda sukai!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih teh hitam

Terdapat banyak jenis teh hitam dengan rasa dan aroma yang khas. Pertimbangkanlah karakteristik dan cara penyajiannya agar sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk lebih jelasnya, simaklah ulasan di bawah ini.

Temukan rasa autentiknya berdasarkan daerah penghasil daun teh

Biasanya, nama teh diambil dari nama daerah penghasilnya. Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa jenis teh berdasarkan daerah asalnya.

India, terkenal dengan teh terbaik dunia, Darjeeling tea

Ada tiga jenis teh hitam asal India yang cukup dikenal. Mari kita bahas secara singkat.


  • Darjeeling
Teh ini berasal dari daerah kaki bukit Himalaya Timur dan dianggap sebagai salah satu dari tiga teh terbaik di dunia, bahkan disebut sebagai champagne of teas. Aromanya yang seperti anggur muscat merupakan hasil dari perubahan tajam antara suhu dingin dan panas. Cita rasanya ringan dengan air seduhan berwarna oranye bening atau kuning kecokelatan. 

  • Assam

Teh Assam berasal dari salah satu penghasil teh terbesar di dunia yang berada di bagian timur laut India. Curah hujan yang tinggi di daerah ini menghasilkan teh kaya rasa dan aroma. Cita rasa manisnya cenderung kuat dan air seduhannya berwarna merah kecokelatan.


  • Nilgiri 
Teh ini berasal dari daerah India bagian selatan yang dekat dengan Sri Lanka. Rasanya kaya dan manis, tetapi segar. Warna seduhan teh ini adalah oranye gelap
Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

India adalah salah satu produsen teh terbesar di dunia setelah Cina. Negara ini kebanyakan memproduksi teh hitam baik leavy grade maupun broken grade


Setidaknya terdapat tiga daerah yang terkenal dengan hasil tehnya yaitu Darjeeling, Assam, dan Nilgiri. Setiap daerah ini mempunyai karakter teh yang berbeda. 


Darjeeling tea terkenal dengan karakter muscatelAssam tea memiliki mouthfeel yang nyaman, sedangkan Nilgiri tea memiliki karakter pungent dan aroma yang sweet.

Sri Lanka, penghasil Ceylon tea yang dipakai merk Dilmah

Para penggemar teh tentu tidak asing lagi dengan merek Dilmah. Dilmah merupakan satu-satunya perusahaan teh yang terintegrasi dengan perkebunan terbaik di Ceylon (Sri Lanka). Selain Ceylon tea, Sri Lanka juga memiliki beberapa jenis teh hitam terbaik lainnya. Mari simak penjelasannya satu per satu.


  • Ceylon
Ceylon adalah nama lama Sri Lanka. Setelah berganti nama menjadi Sri Lanka, teh hitam hasil produksinya tetap dinamakan teh Ceylon. Teh ini memiliki aroma citrus yang segar. Rasanya berbeda tergantung ketinggian tanah tempatnya bertumbuh. 

Teh yang ditanam di tempat tinggi (di atas 1200 m) akan meninggalkan rasa pahit yang kuat setelah diminum. Sementara itu, teh yang ditanam di tempat menengah (antara 600-1200 m) meninggalkan rasa pahit yang lebih light. Untuk yang ditanam di daerah lebih rendah (kurang dari 600 m), rasa tehnya akan lebih solid.


  • Uva

Teh Uva adalah salah satu dari tiga teh hitam terbaik di dunia, berasal dari daerah tenggara Sri Lanka. Aromanya khas bunga dan mentol karena cuaca yang mudah berkabut. Anda akan mendapat rasa yang kaya dan menyegarkan dari teh ini. Ketika dituang ke cangkir, akan muncul lingkaran emas yang indah di permukaannya.


  • Nuwara Eliya
Ditanam di daerah produksi teh yang tertinggi, teh ini meninggalkan rasa pahit yang unik setelah diminum. Selain itu, tanaman mint dan eucalyptus yang ditanam di sekitarnya makin memperkaya rasa dan menambah kesegaran pada teh ini. Warna air seduhannya adalah oranye muda.

  • Dimbula

Teh yang berasal dari daerah barat daya Sri Lanka ini memiliki keseimbangan rasa, aroma, dan warna yang baik. Flowery flavour-nya terasa mewah dan berkelas.


  • Kandy

Teh Kandy memiliki aroma yang lembut dan meninggalkan rasa pahit yang ringan sehingga mudah dinikmati. Air seduhannya berwarna cokelat terang dan tidak mudah mengeruh setelah dingin.


  • Ruhuna
Dihasilkan di daerah selatan Sri Lanka, teh ini memiliki rasa yang kaya. Karena dikeringkan dengan suhu yang tinggi, Anda juga akan mendapatkan rasa smokey yang khas. Pada kualitas terbaik, Anda bisa menemukan rasa malty flavour yang khas dan rasa manis seperti gula merah, serta kesegaran seperti yang ada pada teh Ceylon.
Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Sri Lanka adalah produsen teh terbaik selain India dan Kenya. Ada beberapa daerah yang menjadi produsen teh di Sri Lanka, yaitu Uva, Dimbula, Nuwara Eliya, Ruhana, dan lainnya. Teh dari Sri Lanka biasanya di-blend menjadi english breakfast tea oleh beberapa brand teh besar di dunia. Hal ini  disebabkan teh dari daerah Sri Lanka memiliki aroma yang kuat dan air seduhan yang bright

Tiongkok, cita rasa Keemun tea yang wangi dengan smokey flavour

Teh hitam yang paling terkenal di Tiongkok adalah teh Keemun yang merupakan salah satu dari tiga teh terbaik di dunia. Teh ini diproduksi dari daerah Qimen, provinsi Anhui, Cina. Ciri khasnya adalah aroma manis yang unik, mirip dengan wangi anggrek dan mawar, serta terdapat sensasi smokey flavour. Selain itu, teh ini sedikit pahit dan memiliki warna yang terang saat diseduh.

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Keemun yang terletak di provinsi Anhui merupakan satu dari sedikit produsen black tea yang ada di Anhui. Mengingat mayoritas teh yang diproduksi di area ini adalah teh hijau, Keemun black tea berhasil menarik perhatian para british tea blender. Mereka menjadikan teh Keemun sebagai salah satu komponen english breakfast bersama dengan Ceylon dan Assam black tea. 

Indonesia, teh hitam dengan karakter rasa yang kuat

Jika Anda mencari kualitas teh terbaik untuk menyeduh teh yang wasgitel, silakan coba teh hitam produksi Indonesia. Wasgitel artinya seduhan teh yang wangi, panas, sepet, legi (manis), dan kenthel (kental). Ini merupakan kuncian rasa teh favoritnya orang Indonesia. 


Teh hitam asli Indonesia memiliki rasa yang kuat sehingga cocok disajikan dengan apa saja, termasuk susu dan rempah-rempah. Jika Anda ingin membuat milk tea atau teh tarik, silakan coba merek teh hitam dari Indonesia. 

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Indonesia adalah salah satu produsen teh terbesar di dunia setelah China, India, Kenya, Sri Lanka, Turki, dan Vietnam. Teh Indonesia diproduksi sebagian besar di Pulau Jawa, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Teh Indonesia terkenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga banyak diekspor ke negara-negara Eropa. 

Periksa bahan campuran teh

Periksa bahan campuran teh

Di atas, kami telah memperkenalkan teh hitam berdasarkan jenis daun teh. Namun, banyak juga teh hitam yang merupakan hasil campuran beberapa jenis teh. Dengan teh campuran ini, Anda akan mendapatkan aroma yang berbeda.


Salah satu hasil percampuran teh yang terkenal adalah English Breakfast. Teh yang banyak dinikmati di Inggris ini merupakan perpaduan antara teh Assam dan Ceylon. Ada juga beberapa produk yang menggunakan Keemun, tetapi harganya lebih mahal.


Tergantung produsennya, hasil percampuran teh amat bervariasi. Rasanya juga menarik karena Anda dapat menikmati berbagai rasa dan aroma dalam setiap tegukan. Namun, pastikan Anda memeriksa label kemasannya untuk mengetahui komposisi produk teh pilihan Anda. Kadang ada produk yang dijual dengan nama teh dari daerah tertentu, tetapi sebenarnya kandungan teh tersebut malah hanya sedikit.

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Pilihlah teh sesuai dengan blend (campuran teh) yang Anda inginkan. Sebagai contoh, english breakfast tea ada yang memakai campuran India, Kenya, dan Sri Lanka. Namun, ada juga yang memakai campuran teh India, Kenya, dan Indonesia. Tentukanlah berdasarkan preferensi rasa yang Anda sukai. 

Pilihlah berdasarkan bahan pemberi aroma

Aroma unik dari teh hitam tidak hanya berasal dari karakteristik daun tehnya saja, tetapi juga aroma rempah yang ditambahkan. Salah satu flavoured tea yang terkenal adalah Earl Grey yang mencampurkan teh Ceylon dan Darjeeling dengan aroma jeruk bergamot. Aromanya unik dan tidak akan hilang walau dipanaskan pada suhu tinggi.


Flavoured tea lainnya adalah Lady Grey. Teh ini menggunakan teh Earl Grey yang dicampur kulit buah citrus dan mahkota bunga yukari chrysanthemum. Di samping itu, ada juga aroma yang berasal dari buah-buahan, seperti apel, persik, dan jeruk. Campuran lain, seperti cokelat, jahe, cinnamon, cardamom, dan sebagainya terkadang juga ditambahkan.


Selain bahan alami, ada juga teh yang aromanya ditambahkan dengan bahan kimia yang merupakan hasil ekstraksi buah dan bunga. Untuk merasakan cita rasa asli, sebaiknya Anda memilih teh hitam yang tidak menggunakan bahan aroma tambahan.

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Bagi Anda yang menyukai teh dengan aroma dan karakteristik khusus, Earl Grey bisa menjadi pilihan. Alasannya, aroma teh Earl Grey yang khas bisa memberikan efek hangat di tubuh. Ada juga teh dengan rasa rempah seperti kayu manis, kapulaga, star anise, dan lainnya.

Pilihlah teh berdasarkan cara menikmatinya

Pilihlah teh berdasarkan cara menikmatinya

Ada banyak cara untuk menikmati teh hitam. Pertama adalah straight tea yang menyajikan teh dengan rasa dan aroma khas teh hitam. Untuk menikmatinya, cobalah gunakan teh yang lembut dan wangi. Beberapa jenis teh yang sesuai untuk straight tea adalah teh Darjeeling, Nilgiri, Nuwara Eliya, dan Keemun.


Ada juga lemon tea yang merupakan perpaduan teh dengan lemon. Untuk sajian ini, gunakan teh yang memiliki aroma kuat agar tidak kalah oleh aroma lemon. Hindarilah teh dengan kandungan tanin yang tinggi supaya teh tidak terasa terlalu pahit. Teh yang cocok disajikan dengan lemon di antaranya teh Kandy, Nilgiri, dan Earl Grey beraroma bergamot.


Selanjutnya adalah milk tea, percampuran teh hitam dengan susu. Sebaiknya, pilihlah teh dengan rasa pekat, misalnya teh yang diproduksi dengan metode CTC (cutting, tearing, dan curling). Beberapa jenis teh yang dapat dipadukan dengan susu adalah teh Assam, Ceylon, Dimbula, Uva, Ruhuna, dan Earl Grey beraroma bergamot.


Jika Anda ingin menyajikan teh yang dingin dan segar, pilihlah teh yang tidak terlalu pahit dan tidak keruh saat disajikan dingin. Contoh jenis teh yang cocok adalah teh Darjeeling, Nilgiri, Kendy, dan Earl Grey.


Sementara untuk menikmati Chai, tambahkan seduhan teh susu dengan rempah-rempah, seperti kayu manis, jahe, pala, dan lainnya. Teh yang cocok untuk penyajian ini adalah teh Ceylon, Darjeeling, dan Assam.

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Ada beberapa cara menikmati teh hitam yang bisa Anda coba, seperti tawar tanpa campuran apa-apa, ditambah irisan lemon, atau ditambah fresh milk. Jika Anda menyukai rasa rempah, cobalah menambahkan potongan sereh dalam teh Anda. Saran saya, pilihlah cara yang paling sesuai dengan suasana hati agar momen ngeteh menjadi lebih seru. 

Beli kemasan kecil jika Anda baru pertama kali mencoba

Beli kemasan kecil jika Anda baru pertama kali mencoba
Untuk Anda yang baru pertama mencoba merek teh tertentu, tentunya Anda masih menebak-nebak rasanya. Terlebih, jika Anda membeli secara online, Anda hanya bisa mengandalkan ulasan pembeli dan bertanya kepada seller

Untuk itu, belilah kemasan kecil atau assorted set untuk merasakan berbagai jenis teh dengan jumlah sedikit. Biasanya, teh kemasan ini akan lebih mudah Anda temukan di toko online.

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Sebisa mungkin, cicipilah terlebih dahulu teh hitam yang akan Anda beli. Anda bisa memanfaatkan momen pameran untuk mencoba berbagai macam sampel teh. Atau, Anda juga bisa membeli sample kit kemasan kecil-kecil sebelum memutuskan untuk membeli kemasan besar.

10 Rekomendasi teh hitam terbaik

Kami telah memberikan tips memilih teh hitam yang dapat Anda jadikan panduan dalam memilih. Berikutnya, kami akan mengulas teh hitam terbaik dari berbagai merek untuk Anda.

10
Asal negaraIndonesia
Isi50 g (loose leaf)
9
Asal negaraIndia
Isi20 tea bags
8
Asal negaraIndonesia
Isi25 tea bags
7
Asal negaraIndonesia
Isi5–30 pcs (tea bags), 15g–250 g (loose leaf)
6
Asal negaraSri Lanka
Isi20 tea bags
5
Asal negaraTidak disebutkan
Isi20 saset
4
Asal negaraIndonesia
Isi50 gram
3

Unilever Food SolutionsSIR THOMAS LIPTON Earl Grey 25's

Mulai dari Rp 100.400,00

Asal negaraIndonesia
Isi25 tea bags
2
Asal negaraIndia
Isi25 tea bags
1

Kartini Teh NasionalTeh Dandang Black Tea Celup

Mulai dari Rp 5.000,00

Asal negaraIndonesia
Isi25 tea bags

Tabel perbandingan produk teh hitam terbaik

Gambar produk
1
Kartini Teh Nasional Teh Dandang Black Tea Celup 1

Kartini Teh Nasional

2
Twinings Darjeeling International Blend 1

Twinings

3
Unilever Food Solutions SIR THOMAS LIPTON Earl Grey 25's 1

Unilever Food Solutions

4
 Tong Tji  Teh Asli (Teh Bubuk) 1

Tong Tji

5
Gryphon  Straits Chai  1

Gryphon

6
Dilmah Tea Variety Pack Fruit 1

Dilmah Tea

7
Haveltea Cocodeli Lady Grey  1

Haveltea

8
Unilever  SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit 1

Unilever

9
Rekso  Tasseo Premium Darjeeling 1

Rekso

10
Heizltea Royal Pekoe Black Tea  1

Heizltea

Nama produk

Teh Dandang Black Tea Celup

Darjeeling International Blend

SIR THOMAS LIPTON Earl Grey 25's

Teh Asli (Teh Bubuk)

Straits Chai

Variety Pack Fruit

Cocodeli Lady Grey

SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit

Tasseo Premium Darjeeling

Royal Pekoe Black Tea

Keunggulan

Teh hitam grade pilihan dalam kemasan yang praktis

Tea time bersama sahabat jadi makin hangat

Menjaga konsentrasi Anda untuk beraktivitas secara sempurna

Merk teh hitam untuk teh tarik bercita rasa lembut

Seduhan teh hitam yang berkhasiat menghangatkan tubuh

Variasikan tea time Anda dengan kesegaran lima pilihan rasa

Aroma menenangkan dari black tea, bergamot, dan lavender

Khasiat teh hitam dan rempah untuk menjaga imunitas

Rasa dan aroma premium dengan harga yang tidak menguras dompet

Teh ala bangsawan dari brand lokal

Harga mulai dariRp 5.000,00Rp 85.000,00Rp 100.400,00Rp 28.000,00Rp 220.000,00Rp 83.000,00Rp 47.000,00Rp 7.800,00Rp 55.500,00Rp 57.040,00
Asal negaraIndonesiaIndiaIndonesiaIndonesiaTidak disebutkanSri LankaIndonesiaIndonesiaIndiaIndonesia
Isi25 tea bags25 tea bags25 tea bags50 gram20 saset20 tea bags5–30 pcs (tea bags), 15g–250 g (loose leaf)25 tea bags20 tea bags50 g (loose leaf)
Tautan produk

Pertanyaan seputar teh hitam

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan seputar teh yang sering dijumpai beserta penjelasannya.

Apakah tea bag piramida memberi efek yang lebih baik?

Apakah tea bag piramida memberi efek yang lebih baik?
Tea bag berbentuk piramida memberikan ruang yang cukup bagi daun teh untuk mengembang saat diseduh. Hasilnya, rasa teh menjadi lebih kaya rasa dibandingkan tea bag biasa. Namun, untuk tea bag berukuran kecil, perbedaannya tidak terlalu terasa.

Apakah teh organik itu?

Apakah teh organik itu?
Saat ini, Anda dapat membeli teh hitam organik di pasaran. Tentunya, teh hitam organik ini sangat dinantikan oleh para pemerhati lingkungan dan orang yang mengutamakan keamanan produk. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak ada perbedaan rasa atau aroma yang signifikan dari teh hitam organik dan teh hitam biasa. 
Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Teh organik bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan teh yang lebih ramah lingkungan. Teh dengan organic treatment lebih memperhatikan pupuk yang digunakan. Selain itu, cara memberantas hama sampai sumber air di sekitar tanaman teh bisa menjaga tanah dan pohon tehnya sendiri.

Mengapa warna teh berubah saat ditambahkan lemon atau madu?

Mengapa warna teh berubah saat ditambahkan lemon atau madu?
Ada kalanya warna teh hitam menjadi lebih terang saat dicampur dengan lemon. Hal ini terjadi karena theaflavin, salah satu senyawa penentu warna teh, menjadi kehilangan warna akibat adanya asam sitrat pada lemon.

Sebaliknya, kadang warna teh jadi lebih gelap jika ditambahkan madu. Ini akibat reaksi antara zat besi pada madu dan tanin pada teh hitam. Perubahan warna ini tidak akan mengakibatkan efek negatif pada tubuh. Anda dapat memanfaatkan warnanya untuk menikmati milk tea yang pekat. Namun, jika Anda kurang suka, pilihlah madu yang kandungan zat besinya sedikit.

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Warna air seduhan (liquor) teh bisa berubah karena adanya reaksi kimia ketika dicampur lemon, madu, atau cairan lainnya. Selain itu percampuran ini juga bisa mengubah kepekatan dan rasa dari teh. Untuk tekstur rasa yang lebih alami, saya menyarankan untuk meminum teh murni tanpa campuran bahan lain.

Klasifikasi daun teh

Klasifikasi daun teh

Tanda OP atau BOP pada label kemasan teh merupakan klasifikasi daun teh berdasarkan bentuk dan ukurannya, bukan kualitasnya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.


  • OP (Orange Pekoe)

OP adalah daun teh yang memiliki ukuran paling besar dan panjang. Panjang potongannya sekitar 7–11 mm. Ekstraksi gulungan daun teh ini membutuhkan waktu yang lama.


  • FOP (Flowery Orange Pekoe)

Ukurannya hampir sama dengan OP, tetapi lebih banyak mengandung tunas-tunas dan daun yang masih muda.


  • P (Pekoe)

Ukurannya antara OP dan BOP. Panjangnya sekitar 3–5 mm.

  • BOP (Broken Orange Pekoe)

Daun teh BOP dihancurkan sampai kecil berukuran 2–3 mm. Tipe ini mudah mengeluarkan aroma dan rasa teh.


  • BOPF (Broken Orange Pekoe Fannings)

Ukuran daun tipe ini lebih kecil dari BOP yaitu sekitar 1–2 mm. Teh ini akan mengeluarkan warna yang pekat walau diseduh dalam tea bag.

  • D (Dust)

Teh ini berbentuk bubuk dengan ukuran 0,5–1 mm dan sering digunakan untuk tea bag. Kualitasnya tidak selalu rendah, tetapi produk yang berkualitas tinggi biasanya harganya mahal.

Perlu diperhatikan bahwa ada istilah Orange Pekoe dan Pekoe yang digunakan sebagai nama bagian daun teh. Hal ini berbeda dengan penggolongan daun teh.

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya
  • Orange Pekoe (OP) adalah grade dengan daun teh utuh (whole) yang bisa menghasilkan warna seduhan yang lebih terang. Aroma teh yang dihasilkan juga lebih lembut dibandingkan grade broken
  • Flowery Orange Pekoe (FOP) adalah grade teh hitam yang banyak mengandung tunas (pekoe). Jenis ini masih termasuk dalam whole leaves, tetapi sedikit lebih kecil dibandingkan Orange Pekoe.
  • Broken Orange pekoe (BOP) adalah grade teh hitam dengan partikel lebih kecil sehingga mampu mengekstrak teh lebih cepat. Grade ini memiliki ukuran daun yang lebih kecil dibandingkan grade OP dan FOP.
  • BOPF (Broken Orange Pekoe Fanning) adalah grade dengan ukuran teh yang lebih kecil dari BOP. Hal ini menjadikan grade ini banyak dipilih untuk isian tea bag berkat kemampuannya meng-infuse teh dengan lebih cepat.
  • Grade Dust adalah grade teh hitam (main grade) dengan ukuran terkecil bersama dengan Pekoe Dust. Grade Dust banyak dijadikan dasar untuk teh tarik atau milk tea karena mampu menghasilkan teh yang lebih pekat dengan gramasi yang sama dengan grade BOPF.

Tips dari konsultan dan spesialis teh kami, Muhammad Ashfiya

Tips dari konsultan dan spesialis teh kami, Muhammad Ashfiya

Pilihlah teh hitam sesuai dengan preferensi rasa yang Anda inginkan, pastikan teh yang Anda pilih masih segar. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual tentang product knowledge dari teh yang hendak Anda beli. Ketahuilah informasi traceability data, production date, brewing suggestion, sampai cara menyimpan yang tepat.

Baca juga rekomendasi teh lainnya di sini

Di pasaran, ada juga beberapa varian teh lainnya yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Silakan simak artikel-artikel di bawah ini untuk mendapatkan informasi dan rekomendasi jenis teh lainnya.

Kesimpulan

Kami telah memberikan informasi tentang teh hitam serta cara memilih teh yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Setelah mendapatkan jenis teh yang Anda inginkan, pastikan Anda menyeduh teh dengan cara yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan rasa dan aroma yang sempurna. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih teh hitam yang berkualitas. Selamat mencoba!

Artikel terkait

  • 10 Kopi Organik Terbaik - Ditinjau oleh Konsultan Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Organik Terbaik - Ditinjau oleh Konsultan Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak pencinta kopi yang ingin mencoba atau merasakan sensasi minum kopi organik. Kopi organik adalah kopi yang seluruh proses penanamannya tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Di Indonesia, ada beberapa merk kopi organik terkenal, seperti Tjap Djaran, HiBo, dan Le Conducteur.Bagi produsen, mendapatkan sertifikasi kopi organik tentu tidak mudah karena tidak banyak biji kopi yang benar-benar organik. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membagikan cara memilih kopi organik yang tepat. Jangan lupa, simak juga komentar coffee consultant, Deni Dermanto, di artikel ini.
    Teh & kopi
    9.022 Views
  • 10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh jagung atau corn tea telah menjadi minuman sehat yang begitu digemari masyarakat. Teh dengan cita rasa khas jagung manis ini banyak dikonsumsi untuk tujuan kesehatan dan kecantikan. Karena tidak mengandung kafein, teh ini pun dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia.Untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih dalam membeli produk teh jagung. Simak terus artikel ini dan dapatkan rekomendasi produk teh jagung dari Sempio, Woongjin, atau Dongsuh di sini!
    Teh & kopi
    5.415 Views
  • 10 Merk Teh Oolong Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Oolong Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Buatlah waktu afternoon tea Anda menjadi lebih berkesan dengan teh oolong! Selain memiliki fungsi pengobatan, teh oolong juga bisa dinikmati saat bersantai. Jika Anda tak sempat ke restoran Tiongkok, cobalah menyeduh teh oolong sendiri di rumah.Teh oolong tersedia dalam berbagai jenis, seperti versi tubruk, celup, dan instan. Beberapa merek teh kenamaan, seperti Dilmah dan East Java & Co merilis teh oolong berkualitas tinggi. Anda pun bisa membeli merek teh oolong lain yang kualitasnya tak kalah bersaing. Mari simak artikel ini yang berkolaborasi dengan konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya. 
    Teh & kopi
    3.132 Views
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merk teh celup di pasaran, seperti Sari Wangi, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Kali ini, kami telah menyiapkan beberapa tips untuk memilih teh celup yang bagus dan enak. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan baca tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Segera baca artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!
    Teh & kopi
    14.135 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi JJ Royal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi JJ Royal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda seorang pencinta kopi? Jangan asal memilih produk kopi karena tidak semuanya menggunakan kopi berkualitas. JJ Royal menghadirkan produk kopi berkelas dari biji kopi asal Nusantara. Rasanya tentu sangat mewah. JJ Royal tak hanya memproduksi kopi bubuk, tetapi juga biji kopi dan kopi instan.Nah, kali ini, kami akan membahas tentang kopi dari JJ Royal. Simaklah tips dari kami dalam memilih kopi JJ Royal yang sesuai selera Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Kopi Toraja, Lampung, sampai kopi instan Cafe Latte ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    1.037 Views
  • 9 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika mendengar kopi luwak, pasti Anda langsung terpikirkan bahwa kopi ini diambil dari sisa kotoran luwak, bukan? Siapa sangka kopi dengan proses pembuatannya yang unik tersebut menjadikannya salah satu kopi termahal di dunia. Sekian banyaknya produk kopi luwak di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan memberikan tips untuk Anda memilih kopi luwak yang bagus. Berbagai merk kopi luwak, seperti Arutala Coffee, WoCA, dan Kapal Api masuk dalam daftar produk terbaik rekomendasi kami. Jadi, simak terus dan temukan kopi luwak terbaik Anda!
    Teh & kopi
    1.739 Views
  • 10 Merk Kopi Liberika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Liberika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain kopi arabika dan robusta, mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang kopi liberika. Perbedaan kopi robusta atau arabika dengan liberika terletak pada tempat penanamannya, bentuk biji, kandungan kafein, hingga karakteristik rasa dan aromanya. Budidaya kopi liberika hanya dilakukan di beberapa negara dan Indonesia termasuk salah satunya.Kekhasan kopi liberika yang membuatnya diburu banyak orang adalah aromanya yang seperti nangka. Beberapa jenis kopi liberika terkenal di Indonesia berasal dari daerah Tungkal Jambi, Banyuwangi, dan Meranti Riau. Penasaran ingin mencicipinya? Kami akan memberikan tips dan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel ini.
    Teh & kopi
    492 Views
  • 10 Kopi Hijau Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Hijau Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, popularitas kopi hijau makin meroket seiring dengan meningkatnya pola hidup sehat masyarakat. Kopi hijau diproses tanpa dipanggang. Minuman ini dipercaya baik untuk kesehatan, serta menyimpan banyak kandungan baik untuk tubuh. Di pasaran sudah dijual banyak kopi hijau yang menawarkan berbagai manfaat, misalnya sebagai minuman diet dan penurun berat badan.Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih kopi hijau yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga merekomendasikan sepuluh produk terbaik sebagai referensi, antara lain kopi hijau merk Umi, Nescafe, dan Exotico. Bersiaplah untuk menemukan kopi hijau terbaik!
    Teh & kopi
    712 Views
  • 10 Teh Merk Tong Tji Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Merk Tong Tji Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pencinta teh, tentu sudah tak asing lagi dengan merk Tong Tji. Rasa tehnya yang nikmat membuat banyak orang menyimpan beberapa stok teh Tong Tji di rumah. Dengan begitu, teh tersebut pun bisa langsung dinikmati ketika me time atau saat kumpul dengan orang-orang tersayang.Karena cukup banyak macamnya, wajar apabila Anda bingung untuk memilihnya. Namun, jangan khawatir, karena kami akan membagikan tips memilih produk yang enak. Ada sepuluh rekomendasi produk terbaik yang akan kami ulas, seperti Teh Tong Tji dengan rasa melati, original, dan lemongrass. Untuk itu, simaklah sampai tuntas!
    Teh & kopi
    306 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Nescafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Nescafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sejak 1938, kopi Nescafe hadir untuk melengkapi setiap momen Anda. Saat bersiap pada pagi hari, Anda dapat mengandalkan kopi Nescafe Classic sebagai sumber asupan kafeina. Sementara itu, Anda selalu bisa membawa kopi Nescafe botol atau kaleng untuk bekal di perjalanan.Aneka varian kopi Nescafe dapat Anda pilih. Tersedia jenis robusta atau blend dalam kemasan jar hingga kopi Nescafe sachet. Seluruh ragam kopi asli tersebut tentu harganya juga bervariasi. Supaya Anda lebih mudah memilih kopi Nescafe yang sesuai, simak tips memilih dan rekomendasi produknya berikut ini.
    Teh & kopi
    661 Views
  • Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    94.260 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    74.986 Views
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    81.197 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    12.516 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    24.302 Views
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merk teh celup di pasaran, seperti Sari Wangi, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Kali ini, kami telah menyiapkan beberapa tips untuk memilih teh celup yang bagus dan enak. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan baca tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Segera baca artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!
    Teh & kopi
    14.135 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Torabika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Torabika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Torabika merupakan merek kopi yang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia. Pilihan produknya yang beragam dan bisa dipilih sesuai selera menjadi salah satu daya tariknya. Selain itu, produk kopinya tidak hanya bisa diseduh dengan air panas. Ada juga produknya yang bisa dibuat dengan air dingin. Banyaknya variasi kopi Torabika mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Karena itu, kami akan membagikan tips memilih kopi Torabika lengkap dengan rekomendasi produk terbaik. Anda bisa menemukan kopi Torabika terbaik, seperti Torabika Cappuccino, Torabika Gilus Mix Gula Aren, dan Torabika Jahe Susu. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    1.482 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori