• 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Vacuum cleaner mobil adalah alat yang akan membantu Anda membersihkan mobil hingga ke sudut-sudutnya. Produk yang ditawarkan di pasaran saat ini pun sangat beragam, mulai dari Dyson yang berdaya isap tinggi, Black + Decker yang mampu mengisap air, hingga La Carla yang suaranya senyap. Banyaknya produk yang ditawarkan mungkin akan membingungkan Anda saat memilih.

Karena itu, dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih vacuum cleaner mobil. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk-produk terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 3.011 Views
Daftar isi

Cara memilih vacuum cleaner mobil

Sebelum kami merekomendasikan produk, mari kita bahas terlebih poin-poin yang harus diperhatikan dalam memilih vacuum cleaner mobil.

Pastikan daya isapnya

Daya isap vacuum cleaner adalah poin paling penting yang harus diperhatikan. Selain debu pada karpet atau jok, Anda juga pasti ingin membersihkan pasir yang mungkin terselip di bawah karpet. Pada bagian ini, kami akan membahas poin yang bisa dijadikan acuan dalam memilih vacuum cleaner yang daya isapnya baik.

Pilih yang tingkat daya isapnya di atas 50 air watts

Pilih yang tingkat daya isapnya di atas 50 air watts
Untuk mendapatkan vacuum cleaner mobil yang menyedot sampah dengan baik, Anda harus memeriksa tingkat daya isapnya. Tingkat daya isap adalah nilai standar Japanese Industrial Standards (JIS) yang menunjukkan kekuatan vacuum cleaner dalam menyedot sampah. Cara menghitungnya adalah dengan mengukur jumlah udara dan tekanan yang diisap oleh vacuum cleaner menggunakan peralatan khusus. Besarnya kemampuan isap ini kemudian dinyatakan sebagai tingkat daya isap dengan satuan air watts (W).
Pengukuran tingkat daya isap ini dilakukan tanpa memasang kepala atau sikat pada vacuum cleaner. Akan tetapi, tingginya tingkat daya isap bukan berarti vacuum cleaner tersebut dapat menyedot banyak sampah. Selain tingkat daya isap, kemampuan menyedot juga dipengaruhi oleh nozzle atau sikat yang dipakai maupun jenis karpet yang dibersihkan.
Tingkat daya isap vacuum cleaner mobil yang beredar di pasaran pada umumnya adalah sekitar 50 air watts. Angka tersebut mungkin bisa Anda jadikan sebagai salah satu acuan dalam menentukan pilihan. Selain menggunakan alat ukur khusus, tingkat daya isap juga bisa dihitung menggunakan rumus 0,01666 dikali tingkat isap (Pa).
Di Indonesia sendiri, penulisan tingkat daya isap belum begitu populer. Spesifikasi vacuum cleaner di Indonesia lebih sering menonjolkan daya listrik atau watt (W) yang digunakannya. Hanya saja, vacuum dengan watt tinggi bisa diartikan sebagai vacuum yang memiliki kekuatan motor tinggi. Tentu saja, kekuatan motor tersebut pada akhirnya akan memengaruhi daya isap.

Pilih yang tingkat isap debunya mendekati 100%

Pilih yang tingkat isap debunya mendekati 100%
Apabila Anda membandingkan produk menurut tingkat isap debunya, pilihlah yang nilainya paling mendekati 100%. Tingkat isap debu merupakan standar baru yang diterapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC) dan dinyatakan dengan persentase (%). Nilai ini adalah hasil uji coba langsung seberapa banyak debu yang dapat diisap oleh suatu produk.
Standar penilaian ini sudah banyak diterapkan oleh produsen luar negeri, namun belum begitu populer di kalangan produsen Jepang.

Pilih metode power supply sesuai dengan kebutuhan

Untuk kenyamanan Anda saat memakainya, perhatikan juga power supply yang digunakan oleh vacuum cleaner tersebut. Untuk lebih jelasnya, pada bagian ini kami akan menyampaikan kelebihan serta kekurangan produk tipe cordless atau produk yang mengandalkan kabel sebagai sambungan power supply-nya

Untuk daya isap maksimal, pilihlah produk yang mengandalkan kabel sebagai sambungan power supply-nya

Untuk daya isap maksimal, pilihlah produk yang mengandalkan kabel sebagai sambungan power supply-nya
Bagi Anda yang ingin menghilangkan debu secara maksimal hingga ke sudut-sudut tersembunyi, sebaiknya Anda memilih produk yang menggunakan kabel. Kelebihan utama produk tipe ini adalah Anda dapat membersihkan mobil dengan tenang tanpa khawatir akan kehabisan baterai.
Akan tetapi, jangan sampai Anda lupa mengecek panjang kabelnya. Sebab, apabila body mobil Anda besar seperti mini van, produk dengan kabel pendek akan sulit menjangkau semua sudut mobil. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki tipe mobil demikian, pilihlah vacuum cleaner mobil dengan kabel lebih dari 3 meter.

Tipe cordless membuat Anda bergerak lebih leluasa tanpa terhalang kabel

Tipe cordless membuat Anda bergerak lebih leluasa tanpa terhalang kabel
Vacuum cleaner tipe cordless cocok bagi Anda yang ingin membersihkan mobil sering-sering. Kelebihan produk tipe ini adalah sangat praktis, dapat digunakan kapan dan di mana saja termasuk di tempat-tempat yang sempit. Anda juga bisa menggunakan tipe ini sebagai vacuum cleaner cadangan.
Sayangnya, durasi pemakaian tipe ini relatif singkat. Anda harus mengisi ulang baterai paling tidak 6-8 jam untuk pemakaian 15-20 menit saja. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan masa guna baterainya. Apabila Anda bermaksud memakai tipe cordless sebagai vacuum cleaner utama, pastikan apakah baterainya nanti bisa diganti atau tidak.

Pilih produk yang ringan, usahakan kurang dari 1 kg

Pilih produk yang ringan, usahakan kurang dari 1 kg
Berat vacuum cleaner menjadi faktor yang penting dalam kenyamanan saat membersihkan mobil. Pilihlah produk yang beratnya di bawah 1 kg sehingga wanita pun dapat memegangnya dengan satu tangan. Dengan demikian, satu tangan lainnya bisa digunakan untuk menyibak karpet dan memudahkan proses bersih-bersih.

Pilih yang suaranya halus, di bawah 50 desibel

Pilih yang suaranya halus, di bawah 50 desibel
Vacuum cleaner yang beredar di pasaran saat ini umumnya mengeluarkan bunyi antara 50-70 desibel. Sedapat mungkin, pilihlah produk yang suaranya di bawah 50 desibel atau setara dengan suara ventilator atau pendingin ruangan. Dengan demikian, Anda dapat menggunakannya di tempat parkir apartemen atau tempat umum lainnya tanpa khawatir mengganggu orang lain.
Apabila informasi tentang suara ini tidak disebutkan dalam keterangan produk, cobalah untuk memastikan ulasan atau review-nya. Dari review tersebut, Anda bisa memastikan apakah ada konsumen yang menyinggung tentang kebisingannya atau tidak.

Perhatikan cara pengumpulan sampahnya

Ada beberapa tipe vacuum cleaner mobil berdasarkan cara pengumpulan sampahnya, yaitu tipe paper pack, tipe cyclone, dan tipe filter. Cara pengumpulan sampah ini sangat berpengaruh pada kemudahan pengoperasian dan running cost-nya.

Tipe paper pack, memudahkan pembuangan sampah tanpa khawatir debunya akan terbang kembali

Tipe paper pack, memudahkan pembuangan sampah tanpa khawatir debunya akan terbang kembali
Bagi Anda yang mementingkan kemudahan pembuangan sampah yang terkumpul, tipe ini sangatlah cocok. Sampah yang disedot oleh vacuum cleaner akan terkumpul dalam kantong khusus yang disebut paper pack dan bisa langsung Anda buang setelah penuh. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyentuh langsung sampah mobil yang sebagian besarnya pasti berupa debu, pasir, dan tanah.
Penuh tidaknya paper pack akan memengaruhi daya isap vacuum cleaner Anda. Jadi, Anda harus ingat untuk sering mengganti paper pack-nya. Sayangnya, vacuum cleaner mobil tipe paper pack ini jarang ditemukan di toke online di Indonesia.

Tipe cyclone, membuat angin yang keluar tidak berbau

Tipe cyclone, membuat angin yang keluar tidak berbau
Jika Anda sering merasa terganggu dengan bau vacuum cleaner saat membersihkan mobil, Anda harus mempertimbangkan tipe cyclone ini. Tipe ini mengisap sampah dengan gerakan memutar yang dapat memisahkan udara dengan sampah. Karena itu, angin yang keluar dari vacuum cleaner tidak melewati sampah sehingga tidak berbau. Kelebihan lain tipe ini adalah sampah yang terkumpul bisa langsung dibuang dengan mudah. Daya isapnya pun tidak akan menurun meskipun dust cup-nya penuh.
Untuk mencegah debu yang terkumpul beterbangan kembali di dalam mobil, sebaiknya Anda mengosongkan dust cup dari vacuum cleaner di luar mobil.

Tipe filter membuat udara di dalam mobil menjadi lebih bersih dan segar

Tipe filter membuat udara di dalam mobil menjadi lebih bersih dan segar
Vacuum cleaner tipe filter sangat cocok bagi Anda yang benar-benar tidak ingin terganggu dengan bau ataupun debu yang tidak terlihat. Cara kerja tipe ini mirip dengan cara kerja tipe cyclone. Hanya saja, tipe ini memiliki filter halus di bagian dust cup-nya yang berfungsi untuk menyaring serta mencegah debu yang halus sekalipun terlepas ke udara.
Mobil memang lebih cepat terasa pengap dibanding dengan ruangan biasa. Oleh sebab itu, menggunakan vacuum cleaner tipe ini akan membuat udara di dalam mobil terasa lebih bersih dan segar. Sayangnya, tipe ini sangat mudah tersumbat. Anda harus rajin memeriksa dan membersihkan bagian filternya.

Perhatikan fitur tambahannya

Vacuum cleaner mobil yang dijual saat ini telah banyak yang dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Pada bagian ini, kami akan membahas beberapa fitur tambahan pada vacuum cleaner yang praktis dan akan memudahkan Anda.

Untuk membersihkan pojok dan celah sempit, pilih produk yang dilengkapi dengan aksesori pendukung

Untuk membersihkan pojok dan celah sempit, pilih produk yang dilengkapi dengan aksesori pendukung
Apabila Anda ingin membersihkan sampai ke sudut-sudut tersembunyi, pilihlah produk yang menawarkan tambahan aksesori pendukung. Aksesori tambahan sangat diperlukan untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Misalnya, untuk membersihkan celah pintu atau bawah jok mobil, Anda membutuhkan mulut vacuum atau nozzle yang panjang.
Untuk membersihkan rambut yang jatuh atau menempel di karpet, mulut vacuum yang berupa sikat akan sangat memudahkan. Karena itu, banyaknya aksesori tambahan yang ditawarkan bisa Anda jadikan pertimbangan saat hendak memilih vacuum cleaner untuk mobil.

Pilih produk yang dilengkapi LED untuk memudahkan Anda membersihkan tempat yang gelap

Pilih produk yang dilengkapi LED untuk memudahkan Anda membersihkan tempat yang gelap
Vacuum Cleaner yang dilengkapi lampu LED sangat praktis digunakan untuk membersihkan tempat yang tersembunyi dan gelap seperti bawah jok mobil. Lampu LED akan menerangi dan membantu Anda menjangkau tempat-tempat yang sulit terlihat tersebut.

Pilih yang dapat mengisap cairan

Pilih yang dapat mengisap cairan
Vacuum cleaner tipe ini sangat praktis karena Anda dapat membersihkan karpet mobil meski dalam keadaan basah karena hujan. Selain itu, tipe ini juga sangat praktis bagi keluarga yang memiliki anak kecil. Dengan menggunakan tipe ini, Anda bisa langsung membersihkan jok atau karpet yang terkena tumpahan minuman.

10 Rekomendasi vacuum cleaner mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh vacuum cleaner mobil terbaik untuk Anda. Semoga rekomendasi ini dapat mempermudah Anda memilih satu produk yang paling sesuai.
Besar daya listrik / Jenis power supply60W / Kabel
Berat1.400 gr
Cara pengumpulan sampahcyclone
Jumlah aksesori tambahan1
Lampu LED / wet & dry✕ / ✕
Besar daya listrik / Jenis power supply120 W / Kabel
Berat2000 gr
Cara pengumpulan sampahFilter
Jumlah aksesori tambahan 2
Lampu LED / wet & dry✔ / ✕
Besar daya listrik / Jenis power supply100 W / Kabel
Berat900 gr
Cara pengumpulan sampahcyclone
Jumlah aksesori tambahan1
Lampu LED / wet & dry✕ / ✕

7. Portable Wet Dry Car Vacuum Cleaner 4 in 1 – VCM04 OLB2985

Rp 355.000,00

Besar daya listrik / Jenis power supply100 W / Kabel
Berat1.400 gr
Cara pengumpulan sampahFilter
Jumlah aksesori tambahan5
Lampu LED / wet & dry✔/ ✔
Besar daya listrik / Jenis power supply120 W / Kabel
BeratTidak disebutkan
Cara pengumpulan sampahFilter
Jumlah aksesori tambahan1
Lampu LED / wet & dry✕ / ✕
Besar daya listrik / Jenis power supply120 W / Kabel
Berat750 gr
Cara pengumpulan sampahFilter
Jumlah aksesori tambahan4
Lampu LED / wet & dry✕ / ✕
Besar daya voltase / Jenis power supplyTidak diketahui/ Baterai
Berat1.710 gr
Cara pengumpulan sampahCyclone
Jumlah aksesori tambahan3
Lampu LED / wet & dry✕ / ✕
Besar daya voltase / Jenis power supply12 V / Kabel
Berat1.500 gr
Cara pengumpulan sampahCyclone
Jumlah aksesori tambahan2
Lampu LED / wet & dry✕ / ✕
Besar daya voltase / Jenis power supply7,2 V / Baterai
Berat1.500 gr
Cara pengumpulan sampahCyclone
Jumlah aksesori tambahan3
Lampu LED / wet & dry✕ / ✔
Besar daya listrik / Jenis power supply12 W / Kabel
Berat1.600 gr
Cara pengumpulan sampahFilter
Jumlah aksesori tambahan4
Lampu LED / wet & dry✔ / ✔

Tips membersihkan mobil

Terakhir, kami akan membagikan tips praktis untuk membersihkan mobil. Semoga menginspirasi!

Beri perhatian lebih pada tempat yang mudah terkumpul sampah

Beri perhatian lebih pada tempat yang mudah terkumpul sampah
Bagian bawah dan celah jok adalah tempat-tempat yang sering terlewat saat membersihkan mobil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memberi perhatian lebih pada tempat-tempat tersebut. Saat menyedot debu, renggangkan celah jok dengan tangan supaya lebih mudah dibersihkan.
Untuk mempermudah membersihkan bagian bawah jok, geser ke depan dan ke belakang saat menyedot debu. Apabila Anda sulit menjangkau seluruh bagian dari depan, cobalah untuk membersihkan dari belakang.

Singkap karpet mobil supaya mudah dibersihkan

Singkap karpet mobil supaya mudah dibersihkan
Saat membersihkan lantai mobil, lepas karpetnya terlebih dahulu dan sedot kotoran di bawahnya. Sebelum dipasang kembali, kibas karpet di luar mobil untuk menghilangkan debu dan kotoran yang besar. Terakhir, sedot kotoran halus yang mungkin masih tertinggal setelah karpet dipasang kembali.
Ada beberapa kotoran yang mungkin tidak dapat hilang dengan disedot. Untuk menghilangkannya, mintalah bantuan jasa cuci mobil profesional.

Lap dashboard mobil untuk menghilangkan debu

Lap dashboard mobil untuk menghilangkan debu
Saat membersihkan dashboard atau bagian interior lainnya, kibaslah debu terlebih dahulu sebelum mengelapnya. Jika Anda menggunakan tisu basah khusus, Anda mungkin bisa menghilangkan noda dari asap rokok yang menempel di bagian kaca mobil.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca rekomendasi vacuum cleaner mobil ini? Pasir yang menempel di sepatu, debu dari jalanan, atau tumpahan makanan memang membuat mobil lebih cepat kotor, terutama bagi keluarga yang memiliki anak kecil.
Sering dibersihkan, menjadi kunci utama untuk menjaga mobil Anda tetap bersih dan nyaman. Oleh karena itu, mari kita memilih vacuum cleaner mobil yang tepat agar kegiatan membersihkan mobil terasa menyenangkan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fungsi oli sangatlah penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Namun, masih banyak yang kebingungan dalam memilih oli yang tepat untuk motor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan oli dari berbagai merek terkenal, seperti Yamalube, Shell, maupun Enduro. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    12.878 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin. Saat mengendarai motor, peran helm sangat penting supaya kita bisa berkendara dengan aman. Helm juga melindungi kepala kita dari benturan dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.Beragam produsen helm seperti NHK, GM, Shoei, ZEUS, dan INK mengeluarkan helm terbaik dan juga stylish. Di artikel ini, kami akan membagikan informasi untuk Anda tentang cara memilih helm yang tepat, berikut rekomendasi sepuluh produk terbaiknya!
    Mobil & motor
    12.016 Views
  • 10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak hanya disebabkan oleh kecelakaan atau terserempet, goresan pada mobil juga bisa muncul akibat debu. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan penghilang goresan mobil. Namun, banyaknya produk penghilang goresan mobil berkualitas di pasaran seperti merek Meguiar’s, Turtle Wax, atau Mother’s bisa membuat Anda bingung saat memilih, bukan?Pada artikel ini, Anda akan kami perkenalkan dengan beberapa produk penghilang goresan mobil yang beredar di Indonesia, dari jenis compound, wax, dan touch pen. Kami juga akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi produk penghilang goresan mobil terbaik agar Anda bisa memilih produk yang paling sesuai. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    11.568 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Berbagai produk pengharum mobil seperti Glade, Little Trees, Ambi Pur, dan sebagainya dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Selain itu, bentuknya pun beragam, mulai dari tipe padat, tipe cair, tipe gel, tipe gantung, hingga tipe yang dipasang pada AC mobil.Saking banyaknya jenis pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung memilih yang cocok untuk Anda. Karena itu, kami akan membahas jenis-jenis pengharum mobil dengan lebih detail dan memberikan tips dalam memilihnya. Kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Baca sampai habis, ya!
    Mobil & motor
    6.149 Views
  • 10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pelindung cat mobil atau biasa disebut dengan paint protection ini merupakan cairan yang mampu melindungi permukaan cat mobil. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran seperti Meguiars, 3M, Turtle Wax, dan sebagainya mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Untuk memudahkan Anda, kali ini kami akan merekomendasikan produk cat mobil terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Sebelum itu, kami juga menjelaskan poin-poin yang harus Anda ketahui dalam memilih. Mari simak lebih lanjut dan jadikan cat mobil Anda tetap berkilau seperti baru!
    Mobil & motor
    3.771 Views
  • 10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kunci pengaman merupakan hal penting yang harus dibawa ketika Anda berkendaraan menggunakan motor. Xena, Kryptonite, Masterlock dan Griplock menyediakan berbagai jenis kunci pengaman motor agar Anda tenang ketika meninggalkan motor di tempat parkir.Kali ini kami akan mengulas kunci pengaman motor yang akan membuat pencuri mengurungkan niat jahatnya untuk mencuri motor Anda. Amankan motor Anda dengan memakai kunci pengaman motor yang tepat sebelum Anda menyesal ! Mari ikuti ulasan berikut ini.
    Mobil & motor
    4.881 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pengguna motor pastinya ingin memiliki motor yang bersih dan mengilap. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan rutin mencuci motor. Namun, Anda tidak bisa sembarang memilih shampo motor karena jenisnya sangat bervariasi, misalnya produk untuk cat doff atau matte yang pemakaiannya perlu disesuaikan dengan kebutuhan.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih shampo motor yang tepat. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik, seperti keluaran Kit, Carrera, dan Meguiars. Untuk Anda yang ingin memiliki motor yang bersih dan tetap berkilau seperti baru, wajib membaca artikel ini sampai habis!
    Mobil & motor
    3.255 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori