• 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Bagi Anda yang suka fitness, pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memilih sepatu fitness? Berbagai macam line up merk terkenal, seperti adidas, Puma, hingga Nike, pasti akan membuat Anda bingung untuk memilihnya. Ditambah lagi, produk dengan desain hingga warna yang menarik juga akan banyak Anda jumpai di pasaran.


Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu fitness yang bisa dijadikan referensi untuk pemula dan yang sudah berpengalaman. Kami juga akan memperkenalkan rekomendasi sepatu fitness yang bagus dan berkolaborasi dengan fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Akbar Kharisma
Rizki Fran
  • Pembaharuan terakhir: 19 Juni 2021
  • 27.578 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan fitness coach Akbar Kharisma

Berkolaborasi dengan fitness coach Akbar Kharisma

Akbar adalah fitness coach yang berdomisili di Jakarta dan sudah berprofesi kurang lebih tiga tahun di industri fitness Indonesia. Mendapat akreditas fitness coach dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), Akbar juga memiliki sertifikasi sport nutritionist.


Akbar berpengalaman menangani client yang mempunyai goal seperti fat loss, muscle building, dan general fitness health. Berawal dari bekerja di Fitness First Indonesia selama enam bulan, sekarang fitness coach ini bekerja sebagai freelance di Musclebound.

Apa itu sepatu fitness?

Apa itu sepatu fitness?
Pertama-tama, yang membedakan sepatu fitness dengan sepatu biasa adalah strukturnya. Sepatu fitness memiliki struktur bantalan yang tinggi sehingga sesuai untuk berbagai jenis latihan. 

Sepatu fitness cocok dipakai untuk latihan dengan mesin, treadmill, studio program, weight training, dan sebagainya. Nah, sepatu fitness memiliki fitur yang beragam tergantung dari produsen dan model untuk masing-masing jenis latihan.

Mungkin ada banyak orang yang menggunakan sepatu lari sebagai sepatu fitness. Sepatu lari sebenarnya dikhususkan untuk gerakan vertikal saat berlari dan tidak terlalu kuat untuk gerakan lateral (menyamping). Hal ini jelas akan berpengaruh pada stabilitas, kinerja, dan keamanan. Ditambah lagi, latihan fitness mengharuskan Anda bergerak menyamping, misalnya studio program atau latihan dengan mesin.
Memahami fitur-fitur yang ada pada sepatu fitness tentunya bisa mencegah cedera dan meningkatkan performa latihan Anda. Dengan panduan memilih sepatu fitness yang kami berikan berikut ini, temukanlah sepatu fitness terbaik untuk Anda!
Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Bantalan sepatu memang berpengaruh terhadap mobilitas di gym, terutama untuk olahraga yang memerlukan banyak pergerakan ke samping atau memutar arah. Jika dipaksakan saat kita belum menguasai tekniknya, pergerakan tersebut akan berpotensi meningkatkan risiko cedera. Baiknya selalu melakukan gerakan yang sesuai fitness level masing-masing. 


Apabila hanya latihan free weight dan mesin yang tidak banyak memerlukan mobilitas seperti dance, pergerakan Anda tidak akan terlalu berisiko cedera. Harus dipahami bahwa tujuan utama menggunakan alas kaki adalah untuk keamanan dan kenyamanan saat berolahraga. Menggunakan sepatu biasa yang fungsinya bukan untuk olahraga memang tidak sesuai, tetapi tetap masih bisa dipakai ke gym.

Cara memilih sepatu fitness

Tidak hanya mencari sepatu dengan ukuran yang tepat saja. Anda juga perlu memilih sepatu fitness sesuai dengan jenis dan level latihan yang akan Anda lakukan. Berikut akan kami bahas lebih lanjut.

Sesuaikan tipe sepatu dengan jenis latihan Anda

Poin penting pertama adalah memilih sepatu sesuai dengan jenis latihan. Secara umum terdapat empat kategori. Ada sepatu untuk latihan universal, dance, weight training, dan lari yang memiliki keunggulan berbeda satu sama lain.

Sepatu universal bila Anda berolahraga secara komprehensif

Untuk Anda yang berolahraga secara komprehensif dari aerobik, latihan beban, hingga studio program, kami merekomendasikan tipe universal yang multifungsi. Selain itu, tipe ini juga pilihan bagus untuk para pemula yang kebanyakan masih belum mengetahui latihan yang perlu difokuskan. 
Keunggulan dari tipe universal adalah cukup baik dalam merespons berbagai gerakan, baik vertikal maupun horizontal. Untuk mencegah cedera saat fitness, tipe ini dirancang dengan bantalan medium plus stabilitas dan kenyamanan yang pas. 

Jika Anda menitikberatkan pada berat sepatu, pilihlah sepatu yang berbobot di bawah 300 gram/kaki. Bila Anda fokus untuk menghindari cedera, pilihlah produk dengan sol setebal ±4 cm agar lebih optimal meredam guncangan.

Beberapa produsen menawarkan sepatu fitness tipe universal yang cocok dijadikan sepatu untuk gym. Kemudian, ada juga sepatu training wanita yang didesain dengan outsole yang fleksibel. Alhasil, Anda pun dapat bergerak dengan gesit dan nyaman ketika memakainya. 

Di sisi lain, tampilan tipe universal sekilas tidak terlihat berbeda dari sepatu lari atau sepatu fashion. Bahkan, ada seller yang menawarkan sepatu gym wanita dengan corak yang colorful dan modis. Jadi, sebelum membeli, pastikan adanya keterangan tertulis bahwa sepatu pilihan Anda adalah sepatu fitness atau training shoes.
Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Olahraga aerobik dan latihan beban adalah dua jenis latihan yang berbeda. Studio program bisa dikategorikan olahraga aerobik karena tujuan utamanya adalah meningkatkan kemampuan cardio atau jantung bekerja dan memakai sumber tenaga oksigen. Sebaliknya, latihan beban adalah olahraga anaerobik, yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan otot.


Untuk mengetahui latihan yang perlu difokuskan, khususnya pemula, ada baiknya mengetahui fitness goal yang ingin dicapai sebelum mengikuti gym. Umumnya, fitness goal seseorang ketika join gym adalah fat loss, muscle building, atau bahkan general health fitness (menjaga kesehatan). 


Cedera yang disebabkan alas kaki biasanya banyak terjadi di ankle, lutut, dan pinggul. Untuk menghindari hal tersebut, penting melakukan gerakan sesuai kemampuan gerak sendi (mobility) dan warming up yang tepat.

Sepatu dance bila Anda sering bergerak menyamping

Sepatu dance bila Anda sering bergerak menyamping

Sepatu yang cocok untuk senam aerobik atau tari mampu merespons beragam gerakan ke berbagai arah. Contohnya saja, seperti gerakan cepat atau memutar ke berbagai sisi. Kebanyakan sepatu untuk menari memiliki potongan tinggi dan dirancang untuk melindungi kaki, bahkan saat Anda bergerak terlalu bertenaga.

Kestabilan sepatu juga terkait langsung dengan kebugaran dan performa Anda. Tipe ini sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang berfokus pada latihan tari seperti studio program, atau sesekali berlatih dengan mesin.
Dalam memilih tipe ini, bobot dan ketebalan sol menjadi poin yang penting. Tipe ini juga mengutamakan stabilitas dan daya tahan guncangan sehingga bobotnya pun cenderung berat. Karena itu, pilihlah yang bobotnya ±350 gram/kaki bila Anda ingin melangkah lebih ringan. Jangan ragu untuk menanyakan rekomendasi sepatu yang sesuai kepada instruktur Anda.
Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Kestabilan sepatu akan berfungsi secara optimal apabila kita juga melakukan latihan beban yang bersifat stability. Anda bisa melakukannya dengan cara melatih otot stability pada bokong samping, lower back, core (rectus abdominis dan bagian otot perut), paha depan, dan belakang. Dengan melatih otot lower body tersebut, badan akan bergerak secara optimal, stabil, dan memungkinkan terhindar dari cedera.


Oleh karena itu, latihan beban yang tidak terbatas dengan menggunakan mesin, penting bagi penggemar studio dance. Mesin hanya melatih otot, sedangkan pada menari, banyak sendi dan otot yang perlu stabilitas.

Sepatu dengan stabilitas tinggi untuk latihan beban

Sepatu dengan stabilitas tinggi untuk latihan beban
Untuk latihan angkat beban seperti free weight, Anda akan membutuhkan sepatu dengan stabilitas dan grip yang kuat. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda bisa menahan beban dengan optimal. 

Makin berat bebannya, makin penting untuk mencengkeram pusat gravitasi dan menjaga keseimbangan. Untuk itu, diperlukan sepatu bersol tipis agar kaki tetap bisa merasakan permukaan lantai. 

Bila Anda ingin yang lebih stabil, kami juga merekomendasikan sepatu wrestling dengan potongan tinggi yang akan memberikan keamanan lebih. Namun, sepatu tersebut lebih cocok untuk orang yang memang benar-benar menekuni weight training. Terutama untuk Anda yang baru saja memulai latihan beban, memakai sepatu universal saja sudah cukup.
Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Sepatu dengan stabilitas dan grip yang kuat biasa diperlukan untuk free weight gerakan compound training. Beberapa di antaranya seperti barbell squat, barbell deadlift, clean and jerk, snatch, dan sebagainya.


Sepatu wrestling adalah salah satu jenis sepatu yang nyaman digunakan karena solnya tipis dan modelnya fit di kaki. Hal tersebut membuat telapak kaki dan jari kaki tersebar sehingga bagus untuk aktifitas sehari hari. 


Namun, untuk gerakan compound, sepatu angkat besi akan bekerja lebih optimal dalam melakukan teknik angkat beban. Hal ini disebabkan oleh hak sepatu yang lebih tinggi dan sol rata yang keras.

Sepatu dengan bantalan tinggi untuk latihan lari

Sepatu dengan bantalan tinggi untuk latihan lari
Sepatu lari menitikberatkan pada kualitas bantalan dan bobot ringan untuk mengurangi beban pada lutut. Strukturnya juga dikhususkan untuk bergerak maju. Sepatu lari dibagi menjadi sepatu untuk perlombaan dan sepatu untuk latihan. 

Sepatu untuk lomba lebih ringan dengan bantalan tipis, sedangkan sepatu untuk latihan bersol tebal untuk mencegah cedera. Karena itu, bila Anda juga ingin menggunakannya untuk fitness, pilihlah sepatu lari dengan bantalan cukup tebal untuk latihan. Untuk pemula yang badan bagian bawahnya belum terlalu kuat, gunakanlah sepatu dengan bantalan berkualitas baik yang tingginya sekitar 4 cm.

Bila Anda fokus pada latihan jalan atau lari, sepatu lari tentu saja lebih direkomendasikan daripada sepatu universal. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya untuk latihan yang dipenuhi berbagai gerakan gesit, misalnya studio program. Anda bisa memilih sepatu lari bila memang sesuai dengan pertimbangan dan jenis latihan Anda.
Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Bagi pelari, penting sekali untuk melatih otot dan stabilitas di bagian otot bokong, paha depan dan bawah, serta otot perut. Karena lutut merupakan sendi, otot yang menggerakkannya harus dilatih agar stabil dan terhindar dari stres berlebih.


Perlu diingat bahwa lari merupakan progresi dari jalan cepat. Banyak orang yang belum mempunyai fitness level yang cukup, tetapi melakukan olahraga lari dengan intensitas berlebih. Akibatnya, akumulasi stres berlebih pada lutut akan menyebabkan cedera.

Pilih sesuai level latihan Anda

Hal penting yang perlu Anda perhatikan selain memilih sepatu dan peralatan olahraga lainnya adalah benar-benar memahami tingkat latihan Anda. Hal tersebut penting karena bila Anda memilih sepatu hanya berdasarkan fungsinya, risiko terjadinya cedera pun dapat meningkat. 


Misalnya saja, ada seorang pemula dengan daya otot lemah yang memilih sepatu ringan dengan jenis bantalan tipis. Otomatis, beban yang diterima lutut pun makin besar. Jadi, tak heran bila orang tersebut akan makin rentan terkena cedera.

Pada dasarnya, sepatu tipe universal dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk pemula. Jika Anda ingin melangkah lebih jauh dan mencari performa yang tinggi, pilihlah sepatu dengan spesifikasi khusus sebagaimana disebutkan di atas. 

Karena banyak sepatu fitness dibuat berdasarkan tipe dan level latihan tertentu, pastikan untuk memilih sepatu sesuai dengan tingkat latihan Anda. Setelah Anda lebih terbiasa, tentu sesi latihan Anda pun akan terasa makin menyenangkan.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Hal penting yang dapat mengurangi risiko cedera dalam berolahraga adalah latihan beban. Karena dalam berolahraga, otot dan sendi banyak bekerja. Olahraga sendiri merupakan jenis stres untuk tubuh. Maka dari itu, penting untuk mengetahui fitness level diri sendiri.


Selain menyesuaikan dengan teknik fitness level, ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menghindari risiko cedera. Misalnya dengan memperkuat otot dan sendi stabilitas. Selain itu, Anda juga bisa memperkuat mobilitas di bagian upper dan lower body.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sepatu fitness terbaik

Sekarang, kami akan memberikan daftar rekomendasi sepatu fitness terbaik. Pilihlah yang paling sesuai kebutuhan Anda dan buat sesi latihan Anda jadi lebih asyik!
10
TipeDance
Material upperNeoprene
Material solMidsole: 3D Ultralite foam
BobotTidak ada keterangan
9

NikeWomen’s Training Shoes Free TR 7

Mulai dari Rp 1.460.000,00

TipeUniversal
Material upperMesh
Material solTidak ada keterangan
Bobot190 gram
8

League Kumo Racer Craftedknit Unisex

102119221N

Mulai dari Rp 799.000,00

TipeLatihan lari
Material upperKnit dan spandex polyester lace
Material solMidsole: injected EVA・Outsole: carbon rubber dan solid rubber
BobotTidak ada keterangan
7

PumaLQDCELL Optic Pax Women Training Shoes

194125_01

Mulai dari Rp 999.000,00

TipeUniversal
Material upperKnit
Material solOutsole: rubber
BobotTidak ada keterangan
6
TipeLatihan lari
Material upperFluidfit
Material solMidsole: Flytefoam dan Fluidride
Bobot320,3 gram
5

NikeWomen's Training Shoe Metcon 3

Mulai dari Rp 999.000,00

TipeUniversal
Material upperTPU (Thermoplastic Polyurethane)
Material solOutsole: rubber
Bobot266,5 gram
4
TipeUniversal
Material upperKulit
Material solMidsole: phylon・Outsole: karet
BobotTidak ada keterangan
3
TipeLatihan angkat beban
Material upperKulit sintetis dan mesh
Material solOutsole: Adiwear
BobotTidak ada keterangan
2

adidasWomen’s Gymbreaker Bounce

Mulai dari Rp 1.472.000,00

TipeUniversal
Material upperCanvas
Material solMidsole: Bounce
BobotTidak ada keterangan
1
TipeLatihan angkat beban
Material upperKulit sintetis dan mesh
Material solOutsole: rubber
BobotTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk sepatu fitness terbaik

Gambar produk
1
Reebok Lifter PR Shoes 1

Reebok

2
adidas Women’s Gymbreaker Bounce  1

adidas

3
adidas Powerlift 3.1 Shoes 1

adidas

4
Nike Air Monarch IV 1

Nike

5
Nike Women's Training Shoe Metcon 3 1

Nike

6
Asics Gel Kayano 24 1

Asics

7
Puma LQDCELL Optic Pax Women Training Shoes 1

Puma

8
League  Kumo Racer Craftedknit Unisex 1

League

9
Nike Women’s Training Shoes Free TR 7 1

Nike

10
Reebok Women Studio Hayasu LTD 1

Reebok

Nama produk

Lifter PR Shoes

Women’s Gymbreaker Bounce

Powerlift 3.1 Shoes

Air Monarch IV

Women's Training Shoe Metcon 3

Gel Kayano 24

LQDCELL Optic Pax Women Training Shoes

Kumo Racer Craftedknit Unisex

Women’s Training Shoes Free TR 7

Women Studio Hayasu LTD

Keunggulan

Heel cukup tebal, sempurnakan postur squat Anda

Adanya midsole Bounce yang responsif sekaligus fleksibel

Forefoot structure-nya memungkinkan jari kaki Anda bebas bergerak

Bergaya dengan upper berbahan kulit yang awet!

Aman dan nyaman untuk latihan level berat sekalipun

Latihan lari tanpa lecet? Bisa!

Desain solnya bikin sepatu ini makin stylish dan stabil

Lebih ringan dan lebih praktis dipakai!

Bergerak makin lincah dengan auxetic tri-star pattern

Outsole multi-surface beri Anda traksi optimal

Harga mulai dariRp 1.575.000,00Rp 1.472.000,00Rp 1.790.000,00Rp 749.000,00Rp 999.000,00Rp 1.200.000,00Rp 999.000,00Rp 799.000,00Rp 1.460.000,00Rp 840.000,00
TipeLatihan angkat bebanUniversalLatihan angkat bebanUniversalUniversalLatihan lariUniversalLatihan lariUniversalDance
Material upperKulit sintetis dan meshCanvasKulit sintetis dan meshKulitTPU (Thermoplastic Polyurethane)FluidfitKnitKnit dan spandex polyester laceMeshNeoprene
Material solOutsole: rubberMidsole: BounceOutsole: AdiwearMidsole: phylon・Outsole: karetOutsole: rubberMidsole: Flytefoam dan FluidrideOutsole: rubberMidsole: injected EVA・Outsole: carbon rubber dan solid rubberTidak ada keteranganMidsole: 3D Ultralite foam
BobotTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan266,5 gram320,3 gramTidak ada keteranganTidak ada keterangan190 gramTidak ada keterangan
Tautan produk

Tips dari fitness coach Akbar Kharisma

Tips dari fitness coach Akbar Kharisma

Agar sepatu lebih terawat dan terhindar dari bau, usahakan setelah pemakaian selalu diletakkan di area yang terkena udara dan tidak lembap. Lebih baik lagi jika terkena sinar matahari. Kemudian, apabila dicuci, hindari merendam dengan air karena akan mengurangi tampilan warna dan mengurangi umur lem di sol.


Bersihkan langsung apabila ada noda atau kotoran. Jangan ditunda karena akan menempel dan sulit dibersihkan. Gunakan pembersih sneaker dengan sikat halus dan semprotan pelindung. Langsung jemur apabila sepatu basah agar sepatu tidak jamuran.

Baca juga rekomendasi sepatu olahraga lainnya di sini

Setelah menemukan sepatu fitness terbaik, bagaimana kalau Anda juga mengintip rekomendasi sepatu olahraga terbaik lainnya? Di bawah ini kami sudah mengumpulkan beberapa tautan yang akan membahas mengenai sepatu lari, sepatu futsal, hingga sepatu voli. Mari lihat lebih jauh dan temukan sepatu olahraga terbaik untuk Anda!

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda rekomendasi-rekomendasi di atas? Untuk berolahraga dengan nyaman, bukan hal yang berlebihan bila mengatakan bahwa memilih sepatu merupakan hal yang penting, bukan?
Anda bisa memilih sepatu fitness sesuai dengan jenis dan level latihan yang hendak Anda lakukan. Dengan mengenakan sepatu yang pas, tentu Anda akan lebih nyaman saat berolahraga. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan sepatu fitness yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Anda bisa berolahraga jalan cepat, berlari, ataupun jogging dengan alat treadmill kapan pun Anda mau tanpa harus ke gym. Meski bukan produk yang murah, membeli treadmill bisa menjadi investasi yang baik untuk Anda. Kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih treadmill yang bagus. Kami menyediakan rekomendasi treadmill dari merek Idachi, OB FIT, Jaco, Total Fitness, dan lainnya yang bisa Anda miliki di rumah. Simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.
    Gym & fitness
    145.610 Views
  • 10 Rekomendasi Matras Yoga Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Matras Yoga Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Saat akan memulai berlatih yoga, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah matras yoga. Merek olahraga ternama, seperti Nike, Adidas, Reebok, atau Lululemon telah memproduksi matras yoga andalan mereka. Bahkan, sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan harga terjangkau. Sebagai pemula, Anda pasti bingung saat menentukan matras yang akan dibeli. Nah, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih matras yoga bagi pemula dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman bagi Anda!
    Gym & fitness
    84.359 Views
  • 10 Rekomendasi Running Watch (Jam Tangan) Terbaik yang Dilengkapi dengan GPS (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Running Watch (Jam Tangan) Terbaik yang Dilengkapi dengan GPS (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini makin banyak orang yang melakukan olahraga lari, baik untuk menjaga kesehatan maupun kecantikan. Hal tersebut menyebabkan minat terhadap running watch yang dilengkapi GPS juga meningkat. Dengan GPS, Anda bisa mengetahui jarak lari yang ditempuh. Ada banyak banyak model dan jenis running watch dengan GPS yang beredar sehingga membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih running watch dan merekomendasikan produk terbaik bagi Anda. Beberapa produk dari merek terkenal sepertu Garmin, Suunto, dan Polar akan kami hadirkan. Temukanlah produk yang paling cocok untuk Anda!
    Gym & fitness
    69.319 Views
  • 10 Rekomendasi Dumbbell Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dumbbell Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dumbbell memiliki banyak manfaat untuk digunakan sebagai rekan workout Anda. Anda bisa memakainya untuk membentuk otot abdomen serta back, diet, dan bahkan olahraga bagi lansia. Namun, banyaknya varian produk yang beredar mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dumbbell yang bagus dan dapat digunakan oleh pemula hingga ahli. Di antara banyaknya produk dumbbell, kami pun akan memperkenalkan produk merk Reebok, KETTLER, Speeds, dan sebagainya. Ada komentar dari fitness coach kami, Akbar Kharisma juga, lho! Tak perlu menunggu lama, silakan disimak ulasan berikut ini!
    Gym & fitness
    16.599 Views
  • 10 Rekomendasi Resistance Band Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Resistance Band Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Resistance band dapat membantu Anda berlatih kekuatan tanpa latihan angkat beban. Anda dapat meningkatkan massa otot, menambah kekuatan, serta menggunakannya untuk stretching dan terapi. Resistance band juga mudah dibawa bepergian dan dapat digunakan di mana saja.Ada berbagai jenis resistance band yang dijual di pasaran. Manakah yang bagus untuk program latihan Anda? Di bawah ini, kami membagikan tips memilih beserta list rekomendasi produk dari merk Happyfit, The Republic of Svarga, Kettler, dan lainnya. Simak juga komentar dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT. Selamat membaca!
    Gym & fitness
    31.184 Views
  • 10 Rekomendasi Matras Yoga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Matras Yoga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sekarang ini banyak orang suka berlatih yoga baik di rumah maupun di tempat kebugaran. Agar dapat berlatih dengan baik, Anda membutuhkan matras yoga yang sesuai. Beragam merek matras untuk yoga, seperti Liforme, Happyfit, Kettler, dan lainnya bisa Anda temukan di pasaran.Apakah Anda seorang yogi (praktisi yoga) yang membutuhkan matras yoga yang nyaman? Atau Anda seorang pemula yang baru memulai yoga? Kali ini kami akan berbagi tips cara memilih matras yoga yang tepat. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!
    Gym & fitness
    30.716 Views
  • 10 Rekomendasi Sit-Up Bench (Papan Sit-Up) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sit-Up Bench (Papan Sit-Up) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika ingin rutin berolahraga otot di rumah, Anda bisa mencoba sit-up bench. Dengan produk ini, Anda dapat melatih dan membentuk otot perut. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan berbagai produk sit-up bench, seperti produk dari Total Health Gym, X2FIT, Kettler, dan sebagainya. Selain rekomendasi, kami pun akan mengulas cara memilih produk yang tepat untuk Anda. Tak perlu menunggu lama, silakan disimak lebih lanjut di bawah ini!
    Gym & fitness
    1.784 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori