• 10 Rekomendasi Insole Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Insole Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Insole Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Insole Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Insole Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Insole Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Memakai sepatu terlalu lama, terutama sepatu kulit, dapat membuat kaki Anda menjadi sakit dan pegal-pegal. Jika demikian, gunakanlah insole sepatu untuk menjaga kaki Anda tetap nyaman dan mencegahnya sakit. Insole sepatu juga banyak digunakan oleh para atlet, pelari, serta orang-orang yang banyak bergerak menggunakan kaki dalam aktivitas sehari-hari.


Kali ini, kami akan memberi Anda tips memilih insole sesuai kebutuhan. Kami juga merekomendasikan merek insole sepatu yang bagus, seperti Aerostreet, Footstep Footwear, dan Decathlon yang bisa dibeli secara online. Mari pahami cara memilih insole yang tepat demi menjamin kenyamanan kaki Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 14 Oktober 2021
  • 31.120 Views
Daftar isi

Fungsi insole sepatu

Fungsi insole sepatu

Anda mungkin pernah mengalami nyeri pada pinggang atau tidak nyaman pada lutut setelah berjalan mengenakan sepatu terlalu lama. Biasanya, hal ini berkaitan pada kebiasaan atau cara berjalan Anda. Lalu, apakah Anda pernah mengalami sol sepatu yang hanya terkikis sebelah dan tidak rata? Jika iya, berarti cara berjalan dan postur tubuh Anda ketika berjalan kurang benar.


Anda tidak perlu khawatir dan terburu-buru berpikir untuk langsung mengganti sepatu yang digunakan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memasang insole di dalam sepatu agar mampu menopang tubuh dengan benar. Insole adalah sisipan berkontur yang bisa Anda tambahkan ke dalam sepatu untuk membuatnya terasa lebih nyaman. 


Insole sepatu dapat dilepas pasang sesuai kebutuhan dan umumnya bisa dicuci atau dibersihkan ketika sudah kotor. Ukurannya pun beragam, mulai dari yang dapat menutupi sebagian area telapak kaki hingga keseluruhannya. Dengan memakai insole sepatu yang tepat, rasa nyeri pada kaki, pinggang, atau lutut Anda pun dapat berkurang.


Selain untuk mengurangi rasa sakit dan membuat kaki lebih nyaman, insole sepatu juga memiliki fungsi lain. Salah satu contohnya adalah Anda bisa memakai insole untuk memperbaiki postur kaki dan meredam guncangan. Selain itu, insole juga mampu mencegah terjadinya kaki rata, hallux valgus, serta cedera punggung.

Cara memilih insole sepatu

Meski bentuknya relatif serupa, tidak semua insole sepatu bisa Anda gunakan begitu saja. Berikut adalah poin-poin yang perlu dipertimbangkan saat memilih insole sesuai dengan masalah yang Anda hadapi.

Pilih berdasarkan tipe atau kegunaannya

Insole sepatu terdiri dari berbagai tipe dan kegunaan. Supaya efeknya terasa maksimal, pilihlah jenis insole yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak penjelasannya berikut ini!

Cushioned insole: Tebal dan empuk, membuat kaki terasa lebih nyaman

Cushioned insole: Tebal dan empuk, membuat kaki terasa lebih nyaman

Tipe insole ini umumnya memiliki kontur atau bentuk yang rata. Insole ini dirancang untuk meredam benturan dan membuat kaki terasa lebih nyaman. Cushioned insole biasanya terbuat dari material yang tebal dan empuk


Insole cocok untuk pria saat hendak memakai sepatu kulit atau wanita saat memakai high heels. Anda juga dapat memasangkannya dengan sepatu olahraga supaya kaki lebih nyaman saat jogging dan berlari.

Athletic insole: Dirancang khusus untuk olahraga

Athletic insole: Dirancang khusus untuk olahraga

Athletic insole adalah insole sepatu yang dirancang khusus untuk kegiatan olahraga dan untuk para atlet. Tipe insole ini memiliki desain yang berbeda tergantung jenis olahraga apa yang ditekuni. Sebagai contoh, insole untuk olahraga lari dilengkapi banyak bantalan di area tumit dan kaki depan. Hal tersebut berguna untuk mengurangi benturan saat kaki menapak ke tanah. 


Sementara itu, insole untuk pesepeda didesain kaku untuk mendukung kaki saat menginjak pedal sepeda. Lalu, tersedia juga insole berukuran compact untuk olahraga khusus, seperti sepak bola, ice hokey, dan skating.

Magnetic insole: Efektif mengatasi kaki yang nyeri dan bengkak

Magnetic insole: Efektif mengatasi kaki yang nyeri dan bengkak

Tahukah Anda, bumi dikelilingi oleh medan magnet atau dikenal juga dengan sebutan medan geomagnetik. Selain sebagai penunjuk arah, medan magnet juga berfungsi membelokkan sinar ultraviolet dan melindungi kita dari radiasinya. Menariknya lagi, magnet juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit, misalnya magnetic insole.


Sesuai namanya, magnetic insole merupakan insole sepatu yang dilengkapi magnet dan berfungsi mengatasi nyeri pada kaki. Tipe insole ini juga mampu meningkatkan aliran darah di area kaki dan aliran oksigen ke seluruh tubuh.


Insole ini dilengkapi magnet-magnet kesehatan yang diletakkan di titik tertentu untuk mengobati bagian kaki yang sakit. Magnet tersebut bekerja mengalirkan darah dan meredakan pembengkakan dengan mengarahkan pergerakan molekul besi yang ada dalam hemoglobin.

Arch support: Membantu mengurangi tekanan pada kaki datar

Arch support: Membantu mengurangi tekanan pada kaki datar

Normalnya, kaki manusia memiliki cekungan di bagian telapak kaki yang disebut sebagai arch. Cekungan ini terdiri dari otot-otot yang akan membantu menopang bobot tubuh Anda. Namun, terdapat kondisi atau kelainan di mana seseorang tidak memiliki cekungan di bagian telapak kakinya (kaki datar). Kelainan tersebut dapat menyebabkan gangguan keseimbangan, kaki terasa nyeri, serta mudah lelah saat berjalan.


Jika Anda memiliki kaki datar, gunakanlah insole sepatu tipe arch support. Tipe ini dilengkapi bantalan kaku untuk mengurangi tekanan di cekungan kaki Anda. Arch support insole akan memberikan dukungan maksimum pada kaki Anda untuk mencegahnya supaya tidak mudah lelah. Tipe insole ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki bentuk kaki datar supaya memiliki cekungan.

High arch insole: Menyeimbangkan pembagian tekanan pada kaki

High arch insole: Menyeimbangkan pembagian tekanan pada kaki

Berbanding terbalik dengan arch support, high arch insole direkomendasikan untuk Anda yang memiliki cekungan kaki yang tinggi. Lengkungan kaki (arch) yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pembagian tekanan atau bobot yang tidak merata pada kaki Anda.


Jika terus biarkan, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan dan ketidaknyamanan. Jika demikian, Anda membutuhkan high arch insole dengan bantalan di bagian tengah telapak kaki untuk menyeimbangkan pembagian tekanannya. Jenis insole ini juga dipercaya mampu membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

Pastikan ukuran dan bentuknya sesuai dengan kebutuhan

Pastikan ukuran dan bentuknya sesuai dengan kebutuhan

Insole sepatu umumnya memiliki ukuran yang penuh menutupi alas sepatu atau full length. Namun, terdapat pula produk yang hanya menutupi area tertentu saja, misalnya arch pad dan toe pad insoleArch pad adalah insole sepatu yang akan mengisi bagian cekungan kaki Anda supaya lebih stabil saat berjalan.


Di sisi lain, toe pad insole digunakan untuk mencegah kaki bagian depan atau jari-jari kaki tergelincir. Kedua jenis insole ini direkomendasikan untuk para wanita yang sering memakai high heels untuk mencegah kaki lelah.

Periksa bahan insole dan karakteristiknya

Periksa bahan insole dan karakteristiknya

Selain tipenya, bahan atau material pembuat insole juga beragam. Adapun bahan yang sering dipakai untuk membuat insole adalah busa, silikon, dan gel. Masing-masing bahan memiliki karakteristiknya tersendiri. Berikut adalah penjelasannya.


  • Busa (foam): Insole yang terbuat dari busa mampu bekerja dengan baik sebagai bantalan, meredam benturan, dan mengurangi tekanan penyebab nyeri. Anda bisa menemukan insole busa yang terbuat dari bahan memory foam, EVA, atau phylon.
  • Silikon: Alas bagian dalam sepatu berbahan silikon bersifat lebih tahan lama dan tidak menyerap air. Dengan demikian, insole ini tidak mudah lembap dan bau. Anda pun dapat mencucinya dengan mudah menggunakan air dan sabun.
  • Gel: Insole yang terbuat dari gel mampu menyebarkan tekanan pada kaki Anda dan tidak terfokus di satu area saja. Karenanya, insole ini dapat dijadikan bantalan untuk area spesifik pada kaki Anda guna mengurangi rasa sakitnya. Bahan insole ini mampu bekerja sebagai shock absorption yang baik untuk kaki Anda.

Perhatikan fungsi tambahan yang dimiliki

Perhatikan fungsi tambahan yang dimiliki

Hal terakhir dan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih insole sepatu adalah memeriksa fungsi tambahannya. Beberapa produk insole dilengkapi fungsi tambahan tertentu, seperti mampu menyerap keringat, antibakteri, dan antibau.


Fungsi tambahan tersebut akan sangat berguna, telebih jika Anda akan memakai sepatu tanpa kaus kaki. Dengan fungsi ini, kaki akan terasa lebih nyaman dan Anda pun bisa tampil lebih percaya diri.

10 Rekomendasi insole sepatu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk insole sepatu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jenis insoleMagnetic insole
UkuranFull length: 39 sampai 44
BahanTidak disebutkan
Fungsi tambahanAntibau
9

Decathlon™Quechua Sol Dalam Hike 550

8543964

Mulai dari Rp 150.000,00

Jenis insoleAthletic insole (hiking)
UkuranFull length: 35/37, 38/40, 41/43, 44/46, dan 47/49
BahanBusa berlapis kulit
Fungsi tambahanMenyerap keringat
8
Jenis insoleCushioned insole
UkuranFull length: All size
BahanNeo smart gel
Fungsi tambahanSoft & fluffy smart gel, excellent shock absorber, dan air ventilation
7

Prodigo FootwearInsole Foot Arch Protection

Mulai dari Rp 40.000,00

Jenis insoleHigh arch insole
UkuranFull length: All size
BahanBusa
Fungsi tambahanShock absorption dan antislip
6
Jenis insoleAthletic insole (running)
UkuranFull length: S, M, dan L
BahanBusa dan gel
Fungsi tambahanTidak disebutkan
5
Jenis insoleCushioned insole
UkuranFull length: S, M, dan L
BahanBusa (phylon)
Fungsi tambahanMenyerap keringat, menghilangkan aroma tak sedap, dan antibakteri
4

Orthopedic Arch Support / Insole Flat Foot Correction

Mulai dari Rp 26.400,00

Jenis insoleArch support
UkuranArch pad
BahanSilikon
Fungsi tambahanTidak disebutkan
3

MarelowCloud - Alas Insole Sepatu Unisex

Mulai dari Rp 7.500,00

Jenis insoleCushioned insole
UkuranFull length: 36 sampai 44
BahanBusa
Fungsi tambahanTidak disebutkan
2

BlowSponge Insole Shoes 3D Busa Alas Kaki Sepatu Depan

Mulai dari Rp 20.000,00

Jenis insoleCushioned insole
UkuranToe pad
BahanBusa dan kain
Fungsi tambahanTidak ada
1
Jenis insoleAthletic insole
UkuranFull length: 36 sampai 45
BahanBusa
Fungsi tambahanAntibakteri

Tabel perbandingan produk insole sepatu terbaik

Gambar produk
1
Aerostreet Aerofomz 1

Aerostreet

2
Blow Sponge Insole Shoes 3D Busa Alas Kaki Sepatu Depan 1

Blow

3
Marelow Cloud - Alas Insole Sepatu Unisex 1

Marelow

4
Orthopedic Arch Support / Insole Flat Foot Correction  1

5
Footstep Footwear Insole Ergo Foam V1 1

Footstep Footwear

6
SUNVO Running Cushion Insole - L3 1

SUNVO

7
Prodigo Footwear Insole Foot Arch Protection 1

Prodigo Footwear

8
Neomed Neo Cloud Insole 1

Neomed

9
Decathlon™ Quechua Sol Dalam Hike 550 1

Decathlon™

10
Acupress Pro Diabet Magneto 1

Acupress

Nama produk

Aerofomz

Sponge Insole Shoes 3D Busa Alas Kaki Sepatu Depan

Cloud - Alas Insole Sepatu Unisex

Orthopedic Arch Support / Insole Flat Foot Correction

Insole Ergo Foam V1

Running Cushion Insole - L3

Insole Foot Arch Protection

Neo Cloud Insole

Quechua Sol Dalam Hike 550

Pro Diabet Magneto

Keunggulan

Ukurannya beragam, bisa dipakai oleh remaja maupun dewasa

Antislip, membuat kaki lebih nyaman saat memakai sepatu dengan hak

Nyaman, awet, sekaligus terjangkau!

Kurangi stres dan nyeri pada cekungan kaki Anda

Dengan fungsi antibau dan antibakteri, menjaga kaki tetap segar sepanjang hari

Perpaduan busa dan gel yang mampu mencegah kaki nyeri saat berlari

Dilengkapi pola garis untuk menggunting insole sesuai kebutuhan

Insole asal Korea dengan tiga keunggulan

Sebagai bantalan untuk melindungi tumit saat mendaki

Tubuh lebih sehat dengan insole yang mengandung magnet neodymium

Harga mulai dariRp 40.000,00Rp 20.000,00Rp 7.500,00Rp 26.400,00Rp 40.000,00Rp 19.800,00Rp 40.000,00Rp 535.000,00Rp 150.000,00Rp 755.000,00
Jenis insoleAthletic insoleCushioned insoleCushioned insoleArch supportCushioned insoleAthletic insole (running)High arch insoleCushioned insoleAthletic insole (hiking)Magnetic insole
UkuranFull length: 36 sampai 45Toe padFull length: 36 sampai 44Arch padFull length: S, M, dan LFull length: S, M, dan LFull length: All sizeFull length: All sizeFull length: 35/37, 38/40, 41/43, 44/46, dan 47/49Full length: 39 sampai 44
BahanBusaBusa dan kainBusaSilikonBusa (phylon)Busa dan gelBusaNeo smart gelBusa berlapis kulitTidak disebutkan
Fungsi tambahanAntibakteriTidak adaTidak disebutkanTidak disebutkanMenyerap keringat, menghilangkan aroma tak sedap, dan antibakteriTidak disebutkanShock absorption dan antislipSoft & fluffy smart gel, excellent shock absorber, dan air ventilationMenyerap keringatAntibau
Tautan produk

Cara mengukur insole sepatu yang benar

Cara mengukur insole sepatu yang benar
Supaya fungsi insole lebih maksimal, gunakanlah yang ukurannya pas di kaki Anda. Jika Anda membeli insole secara langsung, Anda dapat mencobanya dan memilih produk yang terasa pas di kaki. Kunci utamanya adalah dengan memeriksa kenyamanan tumit dan memilih yang lekukannya sesuai dengan bentuk kaki Anda.

Namun, Anda mungkin bingung bagaimana menentukan ukuran insole sepatu yang tepat saat membelinya secara online. Jika ingin praktis, Anda bisa membeli ukuran insole yang sama dengan sepatu yang Anda pakai. Apabila Anda kurang yakin dengan ukurannya, cobalah untuk mengukur kaki terlebih dahulu secara mandiri. Berikut adalah tahapan-tahapan untuk mengukurnya yang bisa Anda lakukan.


  • Untuk mendapatkan ukuran kaki yang sempurna, ukurlah kaki Anda di sore hari. Sebab, kaki Anda telah dipakai untuk beraktivitas dan biasanya mencapai ukuran terbesarnya saat sore hari.
  • Siapkan kertas (bisa kertas A4 ataupun kertas gambar), pensil atau pulpen, dan penggaris. Lalu, gambarlah kaki Anda di atas kertas yang telah disiapkan.
  • Setelah bingkai kaki tergambar, tentukan titik ujung tumit dan ujung terjauh jari kaki Anda.
  • Tariklah garis lurus untuk menghubungkan kedua titik tersebut dan periksa panjangnya. Dengan demikian, Anda telah mendapatkan ukuran insole sepatu yang pas untuk kaki Anda.

Baca juga rekomendasi sepatu untuk pria dan wanita lainnya di sini

Setelah membeli insole, kini waktunya Anda memasangkannya dengan sepatu yang tepat. Jika Anda belum punya sepatu yang pas, kami telah menyediakan rekomendasi sepatu untuk pria dan wanita. Bacalah rekomendasi kami pada tautan di bawah dan temukan sepatu yang pas sesuai kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Tugas kaki sebagai penopang tubuh memang sangat berat. Untuk itu, kita perlu memperhatikan kesehatan kaki dengan saksama. Penggunaan insole dapat menjadi alternatif untuk membuat sepatu Anda terasa lebih nyaman daripada harus membeli sepatu baru setiap saat.

Memilih insole yang sesuai dengan kebutuhan kaki akan membantu mengurangi risiko berbagai macam penyakit. Semoga melalui artikel ini Anda dapat menemukan insole yang tepat. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih nyaman saat memakai sepatu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Perkembangan sepatu pantofel pria semakin beragam saat ini. Mulai dari sisi fungsionalitasnya, seperti antiair dan tahan lama, hingga desainnya yang trendi mengikuti perkembangan zaman. Ada berbagai jenis sepatu pantofel dengan harga dan warna yang variatif. Hal ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya produk mana yang seharusnya Anda beli.Kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih produk sepatu pantofel, seperti desain, kenyamanan, dan fungsionalitasnya. Kami juga merekomendasikan beberapa produk dari merek terbaik seperti Humm3r, Giant Flames, dan Rockford. Selamat membaca!
    Sepatu pria
    56.287 Views
  • 10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Sneakers sudah menjadi bagian dari gaya berpakaian sehari-hari karena kenyamanannya di kaki. Dahulu, sneakers mungkin identik dengan harga yang tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak brand yang menghadirkan sneakers dengan harga terjangkau dan berkualitas.Agar tidak salah pilih, simak artikel ini untuk mengetahui tips memilih sneakers terbaik dengan harga yang terjangkau. Temukan juga berbagai rekomendasi sneakers pria terbaik, seperti NAH Project, Airwalk, dan Diadora. Ikuti terus pembahasannya dan tentukan sneakers favorit Anda di sini!
    Sepatu pria
    19.281 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sneakers Adidas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Sneakers Adidas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa yang tidak kenal Adidas? Merek yang satu ini sudah mendunia dan koleksinya menjadi incaran banyak orang. Model sneakers Adidas, seperti Superstar, Stan Smith, dan lainnya pasti sudah akrab di telinga Anda. Namun, ada juga seri lainnya dengan tipe low cut, middle cut, high cut, atau slip-on yang banyak dicari.Kali ini, kami akan memperkenalkan poin-poin cara memilih serta memberikan rekomendasi sneakers Adidas terbaik untuk Anda. Temukan sneakers Adidas favorit Anda dalam artikel kali ini, ya. Selamat membaca!
    Sepatu pria
    41.112 Views
  • 10 Rekomendasi Sandal Pria Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sandal Pria Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2021)
    Tak hanya wanita, kini pria pun ingin tampil modis dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Salah satu penunjangnya adalah sandal yang modis. Saat ini, sudah banyak online shop menjual berbagai sandal modis untuk pria yang mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya.Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sandal pria yang modis serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik kepada Anda. Berbagai merek, seperti Crocs, Fipper, Eiger, dan lainnya dengan beragam bahan yang nyaman pun akan kami ulas. Simak terus artikel kami, ya!
    Sepatu pria
    71.350 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2021)
    Sepatu merek Nike adalah sepatu yang populer di seluruh dunia. Nike menyediakan sepatu untuk berbagai jenis olahraga, salah satunya adalah sepatu running atau sepatu lari. Meski sama-sama untuk lari, sepatu running dari Nike tersedia dalam berbagai model dengan fungsi yang berbeda.Agar tidak salah memilih, silakan simak artikel menarik berikut ini. Kami akan mengulas cara memilih sepatu Nike untuk dipakai berlari. Selain itu, kami juga telah menyiapkan produk-produk sepatu running Nike yang bagus sebagai referensi Anda memilih. Jadi, baca artikel ini sampai tuntas, yuk!
    Sepatu pria
    45.259 Views
  • 10 Sepatu Merk Compass Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sepatu Merk Compass Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Para pencinta sneakers lokal pasti sudah tidak asing lagi dengan sepatu merk Compass. Sepatu ini sempat menjadi bahan perbincangan karena ludes terjual dalam hitungan menit di salah satu event sneakers. Kejadian tersebut tidak mengherankan karena selain harganya pas di kantong, model dan kualitas dari sepatu Compass tidak bisa diremehkan. Untuk itu, pada artikel ini kami akan membahas cara memilih sepatu Compass yang bagus. Tidak hanya itu, kami juga akan mengulas edisi sepatu, seperti Gazelle, '98 Vintage, Retrograde, Collaboration, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, scroll sampai selesai, ya!
    Sepatu pria
    809 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori