• 10 Vacuum Cleaner Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Vacuum Cleaner Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Vacuum Cleaner Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Vacuum Cleaner Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Vacuum Cleaner Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Vacuum Cleaner Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Abu rokok, remah-remah biskuit, tanah, dan pengotor lainnya sering membuat suasana dalam mobil tidak nyaman. Selain mengotori mobil, baunya juga terkadang mengganggu. Vacuum cleaner mobil adalah solusi jitu untuk membersihkan bagian dalam mobil hingga ke sudut-sudut tak terjangkau tangan. 

Berbagai merek vacuum cleaner mobil terbaik dengan beragam harga banyak dijual di pasaran, seperti Baseus, Vivan, dan lainnya. Di samping untuk mobil, sebagian produk bisa dipakai di rumah. Cari tahu selengkapnya mengenai vacuum cleaner mobil yang bagus di sini, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ayi Adiana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 27 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana, S.T.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana, S.T.
Ayi Adiana
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif.


Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Keuntungan menggunakan vacuum cleaner mobil

Keuntungan menggunakan vacuum cleaner mobil

Vacuum cleaner mobil bisa digunakan dengan nyaman, tetapi banyak orang tidak membelinya. Para pemilik mobil lebih memilih menggunakan vacuum cleaner untuk rumah atau menggunakan jasa car wash. Nyatanya, kebanyakan penyedot debu mobil yang dijual lebih murah dibandingkan penyedot debu rumah.


Keunggulan lain dari vacuum cleaner mobil adalah ukurannya kecil dan mudah dibawa. Dengan begitu, Anda dapat membersihkan kotoran di mobil kapan saja. Meskipun ukurannya kecil, daya isapnya cukup kuat untuk menyedot debu dan kotoran. Mulut vacuum cleaner mobil juga kecil. Jadi, Anda dapat menjangkau area yang sulit dibersihkan, misalnya area belakang jok dan celah gagang pintu dengan mudah.


Setelah vacuum cleaner digunakan, Anda bisa menyimpannya di dalam bagasi mobil. Dengan begitu, Anda tak perlu mengeluarkan vacuum cleaner dari dalam rumah atau pergi ke car wash untuk membersihkan mobil. Anda bahkan dapat membersihkan mobil dalam sekejap sebelum mengantar keluarga atau teman Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vacuum cleaner mobil

Untuk mendapatkan penyedot debu mobil terbaik, Anda harus selektif ketika memilih. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti performanya, fitur yang dimiliki, hingga bobotnya. Ikuti tips memilih berikut ini dengan saksama, ya.

Cari tahu daya isap vacuum cleaner-nya

Daya isap vacuum cleaner mobil adalah poin paling penting yang harus diperhatikan. Selain debu di karpet atau jok, Anda juga pasti ingin membersihkan pasir yang mungkin terselip di bawah karpet. Jadi, poin ini sebaiknya diperhatikan.

Makin tinggi nilai air Pa, makin kuat daya isapnya

Makin tinggi nilai air Pa, makin kuat daya isapnya

Untuk mendapatkan vacuum cleaner mobil yang menyedot sampah dengan baik, Anda harus memeriksa tingkat daya isapnya. Tingkat daya isap merupakan standar untuk menunjukkan kinerja vacuum cleaner saat menyedot kotoran. Daya isap vacuum cleaner diukur dengan alat ukur khusus dan dinyatakan dalam beragam satuan. Namun, vacuum cleaner di Indonesia kebanyakan menggunakan satuan Pascal (Pa).


Daya isap vacuum cleaner dengan satuan Pa ini bisa dibilang sama dengan tekanan 1 newton gaya per meter persegi. Jadi, apabila penyedot debu menuliskan angka yang besar dengan satuan Pa, daya isap penyedot debu tersebut bisa disebut kuat. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap waktu yang diperlukan untuk menyedot sampah dan kotoran di sebuah area.


Namun, tingginya tingkat daya isap juga dipengaruhi oleh kepala sikat (nozel) atau jenis permukaan yang dibersihkan. Selain itu, makin tinggi daya isapnya, makin terbatas juga area yang bisa dibersihkan. Penyebabnya adalah daya isap yang terlalu kuat bisa menyebabkan permukaan benda yang dibersihkan menempel pada penyedot debu. Jadi, hal ini harus diingat!

Tingkat isap debu, jika mendekati 100% tentunya lebih bagus

Tingkat isap debu, jika mendekati 100% tentunya lebih bagus

Saat Anda membandingkan vacuum cleaner mobil berdasarkan tingkat isap debunya, pilihlah yang nilainya paling mendekati 100%. Tingkat isap debu merupakan standar baru yang diterapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC). Nilainya dinyatakan dalam persentase (%) berdasarkan seberapa banyak debu yang benar-benar tersedot ke dalam vacuum cleaner.


Mungkin vacuum cleaner yang dijual di Indonesia belum banyak yang mencantumkan persentase tingkat isap debunya ini. Namun, jika Anda membandingkan produk dari berbagai negara, persentase tingkat isap debu perlu diperhatikan juga, ya!

Ketahui kelebihan vacuum cleaner tipe kabel dan portable

Vacuum cleaner mobil umumnya terbagi menjadi dua jenis berdasarkan cara pengisian dayanya yakni tipe kabel dan portable (tanpa kabel). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ketahui perbedaan keduanya sebelum Anda menentukan pilihan.

Tipe kabel, bersihkan mobil tanpa khawatir baterai habis

Tipe kabel, bersihkan mobil tanpa khawatir baterai habis
Jika Anda ingin menghilangkan debu secara maksimal hingga ke sudut-sudut tersembunyi, pilih tipe kabel. Anda bisa menggunakannya tanpa khawatir kehabisan baterai. Vacuum cleaner tipe kabel dapat dicolokkan ke lighter socket. Dengan begitu, Anda bisa membersihkan mobil dengan lebih teliti.

Hal yang harus Anda perhatikan dari vacuum cleaner tipe kabel adalah panjang kabelnya. Jika ukuran mobil Anda besar, tetapi kabelnya pendek, tentu vacuum tidak bisa menjangkau seluruh bagian. Untuk mobil minibus ukuran sedang hingga besar, pilihlah produk dengan kabel 3 meter atau lebih.

Tipe portable, tidak perlu repot mencari soket listrik

Tipe portable, tidak perlu repot mencari soket listrik
Vacuum cleaner tipe portable cocok bagi Anda yang ingin membersihkan mobil sering-sering. Kelebihan produk tipe ini adalah praktis, dapat digunakan kapan saja, dan bisa menjangkau area-area yang sulit. Tidak adanya kabel membuat gerakan Anda lebih bebas. Anda juga dapat menggunakan tipe ini sebagai vacuum cleaner cadangan.

Sayangnya, durasi pemakaian tipe ini relatif singkat. Anda harus mengisi ulang baterai beberapa jam untuk pemakaian beberapa menit. Di pihak lain, Anda juga harus mempertimbangkan masa guna baterainya. Sebelum membeli vacuum mobil tipe ini, pastikan apakah baterainya bisa diganti atau tidak.

Utamakan produk yang bobotnya ringan dan tidak bising

Utamakan produk yang bobotnya ringan dan tidak bising
Bobot vacuum cleaner menjadi faktor penting dalam kenyamanan saat membersihkan mobil. Pilihlah produk yang bobotnya sekitar 0,8–1 kg sehingga wanita pun bisa memegangnya menggunakan satu tangan tanpa kesulitan.

Selain itu, suara mesin yang halus juga bisa menjadi faktor untuk meningkatkan rasa nyaman. Vacuum cleaner pada umumnya mengeluarkan bunyi sekitar 60–70 dB. Sebagai gambaran, suara sekitar 60 dB setara dengan suara mesin cuci saat sedang menyala.


Akan lebih baik jika Anda bisa terlebih dahulu mencoba produk pilihan Anda. Dengan begitu, Anda bisa yakin mengenai kehalusan suaranya. Ingatlah untuk tidak mudah tergiur oleh harga yang murah. 

Perhatikan cara pengumpulan kotorannya

Ada beberapa tipe vacuum cleaner mobil berdasarkan cara pengumpulan sampahnya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silakan Anda baca dua poin di bawah ini, ya!

Tipe cyclone, biasanya sudah dilengkapi filter

Tipe cyclone, biasanya sudah dilengkapi filter
Jika Anda merasa terganggu dengan bau vacuum cleaner saat membersihkan mobil, Anda bisa mempertimbangkan tipe cyclone. Tipe ini memanfaatkan gerakan sentrifugal yang membuat kotoran berputar di dalam tabung vacuum cleaner. Setelah itu, kotoran dan udara akan terpisah ketika melewati filter sehingga baunya tak akan keluar ke mobil Anda.

Meskipun tempat penampungan kotorannya sudah penuh, mesin pengisap debunya tidak akan tersumbat atau menurun daya isapnya. Anda juga akan lebih mudah membuang kotorannya karena sudah terkumpul dalam satu tabung sendiri. Untuk mencegah debu beterbangan kembali di dalam mobil, sebaiknya Anda selalu mengosongkan tempat penampungan kotorannya setelah selesai menyedot debu.


Tiap vacuum cleaner mobil tipe ini memiliki jenis filter yang berbeda. Salah satu filter vacuum cleaner mobil terbaik adalah HEPA yang bisa menyaring 99,97% partikel debu. Debu berukuran 0,3 mikron pun bisa disaring, padahal ukuran rambut manusia saja sekitar 100–150 mikron. Namun, Anda harus rajin membersihkannya karena makin banyak debu yang disedot akan berpotensi menyumbat filternya.

Paper carton, bisa langsung dibuang setelah penuh

Paper carton, bisa langsung dibuang setelah penuh

Beberapa dari Anda mungkin merasa kerepotan jika harus membuang sampah yang tertampung di tangki vacuum. Jika demikian, vacuum cleaner dengan paper carton bisa dipertimbangkan. Anda hanya perlu membuang kantongnya jika kapasitasnya sudah penuh. Jadi, tak perlu repot membuka tangki sampah dan membersihkannya. Namun, vacuum cleaner mobil tipe ini sulit ditemukan di Indonesia.

Cek juga fitur tambahannya

Vacuum cleaner mobil yang dijual saat ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Di bagian ini, kami akan membahas beberapa fitur vacuum cleaner yang perlu Anda pertimbangkan.

Bentuk nozel, dapat disesuaikan dengan area yang dibersihkan

Bentuk nozel, dapat disesuaikan dengan area yang dibersihkan
Anda ingin menjangkau sudut yang sulit dibersihkan, seperti celah-celah sempit di gagang pintu? Pilih vacuum yang variasi bentuk nozelnya banyak. Jika nozel terpasang ke mulut vacuum, Anda bisa membersihkan celah sempit dengan mudah. Bagian bawah jok mobil, area di bawah pedal gas, hingga selipan jok mobil bisa Anda jangkau.

Untuk membersihkan rambut yang jatuh atau menempel di karpet, nozel berbentuk sikat bisa Anda andalkan. Kalau Anda ragu saat memilih produk, bandingkan jumlah serta jenis nozel yang dimiliki produk tersebut. Selain itu, pastikan juga vacuum cleaner mobil yang Anda pilih memiliki nozel yang fleksibel agar makin presisi dalam menyedot kotoran.

LED, bersihkan mobil hingga ke bagian yang paling gelap

LED, bersihkan mobil hingga ke bagian yang paling gelap
Ada bagian-bagian di dalam mobil yang kurang pencahayaan dan sangat sulit untuk dilihat, contohnya area bawah jok. Vacuum cleaner yang dilengkapi lampu LED akan sangat membantu Anda untuk menjangkau area tersebut. Menyedot debu dengan lampu menyala membuat Anda bisa membersihkan mobil dengan maksimal, bahkan ke bagian yang gelap.

Wet and dry, mampu mengisap cairan juga

Wet and dry, mampu mengisap cairan juga
Ada jenis vacuum cleaner mobil yang mampu membersihkan kotoran kering ataupun cairan, yakni tipe wet and dry. Air hujan yang membasahi karpet, air berlumpur, hingga kerikil yang sudah mengendap di karpet bisa diserap semua hingga bersih. Jadi, Anda tidak perlu menunggunya hingga kering terlebih dahulu.

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, produk tipe ini juga akan sangat membantu. Apabila anak-anak tidak sengaja menumpahkan minuman di dalam mobil, Anda dapat segera membersihkannya dengan mudah.

10 Rekomendasi vacuum cleaner mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vacuum cleaner mobil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ayi Adiana

10

LEKAHandy Vacuum Cleaner

VC327

Mulai dari Rp 659.900,00

Daya isap6.000 Pa
Tipe kabel atau portablePortable
Bobot0,62 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclon dengan filter HEPA
Jumlah nozel2
Lampu LEDX
Wet cleaningX
9
Daya isap5.000 Pa
Tipe kabel atau portablePortable
Bobot0,8 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclon dengan filter HEPA
Jumlah nozel2
Lampu LEDX
Wet cleaningX
8

Vivan AutoCar Vacum Cleaner

VX01

Mulai dari Rp 878.000,00

Daya isap4.500 Pa
Tipe kabel atau portablePortable
Bobot0, 395 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclon dengan filter HEPA
Jumlah nozel2
Lampu LEDX
Wet cleaningX
7

Xiaomi Mijia Handheld Vacuum Cleaner Car

Mulai dari Rp 459.000,00

Daya isap6.000 Pa, 13.000 Pa
Tipe kabel atau portablePortable
Bobot0,5 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclon dengan filter HEPA
Jumlah nozel2
Lampu LEDX
Wet cleaningX
6

GaaborMini Car Vacuum Cleaner

GVCC-M4A1

Mulai dari Rp 399.000,00

Daya isap4.500 Pa
Tipe kabel atau portableKabel
Bobot0,51 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclon
Jumlah nozel4
Lampu LEDX
Wet cleaningX
5

MobeoCar Vacuum Cleaner Portable

Mulai dari Rp 370.000,00

Daya isap6.000 Pa
Tipe kabel atau portableKabel
Bobot0,4 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclon
Jumlah nozel4
Lampu LEDX
Wet cleaning✔︎
4
Daya isap6.000 Pa
Tipe kabel atau portablePortable
Bobot0,4 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclon
Jumlah nozel2
Lampu LED✔︎
Wet cleaningX
3

UPUPINAlat Penyedot Debu Mobil Listrik

Mulai dari Rp 358.888,00

Daya isap6.000 Pa
Tipe kabel atau portablePortable
Bobot1 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclon
Jumlah nozel4
Lampu LEDX
Wet cleaning✔︎
2

PerfinVacum Cleaner Penyedot Debu Mobil USB

PX02

Mulai dari Rp 399.000,00

Daya isap6.000 Pa
Tipe kabel atau portablePortable
Bobot0,58 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclon
Jumlah nozel2
Lampu LEDX
Wet cleaningX
1
Daya isap3600 Pa
Tipe kabel atau portableKabel
Bobot1 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclon dengan filter HEPA
Jumlah nozel2
Lampu LEDX
Wet cleaning✔︎

Tabel perbandingan produk vacuum cleaner mobil terbaik

Gambar produk
1
BOLDe Oto HOOVER 1

BOLDe

2
Perfin Vacum Cleaner Penyedot Debu Mobil USB 1

Perfin

3
UPUPIN Alat Penyedot Debu Mobil Listrik 1

UPUPIN

4
Rokeet Wireless Vacuum Cleaner 1

Rokeet

5
Mobeo Car Vacuum Cleaner Portable 1

Mobeo

6
Gaabor Mini Car Vacuum Cleaner 1

Gaabor

7
Xiaomi Mijia  Handheld Vacuum Cleaner Car 1

Xiaomi Mijia

8
Vivan Auto Car Vacum Cleaner 1

Vivan Auto

9
Baseus A2 Car Vacuum Cleaner 1

Baseus

10
LEKA Handy Vacuum Cleaner 1

LEKA

Nama produk

Oto HOOVER

Vacum Cleaner Penyedot Debu Mobil USB

Alat Penyedot Debu Mobil Listrik

Wireless Vacuum Cleaner

Car Vacuum Cleaner Portable

Mini Car Vacuum Cleaner

Handheld Vacuum Cleaner Car

Car Vacum Cleaner

A2 Car Vacuum Cleaner

Handy Vacuum Cleaner

Keunggulan

Fitur hebat dengan harga yang bersahabat

Praktis! Isi dayanya bisa menggunakan beragam media

Mobil nyaman dan kuping pun aman dari pengang

Gunakan selama 30 menit non stop? Bisa!

Kebelnya panjang! Area belakang pun mudah dijangkau

Jangkau setiap bagian dalam mobil dengan mudah

Tersedia dalam dua tipe daya isap

Makin aman! Dilengkapi 2 filter dan 3 perlindungan

Bisa isap dan tiup, pilihan warnanya pun menarik!

Pilihan tepat untuk dibawa traveling

Harga mulai dariRp 168.000,00Rp 399.000,00Rp 358.888,00Rp 231.550,00Rp 370.000,00Rp 399.000,00Rp 459.000,00Rp 878.000,00Rp 349.000,00Rp 659.900,00
Daya isap3600 Pa6.000 Pa6.000 Pa6.000 Pa6.000 Pa4.500 Pa6.000 Pa, 13.000 Pa4.500 Pa5.000 Pa6.000 Pa
Tipe kabel atau portableKabelPortablePortablePortableKabelKabelPortablePortablePortablePortable
Bobot1 kg0,58 kg1 kg0,4 kg0,4 kg0,51 kg0,5 kg0, 395 kg0,8 kg0,62 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclon dengan filter HEPACyclonCyclonCyclonCyclonCyclonCyclon dengan filter HEPACyclon dengan filter HEPACyclon dengan filter HEPACyclon dengan filter HEPA
Jumlah nozel2242442222
Lampu LEDXXX✔︎XXXXXX
Wet cleaning✔︎X✔︎X✔︎XXXXX
Tautan produk

Tips membersihkan mobil

Tips membersihkan mobil

Terkadang mobil masih kotor walau sudah dibersihkan. Dalam hal ini, cara Anda membersihkan mobil mungkin perlu diperhatikan. Karena itu, kami membuat tips-tips di bawah ini.


  • Bagian celah dan kolong jok sering luput dari perhatian, padahal kotoran sering terkumpul di kedua area ini. Bersihkan bagian ini dengan lebih teliti. Anda dapat memegang vacuum cleaner mobil dengan satu tangan dan tangan lainnya untuk membuka celah-celah di jok mobil.

  • Saat membersihkan bagian bawah jok mobil, maju mundurkan terlebih dahulu agar tidak ada yang terlewat. Kalau vacuum cleaner susah dimasukkan lewat depan, cobalah masukkan vacuum dari belakang jok mobil.


  • Untuk bagian lantai mobil, lepas karpetnya lebih dahulu dan bersihkan bagian bawahnya. Sebelum memasang karpetnya, pukul-pukul dahulu di luar mobil supaya debunya hilang semua. Untuk rambut dan noda membandel yang menempel di karpet, gunakan nozel berbentuk sikat.

  • Kerikil dan kotoran juga banyak terkumpul di bawah pedal gas mobil. Solusinya adalah gunakan nozel yang agak runcing sehingga bisa membersihkan bagian tersebut dengan lebih detail. 

  • Ketika sedang membersihkan, nozel sebaiknya digerakkan secara searah. Dengan begitu, kotoran yang menempel di karpet tidak beterbangan.

Tips dari guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana

Tips dari guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana

Agar vacum cleaner Anda tidak mudah rusak, jangan biarkan vacuum cleaner menyala terlalu lama, termasuk saat dipakai. Sebisa mungkin matikan mesinnya setiap 5 menit sekali supaya tidak panas. Dengan begitu, umur pakai motor listriknya bakal lebih lama.

Baca juga rekomendasi perlengkapan mobil lainnya di sini

Selain vacuum cleaner mobil, ada beberapa produk yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kebersihan mobil. Tempat sampah, sikat, dan spons cuci mobil sudah pernah direkomendasikan. Untuk membaca artikelnya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Pasir yang menempel di sepatu, debu dari jalanan, atau tumpahan makanan memang membuat mobil lebih cepat kotor. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan vacuum cleaner terbaik untuk mobil.


Biarkan vacuum cleaner mobil pilihan Anda yang membersihkannya agar keluarga Anda tetap nyaman saat naik mobil. Saat memilih vacuum cleaner mobil, perhatikan performa produknya, portabilitasnya, kelengkapan nozel, serta fitur-fitur yang ditawarkan. Pilihlah vacuum cleaner yang tidak menimbulkan bau juga, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sebagai pelumas, oli berfungsi merawat dan menjaga mesin motor agar dapat bekerja secara maksimal. Supaya motor matic Anda memiliki usia yang awet, jangan sampai telat melakukan penggantian oli. Lantas, berapa bulan sekali Anda harus mengganti oli motor? Kami akan mengulas oli motor matic dengan tips memilihnya. Ada juga produk oli motor matic yang bagus dari berbagai merek, seperti Castrol, Enduro, dan Evalube. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Temukan oli motor matic murah untuk Honda Scoopy, Vario 150, Beat, motor Yamaha, dan sebagainya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Fungsi oli motor sangatlah penting. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi mengurangi gesekan, mendinginkan, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih oli untuk motornya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang bagus dan tahan panas. Selain itu, kami juga mengulas berbagai merek oli motor terbaik, seperti Yamalube, Shell, ataupun Enduro. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Merek pengharum mobil yang bagus, seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Oli mesin sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, apakah Anda sudah tahu produk mana yang harus dipilih?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mobil yang bagus, seperti Shell, Castrol, dan Pertamina. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Disimak, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Para pengguna sepeda motor, tahukah bahwa oli shock depan harus diganti secara berkala? Idealnya, penggantian oli shock depan dilakukan ketika speedometer mencapai 15.000 km atau sekitar 1 tahun lebih pemakaian. Itu pun asumsi jika kendaraan digunakan dengan pemakaian normal.Apakah kendaraan Anda sudah waktunya ganti oli shock depan? Jika iya, Anda menemukan artikel yang tepat. Kami akan membahas cara memilih oli shock depan yang bagus, misalnya merek Yamalube, Top 1, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Sampo mobil adalah produk yang esensial untuk menjaga mobil tetap bersih dan terawat. Berbagai jenis produk sudah dihasilkan oleh merek-merek ternama, seperti Meguiar's dan 3M. Ada produk yang mengandung wax untuk mencegah noda air menempel, ada juga yang memberikan kilau ekstra pada cat mobil Anda.Hal ini tentunya membuat konsumen bingung dalam memilih sampo mobil yang paling sesuai. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sampo mobil yang bagus. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Castrol Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Castrol Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Castrol merupakan salah satu merek yang memproduksi berbagai jenis oli, seperti Castrol Magnatec, Castrol Power1 Racing, Castrol Go!, dan Castrol Activ Matic. Oli-oli tersebut dibuat untuk mesin mobil, motor, dan kendaraan niaga. Oli Castrol memiliki tingkat kekentalan yang beragam, mulai dari 0W-20, 5W-30, 10W-40, hingga 20W-40 pun ada.Untuk membantu Anda menemukan oli Castrol yang bagus, kami telah membuat tips memilih oli Castrol terbaik. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh oli Castrol terbaik bagi kendaraan Anda lengkap dengan harganya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Perawatan kendaraan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori