• 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Abu rokok, remah-remah biskuit, tanah, dan bermacam-macam pengotor lainnya sering kali membuat suasana di dalam mobil tidak nyaman. Selain kotor, baunya juga terkadang mengganggu. Vacuum cleaner mobil adalah solusi jitu untuk Anda yang ingin membersihkan bagian dalam mobil hingga ke sudut-sudut tak terjangkau tangan. 

Berbagai produk dengan rentang harga ratusan ribu hingga belasan juta rupiah banyak dijual di pasaran. Sebut saja merk Dyson, Krisbow, Bolde, dan berbagai merk yang bagus lainnya. Tak hanya untuk mobil, sebagian produk juga bisa dipakai di rumah. Cari tahu selengkapnya tentang penyedot debu mobil terbaik di sini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Eko dan Diana
Yuanita Permana
  • Pembaharuan terakhir: 04 Maret 2021
  • 22.414 Views
Daftar isi

Keuntungan menggunakan vacuum cleaner mobil

Keuntungan menggunakan vacuum cleaner mobil

Vacuum cleaner mobil bisa digunakan dengan nyaman, tetapi banyak orang tidak membelinya. Mereka lebih memilih menggunakan vacuum cleaner untuk rumah atau menggunakan jasa car wash. Namun, kebanyakan penyedot debu mobil yang dijual lebih murah dibandingkan penyedot debu rumah. Produk ini sangat hemat bujet dan wajib Anda miliki!


Keunggulan vacuum cleaner mobil adalah ukurannya kecil dan mudah dibawa-bawa. Meskipun kecil, daya isapnya cukup kuat untuk menyedot debu dan tanah. Karena mulut vacuum-nya kecil, Anda bisa menjangkau area-area yang sulit, seperti bagian belakang jok, kolong jok, atau celah di gagang pintu. Dengan adanya vacuum cleaner mobil, Anda bisa membersihkan segala kotoran di mobil kapan saja.


Setelah digunakan, Anda bisa menyimpannya di dalam bagasi mobil. Dengan adanya produk ini, Anda tidak perlu mengeluarkan vacuum cleaner dari dalam rumah atau pergi ke car wash untuk membersihkan mobil. Anda bahkan bisa membersihkannya dalam sekejap sebelum mengantar keluarga atau teman Anda. Beli vacuum cleaner mobil dan pastikan interior mobil Anda selalu bersih!

Cara memilih vacuum cleaner mobil

Untuk mendapatkan penghisap debu mobil yang terbaik, Anda harus selektif saat memilih. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti performanya, fitur yang dimiliki, hingga bobotnya. Ikuti tips memilih berikut ini dengan saksama, ya.

Perhatikan daya isap vacuum cleaner-nya

Daya isap vacuum cleaner mobil adalah poin paling penting yang harus diperhatikan. Selain debu pada karpet atau jok, Anda juga pasti ingin membersihkan pasir yang mungkin terselip di bawah karpet. Pertama-tama, kami akan memberikan tips memilih vacuum cleaner yang daya isapnya baik.

Makin tinggi nilai air watts, makin bagus daya isapnya

Makin tinggi nilai air watts, makin bagus daya isapnya

Untuk mendapatkan vacuum cleaner mobil yang menyedot sampah dengan baik, Anda harus memeriksa tingkat daya isapnya. Tingkat daya isap adalah standar untuk menunjukkan performa vacuum cleaner dalam menyedot kotoran. Jumlah dan tekanan disedot oleh vacuum cleaner diukur menggunakan alat ukur khusus, lalu nilainya dinyatakan dalam satuan air watts (AW).


Air watts adalah hubungan antara daya sedot, aliran udara, serta daya listrik yang dibutuhkan oleh vacuum cleaner dalam bekerja. Vacuum cleaner dengan daya isap sekitar 10 AW tergolong dalam kategori lemah, sedangkan 680 AW ke atas tergolong kategori kuat. Jadikan standard ini sebagai acuan Anda dalam memilih vacuum cleaner.


Akan tetapi, tingginya tingkat daya isap bukan berarti vacuum cleaner tersebut otomatis dapat menyedot banyak sampah. Kemampuan vacuum cleaner dalam menyedot debu juga dipengaruhi oleh kepala sikat (nozel) atau jenis permukaan yang dibersihkan. Makin tinggi angka AW-nya juga berarti makin tinggi konsumsi listriknya sehingga berakibat pada menurunnya battery life. 


Sayangnya, banyak produk di Indonesia yang hanya menyebutkan kebutuhan daya listriknya dalam bentuk watt (W). Jadi, Anda harus lebih teliti lagi dalam memilih. Selain air watts (AW), beberapa produk menyebutkan daya isapnya menggunakan satuan Pascal atau Pa. Intinya, makin besar nilai Pa-nya, berarti daya isapnya makin baik.


Referensi ttg air watts
https://www.drainvac.com/intl/en/expert-advice/what-are-air-watts/


https://www.xo2.com.au/xo2-blog/vacuum-cleaner-suction-vs-vacuum-cleaner-wattage-have-you-been-fooled-they-are-very-different-things


https://en.wikipedia.org/wiki/Airwatt

https://www.interestingthings.com/story/three-things/car-vacuum-cleaner/#:~:text=Air%20watts%20is%20the%20best,should%20have%20at%20least%2020.

Pilih yang tingkat isap debunya mendekati 100%

Pilih yang tingkat isap debunya mendekati 100%

Saat Anda membandingkan produk berdasarkan tingkat isap debunya, pilihlah yang nilainya paling mendekati 100%. Tingkat isap debu merupakan standar baru yang diterapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC). Nilainya dinyatakan dalam persentase (%) berdasarkan seberapa banyak debu yang benar-benar tersedot ke dalam vacuum cleaner.


Mungkin belum banyak vacuum cleaner yang mencantumkan persentase tingkat isap debunya ini. Namun, jika Anda membandingkan produk-produk dari berbagai negara, persentase tingkat isap debu perlu diperhatikan juga, ya!

Kabel atau nirkabel? Ketahui kelebihan masing-masing terlebih dahulu

Vacuum cleaner mobil umumnya terbagi menjadi dua jenis berdasarkan cara pengisian daya yang digunakan, yakni produk nirkabel (cordless) dan yang menggunakan kabel. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ketahui perbedaan keduanya sebelum Anda menentukan pilihan.

Tipe kabel: Dapat membersihkan mobil tanpa khawatir baterai habis

Tipe kabel: Dapat membersihkan mobil tanpa khawatir baterai habis
Jika Anda ingin menghilangkan debu secara maksimal hingga ke sudut-sudut tersembunyi, pilih tipe kabel. Anda bisa menggunakannya tanpa harus khawatir kehabisan baterai. Vacuum cleaner tipe kabel bisa dicolokkan ke lighter socket yang biasa digunakan untuk menyalakan rokok. Anda jadi bisa membersihkan mobil dengan lebih teliti.

Hal yang harus Anda perhatikan dari vacuum cleaner tipe kabel adala panjang kabelnya. Jika ukuran mobil Anda besar, tetapi kabelnya pendek, tentu ia tidak bisa menjangkau seluruh bagian. Untuk mobil-mobil minibus ukuran sedang hingga besar, pilihlah produk dengan kabel 3 meter atau lebih.

Tipe nirkabel: Mudah dibawa-bawa, tidak direpotkan oleh kabel

Tipe nirkabel: Mudah dibawa-bawa, tidak direpotkan oleh kabel
Vacuum cleaner tipe nirkabel cocok bagi Anda yang ingin membersihkan mobil sering-sering. Kelebihan produk tipe ini adalah sangat praktis, dapat digunakan kapan saja, dan bisa menjangkau tempat-tempat yang sempit. Tidak adanya kabel membuat gerakan Anda lebih bebas. Anda juga bisa menggunakan tipe ini sebagai vacuum cleaner cadangan.

Sayangnya, durasi pemakaian tipe ini relatif singkat. Anda harus mengisi ulang baterai paling tidak 6–8 jam untuk pemakaian 15–20 menit saja. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan masa guna baterainya. Sebelum membeli, pastikan apakah baterainya bisa diganti atau tidak.

Utamakan produk yang bobotnya ringan dan suaranya halus

Utamakan produk yang bobotnya ringan dan suaranya halus
Bobot vacuum cleaner menjadi faktor yang penting dalam kenyamanan saat membersihkan mobil. Pilihlah produk yang bobotnya sekitar 0,8 kg–1 kg sehingga wanita pun dapat memegangnya menggunakan satu tangan tanpa kesulitan. Dengan demikian, satu tangan lainnya bisa digunakan untuk menyibak karpet dan memudahkan proses bersih-bersih.

Selain bobotnya, suara mesin yang halus juga bisa menjadi faktor yang meningkatkan kenyamaan sebuah produk vacuum cleaner. Umumnya, vacuum cleaner mengeluarkan bunyi sekitar 60 dB–70 dB. Sebagai gambaran, suara sekitar 60 dB setara dengan suara mesin cuci saat sedang menyala. Pilih produk yang suaranya sehalus mungkin agar Anda tidak perlu khawatir mengganggu orang lain di tempat umum.

Perhatikan cara pengumpulan kotorannya

Ada beberapa tipe vacuum cleaner mobil berdasarkan cara pengumpulan sampahnya. Umumnya yang dijual di pasar Indonesia adalah tipe cyclone dan tipe filter. Cara pengumpulan sampah ini sangat berpengaruh pada kemudahan pengoperasian dan running cost-nya.

Tipe cyclone: Memanfaatkan putaran sentrifugal untuk memisahkan kotoran

Tipe cyclone: Memanfaatkan putaran sentrifugal untuk memisahkan kotoran
Jika Anda sering merasa terganggu dengan bau vacuum cleaner saat membersihkan mobil, Anda harus mempertimbangkan tipe cyclone ini. Tipe ini memanfaatkan gerakan sentrifugal yang membuat kotoran berputar di dalam tabung vacuum cleaner. Kotoran dan udara akan terpisah sehingga baunya tidak akan keluar ke dalam mobil Anda.

Karena udara dan sampah terpisah, meskipun tempat penampungan kotorannya sudah penuh, mesin pengisap debunya tidak akan tersumbat atau menurun daya isapnya. Anda juga jadi lebih mudah membuang kotorannya karena sudah terkumpul dalam satu tabung sendiri. Untuk mencegah debu beterbangan kembali di dalam mobil, sebaiknya Anda selalu mengosongkan tempat penampungan kotorannya setelah selesai menyedot debu.

Tipe filter: Membuat udara di dalam mobil menjadi lebih bersih dan segar

Tipe filter: Membuat udara di dalam mobil menjadi lebih bersih dan segar
Vacuum cleaner tipe filter sangat cocok bagi Anda yang benar-benar tidak ingin terganggu dengan bau ataupun debu yang tidak terlihat. Tipe ini memiliki filter halus di bagian tabung pengumpul kotorannya. Fungsi filter ini untuk menyaring serta mencegah debu yang berukuran kecil terlepas lagi ke udara.

Tiap vacuum cleaner mobil memiliki jenis filter yang berbeda. Salah satu filter vacuum cleaner mobil terbaik adalah HEPA yang bisa menyaring 99,97% partikel debu. Tak tanggung-tanggung, debu berukuran 0,3 mikron bisa disaring juga, lho! Sebagai bayangan, rambut manusia berukuran sekitar 100 mikron hingga 150 mikron.


Keuntungan menggunakan tipe ini adalah udara dalam mobil lebih bersih dan segar. Anda yang memiliki alergi debu sebaiknya memilih vacuum cleaner mobil tipe filter. Hanya saja, makin banyak debu yang disedot akan berpotensi menyumbat filternya. Oleh karena itu, Anda harus lebih rajin membersihkan filternya.


https://www.youtube.com/watch?v=66dpCs-F6kc

Perhatikan fitur tambahannya

Vacuum cleaner mobil yang dijual saat ini telah banyak yang dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Di bagian ini, kami akan membahas beberapa fitur vacuum cleaner yang perlu Anda pertimbangkan.

Variasi bentuk nozelnya membuat Anda bisa menjangkau tempat-tempat sempit

Variasi bentuk nozelnya membuat Anda bisa menjangkau tempat-tempat sempit
Jika Anda ingin menjangkau sudut yang sulit dibersihkan, seperti celah-celah sempit di gagang pintu, pilih yang variasi bentuk nozelnya banyak. Jika nozel terpasang ke mulut vacuum, Anda bisa membersihkan celah sempit dengan lebih mudah. Bagian-bagian seperti bawah jok mobil, area di bawah pedal gas, hingga selipan jok mobil bisa Anda jangkau.

Untuk membersihkan rambut yang jatuh atau menempel di karpet, nozel berbentuk sikat bisa Anda andalkan. Jika Anda ragu saat memilih produk, bandingkan jumlah dan jenis nozel yang dimiliki produk tersebut.

Usahakan produknya dilengkapi lampu LED

Usahakan produknya dilengkapi lampu LED
Ada bagian-bagian di dalam mobil yang kurang pencahayaan dan sangat sulit untuk dilihat, misalnya area bawah jok. Vacuum cleaner yang dilengkapi lampu LED akan sangat membantu Anda untuk menjangkau area tersebut. Menyedot debu dengan lampu menyala membuat Anda bisa membersihkan dengan lebih teliti, bahkan ke bagian yang gelap.

Pilih yang dapat mengisap cairan juga

Pilih yang dapat mengisap cairan juga
Ada jenis vacuum cleaner mobil yang bisa membersihkan kotoran kering ataupun cairan, yakni tipe wet and dry. Air hujan yang membasahi karpet, air berlumpur, hingga kerikil yang sudah mengendap di karpet bisa diserap semua hingga bersih. Anda tidak perlu menunggunya hingga kering terlebih dahulu.

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, produk tipe ini juga akan sangat membantu. Jika mereka menumpahkan minuman di dalam mobil, Anda bisa langsung membersihkannya dengan mudah.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

KurumiAnti Dust Mites UV Vacuum Cleaner

KV 01

Mulai dari Rp 840.000,00

10 Rekomendasi vacuum cleaner mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh vacuum cleaner mobil terbaik untuk Anda. Semoga rekomendasi ini dapat mempermudah Anda memilih satu produk yang paling sesuai.
10

KrisbowHigh Power Vacuum Cleaner

6134

Mulai dari Rp 189.000,00

Daya isap3.000 Pa
Tipe kabel atau nirkabelKabel
Bobot0,83 kg
Cara pengumpulan kotoranFilter
Jumlah nozel1
Lampu LEDX
Wet cleaningX
9
Daya isapTidak ada keterangan
Tipe kabel atau nirkabelKabel
Bobot 2,38 kg
Cara pengumpulan kotoranFilter
Jumlah nozel1
Lampu LEDX
Wet cleaningX
8
Daya isapTidak ada keterangan
Tipe kabel atau nirkabelKabel
Bobot2 kg
Cara pengumpulan kotoranFilter
Jumlah nozel2 (Flat mouth suction nozzle dan brush nozzle)
Lampu LED✔︎
Wet cleaningX
7

Black+DeckerDustbuster Vacuum Cleaner

NVB115JM-B1

Mulai dari Rp 356.000,00

Daya isap6,5 AW
Tipe kabel atau nirkabelNirkabel
Bobot0,6 kg
Cara pengumpulan kotoranFilter
Jumlah nozel1
Lampu LEDX
Wet cleaningX
6

Portable Wet Dry Car Vacuum Cleaner 4 in 1

VCM04

Mulai dari Rp 315.000,00

Daya isapTidak ada keterangan
Tipe kabel atau nirkabelKabel
Bobot1,4 kg
Cara pengumpulan kotoranFilter
Jumlah nozel3 (Soft tube, brushes, dust mouth)
Lampu LED✔︎
Wet cleaning✔︎
5
Daya isap3600 PA
Tipe kabel atau nirkabelNirkabel
Bobot1 kg
Cara pengumpulan kotoranFilter
Jumlah nozel2
Lampu LEDX
Wet cleaning✔︎
4
Daya isap15.000 Pa
Tipe kabel atau nirkabelKabel
Bobot3,95 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclone
Jumlah nozel5 nozel + 1 pipa
Lampu LEDX
Wet cleaningX
3

DysonV7 Trigger Handheld Vacuum Cleaner

Mulai dari Rp 6.474.000,00

Daya isap28 AW–100 AW
Tipe kabel atau nirkabelNirkabel
Bobot1,71 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclone
Jumlah nozel3 (Mini motorized tool, combination tool, crevice tool)
Lampu LEDX
Wet cleaningX
2

Black+DeckerCar Pivot Handheld Vacuum

BDH1200PVAV

Mulai dari Rp 679.000,00

Daya isap12,5 AW
Tipe kabel atau nirkabelKabel
Bobot1,54 kg
Cara pengumpulan kotoranCyclone
Jumlah nozel1 (Extendable crevice tool)
Lampu LEDX
Wet cleaningX
1

Dyson Cyclone V10 Absolute vacuum

VCM07A

Mulai dari Rp 10.800.000,00

Daya isap28 AW–125 AW
Tipe kabel atau nirkabelNirkabel
Bobot2,68 kg
Cara pengumpulan kotoranFilter
Jumlah nozel6 (Torque drive cleaner head, soft roller cleaner head, combination tool, crevice tool, mini motorized tool, mini soft dusting brush)
Lampu LEDX
Wet cleaningX

Tabel perbandingan produk vacuum cleaner mobil terbaik

Gambar produk
1
Dyson  Cyclone V10 Absolute vacuum 1

Dyson

2
Black+Decker Car Pivot Handheld Vacuum 1

Black+Decker

3
Dyson V7 Trigger Handheld Vacuum Cleaner 1

Dyson

4
Jaco Ez Hoover Turbo 1

Jaco

5
BOLDe Oto HOOVER 1

BOLDe

6
Portable Wet Dry Car Vacuum Cleaner 4 in 1 1

7
Black+Decker Dustbuster Vacuum Cleaner 1

Black+Decker

8
Car Vacuum Cleaner With LED Light 1

9
Kenmaster Vacuum Cleaner 1

Kenmaster

10
Krisbow High Power Vacuum Cleaner 1

Krisbow

Nama produk

Cyclone V10 Absolute vacuum

Car Pivot Handheld Vacuum

V7 Trigger Handheld Vacuum Cleaner

Ez Hoover Turbo

Oto HOOVER

Portable Wet Dry Car Vacuum Cleaner 4 in 1

Dustbuster Vacuum Cleaner

Car Vacuum Cleaner With LED Light

Vacuum Cleaner

High Power Vacuum Cleaner

Keunggulan

Bisa digunakan hingga 60 menit!

Di mana pun debunya, extendable crevice tool bisa menyesuaikannya!

Bisa menyaring debu hingga 0,5 mikron!

Tak ada tempat yang tak bisa dijelajahi produk ini!

Bisa membersihkan tumpahan air juga

Empat fungsi dalam satu alat!

Tabung transparan membuat debu yang sudah masuk bisa terlihat

Bisa menjangkau area mobil yang gelap!

Desain ringkas dan tidak makan tempat di mobil Anda

Mudah digunakan dan tidak membuat kantong bolong

Harga mulai dariRp 10.800.000,00Rp 679.000,00Rp 6.474.000,00Rp 1.598.000,00Rp 160.000,00Rp 315.000,00Rp 356.000,00Rp 102.900,00Rp 245.800,00Rp 189.000,00
Daya isap28 AW–125 AW12,5 AW28 AW–100 AW15.000 Pa3600 PATidak ada keterangan6,5 AWTidak ada keteranganTidak ada keterangan3.000 Pa
Tipe kabel atau nirkabelNirkabelKabelNirkabelKabelNirkabelKabelNirkabelKabelKabelKabel
Bobot2,68 kg1,54 kg1,71 kg3,95 kg1 kg1,4 kg0,6 kg2 kg 2,38 kg0,83 kg
Cara pengumpulan kotoranFilterCycloneCycloneCycloneFilterFilterFilterFilterFilterFilter
Jumlah nozel6 (Torque drive cleaner head, soft roller cleaner head, combination tool, crevice tool, mini motorized tool, mini soft dusting brush)1 (Extendable crevice tool)3 (Mini motorized tool, combination tool, crevice tool)5 nozel + 1 pipa 23 (Soft tube, brushes, dust mouth)12 (Flat mouth suction nozzle dan brush nozzle)11
Lampu LEDXXXXX✔︎X✔︎XX
Wet cleaningXXXX✔︎✔︎XXXX
Tautan produk

Tips membersihkan mobil

Tips membersihkan mobil

Bagian celah dan kolong jok sering luput dari perhatian, padahal kotoran sering terkumpul di kedua area ini. Bersihkan bagian ini dengan lebih teliti. Anda bisa memegang vacuum cleaner mobil dengan satu tangan dan tangan lainnya untuk membuka celah-celah di jok mobil.


Saat membersihkan bagian bawah jok mobil, maju mundurkan terlebih dahulu agar tidak ada yang terlewat. Jika vacuum cleaner susah dimasukkan lewat depan, cobalah memasukkannya dari belakang jok mobil.


Untuk bagian lantai mobil, copot karpetnya terlebih dahulu dan bersihkan bagian bawahnya. Kerikil dan kotoran juga banyak terkumpul di bawah pedal gas mobil. Solusinya, gunakan nozel yang bentuknya agak runcing sehingga bisa membersihkan bagian tersebut dengan lebih detail. 


Sebelum memasang karpetnya, pukul-pukul dahulu di luar mobil agar debunya hilang semua. Untuk rambut dan noda membandel yang menempel di karpet, gunakan nozel yang berbentuk sikat.

Baca juga rekomendasi perlengkapan mobil lainnya di sini

Selain vacuum cleaner mobil, ada beberapa produk yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kebersihan mobil. Tempat sampah, sikat dan spons cuci mobil, hingga cover-nya sudah pernah kami rekomendasikan. Untuk bisa membaca informasinya lebih lanjut, klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca rekomendasi vacuum cleaner mobil ini? Pasir yang menempel di sepatu, debu dari jalanan, atau tumpahan makanan memang membuat mobil lebih cepat kotor. Biarkan vacuum cleaner mobil pilihan Anda yang membersihkannya agar keluarga Anda tetap nyaman saat naik mobil.

Saat memilih, perhatikan performa produknya, portabilitasnya, kelengkapan nozel, serta fitur-fitur yang ditawarkan. Pilih vacuum cleaner yang tidak menimbulkan bau juga, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fungsi oli sangatlah penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Namun, masih banyak yang kebingungan dalam memilih oli yang tepat untuk motor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan oli dari berbagai merek terkenal, seperti Yamalube, Shell, maupun Enduro. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
    131.547 Views
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    Oli mesin sangatlah penting untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, ternyata banyak sekali jenis oli mesin di pasaran. Manakah oli yang tepat untuk mobil Anda?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mesin terbaik, seperti Shell, Castrol, atau Pertamina, serta menjelaskan bagaimana cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Jadi, jangan lewatkan dan simak baik-baik artikel di bawah ini!
    Perawatan kendaraan
    48.182 Views
  • 10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Goresan pada mobil dapat terjadi karena benturan, gesekan, atau akibat batu dan pasir yang terlempar mengenai mobil. Untungnya, ada produk penghilang goresan mobil untuk mengatasi hal tersebut. Namun, ada begitu banyak produk berkualitas di pasaran seperti merek Mothers, Meguiar's, dan Turtle Wax. Mungkin Anda jadi sedikit bingung menentukan pilihan, bukan?Untuk itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk penghilang goresan mobil berjenis compound, wax, serta touch pen. Sebelumnya, simak cara memilih penghilang goresan mobil agar Anda bisa mendapatkan produk yang paling sesuai. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
    71.178 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Berbagai produk pengharum mobil seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
    45.585 Views
  • 10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pelindung cat mobil atau biasa disebut dengan paint protection ini merupakan cairan yang mampu melindungi permukaan cat mobil. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran seperti Meguiars, 3M, Turtle Wax, dan sebagainya mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Untuk memudahkan Anda, kali ini kami akan merekomendasikan produk cat mobil terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Sebelum itu, kami juga menjelaskan poin-poin yang harus Anda ketahui dalam memilih. Mari simak lebih lanjut dan jadikan cat mobil Anda tetap berkilau seperti baru!
    Perawatan kendaraan
    42.124 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pengguna motor pastinya ingin memiliki motor yang bersih dan mengilap. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan rutin mencuci motor. Namun, Anda tidak bisa sembarang memilih shampo motor karena jenisnya sangat bervariasi, misalnya produk untuk cat doff atau matte yang pemakaiannya perlu disesuaikan dengan kebutuhan.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih shampo motor yang tepat. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik, seperti keluaran Kit, Carrera, dan Meguiars. Untuk Anda yang ingin memiliki motor yang bersih dan tetap berkilau seperti baru, wajib membaca artikel ini sampai habis!
    Perawatan kendaraan
    30.273 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sampo mobil adalah produk yang esensial untuk menjaga mobil tetap bersih dan terawat. Berbagai jenis produk sudah dihasilkan oleh merek-merek ternama, seperti Meguiar's dan 3M. Ada produk yang mengandung wax untuk mencegah noda air menempel di mobil. Ada juga yang memberikan kilau ekstra pada cat mobil Anda.Hal ini tentunya membuat konsumen bingung dalam memilih sampo mobil yang paling sesuai. Jadi kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sampo mobil yang tepat untuk Anda. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi sampo mobil terbaik. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Perawatan kendaraan
    25.450 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori